Pages


Sabtu, 31 Oktober 2015

9 TAKTIK Sepak Bola Terbaik Sepanjang Masa, Mana Favorit Juragan?

Spoiler for HT#3 ane gan:

Terimakasih mimin, momod, agan2

janganada repost diantara kita
Sepak bola bukanlah sebuah ilmu matematika yang menggunakan rumus. Permainan yang terdiri dari dua kesebelasan itu sudah jelas tidak bisa dihitung-hitung.
Selama 90 menit pertandingan, tidak ada yang bisa menduga apa terjadi saat 'Si Kulit Bundar' bergulir. Manajer atau pelatih sepak bola pun harus mempunyai strategi yang ampuh untuk mencetak gol selama pertandingan berlangsung.
Sepanjang sejarah, ada sembilan strategi terkenal di dunia sepak bola. Apa saja itu?cekibrott
Quote:Quote:1. Verrou
Spoiler for Verrou:
Dalam bahasa Prancis, Verrou berarti rantai. Ini merupakan gaya permainan sepak bola dengan pertahanan berlapis layaknya rantai baja. Taktik seperti ini berpusat pada pemain yang berkaratker sangat defensif.
Sang pencetus gaya permainan ini, Karl Rappen berpikiran kalau kunci kesuksesan dalam melakukan serangan berawal dari kokohnya pertahanan. Gaya permainan ini sangat populer di tahun 1950-an.

Quote:Quote:2. Jogo Bonito
Spoiler for Jogo Bonito:
Jogo Bonito berasal dari bahasa Portugis yang artinya permainan cantik. Gaya permainan Jogo Bonito identik dengan karakter permainan Timnas Brasil.
Dalam gaya permainan seperti ini, para pemain lebih banyak melakukan pergerakan lincah seperti menari-nari di lapangan untuk mengelabui lawan. Jogo Bonito juga sudah menjadi kebiasaan orang Brasil dalam bermain sepak bola.
Jogo Bonito mulai tenar pada tahun 1950-an dengan ditandai kesuksesan Brasil menjuarai Piala Dunia 1958 dengan mengalahkan Swesia 5-2.

Quote:Quote:3. Kick & Rush
Spoiler for Kick&Rush:
Kick and Rush berasal dari bahasa Inggris, yang berarti: tendang dan serbu. Gaya permainan ini memadukan dua unsur, yaitu kekuatan dan kecepatan. Charles Reep adalah orang pertama yang menerapkan gaya permainan ini.
Biasanya, gaya permainan Kick and Rush dikombinasikan dengan umpan-umpan silang dari sektor sayap. Dengan mengandalkan kecepatan dan fisik, akan banyak tercipta peluang mencetak gol. Tim-tim asal Inggris sering menggunakan permainan seperti ini.

Quote:Quote:4. Total Football
Spoiler for Total Football:
Gaya permainan itu sangat identik dengan Timnas Belanda dan tim-tim asal negeri Kincir Angin tersebut, seperti Ajax Amsterdam hingga PSV Eindhoven. Total Football merupakan gaya permainan yang mengandalkan kolektivitas tim saat melakukan serangan dan bertahan.
Saat dalam bertahan, pemain yang berposisi sebagai penyerang diwajibkan untuk membantu pertahanan, begitu pun sebaliknya. Jadi, strategi seperti ini memungkinkan setiap pemain melakukan perubahan posisi kapan pun dia mau.
Total Football muncul kali pertama dari pemikiran Rinus Michel dan mulai populer di masyarakat pada tahun 1960 sampai 1970-an.

Quote:Quote:5. Catenaccio
Spoiler for Catenaccio:
Catenaccio merupakan gaya permainan yang memainkan bola di daerah pertahanan sendiri sambil menunggu waktu yang tepat untuk melakukan serangan balik. Ciri khas taktik ini adalah man to man marking dan pemain yang berfungsi sebagai libero.
Gaya permainan semacam ini muncul berkat buah pemikiran dua orang asal Italia dan Argentina, yakni Nereo Rocco dan Franco Helenio Herrera. Gaya Catenaccio berhasil mengantar Inter Milan memenangi Piala Champions tahun 1963 dan 1964 bersama Herrera. Catenaccio sendiri berasal dari bahasa Italia, yang artinya gerendel.

Quote:Quote:6. Tiki Taka
Spoiler for Tiki Taka:
Saat masih menjadi pelatih Barcelona tahun 1988, Johan Cruyff memperkenalkan taktik baru bernama Tiki-taka. Taktik seperti ini mengandalkan umpan-umpan pendek dengan pergerakan yang dinamis. Para pemain harus memindahkan bola melalui beragam cara, serta mempertahankan penguasaan bola.
Seiring berjalannya waktu, Louis van Gaal dan Frank Rijkaard yang pernah melatih Barcelona memodifikasi Tiki-taka. Hingga saat ini, strategi tersebut sangat kental dengan Los Blaugrana (sebutan Barcelona).

Quote:Quote:7. Parkir Bus
Spoiler for Parkir Bus:
Kesal dengan permainan Tiki-taka, pelatih jenius Chelsea, Roberto Di Matteo mencari cara untuk mematikan gaya permainan tersebut. Dia pun menemukan sebuah gaya permainan baru yang dinamai Parkir Bus.
Dinamakan Parkis Bus karena gaya permainan ini ultra defensif yang menumpuk pemain di area kotak penalti sendiri agar tidak kemasukan bola. Biasanya, ada sembilan pemain yang berada di kotak penaltinya sendiri.
Pemain yang berposisi sebagai gelandang, bahkan penyerang berada di kotak penalti. Mereka layaknya sebuah bus yang sedang terparkir di depan gawang.

Quote:Quote:8. Body Crash Football
Spoiler for Body Crush Saga:

Gaya permainan ini sangat mengandalkan fisik yang sangat keras. Body Crash Football sangat mengandalkan kekuatan serta ketahanan fisik para pemainnya.
Dalam gaya permainan seperti ini, tidak jarang kalau pemain bakal mempertahankan bola menggunakan tubuhnya. Biasanya, Body Crash Football menjadi gaya permainan andalan tim asal Afrika, Denmark, Swedia dan Norwegia.

Quote:Quote:9. Tango
Spoiler for Tango:

Tango merupakan gaya permainan yang identik dengan para pemain asal Argentina. Gaya seperti ini mengandalkan skill individu pemain dengan dipadukan kerja sama tim. Jika diperhatikan, Tango mirip dengan gaya permainan Jogo Bonito milik Brasil.
Tapi ada perbedaannya, jika Jogo Bonito lebih memanfaatkan kelincahan tubuh, maka Tango mengandalkan kelincahan serta kecepatan kaki pemainnya. Beberapa pemain yang sering menggunakan gaya permainan Tango adalah Diego Maradona, Lionel Messi hingga Sergio Aguero.

sumur
sumur
Spoiler for komen juragan:

Quote:Original Posted By inob
Tambahin pic dong.....
Eh iya catenaccio ndak sekedar permainan pertahanan dengan tembok baja tetapi juga mengatur formasi sedemikian rupa sehingga bola mudah bergulir kedepan dengan cepat tetapi menghemat tenaga biasanya seeh formasi awal 3-5-2...bertransformasi macam macam dan kebanyakan mwnjadi 3-2-2-2-1
Quote:Original Posted By dialog
Masih ada gegen pressing gan..

Penjelasannya: Usually when a team loses possession in the opponent's half, the strategy is to fall back and regroup to maintain shape and reduce gaps. But under gegenpressing (which loosely translates to pressing against), the team moves further up the pitch to press and regain possession.
The two necessary traits a gegenpressing-oriented team are supposed to encompass are -
1) Stamina to play the entire 90 minutes at full pace. Fitness above all.
2) Technically sound because the whole play hinges on the players' ability to tackle and regain the possession.
The strategy is simple. Play a hard running game, keep closing down your opponents fast enough and to devoid them time on the ball. Wait for the opportune moment to tackle or force him into an error, and then counter on the break.
The biggest proponent for the gegenpressing game is the Borussia Dortmund manager Jurgen Klopp. He's held it in the highest regard since his coaching days in Mainz. All of Klopp's teams are fit, run incessantly, cover maximum ground and play beautiful counter-attacking football. According to him, gegenpressing is the best playmaker there is, and that has been proven right on numerous occasions by such goals from Robert Lewandowski. Take this one for example.
Such is the effectiveness of the gegenpressing style of play, Jupp Heynckes took it to Bayern Munich and the team responded by winning a treble in 2013, defeating who else but Dortmund 2-1 in the CL finals, and rampaging past Barcelona in the semi-finals with a scoreline of 7-0.
Concluding, gegenpressing is characterized by high-intensity running and pressing, a high-line across the pitch and counter-attacking football on the break. It is mostly used by clubs in Germany, a few in Spain and the German National Football Team.

Quote:Original Posted By enDesAndRo
Taktik pling ampuh itu sebenarnya taktik timnas Italia zaman P.Rosi.
Catenacio ---> sistem grendel
Disaat team trus bertahan n tiba2 melakukan serangan balik yg mematikan.. Cepat n akurat.. Gooll
Taktik ini hanya bisa bekerja klo defendernya disiplin n skill mumpuni ( Maldini,Nesta, Dino bagio,Constacurta ) serta playmeker yg kmampuan dribling n passingnya d atas rata2 ( Pirlo) serta striker yg cukup 1 sentuhan n goll ( F.inzaghi n Delpiero )
F.inzaghi gan striker favorit ane, gk bnyak dribling n body charge lemah.. Tp klo udh d kotak pinalti.. 1 sentuhan 90% pasty goll.. Ini tipe real striker..
Tiki taka n total footbal mati klo udh lawan catenacio yg asli .. Sayang italia udh meninggalkn gya maen ini.


Spoiler for thanks:

Quote:Quote:jangan lupa

ALL ABOUT FOOTBALL
Spoiler for TAKTIK asli Indonesia:
Quote:Original Posted By wedhusdragrace
gegenpressing --> Jurgen Kloop
dari Indo :
Pepepa --> Nil Maizar
umpang lambung gak jelas --> hampi semua klub indo
elephant footbal juga ada
Quote:Original Posted By moko1979
kalo sepakbola indonesia punya taktik legendaris yang tidak pernah tergantikan oleh pelatih manapun, umpan satu-dua di belakang langsung tendang keras umpan jauh ke stiker tanpa melihat posisi striker...atau biasanya disebut taktik LUCKY DRAW. Yang jelas sampe saat ini timnas belum pernah lucky dengan taktik ini samape sekarang...vote buat taktik ini sebagai taktik terbaik sepanjang masa
Quote:Original Posted By semutcorp
FTDR gan, asli indonesia.
kepanjangan dari Frontal Tackle and Disturbing Refferee
permainan bola dengan tackle2 ngawur bahkan kadanh super bahaya untuk merebut bola, dan jika gagal dan dinyatakan pelanggaran, maka akan rame2 mengganggu wasit
Quote:Original Posted By andhym
Agan lupa nih taktik dari Indonesia. Lumayaman mirip-mirip "kick and rush" dari Inggris, namanya "Kick and Rusuh" hehe
Quote:Original Posted By michie48
taktik asli indon donk gan, yg memadukan sepakbola & olahraga tinju. Namanya strategi Tendang dan Pukul
Tendang bolanya, pukul orangnya
kadang2 wasitnya juga ikut dipukul gan biar ganteng
Quote:Original Posted By orgasmax
gaya abstrak...ini gaya Indonesia...
Umpan2 gak jelas banyak yang salah....
Terakhir main sama Thailand kayak lagi diajarin main bola .......kayak anak SMP lawan anak SMA.
kalah segala2nya......buset dah.

Quote:Original Posted By sasrabirawa
Winger's Attack
pengembangan dari Kick and Rush yang diterapkan di Manchester United selama dekade 90-an sampai dengan pertengahan 2000-an dan menjadikan Manchester United menjadi salah satu klub yang sulit dikalahkan. Taktik ini menempatkan dua orang side half bermain melebar menyisir sepanjang garis lapangan dan kemudian melepaskan umpan silang (Crossing) langsung ke tengah pertahanan lawan. Tentunya untuk melakukan taktik ini butuh seorang Side half yang diubah menjadi Winger yang memiliki skill passing hebat. Dekade 90-an United memiliki dua Winger maut yaitu Ryan Giggs di kiri dan David Beckham di kanan. Pasca Beckham hengkang ke Madrid, naiklah Cristiano Ronaldo
Selain duo Winger, di tengah juga harus fix memiliki dua pemain Midfield dengan dua role yang berbeda, yaitu DMF dan AMF. Di posisi DMF (Defensive Midfielder) ada jago tebas Roy Keane, sedangkan di AMF (Attacking Midfielder) ada Paul Scholes

Quote:Original Posted By vHajHarrkolorr
Ada yang kurang gan... Strategi False 9, contohnya AS Roma... ada yg udah pernah bahas juga >> http://www.kaskus.co.id/thread/523ea...8b46b216000000
Quote:Original Posted By armeddragons
tambah gan....Blitzkrieg
blitzkrieg itu taktik yang pure mengandalkan counter attack buat nyerang. ini berarti pemain2 nya apalagi sayap dan striker harus punya kecepatan mumpuni ,stamina oke dan visi bermain yg bagus
taktik ini dipake ama mourinho pas ngelatih madrid.
Quote:Original Posted By apollion
"pass and move" liverpool era bob paisley n joe fagan, 5 final champions cup, 4 kali menang... (paisley menang 3 kali)
tiki-taka barca lewat,
kombinasi physical dan technical game yg sampe sekarang belum ane liat lagi....
tiki -taka barca bagus aspek technical nya tapi physical side -nya kurang, sering kan barca kalah atoh ditahan imbang ama tim yang physical alias "keras:....
liverpool era "pass and move" superior secara teknik, n kagak bisa d bully secara fisik, karena fisik nya juga kuat n prima...
page one donk gan....
Quote:Original Posted By nicklauss
Kalo menurut ane 'Parkir Bus' itu cuma plesetan fans2 liga inggris aja gan karena mereka gak terbiasa ngeliat ada yang mainin taktik berbeda dari tim2 lainnya yang taunya kick and rush doang.
Terus perbedaan mendasar catenaccio sama yang dibilang 'parkir bus' itu apa dong? Menurut ane sistemnya aja yang sedikit dirubah, tapi dasarnya adalah counter-attack cepat dan harus mematikan.
Kalo dibilang 'parkir bus' itu sebuah taktik yang dijelaskan oleh TS ya jelas kalo yang pertama pake bukan Di Matteo tapi Mourinho pas Inter lawan Barca di UCL. *CMIIW
Quote:Original Posted By mincharger
Ane boleh ngasih beberapa taktik gak gan??

1) Inverted Winger : Sebenarnya udah lama terkenal. Tapi baru terkenal di Inggris pas dipakai sama Robert Pires. Gelandang Prancis ini berhasil menyumbangkan piala emas BPL gan... Taktik ini mengharuskan winger dengan kaki terkuat namun bermain di sisi kebalikannya. Dengan begitu mereka dapat membuat peluang dan menyelesaikan peluangnya sendiri karena bola ada di kaki terkuatnya. Winger kaki kiri ditempatkan di kanan, winger kaki kanan ditempatkan di kiri. Contoh winger macam ini : Cristiano Ronaldo, Arjen Robben, Eden Hazard, Frank Ribery, Neymar.

2) Defensive Winger : Ketika winger di sisi sayap lainnya menyerang, winger sisi sayap sebaliknya harus bertahan gan. Taktik ini dikembangin sama pemain Brazil sendiri, ane lupa namanya. Brazil waktu itu masih ada Garrincha. Garrincha ini winger yang mainnya menyerang gan, dribblenya jago banget. Tapi kalo bertahan agak kurang. Karena itu pemain sayap sebelahnya agak jarang main menyerang, dan dia jadi defensive winger. Taktik ini sering dipakai sama Jose Mourinho lho... Contoh winger macam ini : Willian, Alex Ox Chambo, Cuadrado, Allesandro Florenzi...

3) Defensive Striker : Striker ini diharuskan ngejar bola pas bola ada di kaki musuh. Striker macam ini harus punya stamina yang kuat dan gak gampang lelah karena dia harus ngejar bola di kaki bek, bahkan kiper lawan. Kelemahannya ialah striker ini golnya bakalan dikit karena dia harus bertahan. Contoh striker tipe ini : Marco Borrielo, Mario Mandzukic, Pierre Aubameyang.

4) Taktik Tanpa Striker : Jerman waktu itu bikin gebrakan pas piala dunia terakhir. Cuma masukkin 1 nama striker di timnya, itupun strikernya Klose, udah umur 37 tahun gan.... Joachim Low sang pelatih malah ngebanyakin gelandang. Tapi karena ada nama striker false nine macam Andre Schurrle dan Thomas Muller. Mereka akhirnya juara gan. Muller akhirnya ngegolin 5 gol di turnamen, sementara Klose cuma 2 gol... False Nine, adalah taktik striker yang lebih sering turun kebelakang mencari bolanya sendiri gan. Kelebihannya striker tipe ini memudahkan gelandang serang gan XD. Juga striker tipe ini haruslah cepat, jago dribble, bisa mengkonversi peluang sendiri dan handal memberi assist. Contoh taktik false nine dipakai AS Roma dan Barca juga sempat dipakai MU dan Man City. Pemainn false nine contohnya : Francesco Totti, Alesandro Del Piero, Leo Messi, Wayne Rooney, Carlos Tevez, Alexis Sanchez...

Quote:Original Posted By Tipong10
koreksi dikit
kebalik gan.. catenacio mati sama total football... italia kalah waktu itu sm johan cruyf dkk yg pakai catenacio
inti dari catenacio salah satunya man marking ketat dg 1 sweeper d belakang... nah waktu lawan belanda era cruyf bek italia kebingungan mau jaga siapa krn pergerakan pemain belanda yg "random" mereka selalu ganti posisi
1972 (jaya2nya inter pakai catenacio) kalah sm ajax nya rinus michel (total football) milan juga kalah sama ajax (6-0 malah)
pure catenacio itu fokus nya ke man to man dg 1 libero/sweeper yg free role
jaman modern cesare prandeli, cesare maldini, mr trap semua pake catenacio utk latih itali.. hasilnya nihil
klo menurut ane, semua taktik pasti suatu saat jatuh juga krn ada taktik baru yg bs ngalahin
dan hrs ada figur penting utk membuat perfect taktik itu
catenacio butuh libero handal
total footbal butuh playmaker yg free role (sejauh ini cm cruyf yg bs.. makanya stlh era cruyf TF susah bangkit)
kick and rush butuh winger yg pny lari dan crossing bagus
tiki taka 1 DF dan 2 MC, DF jd bek kelima dan 2 MC yg atur jalannya bola
hanya tulisam pengamat bola aja
Quote:Original Posted By fuhrer128
Gaya di liga italia akhir 80an sampai 2000an awal mantep tuh dg pertahanan sempurna kirim serangan balik lewat sayap atau umpan lambung jauh kedepan cocok untuk striker liga italia bertipe predator yg tinggal nggu atau manfaatin celah offside dg naruli gol tinggi dan penempatan posisi diatas rata2. Ini yg bikin batigol trezegol sheva vialli inzaghi zamorano salas bahkan ya paolo rossi, toto schilacci dan taktik ini butuh playmaker yg handal menahan bola agar sang striker dapat lebih dahulu mencari posisi dan playmaker terkenalnya ada pirlo, zidane,mandieta, veron, del piero, rui costa,kaka, roberto mancini, boban, stanckovic dll
Quote:Original Posted By Tipong10
total.footbal pertama kali d perkenalkan 1965, d ciptakan rinus michels
gustav taktiknya socialist football... emang ini dasarnya total football tp gustav bukan pencipta total football... sama sprti tiki taka yg dasarnya d ambil fr total football atau catenacio yg dasarnya dr vero...hanya landasan aja, tp taktik total football d buat oleh rinus michel
gustav kemudian sapa gitu lupa nyempurnain smp akhirnya d pakai reynolds(lupa lengkapnya) abis gitu d sempurnakan sm rinus michels
taktik kan pemyempurnaan dr taktik sblmnya
cruyff membubuhkan dasar utk tiki taka yg d ambil dr total.football d modif sm rijkaard yg akhirnya sempurna d era pep
Parkir Bus akan selalu megingatkan semifinal UCL leg ke 2 taun 2010..
wah gak ada pic nya gan

Kalo Taktik Indonesia, Umpan Lambung ga jelas Juntrungannya namanya apa btw?
Keren gan... apalagi kalo pake pict/vid
Gan ad picnya gan?

Ane fav total football sama tiki-taka gan,saat ga mengendalikan bola atau direbut pasti di serbu tuh lawan yg sdng mengendalikan bolanya(total football).

Klo tiki-taka aliran bolanya itu yg bikin greget gan,jd ga monoton krn tiap pemain gerak ad atau tdknya bola dipihak team penggunanya (adek total football kyknya tiki-taka).
favorit ane Metodo ala Vittorio Pozzo
Total football paling kece menurut ane
Total football sama parkir bus nya mourinho gan
Sepak bola gajah gan ane demen nontonnya


Parkir bus.. Itu taktik berlian
the arsenal way gan favorit ane, nyerang teruss
Quote:Original Posted By change.os
the arsenal way gan favorit ane, nyerang teruss


Kenapa pas dapet nyerang sama poss bola arsenal kalah terus beda pas pake taktik parkir angkot
Yang cocok buat liga tarkam apa ya gan ?
Kalo nonton enakan jogo bonito
Tapi ane kalo maen pes biasa pake kick n rush
Franc Heleno Herrera ..

#ForzaInter
Tambahin pic dong.....
Eh iya catenaccio ndak sekedar permainan pertahanan dengan tembok baja tetapi juga mengatur formasi sedemikian rupa sehingga bola mudah bergulir kedepan dengan cepat tetapi menghemat tenaga biasanya seeh formasi awal 3-5-2...bertransformasi macam macam dan kebanyakan mwnjadi 3-2-2-2-1
Quote:Original Posted By stwabsurd16
Kenapa pas dapet nyerang sama poss bola arsenal kalah terus beda pas pake taktik parkir angkot



mungkin giroud lapar gan
ane sih taktik rap-rap. gaya mainnya psms jaman dulu.
Quote:Original Posted By Bhoren
Parkir Bus akan selalu megingatkan semifinal UCL leg ke 2 taun 2010..



thx pocher anti hausnya gan
Via: Kaskus.co.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar