Pages


Kamis, 30 April 2015

7 Tokoh Indonesia Ini Membuktikan Jaman Dulu Itu Seru Banget & Bisa Menjadi Inspirasi

Alhamdulillah HT 29 April 2015

Makasih Mimin Momod All Officer&Kaskuser
Semoga Thread Ts Bisa Meneruskan Perjuangan & Membuktikan Juga Dengan Cara di Jaman Modern Ini



BismillahHirrohmanNirrohim
Assalamualaikum Warohmatullahi Waberokatuh
Selamat Datang Di Thread Unitedd
Mudah"han Tidak Repost



Quote:Sedikit Tentang Sejarah Perjalanan Bangsa Indonesia Quote:Quote:
Ilustrasi Gambar

Sejarah perjalanan bangsa Indonesia sekarang ini tidak bisa dilepaskandari proses berdiri, berkembang, dan jatuhnya kerajaan-kerajaan yang pernah ada di bumi Nusantara. Seperti diketahui, perkembangan bangsa Indonesia banyak dipengaruhi oleh budaya bangsa lain. Hal ini karena letak wilayah Nusantara yang menjadi jalur lalu lintas perdagangan dunia. Kebudayaan yang masuk ke wilayah Nusantara, antara lain dipengaruhi oleh agama-agama besar di dunia, yaitu Hindu, Budha, dan Islam.

Untuk itulah kerajaan-kerajaan yang ada di wilayah Nusantara tidak bisa lepas dari pengaruh agama tersebut di atas. Untuk lebih jelasnya, uraian di bawah ini akan membahas tentang tokoh-tokoh sejarah sesuai dengan masa kerajaan dan pengaruh agama yang memegang peranan penting.

Sejarah para tokoh itu terttulis dalam berbagai prasasti maupun karya sastra para pujangga kraton. mereka, para tokoh sejarah itu adalah para pelaku utama dalam perjalanan sejarah bangsa Indonesia.
Quote:Nggak heran kalau saat ini Indonesia nggak pernah kekurangan tokoh keren & gagah pemberani, karena sejak jaman dulu tokoh - tokoh ini sudah menjadi bagian dari sejarah panjang negara Indonesia


Gambar Ilustrasi
Quote:Quote:1. Balaputradewa
Spoiler for klik:
Quote:
Balaputradewa adalah salah satu tokoh dalam sejarah nusantara yang berpengaruh. Pengaruhnya tidak hanya di wilayah Asia bagian tenggara saja, melainkan hingga ke Daratan India. Ia adalah seorang raja yang telah memberikan sebuah gambaran tentang politik dan diplomasi internasional, sehingga mampu mengantarkan kerajaan yang ia pimpin menjadi besar dan dikenal di beberapa peradaban besar pada zamannya.
Quote:
Dikutip dari wacananusantara.org, Prasasti Nalanda menyatakan bahwa Maharaja Balaputradewa ialah raja Suwarnadwipa. Prasasti tersebut tidak menyebut bahwa Balaputradewa ialah raja Sriwijaya. Anggapan bahwa Balaputradewa itu raja Sriwijaya ialah akibat penyamarataan Suwarnadwipa dengan Sriwijaya di satu pihak dan penyamarataan San-fo-tsi dengan Shih-li-fo-shih di lain pihak. Maka tidak heran jika Balaputradewa sering dihubungkan dengan kerajaan Sriwijaya.


Quote:Quote:2. Ranggalawe
Spoiler for klik:
Quote:
Dia dikenal sebagai orang yang memimpin pemberontakan di Majapahit pada tahun 1295 atau 720 tahun yang lalu. Menurut History Area, Ranggalawe pada dasarnya adalah seorang pahlawan namun mati menjadi seorang pemberontak. Ranggalawe melakukan pemberontakan karena menganggap bahwa keputusan Raja saat itu (Raden Wijaya) untuk mengangkat Nambi menjadi Patih Amangkubumi bukanlah keputusan yang tepat….

Menurut Ranggalawe seorang Patih Amangkubumi adalah seorang yang teramat berjasa di berbagai pertempuran dan sangat pemberani namun Ranggalawe tiak melihat hal tersebut pada Nambi. Akhirnya berkat tipudaya oleh Mahapati yang licik yang menuduh Ranggalawe melakukan pemberontakan, maka Raja memutuskan untuk menyerang Ranggalawe. Pertempuranpun tak terkelakkan. Ranggalawe pun mati dalam pertempuran terbunuh oleh Kebo Anabrang.


Quote:Quote:3. Gajah Mada
Spoiler for klik:
Quote:
Dia adalah Maha Patih paling sukses dalam sejarah Indonesia. Gajah Mada yang berperawakan gempal ini, adalah orang yang berjasa menyatukan nusantara yang wilayahnya jauh lebih luas dari Indonesia sekarang. Dia pulalah yang terkenal dengan Sumpah Palapa, yang ditemukan pada Kitab Pararaton. Sumpah Palapa tersebut berbunyi: “Dia Gajah Mada Patih Amangkubumi tidak ingin melepaskan puasa. Ia Gajah Mada, “Jika telah mengalahkan Nusantara, saya (baru akan) melepaskan puasa. Jika mengalahkan Gurun, Seram, Tanjung Pura, Haru, Pahang, Dompo, Bali, Sunda, Palembang, Tumasik, demikianlah saya (baru akan) melepaskan puasa.”
Quote:
Dikutip dari [url=http://www.majapahit1478.blogspot.com,]www.majapahit1478.blogspot.com,[/url] Gajah Mada meninggal pada 1364 M, dan membuat Majapahit berkabung. Bahkan Raja Majapahit saat itu, Hayam Wuruk berputus asa dan sangat berduka.


Quote:Quote:4. Prabu Siliwangi
Spoiler for klik:
Quote:
Raja Pajajaran ini terkenal gagah perkasa! Konon beliau memiliki banyak ilmu termasuk membelah diri. Menurut pusakaprabusiliwangi.com, Prabu Siliwangi pernah mengalahkan Raja Macan Putih dalam sebuah pertempuran di Majalengka.
Quote:
Sejak saat itu, Raja Macah Putih diangkatnya sebagai panglima perang yang berasal dari dimensi lain.


Quote:Quote:5. Jayabaya
Spoiler for klik:
Quote:
Jayabaya adalah raja dari Kerajaan Kediri yang terkenal dengan ramalannya. Diantara ramalan Jayabaya yang paling terkenal adalah mengenai pemimpin (presiden) Indonesia dengan inisial nama No-To-No-Go-Ro, ramalan Jayabaya cukup fenomenal dan mirip dengan yang sudah terjadi, misalnya:

1. Datangnya bangsa berkulit pucat yang membawa tongkat yang bisa membunuh dari jauh dan bangsa berkulit kuning dari Utara (jaman penjajahan ).

2. “kreto mlaku tampo jaran”, “Prau mlaku ing nduwur awang-awang”, kereta tanpa kuda dan perahu yang berlayar di atas awan.

3. Datangnya jaman penuh bencana di Nusantara (Lindu ping pitu sedino, lemah bengkah, Pagebluk rupo-rupo, gempa 7 kali sehari, tanah pecah merekah, bencana macam-macam.

4. Dan ia bahkan (mungkin) juga meramalkan global warming, “Akeh udan salah mongso”, datangnya masa dimana hujan salah musim.


Quote:
Jayabaya memerintah Kediri sekitar tahun 1135-1157 dengan gelar Sri Maharaja Sang Mapanji Jayabhaya Sri Warmeswara Madhusudana Awataranindita Suhtrisingha Parakrama Uttunggadewa.


Quote:Quote:6. Raden Wijaya
Spoiler for klik:
Quote:
Raden Wijaya adalah pendiri kerajaan Majapahit dan memerintah kerajaan terbesar yang pernah ada di nusantara itu dari 1293-1309. Menurut singosari.info, masa pemerintahan Raden Wijaya ditandai dengan banyak pemberontakan termasuk yang dilakukan oleh Lembu Sora dan Nambi.
Quote:
Meski demikian Raden Wijaya adalah seorang raja yang cerdik. Untuk memperkuat posisi politiknya, beliau menikahi empat putri Kertanegara (Raja Singasari), yaitu Shri Parameshwari Dyah Dewi Tribhuwaneshwari, Shri Mahadewi Dyah Dewi Narendraduhita, Shri Jayendradewi Dyah Dewi Prajnaparamita and Shri Rajendradewi Dyah Dewi Gayatri.


Quote:Quote:7. Ken Arok
Spoiler for klik:
Quote:
Yang ini bisa disebut sebagai cowok jagoan di jamannya. Banyak alasannya salah satunya adalah ia merebut Ken Dedes dari tangan Tunggul Ametung, setelah membunuhnya terlebih dahulu. Ken Dedes sebenarnya adalah saksi pembunuhan suaminya sendiri, dan hal ini menimbulkan dugaan kalau antara Ken Arok dan Ken Dedes memang sudah saling cinta sebelumnya.
Quote:
Setelah merebut Ken Dedes, Ken Arok yang lahir di Jawa Timur tahun 1182 ini, mendirikan kerajaan Tumapel yang kelak dikenal sebagai Singasari.

Sejarah  (blog.8share.com)
Sejarah  (balaiedukasi.blogspot.com)

Quote:Ni Gansis Sumpah cerminan dari semangat Patih Gajah Mada

“Lamun huwus kalah Nusantara isun amukti palapa, amun kalah ring Gurun, ring seran, Tanjungpura, ring Haru, ring Pahang, Dompo,ring Bali, Sunda, Palembang, Tumasik, saman isun amukti palapa”.

Artinya:
“Setelah tunduk Nusantara, saya akan beristirahat; Sesudah kalah Gurun seran, Tanjungpura, Haru, Pahang, Dompo, Bali, Sunda, Palembang, Tumasik, barulah saya akan beristirahat”
Quote:Tokoh-tokoh Indonesia bukan cuma memperjuangkan tanah air, mereka juga mampu melontarkan Kata2 pembangkit SEMANGAT.


Ts Berharap Dibantu


Kalo Trhead Ini Menarik, Boleh Dijadiin Rekomendasi HT

Recomend HT  (docs.google.com)

reserved

Mampir Juga Di Thread Unitedd Lainnya Quote:Fakta Fakta Bells Palsy Penyakit Yang Bikin Wajah Rano Karno Kaku Separuh  (www.kaskus.co.id) HT
Serangan Balik Indonesia Setelah Berasil Tolak Dubes  (www.kaskus.co.id) HT
Aneka Cara Australia Selamatkan Duo Bali Nine Dari Eksekusi Mati  (www.kaskus.co.id) HT
Aksi Memaafkan Paling Luar Biasa  (www.kaskus.co.id) HT
Potret Polusi Di Tiongkok Yang Mencengangkan  (www.kaskus.co.id) HT
Nge-Tweet Lion Air Sindir AirAsia  (www.kaskus.co.id) HT
7 Sifat Ahok Yang Tak Terduga !!!  (www.kaskus.co.id)HT
Keindahan Dibalik Keangkeran Alas Purwo  (www.kaskus.co.id)HT
Penyebab Seseorang Gagal Kuliah & Cara Mengatasinya  (www.kaskus.co.id)HT
7 Persoalan Penting yang Dihadapi Perempuan Selain Tubuhnya !!!  (www.kaskus.co.id)HT
Bahaya, Air Mineral Kemasan Botol Banyak Yang Palsu & Cara Membedakannya !!!  (www.kaskus.co.id)HT
Jokowi Luncurkan Logo 70 Tahun Kemerdekaan RI  (www.kaskus.co.id)HT
Benarkah Pria Berubah Setelah Menikah ???  (www.kaskus.co.id)HT
Susahnya Pacaran Di Jakarta Dan Sekitarnya  (www.kaskus.co.id)HT
Inilah 10 Trisula Maut Sepak Bola Saat Ini  (www.kaskus.co.id)HT
Mengenal Orang Chinchorro, Pakar Mumi !!!  (www.kaskus.co.id)HT
Rumor Mistis Indonesia yang Bikin Heboh Masyarakat Dari Masa ke Masa  (www.kaskus.co.id)HT
10 Bangunan Peninggalan Belanda Paling Megah Di Indonesia  (www.kaskus.co.id)HT
Api - Api Abadi di Dunia [PICT]  (www.kaskus.co.id)HT
Menjawab Pamali yang Sering Dilontarkan Oleh Nenek Dengan Logika  (www.kaskus.co.id)HT
7 Hal Ini akan Terjadi Jika Mayat Manusia Tidak Dikubur  (www.kaskus.co.id)HT
Momen Masa Depan atau Masa Lalu Yang Bikin Kita Senyum Asyem Malu  (www.kaskus.co.id)HT
Penting !!! Ketahui Razia Polisi Resmi atau Tidak Di Siang Hari dan Malam Hari  (www.kaskus.co.id)HT
Gangguan Tidur yang Menakutkan [SEREM]  (www.kaskus.co.id)HT
Makanan Pernikahan Tradisional Paling Laris Manis  (www.kaskus.co.id)HT
Serupa Tapi Tak Serasa !!!  (www.kaskus.co.id)HT
Beginilah Astronot Jalani Rutinitas Sehari-hari di Antariksa [PICT]  (www.kaskus.co.id)HT
Fakta Unik Suku Bajau, Manusia Air  (www.kaskus.co.id)HT
Saat di Luar Negeri, Hal Ini Bakal Bikin Gansis Kangen Indonesia  (www.kaskus.co.id)HT
Cara Penyajian Makanan Khas Indonesia Yang Bikin Nikmat Berlipat  (www.kaskus.co.id)HT
Demi Merubah Dunia, Anak Ini Harus Mati Muda  (www.kaskus.co.id)HT
Setiap 21 April, Indonesia Memperingati Selamat Hari Kartini [PICT]  (www.kaskus.co.id)HT
9 Alasan Bangga Menjadi Orang Surabaya  (www.kaskus.co.id)HT
Kenapa Era Kejayaan Motor 2-Tak Berakhir?! [PICT]  (www.kaskus.co.id)HT
Pelajaran Berharga di Balik Mengantri  (www.kaskus.co.id)HT
10 Tips Penting Ini Diwariskan Nenek Moyang Kita Sejak 100 Tahun Lalu  (www.kaskus.co.id)HT
Ajaib! 10 Makanan Ini Berbentuk Mirip dengan Organ Tubuh yang Memang Membutuhkannya!  (www.kaskus.co.id)HT
Nostalgia Sampul Buku & Mengingat Cara Menyampul Buku [PICT]  (www.kaskus.co.id)HT

Hebat ken arok,dari bukan siapa siapa bisa jadi raja besar di jawa


lebih asyik. sekarang. dong
wah ane demen dah cerita2 lawas gini

jadi inget masa kecil dmn byk film2/drama radio/wayang dgn cerita majapahit, singosari, padjajaran, sriwijaya, demak dll
Quote:Original Posted By kalibaros
Hebat ken arok,dari bukan siapa siapa bisa jadi raja besar di jawa



seru bgt ya gan sejarah nya, dan tokoh jman dulu tuch emg gagah&bersemangad

Quote:Original Posted By angkolaman
lebih asyik. sekarang. dong

aseknya skrg apaan gan?

Quote:Original Posted By threetwelve
wah ane demen dah cerita2 lawas gini

jadi inget masa kecil dmn byk film2/drama radio/wayang dgn cerita majapahit, singosari, padjajaran, sriwijaya, demak dll

bner gan, skrg masih ada, tapi malem mulai nya sekitar jam 1-2 malam di ind*sia*
bantu di ya
Waahh... Sumpah yg bikin semangat banget tuh g an..
jaman dulu orangnya punya banyak 'ilmu' ya gan?
Tumben nih trid ht masih sepi
kemana ya indonesia yg dulu??
ane dulu snang baca sejarah tapi tau dikit soal tokoh2 era zaman dulu bgt
jaman2nya SD tuh..
ngebahas tentang kyk gini, sejarahnya...
Quote:Original Posted By Vernounce
jaman dulu orangnya punya banyak 'ilmu' ya gan?


betul gan
yg paling serem punya ilmu batara karang
baru tw perawakan gajah mada gempal bgtu..

kirain tegap gagah perkasa
Wow mantp
favorit ane raja jayabaya gan, soalnya ane juga dari kediri.
yang ane inget dari gajahmada adaah sumpah amukti palapanya
Quote:Original Posted By dolanad
jaman2nya SD tuh..
ngebahas tentang kyk gini, sejarahnya...


smp sma juga masih mbahas kox gan
prabu siliwangi
Via: Kaskus.co.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar