Pages


Jumat, 10 Juli 2015

5 Kabupaten Terluas di Jawa!






Welcome again to Twisctre's thread!

SUDAH HT dalam waktu singkat! Makasih officers



HT ke-4 kalo digabung sama klon, HT pertamax utk acc ini

Ga perlu ss karena ane juga males. Tanda api sudah menunjukkan HT

Ingat ini TERLUAS bukan TERBESAR! Terluas secara administratif ya.


Opening



Inspirasi ngethread bisa datang di manapun. Ketika membaca Cilacap adalah wilayah terluas se-Jateng sampe ada 2 kode area, dan tentunya pas ke sana seakan Cilacap ga abis abis , penasaran dong siapa yang wilayahnya terluas di Jawa. Ane mengumpulkan dulu wilayah terluas di tiap provinsi di Jawa. Setelah disimak dengan seksama ini 5 kabupaten ter-lu-as di Jawa! Ga ada satu pun di Jawa Tengah.

Cilacap pun ga masuk top 10 karena cuma 2100 km2. Tapi Cilacap no.1 dari segi luas wilayah yang ditinggali, nomor satu Brebes, ketiga Bogor

Awalnya ane mau bikin kota tapi nanti ane buat versi sendiri, takut penuh karena handphone saya jebol

Lima
Spoiler for 5:

5. Lebak, Banten 3426,56 km2



Batas: Tangerang, Bogor, Samudera Hindia, Pandeglang, Sukabumi, Serang



Peta Banten tanpa Tangsel. Padahal ane udah ngerasa Tangerang Raya terlalu luas

Spoiler for landmark:

Lebak terkenal gara-gara foto jembatan roboh ini


Sama pabrik semen di Bayah, deket Sawarna.


Dan ini Sawarna


Dan Maja, jarak lurus terjauh yang pernah ditempuh KRL. Dari rumah ane aja sekitar 35 km




Empat
Spoiler for 4:

4. Cianjur, Jabar 3840,16 km2



Batas: Bogor, Sukabumi, Bandung, Garut, Karawang, Purwakarta, Samudera Hindia



Spoiler for landmark:

Terkenal karena Cipanas yang dilewati Jalur Puncak



Kota Bunga


Cugenang, penghasil padi unggulan. Ini masih di JALUR PUNCAK.


Edited: penghasil padi utama adalah kec. Warungkondang dan Campaka



Cidaun dan Jayanti, sejak dibangun Lintas Selatan Jabar jadi terkenal. Langsung terhubung ke jalur yang sama dengan Pangandaran.



Situs Gunung Padang




Tiga
Spoiler for 3:

3. Malang, Jatim 3530,65 km2



Batas: Kota Malang, Kota Batu, Pasuruan, Mojokerto, Probolinggo, Blitar, Kediri, Lumajang, Samudera Hindia



Spoiler for landmark:

Apel malang


Bakso malang


Gunung Bromo dan Semeru. Puncak Semeru sih masuk wilayah Lumajang


Pesugihan Gunung Kawi! Tsnya juga baru tau
Makasih om akukacau yang mau membetulkan fotonya. Harusnya ini


Tentunya AREMA





Dua
Spoiler for 2:

2. Sukabumi, Jabar 4145,70 km2



Batas: Bogor, Lebak, Samudera Hindia, Cianjur



Spoiler for landmarks:

Ujung Genteng



Pelabuhan Ratu (Kidul )


Pabrik Air Minum Kemasan


Citarik (paling top main arung jeram di sini)


Taman Selabintana, tersembunyi akses ke puncak dan kawah Gede-Pangrango.




Satu, banyak yg udah tau!
Spoiler for 1:

1. Banyuwangi, Jatim 5782,40 km2 (kurang lebih seluas daratan Jabodetabek)



Batas: Jembrana (Selat Bali), Situbondo, Lumajang, Jember, Bondowoso, Samudera Hindia



Spoiler for landmark:

Pelabuhan Ketapang


Kawah Ijen


TN Baluran (banyak permintaan dari Kaskuser. TN ini sebagian besar di Situbondo)


Koreksi lagi
Quote:Original Posted By brght
Maaf info aja TS Baluran hampir semua wilayahnya masuk teritori Situbondo, yang nyumbang luasnya Banyuwangi itu TN Alas Purwo, jadi ane suka becanda bahwa Kecamatan Tegaldelimo adalah kecamatan paling luas se jawa timur, karena didalamnya ada Alas Purwo, kalo Meru Betiri masih sebagian masuk Jember


Alas Purwo, setelah ane cek Maps ini UJUNG PALING TIMUR JAWA

TN Meru Betiri


Api biru kawah Ijen


Teluk Hijau, salah satu wilayah terujung di Jawa




Cekipret eh cekibrot peringkat 6-10

Spoiler for 6-10:


6. Jember 3092,64 km2


7. Garut 3074,07 km2


8. Pandeglang 2746,89 km2


9. Bogor 2710,62 km2 (penyangga Jakarta, ini salah satu kabupaten dengan batas terbanyak di Jawa: Lebak, Depok, Sukabumi, Tangerang, Tangsel, Karawang, Cianjur, Bekasi, Kota Bogor, berbatasan ga langsung sama Serang dan Purwakarta, bahkan dulu Jakarta)


10. Ciamis 2424,71 km2


11. Bojonegoro 2198,79 km2


12. Cilacap 2124,27 km2

Ane coba bahas di bawah ya



Cilacap dan Brebes ga masuk terluas secara wilayah, tapi menurut ane masuk terluas wilayah yang dilewati jalur utama mudik. Makanya pas masuk daerah itu perasaan jalan ga abis abis

Closing

Sudah tau kan wilayah terluas di Jawa? Nah udah dulu ane bahas 5 terluas dan bonus 7 daerah lain. Di thread berikut ane akan bahas 5 kota terluas di Jawa. Sekian!

Ngomong-ngomong jangan lupa bantu dan , kalo ga suka jangan apalagi bad rate.

Budayakan komeng, terutama kalo itu kota tinggal/kampung halaman agan

Daftar sumur
Quote:


Sumur dari semua sumur: indonesiadata.co.id (statistik 2010). Ane cek dengan datanya wikipedia dan google ternyata cuma beda tipis.

Sumber peta: wikipedia, istimewa
Sumber lambang: wikipedia
Sumber foto: istimewa


Quote:
Post-thread

Makasih yg kasih ane 3 cendol ijo

Komennya jg "niat abis" "bikin sendiri" "nice thread". Ane jadi


Wew Cilacap masuk ya
Dekey kota ane tuh.
luas gara2 ada Nusakambangan
Quote:Original Posted By sentelop
kabupaten terluas kedua jateng grobogan bro ibu kota purwodadi




Quote:Original Posted By nullahfx
Ngomong ngomong wilayah Cilacap dan Brebes gan, bentar lagi nih bakalan banyak yang melintasi jalur ini. Arus mudik bentar lagi bakalan melonjak.
Malang, salah satu kota yang pengen ane kunjungi juga gan. Tapi keindahan kota yang lain juga bagus. Indonesia emang kaya dengan keindahan alamnya gan, cuma sayangnya kita yang kurang bisa menjaga.


Quote:Original Posted By dimasrko
Daerah ane gak masuk 5 besar gan, tapi gapapa masih masuk 10 besar.
Ciamis ke 10


Quote:Original Posted By LeoKristian

Ane asli Banyuwangi gan, jarak perjalanan darat dari ujung barat sampai ujung timur Banyuwangi (dari Baluran ke Kalibaru) kira2 120 km gan , dari ujung utara jangan tanya deh, bayangin aja dari Gunung Ijen sampai Sukamade



Quote:Original Posted By momod.bianca90
ternyata begitu ya kakak
yeaayyy sukabumi masuk list
jadi pengen balik kesana
eh banyuwangi juga luas toh ya


Orang sukabumi?

Tumben komen panjang amat, biasanya oneliner. Udah tobat?

Quote:Original Posted By scania42
padahal malang sudah dikurangi luas kota batu, tapi masih luas jg


Quote:Original Posted By akhirbulanmei
WUIH
Juaranya BANYUWANGI ya ternyata
Luas banget ya gan

===
sudah kuduga kalo kab malang masuk list kab terluas,,
lawang-kepanjen-kasembon masih masuk wilayah ngalam gan
pernah muter pake motor
Quote:Original Posted By christalbening
Ciamis daerah asal ane gan tapi sayang dulu Ciamis tuh gabung sama Pangandaran, sekarang Pangandaran jadi daerah pemekaran CMIIW


Quote:Original Posted By rizkyvadilla
pertama liat judulnya udah ada feeling kalo kabupaten ane yang terluas
ternyata beneran BANYUWANGI
LAROS mana suaranya ?


Quote:Original Posted By cemaw
kabupaten di banten buset dah luas amat , andaikan negara udah jadi negara kecil sekelas monacco kali tuh kabupaten di banten


Quote:Original Posted By zainal333
Woow ternyata banyuwangi seluas itu ya gan..ane kira biasa aja.


Quote:Original Posted By papang145
di kira ane sukabumi.pling luas teryata msh ada yg lbh luas. ane orang skbmi msh blm ke injek smua daerah ane
Quote:Original Posted By estidi
Banyuwangi ane malah gak tau kalo seluas itu, biasanya cuma lewat kalo mau ke bali sih

Kebetulan ane tinggal di kota malang, dan emang kabupaten malang itu gede bgt dan mengelilingi kota malang (jadi kota malang itu kek vatikan yg dikelilingi italia )
Ane pernah dari pusat kota nyetir udah beberapa jam ke arah selatan, pas cek lokasi ternyata masih di malang


Quote:Original Posted By danidanial


keselatan paling kalau tugas keliling ke kecamatan.. CAMPAKA, SUKANAGARA, PAGELARAN, KADUPANDAK, CIJATI, CIDAUN, SINDANGBARANG, AGRABINTA, LELES, PASIRKUDA, TANGGEUNG, TAKOKAK, CIBINONG, CAMPAKAMULYA,.


Akpipis turun
Quote:Original Posted By adel14


Kabupaten Tasikmalaya gan
2.712,52 km2
Sumber


Quote:Original Posted By gusticr
Banyuwangi mah emang top lah. Ane asli sebelah, gan. Jember. Haha. Masuk 6 besar ya? Emang luas banget gan. Ane tinggal di perbatasan jember-lumajang. Mau ke jember kota kurang lebih 40 km. Kalo ke lumajang kota 17 km gan.
Oya, btw, di jember yang tekenal, JFC nya gan. Hahaha


Quote:Original Posted By diejavu8888
Ternyata tempat kelahiran dan tempat tinggal ane luas juga ya...ntar lg agustusan ni agan2...pasti ada festival Jember Fashion Carnaval yang namanya sudah mendunia sebagai catwalk terpanjang di dunia...hayuk main2 ke Jember...


Quote:Original Posted By anggatongo
iya gan tempat ane jg nih Cianjur.. satu lagi yg lagi nge Hitz di Cianjur situs megalitikum terbesar se Asia tenggara yaitu GUNUNG PADANG tepatnya di kec.Cempaka Cianjur



Quote:Original Posted By siskajey
wah kabupaten ane sukabumi, udah mau dimekarin 2x .jadi bagi 3. kota sukabumi, kab.sukabumi1, kab.sukabumi 2.haha 5 10 taun kemudian boleh jadi 3 kabupaten. susah acses jalannya sukabumi cuman punya 1 jalur doang..


Quote:Original Posted By hateisworthless
mantap gan
tanah kelahiran ane banyuwangi ada di list



Quote:Original Posted By oblivionjr
Ia bner kaya yg TS rasain,kalo kota Cilacap emang luas daerahnya. Setelah memasuki kota Cilacap dari arah Purwokerto menuju perbatasan Jawa Barat aja bisa mpe 1,5/2jm naik mobil.


Quote:Original Posted By diejavu8888

yang asli jember ya Anang, Dewi Persik, Bayu Gatra dan Andik Vermansyah (pemain timnas PSSI), Opick dan jng lupa Kapolri Kita sekarang Bpk Badrodin Haiti juga dari Jember, keluarga Nadine, Marcell dan Mischa Chandrawinata juga dari Jember, George Rudy (bintang laga thn 80an / temen tante ane pas SMA dulu)
Malang dengan Bakso malangnya gan
Bakso favorit ane tuh
Quote:Original Posted By abrekok
baru tau cugenang cianjur penghasil beras unggulan.
bukannya warungkondang dengan beras pandan wanginya.

tambahan situs bersejarah


Quote:Original Posted By FireStormBoyz
Wew Cilacap masuk ya
Dekey kota ane tuh.
luas gara2 ada Nusakambangan


Tanpa nusakambangan segede brebes kali

Ane kira cilacap ini udah top 5 eh taunya sama tetangga ane Bogor kalah

Quote:Original Posted By xsimalakamax
beras terbaik Cianjur itu kebanyakan dari campaka, warung kondang, sukamulya gan.cugenang udah terbilang langka
btw ane orang cugenang gan


Quote:Original Posted By vanmook
gw yg anak mlg prnah ngerasain pjlanan dri kcamatan kasembon palng barat kab. malang k paling timur kab malang kec ampelgading masih 3 jam an.. biuh capeknya gann...
mending mlang kota k surabaya aja dah.. 2 jam nympe
waduh liat bakso malang jadi laper
Haha ane udah yakin Sukabumi masuk, ente harus main kesini bro. Destinasi wisatanya masih top
Banyak kebon ama sawahnya sih bnr gk gan? Ah elah
Cilacap masuk yey
Quote:Original Posted By giustyadi
Haha ane udah yakin Sukabumi masuk, ente harus main kesini bro. Destinasi wisatanya masih top


Akses ke sana masih sering macet gan jd males ke sana

Ane jg keknya ga boleh sm keluarga. Eyang ga kuat angin, adek ane takut macem-macem di pantai selatan...
pagewan ajadah...
Quote:Original Posted By khewoood
Banyak kebon ama sawahnya sih bnr gk gan? Ah elah


Bener ente

Terbukti dari kepadatan (cek aja wikipedia)
Bogor emang lumayan luas, berbatasan sama banyak wilayah
Dari kecil tinggal disini aja masih banyak daerah Bogor yg belom ada datengin
Cianjur termasuk luas juga ya gan...
Enak tuh kalo ke cianjur pasti lewatin puncak... seru dingin banget disana..
cianjur iya besar juga tuh
Ternyata banyuwangi yang diujung timur juaranyah
Kebanyakan jawa barat sama timur, jawa tengah sama diy gak ada el
Baru tau ane...
Btw bakso malangnya bikin laper euy...
Daerah ane kaga ada
Kurang luas sih
Quote:Original Posted By twisctre


Bener ente

Terbukti dari kepadatan (cek aja wikipedia)


ada yg setuju jga
iya gan, puadet gk karuan di ind apa lg jakarta
Daerah ane gak masuk 5 besar gan, tapi gapapa masih masuk 10 besar.
Ciamis ke 10
Via: Kaskus.co.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar