Pages


Kamis, 23 April 2015

Kegiatan kecil yang menyelamatkan Bumi kita

Spoiler for Hot Thread #10:
Quote:


Quote:Halooo para juragan . Sebelum melangkah di inti tulisan ane, ane mau jelasin alasan ane membuat thread ini.Berawal dari seringnya Hot thread yang membahas tentang masalah lingkungan, maka ane tergerak untuk berkontribusi menuliskan sedikit tulisan mengenai kegiatan-kegiatan yang dapat mengurangi perusakan dan eksploitasi Bumi.Thread ane dibagi menjadi 3 bagian.Ke-1 kegiatan Konsumtif, ke-2 kegiatan produktif, dan ke-3 Kesimpulan.

Quote:Kegiatan Konsumtif



Quote:Kantong Kresek
Siapa sih yang tidak pernah belanja memakai kantong kresek ?, pasti agan-agan seringkan ?.Jika sering sebaiknya agan mengganti pemakaian kantong kresek dengan kantong belanjaan yang bisa dipakai berulang-ulang kali.Menurut agan jika kantong belanjaan biasa seperti ibu-ibu mau ke pasar pakailah tote bag supaya kelihatan stylish.

Tisu dan Kertas
Yap, agan harus mengurangi pemakaian tisu dan kertas. Supaya pohon-pohon tidak semakin banyak yang di tebangi lagi dan lagi.Pemakaian tisu kalau hanya untuk mengelap muka,cuci tangan, dan lain-lain agan bisa juga menggunakan handuk kecil yang bisa dipakai berkali-kali kalau kotor juga bisa dicuci. Kurangi pemakaian kertas gan, sekarang sih bisa diganti dengan E-book, catatan-catatan di gadget agan.

Matikan Alat Elektronik yang Tidak Terpakai
Sering kita tidak sadar atau tidak peduli dengan hal kecil seperti mematikan lampu,TV,AC, dan berbagai barang elektronik lainnya yang tidak terpakai. Jika agan sering tidak peduli, sebaiknya biasakan mematikan mulai hari ini !. Kenapa alasannya gan?, karena dapat mengurangi pemanasan gelobal dan yang pasti dapat mengurangi tagihan listrik agan-agan sekalian

Gunakan Transportasi Umum gan
Melakukan perjalanan jauh sebaiknya memakai trasportasi umum gan, supaya stock minyak bumi tidak cepat menipis, selain itu mengurangi polusi dan gas emisi buangan dari kendaraan. Kalau perjalanan dekat mending ente jalan kaki aja atau memakai sepeda gan . Tidak membuat polusi sehat juga.





Quote:Kegiatan Produktif



Quote:
Tanam Pohon di Sekitar Rumah Juragan
Kalau agan pada tidak bisa buat nanam pohon , karena tidak punya lahan. Ya udah bisa juga dengan tanaman kecil-kecil yang dapat menyerap polusi gan. Alasannya suapaya di sekitar rumah kita asri gan, selain itu juga mengurangi pemanasan global. Racun-racun bisa juga terserap oleh tanaman seperti pakis boston,spider plant,snake plant. Masih banyak lagi gan coba aja searching di google

Buang Sampah di tempatnya gan
Jika juragan sering membuang sampah di mana-mana sebaiknya sekarang di hentikan gan. Kalau agan mau buang sampah seperti bungkus permen (yang kecil-kecil) mending masukin kantong dulu gan kalau ga ada tempat sampah, dari pada di buang sembarangan.Atau sekarang agan udah buang sampah di tempatnya di tambah sampahnya dipisahin sangat luar biasa gan, untuk memudahkan daur ulang sampah . Ada Tips dari ane nih gan , kalau buang sampah organik bisa juga di kubur ditanah biar tambah subur tanahnya gan .

Pemulung
Juragan tau tidak kalau pemulung itu berjasa banget untuk lingkungan. Padahal pekerjaan ini sering di rendahkan. Pemulung itu bikin lingkungan bersih gan. Coba ada sampah botol-botol plastik di pinggir jalan yang mungutin siapa ?. Pemulung gan, di saat kita semua tidak peduli lagi dengan sampah-sampah di jalan. Sampah-sampah yang sudah tidak terkumpul mereka jual untuk diolah kembali/didaur ulang gan.


Quote:Kesimpulan

Quote:Tidak terasa sudah sampai di kesimpulan gan , demekian tulisan dari ane semoga bermanfaat dan kita bisa merubah kegiatan-kegiatan konsumtif yang merusak bumi kita menjadi kegiatan produktif yang menyelamatkan bumi . Agan ingin menambahkan kegiatan kecil menyelamatkan bumi lainnya silahkan gan . Jika ada tulisan TS kurang berkenan TS minta maaf. Terimakasih gan



Spoiler for sumber:
sumber:tulisan TS
gambar:https://id.wikipedia.org


Quote:
Mampir ke Thread ane, yang lain gan
kelakuan pelajar yang harus dihindari,menurut ane  (www.kaskus.co.id)
mana soto favorite ente gan  (www.kaskus.co.id)
parkir gratis kalau   (www.kaskus.co.id)
Spoiler for apa komentar para kaskuser :


Quote:
Quote:Original Posted By mektobat
Kalau perjalanan dekat mending ente jalan kaki aja atau memakai sepeda gan . Tidak membuat polusi sehat juga.

^^

Saya termasuk yang sering jalan kaki dan pake masker. Memang tidak membuat polusi. Tapi jadinya saya yang kena polusi dan paru-paru saya sesak kena sakit karena polusi di jalan.

Tapi overall tritnya bagus. Sosialisasi kebersihan dan kesehatan (kebiasaan hidup masyarakat yang sehat) harus terus digalakkan.


terimakasih gan, atas suport thread ane
iya sekarang banyak kendaraan emisi gas buangan bikin sesek


Quote:Original Posted By amsya13
beruntunglah ane sadar diri gan
mulai dari SD ampe kuliah ane selalu hemat kertas
tapi emang dasarnya males nulis sih


yah, itu beda lagi

Quote:Original Posted By RnG
Istri kalo belanja bulanan pasti bawa tas sendiri, karena meNOLAK KANTONG PLASTIK/KRESEK
selamatkan bumi memang harus dimulai dari kita...karena kalo bukan kita yaah siapa lagi


alhamdulilah gan, istri ente cinta lingkungan dan suami juga itu
kan rela belanja demi agan

Quote:Original Posted By anakombak
Ditempat ane pemulung bukan membersihkan sampah malah ngacak2 sampah, ana kl naro sampah didepan rumah ane kumpulin perplastik di iketin biar gak acak-acakan. Pas ada pemulung malah disobekin diacak2in


mungkin hanya personal aja gan, banyak ko pemulung yang rapi kalau ngacak-ngacak

Quote:Original Posted By MeiCHocoEido99
gw sebel banget ama orang jalanan yang suka ngerusak tanaman
buang smpah dimana2 gw liat dgn mata kpala gw sndiri
biar anak2 udah tua
drpd ga ad kerjaan dan emg males kerja mending jd pemulung aj drpd ngebuangin


ente tegur aja sist
setuju ane sist, pemulung emang profesi berjasa bagi lingkungan



Quote:Original Posted By galihskm
yg memilah sampah sih sudah ane lakuin gan antara sampah organik dan anorganik sudah ane pisahin


alhamdulilah, sangat bagus gan


Quote:Original Posted By chevalier.kuran
inilah hidup sebenarnya kalau kita sadar gan.... lihatlah, orang sepele dengan pemulung kan, tapi tanpa pemulung mungkin sampah di sembarangan tempat bisa menghancurkan bumi dengan cepat.... tandanya, setiap kita hidup, mau jadi siapapun, pasti ada tujuan dan berguna bagi orang yang membutuhkan maupun bumi terutama ^^


makanya sebeneranya, profesi pemulung sering dihina tetapi mereka berjasa buat lingkungan

Quote:Original Posted By farrlanson
ane bookmark gan, thanks bgt untuk ngingetin ini
semoga aja banyak orang2 di indo bisa berubah and bisa belajar untuk lebih peduli sama lingkungan
dimulai dr hal2 kecil jg, oiya jangan lupa buat ga buang2 air banyak2, and matiin keran sampe tetes terakhir ga keluar, itu membantu BGT buat bumi kita biar lebih baik


iya gan, monggo di bookmark
bener gan harus hemat air juga
Quote:Original Posted By waeke2008
kalo yg di halaman rumahnya masih berupa tanah/rumput bisa bikin biopori tu gan, biar airnya meresap dan sedikitnya bisa menambah suplai air tanah


ane jugabelum coba
besok buat ah



Quote:senter police 80 rb :)  (www.kaskus.co.id)
Ane kalo buang samapah ditempatnya kok gan
Pemakaian air tanah juga perlu di kurangin gan
kudu nanem pohon sebanyak2nye gan
Quote:Original Posted By paruruu
Ane kalo buang samapah ditempatnya kok gan

Saya sama seperti mbak ini loh gan
Kalo belanja ke pasar bawa tas belanja dari rumah
gw suka lupa matiin perangkat elektronik gan
Quote:Original Posted By kalibaros
Pemakaian air tanah juga perlu di kurangin gan


kasih ane alasannya juga gan, nanti ane masukin terimakasih
Quote:Original Posted By namakulyna

Saya sama seperti mbak ini loh gan
Kalo belanja ke pasar bawa tas belanja dari rumah


Orang saya ga pernah belanaja ke pasar
Quote:Original Posted By paruruu


Orang saya ga pernah belanaja ke pasar


Iya tuh , orang agan cuma g buang sampah sembarangan
Quote:Original Posted By paruruu


Orang saya ga pernah belanaja ke pasar


Cewek2 jaman sekarang taunya shopping di emol
Kurangi konsumsi kertas. Ga usah minta bon kalo belanja di alfamart, tol, dll kalo g dibutuhin gan.
Sampah dari rumah gak di buang ke tpa langsung di bakar
bener gan, lakukan dari hal yg kecil2 dulu
Bikin pembangkit tenaga nuklir sendiri di rumah...
kegiatan kecil tapi berdampak besar gan.
beberapa udah ane jalanin
ane udah nanem pohon di pekarangan rumah
Quote:Original Posted By edogawa09
Kurangi konsumsi kertas. Ga usah minta bon kalo belanja di alfamart, tol, dll kalo g dibutuhin gan.


Saya setuju gan
Quote:Original Posted By saburoken
ane udah nanem pohon di pekarangan rumah


Semangat ente harus di tanamkan di semua orang gan
Jangan buang sampah sembarangan gan, walaupun ga ada tong sampah. coba di bawa aja dl. nanti kalo ada tong sampah baru di buang.
Via: Kaskus.co.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar