Pages


Sabtu, 27 Juni 2015

Hidup Cerdas Dengan Musibah



Assalamualaikum Warrahmatullahi Wabarakatuh

Kaskuser yang di rahmati Allah SWT, Alhamdulillah kita masih di beri waktu untuk saling bertemu dan bertegur sapa di forum yang berbahagia ini yaitu KASKUS Ramadhan. Izinkan saya memulai postingan kedua ini, dengan kisah dari Ummu Salamah yang bisa kita tauladani bagi kehidupan kita.

Bismillahirrahmanirrahim..


Jangan tanya cinta dua sejoli Ummu Salamah dan Abu Salamah. Cinta Ummu Salamah dengan Abu Salamah adalah cinta sejati. Mereka selalu mendamba sehidup semati dalam pelaminan cinta. Tak terbayang jika harus terpisahkan. Hingga suatu hari Ummu Salamah nyatakan sumpah setianya, bahwa jika siapapun yang lebih dulu ditingal mati, maka ia tidak boleh menikah dengan pasangan lain. Tapi Abu Salamah meminta istrinya mentaatinya dengan dalih cinta dan hikmah Ilahi, untuk menikah lagi kelak bila ia lebih dulu tiada.

Garis takdir telah ditetapkan-Nya, Abu Salamah meninggal dunia. Ummu Salamah merasa inilah ujian berat, musibah nafas hidup. Dalam kegalauan yang sangat, ia kembangkan sayap keimanan hingga ia kuasa terbang melewati ujian berat itu, ia ingat dengan pesan Rasul tercinta, bahwa ujian adalah pasangan hidup seorang mukmin. Dalam kesedihan dan keteguhannya ia dengan tekun melafalkan doa yang diajarkan Rasulullah SAW


Quote: “Allahummajurnii fii mushiibatii, wakhlufnii khairan minha“
(Ya Allah, berilah pahala atas musibah yang aku alami ini, dan gantilah dengan yang lebih baik).


Dengan kesabaran, keteguhan, dan keyakinan, serta bait-bait doa yang dipanjatkan, ia pun dinikahi dengan sosok yang lebih baik dari suaminya, dialah Rasulullah SAW, manusia terbaik sepanjang masa.

Saudaraku, secara sederhana musibah dapat dimaknai sebagai segala yang terjadi dan tidak kita sukai. Setiap kita, dan dalam perjalanan karir hidup dan iman kita adalah sebuah keniscayaan bertemu dengan musibah. Musibah yang dewasa ini banyak terjadi pada kita pribadi, maupun secara umum pada Bangsa tercinta. Dalam menyikapinya ada yang gagal dan ada yang tidak cerdas hadapi.

Oleh karena itu, sejatinya belajar dari kisah Ummu Salamah, tersemai pelajaran cerdas dalam menghadapi musibah atau ujian dalam hidup ini, di antaranya sebagai berikut :


Quote:1. Semakin meyakini maha dahsyat kuasa Allah SWT



Harus diakui, secanggih apapun, sehebat apapun, dan sekuat apapun kuasa ilmu pengetahuan, tapi sangat jauh berada di bawah kuasa Ilahi. Hal ini yang menyadarkan kita untuk tidak sombong, angkuh atas secuil kemampuan dan ilmu kita. Silahkan kita berasumsi musibah yang terjadi dengan hitungan ilmu pengetahuan, tapi wajib bersandar pada keimanan akan kuasa-Nya (lihat QS. al-Hadid [57]:22).



Quote:2. Mengembalikan kepada Ilahi



Layaknya Ummu Salamah terhadap suami tercintanya, Abu Salamah, indah bila kita yang merasa memiliki tapi menyakini ia hanya titipan, maka dengan mudah kita mengembalikan pada-Nya. Demikian sugesti pertama saat kita ditimpa ujian atau musibah, untuk segera istirja’, mengembalikan kepada-Nya. “Orang-orang yang apabila ditimpa musibah, mereka mengucapkan, "Inna lillahi wa inna ilaihi raji’un” (al-Baqarah [2]: 156)



Quote:3. Musibah hadir sesuai dengan batas kapasitas kita



Kecerdasan terhadap musibah yang hadir menjadi kokoh dengan kita menyakini bahwa ia hadir sejajar dengan kemampuan kita, sesuai dengan kelas kita. kalau kita masih kelas SD niscaya hanya ujian SD yang terpampang, demikian bila kita SMP, SMA, maka ia akan hadir sesuai dengan kapasitas kita. Sebagaimana disebutkan dalam firman-Nya, “Allah tidak membebani seseorang melainkan sesuai dengan kesanggupannya.” (al-Baqarah [2]: 286)


Quote:4. Selau ada hikmah di baliknya



Orang sukses dalam mengarungi gelombang ujian atau musibah adalah bukan orang yang paling cepat bertemu dengan solusi, orang yang paling merasa sukses hempaskan himpitan, tapi ia malah makin jauh dari pancaran cahaya Ilahi. Karenanya, sejatinya yang sukses adalah siapa yang dengan adanya musibah ia temukan hikmah. Hikmah itu yang selanjutnya membuatnya makin cinta, makin taat kepada-Nya (lihat QS. al-Baqarah [2] : 269).


Quote:5. Momentum raih pahala dan cinta-Nya



Langkah selanjutnya, agar cerdas atas musibah, yaitu dengan semangat mencari pahala dan raih cinta-Nya. Sebagaimana Ummu Salamah yang aktif menderes doa agar mendapat pahala dari musibah yang menimpanya. Hadirnya musibah sejatinya karuniakan pahala dan menghapus dosa, bahkan sampai sekecil apapun musibah itu, “Tiada seorang muslim (meskipun hanya) tertusuk duri atau yang lebih dari itu, kecuali Allah mencatat baginya kebaikan dan menghapus darinya dosa.” (HR. Bukhari). Lebih dari itu, nikmatilah musibah, karena di antara makna agungnya ia sebagai tanda cinta Ilahi, “Apabila Allah mencitai hamba maka ia diuji.” (HR. al-Baihaqi)



Semoga Allah SWT senantiasa mengkaruniakan taufik dan hidayah dalam kita menghadapi segala ujian, musibah dalam hidup ini.


Wassalamualaikum Warrahmatullahi Wabarakatuh
Jazakumullahu khairan ustadz...atas sharingnya
insya allah pak ustad
Wa'alaikumsalaam..
Jd nambah ilmu ni ustad.
subhanallah bergetar bacanya

siraman rohani penyejuk qalbu
serahkan semuanya kepada Allah SWT
bukankah Allah cukup untuk melindungi hamba hamba NYA

Maha suci Allah pemilik segala kekuasaan maka akan ringan baginya kesedihan bagaimanapun beratny & akan ringan musibah bagaimanapun puncak penderitaanny
hasbunallah wa ni'mal wakiil
Makasih pak ustad
Pasti ada hikmahnya ya gan
keren banget penjabarannya. bener bener penyemangat ane saat ini

makasih banyak
Wahhh... bagus nich ada forom giniaan...
Pengetahuaan tentang agama jadi nambah nich...
Makasih Pak. Ustad...
berdamai dg musibah ini yg sulit
menerima dg ikhlas lebih sulit lagi
semakin bisa bersyukur, krn dibalik semua musibah itu, pasti masih terselip banyak nikmat di dalamnya...
jadi adem sperti dapet siraman rohani dbulan ramadhan.. update terus ya..
Apa yang harus kita lakukan agar bisa senantiasa sabar ustad
sambil nunggu buka puasa enaknya baca trit yg beginian..
makasih pak ustad atas pencerahannya. . .
semoga ibadah kita di terima Alloh
ustad twitter
jadi adem baca tridnya kabetulan lgi ad msalah dan musibah Quote:Original Posted By iceScreamCoklat
keren banget penjabarannya. bener bener penyemangat ane saat ini

makasih banyak

nder :v
tmben ol
slamat puasa
Subnallah
memang benar ya tad, akhir2 ini ane lagi banyak ujian
mungkin ane harus banyak medekatkan diri kepada ALLAH SWT
Kecerdasan terhadap musibah yang hadir menjadi kokoh dengan kita menyakini bahwa ia hadir sejajar dengan kemampuan kita.
manteb banget gan penjelasannya.
thanks banget yaa
Quote:Original Posted By nodetected01
semakin bisa bersyukur, krn dibalik semua musibah itu, pasti masih terselip banyak nikmat di dalamnya...

bener banget gan
tinggal pandai2 bersabar dikala kena musibah
niscaya akan hadir nikmat setelahnya
Quote:Original Posted By ndaruoke
Apa yang harus kita lakukan agar bisa senantiasa sabar ustad

paling enak yaa cuek gan ..
kan lebih banyak yg harus dipikirin daripada ngeluapin amarah
Quote:Original Posted By orank.conyol
Subnallah
memang benar ya tad, akhir2 ini ane lagi banyak ujian
mungkin ane harus banyak medekatkan diri kepada ALLAH SWT


termasuk ibadah itu gan,
dan pastinya nambah pahala,
apa lagi ini bulan penuh berkah
Via: Kaskus.co.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar