Pages


Minggu, 31 Mei 2015

Mulai Tahun Depan, Ujian Nasional berlangsung pada Februari


waduh ga nyangka HT baru nyadar sekarang, padahal ane sempet ngaskus kemaren
terima kasih buat semua warga kaskus


Selamat datang di thread pertama ane

Kali ini ane akan share berita terkait pelaksanaan UN untuk tahun depan
Dijamin ini bukan repost

Jadi kemaren sore ane buka Line, terus di timeline ada salah satu account yang ngasih screenshot salah satu berita bahwa UN tahun depan berlangsung bulan Februari Terus ane nyari-nyari beritanya di google, takutnya hoax eh emang ada beritanya

So, check this out



Quote:
Ujian Nasional 2016 Dipercepat pada Februari
Jumat, 29 Mei 2015, 08:19 WIB



REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) akan mempercepat pelaksanaan Ujian Nasional (UN) pada 2016. Menurut Kepala Pusat Penelitian Pendidikan (Kapupendik), Nizam, para siswa tidak akan melaksanakan UN seperti yang telah dilakukan tahun ini.

“UN tahun depan akan dipercepat waktunya,” ungkap Nizam melalui pesan singkat kepada wartawan, Kamis (28/5) malam. Rencananya, UN dilaksanakan pada Februari 2016.

Pemerintah memberikan kesempatan agar siswa yang nilainya kurang bisa memperbaiki. UN juga tidak lagi menjadi akhir atau penutup pembelajaran. UN hanya menjadi bahan evaluasi menjelang masa akhir pendidikan para siswa.

“Sehingga kalau kurang nilainya bisa dilakukan remedial,” ujar Nizam.

Sumber: Republika  (www.republika.co.id)




Quote:
Pengumuman! Unas 2016 Digelar Februari
Kamis, 28 Mei 2015 , 08:26:00



JAKARTA - Tahun depan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) memajukan penyelenggaraan ujian nasional (unas) jenjang SMA/sederajat menjadi Februari. Tahun-tahun sebelumnya, unas digelar April.

Rencana ini diungkap langsung oleh Mendikbud Anies Baswedan. Dimajukannya penyelenggaraan unas ini, berarti ujian tahunan itu digelar di awal semester genap. Sedangkan selama ini unas selalu digelar di April atau di akhir semester genap. Semester genap biasanya berjalan mulai Januari.

Sekilas perubahan jadwal unas ini memiliki konsekuensi pada penyampaian materi pelajaran kepada siswa. Yakni adanya pemampatan materi pelajaran di semester ganjil. Pemampatan itu dilakukan untuk mengakomodasi materi pelajaran yang biasanya diajarkan di semester genap.

Kepala Pusat Penilaian Pendidikan (Puspendik) Kemendikbud Nizam di Jakarta kemarin (27/5) mengatakan, memang benar ada rencana mengubah jadwal penyelenggaraan unas. Yakni unas yang biasanya digelar di akhir semester genap, digeser menjadi di awal semester genap.

Namun dia menegaskan tidak ada pemampatan materi pelajaran di semester ganjil. "Materi pelajaran tetap berlangsung seperti biasa," katanya. Dengan demikian materi yang diujikan dalam unas hanya sampai materi kelas XII semester ganjil. Intinya materi ujian tidak boleh berisi materi yang belum pernah diajarkan.

Kemendikbud tidak asal-asalan dalam mengambil kebijakan memajukan penyelenggaraan unas ini. Mendikbud Anies Baswedan menuturkan dengan dimajukannya penyelenggaraan ujian tahunan itu, ada jeda waktu bagi siswa untuk mendapatkan orientasi tambahan menjelang kelulusan.

"Selama ini yang ada kan hanya orientasi siswa baru. Sedangkan orientasi siswa yang akan lulus tidak ada," katanya.

Anies mengungkapkan bahwa hanya separo lulusan SMA sederajat yang melanjutkan kuliah. Sementara lainnya ada siswa yang ingin bekerja ikut orang atau perusahaan, berwirausaha, atau menjadi CPNS, TNI/Polri.

Nah para siswa dengan beragam pilihan setelah lulus SMA itu perlu ada pendalaman wawasan. "Waktu antara Februari sampai April itu bisa menjadi berharga," katanya.

Misalnya bagi siswa SMA yang berniat melanjutkan kuliah, maka akan dibekali matrikulasi untuk membantu kelulusan ujian masuk PTN. Sedangkan bagi siswa yang ingin bekerja, diajari cara menulis lamaran kerja, membuat CV yang menarik, hingga teknik menghadapi wawancara kerja.

Pihak sekolah juga bisa berinisiatif untuk menghadirkan alumni mereka dengan beragam profesi untuk memberikan wawasan kepada siswa yang akan lulus. Dengan cara ini, siswa tidak seolah-olah dibiarkan begitu saja mengarungi dunia nyata setelah tamat SMA. (wan/end)

Sumber: JPNN  (www.jpnn.com)


update: berita dari Jawa Pos  (www.pressreader.com)


update lagi aah
Quote:
Ujian Nasional SMA Dijadwalkan Februari 2016
Jumat, 29 Mei 2015 18:30

WARTA KOTA, SENAYAN - Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) berencana menyelenggarakan ujian nasional (UN) jenjang SMA pada Februari 2016.

Adapun biasanya, UN diselenggarakan sebagai penutup dari kegiatan belajar mengajar dan ujian sekolah. Pelaksanaan UN biasanya dilakukan bulan April.

Mendikbud Anies Baswedan menyebutkan pelajaran tetap berlangsung seperti biasanya dan tidak ada pemadatan.

"Materi yang diujikan dalam ujian nasional adalah mata pelajaran yang sudah diajarkan. Tidak boleh berisi materi yang belum belum pernah diajarkan. Jadi, bahannya hanya sampai semester V," kata Anies di Kantor Kemendikbud, Jumat (29/5/2015) siang.

Anies menambahkan, dimajukannya jadwal UN dilakukan agar siswa dapat mempersiapkan para siswa ke jenjang pendidikan selanjutnya. Menurutnya, ia mengatakan, untuk sekolah yang menggunakan kurikulum 2013, pihaknya sedang melakukan pembahasan apakah akan ada materi berbeda atau sama dengan yang tidak menggunakan kurikulum 2013.

Sementara, Kepala Pusat Penilaian Pendidikan (Puspendik) Balitbang Kemendikbud Nizam mengatakan desain UN dilakukan di akhir semester V agar siswa bisa melakukan perbaikan jika hasil UN-nya kurang dari standar yang ditetapkan, yakni 55.

"Konsepnya diubah, UN bukan akhir atau penutup pelajaran, tetapi sebagai bahan evaluasi di jelang akhir. Sehingga, kalau kurang (belum memenuhi kompetensi) bisa dilakukan remedy," terang Nizam.

Sementara, menurut Nizam, bagi mereka yang sudah mencapai kompetensi maka di semester akhir bisa melakukan pengayaan atau persiapan masuk perguruan tinggi.

Tidak sependapat, Pemerhati Pendidikan, Doni Koesoema, mengatakan, sebaiknya UN tetap dilakukan seperti jadwal sebelumnya. Ia menyebutkan, jika UN dipercepat akan membuat siswa memiliki banyak waktu luang usai ujian.

"Kalau UN-nya sudah dilakukan, biasanya siswa cenderung tidak mau belajar, karena banyak yang menganggap UN itu ujian terakhir. Ini justru akan membuat efek negatif," katanya.

Ia berpendapat, UN lebih baik dilakukan bulan April seperti pada tahun-tahun sebelumnya. Apalagi, tambahnya, dengan pemberlakuan dua kurikulum maka pemerintah harusnya fokus pada pembenahan kurikulum sebelum beralih ke UN.

"Siswa bisa kurang persiapan kalau dilakukan pada Februari," katanya.

Sumber: Warta Kota  (wartakota.tribunnews.com)



Intinya mulai tahun depan UN akan belangsung pada bulan Februari, di mana pada pelaksaan UN sebelumnya biasanya berlangsung pada bulan April atau Mei. Meski UN udah nggak lagi jadi penentu kelulusan, tapi nilai UN masih diperlukan untuk masuk ke jenjang yang lebih tinggi, seperti SMA yang nilai UN nya bakal dibutuhin buat masuk PTN

Walaupun UN udah nggak dipake buat kelulusan dan bakal ada remednya, jangan anggap sepele UN ya

Jadi, buat yang sekarang kelas 8 atau 11 mending persiapin diri dari sekarang

Update:
Spoiler for tambahan aja:

ane mengambil gambar ini dari thread agan frozenade2 yang sebelumnya telah jadi HT:
[Infografis] Ada yang beda lho dengan Ujian Nasional tahun ini  (www.kaskus.co.id)
di mana TS-nya mengambil infografisnya dari sini  (dikmen.kemdikbud.go.id)


NEWS UPDATE

Quote:
UN 2016 Februari
KAMIS, 28 MEI 2015


BANDARLAMPUNG - Ujian nasional (UN) jenjang SMA/sederajat selama ini digelar bulan April. Tetapi tahun depan, Kementerian Kebudayaan, Pendidikan Dasar, dan Menengah (Kemenbuddikdasmen) memajukan penyelenggaraan UN menjadi Februari. Rencana ini diungkap langsung Menbuddikdasmen Anies Baswedan.

Dimajukannya penyelenggaraan UN ini, berarti ujian tahunan itu digelar di awal semester genap. Sedangkan selama ini UN selalu digelar di April atau akhir semester genap. Diketahui, semester genap biasanya berjalan mulai Januari.

Sekilas perubahan jadwal UN ini memiliki konsekuensi pada penyampaian materi pelajaran (mapel) kepada siswa. Yakni adanya pemampatan materi pelajaran di semester ganjil. Pemampatan dilakukan untuk mengakomodasi materi pelajaran yang biasanya diajarkan di semester genap.

Kepala Pusat Penilaian Pendidikan (Puspendik) Kemendikbud Nizam di Jakarta kemarin (27/5) membenarkan. Namun, dia menegaskan tidak ada pemampatan materi pelajaran di semester ganjil. Dengan demikian, materi yang diujikan dalam UN hanya sampai materi kelas XII semester ganjil. Intinya materi ujian tidak boleh yang belum pernah diajarkan.

Kemenbuddikdasmen tidak asal-asalan dalam mengambil kebijakan memajukan penyelenggaraan UN ini. Anies Baswedan menuturkan, dengan dimajukannya penyelenggaraan ujian tahunan itu, ada jeda waktu bagi siswa untuk mendapatkan orientasi tambahan menjelang kelulusan.

Sumber: Radar Lampung  (www.radarlampung.co.id)


Quote:
Tolak UN 2016 di Februari
JUMAT, 29 MEI 2015


BANDARLAMPUNG - Rencana percepatan jadwal ujian nasional (UN) 2016 dari April ke Februari berpotensi menambah beban siswa. Sebab, materi pelajaran di semester genap terpaksa dimajukan. ’’Itu malah membuat siswa tambah pusing dan terbebani. Kami akan ajukan masukan ke kementerian,” ujar Kepala Musyawarah Kerja Kepala (MKKS) SMP Bandarlampung Muhammad Barun kemarin.

Ia mengungkapkan, UN mendatang memang dilaksanakan dalam beberapa tahap. Misalnya ujian teori dan koginitif.

Besar kemungkinan, apabila pelaksanaan UN dimajukan, itu hanya berupa ujian teori. Sehingga nantinya siswa masih mendapat kesempatan memperoleh materi pelajaran secara utuh.

”Tapi kami sudah sampaikan agar pelaksanaan UN justru sebaiknya dilaksanakan akhir semester saja,” ujarnya.

Pengamat pendidikan Budi Kustoro juga tidak menyetujui jika pelaksanaan UN 2016 dimajukan Februari. Sebab, pemerintah belum bisa memperjelas perbedaan fungsi UN dan pencapaian kompetensi.

”Faktor kelulusan siswa itu kan dinilai dari pencapaian kompetensi dari kurikulum. Itu yang menilai sekolahan,” tukasnya.

Maka dari itu, proses penilaian kompetensi jangan sampai terganggu dengan pelaksanaan UN. Sehingga pihak sekolah juga bisa menilai secara utuh dalam satu semester. Siswa juga bisa lebih maksimal dalam menyerap materi pelajaran, tanpa harus disibukkan dengan UN. ”Bagusnya Mei saja,’’ sarannya.

Kepala Pusat Penilaian Pendidikan (Puspendik) Nizam sebelumnya membenarkan percepatan jadwal UN ini. Namun, dia menegaskan tidak ada pemampatan materi pelajaran di semester ganjil. Dengan demikian, materi yang diujikan dalam UN hanya sampai semester ganjil. Intinya materi ujian tidak boleh yang belum pernah diajarkan. (yay/c1/ade)

Sumber: Radar Lampung  (www.radarlampung.co.id)



Untuk komentar kaskuser check post #2


Terima kasih telah mampir ke thread ini, dan juga terima kasih telah me-reply, memberi rate pada thread ini, dan/atau share thread ini
update: komentar kaskuser
Spoiler for nilai un dipake buat masuk PTN?:
benarkah nilai UN terpakai untuk masuk PTN??
masih klise nih

Quote:Original Posted By Neared
Mang enak un nya dimajuin
Biar ada waktu buat remedial un
Untung ane tahun ini udah lulus sma

Dan jgn percaya gan un dibutuhkan utk masuk ptn, maksudnya nilai un ga memengaruhi siswa ke ptn, formalitas doang yg penting siswa ikut un gapeduli berapa nilainya, salah satu temen ane nilai un kimianya dibawah 55, tp masuk salah satu ptn favorit (mirip seperti snmptn undangan, tp ini diselenggarakan oleh ptnnya sendiri )

Yang penting itu NILAI RAPOT harus bagus dan NILAINYA MENINGKAT dari semester 1-5

Quote:Original Posted By djokoscooter87

Ralat gan, UN ga dibutuhin lagi SAMA SEKALI untuk masuk PTN, skrg yg ada SNMPTN (Seleksi Nasional Masuk PTN = Jalur Undangan) sama SBMPTN (Seleksi Bersama Masuk PTN = Jalur Placement Test).

kalo yg mau masuk lwt SNMPTN nilai rapornya ga boleh turun dan harus diatas 8, dan diseleksi oleh orang2 PTNnya. Misalnya kt pilih Teknik Elektro UI, nanti kita submit nilai rapor kita ke org SNMPTNnya. Kalau menolak/mengundurkan diri padahal udah keterima, otomatis sekolahnya bakal kena BLACKLIST alias ga boleh lagi masuk Teknik Elektro UI selama 5 thn. Yg kesian yg junior2nya nasibnya gimana so kalo pgn masuk SNMPTN harus bener2 concern sm pilihannya,

Kalau SBMPTN nanti ngikutin serangkaian tes kyk yg mata pelajaran yg diUN-kan (Mat Dasar, Mat IPA, B.Indo, B.Inggris, Kimia, Fisika, Biologi), terus nilai total bisa disubmit ke 3 pilihan jurusan masing2 siswa (PTNnya boleh beda). Tahun kemaren yg jd juara passing grade tertinggi itu Teknik Komputer ITB, passing gradenya minimal 63

update: ane dapet pm, katanya kalo itb milihnya fakultas, bukan jurusan

tapi kalo kata temen ane, tahun ini juga lulus, selain nilai rapor nilai UN dipake juga buat SNMPTN cuman tergantung kampusnya, jadi ada kampus yang make nilai un ada yang kagak

dan akhirnya terjawab...
Quote:Original Posted By dhesanta


Nilai UN untuk tahun 2014 sama 2015 dipakai sebagai dasar kelulusan SNMPTN. Bener kata agannya, tergantung PTN itu mau dipake, dipake seberapa persen, tidak dipakai sama sekali itu kebijakan PTN dan tiap PTN berbeda-beda. Dulu waktu 2014, PTN yang ane daftarin pake 10% nilai UN begitu juga dengan PTN yang lain. CMIIW

Soal di-blacklist itu emang bener, kalau nggak daftar ulang yang kena imbas adik kelasnya. Mereka jadi nggak bisa daftar SNMPTN di PTN yang mem-blacklist sekolah mereka karena ulah kakak tingkatnya.

Quote:Original Posted By gwp17
gak enak banget abis UN masih belajar. Siapa bilang nilai UN gak jadi pertimbangan PTN?. Lewat jalur SNMPTN itu memperhatikan nilai UN. cuma lebih spesifik aja. Kalo misal ambil FK otomatis biologinya harus gede. Kalo mau Teknik ( ane Teknik Elektro) ya fisika sama mtk harus gede. Kayak temen ane pilih FK dia juara umum mulu nilai terus ningkat. tapi nilai UN biologinya 7,sekian. hasilnya apa? gak lulus snmptn. Sedangkan ane yg gak juara umum cuma juara kelas dan nilai fisika kelas 11 turun 2, nilai yg lain ningkat terus ane pilih elektro. alhamdulillah ane lulus snmptn. Jadi jgn kira nilai UN gak ngaruh buat ke PTN lewat undangan. Kalo SBMPTN (tes) yah lain cerita



Spoiler for yang setuju:

Quote:Original Posted By Heocheo
menurut ane sih makin cepat makin bagus jadwalnya
soalnya mang jadi momok buat murid tuh
banyak yang stress pas UAN
termasuk ane juga pas dulu jaman SMA

Quote:Original Posted By kevin jonathan
bagus sih, semoga penggunaan bocoran turun drastis yah dengan begini

Quote:Original Posted By F_U
Bagus dah,beruntungnya kalian yg UN utk musim 2015/2016,mmng lbh baik gitu,dipersiapkan dari awal,lain hal anak SMK yg tau kegiatannnya paska UN,lah yg SMA yg selama belajar lbh berkutat pada teori,kan lumayan dpt pengarahan hendak kemana setelah UN,krn kebnyakan anak SMA yg uda jdi "mantan" murid,msh srng doyan pamer muka ke skolah lama padahal uda gk ada kepentingan lagi

Quote:Original Posted By fadelalwi
Ane dukung kebijakan analitisnya~

Quote:Original Posted By zoei
Ane dukung kebejikan Pak Anies Waswedan
Awesome MENDIKBUD

Dulu ane UN terpaksa make cara curang seperti memakai kunci jawaban karna kawatir ini itu (UN menjadi penentu kelulusan)

seandainya jaman SMA ane dulu sama dengan peraturan UN sekarang

ane bakal main jujur

Quote:Original Posted By yudhielagi
bagus juga wacananya

Quote:Original Posted By pulpe
ya bgitu sih harusny,,,,,, memperdalam yg bakal diterapkan untuk tahap berikutny,,,,,,, kebanyakan kan cuman teori" aja,,,,,, tp ga diajarkan tahap penerapan...........

Quote:Original Posted By melekcendols
Bagus itu gan ane ngedukung banget, soalnya o2sn di smk itu biasanya mulai sebelum un di bulan maret april biasanya kelas 3 ga bsa ikut karena kepentok sama UN, kalo un februari ane yang kelas 3 nanti ane masih bisa ikut o2sn

Quote:Original Posted By mughnyyyyy
ane si secara pribadi mendukug soalnya tahun depan ane yg UN
karena ane mau mendalami materi, ane salah jurusan

Quote:Original Posted By riskifebiansyah
ane suka nih inovasi kayak gini, bener banget kalo un bukan penentu segalanya. karna banyak diluar sana orang pinter yang pas un lagi gaberuntung. maju terus pendidikan indonesia

Quote:Original Posted By azhuramouri
Jiaahh serius nih? Baguslah kalo gitu. Lebih cepat lebih baik. kudu lebih giat lagi nih harus bisa ngejar target lagi. Bismillah~ tapi gak semuanya pake ujian online kah? Masih ada yg manual pasti.

emang bakal masih ada yang manual sih tahun depan, tapi kayaknya tahun depan jumlah sekolah yang make un online meningkat deh


Spoiler for comment lainnya:

Quote:Original Posted By pamuji2014
"Selama ini yang ada kan hanya orientasi siswa baru. Sedangkan orientasi siswa yang akan lulus tidak ada," katanya.

Anies mengungkapkan bahwa hanya separo lulusan SMA sederajat yang melanjutkan kuliah. Sementara lainnya ada siswa yang ingin bekerja ikut orang atau perusahaan, berwirausaha, atau menjadi CPNS, TNI/Polri.

Nah para siswa dengan beragam pilihan setelah lulus SMA itu perlu ada pendalaman wawasan. "Waktu antara Februari sampai April itu bisa menjadi berharga," katanya.

Misalnya bagi siswa SMA yang berniat melanjutkan kuliah, maka akan dibekali matrikulasi untuk membantu kelulusan ujian masuk PTN. Sedangkan bagi siswa yang ingin bekerja, diajari cara menulis lamaran kerja, membuat CV yang menarik, hingga teknik menghadapi wawancara kerja.

Pihak sekolah juga bisa berinisiatif untuk menghadirkan alumni mereka dengan beragam profesi untuk memberikan wawasan kepada siswa yang akan lulus. Dengan cara ini, siswa tidak seolah-olah dibiarkan begitu saja mengarungi dunia nyata setelah tamat SMA.


Ķalo seperti ini cakep. Abe dulu kuliah gak tau mau ambil apa akhirnya sama senior di masukan matek padahal ane suka elektronik dan sekarang kerja di bagian design n marketing support

Quote:Original Posted By wedeeew
berita buruk untuk anak sma ama smp nih gan.. pada gk bisa valentinan berita baiknya UN hanya untuk evaluasi belajar pendidikan di indonesia, jadi gk ada yang namanya soal ujian bocor.. iyalah gan yang tau kualitas masing2 anak didiknya kan pihak sekolah. nah disitu juga bisa dilihat sekolah mana yg lebih unggul dan diperlukan integritas dari pihak sekolah, jangan melegalkan segala cara agar sekolahnya terlihat bermutu dan pada akhirnya Ujung-Ujungnya Duit

Quote:Original Posted By zeedblues
Bagusnya sih setelah UN tuh, siswa nantinya diajarkan soft skill (buat yang SMA/SMK), kan emang ga semua siswanya bakal lanjut kuliah. Peran sekolah juga menurut ane sih penting, terlebih lagi kan "katanya" cuma sampe semester ganjil doang itu kelas IX / XII tuh.

Quote:Original Posted By adi2932
kalo UN dicepetin, kan jadi banyak waktunya buat belajar SBMPTN gan
gapunya beban lagi

btw, ane baru lulus SMA dan ngerasa waktu 2bulan itu kurang buat belajar SBMPTN yang level soalnya lebih sulit dari UN

Quote:Original Posted By vinotm
ada plus minusnya sih menurut ane. plusnya itu, siswa bakal punya waktu lebih panjang buat nyiapin tes masuk perguruan tinggi (kecuali kalau tesnya dipercepat juga). minusnya, seluruh elemen yang terkait di ujian nasional (dinas pendidikan, sekolah, guru, siswa) harus menyesuaikan lagi dengan sistem baru ini. kita lihat saja nanti gimana keberjalanannya.

Quote:Original Posted By tommobagus
kalo menurut ane sih gan, apapun kebijakan dan aturan yang diambil oleh pemerintah bukan keputusan yang tidak mempertimbangkan untung dan ruginya. yang namanya kebijakan dikeluarkan, itu berguna untuk memperbaiki mutu dan kualitas. dan saran ane, sosialisasi mengenai peraturan baru ini kudu bener2, biar tau maksud dan tujuan dari perubahan seperti itu, agar para siswa tidak stres duluan dan mindsetnya semakin tidak pro dengan pemerintah yang terkesan semakin mempersulit



Quote:Original Posted By brigade.merah
Oh ya, denger denger masuk SNMPTN nilai rapor diatas 8. Lah, yang rapor pake K-13 gimana ?, wong pakai skala 1-4, yg ahli beri pencerahan tolong

nah ini nih yang masih simpang siur. beberapa waktu lalu ane nanya ke guru BK ane, kalo nilai rapornya udah skala 1-4 gimana caranya ikut SNMPTN. guru BK ane aja masih bingung, katanya lihat aja nanti apakah sistem SNMPTN tahun depan bakal beda lagi sama yang kemaren2 atau nggak. kalo sistemnya nanti masih sama, berarti nilai rapornya yang 1-4 itu bakal diubah jadi nilai biasa sama sekolahnya
biar gk ada pesta bikini lg.. abis un masi belajar
cepat amat gan.. cuma -+7 bulanan baru sekolah uda ujian,,

berarti kalo ane selesai PSG langsung ujian.
kbmnya bakal terganggu ga tuh bre?
Quote:Original Posted By boiznkloegoe
biar gk ada pesta bikini lg.. abis un masi belajar


waduh jangan sampe dah ada pesta bikini lagi
Quote:Original Posted By erwin6661
cepat amat gan.. cuma -+7 bulanan baru sekolah uda ujian,,

berarti kalo ane selesai PSG langsung ujian.

nah itu dia gan, waktu kbm jadi makin singkat
PSG apaan gan?

Quote:Original Posted By uao
kbmnya bakal terganggu ga tuh bre?

entah gan.. kalo UN-nya dimajuin kan otomatis semua kegiatan kelas 12 nanti bakal berubah. ane sendiri juga kelas 11, jadi ga tau nanti bakal kayak gimana buat kbm-nya.
Quote:Original Posted By inayram

PSG apaan gan?


Pendidikan Sistem Ganda/PrakRi(peraktek kerja industri) khusus anak smk gan, pihak sekolah mengirim siswanya untuk bekerja sambil belajar di tempat industri dalam beberapa bulan terus dikembalikan lagi di sekolah.
Quote:Original Posted By erwin6661


Pendidikan Sistem Ganda/PrakRi(peraktek kerja industri) khusus anak smk gan, pihak sekolah mengirim siswanya untuk bekerja sambil belajar di tempat industri dalam beberapa bulan terus dikembalikan lagi di sekolah.


ooh, berarti semacam PKL (praktek kerja lingkungan) gitu ya
tapi setau ane itu kelas pas kelas 11 deh
ente berarti saat ini belom prakri ya?
Quote:Original Posted By inayram



entah gan.. kalo UN-nya dimajuin kan otomatis semua kegiatan kelas 12 nanti bakal berubah. ane sendiri juga kelas 11, jadi ga tau nanti bakal kayak gimana buat kbm-nya.


Kita lihat aja nanti
Quote:Original Posted By dell19


Naah, samaan gan. Bulan Agustus nanti ane juga mulai prakerin.


bukan ane yang prakerin ane kan SMA
jadi ente prakerinnya baru agustus ya
Quote:Original Posted By inayram


ooh, berarti semacam PKL (praktek kerja lingkungan) gitu ya
tapi setau ane itu kelas pas kelas 11 deh
ente berarti saat ini belom prakri ya?


ia gan..
ane prakrinya nanti kelas XII gan, cuma beberapa minggu PBM di tahun ajaran baru.
berarti yang ada di trit ini anak SMK semua


ane SMKN 2 Kendari gan,
ente-ente dimana gan??
Quote:Original Posted By erwin6661


ia gan..
ane prakrinya nanti kelas XII gan, cuma beberapa minggu PBM di tahun ajaran baru.

berarti prakrinya sekitar agustus-september ya
ente SMK jurusan apa btw?
Quote:Original Posted By erwin6661
berarti yang ada di trit ini anak SMK semua


ane SMKN 2 Kendari gan,
ente-ente dimana gan??


TS-nya SMA lho
Quote:Original Posted By inayram


bukan ane yang prakerin ane kan SMA
jadi ente prakerinnya baru agustus ya


Aduh, maap gan ane salah ngequote, haha.
==========
Nggak gan, ane dah pernah prakerin sebelumnya. Jadi kalo di SMK ane itu prakerinnya 4 bulan. Tapi dlm pelaksanannya, dibagi jadi 2 tahap/gelombang. Pertahap berarti ada 2bln.
Tahap pertama kemarin pas awal masuk kelas 11, nah ini yang tahap kedua waktu kelas 12 semester awal
kata ny soal ny essaii yahh gan ??
Untung ane udah lulus (alumni smk)
Quote:Original Posted By dell19


Aduh, maap gan ane salah ngequote, haha.
==========
Nggak gan, ane dah pernah prakerin sebelumnya. Jadi kalo di SMK ane itu prakerinnya 4 bulan. Tapi dlm pelaksanannya, dibagi jadi 2 tahap/gelombang. Pertahap berarti ada 2bln.
Tahap pertama kemarin pas awal masuk kelas 11, nah ini yang tahap kedua waktu kelas 12 semester awal

hahaha gapapa gan

waah 2 kali ya berarti..
ente SMK jurusan apa ya? soalnya ane baru denger prakerin/prakin, taunya PKL

Quote:Original Posted By beladas27
kata ny soal ny essaii yahh gan ??

gatau gan. tapi temen2 ane ada yang bilang begitu juga sih.. semoga aja masih PG semua
Quote:Original Posted By aziz.bejrot96
Untung ane udah lulus (alumni smk)

wah orang SMK lagi
Via: Kaskus.co.id

3 komentar:

  1. Izin share ya min :) sangat membantu bagi siswa - siswi, dan paling utama untuk keluarga kami yang masih menuntut ilmu :)
    Salam EduApps.co.id

    BalasHapus
  2. praktek kerja industri (prakerin) saya juga Smkn2 tapi di palangka raya hehe

    BalasHapus
  3. Greetings! I just wanted to thank you for the published entry!
    You have helped us too much! We are glad we have found this source here.

    Visit my page::: ==>> 대구오피
    (jk)

    BalasHapus