Pages


Sabtu, 31 Oktober 2015

Apa itu Sleep Paralysis atau Tindihan? *Explained with Animation*




Apa itu Sleep Paralysis atau Tindihan?


hii... lagi asik-asik tidur kok tiba-tiba kebangun gan, udah gitu pas kebangun malah ngeliat sosok aneh hiii... hal itu disebut sleep paralysis atau tindahan gan, dan ternyata bisa dijelaskan secara ilmiah lho tapi kenapa ya gan? kok bisa ya kita ketindihan gitu udah gitu kenapa ya bisa muncul sosok aneh-aneh? hii...
Nah, daripada agan bingung, yuk disimak tritnya





Quote:
Penampakan versi animasinya gan (dijamin lebih paham) :





Quote:
Apa itu Sleep Paralysis?


Pernahkah agan terbangun dari tidur agan, dengan tubuh yang tak bisa digerakan? Kemudian seringkali juga ketika agan terbangun, agan melihat sosok aneh disekitar agan? Tenang, fenomena tersebut wajar terjadi, dan itu disebut sebagai sleep paralysis, atau bagi orang Indonesia, disebutnya sebagai, tindihan.





Menurut penelitian, 20 hingga 45% dari kita setidaknya pernah mengalami sleep paralysis sekali dalam hidup kita Kemudian, mengapa sleep paralysis bisa terjadi? Apakah itu benar disebabkan oleh makhluk gaib yang iseng?









Quote:
Ternyata gara-gara kebangun di saat kurang tepat gan!


Pendeknya, Sleep paralysis terjadi ketika kita bangun ditengah-tengah fase tidur kita, yang bernama fase REM Fase REM ini, adalah fase dimana kita sedang asyik bermimpi (jangan mimpi yang aneh2 ya gan) Pada fase ini juga, otak kita meng-istirahat-kan otot-otot tubuh kita, dengan kata lain melumpuhkan sementara tubuh kita, sehingga kita tak dapat bergerak-gerak ketika kita sedang bermimpi.



Ketika kita bangun ditengah-tengah fase ini, misalnya gara-gara si tukang bakso langganan kita yang malem-malem berisik suka teriak-teriak nyari pelanggan sehingga membuat kita bangun tunggu.. tukang bakso apaan ya malem-malem? akibatnya adalah sleep paralysis. Dimana kita terbangun sadar, tetapi kita tak bisa bergerak sama sekali, belum lagi dibayang-bayangi oleh halusinasi tidak jelas, yang sebetulnya, itu adalah hasil halusinasi dari mimpi kita sendiri.











Quote:
Di luar negri ternyata ada sleep paralysis juga gan!


Tidak hanya orang Indonesia saja. Sleep Paralysis sendiri adalah fenomena yang dikenal luas dalam sejarah peradaban di seluruh dunia Contohnya seperti dalam legenda masyarakat Skandinavia, yang menganggap sleep paralysis adalah perbuatan sebuah makhluk cilik yang bernama “Mare”.




Kemudian ada juga suku Eskimo di Alaska, yang percaya bahwa sleep paralysis, adalah roh manusia yang tak bisa kembali ke tubuhnya, ketika seseorang terbangun di tengah-tengah tidur. Dan tentu saja gan, masih banyak lagi cerita lainnya, yang tak bisa dibahas disini satu persatu









Nah, terjawab gan!

terjawab gan!! ternyata ga lebih dari bangun di fase tidur yang ga tepat. makanya gan, oleh sebab itu selalu tidur di tempat yang betul, jangan tidur di sofa ruang tamu dan jangan lupa, cek kolong tempat tidur agan-agan ya hihihihi



Jangan lupa cendolnya ya gan



Sumber




youtube.com/c/kokbisa
bit.ly/kokbisa
kokbisachannel
@kokbisachannel
instagram.com/kokbisa





komen agan-agan yang udah afal cara mengatasi ketindihan :

Quote:Original Posted By Nefanasa
Saya dahulu sangat sering tindihan, Bahkan sebelum jaman internet saya berusaha mencari tau dan berhasil mengambarkan ya akibat kurang singkron antara otak berpikir dan otak bergerak. Yang satu tidur sementara otak berpikir terbangun. Nah sekarang saya akan bagikan cara-caranya:

1. Hindari badan capek berat, namun sedikit aktifitas berpikir seperti lari-lari atau olah raga berat.
2. Jika tindihan, jangan berontak untuk bangun karena malah menyiksa anda, biarkan anda tertidur kembali. Maka anda akan terbangun.
3. Jika terbangun dari tindihan janganlah tidur kembali, karena anda akan kemungkinan besar anda akan tindihan kembali.
4. Jika terbangun segeralah basahi otak belakang anda dengan air dingin. Biasa otak belakang anda panas.
5. Biarkan anda terjaga sebentar 5 menit. Atau sambil minum air putih dahulu
6. Silahkan tidur kembali




Quote:Original Posted By andreawan
ane kalo begini pasti kecapean gan,
solusinya "lepasin" aja gan pasrah bodo amat mau ada kedengeran ketawa kek mau liat apaan kek yang penting diemin aja,
Nah! kalo ntar udah ada "fase" lepas kaya melayang itu yang ane tunggu-tunggu, kita kendaliin diri kita mau ngapain aja gan,
iya bener gan, ngapain ajaaaaaaa... ane pernah kendaliin mimpi lagi mau antre mau salaman di kondangan siapa tau ane bayangin dapet BJ ditempat wakakakakakkaaaaa


Quote:Original Posted By akramMCRmy
rada panjang diit ngga apa-apa ya gan

hmmm entah kenapa ane jadi sedikit freak sama fenomena ini, setiap ane tidur, pasti bawaannya mau kena sleep paralysis

ceritanya gini gan, ane bener-bener penasaran sama yang muncul pas kena SP ini, entah kenapa bentuknya aneh, ya bener ada yang bentuknya kek hantu pacman, smeagol, nenek tua bawa tongkat, kaki doang sepasang nginjek-nginjek bantal, atau yang paling ekstrim adalah bayangan emak di pintu sambil pegang sapu

ane rasa ini adalah pengalaman yang musti ente coba gan, gimana enggak kan lumayan tuh kalo misal ente bisa interview sama itu hantu pacman, kebanyaka yang udah-udah sih mereka cuma ngangguk ngga jelas, pasang muka dingin terus cuma diem aja sampe akhir kita bangun, nah ini yang jadi penasaran, kok mereka pasif ya, apa bahasa kita asing? wakakakak

ane udah berkali-kali kena ini SP dan emang bener sih sebagian besar bayangan yang muncul adalah bagian dari mimpi kita, adek ane pernah liat naruto di samping kasur gan

karena udah berkali-kali kena ginian, ane pikir ini sesuatu yang wajar lah, karena kalo ane capek banget abis ngegame 24jam, kadang yang keluar ini karakter game ane sendiri, jadi no worries lah, biarkan aja mitor kena tindih atau sebagainya ane ngga peduli

cara keluar dari situasi ini juga cukup gampang kalo menurut ane, "ente tinggal fokus, terima kenyataan kalo ente lagi kena SP, abis itu tarik nafas, hentakin salah satu bagian tubuh agan, tanpa ragu--ragu" karena menurut ane yang bikin ente ngga bisa keluar dari situasi ini adalah saat ente panik dan ngga mau nerima kenyataan kalo ente lagi kena SP.

karena tau cara keluarnya gampang dan caramasuknya juga mudah, jadi kadang-kadang suka mau kena sleep paralysis, tapi entah keinginan ini baik apa ngga, karena ane ngga tau dampak dari SP ini apaan

huehehehehehehehehe :3


Quote:Original Posted By kratingdieng
Temen ane sering banget tindihan. Ketika tindihan dia seringnya tidur terlentang menghadap ke atas, dan dalam tindihannya dia melihat makhluk2 bermuka seram (mata merah, lidah merah menjulur) melayang tepat 1 jengkal di depan mukanya. Dia gak bisa gerak, gak bisa teriak... dalam kondisi ketakutan luar biasa. Dan sering banget doi ngalemin tindihan seperti itu. Nah apakah kasus tindihan seperti itu mengindikasikan kalau dalam fase REM doi sedang bermimpi horor? Dan ketika dia terbangun di fase itu, kehororan dalam mimpinya itu terbawa dalam bentuk halusinasi?


Quote:Original Posted By SuperAzzura
sering nih gw sleep paralysis...
gw kira dulu itu penyebabnya karena gangguan setan lah inilah, tapi gw searching google rupanya itu ada teori ilmiahnya...

emang SP kayak orang lumpuh total gitu, gak bisa gerakin apapun. mau ngomong jg kagak bisa, mulut mingkem...
pernah suatu ketika pas lagi SP, gw paksa badan buat bergerak eh yg ada malah sakit bener kepala bagian belakang gw. keknya gara gw paksa jadi ketarik syarafnya ya

dan saran aja, kalo tidur jangan telentang bro. orang kena SP itu pasti tidurnya gara2 telentang. coba tidur menghadap ke kanan aja badan loe (sesuai sunnah rasul). udah gw buktiin emang lebih joss tidur kalo badan menghadap ke kanan...




Kasur ane lesehan, kalo misalnya ane kena sleep paralyze berarti lagi capek berat ya ?
ereup ereup daerah ane .. kabarnya tuh ditindihin ahh sudahlah ...
belom pernah gans
Ane pernah tuh gan.. Tpi ga liat hal atau bentuk" aneh .. Heheheh
Jngan sampe juga sih
Masalahnya adalah ketika ente tindihan pas muka ketutup bantal/selimut, idung ikut ketutup jadi susah nafas
Dan ane kadang ngalami gituan
di mimpi ane ngrasa tangan kanan ane pegel n berat bgt, ane tanyain k temen ane kok tangan ane berat. kebangun ternyata tangan kanan ane ketindihan badan ane sendiri, bnr2 pegel.
klo sleep paralyzed udh pernah 2-3kali, baca2 doa dlm hati.
Kata orang sunda namanya ereup-ereup
ane sering ngalamin gan kalo lagi kecapean bisa sampe 3x seminggu
Masih banyak orang yang menganggap bahwa mereka sedang di tindih makhlus Ghaib
makin produktif aja nih si agan...

gan, kenapa Infus itu dipasang ditangan ? kenapa ga dimulut aja ?
ane pernah mimpi dicekik tyul ampe ga bisa nafas susah banget mau ngmong/teriak. itu ketindihan juga kali ya gan?
Ada sebagian yang percaya kalo ketindihan atau SP (Sleep Paralysis) ini ulah makhluk halus ya gan
Tapi di ilmu kedokteran ,ilmiahnya.. SP terjadi karna tahapan tidur yg ngambang , dimana dalam tidur dibagi dalam 4 fase :
1.tidur ayam dalam artian (masih siaga/aware ama lingkungan sekitaran ,ex : suara ,sentuhan ,dsb)
2.Tidur biasa (masih aware dan mudah terbangun)
3.Tidur lelap (sedikit aware terhadap lingkungan sekitar dan mulai bermimpi)
4.Tidur super lelap (nggak peduli lagi ama lingkungan , suasana sekitar dan tanpa bermimpi ) .

Dan SP biasanya terjadi pada tahap 3 menuju 4 ..dimana kendali tubuh udah mulai di Turn Off ama otak sedangkan aware masih On atau masih aktif ,yang artinya otak masih aktif sedangkan tubuh dalam keadaan tidak aktif/cacad .Makanya pada saat SP a.k.a ketindihan terjadi tubuh kerasa kaku bahkan nggak bisa gerak .Dan dalam keadaan tersebut (nggak bisa gerak) muncullah rasa takut yang segera di realisasikan oleh si otak sendiri
Jadi penampakan hantu ,suara suara aneh,dsb ..itu hasil kreasi agan sendiri
( ane pribadi kalo lagi kerindih ,ane ngebayangin di anuin ama sulli (f)x ..and it works )

Oh iya setahu ane ,
Kalo agan yg ngalamin bisa nekan rasa takut dan mampu ngendaliinnya dengan sugesti ini normal lalu dilanjutin visualisasi positif ,Agan bisa masuk tahap Lucid dream dari sini

Sekian menurut ane dan maaf kalo kalo ada kesalahan pada tulisan dan tips ane
Ane pernah gan
Ngimpi ane terjun bebas ke pintu
Kaya flayifg fox dan diujungya ada kunti yg lagi nunggu
Ane meluncurbke kunti
Ane bangun, kok gak bisa gerak tubuh ane

Ane tidur lagi deh, ane kira lumpuh amit amit
dulu dalam seminggu pasti pernah kena, tpi sekarang sdh ga lgi.
dulu sering enih gan, sekarang udah ga pernah

makasih
hantunya jelek gan
ane pernah mimpi ketemu hantu, trus pas mau dirasuki, ane bangun
bangun sekitar jam 1-2 sadarin diri, tirud lagi, bakalan slep paralysys gan
ane tutup ah,
salam jelek
Via: Kaskus.co.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar