Pages


Sabtu, 28 Maret 2015

Menjawab Pamali yang Sering Dilontarkan Oleh Nenek Dengan Logika


Sebelumnya Maaf Kalo


Quote:Meski kini telah hidup dalam era modern dan semuanya berbasis pada IPTEK, tidak dapat dipungkiri bahwa kita juga masih melekat pada norma-norma dan kebiasaan tradisional kita. Ada sejumlah kebiasaan, mitos atau kebudayaan yang hingga saat ini, kita perlihara secara turun temurun. Pamali salah satunya.

Pamali merupakan sebuah kepercayaan yang uniknya, ada di hampir seluruh daerah di Pulau Jawa. Selain pamali, ada juga yang menyebutnya gugon tuhon, pantangan, atau larangan. Meski sangat sulit dicerna secara logika, tapi pamali hadir bukan tanpa tujuan. Ternyata ada manfaat yang dapat kamu petik darinya untuk jangka panjang.


1. Nenek dulu suka bilang “Jangan kebanyakan makan nasi sama rengginang atau opak, nanti susah dapat rezeki…” Masa iya, Nek?Quote:
Kalau dimakan sama nasi doang, mana ada gizinya?

Untuk kamu yang tinggal di bumi Pasundan, barangkali pernah bersentuhan dengan pamali yang satu ini. Sesungguhnya pamali ini berkaitan dengan kandungan gizi yang kamu makan. Baik nasi maupun opak/rengginang merupakan makanan yang sama-sama berkarbohidrat. Bila kamu mengkonsumsinya terlalu sering, akan berdampak pada kegemukan. Di samping itu ada potensi penyakit lainnya seperti diabetes dan penyakit jantung, jika kadar karbohidratmu berlebihan. Nutrisi yang kamu dapatkan menjadi tidak lengkap dan maksimal. Seyogyanya, imbangi dengan sayur dan buah, syukur-syukur bisa memenuhi syarat 4 sehat 5 sempurna.

Jadi, sebenarnya pamali satu ini cukup masuk akal. Kebanyakan makan gak sehat bikin kamu sakit. Akhirnya rezeki hasil kerja keras cuma habis buat berobat. Makasih petuahnya, Nek.


2. Kalau nyapu atau ngepel, jangan diteruskan oleh orang lain. Kabarnya nanti pacar kamu juga diterusin sama orang lain.Quote:
Nyapu sampai bersih.

Pamali yang satu ini ditujukan terutama untuk kamu yang perempuan. Ketika kamu diminta membantu ibu menyapu rumah, tak jarang ibu memintamu untuk mengulang lagi bagian yang kurang bersih. Memang mengesalkan dan bikin capek sih. Tapi kalau kamu sudah dengar ibumu bilang: “menyapu harus serius dan jangan diteruskan ke orang lain supaya gak gagal jodohnya”, kamu langsung diam. Sejurus kemudian kamu benar-benar serius mengerjakan tugasmu.

Pesan positif dari pamali ini sesungguhnya ialah agar kamu jangan setengah-setengah mengerjakan tugasmu. Menjadi wanita yang nantinya akan menjadi ibu, diharapkan jangan pemalas dan tidak jorok. Oleh karena itu harus tahu bagaimana bersih-bersih rumah dan cinta kebersihan.


3. Ibu yang sedang mengandung harus membawa peralatan seperti gunting lipat dan kawan-kawannya. Makhluk halus yang mau ganggu bisa lari tunggang-langgang nantinya.Quote:
Ibu hamil tidak boleh kelelahan. Kasihan dedeknya.

Kalau kamu sedang memerlukan gunting dan guntingnya hilang, apa yang akan kamu lakukan? Tentu saja kamu akan mencarinya sampai ketemu, bukan? Entah itu di dapur, di ruang makan, di sela-sela perabot, dan sebagainya. Seorang ibu yang sedang hamil, tentunya perlu waktu ekstra untuk beristirahat. Ini demi kebaikan janin yang dikandung. Sedangkan gunting merupakan peralatan rumah tangga sehari-hari yang selalu dipakai wanita, baik di dapur atau di luar dapur. Apabila ibu hamil harus mencari-cari ke berbagai tempat di rumah, tidak terbayangkan betapa lelahnya dia.

Pesan moralnya adalah: biar gak kecapekan nyari san-sini, lebih baik gunting, pisau atau peralatan menjahit sebaiknya diletakkan dekat dengan ibu hamil. Biar kalau bosan ada sesuatu yang bisa dikerjakan, merajut baju untuk si bayi salah satunya.


4. Ibu tiri biasanya digambarkan jahat dan galak. Kalau kamu gak mau punya ibu tiri, jangan makan berpindah-pindah tempat ya…Quote:
Mau punya ibu tiri kayak gini?

Makan yang baik idealnya mengambil tempat di meja makan. Kalau kamu makan sambil berpindah-pindah tempat, gizi yang terkandung dalam makanan tidak bisa diserap oleh tubuhmu. Malahan kamu bisa cegukan atau sakit perut. Tapi kalau kamu dikasih tahu kayak gini, kamu pasti tidak akan percaya. Justru ancaman mendapat ibu tiri yang galak dan jahat malah ampuh bikin kamu makan di satu spot aja. Hihihihi…

5. Menjadi tua terlalu dini begitu ditakutkan oleh banyak orang. Berlama-lama di kamar mandi bisa bikin kamu terlihat lebih tua, lho!Quote:
Mandi lama-lama bikin kulit keriput.

Mandi memang asyik dilakukan. Selain membersihkan tubuh, mandi menyegarkanmu dari rasa panas dan memberi relaksasi. Tapi, banyak efek negatifnya juga kalau kamu kelamaan di kamar mandi. Masuk angin, boros air, kelilipan sabun, dan kepleset adalah beberapa di antaranya. Pamali yang menyebutkan kamu akan terlihat tua pun ada benarnya. Coba cek jari kamu setelah kamu mandi! Terlihat keriput kan? Bagaimana kalau wajahmu yang demikian? Hiiii, seram!


6. Kalau gak mau diganggu dedemit, jangan macam-macam sama pohon besar dan tua. Pipis sembarangan atau seenaknya menebang pohon tersebut bisa bikin kamu ketiban sial.Quote:
Lihatnya aja udah serem. Apalagi mau nebang.

Pohon dengan ukuran gigantis memang selalu punya ‘kekuatan’ tersendiri untuk mengundang rasa penasaran orang Indonesia. Gak cuma di film-film horor macam The Conjuring, di kehidupan nyata pun demikian. Pantas saja kamu dilarang untuk menebang, membuang sampah, atau kencing di sana karena pohon adalah salah satu penyebab kenapa kamu bisa minum dan mandi dengan air bersih. Kalau gak ada pohon ini, tanahmu bisa jadi longsor juga. Itulah mengapa pamali tersebut ada, supaya kamu lebih sayang dengan alam.

7. Kalau mau nyapu, jangan tanggung-tanggung. Yang bersih sekalian biar suamimu nanti gak brewokan.Quote:
Kalau brewoknya begini, siapa yang nolak?

Pamali yang satu ini 11-12 dengan pamali menyapu yang dilanjutkan oleh orang lain. Peruntukannya pun juga ditujukan untuk perempuan. Supaya kamu tidak malas-malasan dan bersih menyapunya, ada pamali berupa mendapatkan suami yang brewokan. Jangan bayangkan dulu pria-pria seperti Adam Levine atau David Beckham. Pada zaman dahulu, orang yang brewok adalah orang-orang seperti preman atau penjahat. Baru belakangan ini saja brewok atau jenggot menjadi penghias wajah yang dilakukan pria dan disukai wanita.

P.S. Kalau cowok brewoknya kayak mas yang di atas, siapa yang nolak? #BantingSapu #GakMauNyapuLagi


8. “Berdiri/duduk di pintu juga gak baik, nanti susah dapat jodoh!” Oh, jelas… Gimana jodoh mau datang kalau kamu menghalangi pintunya?Quote:
Berdiri di depan pintu, kayak lagi nunggu sesuatu aja.

“Jangan duduk di pintu, dek. Nanti jodohmu sulit!”

Pernah mendengar pamali serupa? Tentu saja kamu sudah bisa menebak sendiri maksudnya apa. Duduk atau berdiri di pintu dapat menghalangi arus orang yang ingin keluar-masuk rumah. Kalau kamu bersikeras mengambil posisi di sana, tentu saja akan merugikan orang lain yang mau lewat, termasuk jodoh yang mau bertandang ke calon mertua.


9. Menyapu malam-malam itu dilarang. Bisa-bisa apes yang didapat.Quote:
Gelap-gelap, gimana bersih nyapunya?

Mungkin pada saat pamali ini diucapkan, keadaan Indonesia saat itu belumlah seperti sekarang. Penerangan berupa lampu listrik belum banyak seperti sekarang. Jika kamu menyapu di malam hari, niscaya pekerjaanmu tidak benar-benar tuntas dan maksimal. Daripada sia-sia, lebih baik menyapu sebelum waktu maghrib tiba.

10. Makan sayap ayam memang nikmat luar biasa. Tapi bagian pangkalnya jangan dimakan, nanti kamu akan terpisah dari sanak saudara.Quote:
sayap ayam

Siapa yang masih sering menerima nasehat ini dari orangtua? Pada umumnya, nasihat ini ditujukan untuk perempuan. Ancaman yang disebutkan pun berbeda di tiap daerah. Ada yang bilang sulit jodoh, ditolak pria, dimusuhi tetangga, sampai hidup jauh dan terpisah dengan sanak saudara. Di balik itu semua, ternyata sayap ayam merupakan bagian yang disuntik dengan hormon. Meski para ahli belum benar-benar bisa memastikan kalau sayap ayam menyebabkan kanker, namun tidak ada salahnya kan kalau dikurangi dari sekarang?

11. Menopang dagu kerap dilakukan oleh orang-orang yang sedang berpikir atau serius mendengarkan orang lain. Sangga uang itu kayak orang susah.Quote:
Sangga uang kayak orang susah.

Di balik pamali tersebut, sebenarnya ada efek kalau sangga uang terus menerus kamu jadikan kebiasaan. Salah satunya adalah bisa menyebabkan gigimu tidak rata, bahkan merongos. Mau seperti itu?
SUMBER  (www.hipwee..com)
Menurut Penjelsan Dari Sumber BerbedaSUMBER  (kreasiisengmiti.blogspot.com)Quote:Berpindah tempat pada waktu makan
"Jangan berpindah tempat pada waktu makan, karena kelak berakibat akan mendapat ibu tiri" .Terkecuali pindah pada posisi yang lebih bagus misalnya semula makannya dilantai, kemudian pindah kemeja makan yang semestinya, kalau itu yang dilakukan kelak akan cepat mendapat pekerjaan yang lebih baik.. [apa iyaa..??
Quote:Berlama-lama di Kamar Mandi
Jangan anda berlama-lama dikamar mandi karena akan terlihat lebih tua dari usia anda sebenarnya. Bener ini pamali yang ini, ngapain juga lama-lama di kamar mandi? Mau nginepkah? Lagian kalo lama-lama bisa kriput smua tuh badan.
Quote:Menyapu di Malam hari
Bisa sulit cari rezeki katanya. Tapi sebenernya kalau nyapu di malam hari itu akan melelahkan, apalagi kalau sambil ngepel, sama nimba aer buat mandi. Haduh... emang gak ada waktu lain apa ya. Mendingan buka lowongan buat pembantu rumah tangga ajadeh..
Quote:Duduk di Pintu
"ntar jodoh susah masuk"
Yaph, orang gila juga duduk di pintu, mau duduk disebelah mananya juga?? Ada juga duduk di pangkuan pacar aja lebih enak, itu juga kalo punya sih...jiakahakak
ada juga yang bilang "ntar yang nglamar balik lagi loh"
Yaelah kalo gak balik.. masa satu RT yang ikut serta buat acara lamaran mau nginep apa ya
nyatanya itu untuk mengusir karena menghalangi jalan, toh ngapain juga duduk didepan pintu
Quote:Membuka Payung di Dalam Rumah
Kalau buka payung di rumah katanya bisa ada hal buruk yang terjadi didalam keluarga, emang aneh sih kalau buka payung di rumah, kebanyakan sih orang-orang buka warung di rumah, malah lebih untung kan tuh.. [itu warung bukan payung]
Quote:Mandi disiang bolong
Jangan mandi disiang hari bolong, karena berakibat anda akan cepat tua. ngapain siang-siang mandi ya.. enakan kalo siang-siang tuh berenang bareng kecebong
Quote:Menjual silet/jarum/garam pada malam hari
nah ini nih.. di kampung sebelah masih ada yang kayak gini, katanya berakibat toko, usaha anda akan bangkrut.
Quote:Tidur terlentang dengan tangan dikepala
tidur terlentang dengan tangan menindih kening kepala anda, itu secara tidak langsung akan menyumpahi orang tua anda untuk pergi untuk selama-lamanya
kali aja lagi stres mikirin kredit panci jadi tangan di angkat kekepala
Quote:Berteriak-teriak mengucapkan kata-kata kotor dalam hutan
katanya tak lama lagi akan dimasuki roh halus jahat yang menguasai diri anda (kesurupan). ahaha.. yang ada minta tolong takut digebet tarzan
Quote:Berfoto bersama dalam jumlah ganjil
berfoto dalam jumlah ganjil karena salah satu dari yang difoto akan cepat meninggal. Biasanya yang ditengah.. yang di tengah kan anget
Quote:Bangun Tidur terlalu siang
Jika anda bangun tidur terlalu siang hingga matahari hampir berdiri, akan berakibat segala bentuk rezeki yang akan datang akan selalu menjauh kembali . yang ini ada benernya juga, toh bangun pagi bikin sehat dan manfaatnya banyak kan??
Quote:Ga boleh langsung tidur setelah makan
jadi pemalas , yang ada setelah makan ya minum
Quote:Menggunting kuku malam hari
Jangan menggunting kuku pada mari, karena akan membuat usia anda lebih singkat.. yang ada nanti kukunya katarak

manusia memang mempunyai pendapat yang berbeda-beda, tetapi yang namanya pamali sudah di temukan oleh nenek moyang kita ribuan tahun yang lalu , ada juga yang beranggapan bahwa pamali itu musyrik itu syirik. pamali juga masih tabu dan samar-samar..
Menurut Agan/Wati pamali tuh gimana?? bagaimana orang menyikapi pamali??
Bagaimana setelah agan membaca pamali tersebut? Lebih tercerahkan bukan? Ternyata orang tua pada zaman dahulu punya cara unik dan ampuh utk mendidik anaknya. Tidak dipungkiri, bahkan kepercayaan pamali tersebut juga lebih ampuh jika dijalankan berbarengan dengan ilmu yang didapat dari sekolah.semua udah ada yang ngatur kok, jodoh, rezeki, hidup-mati manusia ada di dalam kuasaNya..
jadi percaya-gak-percaya gak usah cemas mikirin

Reserved
Komentar & Pendapat Berbeda / Koreksi Kaskuser :
Quote:Original Posted By arez0
itu nasehat positif gan bukan kita lht itu mitos tp hikmah positif yg terkandung dlm nasehat2 dari ortu
Quote:Original Posted By hd05
kayaknya hanya budaya aja tuh gan.. biar bocah bocah bisa diatur tingkah laku nya..
Quote:Original Posted By lunalala
3. Ibu yang sedang mengandung harus membawa peralatan seperti gunting lipat dan kawan-kawannya. Makhluk halus yang mau ganggu bisa lari tunggang-langgang nantinya.
kalo tafsiran ente bukan mencari gan maaf yah ane coba lurusin.
yang di ganggu sama mahluk halus tuh janinnya bukan kelelahan dari nyariin si guntung tapi sugesti dari si gunting.
kalo si ibu amat sangat percaya, dia gx bawa gunting dan kecelakaan di jalan gara2 gx bawa gunting tersebut alhasil dia tersugesti. ibu yang sedang mengandung sangat emosional, karena perkembangan janin di perut serta hormon yang tidak stabil alhasil mempengaruhi ke perkembangan janin. entah itu di janin pas lahir bakalan cacat. cuman kalo dasar ibunya gx ada sugesti sama sekali yah jangan di suruh bawa gunting takutnya ia celaka gara2 gunting tersebut lagi.

6. Kalau gak mau diganggu dedemit, jangan macam-macam sama pohon besar dan tua. Pipis sembarangan atau seenaknya menebang pohon tersebut bisa bikin kamu ketiban sial.
manusia memiliki adab kesopanan, jin dan mahkluk halus lainya paling demen tinggal di poon ataupun lubang2. kalo kencing sembarangan jangan di pojokan pohon siapa tau ada jin yang bertempat tinggal di situ. inget gan sebelum kencing kita wajib permisi dulu. sebenernya mahkluk halus liat apa yang kita kerjakan cuman bedanya kita gx bisa liat dia. sama halnya mau motong pohon. kita berdoa dulu kepada Allah.
Quote:Original Posted By zedaefide
Sebenar nya semua larangan melakukan hal tersebut memang ada manfaat nya ya
Quote:Original Posted By roootten
mejeng di pejwan

sama nenek ane juga gitu gan. ya mau gimana lagi gan. pengalaman doi kan jauh lebih banyak di banding kita gan :
Quote:Original Posted By nunk43

iye juga yah gan , kalo di liat secara logika masuk akal juga noh .. berarti dari setiap pamali terkandung pesan dari orangtua kite ye gan
Sebenar nya semua larangan melakukan hal tersebut memang ada manfaat nya ya
mejeng di pejwan

sama nenek ane juga gitu gan. ya mau gimana lagi gan. pengalaman doi kan jauh lebih banyak di banding kita gan :
oke gan.
yang pasti jangan pertamax sebelum ts pertamax, ntar bisulan
suaminya Bu Mali
pamali itu pasti ada alasannya
Quote:Original Posted By zedaefide
Sebenar nya semua larangan melakukan hal tersebut memang ada manfaat nya ya

ada pasti nya gan, trgantung kepercayaannya aja

Quote:Original Posted By roootten
mejeng di pejwan

sama nenek ane juga gitu gan. ya mau gimana lagi gan. pengalaman doi kan jauh lebih banyak di banding kita gan :

pasti nya gan, nenek jman dulu sakti" gan klo msalah pamali

Quote:Original Posted By Psychonirozim
oke gan.
yang pasti jangan pertamax sebelum ts pertamax, ntar bisulan


bantu di gan

Quote:Original Posted By erwin6661
suaminya Bu Mali

terus anaknya nama nya spa gan?

Quote:Original Posted By dewajashin
pamali itu pasti ada alasannya

pasti gan, di thread ane ada alsanya
deja vu .. keknya pernah ada yg bahas .
Quote:Original Posted By nobita.nobi.
deja vu .. keknya pernah ada yg bahas .

bukn di kaskus kali gan
Cuma mitos gan
ngambil secara logikanya ya,
kadang klo pamaliny yang aneh" suka bkin takut jg sih
Quote:Original Posted By paruruu
Cuma mitos gan

nah itu balik lagi percaya g percaya gan

Quote:Original Posted By blackpink507
ngambil secara logikanya ya,
kadang klo pamaliny yang aneh" suka bkin takut jg sih

nama nya pamali pasti menakutkan jasmani&rohani
Jangan makan dekat pintu, Pamali

Jangan Makan sayap ayam, entar terbang
Quote:Original Posted By Myusuf06
Jangan makan dekat pintu, Pamali

Jangan Makan sayap ayam, entar terbang

knpa gan?
sering ngelakuin yg dijelasin agan
percaya g percaya sma nenek moyang*mitos
ane malah nggak terlalu peduli,
mumpung masih hidup lakukan hal hal yang menantang
Pamali katanya udah pensiun bumali yg meneruskan
Quote:Original Posted By dollarnaiklagi
ane malah nggak terlalu peduli,
mumpung masih hidup lakukan hal hal yang menantang

waduuuu..tapi menantang dalam hal positif ya gan

Quote:Original Posted By agunghonda55
Pamali katanya udah pensiun bumali yg meneruskan

sumber nya mana gan klo Pamali pensiunterus anak pamali namanya spa gan?
Biasanya untuk nakut nakutin aja yg gitu tapi
Kenapa jadi bahas pamali sama bumali hahahahha, salam aja deh sama kakak ceweknya mali
Via: Kaskus.co.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar