Pages


Sabtu, 28 Maret 2015

Nostalgia, Neker Permainan Masa Kecil

  (www.kaskus.co.id)
Bissmillahirramanirrahim..
Assalamualaikum Warrahmatullahiwabarakatuh..
Semoga bermanfaat

Terimakasu buat Mimin, Momod dan Kaskuser thread ane jadi HT
Spoiler for HT:
Quote:


Spoiler for cek repost:


Quote:Quote:Apasih Neker itu?
Spoiler for check this:
Quote:images courtesy of google.com
Quote:Neker atau Kelerengadalah mainan kecil berbentuk bulat yang terbuat dari kaca atau tanah liat. Ukuran kelereng sangat bermacam-macam, umumnya berdiameter ½ inci (1.25 cm). ada juga yang lebih besar dan lebih kecil.

Kelereng dapat dimainkan sebagai permainan anak dan dikoleksi untuk tujuan nostalgia atau karena warnanya yang estetik. Permainan kelereng ini efektif dimainkan oleh anak – anak sekolah dasar umur 7 tahun.


Quote:Quote:Sejarah Neker
Spoiler for check this:
Quote:images courtesy of herald-review.com
Quote:Sejak abad ke-12, di Prancis, kelereng sudah dimainkan. Di Inggris ada istilah marbles untuk menyebut kelereng. Marbles sendiri digunakan untuk menyebut kelereng yang terbuat dari marmer yang didatangkan dari Jerman. Namun, jauh sebelumnya anak-anak di Inggris telah akrab menyebutnya dengan bowls atau knikkers. Kelereng populer di Inggris dan negara Eropa lain sejak abad ke-16 hingga 19. Setelah itu baru menyebar ke Amerika. Bahan pembuatnya adalah tanah liat dan diproduksi besar-besaran.

Ada lagi sejarah kelereng yang lebih tua yang terdapat di peradaban Mesir kuno pada tahun 300 SM. Kelereng terbuat dari batu atau tanah liat. Kelereng tertua koleksi The British Museum di London berasal dari tahun 2000-1700 SM. Kelereng tersebut ditemukan di Kreta pada situs Minoan of Petsofa. Pada masa Rowami, permainan Kelereng juga sudah dimainkan secara luas. Bahkan, menjadi salah satu bagian dari festival Saturnalia, yang diadakan saat menjelang perayaaan Natal. Saat itu semua orang saling memberikan sekantung biji-bijian yang berfungsi sebagai kelereng tanda persahabatan.


Quote:Quote:Cara Bermain
Spoiler for check this:
Quote:
images courtesy of Vivanews
Quote:Salah satu cara bermain neker atau kelereng yang paling populer adalah mengambar lingkaran kecil di tanah. Semua pemain menaruh sebiji kelereng dalam lingkaran. Lalu masing-masing pemain menaruh kelereng sampai di luar lingkaran. Pemain yang kelerengnya paling jauh dari lingkaran berhak main dulu. Dia harus mencoba memakai kelereng yang ada di luar lingkaran sebagai “Striker” untuk memukul kelereng dalam lingkaran sampai keluar lingkaran. Kalau dia berhasil melakukan ini dia berhak untuk menyimpannya.

Kelereng “Striker” ini juga harus tinggal di dalam lingkaran. Kalau tidak, pemilik akan kehilangan kelereng ini. Jika pemain berhasil mengeluarkan sebiji kelereng lawannya dari lingkaran, dia bisa meneruskan pemainnya dan mengeluarkan kelereng “Striker” lawan yang lain. Kalau dia berhasil memukul “Striker” lawan, dia berhak untuk mengambil kelereng itu dan lawannya tidak dapat bermain lagi. Tapi kalau dia tidak berhasil, dia kalah dan pemain berikutnya bisa mulai bermain. Sebaiknya melakukan permainan kelereng itu di tanah yang agak berpasir.


Quote:Quote:Main Neker termasuk Judi ?
Spoiler for check this:
Quote:images courtesy of thesun.co.uk
Quote:Main neker atau kelereng bisa jadi termasuk memenuhi unsur judi. Setiap anak yang mau ikut bermain harus punya modal neker untuk dipertaruhkan. Nanti siapa yang paling pandai dalam permainan itu, berhak mengambil kelereng peserta lainnya.

Meskipun nilai kelereng tidak seberapa, namun pada hakikatnya bentuk permainan itu adalah sebuah perjudian.

Lain halnya bila permainan ini disepakati di awal hanya sekedar main-mainan, dalam arti kalau ada anak/peserta yang kalah, dia tidak perlu kehilangan nekernya, dan yang menang tidak perlu mengambil neker milik temannya yang kalah.


Quote:Quote:Apa Manfaat Bermain Neker ?
Spoiler for check this:
Quote:
images courtesy of finleeandme.com
Quote:Manfaat yang didapat anak dari bermain kelereng antara lain :
Spoiler for 1:
Quote:Mengatur Emosi (Relaks)Quote:
images courtesy of behance.net
Quote:Bermain neker atau kelereng sangat menyenangkan bagi anak. Kesenangan inilah yang memunculkan unsur relaks yang membantu anak keluar sebentar dari rutinitasnya sehari-hari untuk "me-recharge" kembali baterai energinya. Bila energinya sudah kembali penuh, tentu baik sebagai persiapan menghadapi hal-hal yang serius, seperti belajar.
Spoiler for 2:
Quote:Melatih Kemampuan Motorik Quote:Quote:Kegiatan-kegiatan dalam permainan ini, seperti melempar dan menyentil kelereng, dapat melatih keterampilan motorik halus dan kasar di usia sekolah. Makin baik kemampuan motorik, koordinasi visual dan konsentrasinya maka anak pun semakin mahir untuk menembakkan kelereng-kelerengnya.
Spoiler for 3:
Quote:Melatih Kemampuan Berfikir (kognitif)Quote:
images courtesy of zonapelajar-smart.blogspot.com
Quote:Kemampuan berpikir anak ikut dirangsang dalam permainan ini. Misalnya, jika ia ingin memenangkan permainan maka harus memecahkan masalah dan menggunakan strategi dengan menggunakan teknik-teknik tertentu.
Spoiler for 4:
Quote:Kemampuan BerkompetensiQuote:
images courtesy of google.com
Quote:Keberhasilan anak menjalani suatu teknik yang lantas memperoleh tanggapan dari para lawan nya merupakan hadiah tersendiri bagi anak. Adanya perasaan bersaing di usia sekolah sangat penting untuk membentuk perasaan harga diri.
Spoiler for 5:
Quote:Kemampuan Sosial (menjalin pertemanan)Quote:
images courtesy of google.com
Quote:Yang paling penting dari kegiatan bermain adalah bagaimana anak mampu menjalin pertemanan dengan kawan mainnya. Jangan lupa, hubungan pertemanan akan memberi kesempatan pada anak untuk mempelajari konteks sosial yang lebih luas. Misal, ia jadi belajar bekerja sama, belajar mengatasi konflik ketika terjadi pertengkaran pada saat bermain dengan temannya, serta belajar mengomunikasikan keinginan dan pikirannya.
Spoiler for 6:
Quote:Bersikap JujurQuote:
images courtesy of moral-politik.com
Quote:Anak juga punya kesempatan mengembangkan karakter dan kepribadian yang positif ketika bermain, seperti pentingnya kejujuran dan fairness. Kecintaannya pada nilai-nilai yang benar merupakan landasan dalam menjalin hubungan dengan orang lain di masa yang akan datang.


Quote:Quote:Proses Pembuatan Neker
Spoiler for check this:
Quote:

video courtesy of youtube.com
Quote:Bahan-bahan yang diperlukan untuk memproduksi kelereng atau glass marble terdiri dari: pasir, silika, soda kapur, dan bahan lain sebagai pigmen warna dan dekorasi di dalamnya. Soda kapur yang merupakan campuran dari kalsium hidroksida dengan natrium/kalium hidroksida dipakai untuk menyerap karbondioksida pada proses peleburannya. Selain bahan tersebut, kelereng juga ada yang dibuat dari bahan cullet atau memakai scrup glass.

Proses pembuatan kelereng terdiri dari empat tahapan yaitu: pelelehan/peleburan bahan, proses injeksi, pemotongan atau pembentukan, dan tahap penyortiran. Pada tahap pelelehan, bahan-bahan tersebut dimasukkan ke dalam tangki yang kemudian dipanaskan hingga suhu mencapai 1.200 derajat Celcius. Proses ini berlangsung sekitar 28 jam. Kemudian dilanjutkan pada tahap ke dua yaitu injeksi. Campuran bahan yang telah melebur seperti lava kemudian dialirkan pada tangki lain untuk disuntikkan dengan bahan pigmen lain sehingga adonan kelereng menjadi warna-warni. Tahap ketiga adalah pemotongan dan pembentukan. Cairan kental kelereng yang berupa gumpalan kaca dialirkan pada sebuah metal berjalan dan dipotong-potong secara otomatis pada ukuran tertentu (misalnya 2 cm). Selanjutnya kubus-kubus kaca tersebut dialirkan pada mesin pembentuk bola sehingga produk akhir yang keluar adalah bola-bola kelereng yang telah jadi. Untuk menjaga kualitas, maka diperlukan juga kegiatan penyortiran terhadap kelereng-kelereng yang bentuknya tidak sempurna.





Spoiler for source:
Quote:Dari beberapa sumber dan hasil pemikiran serta pengalaman pribadi TS



Spoiler for El Komento:
Quote:Original Posted By pancawara.neptu
Lho main gundu?
Dulu pas kecil kalau main begituan pasti bilangnya main gundu, sampai bisa ngumpulin banyak banget gundu.
Dulu di sekolah ada buku matematika yang menghitung tentang gundu juga soal cerita kalah menang, tidak tahu kalau zaman sekarang diajari apa saja


Quote:Original Posted By wagrad
Jadi inget jaman dulu gan ane ama sepupu ane pemburu neker gan,pemburu dalam arti muter kampung cuma buat ikutan maen neker modal 15 biji pulang bisa bawa 50 biji.. kalo pengen jajan tapi bokek ane jualin tuh 10 biji 100 perak..


Quote:Original Posted By abheizthe
Wuohhh kelereng

Dulu waktu kecil demen banget nih maenan kayak gini sama anak-anak tetangga pernah juga punya masa kejayaan di permainan ini dari modal yg cuman 'pinjem' kelereng, sampek bisa bawa pulang di sakuin sampek penuh


Numpang nostalgia bentar yaa

Maennya banyak banget jenisnya udah lupa namanya, ada yg bentuk segitiga (gunungan) yg lainnya lupa
Di tempat ane (Jogja) ada aturannya juga. Cepet-cepetan bilang "Ra sik, Ra rit, Ra mbal, Ra nggul", ini sifatnya berurutan. Jadi harus bener bener teliti kalo mau ngomong salah ngomong, kelereng utama kita bisa raib nih . Ngomongnya pas kelereng utama kita jadi inceran musuh

Ra sik = ra etuk diresik'i (bahasa jawa)/ Gak boleh dibersihin (bahasa indonesia) = maksudnya... Kondisi medan (tanah/ tempat kelereng berada) gak boleh dibersihin sama sekali, walaupun ada batu, daun, ranting dll di deket kelereng target

Ra rit = ra etuk ngerit (bahasa jawa)/ bahasa indonesianya gak ngerti = jadi semisal kita keceplosan gak bilang mantra lengkap kayak yg diatas tadi, mantra yg ini bisa dilakuin. Maksudnya "Ra rit"... Kita gak diperbolehin buat ganti/ geser sudut nembak kita ke kelereng target

Ra mbal = yg ini belum ngeh sampek sekarang kata lainnya apa. Yg jelas di mantra yg ini kita gak dibolehin buat nembak dari atas (ngangkat kelereng dari tanah), masih diposisi kelereng yg sama, cuman kita nembaknya sambil ngangkat kelereng ntah posisi berdiri maupun jongkok

Ra nggul = yg ini ane juga udah lupa seinget ane sih (kalo gak salah) kita gak dibolehin buat nempelin kelereng kita ke kelereng target buat ditembak langsung (biasanya cara ini dilakuin sama yg belum fasih nembak kelereng jarak jauh )

Aturan diatas cuman berlaku buat kelereng utama/ "gacuk" aja , gak termasuk sama kelereng "jaminan" yg dipasang

Ah udah ah jadi teringat masa kecil nan bahagia sekarang udah gak nemuin lagi anak anak maen kelereng, ane mungkin juga udah gak bisa fasih nembaknya sekarang


Quote:Original Posted By atechnique
kelereng/gundu game yang sangat seru banget nih gan nggak kerasa ampe menjelang maghrib baru pada bubar, kelereng susu, kelereng matakucing, haha bisa ngeball bisa main tebak jumlah , bersyukur bisa nikmatin masa permainan tahun lawas :P, #nice thread gan


Quote:Original Posted By recca_turilli
ane dulu termasuk jago gan
dan tepat sasaran..

punya banyak neker..trus ane kubur..
ga tau knp ane kubur wkwk namanya jg anak2

dan ane jg g sadar kl itu termasuk perjudian
buat seneng2 aja sih..


Quote:Original Posted By 4hya
Aneeh banget dengernya. Neker apaan yaa? Baru denger. Bahasa mana itu

ane taunya ya kelereng atau gundu atau kaleci.

ane dlu banyak punya kelereng smpe 2 botol 1,5 liter aq*ua.
tp koleksi aja. Soalnya klo maen kaga bisa


Quote:Original Posted By tenoly999
permainan masa kecil nih, neker termasuk judi? mungkin bener gan, pernah dulu maen dengan kawan2 kecil, yg gede2 juga ikut maen kagak punya neker punya nya uang receh, 6 neker = Rp.100,-. karena nekernya cuma sedikit ya uangnya ikutan dijejer sama nekernya


Quote:Original Posted By papoylava
Neker .. keren juga namanya ..
Ane taunya gundu/kelereng ..
bnyak bgt model permainannya..
Segitiga..apolo..tektok..buletan..n kalo lagi males nyentil n cuaca ujan main tebakan gundu ditangan aja..seruuu..

mana mainanku yg dulu?aku ingin melihat bntuknya..aku ingin mengingat nama namanya..yg pernah akrab dengan kehidupan ini.. (fals)


Quote:Original Posted By ghostwalker
waduh baru tau ane Neker itu kelereng atau jga sering di sebut GUNDU

biasanya paling sering main apollo tuh ...beberapa kelereng di susun di atas tanah yg berbentuk Apollo dan di bagian paling atas itu lah paling banyak yg mengincar ( karna menang banyak )

keren gan threadnya ... sayang ane sekarang dah jarang ngeliat yg main gtuan lagi ... malah di SD ane ane dan kawan kawan ane sendiri kadang yg beli kelereng itu sendiri yg anak SD malah sibuk cerita game online sama FBan miris


Quote:Original Posted By colorinsthink
Hahahaha...
Ditempat ane dulu gak anak kecil, gk orang tua pada maen ginian gan
Punya ane masih ada sampe sekarang se toples , peninggalan 11 tahun lalu.
Tp sayang sekarang udah gk ada lg yg maen , selain udah tergantikan oleh gadget dan komputer , lahan tempat maen pun udah gk ada pada di bangunin rumah semua


Quote:Original Posted By g.o.r.i
Oh neker itu sama aja dengan gundu atau kelereng toh. Baru pernah dengar nama neker.
Waktu kecil mah gw jago banget main beginian. Bukannya sombong sih, dulu kelereng gw ada kali sekaleng biskuit khong guan, dan itu jg krn menang lawan teman2 di rumah.


Quote:Original Posted By agengf
Kalo di daerah ane (LENTENG AGUNG CITY) ada beberapa istilah kalo maen gundu gan :

1. Dus Ulang
2.Dus kilat
3.Tik Aer
4.Keparat
5.Dus deket


Quote:Original Posted By fikyhidayat
Neker ane dlu banyak gan. Dari yang paling kecil sampe yang gede.
Kalo nekernya bopeng2 istilahnya bocel. Kalo nembaknya jago istilahnya titis. Kalo nembak sambil berdiri menunduk istilahnya tongkik.
Wkwkw. Jadi inget masa kecil.


Quote:Original Posted By aweaceh
Di daerah ane, kelereng dikenal dengan nama Keuneker/Keuneke, Gundu dan Guli.

Tapi ada yg beda cara mainnya dengan sistim taruhan, yaitu tidak menggunakan garis melingkar tapi Tiga garis lurus, kelereng di bariskan di garis tengah, satu arah di sepakati sebagai kepala. Para pemain membidik kelereng2 tersebut dari jarak yg ditentukan, apabila mengenai kepala, kelereng boleh diambil semua, asal kelereng yg di kenai dan strikernya harus melewati garis di depannya dan tidak mengenai kelereng lainnya.

Istimewanya permainan ini :
Tidak ada peraturan cara membidik, mau digulirkan, di lempar ke atas, sambil nungging, terserah, selama kaki tidak melewati garis yg di tentukan.


Quote:Original Posted By tititijo
kalo ane sama abang waktu kecil nyebutnya keneker gan itu dari bahasa sunda. kalo keluar rumah nyebutnya gundu, karena temen2 ane orang betawi kalo di sekolah guru ane nyebutnya kelereng polyglot gan


Quote:Original Posted By jhonierever
Main neker ini greget gak gak?



Quote:Original Posted By adit.velg
kecil dulu mainan (koleksi) neker, sekarang koleksinya batu akik gan...



sebelas duabelas lah...

DelapanEnam


Quote:Original Posted By sirogens
Di daerah ane nama nya gundu gan
Yg bagus kalbum sama kristal tu gan, hrga nya laen sma yg biasa...

Skrg ud pda jrng anak anak maen bgnian, skrg mah bnyakan maen mtor sma smartphone gan
Miris liat nya

Skrg gundu gundu ane di taro di akuarium ikan gan
Buat mngenang msa lalu
Hahaha


Quote:Original Posted By AndreSecure
di tempat ane sebutan nya Ekar
yang warna putih gini biasa di sebut model Pak Haji


Quote:Original Posted By asbingo
mendadak ane di tarik ke dimensi wakti ane kecil dulu kalo udah main dengan yg seumuran pulang2 ny bawa 2 kocek celana penuh, kalo ane paling senang maen pal kalo incang pake gaya, dan favorit guli ny iti guli susu


Quote:Original Posted By aqewajjah
Wahbd tempat ane neker (dibaca : KOLECI ) ane sering banget sampe berkaleng2 gan..
Kadang ane suka curang hahahaha di bikin alih perhatian pemain neker lain,neker nya d timpuk pake tangan..blarr keluar lingkaran banyakk heee


Quote:Original Posted By treznndhiex
wakwakwkak
ane paling suka ngumpulin klereng susu jaman sd di blkg sekolah
dr ukuran kecil sampe yang ajegile

abis istrihat prtma, udah dah tu main klereng di pasir tempat lari lompat jauh sekolah

dan ane udah terkumpul ampir 1 tong sampah kecil wktu itu
skrg ntah kmn dah

ank jaman skrg mngkn gtw lg itu benda apaan
yg taunya sabun sama smartphon


Quote:Original Posted By geraldmcboing
Inggris = Knikker
Jawa = Neker

Kayaknya mirip penyebutan nya, secara dulu orang jawa kan nggak begitu bisa baca ejaan inggris hanya dari dengar ucapan aja..

Contoh lain nya
Belanda = Fiets
Jawa = Pit
Artinya sama itu sepeda


Quote:Original Posted By Damariva
ane baru tau gan kalo namanya neker, asal namanya darimananya..
didaerah ane ya biasanya disebut kelereng, gundu atau keleci aja, kalo sebutan neker baru denger nih gan
secara ane & 2 abang ane adalah pendekar aka jagoan pemain kelereng di kompleks ane & kampung disekitarnya, terutama sih abang ane yg pertama, doski kalo udah mau maen udah pasti gak bole ikutan sama temen2nya, kalopun bole maen pasti disuruh pake tangan kiri & cm bole pake jari kelingking, tp tetep aja jago maennya & menang banyak, makanya koleksinya buanyak banget sampe sekoper gede gan yg koper kotak buat mudik itu


Quote:Original Posted By toddlercookies
ini mah gundu-l ye gan. dulu ane ngoleksi tuh, gundu jin (ukuran besar), gundu terawang (gundu yg transparan), gundu susu (warna putih). terus ane taronya di tempat bekas bedak gatel + dikasih bedak biar kekerannya tepat sasaran katanya atau kata lainnya gundu gacoan (gundu yg bisa bikin strike)


Ane dulu koleksi neker nih
tempat ane namanya setin
bagus yang blondo gan (warna putih susu)
wew jadi inget masa kecil,yg putih susu yg jadi andalan gan
Quote:Original Posted By dewajashin
Ane dulu koleksi neker nih

mana gan? bagi ane gan.

Quote:Original Posted By latebrakeninja
tempat ane namanya setin
bagus yang blondo gan (warna putih susu)

iya kalo tempat ane yang putih kera 5 biji yang biasa gan.
Quote:Original Posted By Radicalbunny
wew jadi inget masa kecil,yg putih susu yg jadi andalan gan

iya gan, jadi gacok yakan?
mantap gan

Neker itu nama darimana gan?nama aslinya ka?
fav ane dulu namanya kelereng bumi yg polos gak ada corak2nya
Waktu kecil ane jagonya nih gan..
Sayang anak sekarang udah jarang yg mau maen neker..
Apollo gan... Paling ane suka...
Quote:Original Posted By SadarAljaber
Neker itu nama darimana gan?nama aslinya ka?
fav ane dulu namanya kelereng bumi yg polos gak ada corak2nya

neker itu nama dari jawa gan. haha
nama aslinya kelereng. wkwkwk
Quote:Original Posted By cocconut02
Waktu kecil ane jagonya nih gan..
Sayang anak sekarang udah jarang yg mau maen neker..


iya gan.
udah temakan sama kemajuan zaman gan.
Neker....kirain nyeker.....
Kalau kelereng sering gan.....tapi ane paling gak bisa main ginian lama"....capek jongkok....
Quote:Original Posted By fadlifuad

neker itu nama dari jawa gan. haha
nama aslinya kelereng. wkwkwk


iya gan.
udah temakan sama kemajuan zaman gan.

Bisa cacingan nih gan kl abis main neker kaga cuci tangan trus ambil makanan lngsg sikat..
dulu waktu istirahat pasti nekeran

Quote:Original Posted By ombengindah
Neker....kirain nyeker.....
Kalau kelereng sering gan.....tapi ane paling gak bisa main ginian lama"....capek jongkok....

haha. jangan jongkok aja gan. berdiri sekali-sekali.
Quote:Original Posted By cocconut02

Bisa cacingan nih gan kl abis main neker kaga cuci tangan trus ambil makanan lngsg sikat..

jangan sering2 main di pasir gan. banyak eek kucing.
Quote:Original Posted By uao
dulu waktu istirahat pasti nekeran


sama gan, waktu zaman sd juga sane sering gan.
di tempat ane juga namanya setin, tapi ane gak pernah lagi liat anak2 sekarang pada main neker

klo di tempat ane, klo main neker sering terjadi semacam kerusuhan, biasanya pada nyebut hur/hom, yaitu aksi ngejarah neker yg dipasang. biasanya hur/hom ini terjadi kalau udah ada pihak yg udah mulai panas, merasa dicurangi dll. ditambah provokasi orang2 dewasa disekitar
Ane selalu menang main neker gan.
HAHAHA ane salah satu fansnya Neker nih gan



Sampe bopak2 tuh gundu
Quote:Original Posted By fadlifuad


jangan sering2 main di pasir gan. banyak eek kucing.

Waktu kecil ane cacingan gara2 mainan inihh..
Neker itu bahasa darimana gan? . . . .
ane taunya kalo gak Gundu ya Kelereng . . . . maenan waktu kecil dulu.
Via: Kaskus.co.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar