Pages


Kamis, 25 Juni 2015

Inilah Macam-macam Kabel Komputer yang Wajib Kamu Ketahui



Jangan lupa dan kasih ane buat buka puasa.
Check Repost
Spoiler for Repost:


Wah ternyata HT
Thanks Mimin, Momod, sama Kaskuser semua

Spoiler for HT:

Thanks juga yang udah ngasih ane buat berbuka puasa
Spoiler for Cendol:



Kalau kamu melihat komputer desktop atau laptop, kamu akan melihat port-port yang bentuknya aneh-aneh. Tapi tahukah kamu, ternyata setiap port tersebut memiliki fungsi yang berbeda-beda. Seperti misalnya ketika berbicara mengenai hardisk, maka kamu akan menemukan port SATA atau IDE. Tahukah kamu dari perbedaan kabel untuk port tersebut? Apakah kamu tahu perbedaan antara USB 1.0, 2.0, dan 3.0? Semua ini mungkin akan membuat kamu pusing, tapi kamu harus mengetahuinya. Setidaknya ini adalah ilmu dasar komputer yang harus kamu ketahui.

Ada begitu banyak jenis kabel, namun kamu pasti kesulitan untuk menemukan arti dari satu persatu kabel tersebut. Berikut ini aftercursor akan menjelaskan macam-macam kabel yang sering kamu temukan ketika bertemu komputer.



VGA (Video Graphics Array)
Spoiler for VGA:

Kembali pada tahun 1980, kabel koneksi VGA adalah kabel standart yang digunakan untuk menghubungkan komputer dengan monitor. Baru-baru ini kabel ini telah memudar dari popularitas karena pergeseran menuju koneksi digital analog. Tapi jika kamu melihat video card saat ini, kamu masih akan melihat port VGA.

Kabel VGA bisa kamu ketahui dari bentuknya yang memiliki 15 pin dibagi menjadi 3 baris dan setiap baris berisi 5. Setiap baris memiliki warna yang sesuai untuk digunakan layar: merah, hijau dan biru.


DVI (Digital Visual Interface)
Spoiler for DVI:

Kabel DVI adalah penerus dari VGA, perubahan teknologi analog ke digital. Layar digital seperti LCD terbukti memiliki kualitas gambar yang lebih bagus. Kabel DVI datang dengan 3 jenis.

  • DVI-A dapat mengirimkan sinyal analog, memungkinkan kompabilitas dengan VGA
  • DVI-D dapat mengirimkan sinyal digital yang lebih baru
  • DVI-I bisa memberikan dukungan untuk analog dan digital



HDMI (High Definition Multimedia Interface)
Spoiler for HDMI:

Dalam sepuluh tahun terakhir, high-definition broadcast menjadi standart baru yang memiliki arti kualitas tinggi. Tidak seperti VGA dan DVI, HDMI mengirimkan sinyal video dan audio secara bersamaan. HDMI hanya mendukung sinyal digital, jadi ia hanya kompatibel dengan device baru. Konektor HDMI datang dengan 4 jenis.

  • Tipe A adalah yang paling populer. Konektor ini bisa kamu lihat dari 19 pin di male. Tipe A kompatibel dengan single link DVI-D.
  • Tipe B lebih besar dari Tipe A, datang dengan 29 pin di male. Tipe B kompatibel dengan dual-link DVI-D.
  • Tipe C datang dengan 19 pin yang sering digunakan pada device portable seperti camcorder atau kamera digital.
  • Tipe D mirip seperti micro-USB yang juga memiliki 19 pin.



USB (Universal Serial Bus)
Spoiler for USB:

Hampir setiap device periferal seperti keyboard, mouse, flashdisk, adaptor menggunakan port USB. Desainnya telah berkembang selama bertahun-tahun, memiliki beberapa versi USB:

  • USB 1.0/1.1 kecepatan transfer data bisa mencapai 12 Mbps
  • USB 2.0 kecepatan transfer data bisa mencapai 480 Mbps yang saat ini paling banyak digunakan
  • USB 3.0 kecepatan transfer data bisa mencapai 4,8 Gbps

Ada juga mini dan micro USB yang sering digunakan device kecil seperti smartphone, tablet atau kamera digital. Standart konektor USB sekarang lebih banyak digunakan device yang sering terhubung dengan komp uter, seperti hardisk external, keyboard, mouse atau printer.


IDE (Integrated Drive Electronics)
Spoiler for IDE:

Kabel IDE digunakan untuk menghubungkan motherboard dengan storage atau hardisk model lama. Jika pada tahun 2000an kamu sudah menggunakan komputer, mungkin kamu akan menemukan konektor IDE hardisk. Kabel ini bentuknya lebar seperti pita, dan bagian ujungnya pipih tapi memiliki banyak lubang. Ujung Kabel IDE memiliki 40 pin dibagi menjadi dua bagian, untuk hardisk versi 2.5 menggunakan IDE 44 pin.


SATA (Serial Advanced Technology Attachment)
Spoiler for SATA:

Hardisk versi terbaru atau di era modern menggunakan port SATA dan tidak lagi menggunakan IDE. Bisa dibilang kabel SATA adalah teknologi lanjutan IDE yang paling sukses. Dibandingkan dengan IDE, SATA bisa melakukan transfer data lebih cepat. Motherboard harus mendukung kabel SATA jika ingin menggunakannya, tapi model motherboard sekarang sudah banyak yang mendukung SATA bahkan tidak lagi menggunakan IDE. Kabel standart SATA memiliki dua konektor, masing-masing memiliki 7 pin dan memiliki lubang berbentuk L.


eSATA (External Serial Advanced Technology Attachment)
Spoiler for eSATA:

eSATA bisa dibilang perbaikan dari kabel SATA yang memungkinkan kabel SATA digunakan sebagai external. Jadi sebenarnya eSATA tidak jauh berbeda dengan SATA, hanya saja ia bisa menghubungkan hardisk external atau hardisk optik ke komputer.


FireWire
Spoiler for FireWire:

Mungkin kamu jarang mendapatkan device yang menggunakan kabel FireWire, pada dasarnya jenis kabel ini mirip seperti USB, untuk melakukan transfer data dengan kecepatan tinggi. Device dengan bandwidth tinggi seperti printer dan scanner akan mendapatkan keuntungan dari FireWire. Kabel FireWire ada dua jenis; 1394a memiliki kecepatan transfer 400 Mbps dan 1394b memiliki kecepatan transfer 800 Mbps.


Ethernet
Spoiler for Ethernet:

Kabel Ethernet digunakan untuk menghubungkan komputer ke sebuah jaringan. Biasanya kabel ethernet menghubungkan komputer kamu dengan router untuk terhubung dengan jaringan internet. Kalau di rumah kamu menggunakan internet yang menggunakan kabel ethernet, mungkin kamu akan merasa familiar dengan kabel ini. Saat ini ada tiga jenis kabel ethernet yang paling sering digunakan:

  • Kabel Cat 5 adalah jenis yang paling sering digunakan saat ini, mampu memberikan kecepatan 10 Mbps atau 100 Mbps
  • Kabel Cat 5e adalah jenis Cat 5 yang telah ditingkatkan, bisa mencapai kecepatan maksimal 1000 Mbps
  • Kabel 6 adalah teknologi terbaru jenis kabel ethernet, bisa mencapai kecepatan 10 Gbps

Jenis-jenis kabel itu bisa kamu lihat di balutan kabelnya.


Apakah ada yang kurang dari jenis-jenis kabel komputer di atas? Jika ya, silahkan tambahkan di kolom komentar, siapa tahu akan berguna buat teman-teman lainnya. Ntar ane taruh di post #3.

SUMBER
pertamax
Spoiler for Pertamak:
Koreksi, Tambahan, dan Komentar Kaskuser
Quote:Original Posted By Baseframe
Koreksi sedikit.



Untuk cable terakhir itu bukan kabel ethernet tetapi cable UTP ( unshielded twisted pair ) dan konektornya ( yang di colokin ke komputer ) itu namanya "8P8C plug" untuk di telpon rumah yang ukurannya lebih kecil lagi.


Lho kok ada untuk telepon ??, karena Awalnya konektor itu digunakan pada dunia telekomunikasi dan saat awal2 internet kan masih menggunakan sistem kabel telpon rumah.

Dan untuk keseluruhan sistemnya itu namanya RJ45 ( Registered jack ) untuk komunikasi data, untuk RJ11, RJ14, and RJ25 untuk telpon / telekomunikasi suara.

https://en.wikipedia.org/wiki/Twisted_pair
https://en.wikipedia.org/wiki/Category_5_cable
https://en.wikipedia.org/wiki/Category_6_cable
https://en.wikipedia.org/wiki/Modula...connector#8P8C
https://en.wikipedia.org/wiki/Registered_jack#RJ45


Quote:Original Posted By siadink
masih banyak si gan sebenernya perkabelan dalam dunia komputer, ada kabel pigtail, kabel rollover (cisco console cable), kabel printer(LPT), kabel FO (Fiber Optic), kabel STP (shielded Twisted Pair), RS-232, dll kebanyakan kabel jaringan sih, hehe...

firewire setau ane itu buatan apple buat dipake di device2 mereka, tapi karena lebih mahal dan kalah populer sama usb, akhirnya sekarang tenggelam, dan apple ikut mengadopsi usb buat device2nya.


masih dong gan, ane masih pake buat pc, buat kecepetan koneksi dan stabilitas ga ada yang ngalahin kabel fisik



Quote:Original Posted By estidi
IDE keknya udah gak ada lagi yg pake
Pas ane upgrade komputer baru2 ini sampe harus ganti DVD drive lama ane, karena colokannya cuma IDE, sedangkan motherboard-nya cuma support SATA

Firewire biasanya dipake di handycam keluaran lama (yg masih pake kaset DV) dan soundcard profesional...
Tapi kebanyakan sekarang udah pake USB semua karena udah hampir gak ada motherboard yg ada firewire-nya, dan kadang firewire itu cocok2an dgn chipset-nya, ada device yg gak bisa konek kalo chipset-nya bukan merek tertentu


Quote:Original Posted By darkrevenant
Penggunaan firewire sekarang ini sudah jarang sekali gan. Sekarang model harddisk eksternal speed tinggi yang digunakan untuk rendering film rata-rata menggunakan thunderbolt karena lebih cepat dan lebih mudah digunakan.


Quote:Original Posted By .ded.
ada jg kabel bertype converter gan, misal :
- USB to ATA
- USB to IDE
- USB to MicroUSB
- Dll


Quote:Original Posted By nebulacomputer
Nice Thread Gan..

Sekalian nambahin:
- Kabel Printer
- Kabel Audio
- Kabel Splitter



Quote:Original Posted By zsklght
Nggak afdol kalo kabel Coaxial gak dimasukkin


Berkenan, taro pekiwan gan


Quote:Original Posted By whizzman
Nice Info gan.
Ane tambahin gan yang banyak dipake juga di komputer Server.
1. Kabel FO/Fc transfer speed hingga 16 Gbps. Untuk koneksi ke external storage.
2. Kabel scsi, untuk koneksi ke external storage (jaman dulu).
3.kabel infiniband, transfer data hingga 50Gbps.
4. Kabel serial untuk koneksi laptop ke console server/switch.


Quote:Original Posted By coolzboy24
yang baru sekarang ada thunderbolt buatan apel, trus usb juga ada yang baru usb 3.1 dan ada 2 jenis type-c sama type-a CMIIW
ane boro2 yang baru punya port usb 3.0 aja udah bersukur walopun cuma 2 lobang


Quote:Original Posted By Pak.Prabu
ada yang ketinggalan nih, kabel serial. biasanya dipake ama mouse yg masih pake bola sama modem jadul.



Quote:Original Posted By blackcampaign
kalo masalah PORT bisa nambahin gan, HDMI 2.0 sdh ada, USB 3.1 jg sdh ada, USB tipe C sdh ada yg bisa bolak-balik
CMIIW


Quote:Original Posted By aliemrone
kabel adaptor juga gak ada... kabel ata yg bulat untuk pc jadul, keyboard , mouse gak ada.. trus kabel RG-45 buat kabel LAN .thanks


Quote:Original Posted By satyr
kabel SPDIF optical / toslink gan... buat audio ...



Quote:Original Posted By rolor


Ada yg mau ane tambahin gan.
Ini jaman dulu sebelum socket usb lahir.
Paralel Port... Mother board tahun 2006 kebawah, semua backpanelnya pasti masih punya port ini.
Soalnya jaman dulu printer" dotmatrix socketnya begini semua. Jadi wajib ada.



Quote:Original Posted By kucingbejat9
tambahan gan, ini calon penerus HDMI
Spoiler for DisplayPort:

DisplayPort merupakan video connector baru lainnya yang mulai muncul di banyak perangkat baru, khususnya laptop. Ia dirancang menggantikan DVI dan VGA di komputer, tapi penggunaannya tidak sebanyak DVI atau HDMI. Akan tetapi , ia sudah banyak tertanam ke komputer baru Mac, Dell, HP dan Lenovo. Sebenarnya ia sangat mirip HDMI, dan dapat menstream baik HD video dan audio kabel yang sama, dan bisa mensupport resolusi hingga 1920A~1080 dan 8 channel audio di seutas kabel.

Kelebihannya, DisplayPort mensupport HDCP, sehinnga anda dapat menggunakannya untuk memplayback HD content terproteksi pada Blue-ray dan banyak lagi. Anda juga dapat menghubungkan ke HDMI atau DVI port dengan sebuah converter, karena sinyal digital kompatibel. Kelemahannya sedikit monitor dan TV menyertakan diplayPort port sehingga anda harus membekali dengan konverter bila anda ingin menggabungkan laptop ke layar lebar.

sumur


Quote:Original Posted By RevoLetch
thunderbolt gan, masih tergolong langka digunakan sama devices sekarang


Quote:Original Posted By Ikhsan109
tambahan kabel jack 3.55mm


Quote:Original Posted By amristyle
Ane Insyaallah udah pahamkabel kabel begitu gan.. Yang ane Masih Penasaran sama kabel ARINC itu satu keluarga ama Firewire kah? ARINC ane jumpain di pekerjaan ane.

Pada dasarnya kabel terdiri dari sync data + power.. CMIIW ya kan gan?


Quote:Original Posted By sulami

kurang satu lagi gan, kebel ini nih..



Quote:Original Posted By HSDPAHolic
ijin nambahin gan
DVI masih dibagi lagi gan, single link sama dual link, yang di gambar TS tuh yg single link, klo dual link yg pinnya penuh di konektornya
colokan VGA di laptop2 baru udah mulai punah gan, udah banyak yg pindah ke HDMI
Display port kagak ente masukin gan VGA2 card kelas mainstream udah punya konektor ini, calon penerus HDMI
sama port PS/2 yg buat printer sama keyboard jadul, biasanya di bagian atas backpanel mobo, bentuknya bulet


Quote:Original Posted By aslibanget
tambahin ini gan,,,
Spoiler for kabel power:

kalo g ada ini komputer g bisa nyala


Quote:Original Posted By Rizkvn
mau nambahin gan,


kabel DOCSIS (Data Over Cable Service Interface Specifications)



fungsi sama seperti kabel UTP dan kabel FO (Fiber Optic) yaitu untuk menyalurkan paket data melalui media kabel, yg membedakan pastinya besar transfer paket data, konektor dan kompabilitas, untuk kabel jenis ini setahu ane di gunakan oleh First Media



kabel PoE (Power Over Ethernet)



kabel jenis ini berguna untuk mentrasmisikan power (daya) melalui kabel UTP, salah satu contoh nya untuk pemasangan CCTV kita tidak perlu di repotkan untuk menarik kabel power menuju CCTV, supaya pemasangan lebih ringkas dan efisien



Quote:Original Posted By mukhlisversace
pertamax


cepet amat gan
Quote:Original Posted By aftercursor
cepet amat gan

jelas dong
sorry ane amanin pertamaxnye gan
Udah tau semua gan ane
Quote:Original Posted By mukhlisversace

jelas dong
sorry ane amanin pertamaxnye gan


gapapa gan ane ketigax
ya gan
Quote:Original Posted By zzainal
Udah tau semua gan ane


keren
jangan lupa ya gan
Koreksi sedikit.



Untuk cable terakhir itu bukan kabel ethernet tetapi cable UTP ( unshielded twisted pair ) dan konektornya ( yang di colokin ke komputer ) itu namanya "8P8C plug" untuk di telpon rumah yang ukurannya lebih kecil lagi.


Lho kok ada untuk telepon ??, karena Awalnya konektor itu digunakan pada dunia telekomunikasi dan saat awal2 internet kan masih menggunakan sistem kabel telpon rumah.

Dan untuk keseluruhan sistemnya itu namanya RJ45 ( Registered jack ) untuk komunikasi data, untuk RJ11, RJ14, and RJ25 untuk telpon / telekomunikasi suara.

https://en.wikipedia.org/wiki/Twisted_pair
https://en.wikipedia.org/wiki/Category_5_cable
https://en.wikipedia.org/wiki/Category_6_cable
https://en.wikipedia.org/wiki/Modula...connector#8P8C
https://en.wikipedia.org/wiki/Registered_jack#RJ45
ATA masih ada yg pake pa kaga ya?
alhamdulillah kebanyakan ane udah paham gan...
makasih infonya

ane baru tahu beberapa aja gan
Quote:Original Posted By Baseframe
Koreksi sedikit.



Untuk cable terakhir itu bukan kabel ethernet tetapi cable UTP ( unshielded twisted pair ) dan konektornya ( yang di colokin ke komputer ) itu namanya "8P8C plug" untuk di telpon rumah yang ukurannya lebih kecil lagi.


Lho kok ada untuk telepon ??, karena Awalnya konektor itu digunakan pada dunia telekomunikasi dan saat awal2 internet kan masih menggunakan sistem kabel telpon rumah.

Dan untuk keseluruhan sistemnya itu namanya RJ45 ( Registered jack ) untuk komunikasi data, untuk RJ11, RJ14, and RJ25 untuk telpon / telekomunikasi suara.

https://en.wikipedia.org/wiki/Twisted_pair
https://en.wikipedia.org/wiki/Category_5_cable
https://en.wikipedia.org/wiki/Category_6_cable
https://en.wikipedia.org/wiki/Modula...connector#8P8C
https://en.wikipedia.org/wiki/Registered_jack#RJ45


terima kasih koreksinya gan, ntar ane edit
pengin nayri nyari info ttg kabel malah udah ada yg bikin threadny
thanks gan
IDE keknya udah gak ada lagi yg pake
Pas ane upgrade komputer baru2 ini sampe harus ganti DVD drive lama ane, karena colokannya cuma IDE, sedangkan motherboard-nya cuma support SATA

Firewire biasanya dipake di handycam keluaran lama (yg masih pake kaset DV) dan soundcard profesional...
Tapi kebanyakan sekarang udah pake USB semua karena udah hampir gak ada motherboard yg ada firewire-nya, dan kadang firewire itu cocok2an dgn chipset-nya, ada device yg gak bisa konek kalo chipset-nya bukan merek tertentu
banyak kabel yang ane baru tau namanya


makasih
Wah lumayan nih nampah pengetahuan
kabel power jangan lupa gan, kalo ga ada kabel power komputer ente ga bakal nyala
thread bagus nih. ijin save ya gan. ane masih punya desktop yang konektornya IDE. ntu desktop udah almarhum sih mau ane jual tapi pasti kaga laku soalnya masih pake procie intel pentium 4, hehehehe.

usul aja gan, bikin thread juga tentang tipe2 motherboard dong gan. kan ada LGA xxxx, bla bla bla. ane kurang paham tipe2nya
Alhamdulillah gan,udah tau beberapa. Cuma kayak yang firewall belum tahu gan
Via: Kaskus.co.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar