Pages


Sabtu, 27 Juni 2015

7 Pesona Berbagi Dengan Sesama

Assalamualaikum Warrahmatullahi Wabarakatuh


Hanya ada Aisyah dan pembantunya di rumah itu. Panas kota Madinah menyengat siapa yang berlalu di jalanannya. Siang itu Aisyah sedang berpuasa. Terdengar suara pintu rumah sederhana itu diketuk oleh seseorang. Sang pembantu melihatnya, ternyata seorang pengemis tua renta mengais belas kasihan.

“Seorang miskin meminta makanan,” jawab sang pembantu ketika Aisyah bertanya siapa yang datang.

“Apa yang kita punya,” tanya Aisyah santun kepadanya.

“Hanya sepotong roti kering.”

“Berikanlah kepadanya,” pinta Aisyah.

“Tapi, engkau sedang berpuasa, dan tinggal roti kering yang kita punya. Untuk buka puasa nanti tidak ada makanan lagi,” papar pembantu dengan suara rendah.

Aisyah tersenyum dan berkata, “Iya, tolong berikan saja roti itu. Insya Allah untuk buka puasa nanti ada yang lebih baik.”

Subhanallah, di sore hari, Aisyah mendapatkan hadiah seekor kambing dari seseorang tanpa disangka-sangka. Aisyah pun berbuka dengan daging kambing. “Lihatlah, Alhamdulillah makanan ini lebih baik daripada sepotong roti tadi,” kata Aisyah kepada pembantunya sembari diiringi senyum bahagia dan mengajak sang pembantu makan bersama.


Saudaraku, demikianlah bagaimana sejatinya “hitung-hitungan” pesona dari dampak berbagi dengan sesama. Allah selalu mengganti dengan lebih baik dan bertambah. Karena itu ada baiknya presepsi atau cara pandang kita ketika berbagi dengan sesama adalah dengan presepsi yang Allah dan Rasul-Nya sebutkan. Pasalnya jika kita benar-benar memahami pandangan Islam tentang berbagi, sesungguhnya ia sangat mempesona. Di antara pesona memikat berbagi dengan sesama dapat dihimpun dalam 7 pesona berikut :

Quote:1. Mensucikan dan memberkahi harta



Allah SWT berfirman, “Ambillah zakat dari sebagian harta mereka, dengan zakat itu kamu membersihkan dan mensucikan mereka, dan mendoalah untuk mereka.” (at-Taubah [9]:103)


Quote:2. Sebab turunnya kebaikan hidup dari Allah SWT



Rasulullah SAW bersabda, “Tidaklah suatu kaum enggan mengeluarkan zakat dari harta-harta mereka, melainkan mereka akan dicegah dari mendapatkan hujan dari langit. Sekiranya bukan karena binatang-binatang ternak, niscaya mereka tidak diberi hujan.” (HR. Ibnu Majah)
Nabi Muhammad SAW bersabda, “Turunkanlah (datangkanlah) rezekimu (dari Allah) dengan mengeluarkan sedekah.” (HR. al-Baihaqi)


Quote:3. Lepas dari kesusahan hidup



Allah SWT berfirman, “Orang-orang yg menafkahkan hartanya di malam dan di siang hari secara tersembunyi dan terang-terangan, maka mereka mendapat pahala di sisi Tuhannya. Tidak ada kekhawatiran terhadap mereka dan tidak (pula) mereka bersedih hati.” (al-Baqarah [2] : 274)


Quote:4. Hidup terjamin dengan doa Malaikat



“Tidaklah datang sesuatu hari kecuali akan turun dua malaikat yang salah satunya mengatakan, ‘Ya, Allah berilah orang-orang yg berinfak itu balasan’, dan yang lain mengatakan, ‘Ya, Allah berilah pada orang yang bakhil kebinasaan (hartanya).” (Muttafaq ‘alaihi)


Quote:5. Justru menambah harta



Allah SWT berfirman, “Perumpamaan (nafkah yang dikeluarkan oleh) orang-orang yang menafkahkan hartanya di jalan Allah adalah serupa dengan sebutir benih yang menumbuhkan tujuh bulir, pada tiap-tiap bulir seratus biji. Allah melipat gandakan (ganjaran) bagi siapa yang Dia kehendaki. Dan Allah Maha Luas (karunia-Nya) lagi Maha Mengetahui.” (al-Baqarah [2] : 261)
Rasulullah saw bersabda, "Tidak akan pernah berkurang harta yang disedekahkan kecuali justru ia bertambah, bertambah, bertambah.” (HR. Tirmidzi)


Quote:6. Jauh dari hidup susah dan terapi sakit



Rasulullah SAW bersabda, “Sedekah itu dapat merendam murka Allah dan mencegah dari keadaan mati yang jelek.” (HR. Tirmidzi)
Nabi Muhammad SAW bersabda, “Obatilah orang-orang sakit dengan sedekah, bentengilah hartamu dengan zakat, dan sesungguhnya zakat itu menolak peristiwa mengerikan dan penyakit.”
(HR. ad-Dailami)

Quote:7. Agar selalu ditolong Allah SWT



Rasulullah SAW bersabda, “Allah selalu menolong orang selama orang itu selalu menolong saudaranya (sesama muslim).” (HR. Ahmad)


Mudah-mudahan dengan kita mengembangkan presepsi atau mindset kita tentang berbagi dengan sesama, yang sungguh mempesona, dapat menggerakan kita untuk senantiasa semangat berbagi dengan sesama. Karena berbagi dengan sesama adalah laksana cermin; kebaikan dan urgensinya kembali kepada diri kita.

Thank agan ustadz, atas pesonanya ...

Benar2x menarik kisahnya semoga menjadikan kita selalu menambah ibadah kpd Sang Maha Kuasa
selamat berbuka puasa
mantap ustadz tausyiah nya bikin tabah orang semagat untuk berbagi dengan sesama


Selamat Berbuka Puasa :-D
ijin copas ustadz
insya allah rejeki kita melimpah dibulan puasa ini

#BerbagiKebaikan
indahnya berbagi.. trimakasih banyak pak ustad.. terus menemani selama ramadhan..


nice inpoh gan
page one di ht
indahnya berbagi untuk semuanya dengan rasa keiklhasan
Batin memang terasa berbeda bila berbagi
Be grateful for everything
indahnya saling berbagi sesama
Saling berbagi juga membuatku terpesona gan
berbagi itu memang indah mskpn hanya sdikit tp klo berbagi akan jauh lebih nikmat
Logika Allah memang berbeda
makin banyak sedekah makin melimpah harta kita
nice gan
Mantap



Pejwan ane gembok
Silahkan walik
Via: Kaskus.co.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar