Pages


Selasa, 26 Mei 2015

Negara-Negara Komunis yang Masih Tersisa


Quote:
Negara-Negara Komunis yang Masih Tersisa


Spoiler for HT:


Thx Min, Mod, All Kas Officer, dan Kaskuser dimana pun berada, moga trit ala kadarnya ini sedikit bermanfaat, sekali lg terimakasih


Quote:
Selamat Pagi/Siang/Malam,
Semoga Agan-agan selalu sehat, bahagia dan mudah rejeki.

Quote:
Ane share trit tentang Negara Komunis yang masih ada sekarang. Hal ini cukup menarik menurut ane, karena sejak runtuhnya Uni Soviet negara penganut faham komunis ini semakin berkurang.

Ide trit muncul dari diskusi ane di bpln, membahas kemajuan RRT, dimana ane berpendapat peningkatan kemakmuran rakyat RRT akan berhadapan dengan faham komunis nya, dasar alasan ane teori maslow. Sedangkan agan kawan diskusi ane berpendapat, Apapun sistem nya tergantung manusia yang menjalankan nya dan di RRT komunis merupakan hal yang cocok, berdasarkan sejarah masa lalunya.

Ane tidak membawa diskusi bpln disini, ane juga tidak mencari pembenaran dari pendapat ane. silahkan komeng santai ala lonje, berbeda pendapat itu biasa, bagaimana menyikapi beda pendapat itu ukuran kedewasaan. trit ini santai sekedar share moga bisa sedikit menambah wawasan.


Quote:Negara komunis adalah istilah politik yang digunakan untuk mendeskripsikan bentuk pemerintahan suatu negara yang menganut sistem satu partai dan mendeklarasikan kesetiaan kepada komunisme (Marxisme, Leninisme, atau Maoisme). Negara komunis yang masih ada hingga kini adalah :

1. Republik Rakyat Tiongkok
2. Transnistia
3. Kuba
4. Korea Utara
5. Laos
6. Vietnam





Quote:
Quote:
Republik Rakyat Tiongkok


Quote:Republik Rakyat Cina (RRC) adalah sebuah negara komunis yang terdiri dari hampir seluruh wilayah kebudayaan, sejarah, dan geografis. Sejak didirikan pada 1949, RRC telah dipimpin oleh Partai Komunis China (PKC).

Sebagai negara komunis, kebanyakan ekonomi republik ini telah diswastakan sejak tiga dasawarsa yang lalu. Walau bagaimanapun, pemerintah masih mengawasi ekonomi secara politik terutama dengan perusahaan-perusahaan milik pemerintah dan sektor perbankan. Secara politik, dia masih tetap menjadi pemerintahan satu partai.

Dengan penduduk terbanyak di dunia, yakni melebihi 1,3 miliar jiwa, mayoritas merupakan bersuku bangsa Han. Selain itu, China Daratan merupakan istilah yang digunakan untuk merujuk kepada kawasan di bawah pemerintahan RRC dan tidak termasuk kawasan administrasi khusus Hong Kong dan Makau. RRC juga dijuluki sebagai 'China Merah' bagai kawasan yang sama, terutama oleh musuhnya di Barat, dengan merujuk kepada warna merah yang merupakan lambang komunis.


Mao Zedong mendeklarasikan Republik Rakyat Tiongkok pada tahun 1949

Quote:Pemerintah RRT dikawal oleh Partai Komunis Tiongkok (PKT) dan pemimpin negara dipilih langsung oleh Partai melalui Kongres. Walaupun terdapat sedikit-banyak gerakan ke arah liberalisasi, seperti pemilihan umum yang sekarang diadakan di tingkat desa dan sebagian badan perwakilan, partai ini terus memiliki mengawasi, terutama atas pemilihan jabatan-jabatan pemerintahan. Walaupun negara menggunakan cara otokratis untuk mengusir elemen-elemen penentangan terhadap pemerintahannya, pada masa yang sama pemerintah juga mencoba mengurangi penentangan dengan memajukan ekonomi, membenarkan tunjuk perasaan pribadi, dan melayani para penentang yang dianggap tidak berbahaya terhadap pemerintah secara lebih adil.



Spoiler for :










Quote:Quote:
Transnistria



Quote:Transnistria, juga disebut Transdniestria atau Trans-Dniester (bahasa Rusia: Приднестровье, Pridn'estrov'ye; bahasa Rumania: Transnistria), adalah sebuah entitas politik yang memisahkan diri dari Moldova. Transnistria terletak di antara Moldova dan Ukraina di Eropa Timur. Nama "Transnistria" terinspirasi dari letaknya di sebelah timur sungai Dniester (Nistru).

Dunia internasional memandang wilayah Transnistria sebagai bagian dari Moldova, yang dahulunya merupakan bagian dari SSR Moldavia. Pada tahun 1990, Transnistria memproklamasikan kemerdekaannya dengan nama resmi Pridnestrovskaia Moldavskaia Respublika, dengan Tiraspol sebagai ibu kota. Menurut data resmi, penduduk Transnistria terdiri dari beraneka ragam etnis. Etnis terbesar ialah Rumania (40%).





Spoiler for :







Quote:
Quote:Kuba

Quote:
Republik Kuba terdiri atas Pulau Kuba, Pulau Pemuda dan beberapa pulau kecil di sekitarnya. Kuba sendiri konon berasal dari sebuah kata dalam bahasa Taino, Cubanacan.

Dibanding Indonesia, luas Kuba masih lebih kecil dari Pulau Jawa. Namun, Kuba merupakan penghasil gula terbesar di dunia setelah Brasil. Meskipun gula merupakan penghasil utama dengan 85 persen.


Fidel Castro

Monumen Che Guevara

Konstitusi Kuba menyatakan bahwa, "Partai Komunis Kuba... adalah kekuatan pembimbing utama masyarakat dan negara". Para anggota Partai Komunis Kuba dipilih partai dalam proses yang ketat yang mencakup wawancara dengan rekan kerja dan para tetangga. Mereka yang terpilih dianggap sebagai warga negara teladan karena dipandang sebagai pendukung kuat revolusi. Partai juga membuat rekomendasi mengenai pembangunan masa depan revolusi, dan mengkritik kecenderungan-kecenderungan yang dianggap kontra-revolusioner. Partai ini mempunyai pengaruh yang relatif luas di Kuba, namun otoritasnya lebih bersifat moral, bukan legal. Partai Komunis Kuba adalah satu-satunya partai politik yang legal; partai lain tidak diizinkan berdiri.



Spoiler for :







Quote:
Quote:Korea Utara


Quote:Republik Demokratik Rakyat Korea merupakan sebuah negara di Asia Timur, yang meliputi sebagian utara Semenanjung Korea. Ibu kota dan kota terbesarnya adalah Pyongyang.

Setelah kekalahan Jepang pada Perang Dunia II, Korea dibagi menjadi wilayah pendudukan Soviet dan Amerika Serikat. Korea Utara menolak ikut serta dalam pemilihan umum diawasi PBB yang diselenggarakan di selatan pada 1948, mengarah kepada pembentukan dua pemerintahan Korea yang terpisah oleh zone demiliterisasi.

Selain itu, Korea Utara juga termasuk dalam negara satu partai di bawah front penyatuan yang dipimpin oleh Partai Buruh Korea. Pemerintahan negara mengikuti ideologi Juche, yang digagas oleh Kim Il-sung, mantan pemimpin negara ini. Juche menjadi ideologi resmi negara ketika negara ini mengadopsi konstitusi baru pada 1972.




Spoiler for :









Quote:
Quote:Laos

Quote:
Republik Demokratik Rakyat Laos adalah negara yang terkurung daratan di Asia Tenggara, berbatasan dengan Myanmar dan Republik Rakyat Tiongkok di sebelah barat laut, Vietnam di timur, Kamboja di selatan, dan Thailand di sebelah barat. Dari abad ke-14 hingga abad ke-18, negara ini disebut Lan Xang atau "Negeri Seribu Gajah".


Patuxay dibangun tahun 1960 untuk merayakan kemerdekaan Laos

Quote:Satu-satunya partai politik yang diakui di Laos adalah Partai Revolusioner Rakyat Laos (LPRP). Kepala negara adalah seorang presiden yang ditentukan oleh parlemen untuk masa jabatan 5 tahun. Kepala pemerintahan adalah seorang perdana menteri yang ditunjuk oleh presiden dengan persetujuan dari parlemen. Kebijakan pemerintahan ditentukan oleh partai melalui 9 anggota yang sangat berkuasa Politbiro dan 49 anggota Komite Pusat. Keputusan pemerintah yang penting ditentukan Dewan Menteri.

Jalan utama Ibukota Vientiane


Spoiler for :







Quote:Quote:
Vietnam


Quote:Vietnam merupakan negara paling timur di Semenanjung Indochina di Asia Tenggara. Vietnam berbatasan dengan Republik Rakyat China di sebelah utara, Laos di sebelah barat laut, Kamboja di sebelah barat daya dan di sebelah timur terbentang Laut China Selatan.




Republik Sosialis Vietnam adalah sebuah negara partai tunggal. Sebuah konstitusi baru disahkan pada April 1992 menggantikan versi 1975. Peran utama terdahulu partai Komunis disertakan kembali dalam semua organ-organ pemerintah, politik dan masyarakat. Hanya organisasi politik yang bekerjasama atau didukung oleh Partai Komunis diperbolehkan ikut dalam pemilihan umum. Ini meliputi Barisan Tanah Air Vietnam (Vietnamese Fatherland Front), partai serikat pedagang dan pekerja. Meskipun negara tetap secara resmi berjanji kepada sosialisme sebagai doktrinnya, makna ideologi tersebut telah berkurang secara besar sejak tahun 1990-an.



Spoiler for :







Quote:
Beberapa contoh negara komunis yang pernah ada adalah:

Uni Soviet (1922-1991)
Jerman Timur (1949-1990)
Republik Rakyat Hongaria (1949-1989)
Republik Rakyat Bulgaria (1946-1990)
Republik Rakyat Polandia (1944-1989)
Republik Sosialis Rumania (1947-1989)
Republik Sosialis Rakyat Albania (1944-1992)
Republik Federal Sosialis Yugoslavia (1943-1992)
Republik Sosialis Cekoslowakia (1948-1989)
Republik Rakyat Angola (1975–1992)
Republik Rakyat Benin (1972–1990)
Republik Rakyat Kongo (1970–1992)
Republik Demokratik Rakyat Ethiopia (1987-1991) dan Derg (1974-1987)
Republik Rakyat Mozambik (1975–1990)
Yaman Selatan(1969–1990)
Republik Demokratik Afganistan (1978–1992)
Republik Rakyat Kamboja (1979-1989) dan Republik Demokratik Kamboja (1975-1979).

Negara komunis juga ada yang diberi beberapa gelar , seperti republik rakyat , republik demokratik ,negara soaialis ,dll.



Negara Komunis  (id.wikipedia.org)
Ini negara-negara yang masih menganut paham komuni  (www.merdeka.com)



Spoiler for Ingat2:







tiongkok sampe skr masih berdiri dengan gagah gan
pertamax di amankan

Komeng Agan2 di page belakang banyak yang menarik, maaf ga bisa taruh dimari semuanya, ga muat lahanya bro

Spoiler for :

Quote:Original Posted By liebstdumich
Imho, paham komunis ga akan bertahan karena tidak ada 1 pun ideologi yang mampu mengendalikan rasa serakah manusia.

Prinsip kesetaraan yang mereka anut ga akan sanggup membuat rakyat puas. Disaar si malas dan si rajin tetap dapat jatah makan yang sama.
Cmiiw

Quote:Original Posted By AchileZzz
coba RRC bukan komunis kayak taiwan.. mungkin jadi negara maju kyk taiwan skrg..

Quote:Original Posted By sudwikatmono
Dulu Indonesia kan "hampir komunis" juga, gan.

Quote:Original Posted By lefgrin
Malah ane benci sama negara negara Kapitalis gan, kalo sama Komunis ane masih respect, karena mereka berjuang dgn sekuat tenaga membangung politik, ekonomi, militer dll tanpa bantuan negara asing.

Quote:Original Posted By flanker.eagle
Yeah, red army, i like it

Btw Russia masa gak masuk?

Quote:Original Posted By junoon
kalo boleh nambahin dikit...

sejak beberapa tahun yg lalu, Korea Utara gak mau lagi disebut sebagai negara komunis... ideologi mereka adalah "Juche" atau bisa diterjemahkan sebagai berdikari, mandiri... dasar2nya memang dari sosialisme dan komunisme, tapi ada beberapa yg bertentangan, contohnya komunisme melarang penyembahan kepada sosok2 tertentu, termasuk Tuhan, sedangkan Juche justru menjadi seperti agama dgn Kim Il-Sung sebagai tuhannya...

kemudian Transnistria adalah negara yg eksistensinya hanya diakui oleh Rusia, sedangkan negara2 lainnya termasuk PBB menyatakan Transnistria masih bagian dari Moldova...

Quote:Original Posted By secondcrimson


gw sedikit bantu jelasin ya bro. Pada intinya ada satu kalimat dalam buku Karl Marx, "agama adalah candu masyarakat" dalam artian sebenarnya bukan selalu anti agama tp anti organisasi keagamaan. Hasil pemikiran ini pun berkaca dari dominasi gereja katolik roma (vatikan) pada abad pertengahan. Dimana mereka mampu memicu Perang Salib dengan dalih melindungi peziarah. Dengan mengatasnamakan Tuhan mereka merasa berhak melakukan apa saja. Termasuk meminta pasukan kepada kerajaan2 sekelilingnya untuk dikirim ke TimTeng.

Nah contohnya di Indo khususnya Jakarta udah pada tau kan sapa? Tanpa sebut merk. Hahaha.

Nah kalo thn 1965 itu apakah semua anggota PKI itu ga punya agama? Punya lho. Yagitulah sejarah memang tertutup rapat2 oleh pemenang.

Quote:Original Posted By aemtemite
negara2 komunis sekarang mandul banget ya...
gak keliatan lagi pengejawantahan rules of its ideology.

sosialisme utopis sih ya.
malah pencar sama sempadan nasionalisme

tapi mungkin mereka bakal ikut nimbrung lagi saat perang dunia ketiga yg akan datang.

Quote:Original Posted By secondcrimson


Iyalah gan. Karena paham liberal kapitalis menganut prinsip dasar manusia dan hukum alam. "Yang kuat bertahan, yang lemah menyingkir"

Gw sih ogah misalnya gw kerja ngos2an tp ujung2nya disamain sama yg ga kerja

Quote:Original Posted By cockatoo.quill
emang lu kira tukang becak dipinggir jalan gak rajin, ato tukang sampah yang ngorek2 sampah tiap hari cuma ongkang-ongkang kaki?
dan elu gak sadar bahwa sistem yang dianut sekarang membiarkan orang-orang malas menjadikan hal-hal yang gak penting menjadi komoditas? industri percintaaan, industri kesehatan, emang tujuan awalnya emang membuat hidup orang bakal lebih baik atau sehat? enggak juga kan?

Quote:Original Posted By angky81
Korut paling ekstrim....

Btw, kenapa china bs maju meskipun komunis..??

Paling hebat diantara yg negara komunis yg lain?

Quote:Original Posted By bramhiphip
ane malah g suka komunis gan, kalau komunis berkuasa bisa2 kita g bs demo, g bs teriak2, isi media itu2 aja, g ada kebebasan bekreasi, g ada sosmed , gak transparan jg, pokoknya lbh takut komunis

Quote:Original Posted By JavierFarizi


Komunis itu ideologi bro, sebenernya ga ada hubungannya sama agama. Komunis hanya melarang organisasi keagamaan karena seringkali dipake kaum borjuis untuk menindas kaum buruh, istilahnya.. dieksploitasi sm si kaya cuma ngangguk2 aja ikhlas. Dah ane jelasin tuh

nah yg ane bold bener nih


Quote:Original Posted By fitrah240897
KORUT negara yg paling nantang pergerakan pbb

Quote:Original Posted By Silvvvyy
kalo udh bawa bawa komunis kok serem ya gan

Quote:Original Posted By afrian77
Musuhnya mamarika semua tuh kecuali laos

Quote:Original Posted By omhilmirf
Ternyata vietnam dan laos
btw di kampung ane di jawa tengah, paham komunis masih terasa kental disana

Quote:Original Posted By nebulaindex
Malah sekarang negara komunis kebanyakan di Asia. China yg paling maju tuh, sementara negara komunis lainya masih jalan ditempat.

Quote:Original Posted By bramhiphip
was bahaya laten komunis

Quote:Original Posted By themamanboy
masih ragu dgn pendapat berita mainstream kalo komunis itu tidak beragama , kalo ada yg pernah baca buku tentang Tan Malaka mungkin tau siapa tan malaka dia yg disebut sbg otak dr kemerdekaan tp kematiannya oleh bangsa sendiri , kalo blum ada yg tau kebangetan berarti ente masih ditipu oleh kaum dulu , tan malaka itu komunis sedangkan di bio nya beliau dr keluarga muslim yg taat , dan khatam quran berapa kali , nah ane complicated knp komunis dilarang ? pdhl bukankah komunis itu penyetaraan kaum , atau jgn jgn parah pahlawan yg kontra itu pro kapitalis dan ingin memperkaya diri sendiri ? disini ane complicated ane blum dapet bener bener buku asli karl max atau tentang komunis , oya bnyk yg kontra komunis ktnya komunis tidak beragama , tp yg negara kontra komunis bnyk jg yg gak beragama nah loh


Quote:Original Posted By eWiNz
Tiongkok negara komunis paling maju, Korut Negara Komunis dgn Nuklirnya, dunia tetap aja segan ma mereka gan.

Quote:Original Posted By karazy
bukti klo sistem komunis itu lemah ato kurang baik......tpi tetep gk suka klo blok barat yg menang...klo soviet msh ada kyk na ampe skrg msh perang dingin dah....gk ada negara yg bner2 berani lawan amrik skrg..walau ada jga kyk cina tpi lum ada perlawanan na

Quote:Original Posted By lamabeneraja
Itu korut presidennya abadi ? 😆😆 dianggap Tuhan jg kan ya gan ?

Quote:Original Posted By kachu3008
china maju, kuba paling adem kayanya... komunis yg bermutu ga ky negara lainnya, kuba sampe export dokter.

Quote:Original Posted By norrista
semoga aja negara2 tersebut memiliki jiwa kemanusiaan tinggi

Quote:Original Posted By sarfogi
Semoga indonesia gk jd negara komunis bg agan

Quote:Original Posted By djinggo88
Pesan semua guru sejarah ane dri SD sampai SMA

= bukan komunis yang harus ditakuti oleh indonesia , tapi kemiskinan . Karena kemiskinan adalah pintu gerbang dari semua hal yang akan merusak negara ( sistemnya , ideologinya , semuanya )

Quote:Original Posted By alex.delarge


jangankan korup, maen kaskus aja bisa di penggal..

gieh pergi ke sana


Quote:Original Posted By chytoplasm
untung PKI sudah dimusnahkan dari Indonesia, coba klo sekarang masih berdiri, dan mengambilalih kekuasaan MPR & DPR

bisa berabe kita

#bersyukurjadinegarademokrasi

Quote:Original Posted By andrireznor
"Bagi negara amerika serikat, komunis adalah musuh utama demokrasi."



Paling terkenal china sama vietnam
Quote:Original Posted By sorondo
pertamax di amankan


Pertamax habis gan,untung indonesia gak termasuk negara komunis
Quote:Original Posted By tokomapan
tiongkok sampe skr masih berdiri dengan gagah gan


cepet banget bro

btw thx
emang tinggal segitu ya gan? dikit amat
palestine juga termasuk komunis
gan menurut agan yg paling kejam apa?

tiongkok , kuba , apa korut
itu tuh cina sama korut
Quote:Original Posted By tokomapan
tiongkok sampe skr masih berdiri dengan gagah gan


Menjadi salah satu negara terkuat di bidang ekonomi dan militer di dunia

Quote:Original Posted By azkalscrazy
Paling terkenal china sama vietnam


kuba dan korut gmn gan ?

Quote:Original Posted By zedaefide


Pertamax habis gan,untung indonesia gak termasuk negara komunis


pertamax ga ada jual ketengan, cepat habis

Quote:Original Posted By abangijokuning
emang tinggal segitu ya gan? dikit amat


cukup segitu

Quote:Original Posted By conormcgregor
gan menurut agan yg paling kejam apa?

tiongkok , kuba , apa korut


lebih kejam ibukota jakarta gan

Quote:Original Posted By denniaplle
itu tuh cina sama korut


dua negara dengan persenjataan nuklir

Korut negara kecil tapi paling berbahaya
Ninggalin jejak dulu gan.
Sekarang mah lmyn damai
dulu banyak juga negara yang pernah menganut sistem ini
Quote:Original Posted By jamol
Korut negara kecil tapi paling berbahaya


mereka menguasai teknologi senjata nuklir

Quote:Original Posted By as.ols
Ninggalin jejak dulu gan.


siip

Quote:Original Posted By azkhaz
Sekarang mah lmyn damai


bisa dibilang begitu setelah uni soviet runtuh, reda perang dingin

mending komunis gan...ada yang korup langsung di penggal
Quote:Original Posted By NIRVANA..
mending komunis gan...ada yang korup langsung di penggal


kalo korup ga korup main penggal gimana ceritanya tuh
Quote:Original Posted By fjb
dulu banyak juga negara yang pernah menganut sistem ini


Setelah Uni Soviet runtuh, penyebaran pengaruh komunis berkurang.
Soviet runtuh negara negara satelitnya juga ikut runtuh terutama di eropa timur efek domino...
Via: Kaskus.co.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar