Pages


Rabu, 30 September 2015

[Selingan Jenaka] Tipe-tipe Fotografer Yang Menyebalkan

Salam juragan sekalian! Sekedar intermezo dan canda riang sesama fotografer. Setelah bermain di dunia fotografi, tentunya agan-agan sekalian sempat bertemu berbagai macam karakter fotografer, dari yang biasa saja sampai yang super unik. Harap dimaklumi, karena fotografi adalah bagian dari seni, jadi cara orang meng-apresiasi bisa bermacam-macam. Dari pengamatan ane, ada beberapa jenis karakter yang cukup menonjol di kalangan fotografer, yang tidak sedikit diantaranya, cukup menyebalkan bagi orang lain. Berikut karakter-karakter tersebut:


Quote:
1. Pamer Gear

"Hey, check out my new lens, I just bought it for 2,000 $, I bet you can't make that much in a month."

Semua fotografer pasti menyukai gear yang berhubungan dengan fotografi, tapi apa perlu untuk pamer dan merasa lebih hebat dengan gear mahal? Ingat, gear hanyalah sebuah alat dan sarana untuk berkreasi. Picasso dengan sebatang pensil akan menghasilkan gambar lebih baik daripada anak TK dengan peralatan melukis lengkap. What mater the most is man behind the camera.




2. Debat "Agama"


Big NO NO. Kecuali agan sales dari brand kamera tertentu, untuk apa mendewakan satu merk dan menjelekan merk lainnya? Apakah ada keuntungan tersendiri? Apakah agan dibayar oleh sponsor? Ingat, gear adalah alat. Tidak ada konsep salah-benar / atau bagus-jelek, setiap orang punya cara masing-masing dan punya selera masing-masing, so untuk apa memperdebatkan perbedaan? Mending sama-sama diskusi tentang kesamaan, yaitu sama-sama suka fotografi .




3. Haus Pujian dan Perhatian


"Foto nya kurang bagus nih, soalnya cuma moto pake kamera hengpong" (-sambil berharap ada yang kasih pujian karena foto dengan alat yang ga mainstream)

Kita semua memang butuh penyemangat. Sangat wajar kalau kita ragu apabila hasil foto kita sudah cukup baik dimata orang lain atau belum. Ada banyak forum untuk berbagi kritik tentang fotografi (bahkan di sini ada sub-forum nya), dan ada banyak cara untuk mendapatkan masukan, motivasi, maupun pujian. Tapi ga perlu lebay dengan membombardir postingan foto berulang kali sambil cari justifikasi dengan bilang kalo "gear nya terbatas" dll. Art is art, no mater how you made it, no mater what tool you use to make it, if it's good, it's good! Milikilah rasa percaya diri dan tidak usah takut dikecilkan orang lain.




4. Merasa Paling Hebat dan Tahu Segalanya (Spesies paling banyak dan paling umum ditemui )

"Is that all that you can get? What a sh*tty photo, you doing it all wrong! Let me tell you what to do!"

Kabar buruk: Tidak ada yang perduli seberapa jauh pemahaman teknis agan. Banyak fotografer yang merasa lebih hebat dari fotografer lainnya sehingga terkesan "meng-gurui". Kalau memang ada yang bertanya, alangkah baiknya kalau kita bisa berbagi ilmu dan membahas sesuatu yang kita sukai, tapi kalau ga ada yang tanya, untuk apa membombardir orang dengan komentar "white balance nya ngaco tuh!", "komposisinya amburadul banget!", "fokus nya ga kena tuh!", "ISO nya tinggi banget!", "Masak pake mode P atau Auto? Pake manual dong!", "Ngapain beli D-SLR kalo motret pake mode auto?",dll.

Tidak ada salah benar dalam fotografi. Ingat, fotografi bagian dari seni. Setiap orang punya penilaian dan cara masing-masing. Kecuali orang tersebut memang bertanya dan meminta masukan, untuk apa kita repot-repot berkomentar yang pada akhirnya bisa menyinggung orang lain?




5. Anti Post Processing

#nofilter, #freshoutofcamera, #nosharpening, #noedit

Who cares? Ga ada salahnya memang kalau memang agan lebih suka foto apa adanya tanpa editing, tapi ingat, sekali lagi, fotografi itu bagian dari seni. Ada banyak cara dan selera setiap orang berbeda-beda, kalau ada orang lain yang suka edit foto sedemikian rupa karena menurutnya terlihat lebih baik, so what? Ga perlu lah merendahkan orang lain yang suka edit dengan bilang, "Gile, editan nya banyak banget!", "Fotonya palsu tuh, kebanyakan di-edit.".




6. Meremehkan Newbie


"Udah ngerti fotografi belom? Belajar dulu sana!"

Well, namanya orang baru mau memulai wajar kalau punya banyak pertanyaan. Tidak ada orang yang langsung tahu segalanya, semua lewat proses belajar, termasuk kita. Memang kadang pertanyaan yang dilontarkan terkesan konyol, tapi ingat mereka tidak tahu apa-apa dan baru mau memulai proses pembelajaran, kita dulu melalui masa-masa tersebut. Jangan merendahkan dan men de-motivasi orang yang baru mau belajar. Bahwa orang tersebut memiliki minat untuk belajar fotografi, adalah suatu hal yang baik, kita bisa mendapat teman baru untuk berdiskusi tentang sesuatu yang kita sukai. So, it never hurts to be humble. Kalo emang males jawab, ya ga usah reply, diemin aja sampe ada orang lain yang jawab, simple kan?



Termasuk tipe yang manakah agan? . Tidak ada maksud menyindir atau menydutkan individu tertentu, murni untuk hiburan saja, sukur-sukur kalo bisa bantu mengingatkan dan menjadikan kita fotografer dengan karakter lebih baik .

Salam jepret!

biasanya yang udah master - master malah sering diem, ditanya jawab nggak ditanya ya diem aja...
sharing ilmu secukupnya, ilmu pamungkas di simpen sendiri
waduh itu gw semua kayaknya :
bukan ane gan~
ane mah baik hati, penyayang, dan rajin menabung tuh
wah ane banget tuh..
suka pamer gear murah

...................
tambah satu lagi...

7. Fotografer yang suka minjem tapi ga mau minjemin lensa dia sendiri
wah saya termasuk nomor satu itu... pgn banget punya gear2 yg mahal2 tapi kapan yah....
Cuma no 1, 2, 3, 4, 5 dan 6
Quote:Original Posted By hajar gan
waduh itu gw semua kayaknya :


Macacih gan...

Quote:Original Posted By bosdugem
wah ane banget tuh..
suka pamer gear murah

...................


Wah, masa kaya gitu termasuk kategori pamer gan? Tapi murahnya ente kayanya tetep mahal buat ane

Quote:Original Posted By materian
tambah satu lagi...

7. Fotografer yang suka minjem tapi ga mau minjemin lensa dia sendiri


Tipe gini, next time musti dikenain ongkos sewa gan

Quote:Original Posted By ukeanggoro
wah saya termasuk nomor satu itu... pgn banget punya gear2 yg mahal2 tapi kapan yah....


Wah, moga-moga kesampean punya gear mahal nya, tapi jangan sampe jadi kaya nomer 1 aja gan
harus banyak2 sabar nih buat nanggepin orang yang kayak gini
sering bgt nemuin yg kaya nomer 3 sama nomer 5 tuh gan. pokoke njeleih pol sumpah
ada d forum sebelah noh...
hahaha... sering banget ketemu sejenis itu..
Numpang pekiwan gan
Klo biasanya master master ditanya mesti diem aja dan sok jual mahal gitu sama ilmu nya kan ane mau nanya nanya doang
ane mah bukan fotografer. klo pun ambil foto, momen2 penting berhasil diabadiin pake foto hp/kamdig itu udh syukur banget
yang paling nyebelin mah yang 'sok tau segalanya'
songong kalau lagi ngobrol sama orang lain..
satu lagi gan, biasa ny fotografer yg di acara2 pernikahan atau sejenisnya, itu lho fotografer yg di sewa sama si empunya hajatan..
yg kyk gitu nyebelin jg lho gan, biasanya gak ada toleransi..
misal kita udah dapet spot bagus, cahaya bagus, angle bagus, eh tau2 pas mau jepret malah di serobot ama tuh fotografer..
ane tanya2 ama dia udah berapa lama jadi fotografer ?? jawabnya "udah 15 tahunan lah"
pikir ane kagak ada sejarahnya orang yg udah jadi fotografer selama 15 tahun gak ngerti etika sesama fotografer
Orang yang udah hebat biasanya nggak banyak omong... paling" bilangnya cuman sudah cukup bagus nggak pernah terlalu banyak komentar ISO, diafragma, buka'an dll.
ane typa yg doyan hunting bareng gan...sekalian tuker2an lensa sama temen...maklum budget terbatas...
So.. sekarang para sepuh harus mulai tau diri ya sama sikapnya.
Via: Kaskus.co.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar