Pages


Kamis, 30 Juli 2015

Dreams-Dilema Masuk Kuliah

Assalammualaikum wr. wb



Alhamdulillah HT gan, terimakasih atas bantuannya buat semua, yang ngasih cendol juga. Semoga bermanfaat !!


Spoiler for Ga bakal repost:
InsyaAllah ga bakal repost gan, soalnya ini murni ketikan ane sendiri, mungkin banyak yang temanya sama tapi isi dijamin beda


Banyak orang sukses didunia ini yang nggak lulus kuliah gan, banyak banget. Sebut saja Bill Gates, Steve Jobs, Mark Zuckerberg, Top Ittipat (rumput laut Tao kae noi). Tapi at least mereka udah pernah masuk kuliah walaupun akhirnya drop out . Disini kuliah emang nggak menjamin kita sukses kedepannya gan, banyak dosen yang bilang kalo mau kaya ngapain kuliah, mending dagang aja. Ini emang bener gan, ga salah kok. Bagi ane sendiri kuliah itu lebih ke tempat mematangkan mimpi agan sekalian. Nama nama diatas misalnya, mereka memasak mimpinya pas kuliah gan. Ketika dirasa udah matang akhirnya mereka memilih drop out. Contohnya aja Zuckerberg, awalnya facebook itu dibuat untuk kalangan mahasiswa harvard aja. Mungkin kalo Zuckerberg tidak kuliah di harvard, facebook tidak akan pernah ada. Yah, disinilah peran kuliah untuk "mematangkan" impian.

Quote:Gue g tau mau masuk jurusan apa


Kalo yang ini gokil nih gan, banyak nih yang kayak gini. Mau masuk jurusan apa terserah flat flat aja. Biasanya baru ketemu mimpinya apa pas udah kuliah. Terus akhirnya bimbang, sedih, nyesel campur aduk. Makanya buat agan yang belum terlambat coba merenung dulu deh. Meditasi seminggu cukup kali ya buat menemukan mimpi agan. Kalo kata guru ane sih "pilih bidang yang lo rela lakuin pekerjaan itu siang malem tanpa dibayar sepeserpun, bidang yang memicu rasa ingin tahu lo, bahkan pas lo sibuk, lo rela meluangkan waktu buat sekedar browsing browsing bidang tersebut" lebih ke hobi dan minat agan sebenernya.


Quote:Nggak masuk dijurusan yang diidamkan, ya udahlah mungkin bukan takdir gue


Banyak juga nih yang bilang gini sebagai dalih gak lulus sbmptn, UM, dsb. Padahal kesalahan ada pada diri mereka sendiri. Persiapan buat tes masuk univ itu nggak cukup sebulan dua bulan kelar, harus diperkirakan dulu seberapa tingkat persaingan di jurusan yang dipengenin terus butuh persiapan belajar berapa lama dengan tingkat kemampuan agan. Kalau agan berusaha dengan maksimal pasti bisa. Karena saingan masuk univ itu ada yang persiapannya sampai 2 tahun, ya 2 tahun . Jadi buat agan sekalian yang masih kelas 1-2 sma, monggo dipersiapkan dari sekarang. Karena kalo ntar nyesel, nyeselnya tuh ga bakal gampang ilangnya gan. suwer.


Quote:Pengen membahagiakan orang tua, merelakan mimpi kita sendiri


Dilema tersuram dalam hidup mungkin ya. Kadang emang keinginan kita g sejalan dengan orang tua. Dan akhirnya kitalah yang mengalah dan mengikuti keinginan orang tua masuk ke jurusan yang sebenernya g kita pengenin. Kalo untuk yang ini tergantung sudut pandang kita sendiri. Ada yang menganggap keinginan orang tua itu sebagai jalan terbaik untuk kita ambil. Ya ini nggak salah karena keinginan orang tua pasti juga ada alasan tersendiri untuk kebaikan kita. Banyak orang yang sukses karena ngikutin keinginan orang tuanya masuk ke jurusan tertentu. Tapi mari kita jujur dengan diri sendiri gan, apakah kelak agan akan bahagia dengan kuliah dan pekerjaan agan? Kalo agan merasa nggak akan bahagia jangan ikuti keinginan ortu. Karena mimpi itu kayak milih jodoh gan, harus dipikirin mateng mateng, dari hati agan sendiri. Jangan sampe cerai. Coba ngomong ke orang tua baik baik kayak di film 3 idiot gan, dan buktikan kalau pilihanmu tidak salah.


Quote:Take the risk, get your dream come true


kata kata diatas bukan motto salah satu bimbel ya gan Maksud take the risk disini apa sih? Ini khusus buat agan yang belum berhasil masuk jurusan impian dan agan yang salah jurusan. Berani gak kalo misalnya kita ngulang tes masuk tahun depan? Yah kan rugi udah dapat kuliah setahun, masak ngulang? iya gan ngulang aja. suwer. Untuk mematangkan mimpi yang akan kita jalani sebagai profesi disisa umur kita kelak apalah arti ngulang setahun, bandingkan jika agan harus bertahan berpuluh tahun untuk kuliah dan bekerja dijurusan yang agan g suka. Padahal pekerjaan ini akan kita lakukan sampai pensiun kelak. Coba direnungkan gan .Sebenarnya dengan kita ngulang tahun depan itu banyak keuntungannya gan. Nih beberapa bakal ane jabarin. Yang pertama kita bakal ngrasain berjuang hingga akhir, kita akan lebih memahami arti perjuangan yang sebenarnya gan. Kalau kita masih gagal, inilah saatnya agan ngomong "bukan takdir gue di jurusan itu" dan syukuri jurusan yang agan dapet, pasti agan akan lebih fokus dalam kuliah. Yang kedua, mengenal jati diri agan sendiri. Kalo yang ini khusus buat agan yang g nerusin kuliahnya buat ngulang tahun depan. Kita dapat melakukan hobi kita yang selama ini sulit kita lakukan karena sibuk sekolah. Lebih menata kehidupan dan membuat life planning untuk masa depan. Yang ketiga, bertemu dengan orang orang hebat dimasa depan. Ini buat agan yang ikut bimbel kelas alumni. Kita akan bertemu dengan teman teman seperjuangan yang rela berjuang hingga akhir seperti agan. Mereka adalah orang yang kuat dan tidak mudah goyah. Saat itulah agan sadar bahwa mengulang setahun adalah karunia Tuhan. waktu setahun itu pasti kelak akan berbekas dihati agan sekalian


Quote:Drop Out ?


Yang pengen saya tekankan disini ketika agan bimbang akan drop out atau tidak karena mungkin sudah punya rencana lain, tanyalah pada diri agan sendiri : Sudah matangkah mimpi agan? Maksud matang itu planning agan harus jelas, apakah agan yakin kalau drop out masa depan agan akan lebih baik? Jangan sampai kebimbangan ini menjadi pelarian agan karena agan g betah kuliah Mereka yang drop out dan berhasil adalah yang mengetahui tingkat kematangan mimpinya dan mengerti kapan waktu yang tepat untuk drop out.


Spoiler for Sharing dari para kakak tingkat:

Quote:Original Posted By anoman_obong
buat yang baru lulus SMA, kehidupan kampus itu emang kadang bikin kaget.. salah satunya karena kita dituntut buat lebih tanggung jawab dan mandiri..

tapi di situlah poinnya menurut ane.. apapun jurusan kita, selesai ataupun enggak luliah kita, di manapun nantinya kita kerja, nggak peduli nyambung atau enggak sama jurusannya, kuliah itu pada intinya membentuk karakter gan..

seorang sarjana dan seorang lulusan SMP bisa aja sama2 jualan bakso.. tapi pemikiran yang udah kebentuk di otak seorang sarjana bisa ngedorong dia bikin sesuatu yang beda dengan bakso dagangannya.. manfaatin socmed lah, bikin nama dan tampilan yg kreatif lah, buka peluang franchise lah, dll..

kuliah itu nggak pernah mubazir gan.. ilmu bisa dipelajari dari buku, tapi karakter enggak.. dia harus dibentuk dari keseharian..

ah.. jadi kangen masa kuliah..


Quote:Original Posted By pantat.keong
pengalaman ane selama daftar ptn kalo di itung2 udah 10 kali lebih ane ditolak ptn
untuk kaskuser yang emang mengimpikan jurusan idaman, persiapkan dari awal karena sumpah bener apa yg dikatakan ts kalo ditolak ptn berkali-kali itu nyesek nya minta ampun


Quote:Original Posted By stere0
Ane tahun 2014 tahun lalu keterima di kampus seni di jogja gan tapi apa daya ortu ane nggk ngasi restu krna ktanya mau makan apa dari seni, udh smpe kering nih mulut ngasih pengertian gan tpi ortu tetep bersikeras masukin ane ke kmpus pertanian gan. Dengan adanya kejadian itu gan ane yakin memang itulah jalan Tuhan gan dan ane tetep blng dalam hati bahwa ane tetap diuntungkan dalam setiap kejadian. Btw kisah ane sma bnget sama si raju di 3 idiot sama2 suka fotografi


Quote:Original Posted By hyuggahusna7588
bagus gan...
kebetulan ane juga pejuang dan alhamdulillah gak siasia...
tapi setahun kuliah juga punya teman yang udh akrab
problem ane.sekarang gan


Quote:Original Posted By ApRock
Dulu pas masuk SMA ane pengen bgt masuk ipa soalnya mau ngambil IT buat kuliahnya...
eh ternyata emg nilai lebih tinggi di ips, jadi masuklah ke ips...

Setelah masuk ips, sedikit demi sedikit udh ilang rasa pengen masuk ke IT dan mau milih psikologi/sastra inggris utk kuliahnya...

eh malah sekarang setelah gadapet pengumuman snm,sbm & um malah nyangkut di t*lkm bandung, dan jurusannya m.informatika

antara sedih sm bingung jg si awalnya, tp coba jalanin aja dulu hehehe


Quote:Original Posted By imao
Dulu jujur ane mati-matian dan fix ingin ke FIKOM gan, terus ikut test ini itu gamasuk jurusan fikom (ane dari IPA btw dan ngambil kuliah IPS murni semua) trus semuanya gaada yang masuk baik itu sbmptn maupun snmptn. Abis itu ane daftar swasta dgn pilihan pertama tetap fikom dan keduanya dstnya design, kebetulan pilihan kedua ane DKV, ane pikir ane mampu dalam bidang seni dan komunikasi karena pas psikotest emang cenderung ke seni tapi ga ke komunikasi sih,tapi ane bertekad untuk tetap masuk fikom. Ternyata ga keterima juga ke fikom dan keterimanya di DKV..

Mungkin emang jalannya DKV sih, trus pas dijalanin Alhamdulillah ga bikin ane stress, karena ane dpt restu dan dorongan dari ortu juga dan nurut ke ortu buat ngambil itu..


Quote:Original Posted By rozan262626
nih gan kisah ane:
dulu ane pernah ditanya
"cita2nya pengin jadi apa?"

ane jawab pekerjaan yg menurut ane keren dan emang mimpi ane dulu
"ingin jadi ARSITEK'

dan seiring berjalanya waktu ane minder gan masuk arsitektur karena ane merasa kurang bakat.

tapi alhamdulillah sekarang ane berani ambil resiko dan berhasil diterima jadi maba arsitektur di salah satu kampus favorit di indonesia



*pejwan kalo berkenan


Quote:Original Posted By sepulturi
ane pengen share nih gan.
ane merasa yakin dengan impian ane malah udah pas pertengahan kuliah gan, sebelumnya flat2 aja dan ngikutin arus, maklum setelah tamat SMA masih belum punya impian dan masih bimbang mau kerja di bidang apa nantinya. nah, trus kebetulan paman ane baru aja lolos jadi guru gan, jadi ane disuruh masuk FKIP. yaudah ane ngikut aja karna dia bilangnya enakkan jadi pns.

4 semester berlalu baru ane sadar ane ga cocok disini, cocoknya dibidang lain gan. mau pindah rasanya udah ga enak sama orang tua gan udah nyekolahin gini, dananya juga besar kan. nah yaudah ane berinisiatif untuk meneruskan kuliah dan sejak saat itu ane belajar sendiri menekuni hobi ane gan. ane berusaha dalam kedua bidang ini gan dan ingin membuat orang tua bangga. dan alhamdulillah ane lulus dengan predikat cumlaude gan

singkat cerita, sekarang ane kerja jadi front end developer gan, ane ga nyangka bisa kerja sesuai impian ane padahal ijazah ane dari bidang berbeda. dan dibidang lain ane juga bisa main musik gan, jadi setiap berapa kali seminggu ane manggung di cafe2, cukuplah buat makan sehari2 . ane teringat dengan quote yang pernah ane baca (sumbernya lupa) , pekerjaan yang terbaik adalah hobi yang dibayar. ini yang menjadi pegangan ane gan.

bagi adik-adik yang mau nerusin ke jenjang perkuliahan, coba pikirkan matang2 dulu jurusan yang kalian mau ambil, karena kalo kita tersadar di pertengahan kuliah itu memang sangat tidak mengenakan. tapi kalo udah terlanjur kuliah di jurusan lain, keputusan ada ditangan kalian, kuliah dilanjutkan sambil menekuni hobi kayak ane atau pindah ke jurusan yang diinginkan .tapi ingat jangan mudah putus asa, jangan cuman impian yang sekedar anget2 taik ayam, sekarang punya impian ini,besok beda lagi. ya boleh aja sih asal konsisten nekunin, tapi kalo semuanya jadi terbengkalai gimana? pesan ane keep practice,tetap konsisten, pasang kacamata kuda, dan jangan lupa berdoa


Quote:Original Posted By arfi.ardian
awas gan, kalau kita menganggap cita2 atau mimpi itu hanya sekadar profesi, nanti jadinya ada yg sejalan sama ga sejalan sama jurusan. tapi kalau cita2nya seperti kepingin jadi orang yang bisa membangun panti asuhan, berpengaruh bagi banyak orang, bermanfaat bagi bangsa dan negara, kepingin menjadi salah satu orang yang punya pengaruh di negara ini, dll. nah kalau mimpinya seperti itu nanti jalannya akan panjang, jadi jurusan kuliah ga terlalu berpengaruh kalau menurut ane. tapi kembali lg ke masing2 kita, mimpi kita itu mimpi profesi atau mimpi yg lebih jauh ke depan.. CMIIW


Quote:Original Posted By dewan085
ane tadi siang dapet pencerahan dari guru sosio ane gan, jadi kata beliau "ambilah jurusan yang menurut mu bisa bukan berdasarkan nilai, banyak orang yg ngambil jurusan berdasarkan nilai tertinggi, tp itu salah" trus ada 1 lagi "banyak orang tua yang men nge les kan anaknya agar belajar di mata pelajaran yg anaknya tidak bisa, padahal seharusnya mereka mengeleskan di mata pelajaran yg dikuasai anak nya, biar anaknya bisa jd ahli, orang orang banyak yg mencari orang yg ahli di suatu bidang bukan ahli di semua bidang" itu sih yg ane tangkep dr penjelasan guru ane tadi,.


Quote:Original Posted By gilangahadi
mau share pengalaman juga, gue seorang mahasiswa yang emang masuk kuliah dengan jurusan yang di pilih oleh ortu gue, gue akuin jurusan yang di pilih ortu gue emang punya prospek kerja yg terbilang bagus di masa depan, jalaninnya si berat, hati gapernah ikhlas ngelakuin ini itu di kampus.
tersirat dari benak gue "kenapa kok harus acak kadul gini jalaninnya, kalo bisa bener kenapa enggak?", akhirnya gue putusin buat ngerubah itu semua dengan keterpaksaan di diri gue buat belajar terus di jurusan ini sampai gue mendapatkan apa yg dinamakan "hasil maksimal dari keterpaksaan", dan rasanya emang campur aduk antara senang dan kecewa, tapi di dunia ini kita cuma bisa jalanin yg terbaik, ga semua yg kita impi impikan berjalan mulus semulus pantat bayi, semua butuh pengorbanan, dan apapun itu, "just do it" lakukan lakukan lakukan jangan takut dengan ini itu yang bakalan membuat lo terpaku gak ngelakuin apa apa, jurusan apapun yg lo ambil di kampus jangan sampai jadi batas buat lo ngeraih impian.


Quote:Original Posted By ludyaoreza
ane taun ini masuk filsafat UGM gan masa bodo dah sm orang2 yg bilang madesu, atheis, dll. yang penting ane enjoy sama ini jurusan daripada masuk ke yg beken tp bikin stress


Quote:Original Posted By S.R.F.Art
setubuh lah sama agan,

Alhamdulillah sih ane kuliah yang emang di passion ane. Prinsip ane sih, "buat apa kuliah di bidang ilmu yang ga dicintai", karna ya itu menyangkut masa depan, terutama kerja. bener bngt juga yg kata2nya guru agan, dan ane ngrasain banget.

Alhamdulillah juga orang tua slalu support ane, ngebebasin mau pilih jurusan mana. bahkan saat ane ga lolos snmptn, sbmptn, ortu ane mule ragu sama pilihan ane, dan tanya "...klo kmu ga ketrima mau gimana? coba masuk jurusan lain coba..." dan ane jawab "...ya coba taun depan, buat apa sekolah di bidang yg ga dicintai, mending tunda satu taun daripada nyesel kedepannya..." (pake bahasa jawa sbenernya gan , waktu itu ane cuman pilih 1 jurusan aja gan, padahal bisa 3 ato 5 gitu )

aduhh jadi curcol, maap ya gan


Spoiler for Penjelasan:
Quote:Original Posted By khi7mg
bandingin bill, jobs, mark basi banget tau nggak!!! motivasi sampah kayak gini

mereka tuh kuliah dari kampus paling beken di bumi, kita2 ini belajar sampe mampus 7 turunan juga belom tentu masuk di kampus mereka


Iya gan, sabar dulu. Bukan maksud ane membandingkan dengan bill gates dkk. Ane hanya pengen menekankan kalo kuliah itu sangat penting gan, "buat mematangkan mimpi" kita. Kalau kita merasa mimpi kita udah matang duluan sebelum lulus, misalnya karena udah punya bisnis yang mapan dan itu emang mimpi kita dari dulu, maka fungsi kuliah sebagai tempat mematangkan mimpi telah terlaksana. Tapi jika agan berpikir untuk DO, coba renungkan dulu.. apakah benar mimpi kita telah matang dengan baik? Matang itu berarti agan udah punya planning dan langkah langkah terstruktur yang bisa menjamin keberhasilan setelah DO. Hal ini penting gan karena kita bukan steve jobs yang ibu biologisnya rela melepas dia hanya untuk bisa kuliah, kita bukan bill gates yang nilai SATnya hampir sangat sempurna, kita bukan Zuckerberg yang masuk harvard, dan apakah kita punya ide brilian seperti mereka? Karena itu renungkanlah dengan bijak gan sebelum DO

Yang ane mau ambil pelajaran adalah : Mereka mematangkan mimpinya pada saat kuliah, bukan masalah DO atau tidaknya karena itu keputusan agan sendiri.

Ane mau mengatakan Kuliah itu benar benar penting gan

Quote:Original Posted By khaeruna
Bagus om trit nya...
Jadi yakin mau lanjut kuliah.
Thanks..!!!


Quote:Original Posted By orang.tinggiran
Ts abis baca artikel www.zenius.net/blog/6519/salah-milih-jurusan-kuliah ya?


iye gan, zenius yang menginspirasi ane dulu buat tetep berjuang sampe akhir. Sekarang ane berhasil masuk jurusan yang ane pengenin Ane bilang quote dari guru ane itu dari guru zenius gan. Tapi thread ini murni dari ane gan


Sumber :
-Pengalaman
-Pemikiran
-Image : Google
ane dulu malah bingung mau lanjut apa berenti dulu nunggu taun depan, padahal udah diterima
bingung gara-gara ane diterima dijurusan yang entah itu pilihan siapa, yg jelas bukan ane yg milih
tapi akhirnya ya tetep lanjut, masuk semester 3 daftar lagi, dan hasilnya... ga diterima
Bill gate aja DO tetep sukses, steve jobs aja bla bla bla sukses, PERTANYAAN NYA ADALAH ENTE BILL GATES ? ENTE STIP JOB ?
mungkin udah takdir ga masuk jurusan idaman

makasih
ada sih 1 jurusan aja gan .
hukum rimba .
kdding"
masih lama ane kuliahnya gan
Quote:Original Posted By mayaaaaaa
ane dulu malah bingung mau lanjut apa berenti dulu nunggu taun depan, padahal udah diterima
bingung gara-gara ane diterima dijurusan yang entah itu pilihan siapa, yg jelas bukan ane yg milih
tapi akhirnya ya tetep lanjut, masuk semester 3 daftar lagi, dan hasilnya... ga diterima


tetep semangat sis, yang terpenting udah berusaha sampe akhir

Quote:Original Posted By auditore31
Bill gate aja DO tetep sukses, steve jobs aja bla bla bla sukses, PERTANYAAN NYA ADALAH ENTE BILL GATES ? ENTE STIP JOB ?


Mereka sukses karena mimpinya udah matang dan tahu kapan waktu yang tepat buat DO gan, kita juga bisa sih.. tapi ya itu tadi matangin dulu mimpinya

Quote:Original Posted By uao
mungkin udah takdir ga masuk jurusan idaman

makasih


udah berusaha sampe maksimal belom gan?

Quote:Original Posted By natzten
ada sih 1 jurusan aja gan .
hukum rimba .
kdding"


Kalo ada jurusannya ane juga pengen nyoba gan

Quote:Original Posted By treko
masih lama ane kuliahnya gan


wah ini harus dipersiapkan dengan baik gan, semoga sukses
Quote:Original Posted By aha49


tetep semangat sis, yang terpenting udah berusaha sampe akhir



Mereka sukses karena mimpinya udah matang dan tahu kapan waktu yang tepat buat DO gan, kita juga bisa sih.. tapi ya itu tadi matangin dulu mimpinya



udah berusaha sampe maksimal belom gan?



Kalo ada jurusannya ane juga pengen nyoba gan



wah ini harus dipersiapkan dengan baik gan, semoga sukses


Siap gan


True story banget buat ane.
Sampai sekarang masih bingung mau pilih jurusan apa

Bagi ane, kuliah itu memang ngak penting-penting amat yang paling penting itu usaha, loe mau kuliah berapa lama pun kalau ngak mau berusaha semaksimal mungkin pasti mimpimu hanya akan menjadi mimpi.
Quote:Original Posted By ultrafh


True story banget buat ane.
Sampai sekarang masih bingung mau pilih jurusan apa

Bagi ane, kuliah itu memang ngak penting-penting amat yang paling penting itu usaha, loe mau kuliah berapa lama pun kalau ngak mau berusaha semaksimal mungkin pasti mimpimu hanya akan menjadi mimpi.


kuliah itu penting gan, tapi kuliah bukan satu satunya jalan untuk menggapai impian agan
buat yang baru lulus SMA, kehidupan kampus itu emang kadang bikin kaget.. salah satunya karena kita dituntut buat lebih tanggung jawab dan mandiri..

tapi di situlah poinnya menurut ane.. apapun jurusan kita, selesai ataupun enggak luliah kita, di manapun nantinya kita kerja, nggak peduli nyambung atau enggak sama jurusannya, kuliah itu pada intinya membentuk karakter gan..

seorang sarjana dan seorang lulusan SMP bisa aja sama2 jualan bakso.. tapi pemikiran yang udah kebentuk di otak seorang sarjana bisa ngedorong dia bikin sesuatu yang beda dengan bakso dagangannya.. manfaatin socmed lah, bikin nama dan tampilan yg kreatif lah, buka peluang franchise lah, dll..

kuliah itu nggak pernah mubazir gan.. ilmu bisa dipelajari dari buku, tapi karakter enggak.. dia harus dibentuk dari keseharian..

ah.. jadi kangen masa kuliah..
Ini true story banget gan jd mewek ane, ane skrg kuliah di jurusan yg dipilihin bokap ane gan, pdhl ane punya pilihan sendiri , tp gapapa gan ane ikhlas demi liat bokap ane seneng hehe
nice gan!
Ane udah tahun terakhir di sma .tp ane masih bingung potensi ane dimana buat lanjut di perkuliahan :'(
Wah kok masih sepi ya ni ht
ane masih bingung kuliah dimana
tapi kalau pingin nerusin usaha keluarga kira-kira dimana ya kuliah? apa di menajemen?
alhamdulillah gan tahun ini ane maba di jurusan yg sesuai dgn potensi dan minat ane.
ane juga gan masih 50:50 .=.
ngikutin pilihan orang tua dan tetep menjalani mimpi kita bagaimana pun itu caranya
wow nice infonya
Via: Kaskus.co.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar