Pages


Jumat, 13 November 2015

AWAS mau ngisi tekanan ban pake nitrogen, baca ini dulu


UPDATE:
Quote:sepertinya fix ini hanya kekeliruan antara sang sumber dan operator yg gak bisa jawab
Quote:Original Posted By axser7
NIh gan ane kasih foto tabung di dalamnya biar gak dikira omongan ane ada tabung didalamnya hoax :




Sorry kalo rada burem, Pejwan kalo berkenan..


sebelumnya ane memohon maaf kepada para kaskuser dan pihak bersangkutan
Intinya, alat yg berada pada tukang nitrogen adalah alat untuk mendapatkan nitrogen dari udara. . Tingkatan nya bisa sampe 95% didapatkanya
Loh kok kenapa gak ada bottle nitrogen, ya dikarenakan ini alat penghasil nitrogen. BEDA LAGI DGN BOTTLE NITROGEN YG EMANG 100% NITROGEN YG SIAP LANGSUNG TUSBOL KE BAN
Jika ingin jelas liat post 3.
Mungkin ada kekeliran antara sang sumber dgn alatnya itu. Operatornya jga malah kagak tau,
Mungkin ini hanyalah oknum, ane gak bermaksud untuk menjudge ya
Tolong maafin ane, karna mahluk banyak salah
Intinya
Agan mau make apa nggak
Nitrogenya ada

Kerja kerja kerja

anjrott hot thread lagi , HT ke3 :ilovelaskuss
INGAT HARAP DIBACA SAMPE SELESAI. BIJAKLAH DALAM MENANGGAPI


akhir akhir ini marak yg namanya tepu tepu, dri minta sumbangan, hp jadi sabun, abate pasir, sampe masuk gorong gorong

Namun belakangan ini lagi mencuat tentang pengisian tekanan ban pake nitrogen, ane juga baru nyadar. Cuma lewat doang
Biasanya suka nempel di pom bensin

Seprti yg lagi heboh di fb, silahkan disimak


Quote:Quote:


HATI2 MNGISI TEKANAN BAN.
Saya nulis ini bukan utk mematikan business pngisian ban di pompa2 bensin seperti gambar yg saya upload ini. ... bukan sama sekali, saya hanya mngajak poro sedulur lebih berhati2. Karena stasiun pngisian Nitrogen ini skrg mnjamur di pompa2 bensin, dimana kita hanya lewat dn bbrp bulan kemudian baru tringat ttg pengisian ini.
Maka sering dimanfaatkan oleh oknum pngusaha pompa Nitrogen utk berbuat Nakal.

Perhatikan gambar dibawah ... dimana ya nyimpen Bottle Nitrogennya ... yang ada kok malah kompressor angin? Aneh khaan
Seperti bbrp kali sy coba mngisi, dan juga pagi ini saya memastikan lagi ...
Pertama perkir saya terkesan dg " Automaic Digital pressure controller" yg dipakai maka pressure yg diminta akan tepat (itu kalau habis dikalibrasi lho)... tapi setelah mngisi ban terakhir .. Jjeerrrrr Kompressor nyala !!!! ... saya sengaja turun krn dibelakang ada mobil dan motor juga ngantri ...dan saya tanya berapa? ...."4 roda 20 ribu pak!"... "lho kok kompressor nya nyala ...berarti angin dong mas mana bottle Nitrogennya ?" .... agak bingung si operator njawab .."ndaak pak ...harus pakai kompressor ..kalau nggak pakai nggak kuat tekanannya NITROGENnya " ... hehehe ... "maas ..mas .. Nitrogen itu bottle nya tekanannya 2000 PsiG ... nggak perlu kompressor untk ngisi ban 35PsiG, tapi ini saya bayar ... tapi bilang juragan mu dagang jangan pakai bohong ..kwalat lho !" ...

Saya serahkan Rp. 20rb saya dengan tenang naik mobil dan mninggalkan si mas operatos yg mungkin bengong .... belum ada 10 meter saya di jalan mobil dibelakang saya nyalib dn tekan klakson ... setelah buka jendela ternyata tadi mobil yg ngantri ... sambil ngacungi jempol ......

Waah hari ini saya bikin satu pelanggan Nitrogen batal ngisi ..... mungkin juga si motor hehe ... bayangkan kalau dg alat yg waah ... bisa ngraup 15 ribu per mobil ... hanya jual angin cap Nitrogen .. waaah business abal2 ini lumayan juga
Maka poro sedulur kalau dijalan ban kurang angin ... ya mampir saja ke TUKANG TAMBAL BAN ..tambah angin dg 5000 rp sdh dapet terima kasih anda .... mau bener2 isi Nitrogen? .. masuk saja ke toko Ban ... minta tambah Notrogen ... 20rb oke .. tapi anda dapet Nitrogen langsung dr Botlle nya ....
Semoga berhati2 ... teliti sebelum membeli ....


Komentar pada facebooker salah satunya agan xxx menyebutkan
Quote:
Si agan xxx:
Supaya posting diatas mnjadi fair, maka saya mndapat masukan dr sahabat August dn juga dr ref 2 ... bahwa memang spt yg diterangkan kangmas Bei diatas .. udara kita sdh kaya Nitrogen. .. Mesin yg dipajang diatas atau sy posting adalah di klaim sebagai mesin pemurni Nitrogen sampai ke 95% dari udara kompressor ....
Sangat bagus dn fantastik ... maka sepertinya kita wajar membayar Rp.20.000,- ambah angin/4ban ...
Yang mnjadi masalah adalah certifikasi atas alat, maka tidk ada yg mnjamin dg apa yg di bayar konsumen 20.000 tsb.
Maka suatu saat kita akan sngt sulit membedakan ini Nitrogen 95% atau hanya angin komtressor ... artinya ini sangat rawan manipulasi krn sangat jauh dr perlindungan dan kalibrasi .... naah kalau ditoko ban ... yg Nitrogen nya dari Bottle asli ... lebih sedikit tdk mngkawat irkan ... walau sekali lagi bukan jaminan ... wong sekarang negeri ini spertinya kalau jual apapun bumbunya bo'ong ... pissss

Quote:


Tabung nitrogen yg suka ente ente liat
Quote:



yg ini gw gak tau dah



KAYANYA INI HANYA KEKELIRUAN SANG SUMBER DAN OPERATORNYA YG KURANG PENJELASAN
TAPI INGAT TELITI SEBELUM MEMBELI
MALAH ANE YG DISALAHIN




Sumber: sumber
NITROGENYA ADA, TINGGAL KITA MAU MAKE APA NGGAK

KERJA KERJA KERJA

Quote:Original Posted By parwyzee47
Dear kaskuswan/wati,
kita kaji kembali Nitrogen Purified Processing nya.




Process nya adalah mengalirkan feed berupa Udara bebas yang dipompa dengan kompressor kemudian diabsorb. O2 akan terikat oleh absorben hingga jenuh. N2 akan dialirkan ke N2 receiver.

Nah untuk mencek apakah N2 generator di SPBU memang benar2 bekerja dicek saja manual data sheet nya. manufacture nya apa dan lihat saja system yang digunakan.


Reference

http://igs-global.com/products/prod-N-PSA.html


Quote:Original Posted By bogemman
Wah kebetulan ane jual N2 Generator merek Hitachi Gan..
kalo dari harga dan purity beda jauh memang, kalo N2 Generator yang ane jual 99,99% Purity Nitrogen.
Sedangkan ditukang tambel ban itu 95-99%, ane juga ga paham asli atau nggaknya, karena N2 Generator itu aja paling murah harganya 300jutaan.

Jadi sebenernya alatnya itu memang menyaring udara dari kompressor dan menghasilkan Nitrogen tersebut.
jadi ga perlu tabung juga.
Dan yang ane tangkap dari Trid agan, ente kurang paham sama yang namanya N2 Generator gan.
jangan karena ga ada tabung ente kira itu buka Nitrogen.
Persepsi yang salah.

Btw thanks buat sharenya.

Quote:Original Posted By Thr33Volt
Saya juga konsumen pompa nitrogen yang terdapat di pom bensin gan, pertama kali ngisi memang gak kepikiran nitrogennya disimpen dimana, setelah kesekian kali ngisi baru kepikiran kyk agan.
Nah waktu itu ban ane bocor dan mampir ke tempat pengisian nitrogen, trus saya sekilas baca spec alatnya, ternyata dia mendapat supply nitrogen dari kompresor, nah di alat pemurni sama di kompresor ada tekanan tabungnya gan.
kalau menurut analisis saya alat pemurni nitrogen punya tabung sendiri, dan mungkin tabungnya kecil... jadi indikator tekanan pada alat pemurni berkurang sampai batas tertentu maka kompresor menyala untuk proses supply udara.

sekian dari saya...

Quote:Original Posted By nugrozajeb2
ikut komen ah. kebetulan di tempat kerja ane ada unit prooduksi nitrogen murni. untuk keperluan plant. dan di sebelah ada pabrik produksi nitrogen cair S*mator. untuk proses awal emang udara ditekan oleh kompressor ke dalam suatu bejana yang berisi bola-bola putih ( ane lupa namanya ). bejana awal untuk menghilangkan kadar air. bejana kedua untuk menghilangkan kadar oksigen dll .jadi yang keluar adalah nitrogen murni dalam bentuk gas. kalo di pabrik semuanya besar. tapi kalo liat itu, itu mungkin versi mininya.

kalo pabrik sebelah nitrogennya dibikin cair terus dimasukin ke tabung. itu yang mungkin agan liat di bengkel2.
jadi sebelum menjudge dan membuat opini lalu bikin sesat orang lain ada baiknya belajar masalah proses pembuatan nitrogen murni.

Quote:Original Posted By franz_aditya
Kebetulan ane anak teknik nih..ane penasaran..
Tapi menurut ane itu gak curang kok Gan..itu kan nama alatnya nitrogen generator.
Untuk menciptakan atau memurnikan nitrogen dari udara bebas,

Ane cari spesifikasi alat itu di internet hasilnya gini:



Diperhatikan input air presssurenya sekitar 100-145 psi.
Nah buat dapetin tekanan udara masukan ini perlu kompressor kan Gan.
Wajar ada kompressor di tempat pengisian Nitrogen di SPBU.

Klo dicari botol nitrogennya pasti gak ada Gan.
Klo nitrogen botol itu udah dimurnikan di pabrik pemurnian, tekanannya biasanya 2000 psi.

Klo mau isi ban dari nitrogen dari botol ya langsung aja Gan, gak perlu Nitrogen generator atau mesin.
Tinggal dari tabung pakai regulator diset tekanan ban regulatornya terus nitrogennya dialirin ke ban pakai hose(selang)




cmiiw

Quote:Original Posted By madkus
Agan2 semua, ane sharing aja ya pengalaman ane kerja di kontraktor gas processing..
Di sana ada unit kecil yang tugasnya memproduksi nitrogen sampai kadar 99.97% atau kadar impurities di bawah 3 ppmv..Prinsip kerja alat itu adalah menyaring Oksigen dari udara supaya menghasilkan gas yang lebih kaya nitrogen dengan menggunakan media adsorbsi. Karena kita semua tau udara kita kurang lebih 79% terdiri dari nitrogen, tinggal menaikkan saja kadarnya. Nah alat ini dapat supply udara darimana? ya dari kompressor! Sangat mirip dengan system nitrogen generator package yang ada di SPBU. Jadi alurnya : udara dari kompressor disaring di alat tsb, lalu keluar sebagai udara yang kaya nitrogen, biasanya ditampung dulu dalam tabung / reservoir baru dialirkan ke konsumen.
Nah, lain cerita kalau pake system tabung. Jadi kita beli tabung yang sudah berisi udara kaya nitrogen, trus langsung dialirkan ke konsumen. Di sini kita GAK BIKIN nitrogen, hanya menyalurkan dari tabung ke konsumen.
Memang kekurangan nitrogen generation, MUNGKIN gak ada analyzer online yang terkalibrasi, yang mengindikasikan kemurnian nitrogen berapa %. Kalau dari tabung, kita bisa lihat kemurnian nitrogen dari sertifikasi yang ada di tabungnya. But at least, jangan heran kalau nitrogen generation package itu memakai kompressor. Karena supply udaranya dipasok menggunakan itu.
Biar berita ini gak bias, kita harus bedakan dulu 2 system ini. Pake N2 generation, atau pake tabung. Jadi hati2 saat menjudge orang sebagai penipu atau tidak. Tanya2 dulu. Otomatis kalo tanya jangan ke tukang isi angin-nya karena pengetahuan mereka bisa jadi terbatas. Tanyalah ke otoritas yang memasang instalasi nitrogen generation di SPBU, misal pertamina atau yang lain ane gak tau.
Jujur ane kasihan sama tukang isi angin-nya gan..Sedikit banyak dia pasti dia sedih dibilang juragannya nipu. Padahal kebenaran nipu atau tidak belum fix kan?
Please CMIIW. Pejwan kalo berkenan.


Quote:Original Posted By avialiner
Lah itukan generator nitrogen, udaranya memang di supply dari kompresor, baru diubah menjadi pure (tidak 100% pure) nitrogen di alat tsb.

Kalau dipesawat ada system yang bernama NGS Nitrogen Generation System. Yaitu system pengaman pada tangki fuel/bensin pada pesawat,untuk menghindari oksigen berada disekitar tangki fuel. Seperti yang diketahui bahwa segitiga api terdiri dari fuel, api dan oksigen.

Alat tersebut (NGS) berfungsi mengubah oksigen yang berada disekitar tangki fuel menjadi nitrogen, seperti yang kita ketahui nitrogen lebih aman dan tidah mudah untuk terbakar.

Pada system tersebut nitrogen tidak di refill atau diisi ulang dari tabung2 nitrogen eksternal, seperti yang agan lihat tangki biasanya. Tapi dihasilkan sendiri dari oksigen yang ada lalu dikompress dan dimasukan ke system NGS tsb.

Dipesawat ada tangki (reservoir) berisikan nitrogen, tapi bukan untuk mengisi nitrogen ke pesawat, melainkan untuk menampung nitrogen hasil dari system NGS tsb.

Intinya gak selalu harus ada tabung nitrogen, untuk station pengisian nitrogen.

Quote:Original Posted By venmon
Mau komentar dikit nih

saya kebetulan kerja di bengkel juga.

nah untuk isi nitrogen yang sekarang kalo ga salah memang tidak pakai tabung,tapi di dalam alatnya ada 3-5 filter, 2 tabung udara (memisahkan nitrogen dan angin biasa) dan cukup banyak saluran selang udara yang fungsinya menyaring dan memisahkan Nitrogen tadi dari dorongan angin kompresor biasa dengan catatan tekanan anginnya harus cukup kuat.

coba liat di digital display biasanya ada tulisan gini :

N2 , Air , Purity , Vaccum time ,Auto ,Force (beda merk alat kadang2 ada beda tulisan juga, tapi N2 sama Air rata2 ada kayaknya)

di indikator N2 sama Air itu ada tombol, disana perhatikan kalo yang nyala Air, berarti ya itu dikasih angin biasa (Anda kena tipu berarti kalo anda pengen nitrogen tapi yang nyala display itu ), , kalo N2 nya nyala itu baru nitrogen.disitu fungsi 2 tabung dan selang2 yang banyak didalamnya, untuk memisahkan kalo ada yang mao isi angin biasa, pake alat nitrogen juga bisa, karena di dalamnya sudah ada jalur pemisahnya

Purity itu tingkat kemurnian nitrogennya , Auto itu,kalo baru ganti ke nitrogen, angin diban biasanya harus disedot (vakum) biar bener2 bersih dalamnya dari udara yang kadang2 ada uap air gitu kalo dari kompresor biasa.nanti kalo pas auto dipencet, vaccum timenya ada angka itung mundur ke 0 , nanti kalo udah 0 dia otomatis ngisi nitrogen sesuai tekanan yang diinginkan.

nah kalo ada alat yang palsu saya juga kurang tau yah, paling coba liat aja display nya sama disamping biasa disamping alat itu (dekat selang)
biasanya ada kotak kecil isinya 3-5 filter ,bentuknya kayak tabung2 gitu (tapi mungkin juga ada alat yang memang ga ada ya karena saya kurang tau juga, soalnya saya bukan yang jual alat sich , cuman make hahahaha)



Buat koment

Widih ada beritanya gan
Quote:Quote:
Merdeka.com - Sobat merdeka tentu tak asing lagi dengan gerai atau stasiun pengisian Nitrogen yang biasa terdapat di Pom Bensin. Namun hati-hati, banyak yang isinya bukan Nitrogen sungguhan alias angin biasa. Nitrogen abal-abal dong.

Kisah soal Nitrogen palsu ini dituturkan oleh Franz Borgiaz di akun Facebooknya. Franz saat itu berniat mengisi ban mobilnya dengan nitrogen. Namun dia terkejut kok malah kompresor angin yang nyala.

"Saya sengaja turun karena di belakang ada mobil dan motor juga ngantri. Saya tanya berapa? '4 Roda 20 ribu pak!'. Lho kok kompressornya nyala? berarti angin dong mas mana bottle Nitrogennya? Agak bingung si operator jawab 'Tidak pak, harus pakai kompressor, kalau nggak pakai nggak kuat tekanannya Nitrogennya," kata Franz menirukan penjaga gerai tersebut.

Franz tertawa, menurutnya Nitrogen Bottle itu tekanannya 2000 PsiG. Tak perlu kompressor untuk mengisi ban 35PsiG. Dia membayar namun berpesan jangan sampai menggunakan cara curang seperti itu.

Franz mengaku hal ini dia memposting hal ini bukan untuk menyudutkan pengusaha gerai Nitrogen. Tapi harus jujur kalau mau usaha. Pemilik kendaraan pun wajib berhati-hati.

"Hanya jual angin cap Nitrogen bisa meraup Rp 15.000 per mobil. Padahal kalau tukang tambal ban diaksih Rp 5.000 saja sudah terima kasih," tutupnya.

sumber

Komentar para kaskuser

Quote:Original Posted By dhidadi
Ban luar motor ane pernah ganti termasuk ban dalam di salah satu gerai toko ban.
Setelah kelar, ban diisi nitrogen (biasa isi angin ban dari kompressor) dan pas ridding, memang kerasa beda sih lebih empuk dan handling jadi enakan. Beda kalau isi angin biasa, keras, handling kaya melayang. Dan memang tidak ada kompressor di toko gerai ban tsb,

Quote:Original Posted By Gatel_banget
slma ini ane ngisi brarti d kibulin donk
#kamfret

Quote:Original Posted By astra354
TEKNOLOGI PENGISIAN NITROGEN DI SPBU PERTAMINA

Pertamina telah menstandarisasi di semua jaringan SPBUnya dgn layanan Nitrogen, ini sebuah komitmen Pertamina akan pentingnya nitrogen bagi kenyamanan dan keselamatan berkendara.

Pengisian nitrogen bisa dipilih dg menggunakan teknologi tabung nitrogen dan mesin N2 Generator..
Kelebihan utama dari teknologi mesin N2 Generator adalah teknologi VAKUM saat isi pertama kali dan secara otomatis menggantikan angin ban dg nitrogen yg diproduksi oleh N2 Generator.. sehingga akan sempurna saat isi pertama kali..
Fungsi kompresor utk membantu mendorong dan memvakum tsb, BUKAN mengisi angin biasa ke ban kendaraan..
Tapi bila mengisi dg teknologi tabung, maka hanya menggunakan sistem konvensional yaitu dikempesi dg membuka pentil saja..
Teknologi tabung sangat cocok untuk isi tambah atau isi ulang.. karena tdk perlu melakukan vakuum..
Di dalam mesin N2 Generator ada tabung besar yg berfungsi untuk menyimpan nitrogen hasil produksi dan langsung bisa mengisi ke ban..
Saat ini memang belum ada lembaga independen yg melakukan sertifikasi, karena nitrogen hanya terbatas utk konsumsi ban, untuk menjaga kemurnian, sesuai SOP Perawatan Mesin maka kita cukup mengganti secara periodik tabung filter yang ada pada mesin N2 Generator..



Semoga kita terus memberikan layanan yang terbaik dan membangun kemandirian ekonomi bangsa..
Terima kasih bagi pelanggan semua yang telah memberikan masukan dan kritik kepada kami.. sukses utk kita semua..

Manajemen Nitromania
Operator Resmi Layanan Nitrogen di SPBU Pertamina..

Quote:Original Posted By ANEHBGT
ane juga curiga gan, awalnya pernah mau isi nitrogen di lapak yg SPBU tp ane curiga kok ga' ada tangki nitrogennya, akhirnya ane batalin...

Quote:Original Posted By ba2nk
Ane sempet nanya waktu isi angin nitrogen di pom bensin, kata orang yg ngisi, itu emang tabung angin kompressor biasa gan, dari udara yg keluar dari kompressor masuk ke generator nitrogen untuk menghilangkan massa airnya agar tekanan udara yang ada di ban tidak mudah memuai. Gitu penjelasannya sih, ya mudah2an bener itu alat untuk ngerubah udara jadi nitrogen.

Quote:Original Posted By bangjharoe
bukannya udara kita ini 79% Nitrogen 22% Oksigen dan sisanya Zat lain,
sebenernya yang pakai Compressor itu ga salah juga, karena untuk mendapatkan nitrogen ga harus dari tabung Nitrogen yang panjang itu,
tapi ada yang namanya metode PSA (pressure swing absorber),
bisa aja compressor tsb digunakan buat ngambil udara, lalu udara yang diambil difilter ke mesin Nitrogen nya, jadi yang didapat hanya nitrogennya, zat yang lain ga keambil, walaupun nitrogen yang didapat ga bakalan 100%, CMIIW.
jadi jangan ngejudge juga yang pake compressor itu nipu, dan bisa saja tabung yang panjang itu isinya bukan nitrogen,
tapi memang susah juga untuk membuktikan yang didapat itu nitrogen atau tidak, karena udara tidak berbentuk, satu2 cara membuktikannya ya minimal dicium baunya, karena bau nitrogen berbeda.
detail lebih jelas tentang metode PSA bisa tanya mbah google..

Quote:Original Posted By 9ondes
kalo bagi ane yg jd masalah itu bukan angin biasa atau nitrogen asli tapi justru tingkat akurasi ukur meterannya. mau angin biasa sekalian ane masih bisa toleransi kalo meterannya bener, yg ane suka kalo dr tempat nitrogen kayak gini ya angka gede yg tertera di mesinnya itu jd jelas dan yakin (kalo emang akurat).

cerita pertama: ane pernah isi nitrogen ke tekanan 30psi, sepanjang jalan ternyata kekencengan, ane mampirin tukang pinggir jalan, dia baca pake meteran kompresor angin dia tekanan udah di kepala 40 sekian, ane minta balikin ke 30.

cerita kedua: selang berapa bulan dengan cerita di atas, ane mampirin isi nitrogen yg berbeda lokasinya dengan di atas, minta ke 30 jg, sepanjang perjalanan kok gak enak nih mobil, pas ane bawa ke nitrogen yg lain ternyata tekanannya cuma 24 untuk semua ban nya.

nah skrg mesin siapa yg dipercaya? kalo mau tes mendingan gini, ente isi nitrogen misal ke tekanan 30, terus gak lama ente balik lagi deh ke mesin itu, mudah2an orangnya gak inget, atau ganti supir kalo mau yakin, terus lihat itu mesin bilang tekanannya berapa deh. jangan2 semua mobil motor yg dateng pasti dibilangnya kurang tekanan!!!

Quote:Original Posted By onxafn
ane ga pernah isi pake NITROGEN....
pake isi angin biasa gratisan fasilitas dari SPBU

mungkin klo Ngebutman speed diatas 150 kph, perlu pake nitrogen buat jaga suhu ban,
tapi motor ane paling ngebut juga 80-100, ban juga ga terlalu panas

Ringan (katanya) ah, namanya sama2 angin, paling beda gram2an doang ga nyampe kiloan, ga ngaruh kok, apalagi umur ban, ga ada hubungannya sama jenis angin, tapi tekanan sama gaya nyetir.....


Quote:Original Posted By camenalexander
Hmm,. pantesan gan, ane pernah satu kali mau ngisi nitrogen tp ane lupa tepatnya di SPBU mana yang pasti lokasinya dibandung. Jadi pas ane mau isi nitrogenya si pekerjanya langsung ngidupin mesin kompresornya. Tp ane gak ngeh waktu itu knpa dia ngidupin mesin kompresornya sewaktu mau menambahkan nitrogen ke ban motor ane, ane mikirnya mungkin itu buat tenanga menambah daya nitrogenya.
Setelah ane baca thread agan, baru ane ngeh ane uda dikadalin sama tukang nitrogenya. Judulnya aja nitrogen, tp motor ane dikasi angin kompresor.

Nice share gan, makasih atas postinganya. keep posting

Ane jadi tahu sekarang, mana tukang nitrogen yg nakal dan mana yg jujur.

Quote:Original Posted By awambanget
Tambahin Gan
Ane juga curiga Sarana angin gratis d SPBU Pertam**a banyak yg rusak sekarang
ane pernah ban kempes, pengen isi yg gratisan d SPBU tp semua rusak, yg nongol malah nitrogenan
huhh
sudah ane duga gan..

Quote:Original Posted By madkus
Agan2 semua, ane sharing aja ya pengalaman ane kerja di kontraktor gas processing..
Di sana ada unit kecil yang tugasnya memproduksi nitrogen sampai kadar 99.97% atau kadar impurities di bawah 3 ppmv..Prinsip kerja alat itu adalah menyaring Oksigen dari udara supaya menghasilkan gas yang lebih kaya nitrogen dengan menggunakan media adsorbsi. Karena kita semua tau udara kita kurang lebih 79% terdiri dari nitrogen, tinggal menaikkan saja kadarnya. Nah alat ini dapat supply udara darimana? ya dari kompressor! Sangat mirip dengan system nitrogen generator package yang ada di SPBU. Jadi alurnya : udara dari kompressor disaring di alat tsb, lalu keluar sebagai udara yang kaya nitrogen, biasanya ditampung dulu dalam tabung / reservoir baru dialirkan ke konsumen.
Nah, lain cerita kalau pake system tabung. Jadi kita beli tabung yang sudah berisi udara kaya nitrogen, trus langsung dialirkan ke konsumen. Di sini kita GAK BIKIN nitrogen, hanya menyalurkan dari tabung ke konsumen.
Memang kekurangan nitrogen generation, MUNGKIN gak ada analyzer online yang terkalibrasi, yang mengindikasikan kemurnian nitrogen berapa %. Kalau dari tabung, kita bisa lihat kemurnian nitrogen dari sertifikasi yang ada di tabungnya. But at least, jangan heran kalau nitrogen generation package itu memakai kompressor. Karena supply udaranya dipasok menggunakan itu.
Biar berita ini gak bias, kita harus bedakan dulu 2 system ini. Pake N2 generation, atau pake tabung. Jadi hati2 saat menjudge orang sebagai penipu atau tidak. Tanya2 dulu. Otomatis kalo tanya jangan ke tukang isi angin-nya karena pengetahuan mereka bisa jadi terbatas. Tanyalah ke otoritas yang memasang instalasi nitrogen generation di SPBU, misal pertamina atau yang lain ane gak tau.
Jujur ane kasihan sama tukang isi angin-nya gan..Sedikit banyak dia pasti dia sedih dibilang juragannya nipu. Padahal kebenaran nipu atau tidak belum fix kan?
Please CMIIW. Pejwan kalo berkenan.

Quote:Original Posted By albertusac
Lah ini kok malah kacau balau.. kompresor itu tujuannya buat memaksa angin masuk ke sistem "penyaringan" udaranya.. bukan untuk mompa ban ente. Kenapa butuh kompresor? Karena alat Nitrogen Air Generator itu gabisa jalan tanpa kompresi udara, jadi alat tsb butuh tekanan lebih tinggi dari tekanan atmosferik yang ada sekarang.

nah kenapa butuh kompresi? gak bisakah tanpa kompresor alat itu bekerja? tidak.
alat tsb memiliki membran filtrasi yang secara sangat sederhana bisa dianalogikan sebagai filter air biasa.

Beda dengan tabung2 N2 yang isinyapun juga diisi dari N2 generator. Tabung tsb tekanannya sangat tinggi, dibuka aja udah ngowos.
Nah sekarang gimana kalo jasa isi nitrogen beli tabung aja, pake N2 generator buat isi tabungnya. biar percaya kalo isinya N2.
atau bahkan tabungnya dipompa angin biasa aja kali, kan pokoknya pake tabung itu tandanya asli?

Jangan salah kaprah dan membodohi orang, apalagi ngejudge yang punya usaha, sebelum tahu dan mengerti bagaimana cara kerjanya.

Quote:Original Posted By DECEPTEECHA
Ya sudah.. kalo ga mau ngisi di nitrogen pertamina ya ndak isi disitu
lebih percaya yg botolan ya monggo beli yg botolan..
Saya tidak bekerja di pertamina hanya menilai dr sudut pandang saya sendiri,
kebetulan saya punya kompresor di rumah saya
dan saya rasakan berbeda jika diisi dg yg di pertamina
jd ya saya percaya2 aja krn riding trsa lbh enak,
toh saya bkn org yg mengerti bidang pernitrogenan soalnya hehe.. hanya user/customer awam sangat awam
saya nyaman dg itu ya saya gunakan jasa tsb,,,
Peace ah sama agan TS
dan semoga kedepan ada standarisasi khusus utk alat yg dipertamina biar customer makin yakin
Atau mau bongkar bareng2 mesin generator nitrogennya
Atau kita tunggu tayangannya di reportase investigasi hehe
semoga pertamina segera merespon thread agan TS ini,






biarlah gan

yang roda masi bisa berjalan. kalo gak bisa jalan, kaga dapat uang jalan dari kantor

Salam Pemulung
dari kemaren buat trit bermutu kagak pernah HT bray
udah jarang lagi ngisi pake nitrogen
ane gk pernah si om mompa ban di lapak nitrogen yg di pom2 gitu, lebih sering di kaki Lima deket rumah ane
Quote:Original Posted By manggor18
dari kemaren buat trit bermutu kagak pernah HT bray


Simimin ama momod ilfil kayanya ma ane , emot maho juga gak dipake. Padahal thread dah bagus
Apa perlu ane pake emot maho yg lebih laknat , stok masih banyak
ikut sundul sambil matau yak gan..
Kalo ane isi nitrogen mending di tukang ban
nih ane dari dulu udah curiga gan, ga pernah tuh pake nitrogen ane, ane slalu pake angin biasa, toh di ban udah tertera tekanan ban range sekian to sekian tanpa ada embel2 minta di isi nitrogen
gk pernah ngisi di spbu
ane kira malah itu fasilitas dr spbu nya alias gretongan katrok ane
Quote:Original Posted By al.royhanz
ane gk pernah si om mompa ban di lapak nitrogen yg di pom2 gitu, lebih sering di kaki Lima deket rumah ane


eh ketemu disini kita
Quote:Original Posted By kamujahat21


Simimin ama momod ilfil kayanya ma ane , emot maho juga gak dipake. Padahal thread dah bagus
Apa perlu ane pake emot maho yg lebih laknat , stok masih banyak

jgn gan nanti semua kaskuser ketularan maho kaya ente
ga pernah ngisi nitrogen ums


makasih
ane jg lbh suka d kaki lima gan. percuma juga pakai gituan kalau menurut ane.
Ane kalo ngisi nitrogen biasanya pas nyuci mobil sekalian, hehehe..
Nice info juragan.. Ane malah ga terlalu paham, cuman asal isi aja sih.. Pokoknya minta isi nitrogen, kaga tau diisi apaan, penting nggelinding, hehehe..
ane biasa ngisi nitrogen buat motor ane d pom bensin tp yg g pake kompresor trus di belakang mesin ukur cuma ada tabung tinggi trus panjang ....klo ada kompresornya udah dipastikan penipu...ane dah lama tau soalnya ane biasa pake nitrogen....di pom ada yg bener ada yg g bener tp 70% g bener tinggal di liat aja
Quote:Original Posted By manggor18

jgn gan nanti semua kaskuser ketularan maho kaya ente

Mari menghijaukan kaskus gan, rate 5 Napa gan
nice inpo gan
Ane sering ngisi nitrogen, alatnya sama kayak di gambar.

Berarti selama ini ane di , , , ,

Via: Kaskus.co.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar