Pages


Sabtu, 27 Juni 2015

Negara Pemasok Kurma ke Indonesia



Quote:
Spoiler for HT:
Terimakasih Cendol dan Abu Gosoknya


Quote:Quote:IntroQuote:Quote:Sebagai negara mayoritas muslim, buah khas Timur Tengah ini sudah tentu menjadi incaran umat muslim yang menjalankan ibadah puasa. Untuk itu menjelang Ramadan, buah ini mengalami lonjakan permintaan. Indonesia yang belum mampu memproduksi kurma secara besar-besaran otomatis harus melakukan impor.
Akibatnya, pada April dan Mei 2014 ini terjadi lonjakan impor di mana untuk bulan April, total impor kurma naik 3 kali lipat dibandingkan bulan Maret, yaitu mencapai 5,9 ribu ton dari 2 ribu ton dengan nilai US$ 8,7 juta. Begitu pun pada Mei, impor kurma sebesar 6 ribu ton dengan nilai US$ 9,5 juta.
Dengan realisasi tersebut, impor kurma sepanjang tahun ini dari Januari hingga Mei 2014 sebanyak 17,3 ribu ton dengan nilai US$ 23,2 juta.
Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS), yang dikutip Rabu, 2 Juli 2014, terdapat 10 negara pengimpor buah kurma ke Indonesia.


Quote:Quote:10. AljazairQuote:Quote:Dari bulan Januari hingga April belum terjadi impor kurma dari negara ini. Impor kurma dari Aljazair baru terjadi pada bulan Mei 2014. Jumlahnya sebanyak 8.400 kg dengan nilai US$6.804

Quote:Quote:9. IndiaQuote:Quote:Impor kurma dari negera Bollywood ini hanya terjadi pada bulan Maret dan April 2014. Pada bulan Maret, RI mengimpor 16 ton kurma dengan nilai US$ 13.920. Sementara pada bulan April, impor kurma sebanyak 9 ton dengan nilai US$ 6.750.
Pada bulan Mei tidak dilakukan impor kurma dari negara ini sehingga total impor kurma dalam lima bulan tahun 2014 sebanyak 25 ton dengan nilai US$ 20.670.


Quote:Quote:8. PalestinaQuote:Quote:Impor kurma dari negara ini terjadi hanya pada bulan April dari 5 bulan awal tahun ini. Jumlahnya hanya 8.800 kg dengan nilai US$ 82.500.

Quote:Quote:7. IrakQuote:Quote:Sedangkan impor kurma dari Irak hanya terjadi pada bulan Mei 2014 dengan jumlah 114.750 kg senilai US$ 98.685.

Quote:Quote:6. Arab SaudiQuote:Quote:Kurma dari Arab saudi datang pada bulan Februari jumlahnya 75.449 kg dengan nilai US$ 60.359, bulan April sebanyak 13.071 kg dengan nilai US$ 14.464, dan bulan Mei sebanyak 106.300 kg dengan nilai US$ 82.525.
Dengan impor dalam 3 bulan itu, total kurma asal negara ini sebanyak 194.820 kg dengan nilai US$ 157.348.


Quote:Quote:5. Amerika SerikatQuote:Quote:Indonesia mengimpor kurma asal AS sebanyak 182,4 ton seharga US$ 1,6 juta atau senilai Rp 17,6 miliar dalam 5 bulan awal tahun ini.
Impor kurma dari AS tahun ini meningkat jika dibandingkan dengan impor kurma pada tahun lalu yang sebesar 166 ton dengan nilai US$ 1,2 juta, bahkan hingga Juni 2013.


Quote:Quote:4. IranQuote:Quote:Total impor kurma dari Iran dalam 5 bulan awal tahun ini sebesar 2,7 ribu ton dengan nilai US$ 2,3 juta. Impor terbesar terjadi pada bulan April 2014, yaitu sebanyak seribu ton dengan nilai US$ 868.905.

Quote:Quote:3. Uni Emirat ArabQuote:Quote:Impor kurma dari negara gabungan ini sebanyak 3,2 ribu ton dengan nilai US$ 3,9 juta dari Januari hingga Mei 2014. Impor terbanyak dilakukan pada bulan Mei yaitu sebanyak 1,5 ribu ton dengan nilai US$ 1,8 juta.

Quote:Quote:2. TunisiaQuote:Quote:Pada bulan Januari dan Februari belum ada impor kurma dari negara ini. Namun, dalam 3 bulan hingga Mei 2013, total kurma impor Tunisia sebanyak 2,3 ribu ton dengan nilai USD 7 juta.

Quote:Quote:1. MesirQuote:Quote:Mesir merupakan negara pengimpor kurma terbesar ke Indonesia dengan total impor sebesar 8,7 ribu ton dengan nilai sebesar US$ 8,1 juta dalam 5 bulan awal tahun ini.
Impor terbesar terjadi pada dua bulan terakhir, yaitu pada April sebanyak 3 ribu ton kurma dengan nilai US$3 juta dan Mei yang sebanyak 2,6 ribu ton dengan nilai US$ 2,6 juta.


Quote:Sumber Thread
Sumber

No Repost
Bukti 1
Bukti 2





Quote:Original Posted By eljono
kurma dari AS itu namanya kurma mejol gan, kurmanya jumbo dan rasanya enak, perkilonya mahal bgt tapi

Quote:Original Posted By TeWe123
kurma dari amerika itu salah satunya dipasok dari california, nama kurmanya medjol..
kurma di indonesia peluang pasarnya gede, herannya kenapa gak bisa dibudidayain ya..

Quote:Original Posted By des_threea
Kemaren beli kurma dari US. Namanya medjool dates. Gede bgt. Jd berasa dagingnya. Kalo di rupiahin 1 biji nya sekitar 5rb rupiah. puas makannya.

Quote:Original Posted By setanimutimut

kurma amrik ukurannya jumbo, harganya mahal, rasanya enak yg jelas kyk korma hehehe..., dari segi gizi kurang tau gan soalnya belum pernah ngecek.

Dari isi per kemasannya, penimbangan kurma amerika itu isinya pas, misalkan 1 dus tertulis 5 kg, isinya pas 5 kg nggak lebih. Sedangkan kurma dari arab misalkan 1 dus tertulis 10 kg, isinya biasanya ada lebihnya, kadang isinya sampe 11 kg. Ini dari pengalamanku dulu... nggak tau skarang

Quote:Original Posted By setanimutimut


oh... skrang 1 bijinya sudah 5ribu rupiah ya...
Saya makan kurma ini dulu harganya masih 500ribu/dus (isinya 5 kg), tepatnya 10 tahun yg lalu... hehehe..
Dulu orang-orang pada nggak ada yg percaya kalo ada kurma amerika, dikira saya bohong... padahal di labelnya jelas-jelas ada tulisannya california / usa

Quote:Original Posted By xpdc.
Bener banget.
Kurma usa itu gan, nama nya medjoul dates, rasa nya mania banget, buah nya gede biji nya kecil, warna nya juga hitam pekat.

1 kg nya bisa 300/400rb'an tergantung dgn jenis nya



Quote:Original Posted By maria.olivia


ada gan di areal masjid Al-Mukarromah di jakarta utara, waktu itu pernah masuk TV.
gak banyak sih pohon kurmanya, cuman ada 3.
itu juga gak selalu berbuah.


Quote:Original Posted By balagendir
Pernah lihat acara reality show korea selatan, ceritanya lagi di pedesaan sama petani di sana, ada kurma juga ternyata di korsel.

Quote:Original Posted By l.ifnt
kurma di korea selatan itu buah kesemek kering..... mirip kurma tp gede ....

Quote:Original Posted By appleafter
sebelah rumah ane punya pohon kurma dan berbuah






Waduh jadi laper lagi gan

Quote:Original Posted By cabehunt3rr
Waduh jadi laper lagi gan


Baru juga jam segini udah laper aja gan
india juga punya kurma ? kirain cuma punya kumar sama inspektur vijay doang
Quote:Original Posted By anto2310
india juga punya kurma ? kirain cuma punya kumar sama inspektur vijay doang

iya gan, gak cuma punya kumar sama inspektur vijay doang
yang dari tunisia juga enak gan
Wahh kurmanya gede2.
Kira" yg biasa ane beli dipasok dari mana ya?
Quote:Original Posted By kiidzero
Kira" yg biasa ane beli dipasok dari mana ya?


mungkin dari glodok kali gan

kenapa ya Indonesia ngga tanam sendiri
mungkin ada tapi pasokan kurang mencukupi kali ya
Lhah....baru tau aku AS bisa produksi kurma
Quote:Original Posted By dewistimila


mungkin dari glodok kali gan

kenapa ya Indonesia ngga tanam sendiri
mungkin ada tapi pasokan kurang mencukupi kali ya

Iya gan, mungkin pasokan dari indonesia kurang mencukupi tapi permintaan masyarakatnya tinggi jadinya harus impor dari luar
Quote:Original Posted By willy.rahmadhan
Lhah....baru tau aku AS bisa produksi kurma

Ane juga baru tau gan
Weleh, ternyata kita jg ngimpor kurma dari AS toh.
Ternyata yg paling besar dari mesir
trus klo dari amerika, kurma nya beda gak dalam segi rasa dan nutrisi klo dibandingkan dengan kurma dari negara timur tengah?
Ternyata AS pemasok kurma juga toh
sayang ane kurang hobi makan kurma gan
emg arab beda ya gan?
kebutuhan kurma di indonesia emg banyak msti harus di pasok dr luar
wah di AS banyak kurma juga ya, kirain cuma di dataran timur tengah aja
Via: Kaskus.co.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar