Pages


Jumat, 24 April 2015

Perlakuan Kurang Baik Orang Indonesia Terhadap Uang


Dijamin, baru ane yang membuatnya.
Spoiler for Bukti No Repost:

Puji Tuhan, gan! Baru 1 jam di-posting langsung jadi HT! HT #3 ane! Terima kasih buat mimin, momod, dan Kaskuser seluruh dunia!
Spoiler for HT #3:

Quote:PEMBUKAAN

Dalam perekonomian modern, uang, baik kertas maupun logam, kartal maupun giral, fisik maupun maya, telah menjadi hal yang sangat vital. Ia adalah "darah" bagi perekonomian, alat yang mampu membuat perekonomian sebuah bangsa bertumbuh(jika jumlahnya tepat). Uang yang kita pakai sekarang disebut uang fiat(uang yang nilai nominalnya lebih besar daripada nilai intrinsiknya). Nilai uang itu terus-menerus menurun dari waktu ke waktu, dalam ilmu ekonomi penuruan itu disebut inflasi. Meski mendapatkan uang di Indonesia(apalagi di kota besar)cukup sulit, masyarakat Indonesia masih memperlakukan uang dengan kurang baik. Ini sangat miris karena uang Indonesia diakui sebagai salah satu uang dengan desain terbaik di dunia meskipun nilainya merupakan salah satu yang terendah pula di dunia. Perlakuan kurang baik apa sajakah itu?
Spoiler for Menggambar:
Menggambar




Entah karena tidak ada kerjaan lain atau kehabisan kertas untuk menggambar, beberapa orang menggunakan media uang kertas untuk berekspresi. Mereka menggambar dan mereka tokoh pahlawan nasional di uang kertas itu menjadi tokoh lain. Meskipun dapat menunjukkan kreativitas bangsa Indonesia, namun tindakan ini kurang bijaksana karena uang adalah dokumen negara(karena ada simbol negara yaitu Garuda Pancasila)yang seharusnya diperlakukan sebagaimana fungsinya.
Spoiler for Mencorat-coret:
Mencorat-coret

Terkadang ane heran mengapa orang Indonesia menjadikan uang kertas(terutama pecahan kecil di bawah Rp20.000)sebagai media untuk menulis. Apakah mereka kekurangan kertas atau buku? Saya yakin tidak. Tulisan yang paling sering ditemukan adalah nomor handphone.
Spoiler for Dijadikan alat politik saat kampanye:
Dijadikan alat politik saat kampanye



Di Indonesia, pada saat musim kampanye, bagi-bagi uang untuk meraih simpati dan suara konstituen(pemilih)jamak terjadi di berbagai daerah. Bahkan saat pilpres 2014 kemarin, uang berstempel salah satu calon presiden sempat beredar.
Spoiler for Menyunting:
Menyunting

Orang Indonesia terkenal kreatif. Uang Indonesia dapat disunting, entah diganti gambarnya dengan gambar figur publik atau orang biasa atau dilebih-lebihkan nilainya.
Spoiler for Disimpan dengan kurang baik:
Disimpan dengan kurang baik

Orang Indonesia cenderung menyimpan uangnya dengan kurang baik. Uang dilipat-lipat, diremas, dikumpulkan di laci meja atau bawah tempat tidur, dan sebagainya. Maka, sangat sering kita jumpai uang yang berada dalam kondisi lusuh, robek, diberi isolasi, dan sebagainya.
Spoiler for Distaples:
Distaples
Mulustrasi segera menyusul
Orang Indonesia punya kecenderungan menstaples uang yang bernominal sama dengan alasan kemudahan. Namun, tindakan ini dapat membuat uang menjadi cacat dan tidak bisa dimasukkan ke mesin ATM nontunai.
Spoiler for Mengganti kembalian dengan permen:
Mengganti kembalian dengan permen



Kalau kita berbelanja di minimarket, seringkali kembalian berupa uang logam diganti menjadi permen. Ini menunjukkan jika bangsa kita masih kurang begitu menghargai uang logam.

Dalam memperlakukan uang dengan baik, kita bisa meniru Thailand dan Jepang.
Spoiler for Thailand:

Di Thailand, semua uang baht baik kertas maupun logam bergambar Raja Bhumibol Adulyadej(Raja Thailand sejak 1946). Uang ini tidak boleh diinjak. Bila dilakukan, seseorang bisa dikenakan hukuman penjara hingga 15 tahun.
Spoiler for Jepang:

Di Jepang, setiap toko harus menyiapkan uang dari semua pecahan mulai dari pecahan terkecil hingga pecahan terbesar dengan jumlah yang mencukupi. Uang receh pun harus disiapkan dengan baik, baik tersedia dalam jumlah cukup maupun berada dalam kondisi bagus. Tidak ada yang namanya kembalian berupa permen atau uang lusuh di Jepang. Jika tidak mampu menyediakan pecahan kecil maupun menolak pecahan besar, seseorang akan dianggap kurang serius dalam berbisnis.

Demikian thread ane kali ini. Semoga dengan adanya thread ini, kesadaran kita semua untuk lebih menghargai dan memperlakukan uang rupiah yang kita miliki meningkat. Terima kasih telah membaca. Selamat sore.
Quote:Referensi
Referensi 1  (cerdas.organisasi.org)
Referensi 2  (j-cul.com)


Komentar dari Kaskuser
Spoiler for Komentar dari Kaskuser:
Quote:Original Posted By Harlequinz
paling sering coret2 gambar duit gan jaman sd-smp skg sih uda g pernah


Quote:Original Posted By aerkulkaz
menurut ane, memang kualitas uang kertas kita kurang bagus...gampang lecek, lusuh dsb...ditambah perlakuan thd uang kertas yg kurang baik...jadinya ya seperti ilustrasi foto dibawah ini...hehehe...

ane izin share tritnya ya gan...



Quote:Original Posted By iamooo
kembalian permen hehe
ane pernah berantem sama kasir tuh gara2 begitu, ane yg menang, ternyata dia punya kembaliannya walaupun cuma 500 perak


Quote:Original Posted By alinono
Kalo buat sulapan gan
Jaman sd paling nulis nama cewe yg disukai gan


Quote:Original Posted By oetoes8
gan sebenernya untuk uang receh terutama pecahan logam 100 200 (rada sulit untuk didapat) serta 500 ( ini banyak banget gan) bank sendiri kurang mau menerima uang logam begini biasanya bila kita setor uang logam berjumlah 500 keping dikenakan biaya sekitar 2500. ini yang membuat toko menyimpan atau menerima pembayaran logaman rada menolak. tapi kalo ane pribadi nyari uang 100 200 susah banget di bank aja ane gk pernah dapet. ane tiap minggu butuh uang 100 200 bisa 500ribu nah kalo logam 500an ane tiap minggu bisa dpt 2 sampai 3jt buat bayaran susah banget pada nolak ( biasanya alasannya berat).


Quote:Original Posted By princehata
di amrik kata temen ane ga terima duit lecek gan


Quote:Original Posted By anto13666
ane aja pernah dapet pin bb dari kembalian


Quote:Original Posted By itemngaskus
Bener gan. D mci dlu itu sring posting gambar uang 1000an. Dan ane mengecam bgt yg bgtu.
Skrg, kertas buat bikin uang itu gak murah, kok seenaknya jidat kalo perlakuin uang.
Dilipat pun sekenanya, yg wajar. Jgn tinggal remes aja tuh uang. Ane sering tegor kalo ada temen gtu.. Paling gak kita ngingetin org2 sekitar kita untuk memperlakukan uang dg lbh baik.


Quote:Original Posted By 5kacaw5
Untuk yg nomor 2..
Ada salah satu teller bank..
Coret uang ane gan.. waktu mau nabung..
Terus, ane tanya, kok di coret.. emangnya boleh..?
Katanya, uang yg udah masuk bank, ga akan keluar lagi ke masyarakat..
Jadi intinya..
Kita boleh corat coret uang, pas mau nabung..
Post asli 5kacaw5


Quote:Original Posted By ninininininini
ane tambahin gan

banyak uang yg bertuliskan nomor hape misterius, biar ada yg ngubungi dan ajang cari jodoh, tp banyak juga setelah sms telpon sama2 cowok


Quote:Original Posted By isn23
ane dulu malah penah dikasih kembalian 10ribu sobek pinggirnya gan
begonya ane kagak ngecek dulu
mana gak laku pulak
rugi 10ribu daah ane


Quote:Original Posted By The Predator
Yang di Thailand memang bener banget tuh gan, ane kaget juga kerena orang disana tidak mau melipat uang mereka alakadarnya, namun melipatnya dengan rapih atau bahkan tidak melipatnya sama sekali. Ternyata karena ada foto raja mereka, yang selalu mereka hormati.


Quote:Original Posted By ariefxarief
Pas sd paling sering ngegambar di uang seribu sampe dipajang di buku.

Quote:Original Posted By mektobat
Saya belanja di Foodmart Mal Lembuswana Samarinda kalau diberi uang cash mereka sering menggenapkan kalkulasi uangnya gan. (Ngak semuanya, cuma yang dipojok rame, justru kasir yang dipojok sepi, malah uang cashnya tepat juga kembaliannya)

Contoh: Harga barang X = 13,579 + Harga barang Y = 21,531 kan mustinya totalnya 35,110 tapi kalau dikasi 50rb kembalinya bukan 14,890 tapi 14,800 sukur-sukur kalau ada uang receh 100-an tiga koin sama 500 satu koin. Biasanya mereka nawarin disedekahkan ke yayasan bla bla bla Saya biasanya langsung bilang: "Nggak! Mana kembalinya! Kalau nggak siap kembalian kenapa pasang harga susah-susah ganjil-ganjil? Mana manajernya?"

Akhirnya cara nyiasatinya selalu mbayar pake kartu gesek. Biarpun ganjil-ganjil nominal kalkulasinya tetap. Bayangin coba kalau sehari 100 pembeli aja itu mal uda ambil untung dari kerugian konsumen berapa tu?

Kalau pengalaman saya di IndoMar*t malah biar receh pasti tepat nominalnya karena harga di minimarket beginian nggak seganjil seperti di mal yang saya sebut diatas.

Kalau pengalaman saya di California US walau receh tidak akan dianggap remeh gan. Kalau contoh itu terlalu jauh, yang dekat aja waktu di Singapura, juga, walau receh cuma sen tetap sen-sennya dibalikin tepat sesuai nilai nominal transaksi.

Jadi inget pengalaman saya dapat kembalian di cafe ******* di Jakarta, saya kasih uang receh biar pas, 55,900 apa berapa gitu. Pas saya hampir kasih 900 rupiah dengan receh 100-an semua itu, saya dibentak sama kasirnya, "Nggak usah!" Dia cuma ambil yang 55rb trus uang receh 900 itu dia hempas ke meja sampai mentul-mentul, yang sebagian lagi sampai jatuh. Saya tahan dapat 300-400an, yang 500-an koin 100-annya nggelinding kemana-mana, saya jongkok-jongkok ngambil tu receh malah dia senyum-senyum aja. Prinsip saya soalnya ngak ada uang 1,000 apalagi 100rb kalau ngak ada koin 100 itu. Makanya habis itu saya terakhir makan di kafe itu. Mungkin dia terkecoh gan dengan penampilan saya yang berbaju batik sederhana. Di US yang nilai mata uangnya lebih tinggi aja belum pernah saya digituin.


Quote:Original Posted By Opasllica
Ane punya usaha warnet, tiap hari ada aja dapet duit yg telah "tersiksa" robek, corat-coret, bulukan. biasanya kalo robek ane perbaiki pake isolasi bening. Kalo keadaan uang nya udah sekarat ane gak terima, susah dibelanjainnya. Kenapa ya orang indonesia begitu sadis pada uang. Di malaysia aja duit yg terlipat aja toko2 pada gak mau terima. Mungkin karena rendahnya sifat menghargai...


Quote:Original Posted By sunnycherry
orang indonesah gak ngerti kalo nyetak uang itu mahal gan



MINAMI CREATIVE WORKS
MADE IN JAKARTA, REPUBLIC OF INDONESIA
2015
kalo ane dulu masih kecil suka ngelipet uang sampe kecil banget, kadang" ilang ga sadar gatau kemana, trus dulu juga ska nyoret" duit gambar pahlawan ane kasi kaca mata.... tapi dulu gan sekarang udah insyaf.....

Sayang amat duitnya jadi bgitu, mnding diJajanin Cabe2an tuh Duit
yang coret-coret tuh yg bikin eneg
untung uang kita masih laku kalau ada kejadian seperti itu
dollar kalau digituin ya kagak laku gan
Coba kalo yang di coret coret yang uang 100.000
Quote:Original Posted By virginprincess

Sayang amat duitnya jadi bgitu, mnding diJajanin Cabe2an tuh Duit


setuju gan
lebih profitable and enakable
Ane juga kurang sopan nih,...terlalu boros
Quote:Original Posted By virginprincess

Sayang amat duitnya jadi bgitu, mnding diJajanin Cabe2an tuh Duit


ane gak gitu kok om
saking parahnya "otak bisnis" orang indonesia, permen pun dijadikan modus kembalian
ane paling ga suka duit disteples aseli ribet! merusak duit!
budaya norak dan kurang kerjaan
Spoiler for pict:

Synyster gate jadi aktor duit 1000an
paling sering coret2 gambar duit gan jaman sd-smp skg sih uda g pernah
Mungkin krna nilai rupiah sangat rendah kali gan dibanding mata uang negara lain, jd kek gitu deh
ane udah ngerawat duit biar ga lecek tp sering dibeliin sesuatu dpt kembalian pd lecek bin kumel
Quote:Original Posted By Harlequinz
paling sering coret2 gambar duit gan jaman sd-smp skg sih uda g pernah


Agan dulu pernah begitu juga ya?
Namanya jiga orang indonesia
Quote:Original Posted By gilbertagung


Agan dulu pernah begitu juga ya?


namanya jg bocah iseng gan
jadi malu
Via: Kaskus.co.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar