Pages


Kamis, 26 Maret 2015

Membuat Kliping Koran, Tugasnya Anak-anak Sekolah Jaman Dulu



Quote:Quote:Mukaddimah

ilustrasi : contohsimpel.blogspot.com

Quote:
Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh


Apa yang ada dalam benak agan dan aganwati ketika mendengar kata Kliping Koran?
Bagi mereka yang mengenyam pendidikan pada era 90an kebawah pasti sudah tidak asing dengan yang namanya kliping. Bisa dikatakan tugas membuat kliping itu selalu ada dan menjadi menu wajib yang diberikan oleh bapak dan ibu guru, ane tidak tahu apakah pada jaman sekarang ini tugas semacam itu masih ada atau tidak. Untuk mengenang masa-masa sekolah pada jaman dulu dengan tugas membuat kliping-nya ane menyusun thread sederhana ini dengan harapan bisa mengajak Kaskuser yang pernah mengalaminya untuk sejenak ikut bernostalgia, mengingat kembali masa-masa sekolah dulu, karena masa lalu selalu menarik untuk dikenang.


Untuk Membuat Semua Orang Suka Terhadap Sebuah Karya Itu tidak akan Pernah Bisa
Selalu Saja Ada yang Suka dan Tidak Suka
Ane Mohon Maaf Jika Ada yang Tidak Berkenan

Semoga thread sederhana ini bisa bermanfaat.


Quote:Serba Serbi Membuat Kliping Koran
Quote:Quote:Sekilas Tentang Kliping

ilustrasi : infoklipingsyam.wordpress.com

Quote:Kliping adalah kegiatan pengguntingan atau pemotongan bagian-bagian tertentu dari surat kabar, majalah atau sumber lain kemudian disusun dalam sistem tertentu dalam suatu bidang, Kliping juga bisa diartikan sebagai sebuah karya seni dengan memanfaatkan koran, majalah atau sumber lain baik baru ataupun bekas sesuai dengan tema tertentu dengan cara mengguntingnya kemudian ditempelkan pada kertas yang baru kemudian disatukan sehingga menyerupai makalah. Bahan yang dibutuhkan cukup sederhana, yakni gunting, lem dan tentunya Koran, majalah atau sumber lain sebagai referensi. Membuat kliping ini bisa dilakukan oleh siapa saja dengan berbagai tujuan tertentu, ada yang membuat kliping atas inisiatif sendiri dan ada pula yang membuat kliping karena diperintah, seperti yang dialami oleh anak-anak sekolah yang sering mendapatkan tugas untuk membuat kliping untuk kemudian dikumpulkan untuk dinilai. Pada masa sekarang mungkin tugas semacam ini sudah jarang ditemui, namun bagi mereka yang bersekolah pada era 90an kebawah pasti sering mengalaminya.


Quote:Quote:Berburu Koran dan Majalah

Image courtesy of viva.co.id

Quote:Ketika bapak dan ibu guru memerintahkan anak-anak muridnya untuk membuat kliping dengan tema tertentu sebagai tugas maka yang dilakukan oleh anak-anak tentu saja mencari sumber referensi yang dibutuhkan, biasanya adalah Koran atau majalah. Bagi mereka yang dirumahnya berlangganan Koran atau majalah mungkin tidak terlalu berat apa yang harus dilakukan karena mereka tinggal mencari saja dirumahnya, sedangkan bagi mereka yang dirumahnya tidak berlangganan Koran atau majalah pasti akan mengalami kesulitan karena tentu saja tugasnya akan semakin berat, mereka harus mencari Koran dan majalah sampai ketemu, bisa dengan meminta kepada tetangga atau kerabat yang kebetulan berlangganan atau alternatif yang paling cepat adalah dengan membeli Koran atau majalah bekas di tukang loak, perburuan Koran dan majalah bekas ini biasanya dilakukan sepulang sekolah dan paling asik adalah dengan bermai-ramai dengan teman-teman sekelas, jika sudah mendapatkan buruan tersebut maka perasaan bisa menjadi tenang karena inti dari apa yang akan dibuat sudah ada ditangan.


Quote:Quote:Memilah dan Memilih Artikel Sambil berharap Keberuntungan

Image courtesy of pustakahanan

Quote:Setelah Koran dan majalan sudah ditemukan, maka pekerjaan selanjutnya yang harus dilakukan adalah memilah dan memilih artikel atau berita yang sesuai dengan tema yang telah ditentukan, itu artinya kita harus membolak-balik halaman demi halaman dari sumber referensi tersebut. Dalam satu Koran atau majalah belum tentu ada artikel atau berita yang dicari, itu artinya kita harus jeli melihat dan membaca setiap berita sambil tentunya berharap adanya keberuntungan untuk bisa menemukan apa yang dicari, apalagi Koran atau majalah itu benar-benar baru kita lihat. Ketika sudah menemukan kita tinggal memisahkannya saja untuk kemudian diproses lagi, Pekerjaan memilah dan memilih ini akan terus dilakukan sampai jumlah artikel yan dibutuhkan tercapai sesuai dengan yang diperintahkan, sebuah pekerjaan yang membutuhkan kesabaran, apalagi jika tugas membuat kliping itu adalah tugas individu, jika berkelompok mungkin pekerjaanya bisa lebih ringan karena kita bisa membaginya dengan teman-teman satu kelompok.


Quote:Quote:Bukan Sekedar Menggunting dan Menempel

Image courtesy of sharekliping.blogspot.com

Quote:Setelah artikel atau berita yang diinginkan sudah ditemukan maka proses selanjutnya adalah menggunting kemudian menempelkannya pada kertas, pekerjaan menggunting ini tentu semua orang bisa melakukannya, namun jangan asal gunting saja, ketelitian tetap harus diutamakan, jangan sampai tulisan pada artikel atau berita terpotong, setelah itu barulah kita menempelkannya pada kertas, kertas yang dipakai biasanya adalah kertas HVS yang memiliki ketebalan sedang, jika menggunakan kertas yang tipis biasanya hasilnya akan jelek karena pengaruh dari lem yang kita pakai, lem yang digunakan sebaiknya lem yang tidak terlalu cair supaya cepat mongering. Proses menempel ini juga bukan kegiatan asal tempel saja, kerapian harus tetap diutamakan, apalagi jika artikel atau berita yang ada ukurannya lebih besar dari kertas yang kita pakai, harus ada trik khusus supaya terlihat rapi dan menarik, biasanya artikel atau berita yang kebesaran akan diantisipasi dengan membaginya menjadi beberapa bagian atau dilipat. Harus diperhatikan pula untuk memberi jarak yang agak lebar pada tempat yang akan dijadikan tempat menjilid supaya artikel atau berita tidak ikut terjilid. Setelah semuanya selesai ditempel tinggal menambahkan cover, kata pengantar, dan daftar isi baru kemudian dijilid.


Quote:Quote:Ribet Namun Banyak Manfaat

Image courtesy of tribunnews.com

Quote:Jika difikir-fikir tugas sekolah seperti ini sangat ribet, namun ternyata jika difikir-fikir lagi ternyata ada banyak manfaat yang bisa kita peroleh dari proses pembuatannya yang ribet tersebut. Membuat kliping membutuhkan proses yang tidak cepat, itu artinya kita harus bersabar dalam melakukannya, belum lagi jika bahan yang kita butuhkan tidak ada, jika kita meminta kepada kerabat atau tetangga secara tidak langsung kita melakukan sosialisasi dengan mereka, proses menggunting dan menempel bermanfaat untuk melatih kreativitas dan kejelian, dan manfaat yang paling utama adalah kita membaca apa yang kita buat, artinya kita menguasai secara penuh apa yang ada pada kliping tersebut. Tanpa membaca artikel atau berita pada koran atau majalah tentu kita tidak akan tahu apakah itu sesuai atau tidak dengan tema yang ditentukan, dengan membaca maka kita akan menambah informasi serta pengetahuan yang kita punyai, apalagi Koran atau majalah yang kita pakai jumlahnya tidak sedikit, maka secara otomatis wawasan kita berrtambahnya juga tidak sedikit.


Quote:Quote:Penutup

Image courtesy of antarafoto.com

Quote:Pada Masa Sekarang tugas membuat Kliping ini mungkin sudah mulai jarang diberikan oleh guru-guru di sekolah, kalaupun ada bentuknya mungkin sudah lain. Secara pribadi ane sebenarnya lebih suka tugas semacam ini tetap ada karena banyak sekali manfaat yang bisa diperoleh seperti apa yang ane kemukakan diatas, Ane bersyukur sekali pernah merasakan secara langsung bagaimana suka dukanya dalam membuat kliping tersebut sehingga akhirnya ane bisa menuliskan pengalaman itu pada thread sederhana ini.

Sekian dan Terima Kasih
Wassalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh




Quote:
SUMBER THREAD

Hasil Pemikiran Sendiri
Komentar KASKUSer

Quote:Original Posted By inob
hahahaha....ane punya banyak koleksi kliping dulu
ndak cuma tugas sekolah aja, tetapi termasuk ke hobi dan koleksi gambar gambar juga
sekarang anak anak cukup mencari ke google dengan mengetikkan keyword tertentu
entah kemajuan atau kemunduran kalo gini

Quote:Original Posted By rendyconan
kampret ini, ane inget banget waktu ane SD
pernah bikin kaya beginian bareng gebetan waktu jaman SD, maklum cinta-cintaan anak SD
mainnya becanda-becanda dan ngerjainnya juga sambil becanda bareng temen-temen yang laen

dari majalah, koran, maupun tabloid yang ada
disobek ditempel di kertas. Kalo inget-inget lagi emang asik tuh dan rame

udah lama juga sih kaga ketemu temen-temen SD

Quote:Original Posted By ondaman
wah jadi inget jaman sekolah dulu, sekarang semua tinggal kenangan. Buat kliping korang itu manfaat nya banyak, yg awalnya cuma cari 1 opik tapi malah jadi baca semua isinya. Entah apa yg dipikirkan guru2 jaman sekarang, padahal sewaktu kecil mereka juga ngalamin hal2 ini.

Quote:Original Posted By underunder
ane dl saking sringnya buat kliping an ampe2 pas jaman piala dunia ane smp dlu,ane ikut2an bikin kliping pmaen,profil tim,stadion,de el el..skrg tggl browse kelar dahh

Quote:Original Posted By lawlietlicious
ya ampun terakhir kali ane dapet klipping koran tuh pas kelas 5sd deh kayaknya
ane paling males banget gunting-gunting, terus nyari beritanya itu loh... lamaaa banget mesti dibaca satu-satu
kalo nyari di internet kan tinggal ketik
tapi serunya sih ane dulu suka pamer bikin sampul depannya pake program edit foto warna warni trus di print
sedangkan anak2 yg lain palingan cuma pake microsoft word doang

Quote:Original Posted By McAndreas
Tugas kyak begini waktu ane masih sd.. batas waktu pengumpulannya seminggu. jadi pas ada tugas ini, ntr aja kerjainnya..kerjainnya itu baru h-3 sebelum pengumpulan.. eh terlalu santai, besoknya udah pengumpulan.. udah deh kerjain sks (sistem kebut semalam) sampai kuliah sekrang kalau ada tugas sks juga ngerjainnya..

kalo udah ngerjain tugas duluan, terkadang suka lupa bawa tugas.. ya jadi begitu

Quote:Original Posted By hountoni
Ane pas SD sama SMP ngrasain nih kliping koran! Pas udah SMA gantian kliping gugel!
jadi inget gimana ramenya ngumpul biar kagak sama klipingan kita ama temen yang laen.
mau beli koran bekas juga iuran dulu 50 perak atau 100 perak!!
indahnya masa itu!

Quote:Original Posted By changetheworld
meski ane sdnya tahun 2000-an tapi pas sd tetep ada tugas kliping koran kek gini kok.. maaa guru yg ngasih tugas killer bgt lagi jadi masih terasa bgt perjuangannya buat bikin kliping koran itu
koran bekas diobrak abrik semuanya dan untung dibantu emak bapak ane dulu pas nyarinya.. klo ga ada juga di koran terpaksa ke tkg buku bekas beli buku bekas cuma buat digunting akhirnya
nostalgila bgt dah wkwk
klo anak sekolah jaman skrg udah enak sih.. tinggal ngetik di gugel copy paste di word print dah.. ga sampe sejam jg udah siap.. tapi ga ada kesannya jadinya

Quote:Original Posted By bapakeValkyla
bener banget nih..
dulu waktu SD disuruh bikin kliping olimpiade, ane sampai berburu ke tukang loak nyari2 koran bekas atau main ke rumah tetangga yg langganan koran terus minta gambar2 di rubrik olahraga..
malah dulu sampai rebutan sama temen gara2 nemu 1 koran yg sama.
kalau anak sekarang sih gampang..
tinggal order sama ortunya suruh cari gambar di google terus diprint.
temen kantor ane sering tuh, soalnya ngeprintnya di tempat ane.

Quote:Original Posted By Garyu73
Bener gan kayaknya sekarang sudah jarang membuat kliping semacam ini. Selama ane tiga tahun di SMA, baru 1x disuruh membuatnya dan itupun tugas dari guru olahraga. Walaupun ribet, ternyata ane sadar ini juga banyak manfaatnya ya.

Bener-bener makan banyak waktu ini gan. Belum lagi waktu kertas diprint harus disesuaikan (perintah guru) dengan jarak atas, bawah, kiri dan kanan halaman berapa sentimeter, dan tata letak halaman, penomoran dll, baru langkah selanjutnya kita gunting koran dan tempel pada kertas HVS tersebut. Temen ane sampai ada yang membuat ratusan halaman uy, rajin banget Ane juga begadang terus bangun dini hari buat ngerjain itu soalnya sambil ngerjain punya temen, dibayar 40 ribu satu kliping jadi





hahaha,....jadi inget masa-masa skolah nihhhh... ane kliping ampe kuliah
Hahaha bener banget ini, terus dilaminating dah
Kalo sekarang mainan nya Word, nyari bahan di gugel tinggal copas doang
Quote:Original Posted By teori.darwin
Hahaha bener banget ini, terus dilaminating dah
Kalo sekarang mainan nya Word, nyari bahan di gugel tinggal copas doang


Lo kan masih bocah, dulu masih tk.
jadi ingat jaman sekolah dulu
ngubek2 koran n majalah, gunting sana sini, ngelem ini itu
ane ngalami juga ini gan plaing kesel kalo dah beli koran bekas kiloan tapi artikel yang dicari gak ada, capek bolak balik tapi nihil
Iya om, jadi inget dulu buat tugas tuh. tapi sepertinya hari ini juga masih ada kok om, kemarin kemenakan ane dikasih tuga buat kliping koran juga
Quote:Original Posted By krnwn_indigo


Lo kan masih bocah, dulu masih tk.


Ngaskus mulu nih si homo
Quote:Original Posted By teori.darwin


Ngaskus mulu nih si homo


Udah jarang njing
Lo tuh sfth mulu
wah yang gunting2 koran itu ya


Quote:Original Posted By mengejarsunset
ane ngalami juga ini gan plaing kesel kalo dah beli koran bekas kiloan tapi artikel yang dicari gak ada, capek bolak balik tapi nihil


in penyebab dulu ane di hukum
sekarangmah tugasnya disuruh searching di internet bukan dari koran
wah ane bikin dulu gan kliping koran

berhubung dsuruh koran baru, ane beli koran baru
eeeh artikel yg dcari adanya di koran lama malahan
krna ane cerdik/licik, ane pakek artikel lama, ane gunting tanggal koran baru, ane tempel diatasnya
lancar jaya wkwkkwkw
Skrg udh ga ada gan . Adek ane yg kelas 3sd aja tugasnya udh disuru nyari dr internet
Yaela teringat aja si agan kliping koran hahahaha
Wah jadi nostalgia nih
jadi inget dulu pernah disuruh buat kliping tentang sepak bola gan, ane cuma baca sekilas aja, ada tulisan bima sakti disana, ane gunting dan tempel aja, pas udah dijilid baru nyadar kalo bima sakti disini bukan pemain bola, tetapi nama klub basket
terakhir dapet itu pas gua smp sekitar tahun 2007 , belum lama juga sih
ane sering dapet tugas dari sekolah bikin clipping dari koran

jadi kangen masa SD SMP

biasanya di suruh nyari artikel, terus di ringkas, klo ga di tempel terus bikin tulisan seperti judul artikel tersebut



klo anak sekarang kayaknya udah jarang bikin yang begituan

ga tau juga si, ga mengamati anak sekolah sekarang




calon HT nih gan

emang enak ngaskus pagi, klo malem tau sendiri isi the loungenya
Tutup Dulu biar gak pada rebutan
Silahkan buka page berikutnya
Via: Kaskus.co.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar