Pages


Kamis, 30 Juli 2015

Benarkah Kurikulum 2013 Meningkatkan Nasionalisme?



WELCOME TO MY THREAD



Haloo gan and sist kembali lagi bersama ane dengan thread yang sederhana dan semoga saja gan and sist menyukainya


Wahhh Alhamdulilah HT#3 ane nih gan makasih buat Mimin Momod dan All Kaskuser yang sudah mendukung menjadi HT

Quote:PERHATIAN!!!
Spoiler for Perhatian:

Karena konten ini berbahaya yang mengakibatkan efek samping agan and sist menyukainya
Tidak ada salahnya apabila suka dengan thread ane bagi yang udah iso sangat disarankan kasih ane

Tapi bagi yang tidak suka thread ane jangan di

Dan bagi yang belum iso bisa di rate 5 aja






Kurikulum 2013 ada kurikulum tetap yang diterapkan oleh pemerintah untuk menggantikan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) yang berlaku kurang lebih 6 tahun lamanya.
Kurikulum 2013 memiliki 3 aspek penilaian yaitu aspek pengetahuan,keterampilan,dan aspek sikap dan perilaku.
Aspek yang paling penting yaitu aspek perilaku gan,meskipun nilai bagus tapi sikap dan perilaku tidak bagus bisa saja tidak naik kelas.
Kurikulum 2013 menurut ane bagus banget gan, sekarang kita bisa lihat para generasi penerus bangsa moralnya mulai luntur tergerus oleh arus globalisasi ini,maka dari itu di Kurikulum 2013 ini juga memberi pendidikan karakter,budi pekerti,akhlak,dan nasionalisme

Kali ini ane mau berbagi beberapa peraturan yang diterapkan di Kurikulum 2013 ini gan,oke langsung aja
Cekidot Gan!


Spoiler for Pertama:

1.Seragam Sekolah


Seragam sekolah saat ini ada beberapa tambahan,dengan ditambah badges nama di dada sebelah kanan.Dan disebelah kiri di atas kantong ada tambahan badges bendera Merah Putih,di beberapa sekolah juga ditambah "Aku Benci Narkoba"

Banyak siswa yang masih mengeluh tentang ditambahkannya badges ini,menurut mereka terlalu ribet .Tapi menurut ane ini bagus dan ditambah bendera Merah Putih,ane jadi makin tambah bangga gan pas pake... Ini salah satu untuk menambah rasa nasionalisme gan


Spoiler for Kedua:

2.Pramuka


Di Kurikulum 2013 ini seluruh siswa diwajibkan untuk Pramuka setiap hari rabu nya dan menjadi indikator penting untuk menentukan kenaikan kelas gan,kalo gak ikut ya tinggal kelas

Tapi masih banyak gan siswa yang mengeluh dengan diwajibkan nya Pramuka ini,sebenarnya kegiatan Pramuka ini hanya mengambil jam sebentar.Bagus dengan digiatkan lagi Pramuka ini,di Pramuka siswa akan mendapat banyak hal .
Ane sendiri ngerasain gan manfaat ikut Pramuka,soalnya ane anggota pramuka di sekolah. Sebenernya dibedain gan Pramuka yang biasa dengan yang anggota Pramuka Inti,kalau yang inti bisa membantu Pembina dalam hal pelaksanaan kegiatan,kalau yang biasa yaa gak



Spoiler for Ketiga:

Kerohanian


Sebelum memulai kegiatan belajar,para siswa menjalankan kerohanian. Bagi yang beragama muslim membaca Al-Quran,dan yang Nasrani mengadakan kebaktian

Bagus dengan adanya kegiatan kerohanian sebelum belajar ini,biar hati mantep dalam kegiatan belajar


Spoiler for Keempat:

4.Bendera Di Dalam Kelas


Nah setiap kelas diwajibkan ada Bendera Merah Putih gan,bukan semata-mata cuma buat pajangan gan tapi agar siswa lebih mencintai Indonesia


Spoiler for Kelima:

5.Menyanyikan Lagu Kebangsaan



Peraturan terbaru,yang diadakan pada tahun 2015 ini gan setelah kerohanian,dan sebelum belajar semua siswa menyanyikan lagu "Indonesia Raya" dipimpin oleh salah satu perwakilan di setiap kelas masing-masing

Jujur gan,ane saat berdiri sebelum belajar nyanyi Indonesia Raya ane merinding gan tapi bukan merinding karna takut,ini juga sebagai cara untuk meningkatkan nasionalisme pada diri setiap siswa,dimana sekarang nasionalisme mulai luntur



Spoiler for Keenam:

6.Membaca Buku Sebelum Pelajaran Bahasa Indonesia


Ini juga merupakan peraturan baru gan,jadi sebelum pelajaran Bahasa Indonesia itu diwajibkan membaca buku apa saja gan dan diberi waktu 15 menit,katanya supaya anak-anak jadi rajin membaca buku dan tidak malas lagi.



Nah itu tadi peraturan-peraturan yang diterapkan Kurikulum 2013 gan
Menurut ane semua peraturan itu bagus,tapi kenapa masih banyak yang bilang ribet lah dan sebagainya..
Ayo seluruh pelajar jangan merasa terbebani dengan peraturan-peraturan itu,toh itu semua peraturan untuk kebaikan kita dan juga Negara Indonesia,agar di masa depan Indonesia menjadi bangsa yang maju yang diidamkan oleh bapak pendiri bangsa kita
Kalo bukan sekarang kapan lagi? Masih mau terus liat Indonesia seperti ini? Marilah kita generasi emas Penerus Bangsa kita bangun bangsa dan negara ini agar lebih maju dari sekarang dan tidak dipandang sebelah mata oleh dunia


JAYALAH INDONESIAKU!!!

Kaskuser Yang Bijak Selalu Tinggalkan Komen Yang Bagus
Sekian


Quote:Sumber dari diri TS sendiri dan gambar dari mbah google

Quote:Rekomen HT

Quote:Mampir Thread Ane Yang Lain:
Faktor Kenapa Sahur On The Road Dilarang HT#1
9 Tempat Tidur Anti Mainstream HT#2
In Dia 3D Ocean Floor Yang Keren!


Reserved
Mudahan aja bisa meningkatkan
ya mmg bener sih aspek sikap dan perilaku wajib dibenamkan sejak dini
agar generasi muda gak ngawur alias asal ngikutin trend dan mengunyah nya secara mentah2
apalagi masalah pergaulan
Semuanya ane setuju
kecuali yang tulisan di seragam itu gan..
itu kalimat negatif, yang ada siswa bakal lebih sering baca tulisan narkoba

Ibarat sebuah iklan, misal kita sering liat di TV iklan mi sed4p, dari pagi sampe malem ngeliat iklan mie sed4p mulu.. pas mau beli mie ke warung dan liat ada mie sed4p disitu otomatis yang diambil adalah mie sedap kan..

jadi meskipun itu kalimat negatif siswa pasti akan fokus pada kata "NARKOBA"nya bukan kata bencinya, karna yang jadi objek pada kalimat tersebut adalah Narkoba, yang ada malah nanti siswa malah penasaran narkoba itu seperti apa dan mencoba untuk memakaiya..

Nah untuk itu ane mungkin punya beberapa solusi agar kata-kata tersebut bukanlah kata negatif, melainkan diubah menjadi kata positif seperti "Aku Suka Vitamin" "Aku Orang Jujur" "Aku Orang Pintar" "Aku rajin belajar" dan sebagainya..
Kyk Jersey bola aja seragamnya banyak tulisan tulisan...
Quote:Original Posted By basyirlingga
Mudahan aja bisa meningkatkan


Semogaa ajaa gann
Quote:Original Posted By ularpiton
Semuanya ane setuju
kecuali yang tulisan di seragam itu gan..
itu kalimat negatif, yang ada siswa bakal lebih sering baca tulisan narkoba


Bener gan,tulisan itu ngak banget dech
Quote:Original Posted By andhikasukma
ya mmg bener sih aspek sikap dan perilaku wajib dibenamkan sejak dini
agar generasi muda gak ngawur alias asal ngikutin trend dan mengunyah nya secara mentah2
apalagi masalah pergaulan


Wiih RL daerah ane nih
Nah iya gan,anak sekarang cenderung lebih nerima yg negatif yg menurut mereka keren
Quote:Original Posted By ularpiton
Semuanya ane setuju
kecuali yang tulisan di seragam itu gan..
itu kalimat negatif, yang ada siswa bakal lebih sering baca tulisan narkoba

Ibarat sebuah iklan, misal kita sering liat di TV iklan mi sed4p, dari pagi sampe malem ngeliat iklan mie sed4p mulu.. pas mau beli mie ke warung dan liat ada mie sed4p disitu otomatis yang diambil adalah mie sedap kan..

jadi meskipun itu kalimat negatif siswa pasti akan fokus pada kata "NARKOBA"nya bukan kata bencinya, karna yang jadi objek pada kalimat tersebut adalah Narkoba, yang ada malah nanti siswa malah penasaran narkoba itu seperti apa dan mencoba untuk memakaiya..

Nah untuk itu ane mungkin punya beberapa solusi agar kata-kata tersebut bukanlah kata negatif, melainkan diubah menjadi kata positif seperti "Aku Suka Vitamin" "Aku Orang Jujur" "Aku Orang Pintar" "Aku rajin belajar" dan sebagainya..


Tujuan bener tapi , yaa ane juga sependapat sama agan. Tapi kan juga siswa bisa milah mana yg baik mana buruk
pramuka, kerohanian, bendera di dalam kelas, nyanyi lagu kebangsaan udah ada di sekolah ane sebelum kurikulum 2013 ada, masih pake KTSP waktu itu
justru yg bikin ane bingung, gonta ganti kurikulum perasaan ga ada bedanya, sama aja, sekolah ya gitu2 aja, dibuka dengan MOS ditutup dengan UN
yang beda cuma nama kurikulumnya
kalopun ada yg berubah ane ga yakin itu karna kurikulumnya, tapi karna siswanya sendiri
Dari orangnya aja

Kalo ktsp aja jg cukup sih... Buktinya di sekolah saya
sejujurnya masih terbilang kurikulum yg gak jelas
Quote:Original Posted By basyirlingga
Mudahan aja bisa meningkatkan


bntu juga bray jgn cuma doa wakakaka
iyh keren gan sekarang seragam nya ada bendera merah putih nya
Ane sih dulu masih pake yang 2006 gan
tapi kebanyakan materi pelajaran harus dicari sendiri dan guru cuma sebagai pengawas dan fasilitator.
Quote:Original Posted By mayaaaaaa
pramuka, kerohanian, bendera di dalam kelas, nyanyi lagu kebangsaan udah ada di sekolah ane sebelum kurikulum 2013 ada, masih pake KTSP waktu itu
justru yg bikin ane bingung, gonta ganti kurikulum perasaan ga ada bedanya, sama aja, sekolah ya gitu2 aja, dibuka dengan MOS ditutup dengan UN
yang beda cuma nama kurikulumnya
kalopun ada yg berubah ane ga yakin itu karna kurikulumnya, tapi karna siswanya sendiri


Coba sist yg rasain bedanya ktsp sama k13 ane udah rasain dua-duanya dan beda
Mantap tuh klo bener bener bisa diterapkan. Jadi pembentukan moral dan perilaku dimulai dari sekolah sejak dini.. Mudah2an di rumah dsn lingkungan sekitar juga mendukung kurikulum ini
Quote:Original Posted By cocacola
Kyk Jersey bola aja seragamnya banyak tulisan tulisan...


Kalo ane sih cuma nama sama bendera
Via: Kaskus.co.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar