Pages


Kamis, 25 Juni 2015

Papa Pinguin, Bapak Terbaik di Dunia! (Calon Bapak MASUK!)

HALLO AGAN-AGAN YANG GANTENG DAN CAKEP
WELCOME


Sebelumnya, makasih buat agan-agan dimari yg udah bantu nyiram bensin ke trit ane, dan juga momod yg udah nyulut apinya
Spoiler for My second HT, ihik ihik, tks agan2 semua!:


Hallo gan, kebetulan udah minggu ketiga di bulan Juni nih. Tau gak, banyak negara di dunia memperingati minggu ini sebagai Hari Ayah lho. Trit ini ane tulis selain untuk memperingati hal tersebut, juga karena ane jadi inget kejadian miris di deket rumah ane tepatnya 2 bulan lalu. Kasus mahasiswi Jogja yang ditemukan tewas usai melahirkan di kamar kosnya sendiri, sampe bikin heboh seluruh Jogja dan seisinya. Sampai sekarang, bapaknya masih gak jelas dimana keberadaannya dan belon mau bertanggung jawab

Quote:Ini tritnya kalo agan mau baca Mahasiswi Jogja tewas ditemukan di kamar kos usai melahirkan

Di dunia perkewanan kita taunya para bapak cuma nyumbang benih aja pas musim kimpoi, habis itu minggat tanpa jejak, tanggung jawab selanjutnya diserahkan ke para ibu, untuk melahirkan, mengasuh, memberi makan serta melindungi anak-anaknya sampai cukup kuat untuk bertahan hidup. Ok lah gan, kebanyakan sih memang seperti itu, tapi gak semua gan. Meet Papa Pinguin, bapak paling teladan di dunia perkewanan!



Ane ambil fakta-faktanya dari spesies Emperor pinguin, cekidot gan!!!

1. Langsung mengambil alih tanggung jawab sesaat setelah si Ibu bertelur

Bayangin gan, bukannya minggat setelah selesai membuahi, tapi si papa satu ini tetap nungguin sang mama sampai bertelur. Setelah sang mama berhasil bertelur, papa yang satu ini langsung mengambil alih telur tersebut untuk dierami olehnya biar mama pinguin bisa segera pergi ke laut untuk berburu ikan.
Spoiler for Papa Pinguin mengambil alih telur dari mama Pinguin:


2. Menjaga agar telurnya selalu hangat dan selalu berada di posisi yang tepat setiap saat

Asal tau aja gan, di kutub selatan gak ada daun-daunan atau ranting untuk bikin sarang yang hangat dan nyaman, secara sejauh mata memandang adanya cuma salju. Untuk membuat lingkungan yang hangat dan nyaman bagi telurnya, para papa pinguin ini tak lain harus menggunakan badannya sendiri gan sebagai sarang bagi telurnya. Nah, supaya telurnya selalu terlindungi setiap saat, para papa pinguin ini menaruh telurnya diatas kakinya dan menutupinya dengan lapisan bulu-bulu tebal diperutnya yang hangat.

Untuk menghindari resiko supaya telurnya tidak jatuh, para papa pinguin harus selalu berhati-hati menjaga telurnya agar selalu berada di posisi yang seimbang diantara kakinya, gak boleh petakilan gitu lah. Soalnya kalo telurnya sampai jatuh dan menggelinding ke atas salju, bisa langsung beku gan!
Spoiler for Telur bisa langsung beku kalau terlantar beberapa menit saja di atas es:

Mereka akan selalu berdiri dan tak pernah meletakkan telurnya barang sesaat pun. Oh ya, kondisi ini bisa dijalani para papa pinguin 2-3 bulan lamanya gan, sampai si junior menetas!
Spoiler for Papa Pinguin berdiri sambil mengerami telurnya sampai menetas:


3. Pasang badan untuk melindungi telur yang dieraminya dari hawa dingin dan badai salju

Perlu diingat gan, habitat si penguin ini di Antartica, di kutub selatan sana. Musim dingin di kutub selatan lamanya bisa sampai 6 bulan gan dan cukup sadis, suhunya bisa mencapai -60 derajat celcius! Disamping itu juga, badai salju di kutub selatan bisa sangat brutal, hembusan anginnya bisa mencapai 200 km/jam! Sialnya bagi para papa pinguin, para mama pinguin malah memilih untuk bertelur pas musim dingin ini, terlalu!
Spoiler for Pasang badan untuk anaknya dari badai salju:

Untuk bertahan dari kondisi yang extrim ini, selama tiga bulan itu pula para papa penguin saling merapatkan tubuh untuk berlindung dari angin yang dapat membekukan, sehingga suhu tubuh mereka tetap tinggi dan dapat bertahan hidup sampai musim dingin berakhir.
Spoiler for Ayo bapak-bapak pada merapat biar hangat!:


4. Bertahan hidup hanya dari cadangan lemak dan makan salju

Ini yang ane salut gan, karena kondisi itu, selama mengerami (2-3 bulan lamanya), para papa pinguin hanya bertahan hidup dari sisa lemak yang sudah dia simpan ditubuhnya sebelumnya, dan hanya makan salju aja gan kalo bosen, secara adanya cuma itu Kebanyakan para papa pinguin akan kehilangan setengah dari berat badannya sampai anaknya menetas, weleh-weleh.
Spoiler for Papa Pinguin makan salju kalo laper:


5. Memberi makan anak yang telah menetas dari sisa makanan yang telah dia simpan

Sebenarnya para papa pinguin ini punya makanan yang telah dia simpan di tenggorokannya sebelumnya, tapi gak ditujukan untuk dirinya gan, ini disimpan untuk jatah anaknya kalo udah menetas nanti. Setelah anaknya menetas, papa pinguin akan memuntahkan makanan itu dan menyuapinya ke anaknya, sejenis cairan mirip susu untuk makanan pertama anaknya yang baru menetas, sedangkan untuk sang papa sendiri ya itu tadi, cukup makan salju aja kalo laper, yang penting junior gak kelaperan
Spoiler for Suapin aku pah!:


6. Terus menjaga anaknya sampai para ibu kembali dari laut

Gak lama setelah anaknya menetas, para mama akan pulang kembali dari laut untuk ganti shift, sekalian memberikan makanan padat pertama untuk anaknya yang di dapatnya dari hasil melaut. Biasanya para mama pinguin akan kembali sesaat setelah musim panas tiba, emang sengaja tuh si mama pinguin cari enaknya aja
Spoiler for Papa Pinguin dan Junior yang baru lahir:

Spoiler for Mama Pulang!:


Setelah jatah shiftnya selesai, saatnya para papa pinguin meluncur ke laut untuk cari makanan segar setelah hampir 3 bulan lamanya hanya makan salju. Way to go papa!
Spoiler for Good bye for now Papas, Your beloved family will always be here waiting for you!:

Spoiler for SUMUR:

Gitu aja gan, bayangin tuh, demi njagain anaknya, para papa pinguin sampai puasa berbulan-bulan, mereka terus berdiri tanpa meninggalkan telurnya barang sesaat pun dan harus bertahan dari cuaca dingin extrim serta lapar sampai saatnya para mama tiba untuk mengambil alih kepengurusan si junior. Bener-bener pengorbanan yang luar biasa dari bapak untuk anaknya. Bagaimana dengan kita para bapak atau calon bapak? Jangan mau kalah sama papa pinguin ya gan!



Ok gan, jujur deh ane gak ngharepin cendol atau rate lima atau rekomen ke HT, lagian niat ane awalnya cuma sekedar nulis untuk memperingati hari ayah sedunia aja kq.






Oh iya gan, cuma sekedar mengingatkan ke agan-agan yang udah mampir kalo ini bulan Ramadhan, bulan penuh berkah, banyak perbuatan baik yang diganjar pahala berlipat, apalagi yang pada mau berbagi ke sesama, walopun cuma sekedar cendol atau rate 5 atau rekomen HT
Link for Rekomen HT

Quote:Jangan lupa komen gan kalo suka, buat bantuin sundul, biar gak tenggelam hehehe.......




Kalo suka trit yang inspiratif lainnya, cekidot trit di bawah gan, udah pernah jadi HT juga,
Quote:Para Mama Kucing yang Bertaruh Nyawa Demi Anak-Anaknya

Jejak Kaskuser yang terlalu bijak sehingga perlu dishare di pejwan
Spoiler for The most bijakers komen from Kaskuser:
Quote:Original Posted By a12s
hrs belajar jd bpk yg baik dr burung nih, makanya bapak2 jgn asal modal burung doang, tanggung jwb jg dong


Q & A, More facts about Emperor Penguin
(Note: ane bukan Etolog, ane cuma riset di google aja)
Quote:Original Posted By NetZero

Nice info dan thread gan. Nambah wawasan.
Pertanyaan ane, kenapa harus jantan yang jaga/eram telur? Mengapa bukan betina yang jaga/eram sambil dikasih asupan nutrisi sama jantan?
Jadi kenapa skenarionya tidak, mating trus bertelur trus langsung dierami betina (energi yang kepake buat bertelur dikasih sama jantan), trus jantan pergi buat nyari makanan untuk dikasih ke juvenile.
Mengapa ada proses oper telur ke jantan? Menurut ane proses evolusinya lebih simpel untuk oper makanan daripada telur.

Terima kasih.

Quote:Original Posted By uklunk


Nice thinking gan, ane coba bantu jawab,

Pertama semenjak proses pembuahan dan bertelur akan sangat menguras energi betina, dan selama itu si betina gak makan sama sekali untuk menjaga agar doi bisa bertelur dengan aman, alasan, banyak predator di laut dan telur merupakan "komoditi" berharga bagi emperor penguin.

Setelah proses bertelur yang menghabiskan banyak energi, betina akan kelelahan dan harus membutuhkan asupan makanan segar untuk mengganti energinya yg hilang karena proses tersebut, sehingga setelah betina bertelur doi harus segera makan atau akan mati kelelahan.

Fakta berikut, dan yg paling so sweet menurut ane, pasangan ini membagi tugas mengurus juniornya dengan asas bergantian. Bagi tugas sama rata, betina bertelur, jantan mengerami sampai menetas, betina kembali dan memberi makanan padat, jantan melaut untuk makan, jantan kembali lagi gantian dengan betinanya untuk mengurus anak serta betina melaut, dan seterusnya sampai junior dewasa. Dan oh ya, mereka juga saling setia selama proses mengasuh anak lho....

Fakta selanjutnya, serta secara fisik, jantan lebih besar dibanding betina, lapisan bulu hangat lebih tebal di perut jantan sehingga kemungkinan telur sukses menetas menjadi lebih tinggi apabila dierami oleh si jantan.

(dari berbagai sumber di Google)


Quote:Original Posted By ekafirmansyah14
Btw si mama penguin kok bisa gak ketukar suaminya yaa gan pas balik nyari makanan?
Kan rupa penguin sama semua?
Apa gak bingung tuh nyari mana suaminya?

Quote:Original Posted By uklunk

Dari suaranya gan, walopun tampilan fisiknya sama persis tapi suaranya masing2 punya ciri khas sendiri2. Apalagi telinga pinguin sensitif CMIIW


Quote:Original Posted By TieriaErde
Sekedar tambahan gan, Papa Penguin ga akan meninggalkan pasangannya (kimpoi dgn penguin betina lain) kecuali sang Mama Penguin memang meninggal alami. Papa Penguin akan tetap setia sama Mama Penguin meskipun mereka berpisah lama dan tetap bisa saling mengenal satu sama lainnya. (So sweet bgt kan? )

Page one gan kalau berkenan





perlu belajar sama hewan satu ini buat jadi bapak yang baik

Keren abis dah.... gak bisa bnyangin dah.....


Quote:
Harga Tiket Bis Untuk Mudik 2015
Quote:Original Posted By ashadienz
perlu belajar sama hewan satu ini buat jadi bapak yang baik


Betul gan, btw, ente petramax lho

Wahhh baca thred TS ane jd mau cepet2 jadi bapak ne gan,,,
Wkwkw

Terharu ane ngeliat pengorbanan papa pinguin demi anak nye
Quote:Original Posted By uklunk

Betul gan, btw, ente petramax lho


ane bantu gan,
mudah-mudahan jadi HT. kan lumayan bisa numpang mejeng
Cool bingits gan
Wah hebat ya perjuangan papa pinguin
terharu ane lihat nya

inimah malah ada ayah perkosa anak nya
Salut buat hewan yang 1 ini..
Bapak mana bapak??
bawah ane maho
Sundul lg ke atas, hehehe....btw, maho pun jg bs jadi bapak jg lho gan
akhir ini banyak trit ttg papa papa dan mamah yah?

btw nice trit gan
Wih keren gan
Salut sama papa penguin
Btw si mama penguin kok bisa gak ketukar suaminya yaa gan pas balik nyari makanan?
Kan rupa penguin sama semua?
Apa gak bingung tuh nyari mana suaminya?
Quote:Original Posted By dkharisma
akhir ini banyak trit ttg papa papa dan mamah yah?

btw nice trit gan

Pada tribute to father's day kayaknya gan

Quote:Original Posted By uklunk

Pada tribute to father's day kayaknya gan



iye kmrn ada trit HT buat bahas hari ayah
Quote:Original Posted By ekafirmansyah14
Btw si mama penguin kok bisa gak ketukar suaminya yaa gan pas balik nyari makanan?
Kan rupa penguin sama semua?
Apa gak bingung tuh nyari mana suaminya?

Dari suaranya gan, walopun tampilan fisiknya sama persis tapi suaranya masing2 punya ciri khas sendiri2. Apalagi telinga pinguin sensitif CMIIW

penguin emang hewan yg keren banget gan
klo gk salah dia juga setia ya?
Via: Kaskus.co.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar