Pages


Kamis, 28 Mei 2015

Penyaringan Air: Cara Mendapatkan Air Bersih dengan Benar

  (www.kaskus.co.id)

Quote:Penyaringan Air: Cara Mendapatkan Air Bersih dengan Benar

Banyak bahaya tersembunyi pada sistem air keran. Meskipun tidak perlu terlalu mengkhawatirkannya, air keran/ ledeng merupakan subjek yang harus kita pertimbangkan. Salah satu solusi termudah untuk keselamatan air keran adalah dengan menyaring air. Selain itu, meminum air keran yang disaring dapat mengurangi sejumlah besar limbah yang tidak perlu, sebagaimana yang kita ketahui - botol air mineral terus menyesaki planet kita.



Filter air reverse osmosis

Quote:Keselamatan

Mengacu ke USA, perlindugan terhadap air publik di negara Paman Sam ini mencakup:
  • Pemberitahuan kepada publik mengenai risiko darurat kontaminan kesehatan langsung.

  • Laporan keyakinan konsumen tahunan terhadap kontaminan.

  • Kemitraan negara-daerah dalam hal penegakan peraturan.

  • Disinfeksi pasokan air permukaan.

  • Perlindungan air bawah tanah.

  • Dana upgrade sistem air.

  • Penilaian kerentanan lanjutan.


Quote:Kontaminan Air

Banyak kontaminan yang dapat menembus sistem penyaringan, namun sebagian besar tidak dianggap hal yang mengancam kehidupan dengan segera. Akumulasi seumur hidup kontaminan ini merupakan cerita lain. Ada dua jenis kontaminan, alamiah dan sebab manusia.


Quote:Alamiah

Termasuk diantaranya adalah mikroorganisme dari tanah dan satwa liar, nitrit dan nitrat yang berasal dari tanah, dan kadmium, arsenik, krom, timah, dan selenium, logam berat yang larut dari batuan bawah tanah.


Quote:Sebab Manusia

Pupuk dan pestisida, limbah industri, logam berat dari pertambangan dan konstruksi, kotoran manusia dan hewan dari septic tank dan pertanian, limbah rumah tangga termasuk diantaranya tembaga, timah, oli motor, cat, produk pembersih dan bahkan residu dari obat resep.


Banyak kontaminan ini yang disaring atau diolah di perusahaan air minum sebelum mereka dialirkan ke gelas Anda. Namun, jumlah jejak dan polutan ini masih dapat ditemukan. Menurut teori, dan dalam beberapa kasus yang telah didokumentasi, akumulasi minum air keran dapat menyebabkan masalah pada pencernaan dan juga tantangan yang lebih serius seperti gangguan perilaku.


Quote:Menggunakan Penyaring Air

Minum air keran masih menyenangkan dan jauh lebih murah daripada air kemasan sekali pakai, bilamana sudah di saring dengan baik. Ada berbagai macam pilihan penyaring air di berbagai tingkatan harga yang berbeda. Yang paling mahal adalah penyaring air portabel, seperti botol air dengan filter mini di tutupnya atau unit kontainer di kulkas. Anda bisa pula memilih unit plastik atau stainlessteel di bawah meja, hidroponic de-chlorinator atau unit reverse osmosis.


Quote:Apapun yang Anda pilih akan jauh lebih baik daripada langsung mengambil dari air keran atau memilih minuman galon bermerek yang boros uang.

Filter air merupakan sumber daya yang berharga, jadi gunakan sebaik mungkin.



Quote:Manfaat dan Kegunaan Menyaring Air

Sebagian besar dari kita cukup beruntung memiliki akses mudah ke air yang telah diolah, tetapi apakah air yang berasal dari keran kita benar-benar aman? Pasokan air kita lebih kotor dari sebelumnya karena kontaminasi dari bahan kimia pertanian, industri, produk pembersih rumah tangga, dan limpasan dari tempat pembuangan sampah.

Jadi meskipun teknik pengolahan air modern telah melakukan banyak hal untuk menghilangkan kontaminan, masih ada bahan kimia dan organisme yang dapat menyelinap melalui fasilitas pengolahan air dan masuk ke rumah Anda.


Quote:Kontaminan yang umum dalam air keran

Quote:Timbal

Spoiler for timbal:


Timbal adalah logam berat yang dikenal menyebabkan berbagai masalah kesehatan, terutama mempengaruhi sistem otak dan saraf. Timbal sangat berbahaya bagi anak-anak karena dapat mengganggu perkembangan dan menyebabkan ketidakmampuan belajar. Kebanyakan timbal memasuki pasokan air setelah air meninggalkan fasilitas pengolahan - sumber utama kontaminasi timbal adalah perpipaan seperti pipa dan keran, meskipun timbal juga dapat bocor ke air tanah secara alami.


Quote:Klorin

Spoiler for klorin atau kaporit:


Klorin ditambahkan ke air minum untuk membunuh penyakit yang terbawa air, tetapi karena klorin begitu reaktif, kandungan ini dapat menyebabkan terbentuknya bahan kimia berbahaya baru ke dalam air (dikenal sebagai produk samping desinfektan). Ketika klorin bercampur dengan sampah organik dalam air, proses ini menciptakan trihalomethanes (THMs), yang dianggap sebagai salah satu alasan bahwa air yang mengandung klor dikaitkan dengan kanker kandung kemih dan rektum serta masalah reproduksi pada wanita.


Quote:Giardia dan Cryptosporidium

Spoiler for cryptosporidium:

Cryptosporidium


Giardia dan Cryptosporidium adalah parasit yang ditularkan melalui air yang menyebabkan penyakit pencernaan yang gejalanya termasuk diare, kembung, mual, dan kram perut. Orang sehat biasanya akan menetralisir infeksi mereka sendiri dalam satu atau dua minggu, tetapi parasit bisa sangat berbahaya bagi orang dengan sistem kekebalan yang lemah. Cryptosporidium resisten terhadap banyak metode pengolahan air yang umum, dan sulit untuk diuji.


Quote:Phthalates

Spoiler for Phthalates :


Phthalates merupakan bahan kimia yang ditambahkan ke plastik untuk meningkatkan fleksibilitas dan daya tahan, yang dapat larut dari produk plastik ke dalam makanan dan air. Meskipun sebagian paparan phthalates berasal dari makanan, senyawa ini dapat larut ke dalam pasokan air melalui pipa PVC. Phthalates mengganggu endokrin, yang telah dikaitkan dengan perubahan tingkat hormon dan insulin dalam percobaan laboratorium.


Quote:Fluoride

Spoiler for Fluoride :


Fluoride biasa ditambahkan ke pasokan air minum sebagai cara untuk mencegah gigi berlubang dan kerusakan gigi (satu-satunya bahan kimia yang ditambahkan ke dalam air semata-mata untuk tujuan pengobatan medis dan bukan untuk meningkatkan kualitas air). Ada kontroversi atas seberapa efektif air minum fluoride dalam meningkatkan kesehatan gigi serta kekhawatiran tentang keamanannya. Studi telah menghubungkan asupan fluoride tinggi dengan masalah kadar hormon, kepadatan tulang, dan fungsi otak.



Quote:Bagaimana saya bisa memastikan bahwa air saya sudah bersih?

Cara terbaik untuk menjamin keamanan air yang Anda gunakan adalah dengan menyaringnya di rumah. Anda dapat memasang filter pada wastafel yang akan menghilangkan kontaminan yang tercantum di atas, dan Anda juga dapat menggunakan keran shower dan wastafel yang secara khusus akan menghilangkan klorin dan timbal. Jika Anda menginginkan sesuatu yang sedikit lebih mudah, cari teko dan botol air dengan filter built-in untuk menjaga air minum Anda tetap bersih.


Quote:Cara Menyaring Air di Rumah

Berkat metode pengolahan air modern, banyak dari kita yang dapat menghidupkan keran, mencuci, atau menikmati kesegaran air di kamar mandi tanpa khawatir tentang dari mana air kita berasal.

Namun air yang datang ke rumah kami tidak selalu pasti bersih - masih ada bahan kimia yang tidak diolah oleh metode pengolahan air modern. Untungnya, ada sejumlah sistem filtrasi yang mudah digunakan, yang dapat menjaga pasokan air di rumah Anda tetap aman dan bersih. Berikut adalah panduan untuk jenis penyaring yang paling umum untuk di rumah guna membantu Anda memutuskan filter yang sesuai untuk kebutuhan Anda.


Quote:Reverse Osmosis

Spoiler for reverse osmosis:


filter reverse osmosis bergantung pada tekanan untuk mendorong air melalui membran penyaringan. Setiap partikel yang lebih besar daripada air, termasuk garam dan unsur-unsur seperti timah dan fluoride, akan tertinggal. Filter reverse osmosis tidak akan menghilangkan radon atau beberapa senyawa organik seperti VOC. Beberapa hal lainnya yang perlu diketahui tentang sistem reverse osmosis:
  • Sebagian besar sistem reverse osmosis menggunakan film composite membrane (TFC) atau cellulose triacetate membrane (CTA). Filter TFC lebih efektif daripada filter CTA tetapi lebih mahal.

  • TFC membran mudah rusak oleh klorin, jadi, penting bagi setiap sistem reverse osmosis untuk menyertakan filter karbon yang menghilangkan klorin sebelum mencapai membran ini.

  • Tergantung pada penggunaan, filter perlu diganti setiap beberapa tahun.

  • Sistem reverse osmosis biasanya akan memerlukan perubahan pada sistem perpipaan.


Quote:Filter karbon

Spoiler for karbon aktif:

Filter air karbon aktif


karbon aktif digunakan untuk menciptakan jutaan pori-pori kecil di permukaannya, yang bertindak seperti magnet kimia bagi kontaminan seperti pestisida, klorin, radon, dan molekul organik seperti VOC. Filter ini tidak menghilangkan unsur-unsur seperti fluoride atau timbal.
  • Filter karbon terdiri dari dua macam: granular activated charcoal (GAC) dan powdered block carbon. Direkomendasikan untuk menggunakan sistem dengan filter blok karena mereka lebih efektif dalam menghilangkan bahan pencemar.

  • Filter karbon perlu waktu untuk bekerja, jadi semakin lama Anda membiarkan air kontak dengan filter, semakin bersih air yang akan Anda dapatkan.

  • Filter karbon perlu diganti. Masa pakai filter Anda akan tergantung pada ukuran dan jumlah penggunaan, tetapi, penting bagi Anda untuk mengikuti jadwal penggantian dengan segera untuk menghindari kontaminan masuk kembali ke air Anda.



Quote:Distilasi

Spoiler for distilasi:


Sistem distilasi bekerja dengan mendidihkan air dan kemudian menangkap uap. Material yang titik-didihnya lebih rendah daripada air akan tertinggal sehingga ketika uap didinginkan kembali, air tersebut telah bebas dari unsur-unsur seperti timbal dan merkuri. Suhu yang tinggi juga akan membunuh bakteri dan virus, tetapi distilasi tidak akan menghilangkan klorin atau molekul organik seperti VOC.
  • Kebanyakan sistem distilasi tidak terintegrasi dengan pipa rumah dan dirancang sebagai unit tersendiri di meja.

  • Pemanasan air membutuhkan energi, dan sistem distilasi juga membuat lebih banyak air terbuang dibandingkan sistem filtrasi lainnya.



Quote:Kinetic Degradation Fluxion (KDF-55)

Spoiler for KDF-55:



KDF-55 adalah substansi yang bereaksi secara kimia dengan kontaminan dalam air untuk menjadikan mereka tidak berbahaya. Sebagai contoh, logam berat seperti timbal, besi, dan merkuri mengikat padanya dan dikeluarkan dari air, sedangkan klorin diubah menjadi garam klorin yang tidak berbahaya. KDF-55 ini paling sering ditemukan di shower deklrorinasi dan filter air taman.


Quote:Lampu UV

Spoiler for Lampu UV:


lampu UV dapat ditambahkan ke sistem penyaringan air untuk membunuh bakteri, virus, dan kontaminan biologis lainnya.

Hal yang umum untuk sistem penyaringan air rumahan bila menggabungkan beberapa teknologi di atas untuk memastikan dapat menghilangkan kontaminan sebanyak mungkin. Kami merekomendasikan unit reverse osmosis yang juga menggunakan filter blok karbon. Atau, jika Anda mencari yang lebih mudah untuk diinstal, cobalah filter karbon aktif untuk di meja.


Quote:Sumber: 1  (www.indoenergi.com) | 2  (www.indoenergi.com) | 3  (www.indoenergi.com)

Sumber Gambar: Google.com  (www.google.com)
Kumpulan Teknik Penyaringan Air Sederhana

Air merupakan sumber bagi kehidupan. Sering kita mendengar bumi disebut sebagai planet biru, karena air menutupi 3/4 permukaan bumi. Tetapi tidak jarang pula kita mengalami kesulitan mendapatkan air bersih, terutama saat musim kemarau disaat air umur mulai berubah warna atau berbau. Ironis memang, tapi itulah kenyataannya. Yang pasti kita harus selalu optimis. Sekalipun air sumur atau sumber air lainnya yang kita miliki mulai menjadi keruh, kotor ataupun berbau, selama kuantitasnya masih banyak kita masih dapat berupaya merubah/menjernihkan air keruh/kotor tersebut menjadi air bersih yang layak pakai.

Ada berbagai macam cara sederhana yang dapat kita gunakan untuk mendapatkan air bersih , dan cara yang paling mudah dan paling umum digunakan adalah dengan membuat saringan air, dan bagi kita mungkin yang paling tepat adalah membuat penjernih air atau saringan air sederhana. Perlu diperhatikan, bahwa air bersih yang dihasilkan dari proses penyaringan air secara sederhana tersebut tidak dapat menghilangkan sepenuhnya garam yang terlarut di dalam air. Gunakan *destilasi sederhana* untuk menghasilkan air yang tidak mengandung garam. Saran saya, sebelum anda membeli alat / mesin penjernih air yang harganya ratusan ribu sampai jutaan rupiah, anda mencoba terlebih dahulu beberapa alternatif cara sederhana dan mudah guna mendapatkan air bersih dengan cara mempergunakan filter air / penyaringan air :

Quote: *1. Saringan Kain Katun.*



Pembuatan saringan air dengan menggunakan kain katun merupakan teknik penyaringan yang paling sederhana / mudah. Air keruh disaring dengan menggunakan kain katun yang bersih. Saringan ini dapat membersihkan air dari kotoran dan organisme kecil yang ada dalam air keruh. Air hasil saringan tergantung pada ketebalan dan kerapatan kain yang digunakan.


Quote: *2. Saringan Kapas*



Teknik saringan air ini dapat memberikan hasil yang lebih baik dari teknik sebelumnya. Seperti halnya penyaringan dengan kain katun, penyaringan dengan kapas juga dapat membersihkan air dari kotoran dan organisme kecil yang ada dalam air keruh. Hasil saringan juga tergantung pada ketebalan dan kerapatan kapas yang digunakan.


Quote: *3. Aerasi*



Aerasi merupakan proses penjernihan dengan cara mengisikan oksigen ke dalam air. Dengan diisikannya oksigen ke dalam air maka zat-zat seperti karbon dioksida serta hidrogen sulfida dan metana yang mempengaruhi rasa dan bau dari air dapat dikurangi atau dihilangkan. Selain itu partikel mineral yang terlarut dalam air seperti besi dan mangan akan teroksidasi dan secara cepat akan membentuk lapisan endapan yang nantinya dapat dihilangkan melalui proses sedimentasi atau filtrasi.



Quote: *4. Saringan Pasir Lambat (SPL)*



Saringan pasir lambat merupakan saringan air yang dibuat dengan menggunakan lapisan pasir pada bagian atas dan kerikil pada bagian bawah. Air bersih didapatkan dengan jalan menyaring air baku melewati lapisan pasir terlebih dahulu baru kemudian melewati lapisan kerikil. Untuk keterangan lebih lanjut dapat temukan pada artikel Saringan Pasir Lambat (SPL).



Quote: *5. Saringan Pasir Cepat (SPC)*



Saringan pasir cepat seperti halnya saringan pasir lambat, terdiri atas lapisan pasir pada bagian atas dan kerikil pada bagian bawah. Tetapi arah penyaringan air terbalik bila dibandingkan dengan Saringan Pasir Lambat, yakni dari bawah ke atas (up flow). Air bersih didapatkan dengan jalan menyaring air baku melewati lapisan kerikil terlebih dahulu baru kemudian melewati lapisan pasir. Untuk keterangan lebih lanjut dapat temukan pada artikel Saringan Pasir Cepat (SPC).



Quote: *6. Gravity-Fed Filtering System*



Gravity-Fed Filtering System merupakan gabungan dari Saringan Pasir Cepat(SPC) dan Saringan Pasir Lambat(SPL). Air bersih dihasilkan melalui dua tahap.

Pertama-tama air disaring menggunakan Saringan Pasir Cepat(SPC). Air hasil penyaringan tersebut dan kemudian hasilnya disaring kembali menggunakan Saringan Pasir Lambat. Dengan dua kali penyaringan tersebut diharapkan kualitas air bersih yang dihasilkan tersebut dapat lebih baik. Untuk mengantisipasi debit air hasil penyaringan yang keluar dari Saringan Pasir Cepat, dapat digunakan beberapa / multi Saringan Pasir Lambat.



Quote: *7. Saringan Arang*



Saringan arang dapat dikatakan sebagai saringan pasir arang dengan tambahan satu buah lapisan arang. Lapisan arang ini sangat efektif dalam menghilangkan bau dan rasa yang ada pada air baku. Arang yang digunakan dapat berupa arang kayu atau arang batok kelapa. Untuk hasil yang lebih baik dapat digunakan arang aktif. Untuk lebih jelasnya dapat lihat bentuk saringan arang yang direkomendasikan UNICEF pada gambar di atas.



Quote: *8. Saringan air sederhana / tradisional*



Saringan air sederhana/tradisional merupakan modifikasi dari saringan pasir arang dan saringan pasir lambat. Pada saringan tradisional ini selain menggunakan pasir, kerikil, batu dan arang juga ditambah satu buah lapisan injuk / ijuk yang berasal dari sabut kelapa. Untuk bahasan lebih jauh dapat dilihat pada artikel saringan air sederhana.



Quote: *9. Saringan Keramik*



Saringan keramik dapat disimpan dalam jangka waktu yang lama sehingga dapat dipersiapkan dan digunakan untuk keadaan darurat. Air bersih didapatkan dengan jalan penyaringan melalui elemen filter keramik. Beberapa filter kramik menggunakan campuran perak yang berfungsi sebagai disinfektan dan membunuh bakteri. Ketika proses penyaringan, kotoran yang ada dalam air baku akan tertahan dan lama kelamaan akan menumpuk dan menyumbat permukaan filter. Sehingga untuk mencegah penyumbatan yang terlalu sering maka air baku yang dimasukkan jangan terlalu keruh atau kotor. Untuk perawatan saringn keramik ini dapat dilakukan dengan cara menyikat filter keramik tersebut pada air yang mengalir.



Quote: *10. Saringan Cadas / Jempeng / Lumpang Batu*



Saringan cadas atau jempeng ini mirip dengan saringan keramik. Air disaring dengan menggunakan pori-pori dari batu cadas. Saringan ini umum digunakan oleh masyarakat desa Kerobokan, Bali. Saringan tersebut digunakan untuk menyaring air yang berasal dari sumur gali ataupun dari saluran irigasi sawah. Seperti halnya saringan keramik, kecepatan air hasil saringan dari jempeng relatif rendah bila dibandingkan dengan SPL terlebih lagi SPC.



Quote: *11. Saringan Tanah Liat.*

Kendi atau belanga dari tanah liat yang dibakar terlebih dahulu dibentuk khusus pada bagian bawahnya agar air bersih dapat keluar dari pori-pori pada bagian dasarnya. /Lihat saringan keramik/.



Sumber: http://aimyaya.com/id/lingkungan-hid...air-sederhana/

Quote:Original Posted By gagalproduk
Sebagai anak teknik lingkungan. Langkah pertama adalah kita mengetahui karakterisitik dari air yang akan kita olah. Selain dari fisik,misalkan air keruh,perlu kita periksa terlebih dahulu kandungan kimia yang ada di dalam air tersebut. Nah selanjutnya setelah diketahui hasil pemeriksaan laboratorium sample air tadi barulah bisa kita tentukan metode apa yang tepat untuk pengolahanya. Misalkan kandungan Fe dan Mn tinggi,maka air secara fisik akan terlihat kekuningan. Kita bisa melakukan proses oksidasi menggunakan aerasi(misalkan blower atau secara kimia ditambahkan KMnO4) selanjutnya filtrasi menggunakan zeolit. Dan ingat, treatment yang salah pada pengelolaan air malah dapat meningkatkan kadar kimia air itu sendiri dan berdampak bahaya bagi tubuh. Dan ingat, air PDAM yg biasa agan2 gunakan di rumah,itu juga merupakan air hasil olahan dari air baku sungai,tapi telah diolah dengan treatment khusus yang tidak sembarangan dan penuh perhitungan teknis gan. CMIIW


mejeng dulu ah di trit calon ht

dirumah ane udah bening si gan aernya jadi ga begitu butuh beginian
wuiiihh ini ni thread calon HT bermanfaat banget
dikira mau nunjukin cara nyaring pake alat sederhana, ya alat RO kan mahal gan
Quote:Original Posted By mhemhet004
mejeng dulu ah di trit calon ht

dirumah ane udah bening si gan aernya jadi ga begitu butuh beginian


bersyukur gan, nikmat itu air yang sudah jernih dan tinggal dimasak

Quote:Original Posted By loembok46
wuiiihh ini ni thread calon HT bermanfaat banget


thread ini masih berhubungan dengan thread http://kask.us/he3yC. Silakan dibaca lagi kalau mau
Nyimak dulu Gan
Quote:Original Posted By kanekez
dikira mau nunjukin cara nyaring pake alat sederhana, ya alat RO kan mahal gan


iya gan... lain kali kalau ada yang pakai alat sederhana coba share lagi
Air bersih aja susah ya

Kalo di afrika ada sedotan penyaringan air gan jadi enak tuh bisa langsung minum air bersih


Quote:Original Posted By heane


iya gan... lain kali kalau ada yang pakai alat sederhana coba share lagi


Pake p*re it gan yg udah di uji coba itb dan ipb




khan ga semua orang bisa beli filter karbon aktif gan,,,

cari yg sederhana
Quote:Original Posted By snake888
Nyimak dulu Gan


sampai selesai ya gan

Quote:Original Posted By .namakulyna.
Air bersih aja susah ya

Kalo di afrika ada sedotan penyaringan air gan jadi enak tuh bisa langsung minum air bersih




di Afrika? tertarik melihat bagaimana cara kerjanya
Quote:Original Posted By .namakulyna.


Pake p*re it gan yg udah di uji coba itb dan ipb






yang mengubah air kran menjadi air minum itu ya? emang udah nyoba pake?

Quote:Original Posted By haohaosayagamer
khan ga semua orang bisa beli filter karbon aktif gan,,,

cari yg sederhana


^
^
^
komen atas ini kayaknya sudah sederhana dan tinggal pake

untuk ukuran tidak semua bisa dan sanggup memang seperti itu, saya pun belum tentu sanggup, akan tetapi di sini adalah sifatnya berbagi pengetahuan saja.

wah calon HT lagi nih thread nya om HEANE.. mantap dah
bagus gan... calon HT diupdate tambah gambar dan diagramny dong
Quote:Original Posted By bucd
wah calon HT lagi nih thread nya om HEANE.. mantap dah


ini ID siapa ya?

aja deh

Quote:Original Posted By the6degrees
bagus gan... calon HT diupdate tambah gambar dan diagramny dong


sudah gan
ane pakai air galon gan
Quote:Original Posted By vana.chan
ane pakai air galon gan


tentang air dispenser/air galon sudah ada threadnya di sini gan : http://kask.us/he3yC

Via: Kaskus.co.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar