Pages


Minggu, 25 Oktober 2015

Tips Biar Direkrut Perusahaan Sebelum Lulus Kuliah

Kalau di Amerika, semua universitas berlomba untuk membuat para mahasiswanya sudah direkrut perusahaan sebelum mereka diwisuda. Kenapa? Karena kemudian mereka akan bisa berbangga hati dan mempublikasikan (misal): "Di universitas kami, 90% mahasiswanya sudah direkrut perusahaan sebelum mereka diwisuda; sementara 10% sisanya, berhasil mendapatkan kerja kurang dari 3 bulan".

Kenapa mereka peduli betul terhadap tingkat perekrutan mahasiswanya? Karena ini menjadikan universitas mereka semakin diminati oleh banyak orang. Siapa yang ngga mau, pas lulus kuliah udah tinggal masuk kerja, ngga perlu lagi kirim-kirim CV ke mana-mana? Nah, oleh sebab itulah, kebanyakan universitas di Amerika mengajarkan mahasiswanya cara menulis Cover Letter, CV (atau yang sering kita sebut resume), dan bagaimana cara menghadapi interview yang baik.

Sementara di Indonesia? Hanya segelintir fakultas yang ngajarin ini semua. Rata-rata universitas di Indonesia masih cuma fokus ke akademisnya doang. Makanya jangan heran banyak lulusan S1 yang nganggur. Gimana ngga? Mereka pas ngelamar pake Cover Letter dan CV yang jelek (salah, ngga sesuai standard internasoinal). Untuk hal ini, saya udah buatin sebuah engine CV Creator yang FREE. Tinggal isi dan begitu selesai, hasilnya akan dalam bentuk PDF, bisa didownload, disaved, dan diemail untuk ngelamar kerja. Silahkan ke cv.youngontop.com.

Tapi yang saya mau jelaskan di tulisan ini, selain hal di atas adalah: Apakah Cover Letter dan CV yang baik menjamin Agan Aganwati dapet kerja? NGGA! Setidaknya kedua hal ini akan ngebuat Agan Aganwati punya kesempatan dipanggil interviewnya lebih besar. Tapi, apa yang sebenarnya 'menjamin' Agan bisa dapet kerja sebelum lulus? Jawabannya: MAGANG (Bahasa Inggrisnya: Internship).

Nah, kalau magang, pilih perusahaan yang sesuai dengan bidang yang Agan Aganwati mauin. Trus pilih posisi yang sesuai dengan passion Agan Aganwati. Jangan asal dapet tempat magang karena ini adalah syarat lulus. Saya pernah punya anak magang yang ketika dikasih kerjaan beneran, dia malah kabur dengan alasan: "Teman saya magang di perusahaan X, cuma disuruh buat kopi dan fotocopy, kok di sini susah banget?" *speechless!!!

Anyway, bukti anak magang yang kerjanya bagus selama magang dan dapet kerja sebelum diwisuda, terjadi di salah satu perusahaan saya. Namanya: Gitta. Dia magang selama total 5 bulan sebagai Graphic Designer. Yes, magangnya 5 bulan! Sebenarnya hanya perlu magang 3 bulan, tapi setelah selesai 3 bulan, dia minta diperpanjang. Dia akrab dengan teman-teman kantornya, attitudenya sangat baik.. positif, ceria, dan yang paling penting, kerjaannya selalu bagus dan sesuai bahkan melebihi ekspektasi.

Dia baru akan diwisuda akhir tahun ini, tapi per Oktober 2015 ini, dia sudah kerja di perusahaan saya full time. Eh, ngga disangka, selama dia magang, dia juga mampu mempertahankan IPKnya sehingga dia menjadi lulusan terbaik di kampusnya!!! TOP!!!

Nah, ini contoh nyatanya, Semoga cerita ini menginspirasi Agan Aganwati untuk ketika magang, DO YOUR BEST! Jangan berpikir bahwa magang itu hanya syarat kelulusan. Ini adalah jaminan kamu dapet kerja sebelum lulus.

See you ON TOP!
@billyboen

Founder & CEO, PT. YOT Nusantara - @youngontop
Co-Founder & Managing Partner, PT. Generasi Digital Internasional - @GDILab

Website: http://www.youngontop.com | http://www.yotnusantara.com
Facebook: facebook.com/youngontopYOT | facebook.com/billyboenYOT
Instagram: @youngontop | @billyboenYOT

***download GNEWS (Social News Reader) di Android http://gnews.id/sqb8oh dan iOS http://gnews.id/MplOpo untuk perluas wawasan Agan. FREE!
***buat CV berstandar internasional di http://CV.youngontop.com sekarang. Bisa didownload, email, print untuk lamar kerja. FREE!
Masih semester 5 ane gan. Kira-kira bisa gak ya kayak si gitta nasib ane?
Info menarik min
Kebetulan ane baru wisuda bulan lalu :Matabelo
Alhamdulillah ane sebelum wisuda juga udah kerja dengan posisi yang menjanjikan. ane mulai kerja April akhir skripsi tengah april wisudanya mei 😁😁
diamankan
Ane total magang 1 tahun.
6 bulan di indonesia, 6 bulan lagi di eropa.
Kira2 gmn ya supaya kita tau kalo kinerja kita itu bagus menurut kacamata si perusahaan?
wah,makasih banget infonya,gan. cocok buat kakak ane nih
Quote:Original Posted By seventh
Info menarik min
Kebetulan ane baru wisuda bulan lalu :Matabelo


sama nih gan
biasanya naikin IPK, 3.8 gitu perusahaan yg manggil mahasiswanya utk direkrut
Semoga bisa seperti gitta
jadi inget film The Internship yg magang di Google itu
keren abis threadnya. bisa jadi bahan bacaan yang sudah mau lulus kuliah
Alhamdulillah saya sudah diterima perusahaan bonafit sebelum lulus
jadi habis lulus langsung kerja ga nganggur
luar binasah gan
Quote:Original Posted By appaxa
jadi inget film The Internship yg magang di Google itu


Mnurut ane kurang masuk akal gan, mereka berdua blom ada basic programming skillnya soalnya hehe
Pak Kontributor...
Kalo ada pertanyaan2 dari KASKUSer TOLONG DIJAWAB donk!
Nulis trit doank... Kalo ditanya diam aja...
Gimana sih???

*Trauma sama trit2 Pak Kontributor yg kemarin...
bagus sekali, untuk bekal nanti
perlu di contoh ini, semoga gw bisa niru jejaknua
Info bagus nih,kebetulan ane blum kuliah jdi bisa jaga2 dulu dari skrng
wih ane msih smt 3 gan
tpi infony sungguh bermanfaat bwt kedepannya
Via: Kaskus.co.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar