Pages


Senin, 26 Oktober 2015

Macam-macam Aliran Seni Lukis dan Hasil Karyanya




שלום עליכם
SHALOM ALEICHEM



Halo agan/aganwati, momod, ncang, ncing, nyak, babeh, kaskuser, atau siapapun. Di thread ane kali ini mau ngebahas apa-apa aliran sesat *eh maksudnya aliran seni lukis beserta contoh karya-karyanya. Mana tahu ada yang punya karya yang serupa bisa di share di mari. Langsung aja gan
Quote:1. Aliran Seni Lukis Surrealisme
Spoiler for 1:

Surrealisme merupakan aliran seni lukis yang sebagian hasil karyanya menyerupai bentuk-bentuk yang sering ditemui di alam mimpi yang sebenarnya merupakan bentuk dari alam bawah sadar manusia (yang jelas bukan mimpi basah gan ). Dalam kata lain, pelukis berusaha untuk menuangkan samua imajinasinya dan membebaskan fikirannya dari hal-hal yang sudah logis atau bahkan mainstream yang kemudian diaplikasikan pada semua objek yang ia kehendaki. Jarang ada orang yang bisa memahami maksud dari lukisan tersebut, salah seorang tokoh yang paling terkenal dalam aliran ini adalah Salvador Dali.


Quote:2. Aliran Seni Lukis Kubisme
Spoiler for 2:

Ini bukan aliran seni yang berasal dari sayuran kubis. Kubisme merupakan aliran seni lukis yang lebih cenderung melakukan abstraksi suatu objek ke dalam macam-macam bentuk geometri demi mendapatkan sensasi tertentu. Salah seorang tokoh yang paling terkenal dalam aliran ini adalah Pablo Picasso.


Quote:3. Aliran Seni Lukis Romantisme
Spoiler for 3:

Romantisme merupakan aliran seni lukis tertua dalam sejarah seni lukis modern Indonesia. Hasil karya dari aliran seni lukis ini biasanya terkesan untuk membangkitkan kenangan keindahan atau romantis di setiap objek yang ia hasilkan. Objek yang paling sering di eksplor oleh aliran seni lukis ini, biasanya berlatarbelakang alam.
Romantisme dirintis oleh pelukis-pelukis pada zaman penjajahan Belanda dan ditularkan kepada pelukis pribumi untuk tujuan koleksi dan galeri pada zaman kolonial. Salah satu tokoh terkenal dari aliran ini adalah Raden Saleh.


Quote:4. Aliran Seni Lukis Plural Painting
Spoiler for 4:

Plural painting merupakan aliran seni lukis yang dalam proses beraktivitasnya melalui semacam meditasi atau pengembaraan intuisi yang bertujuan bisa mengambil dan menterjemahkan gerak kehidupan ke dalam bahasa visual. Kemudian menjadikan Plural painting sebagai konsep bahasa visual. Di mana, untuk mewujudkan idiom-idiom agar relatif dapat mencapai ketepatan dari apa yang sudah tertangkap oleh intuisi dengan menggunakan idiom-idiom yang lebih bersifat multi-teknik, multi-etnis, atau multi-style.
Jangan minta ane jelasin yang satu ini gan . Jujur ane gak paham bahasanya. Mungkin ada agan/aganwati yang bisa bantu jelasinnya?


Quote:5. Aliran Seni Lukis Badingkut(isme)
Spoiler for 5:

Ini merupakan salah satu aliran yang paling ane suka karena hasilnya seperti animasi 3D di tipi. Berikut penjelasan aliran ini:
Sebuah aliran seni lukis yang memiliki kecenderungan pada proses penggayaan, atau cara proses kreatif dasil pengembangan dari Herry Dim yang sudah ada sejak tahun 70-an. Hasil karya aliran ini merupakan rangkaian bahan-bahan bekas atau bahkan temuan yang kemudian bisa menjadi sebuah karya seni yang berupa karya ruang (seni instalasi), dua dimensi (lukisan atau instalasi dinding), tiga dimensi (serupa patung), ataupun karya seni tata panggung teater.


Quote:6. Aliran Seni Lukis Ekspresionisme
Spoiler for 6:

Aliran seni lukis ini merupakan aliran seni lukis yang hasil karyanya lebih mengarah pada kecenderungan seorang seniman dalam upayanya untuk mendistorsi (pemutarbalikan suatu fakta, aturan, dan sebagainya; penyimpangan-kbbi.web.id) kenyataan dengan berbagai macam efek emosional. Hasil karya aliran ini banyak kita temui dalam karya lukisan, film, sastra, musik dan juga arsitektur.


Quote:7. Aliran Seni Lukis Dada (Dadaisme)
Spoiler for 7:

Ini bukan aliran seni yang menggambarkan dada wanita apalagi dada babi . Aliran seni lukis ini merupakan sebuah gerakan budaya yang terlahir di wilayah netral, yaitu Zürich, Switzerland, selama Perang Dunia I (1916-1920) berlangsung. Gerakan tersebut meliputi seni visual, teater, desain grafis dan sastra (puisi, pertunjukan seni, teori seni). Dadaisme merupakan aliran pemberontak di antara seniman dan penulis. Dan memiliki semangat yaitu menolak frame berpikir “seni adalah sesuatu yang tinggi, yang mahal, yang serius, complicated, dan eksklusif“. Mereka membenci frame berpikir “seni tinggi” karena seni semacam itu adalah milik kaum menengah ke atas yang memiliki estetika semu.


Quote:8. Aliran Seni Lukis Fauvisme
Spoiler for 8:

Aliran ini merupakan sebuah aliran seni lukis yang memiliki umur cukup pendek yang dimulai menjelang era seni rupa modern. Nama fauvisme sendiri berasal dari kata sindiran “fauve” yang berarti binatang liar, yang dilontarkan oleh Louis Vauxcelles ketika sedang mengomentari sebuah pameran yang bernama Salon d'Automne dalam sebuah artikel yang dibuat pada 17 Oktober 1905.


Quote:9. Aliran Seni Lukis Neo-Impresionisme
Spoiler for 9:

Neo-Impresionisme merupakan sebuah aliran seni lukis di mana teknik melukisnya tidak lagi menggunakan warna campuran baik yang ada pada palet atau yang di atas kanvas, melainkan ditempatkan pada beberapa titik kecil yang bersebelahan. Aliran ini berkembang dengan pesat di Perancis sekitar tahun 1886-1906 yang dipimpin oleh Georges Seurat.


Quote:10. Aliran Seni Lukis Realisme
Spoiler for 10:

Aliran seni lukis ini merupakan aliran seni lukis yang dalam hasil karyanya berusaha untuk menampilkan subjek ke dalam suatu karya yang sebagaimana tampil dalam kehidupan sehari-hari tanpa adanya tambahan ataupun embel-embel tertentu. Dengan kata lain, aliran seni yang ingin menunjukkan suatu kebenaran atas kejadian sehari-hari.


Quote:11. Aliran Seni Lukis Naturalisme
Spoiler for 11:

Salah satu lagi kesukaan TS gan. Karya seni lukis yang satu ini membutuhkan kejelian tingkat Dewa 19 alias super duper jeli deh.
Naturalisme merupakan aliran seni lukis yang menggambarkan segala sesuatu sesuai dengan alam nyata atau nature. Basuki Abdullah merupakan salah satu maestro asal Indonesia yang melukis seorang perawan desa yang menggunakan pakaian lusuh tapi justru tampak seperti bidadari. Selain Basuki Abdullah maestro asal Indonesia yang juga terkenal adalah Raden Saleh.


Itu dia tadi 11 macam-macam aliran seni yang mungkin agan/wati udah tahu atau mungkin sama sekali gak tahu. Kalau mungkin ada dari agan/wati yang punya aliran seni baru asal gak aliran (air) seni, ane persilakan komeng dan bakalan ane letakin di pejwan. Oh iya gan, jangan lupa ambil bonus dibawah
Spoiler for BONUS!!!!:
Quote:











Sekalian ane mau promosi thread ane yang lagi ikut lomba "Nostalgia Era Surat Menyurat Bareng KASKUS Yuk, Gan!", [KOMBAT] Surat Buka-Bukaan Buat Teman Ane. Ane pastikan itu thread bukan BB+17 tapi BBW
Kebiasan-Kebiasaan Buruk yang Wajib Agan Hilangkan Ketika di Gereja
Akibat Main Hakim Sendiri (Korbannya Anak Dibawah Umur Gan)
10 Ordo Terkenal Dalam Gereja Katolik
37 Uskup Gereja Katolik di Indonesia
Ini dia 30 Benda yang Mungkin Belum Kamu Ketahui Dalam Gereja Katolik
Foto Dengan Warna Pelangi dan Tag #LoveWins, Sudahkah Agan Tahu?
Microsoft Dreamspark
Situs ini Hanya Boleh Dikunjungi 1 Orang per Menit
Pakaian Imam/Biarawan/Biarawati di Gereja Katolik
[HATI-HATI] Awas Gan, Penipuan yang Mengatasnamakan PT WingsFood Indonesia
Siapakah Orang Dibalik Logo NBA?
[100% JOKE] The Fairy Tale Joke
Kumpulan Foto "Hantu" dari Perang Dunia II HT #1
30 Foto yang Bisa Bikin Agan Terhenyak HT #2
Saudari Kembar Ini Tetap Akur Walau Beda Agama
Ludo, Permainan Klasik dengan Misteri Matematika
Suka Duka Jadi Anak SMK IT HT #3
Asal Usul Kata "Kompeni"
Fakta Unik dan Menarik Tentang Lingkungan
Tingkatkan Kualitas Hidup Agan Dengan Menghindari 7 Hal Ini HT #4
Membuat Graffiti Menggunakan Lumut HT #5
Macam-Macam Origami yang Mungkin Belum Agan Ketahui HT #6
Setuju Gak Gan Kalau Koruptor Diginiin? HT #7
[KOMBAT] Surat Buka-Bukaan Buat Teman Ane
ane demen impresionisme
Kalo lukisan gunung sama sawag masuk nya aliran apa gan
Yg abstrak gak ada gan?
Naturalisme gan
Yg paling baru roketisme bercabang jadi asapisme
abstrak mana gan?


baru lihat lagi lukisan kek gini ane perna lihat kalo ga salah di sampul majalah TEMP0 edisi tua itu juga pas ane SD taon 90an... tua bangka gaya lukisan ini
ekspresioisme keren
akan lebih indah jika wajah saya dilukis akan lebih indah dipandang dikarenakan saya tampan

bawah saya ini saya suruh untuk buat lukisan ketek cherybelle malah gambar bulu keteknya ini
bookmark dulu buat bahan referensi desain grafis
temen ane demen tuh yg surrealis ama realis




[Lounge] Anthro/Furry | Art of Animals with Human Features
Yang terakhir bagus gan.
vaporwave ada gak gan
Quote:Original Posted By blackfire666
Kalo lukisan gunung sama sawag masuk nya aliran apa gan

Aliran sesat gan wkwkwkwk

Quote:Original Posted By bonbensky
Yg abstrak gak ada gan?

Abstrak kan udah banyak di ketahui orang gan, umu lagi

Quote:Original Posted By Arthrez
abstrak mana gan?



jawabannya diatas gan
Quote:Original Posted By Pazonda95
bookmark dulu buat bahan referensi desain grafis
temen ane demen tuh yg surrealis ama realis

Silakan gan

Quote:Original Posted By as.ols
Yang terakhir bagus gan.



Makasih gan
Quote:Original Posted By Pazonda95
bookmark dulu buat bahan referensi desain grafis
temen ane demen tuh yg surrealis ama realis


Selagi bookmark, bagi nya juga gan
ekspresionisme itu affandi ya?
tetap favorit ane alm. bob ross, bikin melukis jadi tampak sangat mudah dengan the joy of paintingnya
affandi aliran apa gan
keren gan
Via: Kaskus.co.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar