Pages


Selasa, 17 Februari 2015

Berbagai Kepercayaan Tentang Penciptaan Bumi dan Manusia





Wow HT
Thank's Mimin/Momod Dan kaskuser Semua

Spoiler for HT:

Check Ripus Or Tidak
 (www.kaskus.co.id)

Quote:Banyak di antara kita pasti pernah mendengar bagaimana bumi dan manusia diciptakan, seperti bagaimana Tuhan menciptakan bumi dan manusia dalam waktu 6 hari, atau bagaimana bumi lahir dari tubuh raksasa (titan). Selain dua kisah ini, masih ada kisah penciptaan (creation myth) lain bagaimana bumi kita dapat menjadi seperti sekarang ini simak beberapa kisah pencipta bumi dan manusia dibawah ini.





1. Kitab Kejadian (Genesis)
Quote:
Kitab Kejadian, merupakan buku pertama dari Ajaran Yahudi dan Kitab Suci Kristen, berisikan atas kisah penciptaan alam semesta dan isinya. Kisah ini merupakan kisah yang diterima secara umum sebagai awal bagaimana bumi diciptakan sebagaimana bentuknya sekarang ini. Berikut kisahnya:

Pertama, Tuhan menciptakan langit dan bumi dan Tuhan berkata, "Jadilah Terang." Lalu terang itu jadi. Dalam 6 hari, Tuhan menciptakan langit, darat, laut, tumbuhan, matahari dan bulan, binatang dan manusia. Tuhan-pun berkata, "Beranakcuculah dan bertambah banyak; " Pada hari ketujuh, Tuhan beristiharat dan menguduskannya sebagai hari Sabat.

Sesudah Tuhan menciptakan manusia pertama - Adam - dari tanah, ia membuat taman Eden untuk Adam, dan melarangnya memakan buah pada 1 pohon tertentu, dan Adam diperbolehkan untuk memakan buah pada semua pohon lainnya kecuali pohon tersebut. Karena Adam terlihat kesepian, maka dari tulang rusuknya-lah diciptakan wanita pertama, Eve.

Seekor ular yang dapat berbicara, Sang Iblis membujuk Eve untuk memakan buah terlarang tersebut, dan Eve membujuk Adam untuk melakukan hal yang serupa. Pada saat Tuhan mengetahui hal tersebut, diusirnya-lah mereka dari taman Eden dan membuat mereka menjadi Manusia yang dapat merasakan sakit dan kematian (mortal), serta dihukumlah si Ular agar ia bergerak dengan menjalar dan memakan debu sepanjang hidupnya.

Nama dari pohon terlarang tersebut adalah Pohon Pengetahuan, yang memperbolehkan Manusia yang memakannya mengetahui apa yang baik dan apa yang buruk.


2. Titan dan Dewa Yunani (Kisah Yunani)
Quote:
Dalam kisah ini dikatakan bahwa awalnya bumi dipenuhi oleh kekacauan, dan dari kekacauan ini lahirlah Erebus, tempat dimana kematian berkumpul dan Malam. Lalu Cinta-pun lahir, dari Cinta muncul Cahaya dan Siang. Dari Cahaya dan siang ini, lahirlah Gaia, si Bumi. Malam-pun menciptakan kematian, takdir, tidur, mimpi, permusuhan dan kegelapan lainnya.

Gaia, si Bumi kemudian menciptakan Uranus, si langit, untuk menyelimuti dirinya. Dari hubungan merekalah lahir para 12 Titan dan beberapa monster.

Monster seperti Hecatonchires, monster dengan 50 kepala dan ratusan tangan, dan Cyclops, monster besar bermata satu. Lalu 12 Titan, 6 laki-laki dan 6 perempuan. Uranus membenci anak-anaknya karena menyerupai monster, ia mengurung mereka di Tartarus, Perut Bumi. Mengetahui hal ini, Gaia-pun marah dan membuat sebuah senjata yang diberikannya ke anak bungsunya, Kronos.

Pada saat Uranus sedang bermesraan dengan Gaia, Kronos melompat dan memotong alat kelamin ayahnya yang kemudian membuat Uranus berdarah-darah jatuh ke tanah. Kronos-pun menjadi penguasa selanjutnya yang akan melahirkan dewa-dewa Yunani lainnya dari hubungan dengan Rhea, adiknya. Salah satu di antara dewa itu adalah Zeus, penguasa selanjutnya sehabis Kronos.

Nah, di masa kekuasaan Zeus inilah ras manusia diciptakan, para dewa tertarik untuk menciptakan mahluk yang menyerupai mereka tetapi tidak abadi, yaitu manusia.


3. Kisah Penciptaan Rig Veda (Kisah Hindu)
Quote:
Kosmologi Hindu menceritakan banyak sekali kisah penciptaan. Salah satu kisahnya adalah Rig Veda, kisah mengenai mahluk raksasa, Purusha yang memiliki ribuan kepala, mata dan kaki. Ia menyelimuti bumi.

Pada saat Sang Dewa mengorbankan Purusha, beberapa bagian badannya berubah menjadi dewa Agni, Vayu, dan Indra, serta 4 kasta yang dikenal dalam agama Hindu, yakni Brahmana, Ksatria, Waisya dan Sudra, kasta-kasta inilah yang menjadi manusia umumnya.

Dalam kisah ini dikatakan bahwa bumi selalu berada dalam siklus yang sama, yaitu penciptaan-pemeliharaan-penghancuran. Hal ini dilakukan oleh Dewa Trimurti, yakni Brahma (pencipta), Vishnu (pemelihara), dan Shiva (penghancur). Brahma akan menciptakan dunia ini dan bertahan selama 4,32 miliar tahun, kemudian dalam masa itu Vishnu akan memelihara dunia ini. Setelah tiba saatnya, Shiva akan menghancurkan dunia ini dan siklus diulang lagi.


4. Izanagi dan Izanami (Kisah Jepang)
Quote:
Pada awalnya, dewa-dewa menciptakan 2 ilahi (mahluk suci) bersaudara, Sang Kakak Laki-laki Izanagi dan Sang Adik Perempuan Izanami. Menggunakan tombak berlian Sang Dewa, mereka menciptakan pulau pertama, Onogoro.

Pada pulau tersebut, Izanagi dan Izanami meinkah, menghasilkan keturunan yang cacat. Para dewa menyalahkan perbuatan mereka yang melanggar adat dimana Si Perempuan, Izanami, berbicara terlebih dahulu di ritual pernikahan mereka. Setelah mereka mengulang dan memperbaiki ritual pernikahan tersebut, pasangan ini menghasilkan pulau Jepang dan dewa-dewa lainnya.

Pada saat melahirkan dewa api - Kagutsuchi-no-kami -, Izanami meninggal. Di saat kematiannya, Izanami memberikan nyawanya untuk melahirkan manusia dan binatang.

Izanagi yang tidak mamu menerimanya, datang ke tanah kematian, Di sisi lain, Izanami yang telah memakan makanan di Yomi, telah membusuk badannya. Izanagi yang melihatnya takut dan kabur, Izanami-pun marah dan mengejar Izanagi. Setelah Izanagi berada di gerbang Yomi, ia menutupnya dengan batu besar karena ketakutannya. Hal inilah yang menjadi cikal bakal terpisahnya kehidupan dan kematian. (Seperti Kisah Persephone dan Hades).


5. Yin dan Yang, Pagu dan Dewi Nuwa (Kisah Cina)
Quote:
Sebuah telur kosmik yang berada di kekosongan tanpa waktu, berisikan sebuah kekuatan Yin dan Yang. Setelah beribu-ribu tahun, mahluk pertama muncul, dengan nama Pangu. Kekuatan Yin yang lebih berat, menciptakan bumi dan Kekuatan Yang yang lebih ringan, menciptakan langit.

Setelah Pangu tumbuh secara terus menerus, 10 kaki per hari selama 18 ribu tahun, pekerjaannya selesai dan ia meninggal. Bagiannya menciptakan berubah menjadi elemen-elemen di alam semesta ini, seperti binatang, fenomena alam, petir, matahari, bulan, gunung, sungai, bintang, dan sebagainya.

Sang Dewi Nuwa kesepian, jadi ia menciptakan manusia dari tanah dari Sungai Kuning (Yellow River). Ia merasa senang dengan manusia pertama ciptaannya, tetapi karena pembuatannya memakan waktu lama, ia menggunakan tetesan lumpur yang setiap tetesannya menjadi manusia baru.


6. Quetzalcoatl (Kisah Suku Aztec)
Quote:
Suku Aztec percaya bahwa pada awalnya, bumi ini kosong tidak ada apa-apa kecuali kegelapan dan dewa tertinggi yang bernama Ometeotl. Akan tetapi, pada suatu hari Ometeotl melahirkan 4 dewa lain. Para dewa ini menciptakan bumi, mengisinya dengan raksasa.

Dewa pertama, Tezcatlipoca, si Jaguar, membuat matahari, ia menguasai bumi. Tetapi kemudian, dewa Quetzalcoatl menyingkirkannya ke lautan dan ia menjadi penguasa bumi selanjutnya yang menciptakan manusia. Tezcaptlipoca yang kembali, menyingkirkan Quetzalcoatl dari langit. Hal ini menyebabkan adanya angin raksasa di seluruh belahan bumi, menyisakan sedikit manusia yang kemudian diubah menjadi monyet.

Dewa selanjutnya, Tlaloc menguasai bumi. Ia mengisi kembali bumi dengan manusia, akan tetapi Quetzalcoatl berusaha menguasai kembali tahtanya dan ia mengirimkan hujan api ke bumi, membunuh para manusia dan hanya menyisakan sedikit yang kemudian menjadi burung.

Berikutnya, Dewi Chalchiuhtlicue menguasai bumi. Tetapi karena perperangan antara dewa ini, Tezcatlipoca membuat bumi banjir dan ia mengubah manusia yang tersisa menjadi ikan. Karena hal ini, seluruh bumi dipenuhi air tanpa daratan.

Tezcatlopoca dan Quetzalcoatl memberhentikan pertarungan mereka dan menyingkirkan air tersebut dari bumi. Quetzalcoatl-pun pergi ke dunia kematian dan menipu dewa alam kematian, Mictlanctechutli, agar membebaskan tulang dari para manusia. Quetzalcoatl kemudian meneteskandarahnya untuk menghidupkan kembali para manusia yang kemudian dikenal dengan suku Aztec.

Untuk menunjukkan penghargaan mereka atas Quetzalcoatl, suku Aztec melakukan korban manusia pada event-event tertentu.


7. Atum (Kisah Mesir Kuno)
Quote:
Bangsa Mesir Kuno mempercayai bahwa ada beberapa kisah penciptaan. Salah satu di antaranya adalah kisah yang dimulai dengan pusaran kekacauan Nu. Dari pusaran tersebut, lahirlah Atum atau Atem, Dewa Mitologi Mesir. Ia kemudian menciptakan bukit untuk tempat berdirinya. Atum juga memiliki mata yang dapat melihat segalanya.

Atum kemudian bersatu dengan bayangannya untuk melahirkan Anak laki-laki bernama Shu, Dewa Angin dan anak perempuan bernama Tefnut, Dewa Kabut. Keduanya diberikan tugas untuk menyelesaikan kekacauan yang ada.

Untuk menyelesaikan kekacauan tersebut, Shu dan Tefnut menciptakan Geb, si Bumi dan Nut, si Langit. Pada awalnya mereka saling terikat, tetapi Geb kemudian mengangkat Nut di atasnya dan bumi-pun terlepas dari kekacauan. Hal ini tidak berakhir begitu saja, Shu dan Tefnut hilang dalam kegelapan.

Atum mencari Shu dan Tenfnut menggunakan matanya, dan ia dapat menemukan mereka kembali. Atum yang merasa bahagia karena dapat menemukan mereka-pun menangis, dan dari air matanya terciptalah manusia sekarang ini.


8. Enuma Elish (Kisah Bangsa Babylon)
Quote:
Kisah penciptaan bangsa Babilonia, Enuma Elish, dimulai dengan dewa air, Apsu (air tawar) dan Tiamat (air asin), melahirkan beberapa generasi dewa, salah satunya adalah Ea dan banyak saudara lainnya. Akan tetapi, dewa-dewa muda ini menciptakan banyak suara sehingga Apsu dan Tiamat tidak dapat tidur.

Karena itu, Apsu merencakan cara untuk membunuh mereka, akan tetapi Ea membunuhnya terlebih dahulu. Tiamat yang mengetahui hal ini-pun marah dan merencanakan balas dendam dengan menciptakan banyak monster, salah satunya adalah manusia kalajengking. Untuk melawan ini, Ea dan Dewi Damkina menciptakan Marduk, Dewa Raksasa dengan mata 4 dan telinga 4 dengan tujuan melindungi mereka.

Pada saat pertarungan dengan Tiamat, Marduk menang, dan berhasil membunuhnya dengan panah ke jantung Tiamat. Ia kemudian merobek tubuh Tiamat menjadi 2, kedua bagian ini menciptakan bumi dan langit, laluia menciptakan manusia untuk melakukan pekerjaan yang tidak ingin dilakukan para Dewa seperti bercocok tanam contonya.


9. Ahura Maza, Mashya dan Mashyanag (Kisah Bangsa Persia)

Quote: Kepercayaan Budha di era Persia Pertengahan mengatakan bahwa bumi diciptakan oleh Dewa Ahura Mazda. Ia menciptakan Alburz, gunung yang tumbuh 800 tahun hingga akhirnya menyentuh langit, pada titik itu, hujan turun dan membentuk sungai Vourukasha dan 2 sungai besar lainnya.

Hewan pertama, banteng putih, tinggal di tepi sungai Veh Rod. Akan Tetapi, iblis Angra Mainyu membunuhnya. Benih banteng tersebut terbawa ke bulan dan disucikan, menciptakan banyak hewan dan tumbuhan.

Di seberang sungai, tinggallah manusia pertama, Gayomard, yang juga dibunuh oleh Angra Mainyu, benihnya kemudian menciptakan tumbuhan rhubarb yang membuahkan Mashya dan Mashyanag, manusia fana pertama.

Angra Mainyu tidak membunuh mereka, tetapi menipu mereka agar mereka memujanya dan 50 tahun setelah mereka melahirkan anak kembar, mereka ditipu untuk memakan anak mereka sendiri. Mereka yang berdosa, melahirkan 2 anak kembar lagi dan dari kedua anak kembar ini lahirlah para manusia Bangsa Persia.


10. Ymir dan Odin (Kisah Norwegia)
Quote:
Kisah ini dimulai dengan kekosongan di dunia pada tempat yang dikenal dengan Ginnugagap. Selatan dari Ginnugagap adalah alam liar, Muspell, yang penuh dengan api dan racun. Utara dari Ginnugagap adalah alam Nilfheim dimana hanya ada es, gunung es dan kegelapan. Karena panasnya Muspell, Nilfheim-pun mulai meleleh dan dari es yang meleleh, mahluk pertama muncul. Mahluk pertama ini adalah Raksasa Ymir.

Selain Raksasa Ymir, es tersebut juga mengeluarkan seekor sapi yang terus menjilati es yang ada dan mengeluarkan lagi Dewa Buri dan Istrinya. Pasangan ini memiliki anak Bor, yang kemudian Bor akan memiliki anak dengan nama Odin, raja para dewa.

Karena kekejaman Ymir, para dewa menentangnya dan Odin-pun berhasil membunuh Ymir, Ymir jatuh dan tubuhnya menjadi bumi, darahnya menjadi sungai, dagingnya menjadi daratan, tulangnya menjadi gunung dan rambutnya menjadi tumbuhan. Odin juga membuat langit dari tengkorak kepalanya yang ditopang dengan 4 pilar. Odin juga berhasil membuat matahari, bulan dan berbagai tumbuhan.

Tumbuhan yang paling besar adalah Yggdasril yang tumbuh di tengah bumi, Odin yang puas akan hal ini menamkan tempat itu sebagai Midgard. Setelah itu, Odin menciptakan manusia dari 2 pohon, ash dan elm, pasangan inilah yang melahirkan seluruh manusia sekarang ini.


Quote:Sekian Trit Ane Gan Jika Berkenan

Boleh Juga

 (docs.google.com)
Sumur
 (www.tahupedia.com)




ane muslim gan, jadi ane percaya penciptaan langit bumi dan manusia dari kitab yang ane pelajari...

banyak versi yang berbeda beda, dan kita harus menghargai itu sebagai kepercayaan masing masing, dan jangan lantas menjadikan ukuran bahwa yang ini salah dan hanya yang ini benar....

iss
Quote:Tambahan Dari kaskuser

Quote:Original Posted By ariflawas â–º


ane tambahin gan penciptaan bumi dan manusia menurut hadist nabi
Spoiler for Proses Pembentukan Bumi Menurut Hadist:



Diriwayatkan dari Rasulullah SAW bahwasanya beliau bersabda:
“Dahulu Ka’bah adalah bukit kecil di atas air kemudian dibentangkanlah bumi dari (bawah)nya.” (An-Nihayah fi Gharib Al-Hadits wa Al-Atsar, Juz II, hlm. 34-35)
Ulasan Hadis
Hadis yang dianggap gharib (aneh) oleh ulama-ulama dahulu maupun modern mengandung fakta ilmiah yang belum ditemukan manusia kecuali pada pertengahan dekade 60-an abad ke-20. Setelah usaha keras yang melibatkan ribuan pakar dan waktu yang cukup panjang, dibuktikanlah pada umat manusia bahwa bumi kita ini pada awal penciptaannya penuh dengan air sampai tidak ada kawasan kering yang tampak sedikitpun.
Kemudian Allah menghendaki untuk memuntahkan dasar samudera luas dengan letusan gunung berapi hebat yang terus menerus memuntahkan lava yang menggumpal satu sama lain, membentuk rentetan pegunungan di tengah samudera belantara ini. Pegunungan ini terus meninggi dan meninggi sampai tampak ke permukaan air yang membentuk daratan pertama dalam bentuk pulau vulkanik yang mirip dengan sejumlah kepulauan vulkanik yang sekarang tersebar di seluruh samudera, misalnya kepulauan Jepang, Filipina, Indonesia, dan Hawai. Sampai sekarang kepulauan-kepulauan vulkanik ini tetap membentuk sebagai puncak-puncak rantai pegunungan samudera.
Dengan terus menerus berlangsungnya aktivitas gunung berapi, kepulauan vulkanik pertama inpun berkembang secara bertahap melalui proses pengembangan (memanjang, meluas, meningkat, bertambah, dan bertumbuh karena pergolakan gunung berapi yang berkelanjutan) sehingga terbentuklah benua induk yang dikenal dengan nama Benua Pangea.



Spoiler for PROSES TERJADINYA MANUSIA BERDASARKAN HADIST:

• Berdasarkan Hadits ditakhrij oleh Bukhari
Artinya :
Dari Abdullah bin Mas’ud ra.,ia berkata : Rasululla saw bercerita kepada kami, beliaulah yang benar dan dibenarkan : “Sesungguhnva penciptaan perseoranganmu terkumpul dalam perut ibunva empat puluh hari dan empat puluh malam atau empat puluh malam, kemudian menjadi segumpal darah, semisal itu (40 hari = pen) kemudian menjadi segumpal daging, semisal itu (40 hari = pen), kemudian Allah mengutus Malaikat, kemudian dipermaklumkan dengan empat kata, kemudian malaikat mencari rizkinya, ajalnya (batas hidupnya), amalnya serta celaka dan bahagianya kemudian Malaikat meniupkan ruh padanya. Sesungguhnya salah seorang di antaramu niscaya beramal dengan amal ahli (penghuni) sorga, sehingga jarak antara sorga dengan dia hanya satu hasta, namun catatan mendahuluinya, maka ia beramal dengan penghuni neraka, maka ia masuk neraka. Dan sesungguhnya salah seorang diantaramu, beramal dengan amal ahli neraka, sehingga jarak antara neraka dengan dia hanya satu hasta, namun catatan mendahuinya, maka ia beramal dengan amal penghuni sorga, maka ia masuk sorga. (Hadits ditakhrij oleh Bukhari).

• Berdasarkan Hadts yang diriwatkan Imam Muslim
Artinya :
“Sesungguhnya seseorang dari kamu berproses kejadiannya dalam perut ibunya selama 40 hari sebagai air mani, dan selama 40 hari sebagai ‘alaqah, kemudian selama 40 hari lagi sebagai mudghah, sesudah itu Allah mengirim seorang malaikat, lalu ia tiupkan roh ke dalamnya. Dan malaikat diperintah mencatat 4 kalimat, yaitu mengenai rizki orang itu, ajalnya, amal perbuatanyya dan celaka atau bahagianya”. (HR. Muslim).



sumur (beenetdelanggu.blogspot.com)


Quote:Original Posted By loakon â–º


Setelah Debata Mulajadi Nabolon selesai menciptakan tempat dan segalanya yang lain, dan yang diciptakannya telah ramai. Oleh karena itu ia menyuruh Leangleangmandi untunguntung na bolon untuk memanggil Si Borudeakparudjar untuk pulang ke langit ke tujuh. Karena Mulajadi Nabolon mengerti dan memahami bahwa Si Borudeakparudjar sendiri amat kesepian dan terasing tinggal di bumi yang ia ciptakan itu.
Ketika perintah dari Debata Mulajadi Nabolon itu disampaikan oleh Leangleangmandi, maka Si Borudeakparudjar hanya berkata,
“ Sampaikan kepada ompung Debata Mulajadi Nabolon , bahwa hatiku tidak suka lagi untuk saat ini kembali ke langit, lebih senag hatiku tinggal di tanah Sianjurmulamula ini, bila aku sudah bosan maka aku akan kembali!”
Apa yang dikatakan oleh Si Borudeakparudjar tersebut disampaikan oleh Leangleang mandi, setelah didengar oleh Mulajadi Nabolon membuat ia marah, karena itu ia berkata pada Raja Odapodap.
“ Aku sudah mengatakan pada Leangleangmandi untuk menjemput calon istrimu Si Borudeakparudjar, akan tetapi ia tidak mau. Oleh sebab itu pergilah ke bumi untuk menemuinya, akan tetapi jangan terlalu buru-buru untuk bertemu dengannya karena hati kalian masih labil, sesungguhnya harus ada pertalian kasih antara pria dan wanita agar bisa menjalin cinta.”
Maka Leangleangmandi membawa Raja Odapodap untuk terbang ke tempat Si Borudeakparudjar berada, akan tetapi dia diturunkan di tempat yang tersembunyi seperti yang diperintahkan Mulajadi Nabolon supaya nanti Si Borudeakparudjar tidak ketakutan melihat ada orang sejenisnya di bumi yang ia ciptakan.
Pada saat yang lain ketika Si Borudeakparudjar berjalan-jalan di bumi, dan sesekali melihat tumbuhan serta apa yang ada di tanah , dia terkejut kala melihat bekas telapak kaki yang mirip dengan telapak kakinya. Melihat hal itu ia sangat terkejut dan membuat ia merenung, dalam hati ia bertanya,
“ Siapakah yang melewati tempat ini tanpa sepengetahuan ku?”
Akan tetapi karena tidak ada tempatnya untuk bertanya, maka semua itu dipendam di dalam hatinya tentang siaa sebenarnya pemilik bekas kaki itu. Dengan rasa penasaran yang sangat dalam, maka ia sangat berharap agar melihat siapa sebenarnya pemilik bekas kaki itu. Dalam rasa penasarannya itu, tanpa ia ketahui dan sadari sejak dulu, maka dia berjumpa dengan pemilik bekas kaki itu, dan tidak lain tidak bukan itu adalah Raja Odapodap calon suaminya,
“ Ternyata di sini rupanya dirimu kekasihku? Kamu yang selalu kurindukan, yang selalu mengganggu pikiranku”
Dengan sinis si borudeak parudjar menjawab,
“ Semua itu hanya omong kosong yang datang dari hatimu yang busuk?”
“ Kamu tidak tahu kalu aku sangat kesepain, tujuh tahun aku kesepian menanggung rindu, sepuluh tahun kesepian sendirian hanya untuk menunggumu”, kata Raja Odapaodap.
Setelah pertemuan itu, maka Si Borudeakparudjar sangat gusar hati, karena menurutnya Raja Odapodap tidak layak bagi dirinya karena wajahnya lebih rupawan. Dengan putus asa dia memanggil Leangleangmandi.
“ Tolong bawa diriku kembali ke langit karena aku sangat rindu kepada ayahAnda Bataraguru.”
Namun Leangleangmandi menolak,
“ Aku tidak mungkin membawamu tanpa aku melapor kepada Debata Mulajadi Nabolon”
Leangleang mandi dengan cepat melaporkan keinginan dari Si Borudeakparudjar kepada Debata Mulajadi Nabolon,
“ Katakan padanya, selama ini aku sangat berharap ingin dia kemabali ke langit, akan tetapi ia ingin di bumi. Biarkan dia di situ!, untunglah kamu tidak membawanya ke sini, seAndainya kamu membawanya maka kamu akan saya hukum”
Kemudian Leangleangmandi menyampaikan apa yang dikatakan Debata Mulajadi Nabolon kepada Si Borudeakparudjar, sehingga membuat ia diam berpikir dan merenungi akan nasibnya.
“ Tidak ada gunanya tinggi hati menolak apa yang bila hal ini memang sudah menjadi takdir.”
“ Jangan terlalu bersedih, karena apa yang dulu kita benci kadang memang harus kita terima untuk menjadi bagian dari diri kita meski kita tidak menyukainya. Jodoh itu tidak bisa ditolak.”
Mendengar itu, Si Borudeakparudjar menangis dan memohon pada Lelangleangmandi,
“ Tolong sampaikan kepada Debata Mulajadi Nabolon agar memberkati kami, mungkin Raja Odapodap sudah menjadi jodohku”
Leangleangmandi pergi untuk menyampaikan permintaan itu kepada Mulajadi Nabolon , akan tetapi Mulajadi nabolon menolaknya,
“ Biarkan dia saja yang memberkati dirinya sendiri, sesungguhnya dia tidak lagi memiliki alasan untuk menghindar sehingga ia menuruti apa yang aku katakan. Dia akan bahagia, akan tetapi dia akan terkena hukuman atas perbuatannya yang tidak menuruti perintahku”
Hal itu disampaikan leangleangmandi maka Si Borudeakparudjar,
“ Jika aku kena hukum, maka aku tidak mau menikah dengan Raja Odapodap, akan tetapi bila Debata Mulajadi Nabolon memberitahukan apa yang jadi hukumanku maka aku akan menurutinya”
Maka Debata Mulajadi Nabolon memberi tahu apa yang menjadi hukumannya,
“ Dia akan susah dalam menjalani hidup, dan mencari makannanya untuk kelanjutan hidup, dan akan menderita selama ia hidup!”
Setelah itu mereka jadi menikah di bumi dan hanya mereka mendiami awalnya. Seiring waktu Siborudeakpariudajar mengandung, maka ia meminta agar Debata Mulajadi Nabolon memberikan jimat “pagar” untuk menjaga ia dan kandungannya itu. Setelah Leangleangmandi membawanya, maka ia memasukkanya ke dalam baju dan bantalnya supaya tidak diganggu setan. Oleh karena itu maka dikatakan bahwa orang yang mengandung di orang Batak disebut “humunti pagar”.
Mulajadi Nabolon memerintahkan kepada Leangleangmandi untuk menyampaikan perintahnya kepada Si Borudeakparudjar,
“ Katakan pada Si Borudeakparudjar, apa yang akan lahir kelak dari rahimnya itu adalah sisa sisa tanah yang ia gunakan membangun dan membentuk bumi yang ia tempati itu.”
Mendengar hal itu maka Si Borudeakparudjar amat gundah hatinya dan menyesali apa yang terjadi dan ia perbuat dulu.
Tak beberapa lama, maka lahirlah apa yang ada di rahimnya itu, akan tetapi yang lahir adalah segumpal daging yang tidak memiliki kaki, tidak memilki tangan, dan juga tidak memiliki kepala. Melihat itu ia menjadi heran, maka Siborudeakparudajar memohon agar menyampaikan apa yang terjadi ini kepada Mulajadi Nabolon dan apa yang lahir dari rahim Si borudeak parudjar telah mati.
“ Wahai ompung, pesan dari Si Borudeakparudjar! Apa yang terjadi padanya bukan seperti yang ia inginkan, yang datang tidak manusia yang tidak memiliki kaki, tidak memiliki tangan, dan tidak memiliki kepala, apa maksudnya ini.”
“ Itu bukan masalah yang perlu dia risaukan, hendaknya apa yang keluar dari rahimnya itu ia kubur. Setelah selesai tujuh hari maka gumpalan itu akan pecah, dan akan menciptakan rerumputan, tulang belulangnya akan menjadi batu, dagingnya akan menjadi tanah liat, dan darahnya akan menjadi magma.”
Setelah melewati hari-harinya sekian lama, maka Si Borudeakparudjar mengalami kehamilan kembali, dia melahirkan anak 2 orang yang kembar akan tetapi berbeda jenis kelamin. Nama yang pria adalah “Raja Ihatmanisia” atau yang bergelar”Tuan Mulana” dialah awal mula dari ayah manusia. Nama dari manusia perempuan pertama itu adalah “Boru Itammanisia” awal dari ibu dari manusia.
Setelah keduanya beranjak dewasa kedua anaknya itu, Si Borudeakparudajar menyampaikan kepada Leangleangmandi agar menyampaikan kepada para saudaranya yang dari langit untuk memberkati kedua anaknya yang telah beranjak dewasa tersebut.
Debata Mulajadi Nabolon, Debata Sori, Balabulan, Debata Asiasi dan yang lainnya turun dari langit yang paling atas, dari langitnya langit, dengan menggunakan benang yang dulu dipakai oleh Si Borudeakparudjar untuk membentuk bumi. Maka mereka sampai ke puncak dari bukit Pusukbuhit, dari sanalah mereka melangkah ke tempat di mana asal dari manusia dulu berawal, yaitu kampung Sianjurmulamula (Sianjurmulajadi, Sianjurmulatompa) yang membelakangi jauh dan berhadapan dengan Toba, bermata air yang jernih, berpinggirkan pohon beringin, tempat bercuci muka pagi hari, dan tempat mandi malam hari.Yaitu tempat yang diapit oleh dua cabang dari sumber air Danau Toba. Menjadi tempat keramat yang disegani dan tidak boleh sembarangan.
Setelah Debata Mulajadi Nabolon sampai ke tempat Si Borudeakparudjar, maka ia dan kedua anaknya diberkati. Kemudian ia mengajarkan kepada mereka yang diberkati apa yang patut dilakukan dan yang tidak patut dilakukakn. Debata Mulajadi Nabolon juga menyampaikan bagaimana mereka agar bisa bergaul dan meminta sesuatu kepada mereka yang ada di langit, yaitu melalui persembahan dan tumbal.
Tumbal yang akan diberikan untuk memanggil Debata Mulajdi Nabolon adalah kuda putih yang terpilih, kepada Bataraguru adalah kuda silintong, kepada Debata Sori adalah kuda si bara, kepada Balabulan adalah tumbal persembahan berupa kuda sibaganding tua.
Untuk persembahan kepada Mulajadi Nabolon adalah ayam mira yang besar, sasagun, dan banebane beserta daun sirih yang terbuka.
“ Apabila kalian yang di bumi ini ingin bergaul dengan kami yang ada di langit, maka segala perlengkapan yang ada untuk menyiapkan persembahan itu harus bersih kalian persiapkan”
Itulah awal permulaan maka setiap persembahan dalam adat Batak diolesi minyak pada saat masih berlaku ada pemberian tumbal dan kepada setiap orang harus mengingat untuk membersihkannya dari segala yang mengitorinya termasuk kaki kudanya supaya tidak sakit. Janganlah kuda itu memakan tanaman siapapun, janganlah kuda itu diusir ataupun dipukul bila hewan itu masih berada di sekitar tempat yang memiliki kuda tersebut.
Bila sekumpulan keluarga memiliki kuda seperti ini, hendaknya mereka menjaga kuda itu bersama, dan biaya untuk membeli segala biaya unutuk mengurus kuda ini maka segala biaya itu harus di bagi rata baik yang kaya maupun yang miskin. Kiranya jangan ada yang melebihi dan jika itu dapat terwujud maka itu adalah kesenangan yang luar biasa bagi Debata Mulajadi Nabolon.
Bila ingin menyampaikan tumbal ini hendaknya setiap keturunan dari yang ingin menyampaikan itu mengadakan pesta dengan musik dan tarian tor-tor dan kuda itu diikat di tengah halaman. Mereka hendaknya menari sambil mengelilingi kuda itu. Setelah selesai dikelilingi hendaknya kuda itu didoakan. Daging kuda itu harus dibagi secara merata. Mereka harus mengingat bila hendak mempersembahkan itu segenap keluarga harus bersih dan berpuasa dari memakan daging babi. Rumah yang mengadakan pesat hajatan itu harus bersih dan di bawah rumahnya harus digelar tikar.
Setelah Debata Mulajadi Nabolon menyampaikan semua apa yang harus dilakukan manusia itu, maka mereka kembali ke langit dengan menaiki bukit Pusukbuhit. Akan tetapi karena kaki Debata Asiasi pincang, maka ia tertinggal di belakang dengan Raja Ingotpaung. Si Borudeakparudjar dan Raja Odapodap kembali ke langit, tetapi anak mereka dititipkan supaya dirawat oleh Debata Asiasi dibantu dengan Raja Ingotpaung.
Ketika mereka kembali naik ke langit, maka kedua anaknya selalu ingin ikut bersama orang tua kandung mereka, akan tetapi hal itu tidak bisa mereka lakukan karena tali untuk naik ke langit dipotong oleh Si Borudeakparudjar. Benang itu terbang ke arah delapan mata angin, itulah awal dari pencarian hari baik bagi para dukun.
Hanya tempat yang bernama Batunanggarjati yang menjadi jalan satu-satunya ke langit dan Debata Asiasi yang menjadi pengganti Leangleangmandi untuk menyampaikan apa yang terjadi di tanah ini. Sampai saat ini tidak ada seorang pun yang bisa melihat Debata Asiasi. Di bumi tinggallah Raja Ihat manusia dan si Boru Ittammanisia dari nama mereka hadirlah nama "manisia" . Tidak dapat dijelaskan lebih dalam apakah kedua saudara ini menikah atau Raja Ihatmanisia menikah dengan Boruna raja Inggotpauang. Namun dikisahkan bersama Debata Asiasi mereka mendiami bumi. Anaknya ada tiga yakini Raja miokmiok, Patundalnabegu, dan Ajilampaslampas.


Imajinasi agan ini

Quote:Original Posted By chengcheng â–º
Ane Pernah berkhayal Gan,
Jadi Kita(manusia) itu ciptaan Alien (makhluk luar angkasa), mereka meninggalkan gen/DNA di Bumi, pas Bumi lagi Chaos2nya,
Evolusi Manusia berbanding dgn Tumbuhnya lingkungan kek Hutan, Gunung, Sungai, gitu,,
Sedang Alien nenek moyang kita dari Planet ato Tata Surya di deket kita, mereka udah punya peradaban yg lebih maju,
Nah Alien itu yang langsung ciptaan Tuhan,
Kek semacam di Film Mission to Mars gitu
😂😂😂😂😂😂


Quote:Original Posted By solehikhsanudin â–º
mungkin saja kisah awalnya benar berasal dari tuhan yang disampaikan melalui nabi2 lokal umatnya masing2, tapi kemudian seiring dengan perkembangan jaman banyak yang kisahnya mengalami pergeseran


Quote:Original Posted By adineo â–º
Ane tambahin menurut Versi Islam (No SARA)

1. Dalam Quran surat Al-Anbiya (surat ke-21) ayat 30 (ane singkat aja ya, sebenernya panjang)

"bahwasanya langit dan bumi itu keduanya dahulu adalah suatu yang padu, kemudian Kami pisahkan antara keduanya. Dan dari air Kami jadikan segala sesuatu yang hidup"

2. Dalam Quran surat Fussilat (surat ke-41) ayat 11
“Kemudian Dia menuju langit dan langit itu masih merupakan asap, lalu Dia berkata kepadanya dan kepada bumi: “Datanglah kamu keduanya menurut perintah-Ku dengan suka hati atau terpaksa”. Keduanya menjawab: “Kami datang dengan suka hati”

Tafsir : Kata asap dalam ayat tersebut di atas menurut para ahli tafsir adalah merupakan kumpulan dari gas-gas dan partikel-partikel halus baik dalam bentuk padat maupun cair pada temperatur yang tinggi maupun rendah dalam suatu campuran yang lebih atau kurang stabil.

3. Dalam Quran surat At-Talaq (surat ke-65) ayat 12
“Allah-lah yang menciptakan tujuh langit dan seperti itu pula bumi. Perintah Allah berlaku padanya, agar kamu mengetahui bahwasanya Allah Maha Kuasa atas segala sesuatu, dan sesungguhnya Allah ilmunya benar-benar meliputi segala sesuatu”

Tafsir : Para ahli menafsirkan bahwa kata tujuh menunjukkan sesuatu yang jamak (lebih dari satu), dimana secara tekstual hal ini mengindikasikan bahwa di alam semesta ini terdapat lebih dari satu bumi seperti bumi yang kita tempati sekarang ini.

Beberapa hal yang mungkin mengejutkan bagi para pembaca Al-Quran di abad ini adalah fakta tentang ayat-ayat dalam Al-Quran yang menyebutkan tentang tiga kelompok benda yang diciptakan(Nya) yang ada di alam semesta yaitu benda-benda yang berada di langit, benda-benda yang berada di bumi dan benda-benda yang berada di antara keduanya. Kita dapat menemukan tentang hal ini pada beberapa surat yaitu surat To-Ha (surat ke-20) ayat 6 yang artinya:

“Kepunyaan-Nya lah semua yang ada di langit, semua yang di bumi, semua yang di antara keduanya dan semua yang di bawah tanah”

Lalu dalam surat Al-Furqan (aurat ke-25) ayat 59 yang artinya:

“Yang menciptakan langit dan bumi dan apa yang ada antara keduanya dalam enam masa…”

Juga dalam surat Al-Sajda (surat ke-32) ayat 4 yang artinya:

“Allah-lah yang menciptakan langit dan bumi dan apa yang ada di antara keduanya dalam enam masa…”

Dan surat Qaf (surat ke-50) ayat 58 yang artinya:

“Dan sesungguhnya telah Kami ciptakan langit dan bumi dan apa yang ada antara keduanya dalam enam masa, dan Kami sedikit pun tidak ditimpa keletihan”

Intisari : Dari surat-surat tersebut di atas terlihat bahwa secara umum proses terciptanya jagat raya ini berlangsung dalam 6 periode atau masa dimana tahapan dalam proses tersebut saling berkaitan. Disebutkan pula bahwa terciptanya jagat raya terjadi melalui proses pemisahan massa yang tadinya bersatu. Selain itu disebutkan pula tentang lebih dari satu langit dan bumi dan keberadaan ciptaan di antara langit dan bumi.

Dari uraian di atas kita dapat menyimpulkan bahwa sebelum para ahli mengemukakan tentang teori big bang (yang dimulai sejak tahun 1920-an), ayat-ayat Al-Quran telah secara jelas menceritakan bagaimana alam semesta ini terbentuk.

Note : Bukan bermaksud SARA tapi ini menurut kepercayaan ane


ane gak ngerti gan
Quote:Original Posted By mamatew â–º
ane gak ngerti gan


yaudah gan
Quote:Original Posted By bibiwmen â–º


yaudah gan


gan
Kalau menurut suku suku di indonesia bagaimana?
Quote:Original Posted By alonsokto â–º
Kalau menurut suku suku di indonesia bagaimana?


ane gk tau gan
ane percaya adam dan hawa, darwin dll ga percaya ane
Kok yg versi Himalaya gak ada GAN? ......
Quote:Original Posted By realperform â–º
ane percaya adam dan hawa, darwin dll ga percaya ane


teori darwin bener gan, sebelom adam hawa ada, monyet yg berevolusi jadi manusia juga ada
Quote:Original Posted By Moh.Ichwanuddin â–º
Kok yg versi Himalaya gak ada GAN? ......


versi himalaya yang kaya gimana gan
Quote:Original Posted By bibiwmen â–º


teori darwin bener gan, sebelom adam hawa ada, monyet yg berevolusi jadi manusia juga ada


monyet lu
Quote:Original Posted By realperform â–º


monyet lu


ente hasil evolusi nya
Quote:Original Posted By bibiwmen â–º


versi himalaya yang kaya gimana gan






no sara gan --- itu film aja

Ntar ane tanya ama bang jampamg
Quote:Original Posted By nafas.dewa â–º
Ntar ane tanya ama bang jampamg


zimbawe 2km lagi gan
Quote:Original Posted By bibiwmen â–º


zimbawe 2km lagi gan

Dah sampe gan
Quote:Original Posted By nafas.dewa â–º

Dah sampe gan


long live zimbawe gan
Yg berbau dewa dewa otak ane ko g paham ya

Via: Kaskus.co.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar