Pages


Minggu, 26 April 2015

10 Kekuatan Militer Terbesar 2015, Indonesia keberapa?




Assalamualaikum wr wb
Selamat datang di Thread ane


Alhamdulillah HT makasih ya buat agan dan aganwati sekalian

Quote:cek dulu ah repost ga yak

Ternyata Tidak Sodara-sodara


Pengertian Militer
Quote:Militer dapat diartikan sebagai kelompok yang memegang senjata dan merupakan organisasi kekerasan fisik yang sah untuk mengamankan negara dari ancaman luar negeri maupun dalam negeri. Dalam hal ini, militer berfungsi sebagai alat negara yang menjunjung tinggi supremasi sipil.
Militer juga dapat didefinisikan sebagai sebuah organisasi yang diberi wewenang oleh Negara untuk menggunakan kekuatan termasuk menggunakan senjata, dalam mempertahankan bangsanya ataupun untuk menyerang Negara lain.sumber  (www.kajianpustaka.com)




Sekarang kita liat 10 urutan kekuatan militer terbesar di dunia tahun 2015, kira-kira negara kita Indonesia masuk ga ya?

Quote:10. Korea Selatan - 34 Milyar USD
Spoiler for 10:
Korea Selatan - 34 Milyar USD

Musuh utama Korea Selatan adalah jirannya di utara yang diperkuat dengan senjata nuklir. Sebab itu Seoul tidak tanggung-tanggung berbelanja alutista, terutama untuk angkatan darat dan udara. Tercatat Korea Selatan memiliki lebih dari 5000 tank, 650 ribu pasukan, serta 750 pesawat dan helikopter tempur. Kebanyakan persenjataan Korsel berteknologi teranyar yang dibeli dari Eropa dan Amerika Serikat


Quote:9. Jerman - 44 Milyar USD
Spoiler for 9:
9. Jerman - 44 Milyar USD

Jerman adalah negara terbesar Eropa yang secara perlahan mengurangi anggaran pertahanannya dari tahun ke tahun. Saat ini Bundeswehr mendapat sekitar 44 milyar USD. Kekuatan terbesar militer Jerman terletak di darat dengan lebih dari 5000 kendaraan lapis baja, antara lain Leopard 2 yang berteknologi modern. Namun militer Jerman dinilai berdaya gempur rendah dibandingkan Inggris atau Perancis.


Quote:8. India - 45 Milyar USD
Spoiler for 8:
8. India - 45 Milyar USD

Senjata nuklir adalah kekuatan terbesar India yang tidak jengah berkonflik dengan jirannya, Pakistan. Layaknya Cina, India mencuat lewat jumlah alutista yang tinggi, tapi berteknologi lawas. Tercatat India memiliki lebih dari 1000 pesawat dan helikopter tempur, 15 ribu kendaraan lapis baja dan dua kapal induk, antara lain bekas Uni Sovyet kelas Kiev, INS Vikramaditya yang baru selesai diremajakan


Quote:

7. Jepang - 48 Milyar USD
Spoiler for 7:


Sejak 1945, Jepang hanya memiliki angkatan bersenjata yang bersifat pasif dan cuma diturunkan untuk misi damai. Namun menyusul konflik dengan Cina, Jepang memperkuat diri dengan membeli selusin pesawat pengintai dan enam pesawat tempur siluman F-35 dari AS. Selain itu Jepang sejak 2013 memiliki kapal induk Izumo. Angkatan laut Jepang disebut sebagai yang paling canggih dan terlatih di Asia


Quote:6. Perancis - 53 Milyar USD
Spoiler for 6:


.
Sejak Francois Hollande berkuasa, Perancis menghentikan tren pemotongan anggaran pertahanannya sejak krisis ekonomi 2007. Kekuatan utama militer Perancis terletak di udara dan darat, dengan 600 pesawat dan helikopter tempur, 228 ribu tentara dan lebih dari 8000 kendaraan lapis baja. Sementara di laut negeri di jantung Eropa ini memiliki sebuah kapal induk bertenaga nuklir, Charles de Gaulle (R91)


Quote:
5. Inggris - 62 Milyar USD
Spoiler for 5:


Inggris adalah satu-satunya negara di Eropa barat yang meningkatkan anggaran pertahanannya. Konflik di Ukraina dan Rusia adalah faktor utama yang mendorong negara kepulauan itu untuk melakukan ekspansi. Secara umum kekuatan militer Inggris tergolong moderat, dengan sekitar 200 ribu serdadu, 330 pesawat dan helikopter tempur serta dua kapal induk dari kelas Queen Elizabeth.


Quote:
4. Rusia - 70 Milyar USD
Spoiler for 4:


Sejak beberapa tahun terakhir, Moskow aktif meningkatkan anggaran pertahanannya. Rusia saat ini fokus pada peremajaan alutista, antara lain untuk pesawat tempur modern, kapal perang dan peluru kendali berdaya jelajah tinggi. Militer Rusia saat ini memiliki 800 ribu tentara, sekitar 45 ribu kendaraan lapis baja, 3000 pesawat dan helikopter tempur serta sebuah kapal induk dari tipe Admiral Kuznetsov


Quote:3. Arab Saudi - 81 Milyar USD
Spoiler for 3:


Kekuatan terbesar militer Arab Saudi berada di udara. Negeri para Emir itu saat ini tercatat memiliki 500 pesawat tempur modern yang dibeli dari Amerika Serikat dan Eropa. Belakangan Arab Saudi juga sedang mengupayakan pembelian 800 tank Leopard 2 dari Jerman. Saat ini negara kaya minyak itu sudah memiliki lebih dari 7000 kendaraan lapis baja dan sekitar 230 ribu tentara.


Quote:2. Cina - 129 Milyar USD
Spoiler for 2:


Beijing aktif meningkatkan anggaran pertahanan dari tahun ke tahun. Proyek terbesar militer Cina saat ini adalah peremajaan kapal induk milik Rusia yang diberi nama Liaoning dan pengembangan pesawat tempur siluman Shenyang J-31 yang bentuknya menyerupai F35 Lightning II milik militer AS. Secara umum Cina memiliki lebih dari 9000 tank, 3000 pesawat dan helikopter tempur serta 70 kapal perang


Quote:1. Amerika Serikat - 581 Milyar USD
Spoiler for pertamax:


Anggaran pertahanan AS tahun ini menyumbang sekitar 39 persen dari total anggaran semua negara di dunia untuk militer, menurut studi International Institute for Strategic Studies di London. Tercatat AS memiliki sekitar 1,3 juta personil, lebih dari 30.000 kendaraan lapis baja, 13.000 pesawat dan helikopter tempur, 10 kapal induk, 72 kapal selam dan puluhan kapal perang lain.





Quote:Amerika Serikat masih menempatkan diri sebagai kekuatan militer terbesar sejagad. Jauh di belakangnya menguntit Cina dan Arab Saudi. Secara umum negara-negara di Asia mencuat berkat kenaikan anggaran sebesar 40 persen.

Quote:sumber peringkat  (www.dw.de)

Quote:itu gan 10 negara-negara yang punya kekuatan militer terbaik tahun 2015, nah sekarang yang jadi pertanyaan negara kita keberapa ya?
Quote:
Spoiler for peringkat Indonesia:

peringkat kekuatan militer Indonesia yang ane kutip dari Merdeka.com
Gagal saingi Israel, kekuatan militer RI merosot ke posisi 19 dunia

Merdeka.com - Rencana TNI Angkatan Udara membeli jet tempur Sukhoi Su-35 menjadi perbincangan dunia. Namun, belanja alat utama sistem persenjataan (alutsista) Tanah Air rupanya kalah agresif dibanding beberapa negara lain.

Situs Global Fire Power awal Februari 2015 melansir daftar termutakhir indeks kekuatan militer global. Indonesia kini melorot ke posisi 19 dunia, setelah sebelumnya sempat mencapai ranking 15 pada survei 2013. Padahal posisi Indonesia dua tahun lalu persis di bawah kekuatan tempur Israel.

Dalam rilis terbaru, disebutkan bahwa kekuatan militer Indonesia diarahkan terutama untuk menangkal terorisme di dalam dan luar negeri. Dari catatan merdeka.com, Indonesia disalip Jepang, Taiwan, Kanada, dan Polandia.

Kendati anjlok TNI tetap memiliki kekuatan terbesar di kawasan, terutama bila dibandingkan tetangga dari Asia Tenggara. Kekuatan Indonesia pun masih setingkat di atas Australia.

Merujuk keterangan Power Index versi situs Global Fire Power, penurunan ini lebih disebabkan karena belanja pertahanan yang kalah agresif dibanding beberapa negara lainnya.

Jepang termasuk kategori yang mengejutkan. Pada survei 2013, Negeri Matahari Terbit berada di urutan ke-17. Tapi dalam analisis terbaru, belanja militer Jepang begitu drastis demi mengimbangi China dan Korea Utara. Anggaran modernisasi alutsista Jepang tahun lalu mencapai 5,5 triliun Yen (setara Rp 673 triliun).

Jepang tak ragu membeli alutsista asing, di antaranya drone, 20 pesawat pengintai, F-35 dengan kemampuan siluman, dan sebuah kapal selam. Alhasil, kini negara yang secara konstitusi tidak boleh berperang - kecuali membela diri - itu menyodok ke posisi 10.

Di sisi lain, cadangan energi juga berpengaruh terhadap merosotnya indeks kekuatan militer RI. "Secanggih apapun teknologi tempur, minyak tetap paling vital mendukung kekuatan sebuah negara," tulis editorial Global Fire Power.

Indonesia kini memproduksi minyak mentah 983 ribu barel perhari, tapi defisit karena konsumsi dalam negeri 1,3 juta barel. Cadangan minyak terbukti juga tinggal 4 miliar barel.

Bandingkan dengan Kanada. Selain menggenjot anggaran militer, negara dekat kutub utara itu punya cadangan minyak berlimpah, mencapai 173 miliar barel. Sementara konsumsi domestik 'cuma' 2,2 juta barel per hari.

Israel, yang dalam survei terbaru naik dua peringkat, juga memiliki cadangan minyak 11,5 juta barel. Tapi kandungan tersebut disimpan. Negara Zionis pilih mengimpor 170 ribu barel minyak per hari.

Di luar semua dinamika tersebut, lima besar negara dengan kekuatan militer terkuat sejagat tak berubah. Amerika Serikat dan Rusia dari sisi kemampuan tempur, masih dua negara teratas.

Sekadar informasi, daftar ini disusun berdasarkan sumber anggaran belanja tiap negara, data CIA, rilis media massa, dan sumber-sumber rahasia lainnya. Survei terhadap 106 negara itu tidak memperhitungkan kekuatan nuklir.


UPDATE

Quote:ini ada yang ngasih dari sumber lain yaitu globalfirepower.com dan ternyata Indonesia Peringkat ke

12
Quote:Original Posted By bernardb
dari globalfirepower.com update 1 april 2015 Indonesia menduduki peringkat ke 12 gan bukan 19



demikian Thread ini gan semoga bermanfaat buat agan/aganwati sekalian
kalo bermutu boleh dong di rate 5

kalo demen sama TSnya boleh dong di cendolin

kalo mau Thread ini dibaca banyak orang boleh dong Rekomen buat dijadiin HT

Request HT  (docs.google.com)
maksih buat agan/aganwati yang udang ngasih reputasi buat ane

Quote:
Quote:
Quote:
Quote:
oh iya ditunggu ya buat komengnya


Quote:link Thread ane yang lainnya :
Raden Saleh, "Pangeran Hitam" yang Menaklukkan Eropa  (www.kaskus.co.id)



Quote:Original Posted By natzten
semoga negri ini semakin maju.


Quote:Original Posted By septiansendi
Lumayan lah bray.
saat ini mending Ekonomi dulu aja yang dimajuin Militer mah nyusul.
kalo ekonomi maju, anggaran buat militer juga pasti naik bray


kan percuma kalo Militer di Atas, tetapi rakyatnya masih kelaparan


Quote:Original Posted By haw210
lumyan jauh juga ya


Quote:Original Posted By phelomason
19 gak jauh banget gan
kalau untuk skill individu si indo masuk 5 besar


Quote:Original Posted By yantobharata
oalaaah dihitung di bajetnya ya gan


Quote:Original Posted By nafas.dewa


Just saying aja om
gq usah terlalu lebay aja ama army... tentara jg gq mau perang koq.. ane kesel aja ama trit2 yg suka pamer ttg army... just saying aja

Ok deh


Quote:Original Posted By thoto


indonesia gak masuk
minta di bata ts nya


Quote:Original Posted By yagami.L
amerika anggarannya sepertinya g terbatas ya,pantesan selalu ada inovasi2 dalam peralatan tempurnya


Quote:Original Posted By raveshur4
ya walaupun RI ke 19 ane tetep cinta kok sama Indonesia


Quote:Original Posted By thebarmawi
Jelas bgt indonesia gak ada di 10 besar, yg di 10 besar isinya pake nuklir smua


Quote:Original Posted By muslimbaik
gpp gan walaupun peringkat 19 indonesia


semoga negri ini semakin maju.
Quote:Original Posted By natzten
semoga negri ini semakin maju.


bener gan semoga makin maju ya
Amin
Kekuatan ane ga dimasukin cuks?
Quote:Original Posted By masgordon
Kekuatan ane ga dimasukin cuks?


coba dimasukin disini gan kekuatan militer ente berapa kalo dalam USD$
Lumayan lah bray.
saat ini mending Ekonomi dulu aja yang dimajuin Militer mah nyusul.
kalo ekonomi maju, anggaran buat militer juga pasti naik bray


kan percuma kalo Militer di Atas, tetapi rakyatnya masih kelaparan
So? Mau perang?
Llz
Quote:Original Posted By septiansendi
Lumayan lah bray.
saat ini mending Ekonomi dulu aja yang dimajuin Militer mah nyusul.
kalo ekonomi maju, anggaran buat militer juga pasti naik bray


kan percuma kalo Militer di Atas, tetapi rakyatnya masih kelaparan


iye gan kalo ekonomi naek pasti anggaran militer pasti naek juga
Quote:Original Posted By nafas.dewa
So? Mau perang?
Llz

ente mau ga gan?
Quote:Original Posted By dono107


coba dimasukin disini gan kekuatan militer ente berapa kalo dalam USD$


19374 milyar USD$ tanpa bajet juga bisa cuks
Quote:Original Posted By dono107

ente mau ga gan?


Klo d abad pertengahan ya udah
ini abad21


Llz
Quote:Original Posted By masgordon


19374 milyar USD$ tanpa bajet juga bisa cuks

nah ente masuknya negara mana nih?
lumyan jauh juga ya
keberapa nih kite gan
Quote:Original Posted By nafas.dewa


Klo d abad pertengahan ya udah
ini abad21


Llz


nah sekarang kenapa negara-negara maju pada ningkatin militernya gan?
kekuatan militer ada untuk menjaga kekayaan alam Indonesia gan, coba kalo angkatan laut kita ga maju, makin abis kekayaan alam laut Indonesia di sikat asing, yang sekarang kita cuma bisa ngebom getek doang gan
Quote:Original Posted By dono107


nah sekarang kenapa negara-negara maju pada ningkatin militernya gan?
kekuatan militer ada untuk menjaga kekayaan alam Indonesia gan, coba kalo angkatan laut kita ga maju, makin abis kekayaan alam laut Indonesia di sikat asing, yang sekarang kita cuma bisa ngebom getek doang gan


Oh ya udah klo gt
Quote:Original Posted By haw210
lumyan jauh juga ya

yah masih lumayan lah gan masuk 20 besar
Quote:Original Posted By wiranata.a
keberapa nih kite gan

tahun ini ada di peringkat 19 gan
Quote:Original Posted By nafas.dewa


Oh ya udah klo gt

oh ya udah juga kalo gitu gan
makasih ye udah komeng
Quote:Original Posted By dono107

yah masih lumayan lah gan masuk 20 besar


om indro gimana kabar nya gan ?
Via: Kaskus.co.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar