Pages


Kamis, 26 Maret 2015

Api - Api Abadi di Dunia [PICT]

Alhamdulillah HT 25 Maret 2015

Thanks Mimin Momod All Officer & Kaskuser
Semoga Thread TS Menambah Pengetahuan & Bermanfaat



Mudah"han Tidak

10 Api Abadi di DuniaQuote:Quote:Meskipun api "abadi" tampaknya menjadi fenomena alam yang langka, mereka sebenarnya cukup umum baik di atas permukaan maupun di bawah tanah dan baik pemicunya manusia ataupun alam. Biasanya api di bahan bakari oleh batubara, gas, atau minyak di bawah tanah yang merembes ke permukaan, beberapa "api abadi" telah membakar terus menerus selama berabad-abad dan tetap membakar hingga saat ini.

1. Gunung yang TerbakarQuote:Quote:Api batubara bawah tanah yang menciptakan apa yang disebut "Burning Mountain" (Mount Wingen) dekat Wingen, New South Wales, Australia, mungkin dimulai oleh petir atau pembakaran spontan. Setidaknya, itulah asumsi yang ada, tidak ada yang tahu pasti karena api telah menyala setidaknya selama 6.000 tahun. Para ilmuwan percaya bahwa mungkin inilah api tertua yang terus membakar batubara.

Api bergerak dengan laju sekitar 1 meter setiap tahun ke selatan. Yang mungkin terkesan lambat, tetapi mengingat umurnya, matematika sederhana memberitahu kita bahwa api batubara telah pindah setidaknya 6 kilometer (3,7 mil) sejak ia mulai menyala. Pada laju ini, api akan mencapai pinggiran Sydney Australia, yang jaraknya sekitar 280 kilometer, sekitar 255.000 tahun lagi atau lebih.

2. Bukit yang BerasapQuote:Quote:Pada tahun 1850, Kapten Robert McClure berlayar dengan ​​kapalnya "Investigator" di Kutub Utara untuk mencari Ekspedisi Franklin, yang menghilang saat mencoba mencari Northwest Passage. Dia tidak pernah menemukan awak Franklin (dan tidak ada orang lain pernah menemukan mereka), tapi ternyata ia menemukan kembali sesuatu yang lain: kebakaran besar di pantai berbatu dan puncak Cape Bathurst. Awalnya McClure mengasumsikan kebakaran itu dibuat oleh orang-orang Inuit setempat untuk mendapatkan perhatian mereka, jadi dia mengirim beberapa anak buahnya untuk mendarat dan melihat apa yang sedang terjadi dan mencari informasi tentang nasib awak Franklin. Akhirnya anak buahnya kembali ke kapal dengan tidak membawa informasi apapun, tapi mereka membawa sepotong batu dari banyak batu yang mereka temukan di darat yang membuat mereka penasaran. Ketika mereka meletakkan batu di meja mahoni Kapten, batu tersebut membakar dan membuat meja kayu berlubang. Ya, mereka telah menemukan kembali Bukit Berasap (smoking hill).

Franklin sendiri telah menemukannya sebelumnya dan diberi nama Smoking Hills dalam perjalanannya tahun 1826 untuk mencoba menemukan Northwest Passage. Dia mencatat adanya asap aneh yang datang dari kebakaran di perbukitan, asap yang terlihat dari laut, dan kebakaran yang terjadi di area yang tidak ada vegetasi. Inuit menyebutnya "tanah air asam" karena serpih minyak bawah tanah yang terbakar membuat air menjadi sangat asam dan teracuni dengan logam berat.

3. Gua Air dan Api Quote:Quote:Taiwan memiliki beberapa gunung berapi lumpur yang fantastis dan mata air panaas alami. Karena geologi lokal, gunung lumpur ini menghasilkan gas metana. Dekat kuil Biyun ada tempat di mana gas yang terbakar diberi nama "Gua Air dan Api". Namun sebenarnya ini bukanlah gua, tapi adalah batuan dengan mata air dan kolam kecil air panas, dengan gas metana meluapkan ke permukaan. Gelembung-gelembung gas metana menyuplai bahan bakar api secara terus menerus, yang memberikan penampilan api menyala di atas batu dan dari air.

Meskipun api kini telah mengecil, dari tingginya yang pernah mencapai tiga meter, mereka masih mengesankan. Sejarah lokal mengklaim situs itu ditemukan oleh seorang biarawan pada tahun 1701, yang berarti api ini telah membakar terus menerus selama lebih dari 300 tahun.

4. MrapenQuote:Quote:Dalam tradisi Indonesia, ada legenda yang dimulai dengan Sunan Kalijaga (salah satu dari "Sembilan Wali") dan para pengikutnya kelelahan di akhir sebuah perjalanan panjang. Mereka berhenti untuk beristirahat dan bermalam di desa Mrapen, tetapi mereka kedinginan. Sunan Kalijaga menancapkan tongkatnya ke tanah, menariknya keluar, dan muncullah api yang menghangatkan mereka. Api dianggap suci dalam budaya Jawa dan telah digunakan untuk menyalakan "obor api" untuk turnamen olahraga di Indonesia.

Pertama kali tercatat di abad ke-15 sebagai "api (yang) tidak pernah padam, bahkan di tengah hujan atau angin", api itu masih menyala sampai hari ini, didorong oleh gas alam yang bocor dari bawah tanah.

5. Brennender BergQuote:Quote:Lapisan batubara terbakar di Brennender Berg di Saarland, Jerman, menyala pada tahun 1688 dan telah terus membakar sejak saat itu. Tidak ada yang yakin bagaimana api berawal (mungkin pembakaran spontan), namun legenda mengatakan gembala menyalakan api di dekat tunggul pohon, yang menjalar melalui akar dan kemudian ke dalam lapisan batubara. Apa yang diketahui pasti adalah bahwa penyair terkenal Johann Wolfgang von Goethe mengunjungi brennender Berg pada tahun 1770 dan menulis tentang perjalanannya yang bertemu dengan gunung yang menyala: "uap padat muncul dari celah-celah dan kita bisa merasakan tanah panas bahkan melalui sol tebal sepatu kami". Bahkan ada sebuah plakat memorializing kunjungannya di situs.

Meskipun intensitas api batubara telah berkurang sejak tahun 1800, pengunjung masih bisa melihat asap mengepul dari batu-batu dan bahkan merasa uap panas yang berasal dari celah-celah dan bukaan. Dikatakan bahwa sebelum intensitas kebakaran berkurang, anak-anak sekolah sering diajak berkunjung ke area ini untuk melihat gunung terbakar dan memasak telur di lubang-lubang ini.

6. Maa AmbikaQuote:Quote:Ada banyak legenda tentang bagaimana api alami muncul dan menjadi ada, tapi tidak ada yang begitu brutal seperti legenda Hindu dari api abadi di kuil Jwalamukhi. Legenda tersebut mengatakan bahwa Prajapati Daksa mepermalukan putrinya Sati di sebuah pesta, membuat sang putri sangat marah dan dia membakar dirinya untuk melarikan diri rasa malu. Sebagai pembalasan, kekasih putri yang adalah Dewa Siwa, memenggal kepala Daksa dan kemudian mengembara di alam semesta dengan membawa tubuh almarhum kekasihnya yang hangus. Akhirnya, Dewa Wisnu memotong-motong tubuh hangus Sati dan melemparkan potongan-potongannya ke Bumi. Lidahnya mendarat di kuil Jwalamukhi dan terwujud lah api.

Oleh karena itu, Kuil Jwalamukhi didedikasikan untuk Dewi Cahaya. Di kuil, terletak sekitar 50 kilometer dari Dharamshala, orang dapat melihat api biru abadi membakar gas alam yang berasal dari tempat suci batu candi. Tidak ada berhala di kuil, karena apa yang disembah sebagai dewa adalah api itu sendiri. Ribuan orang berziarah ke kuil itu setiap tahun, membawa hadiah permen, buah, dan susu.

7. Tambang Batubara JahriaQuote:Quote:Jharia, India adalah rumah bagi salah satu kebakaran tambang batubara terbesar di dunia. Setidaknya 70 kebakaran tambang batubara yang berbeda yang sampai sekarang terus terbakar dan melepaskan ribuan ton karbon dioksida ke atmosfer setiap tahun. India adalah generator terkemuka keempat emisi gas rumah kaca di dunia, dan tambang batu bara yang terbakar merupakan sumber utama pencemaran ini. Selengkapnya baca disini: Jharia - Kota Ditengah Batubara yang Membara
8. Darvaza, Pintu ke NerakaQuote:Quote:Jauh sebelum tragedi LAPINDO di Sidoarjo, ternyata kejadian yang mirip pernah terjadi di Derweze Turkmenistan (dulu Uni Sovyet) tahun 1971.

Darvaza atau Derweze adalah daerah di padang Karokum yang penuh dengan Gas Alam. Para Ahli Geologis membor di daerah tersebut dan tanpa sengaja menemukan sebuah gua bawah tanah, dan lokasi pemboran pun runtuh, membuat gua tersebut terbuka dan mengeluarkan gas methan yang sangat beracun. Para Ahli berpikir daripada membiarkan gas-gas methane tersebut keluar, akan lebih aman jika mereka membakarnya sampai gas tersebut habis terbakar. Tapi rencana tidak semulus yang diperkirakan .... Setelah mereka membakarnya .... Api nya masih terus menyala sampai saat ini, puluhan tahun kemudian ... Selengkapnya baca disini: Darvaza

9. Batu Bernyala Chimaera (Yanartas), TurkiQuote:Quote:Sekitar 80 km sebelah barat daya dari Antalya, dekat kota Çıralı di barat daya Turki, terletak sebuah gunung berbatu yang sudah benar-benar terbakar selama ribuan tahun. Sekitar selusin api membakar di sisi gunung didorong oleh gas metana yang keluar melalui lubang uap dari dalam bumi. Api-api ini disebut Yanartas di Turki, dan telah terbakar selama setidaknya 2500 tahun. Lubang lubang uap tersebut merupakan emisi terbesar dari metana abiogenic yang pernah ditemukan di darat sejauh ini.Quote:Selama ratusan tahun, para pelaut bisa melihat api-api ini dari laut dan menggunakan mereka sebagai tengara untuk menavigasi, tapi hari ini mereka lebih sering digunakan oleh pejalan kaki untuk menyedu teh. Api-api ini, menurut beberapa literatur kuno, melahirkan mitos Chimera, binatang mitos yang bernapas api dengan tubuh, kepala singa dan kepala kambing yang ada di punggungnya, serta kepala ular yang ada diujung ekornya yang berakhir dengan kepala ular.Quote:Api-api ini berkelompok diatas lahan seluas 5.000 meter persegi dan didorong oleh emisi gas yang sebagian besar terdiri dari metana dan hidrogen. Api-api ini justru lebih besar saat musim dingin, karena karakteristik umum dari rembesan gas tersebut, di mana fluks gas biasanya dipengaruhi oleh tekanan yang disebabkan oleh resapan air tanah dan perubahan tekanan atmosfer. Api-api ini selama ini belum pernah mati, membakar terus-menerus, tidak seperti Air Terjun Eternal Flame Terjun yang kadang perlu dinyalakan.Quote:


10. Api Abadi di Baba Gurgur, IrakQuote:Quote:Baba Gurgur ("Bapak Api ") adalah sebuah ladang minyak besar di dekat kota Kirkuk yang merupakan ladang minyak pertama yang ditemukan di Irak Utara pada tahun 1927. Dianggap sebagai ladang minyak terbesar di dunia sampai penemuan ladang minyak Ghawar di Arab Saudi pada tahun 1948, Baba Gurgur terkenal dengan Api Abadinya terletak di tengah-tengah ladang minyaknya yang diperkirakan telah terbakar selama lebih dari 4000 tahun.Quote:Ladang minyak Baba Gurgur digambarkan sejauh Herodotus (sekitar 484-425 SM), penulis Yunani kuno, dan beberapa orang percaya bahwa ini adalah tungku api yang diceritakan dalam Kitab Daniel, dari Perjanjian Lama, di mana Raja Nebukadnezar (630-562 SM), Raja Babel, melemparkan tiga orang Yahudi karena menolak untuk menyembah berhala emasnya. Api ini memiliki nilai simbolis yang signifikan bagi penduduk Kirkuk. Panas dari api abadi ini dahulu digunakan oleh gembala untuk menghangatkan ternak mereka selama musim dingin, dan wanita-wanita yang mengunjungi Baba Gurgur, untuk memohon agar memiliki bayi laki-laki. Praktek kuno ini mungkin berasal saat pemujaan api.Quote:Api ini adalah hasil dari gas alam dan nafta merembes melalui celah-celah batuan di daerah Baba Gurgur.

Penjelasan dari daerah ini dapat ditemukan dalam "The American Journal of Science" edisi tahun 1939.

Dekat ke sumur adalah kolam berlumpur stagnan, ditutupi dengan sampah tebal yang sangat diwarnai oleh sulfur. Beberapa ratus meter ke timur dari puncak bukit ada empat lingkaran datar berdiameter 50 meter, dengan 100 lubang kecil-kecil atau lebih, yang mengeluarkan api tanpa asap yang jelas, sangat berbau belerang. Bahkan, seluruh permukaan tempat berlubang ini adalah kerak sulfur di atas tubuh api di dalamnya. Jika tanah ini dilubangi, api langsung dikeluarkan, kadang-kadang menjulang tinggi.Quote:Baba Gurgur menjadi sumur minyak modern pertama di Irak ketika Turki Petroleum Company menemukan minyak pada malam 15 Oktober 1927. Penemuan ini segera berubah menjadi krisis lingkungan utama seiring ribuan barel minyak menyembur keluar membanjiri depresi yang dikenal sebagai Wadi Naft yang mengeringkan air di kaki bukit yang lebih rendah. Minyak mentah yang mengalir ke padang pasir terbuka mengancam penduduk setempat, dengan mencemari pasokan air mereka.Quote:Butuh waktu sepuluh hari dari letusan pertama untuk menutup katup kontrol dan menutup pasokan minyak. Pada saat sumur tersebut ditutup, lebih dari 95.000 barel minyak per hari telah dimuntahkan ke padang gurun. Saat musim hujan akan tiba, bencana lain mengancam: jika hujan datang dan wadi banjir, minyak akan dibawa turun ke sungai dan mencemari pasokan air seluruh negeri. Sehingga Pompa dipasang untuk memompa minyak kembali ke dalam sumur, tetapi pompa ini hanya berpengaruh sedikit. Putus asa untuk menghilangkan minyak, akhirnya sejumlah besar minyak dibakar. Dan Alhamdulillah, ketika hujan datang daerah itu telah bebas minyak tumpah.

"Sekian Thread TS Semoga Bermanfaat"
"Kalo ada Hal Yang Lain Boleh Dishare Dimari Gan"


TKP  (versesofuniverse.blogspot.com)
Rekomendasi HT  (docs.google.com)
keren,,
di taiwan juga ada tuh ya,,
Reserved

Komentar Kaskuser :
Quote:Original Posted By boenga69
nambahin gan..

di Bojonegoro juga ada lho..

Kayangan Api namanya

Spoiler for Kayangan Api (BWK):








Sumber gambar : google




Quote:Original Posted By fLaii
di kota kelahiran saya jg ada gan. Api Tak Kunjung Padam di Pamekasan, Madura


*gambar dr google

yang abadi itu api neraka
wah berarti ada stok gas alam di bawahnya..


ini di mrapen gan
Pintu ke neraka
Pejwan
Quote:Original Posted By perihbanget
keren,,
di taiwan juga ada tuh ya,,

kayaknya si gan, bolh di share aja gan dimari

Quote:Original Posted By AldiRangers
yang abadi itu api neraka

itumah pasti gan, di akhirat nanti

Quote:Original Posted By momonculus
wah berarti ada stok gas alam di bawahnya..

stok abadi jg gan

Quote:Original Posted By ydapedia
page one ah


bantu di ya gan

Quote:Original Posted By wakashinima
Pintu ke neraka

bisa dibilang gitu jg gan "Pintu Tikus Ke Neraka"
Quote:Original Posted By gilangmutahari
Pejwan

bantu di gan
pejwan

api asmara gimana gan? abadi tuh kan

serem ya gan ngeliatnya
apinya ga mati2 gt
tapi sebenernya klo mau dimanfaatin bs kali ya jadi sumber penghasil listrik
api amaterasu juga abadi gan
Indonesiq kebagian juga..
Quote:Original Posted By ragon88
api amaterasu juga abadi gan


Pernah denger..dimana ya gan...
Kalok mati lampu gak susah payah lagi nyari korek
Bisa buat bakar2 gan...
wah apinya keren yah

di bojonegoro kalau ga salah ane pernah kesana tuh
Quote:Original Posted By unitedd

bantu di gan


Apa untungnya buat Ane, Gan?
Buat bakar jagung...

Tak selamanyaaa jagung itu direbus... Eaa eaaaaa...
Via: Kaskus.co.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar