Pages


Selasa, 04 Agustus 2015

Awas! Ada modus penipuan bukti struk transfer palsu BCA





Quote:




HT Thanks for all mimin nd momod nd Thanks for all kaskuser keep ngaskus sisgan


Sejumlah modus penipuan makin marak terjadi. Tak jarang korbannya dengan mudah tertipu, karena sama sekali tak memahami modus penipuan yang dilakukan para tersangka dengan perencanaan yang sangat rapih dan matang.

Sejumlah upaya para pelaku untuk menipu korbannya pun tak tanggung-tanggung. Ada yang bermain dengan cara-cara lama seperti menggunakan produk palsu maupun uang pembayaran palsu, bahkan ada juga yang mengecoh para korbannya dengan gaya dan logat yang amat meyakinkan, namun akhirnya berhasil kabur usai mengelabui dan memberikan janji-janji kosong lainnya kepada sang korban.

Berikut ini adalah modus baru penipuan berkedok transfer dana, dengan bukti struk hasil transferan yang dipalsukan dan hampir menyerupai aslinya.

Calon korban bernama Rusman Nulhakim pun menuturkan kisahnya yang hampir tertipu sekitar Rp 17 juta rupiah, dari hasil penjualan barang-barang di tokonya oleh seorang penipu, yang bersama komplotannya menyamar sebagai pembeli dan kawan-kawannya yang berhutang kepadanya.

Dikutip dari laman akun facebook pribadi milik Rusman, berikut kisahnya yang hampir tertipu oleh struk transferan palsu yang mengatasnamakan Bank BCA dalam bukti cetaknya.

--

Hampir Tertipu : Modus Struk Bukti Transfer Palsu.

Sore hari kemarin, Rabu (29/7) sekitar jam 3 an, seorang bapak" (sebut saja namanya kampret) belanja d toko, total belanjaan senilai tertulis d gambar (lumayan banyak lah). Rada gak wajar sih sbenernya, jarang" ada yang belanja banyak bgitu, orang baru kenal lagi, bukan langganan. Tapi saya khusnuzan aja. Lanjuut

Dan stelah totalan dia bilang bayarnya pengen via transfer aja (lha kirain mau cash, udah sneng duluan saya). Yaudah karena udah terlanjur, saya kasih no. Rek bca saya buat nanti dia transfer, yg penting dia bayar. Barang belanjaan pun ditinggal, dia pergi keluar, bilangnya mau nagihin duit hutang dulu dari tmennya sma cari ATM buat transfernya. "Paling 2 jam lagi saya transfer dan kesini lagi buat ambil brangnya" katanya dengan tampang sok cool dan sok sibuk.

Dan sekitar jam 7 malam, yg ditunggu" pun akhirnya muncul, datang 2 orang laki" tampang preman pake motor yg ngaku temennya si kampret (si kampret gak ikut). Sambil ngasihin amplop berisi struk bukti transfer, si laki" yg satu bilang mau ambil barang yg tadi dibeli si kampret. Struknya sih keliatan asli banget dan saya sudah setengah percaya kalo uangnya emang udah ditransfer. Tapi belum sreg/valid dong kalo belum cek saldo dan mutasi. Segera setelah saya terima struk bukti transfer tsb, sya langsung cek saldo dan mutasi rekening saya hari itu via e-banking. Daann jeng jeng.. Sama sekali gak ada transferan, saldo pun masih sama kayak sebelumnya. Buat lebih yakin, saya pun cek juga di ATM BRI depan toko (gak ada atm BCA). Tapi.. Tetep, emang gak ada transferan.

Di situ, saya baru nyadar lagi kena upaya modus. Agak aneh juga soalnya 2 orang yang ngaku temannya si kampret itu juga keliatan buru" dan tergesa", pengen barangnya langsung dibawa sekaligus, padahal dia pake motor dan total ada 3 karung barang yg berat" semua isinya. Agak susah kayaknya buat dibawa sekaligus, walaupun bisa aja sih kalo dipaksain.

Dan segera setelah tau hal itu sya langsung kasih tau dan tegasin temen si kampret itu (yg lagi ngangkatin 3 karung belanjaan, yg mau segera dia bawa itu) bahwa belum ada transferan masuk. Dan dengan sdikit pura" polos, saya minta dia buat telepon si kampretnya, pastiin apa dia bneran sudah transfer apa belum. Dia pun coba nelpon, tapi lagi gak aktif katanya. Saya coba telepon pun emang gak aktif, gak gau kenapa.

Akhirnya saya pun berusaha untuk menahan barang belanjaan tersebut agar tidak dibawa oleh temennya si kampret yg keliatan sudah ngebet banget pengen bawa kabur tuh barang. Saya tegasin ke dia bahwa barangnya jangan dulu dibawa soalnya uang tranferannya juga belum masuk (sampai detik inipun).

Dan dengan tampang rada kikuk, sadar niat modusnya udah mulai kecium, 2 orang temen si kampret tsb pun langsung pamit pulang sambil bilang, "nanti aja saya ke sini lagi sama si kampret, biar jelas". Oh yaudah..
2 orang itu pun pergi tanpa membawa barang. Dan nyatanya gak ada tuh dia balik lagi bareng si kampret. Logikanya, kalo emang dia beneran transfer, pasti dia bakal balik lagi buat bawa barang belanjaannya tadi. Tapi ini malah kayak ngilang gitu, no. Hp nya pun udah gak bisa dihubungi.

Jadi fixed lah, struk bukti transfer yg tmennya si kampret kasih itu adalah struk Bodong alias Palsu. Modus pengen dapet barang gratis cuma modal struk bodong. Dikira kita bego kali ya..duh. Tapi salut lah sama yang ngedit" bikin struk palsu model begitu, dapet banget detailnya. Mengharukan..
squint emoticon


Dan Alhamdulillah, Allah masih sayang. Barang gak jadi raib, hampir aja rugi belasan ribu. "Maka nikmat Tuhanmu yang mana lagi yang kamu dustakan"

Sekian. Semoga bisa jadi pelajaran buat semuanya biar lebih hati-hati dan teliti lagi.
Thx.
kiki emoticon

Waktu kejadian : sore, 29 juli 2015.


Sumur Merdeka.com

Quote:Harus lebih hati hati sisgan khusus nya untuk owner semoga kita semua di jauhkan dari bentuk penipuan apapun amin allahumma main s

Quote:See You Next Time di trit ane selanjut nya



keep ngaskus gansis



Spoiler for Jangan Di buka:
Yang lempar cendol semoga rejeki nya di mudahkan



yang bantu Rate 5 semoga urusan nya di mudahkan


yang lempar bata semoga cepet dapet hidayah


yang komen semoga ilmu nya bermanfaat


amin allahumma amin


Quote:



-=Trit ane yang lain =-


5 Hal yang Tak Boleh Dibersihkan dengan Tisu
Pesepak Bola dengan Kemampuan Khusus dan Unik
8 Pemain Termahal di Setiap Posisi dalam Dunia Sepak Bola
Daftar Kerja Sampingan Dengan Bayaran Mahal
Ajarkan anak lebih waspada dengan orang asing, cara cegah penculikan
6 cara baik dan tepat mencuci sayur dan buah
Motivasi untuk Pasangan yang Dilanda Kesibukan Jelang Lebaran
Mitos-Mitos Tentang Hujan Yang Bisa Dijelaskan Secara Ilmiah
Cara minta maaf yang benar sama pasangan yang lagi ngambek
Inilah Godaan Fase 10 Hari Terakhir Ramadhan
10 Minuman Segar untuk Keluarkan Racun dalam Tubuh
Apa Yang muda Sudah Merasa Sukses dan Bahagia?
16 Skill yang Wajib Dimiliki oleh Pria Sejati
7 Fakta Ilmiah yang Menjelaskan Tentang Cinta
5 hidangan yang selalu dicari selama Ramadan (Yang iman nya gak kuat jangan masuk)
[Cerite Ramadhan] Suka Duka Ramadhan di Dubai
8 Godaan Terbesar Saat Puasa dan Solusinya ni SisGan
Nih SisGan "10 Pesan Bijak dari Orang Kaya Tertua di Dunia"
Tanda-Tanda kite Merasakan Tidak Bahagia ni sisgan
Ini nih sisgan Makanan Yang Dapat Meningkatkan Kecerdasan Otak kite
5 Buah Ini Banyak Diburu Saat Bulan Ramadhan
5 Hewan Peliharaan dengan Follower Instagram Terbanyak
6 Jenis Jamu Tradisional dan Manfaatnya Untuk Kebugaran Tubuh
Bukan Kuantitas, Tapi Kualitas Teman Seperti Apa Yang Kamu Butuhkan
Quote:Original Posted By visiart
Coba di cross check itu struk print inkjet
atau thermal print.

ATM BCA sekarang sudah hampir semua Thermal Print.
Blangko ATM BCA kosong kayanya mudah didapat (dari oknum pengisi mesin ATM)
Trus tinggal beli mesin Thermal Print, jadi deh, struk palsu.

Kalo thermal print, bawa dan lapor ke BCA, siapa tahu bisa dilacak.
karena kalo agan perhatiin disisi kertas BCA ada kode produksi.



Quote:Original Posted By bedak.bayi1214
Orang jaman sekarang ya gans...
Ga mau kerja keras, mau nya nipu sama nindas orang lain
Ga tau apa kita ngumpulin modal dengan kerja keras, susah payah berusaha biar toko bisa tetep jalan, eeehh dia enak2an ngambil yang bukan hak nya, pake cara nipu pula
Kadang heran sama orang2 kek gitu, itu otak didudukin di pantat kali ya
Sowry klo kasar gans, ane sebel klo ada kasus beginian


Quote:Original Posted By jengkling
Wanjrit...ngeyakinin banget tuh struk transferannya...
Kalo begini jadi was was juga gw. Ngeri deh.....


Quote:Original Posted By jolong2
struk nya agak lecek, bekas ngambil dari punya orang lain kali...

tapi nekat bener yah pelakunya, teriakin maling aja digebukin dah tuh....


Quote:Original Posted By soladadidadi
kalau ane patokan buyer udah bayar atau belum itu bukan dr buyer ngirim struk transfer, tapi ane cek di inet banking dah masuk belum dana nya, kalau belum masuk berarti nanti dulu ane kirim barang nya. makanya urusan transfer di bawah jam 9 malam krn diatas tersebut biasanya offline buat ngecek mutasi.


Quote:Original Posted By bongbs
Kliatan aneh struknya gan. Dari list kiri bca kyk ditempel . Sedangkan logo bca yang diatas deket tengah berwarna hitam . List pojok kiri bca berwarna biru
Kedua dliiat dari foto ajah kyknya kertas struknya bkn dari kluaran mesin atm. Karna stau ane lebih kliatan licin . Cmiiw


Quote:Original Posted By aweverysome
ane udah pernah ketemu modus kaya gini taun 2007an gan...dulu ane gawe diCar*four...yang jadi korban temen ane...modus pelaku bikin struk palsu persis kaya ts bilang...pelaku ngelaksanain aksinya dengan dateng ke kasir elektronik...kalo dikasir elektronik struk belanja pake copyan dari karbon gitu...nanti kalo cusomer bayar dikasih struk aseli copian dipegang kasir pas pengambilan barang customer wajib ngunjukin struk copian kekasir sama security baru barang bisa keluar...nah tuh pelaku bawa struk aseli tp palsu(buatan dia gan)...dikasihlah ketemen ane...temen ane ngecek itu strul belanja...dia okein barang bisa keluar...dapetlah itu pelaku barang total sekitar 5juta ada tv,mesin cuci sama apalagi ane lupa...lenggang kangkung tuh pelaku bawa barang....tp temen ane ketolong sama spg yg ada dideket kasir situ...tuh spg nanya coba liat struknya..kata spg ko ini struk nyata banget tintanya...temen ane padahal belum ganti tinta print...akhirnya diceklah struknya lewat kode kasir gan...beda kode sama punya temen ane...ga pake lama langsung bilang security..untung itu pelaku masih diparkiran..diringkuslah...diintrogasi ngakunya dia bikin didaerah pramuka gan...

pejwan gan


Quote:Original Posted By onta91
ane ikt senang, gan, karena barangnya selamat. semoga bisnisnya smakin sukses yah.
Dan ane mau sekedar mengingatkan kalau Allah sayang sama kita bukan hanya kita diberikan kelapangan, kita diberikan kesulitan dan cobaan pun itu Allah sayang sama kita. buktinya nabi mana yg gak dapat cobaan? apakah dengan cobaan-cobaan itu berarti Allah benci dengan nabi2 yg Allah pilih?


Quote:Original Posted By 999999999
Kalau ngedit mutasi sih gampang banget. Bertebaran di google.
Ngedit screenshoot trf pake inet banking org segamptek gue jg bisa cuma pake paint.
Tp ngedit struk atm? Bahan kertas struk kan unik tuh. Blm watermark banknya. Gilak ya nipu skrg niat banget. Take care aja.

1 point penting adl: punya inet banking buat ngecek mutasi dan saldo! Krn ini ga bisa diboongin. Kecuali kena web phising. Sama pengalaman gue sih cek mutasi/saldo klikbca antara jam 21-24 ini emang ga bisa. Tunggu jam 00.01 lah.

Calon HT nih bro


Quote:Original Posted By raflimaulana
Kemaren lusa adek ane juga hampir kena
Setelah ane lihat struknya, tulisan transfernya kurang lengkap ama no rekeningnya gak disensor
Btw ni rekening BNI


Quote:Original Posted By arv121093
walahh seremm gilaa... udah mulai banyak ya gan modus modus penipuan kayak gini.
Ini efek dari banyak faktor nih :

1. Presidennya sibuk blusukan sama bangun infrastruktur makro
2. Anggota DPR nya pada sibuk nyari duit selingan (korupsi)
3. Kepala daerah nya lagi pada sibuk nyari selingan proyek gendutin rekeningnya sendiri
4. Orang tua nya pada sibuk ngurusin perut sendiri sendiri
5. Pengusaha nya lagi pada sibuk nge-PHK-in ribuan karyawannya
6. Karyawan swasta pada sibuk kejar - kejar target kerjaan buat perutnya sendiri
7. Pegawai PNS nya pada sibuk sendiri nyari selingan kanan kiri (ceperan) buat keluarganya sendiri

Terus.. Indonesia negara tercinta kita ini mau di bawa kemana kalau dari atas sampai bawah gak peduli untuk kehidupan orang lain yang masih kurang beruntung & blm lagi yang pengganguran ????

Dari orang - orang yang diatas kalau udah ketemu pengganguran atau ketemu sama org yang kurang beruntung dikatain : "Nah itu akibat males kerja, belajar cuman sampe SD doang, punya otak tp gak dipake, pengennya enak doang jd ngelakuin hal - hal yang negatif !!! "

Kalau udah kayak gitu, terus yang peduli sama mereka siapa ???


CUMAN KITA gan, Ayoo kita bareng bareng bantu mereka dengan menciptakan lapangan kerja yang baru & banyak agar mereka memiliki penghasilan yang layak & sejahtera. Agar tindak kejahatan kyk ini bisa berkurang



Quote:Original Posted By visiart
kita lapor ke BCA, dan memang ada bukti kuat baik dari pihak korban, dan BCA bisa analisa.
bisa jadi akan terbongkar.

Kalo toko melayani transaksi besar, daripada memberi nomor rekening.
lebih besar resikonya, karena nomor rekening bisa dimanfaatkan oleh orang yang tidak bertanggung jawab

Lebih baik menyediakan mesin debit (EDC)
seperti yang ada pada toserba.
kita tinggal menyediakan line telepon lokal.
line telepon hanya dipakai saat transaksi.

Apply mesin EDC terkadang kalo ada promo gratis.
kalo agan minat, langsung aja datang ke BCA
tanyakan prosedurnya,

Lumayan kalo ada orang belanja besar, kalo dia mau gesek
dan terhindar dari uang palsu.


Quote:Original Posted By fotoklenik
Saya pernah mengalaminya walau cuma 50rb. Alasan dia dah nanya sm orang b*a nya. Katanya dah masuk transferannya. Tp sampai skrang ga ada yg masuk tuh. Tp ttp dilokasi saya minta kekurangannya. Tetap khusnudzon sampai skrang. Mungkin dia khilaf judulnya.


Quote:Original Posted By indrysrg
ga cuma bca,ane kebetulan kerja di bank mand*ri,nah kejadiannya persis begitu tuh,resi di palsukan dan nasabah rugi +- 24jt (4 kamera dslr)...pokoknya hati2 buat agan2 yg seller,cek melalui ebanking dulu sebelum kasih barang...


Quote:Original Posted By uklunk
Makin canggih nih teknologi cetak mencetak, sama banyak yang jago sotosop beralih jadi tukang tipu keknya

Di tivi juga baru rame malah SK pengangkatan palsu di Jawa Barat. Gak maen2 pulak, ratusan CPNS yang ketipu SK abal2 itu. Bayar paling murah 80jt

Semoga para tukang tipu dapet hidayah deh, ketimbang diazab duluan. Awas karma gan


Quote:Original Posted By golbezz
permainan lama ini
asal ada thermal print sama kertasnya udah kelar nih
makanya kalo ada transferan no transaksinya juga di cek


Quote:Original Posted By maxbeat93
Wah ati2 gan. Dulu tmn ane juga ada yg hampir ketipu gituan gan. Dia jual barang via fjb, dan yg beli ternyata pgn trf langsung aja (soalnya emg nominalnya cm 150rb jd temen ane percaya aja toh biasanya juga gitu gpp). Tmn ane kebetulan jg ga ada mobile banking jd ga bs ngecek langsung. Nah pas mau ke JNE ngirim barang, ane tanya kok ga dicek dulu transferannya dah msk apa blm. Katanya udah dikirimin foto bukti trf nya gitu. Ane paksa lah dia cek dulu dan ternyata beneran blm dikirim. Buat agan2 jg lebih ati2 lg gan, biasakan cek transferan dulu aja. Buyer yg baik jg biasanya menyarankan seller supaya cek transferan udah msk apa blm dulu, biar ga ada kesalahpahaman


Quote:Original Posted By Kang Pras
saya juga pernah gan... modusnya pake resi pengiriman palsu. jadi pelaku bilang kalau barang sudah dikirim dan nunjukin foto resinya. kita kemudian tranfer... pas di cek resinya gak muncul2 di online tracking. nominalnya juga gak sedikit
harap hati2


Quote:Original Posted By L5201Bx
Ane pernah nih gan ktipu bginian. Jadi ceritanya ane jualan setang motor vixion, trus si buyer kasi resi abal2 itu. Persis plek kaya asli, ane pikir masa iya sih struk ada palsunya.
Akhirnya ane kirim dah tu setang, bgitu ane plg dari jne mo ambil duit, jeng jeng, trnyata ga ada transferan.
Dongkol banget ane gan, tp ane ikhlasin aja. Ga sberapa jg nilainya. Smoga bermanfaat buat yg nipu.


Quote:Original Posted By badb00ys
Aneee juga sering gan ngedit kaya gituu..
bukan struk ATM siiih..

Tapi struk SPBU gan..
Lumayan bisa dapat duit lebih dari perjalanan dinas di kantor..

Tinggal scan, edit di photoshop, print mode high, trus di print kertas faximile..

Beres daaah,,, 😁😁😁😁

( ini modus kaloo kepepet gan, jdi jgn di tiru yee )


Quote:Original Posted By persima
Modus gini di tempat dagang grosir kyk tanah abang sering gan mereka penipu cari toko2 rame yg orang na sibuk jd pesen barang pura2 jalan trus kasi liat bukti transfer editan ambil barang kabur dhe kalo yg pedagang kurang jeli ada aja yg kena


Quote:Original Posted By FajarHiryawan
laah toko nya kaga make mesin EDC yah..? solusi buat tukang tipu gaya gt harus make mesin edc tuh...bisa kena telak dia klo niat nepu....ngk ada alasan.

#modus lama gan, abang gua juga dulu hampir kena....print out 100% kelihatan Asli...pas cek salo bohong



Keduax
gila makin edan sindikat penipuan,.. mau manfaatin keluguan orang2,.. untung agan jeli
baru tau nih ada modus kek gini,makasih ya gan ts
Edit dmn tuh? Pramuka kah?
penipu makin pinter ajah
Wanjrit...ngeyakinin banget tuh struk transferannya...
Kalo begini jadi was was juga gw. Ngeri deh.....
Jaman sekarang kalo gak pinter-pinter, bisa amblass
struk nya agak lecek, bekas ngambil dari punya orang lain kali...

tapi nekat bener yah pelakunya, teriakin maling aja digebukin dah tuh....
Ada2 aja dah modus nipu zaman skrng
Harus lbih waspada nih
wah macem2 aja modus penipuan
Iya harus ati2 harus kroscek 2 kali apalagi udah ada mobile banking dan internet banking
iya gan musti ekstra ati2 soalnya jaman makin edan
Bisa berabe nih gan . Nais infoh
kalau ane patokan buyer udah bayar atau belum itu bukan dr buyer ngirim struk transfer, tapi ane cek di inet banking dah masuk belum dana nya, kalau belum masuk berarti nanti dulu ane kirim barang nya. makanya urusan transfer di bawah jam 9 malam krn diatas tersebut biasanya offline buat ngecek mutasi.
Quote:Original Posted By jengkling
Wanjrit...ngeyakinin banget tuh struk transferannya...
Kalo begini jadi was was juga gw. Ngeri deh.....


iyh gan hampir 90% mirip
Quote:Original Posted By .ded.
Jaman sekarang kalo gak pinter-pinter, bisa amblass


pinter pinter dan hati hati
Quote:Original Posted By jolong2
struk nya agak lecek, bekas ngambil dari punya orang lain kali...

tapi nekat bener yah pelakunya, teriakin maling aja digebukin dah tuh....


itu ngedit nya make apa yah 90% mirip
Quote:Original Posted By watukosek24
Iya harus ati2 harus kroscek 2 kali apalagi udah ada mobile banking dan internet banking


iyh gan hrus di pastikan juga
Via: Kaskus.co.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar