Pages


Rabu, 26 Agustus 2015

Hey Anak Pramuka! Masih Ingat 'Kegilaan' di Setiap Momen Ketika Kalian Ikut Kemah?

Quote:Bahas yang secara umum saja.

Apa yang ada di pikiran kalian ketika mendengar kata 'kemah'?

Pramuka memang identik dengan berkemah, tapi kemahnya anak pramuka bukan sekedar kemah bangun tenda bongkar tenda. Banyak tujuannya, diantaranya mendekatkan para anggotanya dengan alam, mendidik mereka menjadi pribadi yang mandiri, melatih untuk bersosialisasi dengan kehidupan bermasyarakat, dll.

Bermacam-macam kegiatan yang dilakukan (tergantung jenis perkemahannya) yang setiap kegiatannya pasti menjadi momen berkesan karena setiap momen ada kegilaan tersendiri.


Quote:Mempersiapkan segalanya mulai dari perlengkapan pramuka sampai perlengkapan rumah tangga



Di buper kita dilatih untuk hidup mandiri, jadi kita harus tahu apa saja yang kita butuhkan selama berkemah. Mulai dari keperluan untuk makan, mandi, tidur sampai kesehatatan.
Ribet? Iya, jika kita banyak mengeluh.

Dari persiapannya saja, kita sudah bisa mengambil pelajaran,
bahwa hidup akan terasa sulit jika kita banyak mengeluh.


Quote:Persiapan dan keberangkatan memang melelahkan, tapi ketika sampai di bumi perkemahan..



Yang biasanya di rumah hanya melihat rumah, ketika di buper lain lagi ceritanya.
Alam dengan keindahannya siap menyambut kedatangan kita. Dan di sana lah petualangan kita dimulai.

Dari sini, tanpa kita sadari kita mulai belajar untuk mendekatkan diri dengan alam.


Quote:Saat mendirikan tenda..



Ini yang harus benar-benar diperhatikan. Peasn TS, seriuslah dalam mendirikan tenda, jangan asal-asalan,
kecuali kalau kalian mau tenda kalian rubuh saat kalian tidur.

Dibutuhkan kerja keras untuk bisa mencapai hasil terbaik.


Quote:Asalkan mata bisa terpejam, itu sudah lebih dari cukup



Tak masalah tidur di dalam tenda beralaskan tikar dengan orang banyak,
asalkan mata bisa terpejam sampai subuh nanti.
Tapi.. apakah teman satu tenda semuanya bisa tidur dengan diam tanpa igauan tanpa suara sumbang dan tanpa tendangan kaki?

Ah sudahlah, anggap saja itu hiburan tengah malam


Quote:Mandi? Duh, jawab jujur nggak yaa?



TS sih nggak yakin kalo mandinya 2 kali sehari,
pastilah pernah sehari cuma sekali atau malah mungkin sama sekali tidak menyentuh air?
Tapi terserah kalian aja deh, yang penting kalian dan teman-teman kalian sama-sama merasa nyaman.

Bagaimanapun keadaannya kita harus pandai memposisikan diri agar di terima di tengah kehidupan bermasyarakat.


Quote:Saat memasak makanan sendiri, saat itulah kita akan merindukan masakan ibu



Makan hasil masakan sendiri, apapun makanannya, pasti akan terasa enak.
Bukan karena kepepet, tapi karena kebersamaan dan perjuangan ketika masak itulah yang menjadi masakan kita enak.

Dengan begitu, tidak ada alasan lagi bagi kita untuk mencaci makanan yang dirasa kurang cocok dengan lidah kita.


Quote:Soal siapa yang bangunnya kesiangan, jawabannya.. ayam



Kemah bangun siang? Mustahil. Sebelum adzan shubuh kita harus sudah bangun.
Sholat shubuh, senam pagi, mandi terutama yang jarang mandi, dan.. lanjut kegiatan lainnya. :rain

Rugi bagi mereka yang bangun kesiangan karena tidak bisa menikmati keindahan suasana di pagi hari.
Matahari terbit, tetesan embun, kicauan burung, udara segar, sayang untuk dilewatkan.


Quote:Penjelajahan / lintas alam memang melelahkan, tapi sayang jika dilewatkan



Dari sini, banyak pengetahuan dan pengalaman yang kita dapatkan.
Mendaki gunung, lewati lembah, menyeberangi sungai bukanlah tantangan yang mudah, tapi bukan berarti menyerah begitu saja. Justru itu menjadi tantangan menarik yang harus bisa ditaklukkan.

Kegiatan lintas alam itu sendiri diantaranya memecahkan sandi dan isyarat, tanda jejak, menaksir,
membuat peta pita, halang rintang, dll.
Ada yang punya cerita menarik saat mengikuti kegiatan lintas alam?

Kegiatan di alam terbuka bisa mengembangkan kecintaan kita terhadap alam. Masih ingat Dasa Darma kedua?


Quote:Ketika api unggun..



Ini juga momen yang paling ditunggu ketika berkemah. Upacara api unggun, menyalakan obor satu persatu dengan pengucapan Dasa darma, setelah 10 obor Dasa Darma menyala, baru lah menyalakan api unggun dengan obor utama, dilanjtkan dengan 10 obor Dasa Darma.
Gara-gara dulu TS pegang obornya ke 7, jadi ya Dasa Darma yang paling diinget Dasa Darma yang ketujuh.

Dalam acara api unggun, biasanya ada kegiatan pentas seni.
Di sini peserta pramuka bebas berekspresi menunjukkan bakatnya.
Masih ingat dulu pentas seni apa yang kalian tampilkan?

Kehangatan, kebersamaan, dan kegembiraan bisa kita rasakan sekaligus ketika kita berada di tengah-tengah keluarga dan kemah pramuka.


Quote:Masih ingat betapa 'gilanya' outbond pramuka?



Banyak permainannya, biasanya permainan yang membutuhkan kerja sama dan kekompakan
dari semua anggotanya. Tapi yang jelas kegiatan ini selalu mengundang tawa.
Masih ingat permainan gila apa yang kalian mainkan?

Manusia tidak bisa hidup sendiri, sehebat apapun dia pasti membutuhkan orang lain.


Quote:Kemah pelantikan tuh rasanya..



Yang berbeda dari kemah lainnya, yaitu kemah pelantikan. Momen yang paling berkesan yaitu ketika upacara pelantikan. Selalu ada kejutan yang tak terduga yang mengundang haru dalam acara ini.
Tapi dulu TS cuma sampe laksana aja
Oh iya, palet yang ada dipundak kita bukan sekedar embel-embel seragam aja, melainkan sebuah tanggung jawab

Keberhasilan adalah pengakuan yang bernilai


Quote:Jangan heran jika orang tua kalian pangling melihat kalian pulang dari kemah



Wajar jika penampilan ketika pulang tak seperti ketika berangkat.
Tambah jelek? Iya
Tenang, itu hanya efek lelah dan kotor saat lintas alam dan outbond karena 'nggak sempet' mandi.
Besok juga udah pulih lagi kok.

Ada perubahan lain yang diharapkan, perubahan sikap dan perilaku menjadi pribadi yang lebih baik lagi.
Semoga nilai-nilai yang ada di Dasa Darma benar-benar kalian terapkan dalam kehidupan sehari-hari.


Quote:Kemah memang melalahkan, tapi tenang.. semua rasa lelah kalian terbayar lunas dengan momen - momen 'gila' saat di buper.



Banyak yang kita dapatkan selama berkemah, yang tidak kita dapatkan di sekolah. Tidak ada yang sia-sia. Setiap kegiatannya menjadi pembelajaran yang bermakna untuk kita. Bagaimana kita bersosialisasi dengan orang sekitar, berinteraksi dengan alam, melatih untuk selalu bersyukur..


Udah itu aja, TS udah cape ngetik. Lagipula, cuma itu yang TS ingat
Kalo ada yang punya pengalaman unik selama ikut kemah pramuka, share aja. Dengan senang hati, TS akan membacanya.
Oke cukup. Kalau ada kritik saran atau pertanyaan, sampaikan saja. Terima kasih.

"Pengetahuan, wawasan dan pengalaman menjadikan manusia bijak"




post 2 jadi basecamp
makasih buat kaskuser yang udah berbagi pengalamannya
maaf ga bisa keangkut semuanya ke sini penuh gan
tapi ane tetep pantau, ceritanya lucu-lucu, banyak yang share aib
serius ane terhibur banget


Quote:pengalaman gila kaskuser
Spoiler for ngakak:
Quote:Original Posted By gandaruwa99
ane pernah gan ikutan kemah...
hal yg paling ane inget adalah ketika ketua regu lagi apel pagi, ane nemuin kancut si ketua regu...berhubung jail ane kumat, ane turunin dah bendera regu. abis tu ane jadiin tu kancut sebagai bendera di depan tenda

begitu ketua regu balik, otomatis ngamuk-ngamuk dah tuh ketua regu semua anggotanya dikejar ampe tenda roboh (regu kami pake tenda gede yg muat 10 orang). sampe sekarang klo ketemu tu ketua regu masih aja keinget kejadian itu... hahaha siap ketua regu kancut


Quote:Original Posted By bowocb
dulu ane inget gan
saat kemah smp
ane kemah, jam 3 dini hari ane kebelet poop
emang di bui perkemahan yang ane tempatin, ad kamar mandi dan wc
tetapi, kagak ada lampunya. Dan kata temen ane, wc itu angker
karena hasrat sudah tidak tertahankan, ya sudah. ane putuskan untuk ke sungai terdekat. alhasil ane poop di sungai dengan bawa sneter

karena kemakan omongan temen ane, ane jadi pernah merasakan betapa syahdu nya poop d sungai di bawah naungan cahaya bulan yang temaram

pejwan bila berkenan gan hehehe


Quote:Original Posted By anamz
Kegilaan yg paling gila dulu waktu kemah adalah..
Hmm
Maling makanan yg dijadika sesembahan di kuburan

Lha mosok di kuburan ada acara sesembahan pake ayam..
Waktu itu tahun 1997-1998 gan


Quote:Original Posted By dadol
hahhaha... jadi inget waktu kecil
waktu penjelajahan, semua sandi penunjuk arah ane ubah gan... alhasil regu dibelakang regu ane kesasar gan, untungnya ada kk pembina yang patroli jadi semua ditemukan dengan selamat

trus waktu penutupan, regu ane jadi juara umum gan.... tau g hadiahnya apaan??? indomie soto dirangkai dijadiin kalung... badan anae yang kecil jadi kek diiket ama indomie


Quote:Original Posted By limasnii
Pas tidur do tenda ane kegerahan, yaudah kepalnya ane keluarin dari pintu tendanya, eh pala ane malah ke sepak pas pembina bangunin


Quote:Original Posted By greekwarrior
GAANN ane mau cerita sedikit pengalaman konyol temen2 ane waktu pramuka:

Kejadiannya waktu ane SMA di Jawa Tengah gan, ane kemping di daerah krakal kebumen, ane emang dr Jakarta tp ane sekolah disana ikut nenek ane gan. Skitar taun 2003 gan, ane kemping disana selama 3 hari, pastinya kalo kemping ada kelompok dlm 1 tenda gan, ane bukan bagian urusan logistik/ masak2 tp ane kebagian suruh bawa panci buat masak gan, kita sepakat buat bawa nasi dan ayam yg udah dibumbuin buat digoreng di TKP, kita bawa banyak wktu itu untuk 3 hari cukuplah, juga bawa persediaan mi buat ngemil.

Nah pas di TKP kita baru ngeh gan kalo ayam bumbu harusnya dimasukin dikulkas kalo disimpen berhari2, baunye gaaaan ga tahan ane, ga bisa tidur

Nah yang bikin ngenes lagi gan, hari ketiga setelah selesai kemping, gila gaan panci ane banyak bgt kerak makanan, anjayyy bgt dah slama 3 hari itu panci ga dicuci sm temen2 ane, apa2 langsung di cemplungin di panci kalo masak, langsung lemes ane gan


Quote:Original Posted By akuma777
gw pernah ampir bakar hutan gara2 kedinginan..gw bakar kayu dibawah pohon tumbang..trus gw tidur diatasnya...pas apinya dah gede gw kepanasan..ada pembina yg triak2 kebakaran..trus blingsatan rame2 padamin..ada temen gw yg tau..tapi gw ancem alo lapor..

kesesat sampe tidur dihutan..paginya baru dapet jalan pulang..

pas kemah n beli makanan dapet mie panjang 2 karton jatuh dijalan...(entah dari mobil box)...malemnya pesta mie..makan ampe kelenger..

boker ceboknya pake daun pisang...gak enak banget...

jalan 161 Km..ini yg paling gila yg pernah gw lakuin di pramuka...(saking hausnya ampe minum ditetesan air n minum disungai langsung tanpa dimasak...)

ketemu kuyang di jogja waku kemah dipantai PTritis..ternyata dipanggil ma orang disitu..


Quote:Original Posted By Jodyciu.luzhou
jadi inget waktu dulu kemah, pas lagi masak tenda rubuh, lagi makan rubuh lagi, pas ujan tenda jadi kolam renang di tambah rubuh lagi tendanya, masak nasi sampe gosong, masak mie jadi lembek kaya bubur mie, ngumpulin kayu bakar basah semua keujanan dan akhirnya di nobatkan jadi tenda paling malang selama kemah


Quote:Original Posted By ufoterbang
kelemahan aye kalo pas kemah pramuka cuma 1 :

Males mandi

ya maklum aja, kadang sumber airnya jauh, kalo pun ada kamar mandi pasti cuma ada 3 atau 4 biji doang, dan harus dipakai 100an anak, gak kebayang kalo harus antri

jadi aye ambil inisiatif gak mandi, cuma ganti baju dan semprot parfum, nyambangin kamar mandi cuma kalo pas kebelet boker doang dah, kako kencing mah bisa diakalin ...


Quote:Original Posted By floo.tetsu
keinget kemah waktu SMP di Bukit mana gitu lupa namanya..
jam 2 malem (kalo ga salah) kebangun karena kebelet pup alias ngising alias beol..tapi takut nyari wc nya, akhirnya nunggu mpe pagi diluar tenda..


Quote:Original Posted By lhandrianto
kemah 3 hari
tiap sore dianterin jagung, singkong dan ubi rebus sama warga sekitar
pas jam 11 malam, ada yg kentut dalam tenda
pada bubar gara2 baunya


Quote:Original Posted By licengswi
jadi inget gan waktu ane kemah dulu pernah kesurupan massal, temen ane ada yg pura2 kesurupan pas dibacain doa sama guru agama dia coba ngagetin teriak 'baaaa!' guru agama ane kaget trus langsung reflek nampol muka temen ane pake peci

Quote:Original Posted By wifihunt26
hmm.. pramuka ya. bagi ane kegiatan pramuka adalah penyumbang pengalaman menarik terbesar dalam hidup ane sampai saat ini. Dari mulai SD, SMP, sampai SMA ane selalu ikut kegiatan pramuka. Kemah, long march, pelantikan, mencari tanda jejak, jurit malam punya keseruan tersendiri.

Dari sekian banyak kenangan tentang kepramukaan, ada satu momen yang ga bisa hilang dari ingatan ane. Kejadiannya pas Raimuna Cabang (tingkat kabupaten) sekitar tahun 2008 yang waktu itu acara kemah berlangsung 1 minggu. Lagi asik-asik ngobrol di dalem tenda, tiba-tiba ujan deres banget. Alhasil genangan aer langsung tinggi dan waktu itu disekitaran tenda belum dibikin parit, makannya aer langsung masuk ke dalem tenda. Seketika suasana nyantai berubah jadi kegaduhan. Salah satu dari kami teriak "buka baju!! bikin parit!!" seketika itu juga semua orang sigap dan langsung pada buka baju. Tapi ada satu orang yang menarik perhatian. Dia ga cuma buka baju, tapi buka celana juga (cuma pake celana dalem ). Eeehh.., yang laen pada ngikutin. Yaudah deh perut mules karena kebanyakan ketawa.
Code:
Ujan-ujanan cuma pake celana dalem, kepala cepak, bikin parit gali-gali tanah, udah kayak tuyul nyari duit :D 


Di lain waktu, sekitar akhir2 acara (2 hari terakhir kemah), logistik udah bener-bener abis. Dompet anak-anak juga udah jadi pajangan (kanker). Sisa cuman beras sama garem. Untungnya di buper banyak pohon jengkol yang lagi berbuah. Jadi seengaknya makan ga cuma ama nasi sama garem doang, tapi ditambah sama goreng jengkol. haha . Yang bikin ane heran, dari segitu banyak tenda, segitu banyak orang, cuman kelompok ane doang yang 'berani' ngambil itu jengkol dari pohonnya. Sebegitu ngenes-nya kah?


Quote:Original Posted By godokpisang
Ini pengalaman temen gw gan, gw yg jadi korban
Spoiler for KISAH:
Jadi ceritanya gini:
Waktu itu dah malem, semua orang di regu gw udh kecapekan gegara pentas seni, nah kami ber10 pun tidur dgn SESAK.
Awalnyaa gw ama temen yg tidur di sebelah kaki gw biasa aj.
udah agak lama, gw mulai meraasa ada yg janggal, gegara kaki gw merasa kaya ada lengket2 ama dingin2.
gw gak pikir panjang, gw singkirin tuh kaki gw.
Tiba2 ntuh lenngket2 naik ke paha gw, gw singkirin jga tuh, gegara ngantuk bgt.
Dan akhirnya,gw terbangun gegara temen gw bilang kalo udh jam 4, dan mereka ketawa2 ga jelas.
Rupanya, ntuh lengket2 rupanya bibir temen gw yg giginye maju, dan rupanya ntuh BIBIR udah nyampe ke PANTAT gw
Merasa ternodai gw gan


Quote:Original Posted By okyo.d.r.z
Pramuka yah..
1.Kejadian seram.. Waktu jadi penggalang .. Hiking malam nih gan.. Lewat pos2 buat dikasih pertanyaan klo bisa jawab baru bisa lewat.. Yang herannya gan setiap penghitungan anggota pasti sepuluh.. Nah kan sebenernya kita berangkat sembilan orang yang satu jaga tenda... Tpi krena kita pikir si piket tenda ikut jadii kita ga heran awal mulanya.. Eh sekali pulang ketenda.. Di liat tuh si piket lgi tidur..pertanyaannya.. Tadi siapa yg satunya...??
2. Ini paling seram gan.. Waktu itu ane ikut raimuna nasional 2009 di buper cibubur jakarta timur.. Nah waktu itu ane mau ke tenda putri yang jaraknya nauzubillah jauhnya... Tpi ane ga tau apa otak ane yg jahat atau lagi bego aja.. Malah keluar buper gan... Jadi tanggung deh lanjutin aja ke cibubur junction ..nonton bioskop.. ... Hasilnya pas pulang ane dihukum jaga tenda 3 hari gan..jadi ga bisa liat cewek2 lgi.. .

Pramuka sejati
Spoiler for woww:
Quote:Original Posted By dnuraito
hohoho.. meskipun anak pramuka terkesan "culun" tapi ane jauh lebih respek sama mereka ketimbang dengan para ABG karbitan pecinta alam yg sok keren..

ane sendiri pembina pramuka satuan karya (saka) bakti husada, krida bina perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS)..

Salam Pramuka..!!!


Quote:Original Posted By empijit
Jambore Nasional 2011 kemarin gan . bener bener ngerasain yang namanya kemah. 1 bulanan ane ga tidur dirumah . asik banget. kawan pada solid. banyak nambah pengalaman dan temen dari berbagai wilayah di Indonesia. Salam pramuka gan


Quote:Original Posted By canggut
Inget banget lah Gan. Ane ikut kemah 3 kali berturut-turut dari kelas 4 sampe kelas 6 SD. Selain sama SD lain, juga gabung sama SMP dan SMA yang ada di wilayah kecamatan. Kemah dilakukan di lapangan terbuka.

Sebenernya cuma anak kelas 5 dan 6 yang boleh ikut, tapi karena kekurangan 2 anggota, anak kelas 4 ditawarin barangkali ada yang mau. Tanpa pikir panjang, Ane langsung daftar trus sama bu guru di kasih surat pernyataan ijin buat buat ditanda tangani orang tua. Saat itu Ane yakin orang tua bakal kasih ijin karna dari kecil Ane udah dikasih kebebasan yang penting inget sholat, makan, pulang sekolah harus ke rumah dulu, main ga pake seragam dan maghrib harus udah pulang.

Selain karena yakin bakal di kasih ijin sama orang tua, ane berani ikut karena banyak temen Ane yang anak kelas 5 dan kelas 6, jadi ane ga khawatir ga punya temen.

Kalo Ane ceritain detilnya kayanya ga mungkin karna banyak banget kenangan disini. Banyak kegiatan-kegiatan asik saat kemah kaya lomba halang ringtang, tali temali, karnaval, dll yang tentunya positif. Ane juga dapet temen dari sekolah2 lain,, mandi dimana aja terserah (ane mandi di kali), shalat di masjid mana aja, lewat mana aja juga terserah. Pokoknya asih bgd deh. Kemah pertama Ane adalah saat pertama kali Ane makan mie instant dengan cara diremes, ga pake di rebus!

3x kemah saat SD adalah kemah terbaik dibanding kemah saat SMP dan SMA.

Saat SMP kebetulan Ane pindah ke luar kota, jadi tradisi kemah disini beda sama kemah di kota Ane sebelumnya. Kemahnya cuma sendiri, diadakan di dalem sekolah, ga gabung sama sekolah-sekolah lain. Mungkin buat anak-anak yang biasa dengan kemah model kek gini, ga masalah. Tapi Ane udah terbiasa kemah gabung dengan sekolah-sekolah lain di lapangan terbuka, tentunya ini sangat.. "apaan sih nih?!".

Trus waktu SMA karna ane tau model kemahnya bakal kaya gimana, ane memutuskan untuk ga ikut. Males bgd kemah di dalem sekolah! Tapi lucunya, setelah temen2 kelas tau alesan Ane ga ikut, mereka malah ikut-ikutan pada ga ikut kemah. Akhirrnya dari 40 anak, cuma 4 anak kelas ane yang ikut kemah!


Quote:Original Posted By pecintadugan
salam pramuka
ente ikut pramuka gan?
ane paling demen kalo ada perkemahan bareng pangkalan lain karena disitulah skill kita di uji buat memperbanyak kenalan


Quote:Original Posted By dhanz pucil
waktu smp gw anak pasgar (pasukan garuda), ya semacam pramuka gitu lah tapi di sekolah gw namanya pasgar. dulu gw cukup aktif disitu karena bikin banyak kenal orang banyak, mulai dari temen seangkatan, kakak2 kelas, adek2 kelas. banyak kakak2 kelas yg ganteng ikutan pasgar juga dan dulu pasgar itu ekskul paling keren di sekolah gw tiap hari sabtu kalo pake baju pramuka
kemah pramuka menyebalkan gan masak dulu ane di suruh nyemplung ke kali sama senior nya habis itu di tanyain kamu cinta tanah air gak,ya kan saya jawab cinta kak,masak terus di suruh naik ke atas terus di suruh nyium tanah lalu di suruh guling guling di tanah gan,kan baju basah guling guling di tanah hasil nya kotor semua baju ane bray , gak jelas banget tuh kakak pembina nya,kalo telat bangun gak di bangunin bray tapi langsung di tendang tuh tiang buat tenda sampe rubuh
tapi kalo itu gak masalah sih
Emang gan, emang bener-bener 'gila' deh. Gak tersiksa, malah bahagia loh. Apalagi pas jelajah malam
moment masak itu gan. waw

buat tempe doang ane
di Cimahi pramuka udah jadi ekskul wajib,
gatau kalo di tempat lain
terakhir aktif pramuka pas smp
persami dan kemah untung dah pernah ngikut , yg seru mah pas tengah malemnya
dulu mandi rame2


seru waktu kemah mah

makasih
ane kagak mandi ampe tiga hari waktu kemah
Jurit malem n masak indomi
Ane pramuka dari jaman bocah ngk pernah mau ikut gan
Quote:Original Posted By uao
dulu mandi rame2


seru waktu kemah mah

makasih


Mandi bareng2 gan
jadi inget persami waktu SMP tengah malem yang cowok pada perang lempar"an kancut akhirnya berhenti setelah salah satu kancut nemplok di muka guru pembimbing pramuka
Waktu sekolah Ane g ada pramuka pramuka an gan, tau nya pas jadi guru aje.. Seru banget sama anak anak..

Sekolah Ane di desa gan..
Quote:Original Posted By endoprasetyo


Mandi bareng2 gan


ya gitu deh maksudnya vray


makasih
Sedih amat sekarang, gaung pramuka udah kagak kedengeran lagi
Enak banget kalo lagi ada uji nyalinya
Mendaki gunung lewati lembah
Sungai mengalir indah ke Samudra
Bersama teman bertualang
Tempat yang jauh belum pernah terjamah
Suasana yang tenang perkemahan
Slalu waspadalah kalau berjalan
Siap menolong orang dimana saja
PRAMUKA PRAMUKA ITULAH NAMANNYA
Pembela kebenaran dan keadilan
comot ost ninja ghozaru
regu kalajengking hadir
Quote:Original Posted By lie.kevin
jadi inget persami waktu SMP tengah malem yang cowok pada perang lempar"an kancut akhirnya berhenti setelah salah satu kancut nemplok di muka guru pembimbing pramuka


Kancut berlendir
waktu kemah pertamakali ane malah gak mandi sama sekali (3 hari gk mandi ) cuman cuci muka tiap mau sholat
Via: Kaskus.co.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar