Pages


Kamis, 29 Oktober 2015

Apa Hubungannya Coba? Tapi inilah Uniknya Pengobatan Ala Indonesia

Quote:

HT #3
Thanks to :
Mimin, KASKUS.Officer, Momod (all room), dan seluruh KASKUSer sedunia^^







Sumber Gambar



Bicara tentang Indonesia memang tidak pernah ada habis habisnya. Selalu saja ada hal hal unik yang menarik yang bisa diomongin. Bahkan saking uniknya terkadang tidak rasional untuk bisa diterima oleh akal sehat siapapun termasuk saya. Sebut saja misalnya tentang dunia perdukunan Indonesia yang oleh sebagian orang modern dianggap sesuatu yang menggelikan. Tapi bukan soal dukun yang akan saya bahas. Melainkan soal keunikan ala orang Indonesia ketika melakukan pengobatan yang dianggap tidak masuk akal. Tapi seolah menjadi sugesti untuk terus dipertahankan......Dan sepertinya jenis pengobatan ini hanya ada di Indonesia.

Berikut paparan :




Quote:UPDATE :



Masih banyak orang Indonesia yang percaya kalo leher terasa nyeri ketika bangun tidur (gak bisa nengok kanan kiri). Itu namanya "Babantaleun" kata orang Sunda mah. Nah orangtua jaman dulu sering melakukan hal yang menurut ane kagak nyambung dan apa urusannya coba? Yaitu menjemur bantal lalu memukulkannya ke leher orang yang lagi sakit leher. Keseleo leher napa bantal yang disalahin?



1. (Anyang Anyangan) Susah Pipis Kenapa Jempol Kaki yang dikaretin?



Pernah mendengar istilah "Anyang Anyangan?" jika pernah beruntunglah karena agan termasuk orang yang unik. Unik karena menurut keyakinan sebagian besar orang Indonesia percaya bahwa jika susah pipis (pipis macet seuprit seuprit) maka ikatlah jempol kakimu dengan karet. Dan niscayalah pipismu akan lancar.....Meski sedikit sakit karena bulu kaki jempol ente ketarik karet. Gak percaya cobain aja tarik satu saja bulu kaki di jempolmu!







2. Demen Ngompol? Carilah Capung!



Mengobati penyakit demen ngompol dengan capung? Entah bagaimana asal muasalnya banyak orang yang tidak tahu. Tapi hal ini sudah menjadi rahasia umum orang tua di Indonesia. Ketika mengobati orang yang masih suka ngompol. Pengobatan unik ala Indonesia yang yang satu ini memang memiliki sugesti yang luar biasa. Bagaimana tidak? Ketika ada anak kecil atau orang dewasa yang suka ngompol di kasur, orang tua di jaman dulu akan mencari capung untuk ditempelkan di udel.

Rasanya geli banget gan....Udel kita akan digigit gigit oleh si capung dan itu bener bener bikin ngakak....Meski tak jarang juga banyak anak anak malah menangis jejeritan. Kasian capungnya juga harus mencium aroma udel...





3. Sakit Gigi dan Jeroan Kecoa Batu!



Di sebagian besar wilayah Banten, Jawa Barat dan Pulau Jawa, pada umumnya. Masih banyak orang tua jaman dulu yang percaya bahwa salah satu obat sakit gigi paling ampuh adalah dengan menggosokan jeroan kecoa batu. Ingat ya gan kecoa batu, bukan kecoa yang gede yang biasa ada di toilet atau tempat tempat kotor!

Caranya bagaimana? Orang tua jaman dulu akan mencari kecoa batu berwarna abu abu muda bergaris yang bentuknya kecil di sela sela batu. Dengan sedikit jampi jampi lalu dipencet sampe jeroannya keluar dan menggosokannya di pipi dekat gigi yang sakit.

Saya adalah termasuk orang yang sering mengalaminya, dan itu benar benar terjadi. Sakit gigi saya sembuh entah karena sugesti yang kuat atau memang telah dijampi jampi...Ah sudahlah jangan dipikirkan yang penting sakit giginya sembuh.





4. Jendol Kejedot? Cari Emakmu!



Lah apa hubungannya jendol karena kejedot dengan emak emak (ibu kita)? Karena kasih dan cinta mereka terkenal sepanjang masa? Bisa jadi tapi sepertinya bukan soal itu. Ketika agan jendol maka emak emak di jaman dulu akan segera mengeluarkan jurus pamungkasnya yaitu "Jurus Rambut Mengganyang Jendol". Sampai disini silahkan agan/wati ngakak dulu....

Tapi entah kenapa hal itu juga memang benar benar terjadi, bahwa jendol di kepalamu akan segera mengempis ketika diusap usap pake rambut emakmu. Emak emak orang Indonesia memang dahsyaaaat.





5. Tiduran di Rel Kereta Maka Segala Penyakit akan Sirna?



Pernah lihat orang tiduran atau nyender di rel kereta api, gan? Jika pernah maka kemungkinannya hanya ada dua. Dia akan bunuh diri atau sedang melakukan terapi kejut listrik. Saya tidak akan menjelaskan metode penyembuhan yang sering dilakukan oleh orang Indonesia secara ilmiahnya. Tapi yang saya tahu bahwa dengan tiduran di rel kereta api dipercaya dapat membantu menyembuhkan berbagai macam penyakit.

Mau nyobain gan? Boleh tapi hati hati dan wajib nengok kanan kiri dulu! Siapa tau ada kereta mau lewat....Sembuh kagak mati iya.





6. Suka Cegukan? Coba dikagetin!



Kaget apa seneng bray?


Karena ini Indonesia yang penuh dengan keunikan dan kearifan lokal, maka jangan pernah membenturkan metode penyembuhan ala orang tua jaman dulu dengan dokter. Yaaah, ini soal cegukan yang katanya bisa sembuh kalo dikagetin. Banyak orang tua jaman dulu bahkan hingga sekarang masih percaya melakukan teknik pengobatan cegukan dengan cara dikagetin.

Cara ngagetinnya gimana? Ya terserah....Mau dikagetin pake ledakan balon atau petasan, atau mungkin di bawa dulu ke kuburan buat ditakut takutin...





7. Kebelet Berak? Cari Batu dan Kantongi!



Pasti agan agan pernah ngalamin yang namanya kebelet BAB? Setidaknya 2 atau 3 kali seumur hidupnya. Jika hal itu terjadi maka segeralah cari toilet terdekat. Kalo gak nemu juga maka buruan cari batu kerikil lalu kantongi di saku celana atau baju. Maka niscayalah rasa ingin berakmu akan hilang begitu saja lenyap entah kemana. Kebawa angin kali......

Percaya atau tidak ini adalah titah para orang tua di jaman dulu, mungkin hingga hari ini. Mitos iya, tapi kok banyak yang merasakannya ya? Aaah namanya juga sugesti.....






8. Gondokan/Gondongan di Leher? Luluri dengan Blau Warna Biru




Satu lagi nih gan, dan masih sering dilakukan oleh para orang tua di jaman dulu mungkin juga hingga sekarang. Mengobati penyakit gondokan atau Gondongan dengan cara mengolesinya pake blau warna biru. Jangan warna pink atau orange gan!

Katanya sih dipercaya dapat menyembuhkan penyakit gondongan, gan. Dan biasanya dilakukan kepada anak anak kecil sampe kadang seluruh mukanya ditutupi. Dikira mau ikutan pawai partai kali ya gan?






9. (BONUS) Sering Kena Penyakit Apes/Sial Buanglah Sempakmu!




Percaya atau tidak bahwa membuang salah satu sempak/kancut (celana dalam) adalah salah satu cara ampuh yang dipercaya oleh sebagian masyarakat Indonesia untuk menghilangkan penyakit apes atau kesialan. Apes itu penyakit apa bukan sih?




Quote:Sisanya silahkan agan/wati yang nambahin sebab lain daerah lain metode....Tapi itulah Indonesia dengan segala keunikannya.


Quote:Komentar dan Kesaksian KASKUSer


Quote:Original Posted By a.khord
Warisan turun temurun dari nenek moyang, jadi harus dilestarikan


Quote:Original Posted By CommunistTeam
kalo mau sih lebih banyak gan ... terutama buat anak kecil ......

kaya klo anak kecil/bayi badan nya panas d minum in air yg udah d rendem bekas ari2 nya yg puput gan .....

trus kalo mau anak tidur nya anteng ... taro sapu lidi di deket2 tuh anak ato taro bangle d bawah bantal ....

trus kalo mau anak kecil bisa cepet jalan ... tiap pagi kaki nya d basahin embun ato d biarin jalan di rumput yg masih berembun

masih banyak lagi sih yg klo di pikir secara logis g ada hubungan nya.

tp aneh nya ko kadang2 berhasil yha .....


Quote:Original Posted By Rian26cahyadi
bener banget nih
nambah, leher sakit gara2 keseleo bantal ? ntar siang bantalnya dijemur


Quote:Original Posted By nanababan28
ngilangin cegukan ditempat ane dgn cara dikagetin gak pake mercon,bom dll bray
tpi pake tuduhan palsu
cek nya gini,,pas orang cegukan,,tuduh aja dia maling uang,adiknya bunting pdhal tidak
terbukti ampuh gan,,ane slah satu korban adek ane pelakunya


Quote:Original Posted By fafary
Serius gan! Di tempat ane kalo ada yg disengat kalajengking harus digendong bolak balik 3 kali! Apa hubungnnya coba?


Quote:Original Posted By neper01united
Ngantongin batu itu sebeneenya ada penjelasan ilmiah nya gan..

Jadi saat ente bener bener udah mau boker tuh batu masukin aja ke bokong ente, di jamin mampet..
Rasanya kaya di tusbol gitu


KASKUSer yang Pernah Merasakan Sekaligus Membuktikannya :

Quote:Original Posted By argantoz
yg pernqh gue lakuin cuman buang sempak doang gan ...sbnernya ga percaya sih cuma buat seru2an aja sebelum sidang skripsi dulu bgt gan..

btw itu yg kecoak ...


Quote:Original Posted By kenzoe77
Ane pernah tu wktu sakit gigi dikasih jeroan kecoa wktu ane kecil, gara2 ntu ane jd trauma klo liat kecoa...:-S


Quote:Original Posted By al0neranger
wkwkkwkw yang ke jedot trus benjol bener bgt tuh, dulu ane sering begitu


Quote:Original Posted By ebagidong
sebagai orang indonesia dari salah satu kampung ane percaya banget apa yg diomongin ts emang banyak benernya
kecuali yang buang sempak gua malah ngoahahahahahahasuuuw


Quote:Original Posted By koernikoe92

bener tuh gan, haha
udah ane coba semua, kecuali yg kecoa, emg bner sih gan, krn sugesti jg kali ya


Quote:Original Posted By r1weedee
ane saksi hidup metode digigit capung biar gak ngompol


Quote:Original Posted By cinungs
njiiirr ngakak ane gan
bener semua sih gan, ga ada yg nyambung sama sekali tapi ane sering tuh yg ngantongin batu


Quote:Original Posted By butuhasbak
Njir...
sebagian besar udh pernah ane lakuin tuh

Tapi beneran sembuh


Quote:Original Posted By gelas.beling
no 1-2-4-6-7 pernah terjadi di kehidupan kecil ane gan


Quote:Original Posted By Romanzol
Yang pernah ane lakuin waktu kecil,, kalo sakit perut cari batu kerikil masukin celana eeh ampuh jg tuh


Quote:Original Posted By Romanzol
Yang pernah ane lakuin waktu kecil,, kalo sakit perut cari batu kerikil masukin celana eeh ampuh jg tuh


Quote:Original Posted By bpkjenggot37
nahan boker pake batu ane pernah ngalamin gan, tapi emang bener terbukti padahal mah cuma sugesti doang sii


Quote:Original Posted By pak.mandor
itu yang ngantongin batu kalo kebelet berak itu sering manjur di ane kalo pas SD

setiap mau brgkt sekolah pasti ngantongin batu biar gak berak di sekolah
abis WC di SD dulu jorok bgt sih dan sering gak ada airnya wakkakaka
malah curcol


anak gw , ane kasih capung masih ngompol aja wkkwkw
capung pada dateng sendiri ke udel ane...

Quote:Original Posted By kandang.naga


Sumber Gambar



kampretozzz gw malah ngakak liat foto ini

Quote:Original Posted By tokomapan
anak gw , ane kasih capung masih ngompol aja wkkwkw


ente salah ngasih capung kali bray
kasih capungnya yang warna pink kebiruan
aneh aneh haha
ane pernah tuh pake capung tapi tetep aj dulu masih ngompol haha
ane gan. tentang gigi (gigi bawah yang tanggal, dilempar ke genting. kalo gigi atas, kubur di tanah)

tambahan


Kalo ane kecil dulu kata temen ane, "kalo kejedot kepala orang, jedotin sekali lagi biar nggak ketiban kelapa" dulu di kampungan ane banyak pohon kelapa. Selain itu waktu ane makan snack c*p-c*p ada isinya yang dempet, terus kata temen ane "pisahin/potong dulu nanti kalo dimakan sekaligus, nanti punya keluarga yang dempet juga". temen ane emang ada-ada aja
suggesti aja ini mah
Sugesti yang emezing
wkwkwkwkwkwk gila. Apes itu bukan penyakit tapi TAKDIR!

ane pernah denger yg pengen BAB terus sakuin batu, tapi belum pernah praktekin
yang dikagetin malah bikin lucu. iya kalo sembuh cegukannya. lah kalo jantungan terus mati pegimana ceritanya?
Quote:Original Posted By cangcutmimin


ente salah ngasih capung kali bray
kasih capungnya yang warna pink kebiruan


emang ngaruh yah?
Kebelet berak ? Cari capung dan kantongin
sugesti yang waw dah pokoknya..
eh tapi ane baru tau tuh buat yg poin nomer 1
kirain serius....wkwkwkwkwkw
tapi lebih ngakak lagi ternyata ane pernah melakukan semua terapi diatas kecuali tiduran di atas rel
Ane pernah tu wktu sakit gigi dikasih jeroan kecoa wktu ane kecil, gara2 ntu ane jd trauma klo liat kecoa...:-S
wkwkkwkw yang ke jedot trus benjol bener bgt tuh, dulu ane sering begitu
haha ada mitos dan cerita sendiri disetiap kejadiian ga
Via: Kaskus.co.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar