Pages


Kamis, 29 Oktober 2015

Mengenal jenis buah langka Indonesia yang sekilas hampir mirip tapi beda gan

Quote:KUNJUNGI WEB KAMI
WWW.RADENAJICARICATURESTUDIO.COM



Quote:Jangan Lupa


thank you agan2 semua, kaskus dkk, HT ke 3 ane !

Quote:DIJAMIN NO REPOST

Quote:PENDAHULUAN
Agan pernah denger buah langka seperti Pundung, Rambai, Kokosan, Langsep, Duku? terasa asing memang waktu dengernya dan secara kasat mata buah tersebut sulit untuk dibedakan. Thread simpel ane kali ini akan bahas perbedaan buah-buah tersebut


Spoiler for Buah Pundung:
BUAH PUNDUNG
Buah pundung memiliki nama latin Baccaurea racemosa. Buah ini sekilas memang mirip dengan buah langsep dan buah duku. Yang unik gan, buah ini nempel di tangkai dengan jumlah yang sangat banyak. Ciri-ciri buah ini adalah Kulitnya bertekstur halus kuning kecoklatan,mirip seperti kulit markisa, isi buahnya ada yang berwarrna merah keunguan dan putih. Rasa buahnya manis, asam dan tentunya segar gan. Beberapa sumber menyebutkan dalam buah Pundung terkandung kalori, protein, lemak, kalsium 13, fosfor, dan zat besi. Selain itu di dalam Buah Menteng juga terkandung vitamin A, vitamin B1 dan vitamin C. Buah Pundung merupakan sebutan untuk kawasan ane gan (salatiga dan jateng) kalo dikawasan lain seperti bogor dan jakarta bisa disebut buah Menteng.
Konon kabarnya kawasan Menteng di Jakarta memiliki asal usul nama dari buah ini gan.

Spoiler for penampakan pundung isi daging keunguan:

Spoiler for pundung isi daging putih:


Spoiler for Buah Rumbai:
BUAH Rambai
Nama Latin Rambai yaitu Baccaurea motleyana. Rambai adalah sejenis buah yang bentuk dan warnanya seperti duku. Tapi tidak seperti duku yang manis, rambai memiliki rasa manis, kecut, dan segar. Rambai masih berkerabat dekat dengan menteng/kepundung, bahkan sering tertukar saat membedakannya. Perbedaannya adalah bahwa bunga dan buah menteng tumbuh di ujung dahan. Selain itu, rambai relatif lebih manis. Buah rambai memiliki manfaat selain untuk dikonsumsi secara langsung dapat pula dijadikan pengganti asam, dibuat selai, dan dibuat menjadi manisan.
Buah ini dalam bahasa daerah lain disebut rambe, rombe. Nama buah ini dijadikan nama salah satu nama suku Tano Rambe atau marga Rambe di batak, daerah Tapanuli, Sumatera Utara, tepatnya di daerah Pakkat, daerah Toba. Uniknya di suku rambe terdapat satu pohon rambai dengan buah berwarna merah ungu yang cuma satu-satunya didunia gan .

Spoiler for Penampakan Buah Rambai isi daging putih:

Spoiler for Pohon rambe merah satu-satunya di dunia:


Spoiler for Buah Kokosan:
BUAH Kokosan
Kokosan memiliki nama latinL. domesticum var. aquaeum. Buah ini satu famili dengan buah langsep dan duku dibedakan oleh daunnya yang berbulu, tandannya yang penuh butir buah yang berjejalan sangat rapat, dan kulit buahnya yang berwarna kuning tua. Butir-butir buahnya umumnya kecil, berkulit tipis dan sedikit bergetah, namun sukar dikupas. Kokosan umumnya berasa masam sampai masam sekali. Buah Kokosan ini biasanya dijual berikut tangkainya, karena buah yang matang masih kuat menempel di tangkai buah. Cara makannya yaitu digigit bersama kulitnya lalu dimakan isinya dan bijinya tentu saja dibuang. Daya tahan Langsep lebih lama dari Pisitan, dimana pisitan ini masih sejenis dengan langsep.Kalau makan kokosan hati-hati jangan sampai bijinya tergigit. Biji kokosan rasanya pahit.
Manfaat buah ini memperlancar sistem pencernaan, mencegah kanker kolon dan membersihkan tubuh dari radikal bebas penyebab kanker. Selain daging buah yang segar menyehatkan, bagian kulit buah dan bijinya juga bermanfaat untuk bahan baku obat anti diare dan menurunkan demam.
Spoiler for Penampakan buah Kokosan:


Spoiler for Buah Langsep:
BUAH Langsep
Buah ini bernama latin Lansium domesticum var. domesticum. Buah ini juga dikenal dengan nama langsat atau lansat. Sepintas memang mirip dengan kokosan Buah yang bentuknya kecil-kecil dan ada juga yang besar agak lonjong mirip buah kemiri yang rasanya manis sedikit masam ini banyak digemari masyarakat. Buah Langsat banyak dijumpai di Pulau Sulawesi dari Selatan sampai Utara bisa kita jumpai buah langsat di jual di pinggir-pinggir jalan. Di kawasan jawa cukup endemik di Jawa Tengah.
Langsep merupakan buah yang tidak tahan lama. Dalam tiga hari setelah dipetik, kulit langsat akan menghitam sekalipun itu tidak merusak rasa manisnya. Hanya saja tampilannya menjadi tidak menarik. Mengingat daya tahan buahnya yang tak seperti duku, langsat umumnya dikenal secara lebih terbatas dan lokal. Beberapa kultivar yang populer, di antaranya adalah langsep singosari dari Malang, langsat tanjung dari Kalsel, langsat punggur dari Kalbar, dan sebagainya. Dari Thailand dikenal langsat uttaradit, dan dari Luzon, Filipina, dikenal langsat paete.


Spoiler for penampakan langsep:


Spoiler for Buah Duku:
BUAH Duku
Buah Duku memiliki nama lain Lansium domesticum var. dukuumumnya memiliki pohon yang bertajuk besar, padat oleh dedaunan yang berwarna hijau cerah, dengan tandan yang relatif pendek dan berisi sedikit buah. Butiran buahnya besar, cenderung bulat, berkulit agak tebal namun cenderung tidak bergetah bila masak, umumnya berbiji kecil dan berdaging tebal, manis atau masam, dan berbau harum.

Ada beberapa varietas duku. Mulai dari duku "palembang" yang berkulit tebal serta berwarna agak "kemerahan" sampai duku condet yang berkulit tipis dan berwarna agak kehijauan. Langsat yang berkulit sangat tipis, berwarna kuning keputih-putihan serta bergetah itu pun merupakan salah satu varietas dari duku. Pertumbuhan pohon duku sangat lamban. Dalam kondisi yang sangat optimal, umur 10 sd. 15 tahun baru akan mulai berbuah. Dalam kondisi yang kurang bergitu menguntungkan, pada umur-umur tersebut, tanaman baru akan mencapai ketinggian antara 3 sd. 5 m. dan belum berbuah. Ternyata buah duku ini manfaatnya banyak gan:
  1. Memperlancar sistem pencernaan. Karena buah Duku mengandung dietary fiber atau serat yang tinggi, sehingga bermanfaat untuk memperlancar sistem pencernaan, mencegah kanker kolon dan membersihkan tubuh dari radikal bebas penyebab kanker. Untuk kandungan kalori, mineral dan zat besi duku setingkat lebih tinggi dibandingkan dengan buah apel atau jeruk manis.

  1. Sebagai Obat Cacingan, menurunkan demam panas, serta membantu mengurangi diare.
    Caranya : ambil Biji buah duku, kemudian tumbuk sampai halus kemudian dicampur dengan sedikit air. Minum secukupnya sesuai kebutuhan. setelah itu kita minum, satu kali sehari, sekali minun seperempat gelas.

  1. Menguatkan gigi. Karena buah duku mengandung fosfor yang baik untuk gigi.

  1. Mengobati gigitan serangga berbisa gigitan serangga berbisa, malaria, dan obat disentri. Caranya : Ambil tepung kulit kayu buah duku, yang dimaksud dengan tepung kulit kayu duku adalah sejenis serbuk putih yang biasanya menempel dikulit kayu buah duku.Setelah diambil kemudian oleskan tepung kulit kayu buah duku tersebut kebagian tubuh kita yang tergigit atau tersengat kalajengking.

  1. Sebagian orang juga percaya, benalu pohon duku dapat mengobati dan membasmi sel-sel kanker

  1. Untuk Mengusir Nyamuk. Kulit buahnya dimanfaatkan untuk mengusir nyamuk dengan cara dikeringkan kemudian dibakar.


Spoiler for buah duku dan kulitnya yang tebal:



Quote:Kalo ane sukanya duku sama langsep gan enak rasanya , kalo agan yang mana?? Gimana agan2 udah tau kan bedanya? jangan salah lagi ya... Demikian thread ane moga-moga bermanfaat



Spoiler for buka donk:
Bantu Komeng minta atau jangn


Quote:SILAHKAN MAMPIR DI THREAD ANE LAIN
Mengenal Kapal Survey Laut Canggih Milik Indonesia HT 22 Juli 2013
Mukjizat yang dialami ane
6 Presiden Indonesia Yang Hobby Nonton Film
5 grup band dan keunikan personilnya
Band terunik di dunia CEKIDOT
Jangan Makan Seafood dengan Minum Vit C
ASLI GAN NGAKAAAK [PENASARAN MASUK]
Games Ramalan Cinta Seru Gan
Share ID Skype Agan Disini
mengapa-terjadi-musim-hujan-berkepanjangan-ini-analisis-ane-gan
Gan ane tekor gara2 makanan T.T


Quote:ANE JUGA BUKA LAPAK GAN
JASA PEMBUATAN KARIKATUR DAN SKETSA WAJAH[Semarang]
banyak yg belom pernah ane cobain gan
pertamax ane amankan
Entah kenapa nama-nama buahnya kok asing semua ditelinga ane ya gan...
mungkin ane kurang gaul nih sama buah
wah banyak yg belum ane makan nih

Pundung tu buah langka ya gan ?
di pasar tempat ane masih banyak tu
semuanya hampir mirip jenis buahnya
kalo ane pernah nyobain menteng gan, kalo duku sih, di tempat ane msh banyak gan, kalo udah berbuah tinggal minta ama yg punya, terus di sengget deh buahnya
nice thread
bener gan, serupa tapi tak sama, yg paling segar yah kokosan
buah duku mirip amat ama buah langsep ya gan
cuman tau duku doang
kalo dikota ane masih banyak sih gan yang jual, apalagi rombe (kalo ditempat ane namanya lengkeng)
kalo duku sih nunggu pas musin gan baru ada
serupa tapi tak sama
ane cuma tau duku doang gan
kok ga muncul pictnya ?

kalo upload, uplod pake cdn kaskus gan biar nongol
Quote:Original Posted By eskrampul11
Pundung tu buah langka ya gan ?
di pasar tempat ane masih banyak tu


ya gan itu langka banget kalo di tempat ane

Quote:Original Posted By may
bener gan, serupa tapi tak sama, yg paling segar yah kokosan


kokosan paling ribet makannya gan...

Quote:Original Posted By pakdekum
kalo dikota ane masih banyak sih gan yang jual, apalagi rombe (kalo ditempat ane namanya lengkeng)
kalo duku sih nunggu pas musin gan baru ada


rombe koq nama lainnya lengkeng ya?? apa jangan2 agan salah buah... kelengkeng beda lo....

Quote:Original Posted By gembili
kok ga muncul pictnya ?

kalo upload, uplod pake cdn kaskus gan biar nongol


ane udah dari awal gan pake cdn kaskus... mungkin server ente yang error coba di refresh lagi
ngga nongol pict nya gan, tapi yang ane tau cuma duku neh
wwaw
Quote:Original Posted By grim21
ngga nongol pict nya gan, tapi yang ane tau cuma duku neh


nongol koq gan coba di refresh...
Via: Kaskus.co.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar