Pages


Kamis, 25 Juni 2015

Pangkalan Bun mencuat namanya karena tragedi aja, padahal banyak tempat indahnya gan!




welcome di thread ane gan!

BTW, INI HT PERTAMA ANE, THANKS MOMOD






thread ini remake dari : http://www.kaskus.co.id/thread/55879...-aja-padahal/1

Gan, ane ijin promo dikit ya tentang kota kecil di Kab. Kotawaringin Barat, sebut aja Pangkalan Bun...
Kota ini berada di Bagian Barat Kalimantan Tengah, dan sempat heboh namanya sejak adanya tragedi kecelakaan pesawat pada akhir 2014 kemaren. Kalo aja kaga ada berita kemaren mungkin orang2 pada kaga kenal apa itu Pangkalan Bun...
Nama Pangkalan Bun sendiri sih katanye dulu gerbang kota ini terletak pada Pangkalannye Bapak Bu'un gan





Apa yang ada di kota Pangkalan Bun??































banyak orang berpikiran bahwa Kalimantan Tengah tidak memiliki daerah laut karena letaknya pasti berada di tengah-tengah Pulau Kalimantan. Pemikiran ini tidak sepenuhnya benar karena pada kenyataannya wilayah Kalimantan Tengah mencakup bagian selatan Pulau Kalimantan, cekidot gan:



Berikut ini adalah data letak geografis Kabupaten Kotawaringin Barat :
Ibukota : Pangkalan Bun
Luas Wilayah : 10.759 Km ( 1.075.900 Ha )
Letak Geografis DaerahBujur Timur : 110”25’26”-112”50’36”
Lintang Selatan : 1”19’35”-3’36’59”
Iklim DaerahCurah Hujan : 1.849,mm/th
Suhu rata-rata : 27’480C
Suhu Minimum : 21.60C – 23.40C
Suhu Maksimum : 31,7 – 33,20C
Kelembaban : 83 – 89 %
Bentuk Wilayah Berdasarkan Fisiografi wilayah Kabupaten Kotawaringin Barat digolongkan menjadi empat bagian :-Daratan-Berombak (daerah utara)-Berombak dan berbukit-Daerah berbukit







di gambar diatas ada 2 tempat yang terkenal di Pbun, dikarenakan tragedi Pesawat Air Asia pada Desember 2014 silam gan.
pertama Bandar Udara Iskandar dan kedua Pelabuhan Kumai.

Daerah Pangkalan Bun, dekat dengan daerah laut dan memiliki banyak daerah pantai, namun sayang belum banyak yang dikenal masyarakat luas. Perjalanan ke daerah pantai ini gak lama gan, bisa diakses dari dareah kumai sekitar setengah sampai satu jam aja




berikut gan , pantai-pantai di pbun:

1. Pantai Kubu





2. Pantai Tanjung Keluang





3.Pantai Teluk Bogam





4. Pantai Keraya





ini bonus poto-poto pantai di p.bun gan!

















sumber: google maps and http://pde.kotawaringinbaratkab.go.id/?p=1008

thread ini ane vermak ulang dari blog ane gan: http://tripinpangkalanbun.blogspot.com/




Bonus Video:


satu lagi Tempat Destinasi Wisata di Pangkalan Bun gan:

taman nasional tanjung puting




























Puas gan Main dimariii!


WACANA JADI IBUKOTA NEGARA






tambahan:
akses ke P.Bun dari Pulau Jawa bisa diakses pake kapal laut gan dari Surabaya ataupun Semarang tujuan Pelabuhan Kumai, Pbun.
bisa juga pake pesawat udara lewat, Jakarta, Surabaya, ataupun Semarang Gan


lebih lengkapnya : (http://travelingberka.com/in/indones...-pangkalan-bun)

Udara : Jakarta/ Pontianak/ Semarang--- Pangkalan Bun (Bandara Iskandar)
Jarak Bandara Iskandar menuju Kota Pangkalan Bun ±10 Km atau sekitar 15-20 menit dengan kendaraan.
• Jika teman-teman berada di Jakarta, bisa menggunakan maskapai Trigana Air (Bandara Soekarno-Hatta Jakarta - Bandara Iskandar Pangkalan Bun dicapai dalam jarak tempuh ± 1 jam ). Penerbangan Jakarta-Pangkalan Bun oleh Trigana Air hanya terdapat 3 kali dalam seminggu, yaitu pada hari Senin, Rabu, Sabtu dan pada pukul 14.40 dan 15.50

• Jika teman-teman berada di Pontianak (Kalimantan Barat) atau Semarang (Jawa Tengah), bisa menggunakan maskapai Kalstar Aviation .
- Pontianak - P. Bun (08.45 WIB)
- P.Bun – Pontianak (11.15 WIB)
- Semarang – P.Bun (13.05 WIB)
- P.Bun – Semarang (11.20 WIB)

Darat : Bus: Sampit/ Palangkaraya/ Banjarmasin---Pangkalan Bun
Perjalanan Palangkaraya – Pangkalan Bun ± 8 – 10 jam
Perjalanan Banjarmasin – Pangkalan Bun ± 15 – 18 jam (Rp. 125.000 non ac) *harga Oktober 2010*
Perjalanan Sampit – Pangkalan Bun ± 5 jam-6 jam
Laut: Semarang(Pelabuhan Tanjung Mas) / Surabaya (Pelabuhan Tanjung Perak)---Pelabuhan Kumai, Pangkalan Bun

bonus
Bonus


ngapain aja di Pbun?

• Mengunjungi Istana Kuning yang berada ditengah kota Pangkalan Bun, situs peninggalan dari kerajaan Kotawaringin yang masih tersisa (tidak ada biaya masuk untuk mengunjungi Istana Kuning, namun karena biasanya teman-teman harus ditemani oleh penjaga, yang biasanya masih merupakan saudara jauh dari keluarga kerajaan untuk berkeliling didalam istana, dan mendengar ceritanya, temen-teman bisa memberikan tip seikhlasnya)

• Duduk-duduk pada sore hari di Taman Keraton Indah Sari yang dulunya merupakan alun-alun istana. Namun saat ini, taman yang berada tepat dibagian bawah Istana Kuning tersebut bebas digunakan oleh warga untuk bersantai.

• Mengunjungi Monumen Palagan Sambi, monument peringatan penerjunan pertama kali oleh pasukan penerjun Angkatan Udara.

• Bundaran Pancasila, yang terletak di Seberang Monumen Palagan Sambi. Bundaran Pancasila merupakan tempat kumpul kebanyakan warga Pangkalan Bun, khususnya di malam hari atau pada malam minggu. Banyak tenda-tenda makan disekitar Bundaran Pancasila yang bisa dijadikan sebagai pilihan.

• Bisa melakukan susur Sungai Lamandau yang menyenangkan sekali dengan menyewa speedboat selama seharian dengan sedikit atraksi mengebut dan melewati jalur-jalur sungai kecil oleh sang pengemudinya, dan singgah di beberapa tempat seperti Kotawaringin lama, Bekonsu, hingga Tapinbini. (Perjalanan yang saya lakukan dengan speedboat saat itu mencapai Tapinbini, memakan waktu 5 jam perjalanan) Speed boat dapat diisi oleh 5 orang (termasuk pengemudi) jika badan teman-teman tidak terlalu besar. Biaya yang saya keluarkan untuk sewa speedboat susur sungai Lamandau Rp. 2.6000.000/ p-p/ speedboat. *harga Oktober 2010*

• Jika teman-teman merasa biaya sewa speedboat sangat mahal, dapat juga menggunakan speedboat umum dari Nangabulik. Namun untuk mencapai Nangabulik harus menggunakan mobil travel dari Pangkalan Bun dengan perjalanan ± 2jam, biaya Rp. 75.000/orang/jalan,*harga Oktober 2010* kemudian melanjutkan perjalanan dengan speedboat. (Namun tentu saja, jika menggunakan speedboat umum, teman-teman tidak akan mendapatkan atraksi seru yang dilakukan oleh sang pengemudi, tapi tenang saja...teman-teman tetap dapat menikmati keindahan menyusuri Sungai Lamandau dengan pemandangan yang menakjubkan)
(http://travelingberka.com/in/indones...-pangkalan-bun)

tambahan:

ISTANA KUNING


poto: http://aditya-pbun.blogspot.com/2013...irit-baru.html




sumber: http://www.walkaboutindonesia.com/pangkalanbun.htm


http://www.1001wisata.com/istana-kun...pangkalan-bun/

sekilas tentang istana kuning:

Pangkalan Bun merupakan ibu kota dari Kotawaringin Barat, Kalimantan Tengah. Secara administrasi pemerintahan, kota Pangkalan Bun setingkat dengan kecamatan. Kawasan Kotawaringin Barat telah dihuni sejak tahun 2500SM dengan masuknya bangsa Melayu ke pulau Borneo. Kerajaan Kotawaringin merupakan kerajaan pertama yang berdiri di sini. Pada tahun 1814, Pangkalan Bun menjadi pusat ibukota kerajaan dimana didirikan Istana Kuning.

Istana Kuning merupakan salah satu icon utama dari Pangkalan Bun dan telah beberapa kali dipugar dan dilestarikan sehingga menjadi tempat wisata yang cukup dikenal. Pada tahun 80an, istana ini pernah hangus terbakar akibat tindakan seseorang yang mengalami gangguan jiwa. Daerah di bagian belakang istana Kuning merupakan tempat tinggal bagi para keturunan kerajaan yang masih hidup sampai sekarang.
(http://www.1001wisata.com/istana-kun...pangkalan-bun/)

penginapan yang tersedia:

1. swiss bellin







2. Grand Kecubung







3. lain-lain











tambahan
makanan khas

Kerupuk Bakar

Kerupuk Bakar danKerupuk Basah

Anda pasti sudah tidak asing lagi jika mendengar kata kerupuk,tapi apakah anda pernah mendengar istilah kerupuk bakar atau Kerupuk Basah?.

Kerupuk bakar dan Kerupuk Basah adalah makanan khas Kalteng tepatnya daerah Pangkalan Bun dan Sukamara. Di daerah Pangkalan Bun Kerupuk Bakar lebih banyak digemari.

Apa sih perbedaannya?. Sebenarnya Kerupuk Bakar adalah Kerupuk Basah yang dibakar dengan bumbu-bumbu tambahan sehingga menghasilkan cita rasa yang lebih beragam. Kerupuk Basah itu sendiri adalah calon kerupuk( kerupuk kering yang biasanya dijual) yang belum diiris dan dikeringkan sehingga orang-orang menyebutnya Kerupuk Basah.

Bahan-bahan pembuatan Kerupuk Basah ialah tepung terigu,ikan gabus yang sudah dicincang,bawang putih,penyedap rasa,dan air.


kerupuk basah biasanya dimakan dengan sambal.
sedangkam kerupuk bakar biasanya dilumuri bumbu-bumbu rahasia. Ada 2 rasa yang populer dikalangan penikmatnya yaitu KrupukBakar Pedas dan Kerupuk Bakar manis.

.

(http://oncik.blogspot.com/2012/05/ke...puk-basah.html)







Amplang

Amplang adalah sejenis krupuk yang terbuat dari campuran tepung tapioka, bumbu rempah, dan ikan pipih atau ikan tenggiri khas perairan Kumai (salah satu kota pelabuhan di Pangkalan Bun). Ikan pipih atau ikan tenggiri inilah yang menjadikan amplang begitu gurih dan kriuk-kriuk ketika digigit. Sebenarnya, tidak ada keharusan menggunakan kedua jenis ikan tersebut sebagai bahan dasarnya.







Bagi Pecinta Akik/Akikers di Sini juga Banyak

Spoiler for Batu Akik Pangkalan Bun:
Pangkalan Bun - Booming batu akik menyebar merata di seluruh Indonesia. Gairah akan akik ini juga meningkatkan perekonomian di kalangan masyarakat menengah bawah. Tak sedikit mereka yang berhenti kerja dan beralih profesi di bisnis akik. Tak hanya itu saja, muncul juga jutawan baru dari akik.

Tapi lepas soal efek dari booming batu akik, alam Indonesia memang memiliki kekayaan akan batu mulia. Yang kini sedang tenar batu akik. Di seluruh Indonesia, kini bermunculan batu-batu khas setiap daerah. Salah satu yang menonjol yakni batu kecubung dari Kalimantan.

Kawasan Kalimantan memang terkenal dengan batu kecubung. Salah satu tempat untuk membeli akik kecubung ini yakni di Pangkalan Bun, Kalteng.

Akhir pekan lalu detikcom sempat menengok kawasan ini. Di Pangkalan Bun pun ada kawasan khusus untuk menjual akik. Mulai dari bahan jadi hingga bahan mentah. Bahan yang jadi harganya bisa ratusan ribu sampai jutan rupiah.

Sementara bahan mentah harganya bervariasi mulai dari puluhan ribu sampai ratusan ribu bergantung jenis batu. Kecubung yang warna ungu memang mendominasi di Pangkalan Bun. Ada juga kecubung warna hitam, juga bening yang disebut kecubung air.

Pembeli anek batu akik ini pun dari berbagai daerah. Sebagian besar memang masih dari Kalimantan, ada juga dari provinsi lain dan biasanya untuk dijual di Pulau Jawa atau Sumatera.

Pastinya geliat batu akik menggairahkan perekonomian masyarakat. Anda juga punya koleksi batu akik? Silakan berbagi cerita ke redaksi@detik.com perihal batu akik Anda.
(http://news.detik.com/berita/2825425...yang-mempesona)







thanks udah berkunjung ya gan
ditunggu kunjungannya ke P.Bun




trit ane yg lain:
1. Kalo Agan Bosen Begini Aja

2. Mau Cepat Move On??

3. Tips Meningkatkan Produktifitas

4. Punya Temen, HT juga nih.

tetap kita doakan kesabaran bagi keluarga korban Air Asia
tadi udah ada yang share nih gan
tapi thread agan lebih lengkap kayaknya
Pertamax
gagal
Quote:Original Posted By ularpiton
tadi udah ada yang share nih gan
tapi thread agan lebih lengkap kayaknya


hehe iya ane remake ini gan
Numpang ngedeprok gan
Quote:Original Posted By bugistan
Pertamax
gagal


coba lagi gan
Keren buat TS, ane aja yang punya darah Banjarmanis Vs Palangkaraya sampe umur 27thn begini belom pernah ke Kalimantan, Lahir di Jakarta gede disini sampai beberapa kali Datuk ane dateng ke Jakarta dateng untuk bilang pulang kesana sekedar melihat Untik dan keluarga yang tersisa (kesannya kaya mau punah).

Dari Kalimantan yang ane suka itu Hutan dan orang Utan, karena emang ane orangnya demen melihat alam.

Semoga Ane bisa balik ke Kalimantan, buat minta batu akik Datuk, karena syarat mutlak adalah harus kesana
mejeng di pejwan
Quote:Original Posted By om funky
Numpang ngedeprok gan


silahkan gan
wah videonya ada penampkan TS lagi gelantungan di pohon
turun woii
Quote:Original Posted By alfianoct
Keren buat TS, ane aja yang punya darah Banjarmanis Vs Palangkaraya sampe umur 27thn begini belom pernah ke Kalimantan, Lahir di Jakarta gede disini sampai beberapa kali Datuk ane dateng ke Jakarta dateng untuk bilang pulang kesana sekedar melihat Untik dan keluarga yang tersisa (kesannya kaya mau punah).

Dari Kalimantan yang ane suka itu Hutan dan orang Utan, karena emang ane orangnya demen melihat alam.

Semoga Ane bisa balik ke Kalimantan, buat minta batu akik Datuk, karena syarat mutlak adalah harus kesana


ayok gan pulang ke kalimantan membangun kalimantan temui keluarga disana
Terkenalnya malah gara2 ada kecelakaan ya.. Padahal buat pariwisata mayan tuh
Quote:Original Posted By pijamax
wah videonya ada penampkan TS lagi gelantungan di pohon
turun woii


hehe itu org utan kali gaan
Quote:Original Posted By Yggdrasilmaniac
Terkenalnya malah gara2 ada kecelakaan ya.. Padahal buat pariwisata mayan tuh


iya mesake yakk
Quote:Original Posted By januar.deni


ayok gan pulang ke kalimantan membangun kalimantan temui keluarga disana


Sabar gan, membangun koneksi dulu disini dan numpukin dana. Biar saat balik kesana bisa melakukan sesuatu, masa balik jadi nelayan atau nggak jadi ABK Pelayaran. Nggaklah sebisa mungkin ada yang bisa dibawa untuk membangkitkan otonomi daerah

Karena Cinta Indonesia adalah cinta kepada keluarga, sahabat, tetangga, masyrakat sekitar. Cinta Indonesia adalah berbuat nyata dengan tindakan bukan hanya omongan tanpa bukti
Wow alamnya masih asri, flora n faunanya msh komplit, design bangunan berkesan kuno sngt menarik dikunjungi wisatawan. Bs deh masuk list tour and travel ane saat liburan panjang tiba.
Quote:Original Posted By alfianoct


Sabar gan, membangun koneksi dulu disini dan numpukin dana. Biar saat balik kesana bisa melakukan sesuatu, masa balik jadi nelayan atau nggak jadi ABK Pelayaran. Nggaklah sebisa mungkin ada yang bisa dibawa untuk membangkitkan otonomi daerah

Karena Cinta Indonesia adalah cinta kepada keluarga, sahabat, tetangga, masyrakat sekitar. Cinta Indonesia adalah berbuat nyata dengan tindakan bukan hanya omongan tanpa bukti


benar sekali gan... kita bangun dengan tindakan gan, membangun Indonesia dan meratakan pembangun tentunya, terus eksplor Indonesia agar membuka keterisolasian ya gan
Quote:Original Posted By ed1996
Wow alamnya masih asri, flora n faunanya msh komplit, design bangunan berkesan kuno sngt menarik dikunjungi wisatawan. Bs deh masuk list tour and travel ane saat liburan panjang tiba.


iya gan akses mudah kok gan, puas deh kesini
Enak kayanya tinggal di pangkalan bun...
Katanya mau dijadiin ibukota administratif juga ya?

Quote:Buat nambah informasi...
MASUK JUGA KESINI!!! Trus kasih sama

(Aneh tapi Nyata) kasiaan gan kepalanya dua...!!!HOT

(share) 5 tempat paling aneh didunia...!!!HOT

Cewek seksi ini dulu beratnya 450kg gan...!!!HOT

(PIC) Rambu-rambu jalan yang unik...!!!HOT

Fakta orang bertangan kidal...!!!HOT


5 Nama INDONESIA sebelum menjadi indonesia...!!!
HOT


Fakta unik lagu2 kebangsaan dari seluruh dunia...!!!HOT



Quote:Original Posted By fajar2626
Enak kayanya tinggal di pangkalan bun...
Katanya mau dijadiin ibukota administratif juga ya?


bener gan di era pak Jokowi sih bilangnya antara Pangkalan Bun atau Sampit
Via: Kaskus.co.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar