Pages


Senin, 02 Maret 2015

Penyebab Seseorang Gagal Kuliah dan Cara Ampuh Mengatasinya

Alhamdulillah HT ternyata 02 Maret 2015
"Thanks Mimin Momod, All Officer and Kaskuser"

"BismillahHirrohmaNirrohim"Welcome To Thread Unitedd Sebelumnya Maafin Ya Kalo




Ini Sebab-sebab Seseorang Gagal Saat KuliahQuote:Quote:


Tidak semua orang dapat menyelesaikan kuliahnya dengan lancar. Beberapa bahkan ada yang tidak menyelesaikan kuliahnya. Mengapa?


Quote:Citizen6, Jakarta Perguruan tinggi masih dianggap sebagai pencetak lulusan terbaik untuk menjadi pekerja. Asumsi ini pun berkembang menjadi keharusan bagi seseorang untuk menimba ilmu lebih dalam di perguruan tinggi. Akan tetapi, satu hal yang tidak diketahui adalah iklim kuliah yang sama sekali berbeda dengan sewaktu masih duduk di bangku sekolah.

Banyak hal yang kemudian menjadi kendala seseorang menyelesaikan kuliahnya. Beberapa orang bahkan memilih mundur dari kuliah mereka sebelum selesai. Lalu, apa sebenarnya penyebab kegagalan kuliah tersebut?


Quote:1. Terlalu menikmati kebebasan jauh dari orang tua

Saat jauh dari orang tua, hidup dengan bebas adalah satu hal yang kita dapatkan. Tak ada lagi yang cerewet membangunkan bangun pagi, tak ada lagi yang merecoki dengan pekerjaan rumah. Rendahnya pengawasan dari orang tua tersebut terkadang membuat kita lalai dan memanfaatkan kebebasan secara berlebihan. Begadang tiap malam, nongkrong bersama teman-teman, membuat kuliah yang seharusnya diselesaikan tepat waktu, menjadi molor hingga entah kapan.

Quote:2. Salah jurusan

Tidak sedikit orang yang memilih jurusan berdasarkan prestise. Sewaktu mengisi formulir Ujian Masuk Perguruan Tinggi Negeri pun, kebanyakan orang cenderung mengikuti temannya dalam mengambil jurusan. Tanpa kita sadari, kita masuk ke jurusan yang sama sekali tidak kita minati. Hal ini membuat kita malas-malasan saat kuliah bahkan banyak yang kesulitan karena tidak mengerti dengan jurusan yang diambil.

Quote:3. Kuliah karena terpaksa

Kebanyakan orang tua merasa berperan penting dalam menentukan masa depan anak mereka. Boleh saja. Akan tetapi, selepas usia sekolah menengah, alangkah baiknya memberikan kesempatan kepada anak untuk menentukan jurusan yang ia pilih. Orang tua yang memaksakan anaknya kuliah di jurusan yang tidak mereka suka, hanya akan membebani sang anak. Tidak heran kalau kemudian anak tersebut menjadi malas kuliah dan lama menyelesaikan kuliahnya.

Quote:4. Tak ada jaminan kerja setelah lulus

Banyak anak muda yang berpikir bahwa kuliah bukanlah penentu seseorang mendapatkan pekerjaan nanti. Mereka biasanya berpatokan dari kisah-kisah sukses para miliarder yang justru sukses saat memilih tidak kuliah. Hal ini tak heran menjadi alasan mereka enggan kuliah.

Quote:5. Bisa menghasilkan uang sendiri

Beberapa mahasiswa berasal dari keluarga yang tidak mampu. Untuk mengakali kebutuhan hidup, mereka pun memilih untuk bekerja sambil kuliah. Sayangnya, beberapa dari mahasiswa tersebut terkadang terlalu asyik bekerja. Mereka telah merasakan enaknya mempunyai penghasilan sendiri. Lalu berkembanglah konsep bahwa toh kuliah pun ujung-ujungnya bekerja. Mereka pun memilih untuk berhenti kuliah dan memilih bekerja.

Quote:6. Menekuni hobi secara berlebihan

Terkadang jadwal kuliah yang longgar membuat seseorang menjadi lebih bebas untuk menekuni hobi mereka ketimbang sewaktu masih duduk di bangku sekolah. Nah, karena terlalu asyik menekuni hobi seperti ngeband, mendaki gunung, futsal, dan yang lainnya, beberapa mahasiswa kemudian lupa akan kewajibannya sebenarnya.

Quote:7. Sibuk berorganisasi

Kuliah tidak mengajarkan mahasiswa bagaimana cara beradaptasi, menjadi pemimpin, dan yang lainnya. Kemajuan zaman juga menuntut mahasiswa tak hanya pintar secara IQ, akan tetapi juga sukses dalam EQ dan SQ. Hal inilah yang menjadi alasan beberapa mahasiswa untuk mengikuti kegiatan-kegiatan organisasi, maupun organisasi masyarakat di sekitar kampus. Memang, tidak ada salahnya aktif di kegiatan-kegiatan tersebut. Asalkan jangan terlalu sibuk berorganisasi sampai lalai untuk menyelesaikan kuliah.

TKP  (citizen6.liputan6.com)


Penjelsan lain dari Sumber  (adhielalone.blogspot.com)
Penyebab Mahasiswa/Mahasiswi Kuliah Menjadi Lama
Quote:Quote:


Mahasiswa merupakan fase transisi sebelum masuk dan terjun ke dunia permasalahan pada masyarakat umum. Mahasiswa merupakan calon pengemban misi dan tugas yang diwariskan dari generasi sebelumnya, disinilah terlihat peran mahasiswa yang dikatakan sebagai iron stock (dikatakan sebagai besi (iron) karena suatu saat pula besi yang baru akan berkarat dan harus diganti dengan besi yang baru lagi).

Quote:1. Kuliah karena terpaksa

Melihat anaknya diwisuda adalah kebanggaan bagi setiap orang tua. Dari lubuk hati setiap orang tua pasti menginginkan anaknya menjadi seorang yang pintar dan sukses. Bahkan memaksa anaknya untuk kuliahpun bisa saja mereka lakukan. Berawal dari sebuah keterpaksaan inilah maka ketika sudah menjadi mahasiswa, dia enggan untuk serius dalam kuliah, apalagi pengen cepat-cepat diwisuda.

Quote:
2. Salah jurusan

Kalah dalam persaingan SPMB/UM PTN/PTS yang memiliki jurusan-jurusan favorit, menyebabkan banyak mahasiswa memilih jurusan lain (yang tidak diminati) sebagai pelarian ketika tidak diterima. Tujuannya adalah agar mereka tetap bisa kuliah meski jurusan itu bukan yang diminati.

Quote:3. Terlalu menikmati kebebasan karena jauh dari ortu

Anak Mami kalau kita sering sebut, terkadang juga menjadi faktor kuliah lama. Rendahnya pengawasan d
ari orang tua (jauh dari ortu) terkadang kebebasan itu dimanfaatkan secara berlebihan. Kerjanya maen, pacaran, begadang tiap malam, nongkrong sana-sini dan lain-lainnya.

Quote:4. Sibuk mengikuti organisasi kemahasiswaan ataupun Ormas

Tingkat Intelegency Emotional (IE) yang lebih besar daripada IQ mendorong mahasiswa untuk lebih senang berorganisasi, bersosialisasi, bertukar pikiran dan melakukan kegiatan-kegiatan atau bergabung dengan Ormas daripada belajar. Kesibukannya itu terkadang menghabiskan uang, tenaga, pikiran dan juga waktu sehingga kuliah terabaikan dan bukan prioritas lagi.

Quote:5. Menekuni hobi secara berlebihan

Soft Skill yang dimiliki mahasiswa mendorong untuk menjadi hobi. Hobi kalau dilakukan secara wajar itu baik, tapi kalau berlebihan, pasti mengganggu kegiatan lainnya. Beberapa hobi seorang mahasiswa antara lain: ngegame, ngeband, billiard, Playstation, ngenet, Futsal, dll.

Quote:6. Bisa mendapatkan uang sendiri (kerja)

Kerja terkadang dibutuhkan bagi mahasiswa, terutama yang kurang mampu ataupun untuk menambah uang saku. Tetapi tidak sedikit pula dari mereka yang terlena dengan pekerjaannya itu. Alasannya simple, ujung akhir dari kuliah adalah mendapat gelar sarjana yang bisa digunakan sebagai sarana untuk mencari kerja sehingga menghasilkan uang. kalau kuliah saja sudah bisa punya uang sendiri, kenapa harus buru-buru lulus??? Makanya mereka lebih senang kerja daripada ngurusin kuliahnya.

Quote:7. Tidak adanya jaminan kerja setelah lulus

Tidak adanya jaminan inilah yang paling banyak membuat mereka lebih milih lama kuliah daripada lama nganggur. Prinsipnya : Rezeki itu sudah ada yang ngatur, dan kalau sudah rejeki, gak bakal kemana. Jadi, buat apa cepat-cepat lulus kalau ujung-ujungnya nganggur?? Yang sudah sarjana saja banyak yang nganggur kok.


Cara Mengatasinya Kata
Sumber  (www.biggameoutfittersdirectory.com)
Quote:Quote:


Ada sebagian orang yang telah menjalankaan kuliah tapi, mereka tidak bisa mencapai sarjana. Hal ini dikarenakan mereka ke luar dan di keluarkan oleh Univesitas tempat menuntut ilmu. Tahukah Anda apa yang menjadi penyebabnya? Berikut ini penyebab kuliah gagal dan cara mengatasinya:

Quote:"Kurang dana"

Penyebab pertama mereka tidak bisa mencapai gelar yang diinginkan karena dana kurang. Dengan begitu, mereka memutuskan untuk keluar dari tempat kuliah. Cara mengatsinya, jika dari diri mereka memang niat untuk kuliah, bisa bekerja sambil kuliah, atur waktu kuliah sambil kerja. Anda bisa masuk kuliah kelas khusus dan mencari pekerjaan, uang gaji kerja sebaiknya disimpan dan untuk membayar keperluan kuliah jangan digunakan berpoya-poya. Jika bisa mengatur dana dengan baik, kuliah tidak akan gagal dan akan sampai menjadi sarjana.

Quote:"Keluar dari kampus (DO)"

Penyebab kedua mahasiswa kuliah gagal, yaitu karena ke luar dari kampus yang diakibatkan diDO. Mengpa terjadi? Karena mahasiswa telah lewat dari semester yang telah ditentukan. Misalnya, Ali kuliah di salah satu kampus di Jakarta dan aturan disana mahasiswa tidak boleh lewat dari 14 semester atau selama 7 tahun kuliah. Namun, Ali sudah lebih dari 7 tahun kuliah tapi, belum selesai juga, maka kampus berhak untuk mengkelurkan Ali. Oleh sebab itu, sebelum masa kuliah yang telah ditentukan selesai, ada baiknya untuk menyelesaikan kuliah dengan cepat. Cara mengatasinya agar tidak sampai diDO, sebaiknya Anda jangan mengambil cuti kuliah terlalu lama dan kerjakan tugas kampus dengan baik. Jika itu semua di jalankan dengan baik, cita-cita menjadi sarjana akan tercapai.

Quote:"Kurang bisa mengatur waktu"

Penyebab ketiga yaitu, tidak bisa mengatur waktu dengan baik. Saat Anda menjalankan dua aktivitas antara kuliah dan kerja tidak dirancang dengan sebaik mungkin akan membuat kuliah gagal. Hal ini disebabkan, mereka telah mengenal uang dan akhirnya memutuskan untuk tidak kuliah. Anda ingin kuliah dan kerja berjalan dengan baik dan bisa menjadi seorang sarjana sebaiknya cari pekerjaan yang bisa membuat keduanya berhasil. Misalnya: Cari pekerjaan setengah hari atau tidak seminggu penuh, dan hari berikutnya Anda bisa kuliah. jika bisa mengatur waktu dengan baik, tidak ada alasan untuk gagal kuliah karena waktu.

Quote:


Jika kuliah ingin berhasil dan tidak mau putus di tengan jalan, sebaiknya jangan sampai tidak bisa menjalankan kuliah dengan baik. Ikuti aturan yang ada di tempat menuntut ilmu. Jangan sampai dana yang telah dikeluarkan untuk beberapa semester tidak membuat Anda menjadi sarjana.

"Semoga Thread Ts Menginspirasi dan Bermanfaat Bagi Mahasiswa-siswi Indonesia"






komentar dan pengalaman kaskuser :
Quote:Original Posted By bang.frend
Ane saat ini sedang ada di posisi masuk jurusan yang ane ga suka sama sekali gan. Ane masuk jurusan ini karena ane adalah seorang anak tunggal. Dalam batin ane, ane mikir "kalo bukan ane siapa lagi yang bakalan nurutin kemauan ane". Dengan tekat itu ane nurutin kemauan orang tua ane. kalo secara akademis, ane ga ada masalah gan. BUkannya ane mau sombong gan, ampe semester 6 ini IPK ane masih 3,69, sekarang ane udah jadi asisten dosen, tapi tetap saja soul ane ga ada di jurusan itu. Ane ada di jurusan Ilmu Admninistrasi Fiskal. Dari dulu ane suka banget sama komunikasi dan public relation. Ane sih mikirnya kenapa ane masih saja bertahan dan juga memperjuangkan prestasi itu hanya atas nama tanggung jawab. Dan ane sampe sekarang masing bingung masa depan ane bakalan gimana. yang penting ane mau fokus buat lakuin yang terbaik dulu aja.

Maaf gan panjang. Jatohnya curhat nih ane gan. masalahnya ane lagi di fase drop, dan orang tua ane agak nyesel sempat maksa ane. Kalo berkenan ane minta saran gan
Quote:Original Posted By singleastronaut

lanjutkan gan!!
diluar penyebab gagalnya kuliah yg udh dibahas d atas, agan masi bisa kok sukses ampe garis finish;
semangat gan; rejeki gada yg tau; kali aja dgn nt salah jurusan ada sesuatu yg lbh greater good dluar sana.

*ane aja cuman bs kuliah di UT gan

Quote:Original Posted By jhokoplo
Setau ane penyebab gagal cm males gan.
Apapun itu kalo kita rajin alias ga males pasti lulus.
Apalagi di swasta dah.... Asal rajin keknya banyak lulusnya
Ga peduli jurusan salah ato apalah itu...

Ane pernah baca tulisan
"Bisa karna biasa"
"Biasa karna dipaksa"

So.... Sotoy
Intinya rajin gan

Quote:Original Posted By ayusr
salah jurusan gan, menurut ane sih kalo mau kuliah mending ngikutin kata hati atau bisa konsultasi sama guru bk (kalo yang skrg masih SMA) pikirin baik2 gimana kedepannya nanti terus kalo orgtua agan nyuruh kuliah tapi jurusannya ga sesuai sama agan gpp gan agan semangat aja masih untung agan bisa kuliah bnyk loh gan diluar sana yg pengen kuliah..

Quote:Original Posted By teenagelobotomy
ane malahan dipaksa kuliah sm ortu . ane mati-matian gak mau. sempat nganggur setahun akhirnya pas kuliah ya ancur. IP ane 1.91. mungkin sekarang entah karena stress atau depresi ya gan ane jadi dikit2 emosi gitu lah. ane stress bukan karena nilai, ane stress karena waktu ane terbuang percuma di bangku kuliah, padahal ane lagi coba jalan untuk wujudkan mimpi ane . ane jadi pesimis gan, dulu blom kuliah, ane optimiiiis bgt sama mimpi ane. lha sekarang ? mau ngimpi itu lagu gak berani gan. sosial ane juga akhirnya rusak, ane udah jarang nongkrong, ane ngurung diri di kamar dan ngelamun aja kerjanya. ane udah bilang ke ortu. tp itulah, ga pernah mau ngerti keadaan ane. makanya sebelum ane gila ni, ane comment ke thread eNTe. semoga berguna.


jangan lupa mampir di Thread Unitedd yg lainnya Quote:Artis Indonesia Miliki Wajah Cantik Tapi Perilakunya Antagonis  (www.kaskus.co.id)
Foto Pria Ini Bikin Armor Iron Man Dari Busa Hasilnya  (www.kaskus.co.id)
Fakta Fakta Bells Palsy Penyakit Yang Bikin Wajah Rano Karno Kaku Separuh  (www.kaskus.co.id) HT
Serangan Balik Indonesia Setelah Berasil Tolak Dubes  (www.kaskus.co.id) HT
Aneka Cara Australia Selamatkan Duo Bali Nine Dari Eksekusi Mati  (www.kaskus.co.id) HT
Aksi Memaafkan Paling Luar Biasa  (www.kaskus.co.id) HT
Potret Polusi Di Tiongkok Yang Mencengangkan  (www.kaskus.co.id) HT
Nge-Tweet Lion Air Sindir AirAsia  (www.kaskus.co.id) HT
pokoke pertamax
Quote:Original Posted By samidjo
pokoke pertamax

bhee..kilat aja
Salah jurusan menurut ane yang paling banyak
Quote:Original Posted By distrosurfskate
Salah jurusan menurut ane yang paling banyak

salah satu contoh nya nt ya gan
Quote:Original Posted By unitedd

bhee..kilat aja


11 12 ma kang tono lah kilatnya
Ane lg pgn kuliah ni gan, smoga ga salah ambil jurusan nanti
Quote:Original Posted By samidjo


11 12 ma kang tono lah kilatnya

asekkk..lanjutkan hoby pertamax nt gan

Quote:Original Posted By AnggaArthaPutra
Ane lg pgn kuliah ni gan, smoga ga salah ambil jurusan nanti

aminnn.. , mudah"han pas n berguna bagi kluarganya dan bangsa
Kalo salah jurusan, beh mengerikan
Quote:Original Posted By Myusuf06
Kalo salah jurusan, beh mengerikan

jadinya palang peleng gan
reserved
kalo ane salah jurusan gan

sama terlalu mendalami hobby

pengennya sih pindah jurusan
insya Allah taun ini ane mulai kuliah,doain duberi kelancaran ya gan
Quote:Original Posted By ichairmanita28
insya Allah taun ini ane mulai kuliah,doain duberi kelancaran ya gan

Insyaallah ane do'ain dari sini, sukses slaluuu...

Quote:Original Posted By unitedd

Insyaallah ane do'ain dari sini, sukses slaluuu...



Amin Ya Rabb, mkasih ya doanya
Quote:Original Posted By green.science88
ahahaha ane udah kuliah tapi do dulu gan..

Terus skrg jadi apa gan kepooo

menurut ane sih salah jurusan itu faktor paling besar seseorang gagal kuliah bray..
Via: Kaskus.co.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar