Pages


Senin, 30 November 2015

Inilah 11 Lagu Jepang yang Terkenal dan Melegenda di Indonesia



Spoiler for semoga tak Repost:


Spoiler for Terimakasih:
Quote:Alhamdulillah, HT #2


Spoiler for ditraktir cendol:


Spoiler for maho ngamuk:
Quote:idup gw ga cuma ngaskus doang bray. Kalo lo mau angkut semua ke pukimay, lo bikin trit sendiri deh

Spoiler for maho everywhere:


Soember Referensi

Spoiler for intro:
Quote:Sebelum perkembangan musik mancanegara semakin marak seperti hari ini, lagu-lagu milik musisi serta penyanyi luar negeri --termasuk Jepang-- yang tiba ke telinga pendengar musik Indonesia masih sangat selektif.

Seiring berkembangnya teknologi, kini masyarakat Indonesia bisa mendengar hampir semua lagu milik musisi mancanegara manapun, tak terkecuali hasil karya para musisi Jepang yang sempat dianggap barang langka.

Menengok kembali lebih dari satu dekade lalu, ada beberapa lagu Jepang yang sangat familiar di telinga masyarakat Indonesia. Berbeda dengan lagu-lagu tema anime yang diterjemahkan, lagu-lagu ini membuat para pendengar ingin menyanyikannya meski masih dalam bahasa Jepang.

Sinkronisasi antara lirik, notasi, dan iringan musik yang mudah dinikmati, kemungkinan besar menjadi alasan lagu-lagunya bisa disukai. Beberapa juga sempat dikenal karena bertindak sebagai lagu tema anime dan serial drama.

Meskipun begitu, ada juga lagu-lagu populer yang tiba di tanah air melalui sebuah album yang dijual di toko kaset dan CD. Seringnya frekuensi pemutaran di televisi dan radio pun turut mendukung lagunya menjadi hits besar.

Penasaran apa saja lagu-lagunya? Simak deretan selengkapnya berikut ini.




Kokoro no Tomo - Mayumi Itsuwa
Quote:
Spoiler for Mayumi Itsuwa:


Tak perlu ditanya lagi, Kokoro no Tomo yang dinyanyikan oleh Mayumi Itsuwa memiliki notasi lembut yang indah dengan lirik dan refrain yang mudah dihapal. Bait "Ai wa itsumo Lullaby" juga sulit untuk dihilangkan dari kepala.

Wanita kelahiran 24 Januari 1951 ini pertama kali mempopulerkan Kokoro no Tomo pada 1987 yang akhirnya diakui sebagai salah satu tembang Negeri Sakura paling populer di Indonesia.




First Love - Utada Hikaru
Quote:
Spoiler for Utada Hikaru:


Dirilis pada 1999, Utada Hikaru sukses membuat First Love sebagai tembang paling digemari para pendengar musik di Indonesia berkat suara indah dan lirik serta reffrainnya yang mudah diingat.

Hebatnya lagi, lagu ini muncul bersama album debut sang penyanyi yang juga berjudul First Love. Jika lupa dengan lirik reffrainnya, begini potongannya: "You are always gonna be my love, itsuka dareka to mata koi ni ochitemo, I'll remember to love, you taught me how."




La La La Love Song - Toshinobu Kubota
Quote:
Spoiler for Toshinobu Kubota:


Toshinobu Kubota telah diakui sebagai penyanyi solo pria bersuara indah yang telah menelurkan banyak hits single dengan penjualan hingga jutaan kopi.

Bicara soal La La La Love Song, lagu yang menjadi soundtrack drama televisi Long Vacation ini memiliki irama ceria yang sangat diterima oleh telinga pendengar musik di Indonesia.

"Maware maware Merry Go Round, mou keshite tomaranai you ni, ugokidashita Melody, La La La La La Love Song," begitulah isi lirik pembukanya yang notasinya dipakai di dalam reffrain.




True Love - Fumiya Fujii
Quote:
Spoiler for Fumiya Fujii:


Kerap menghasilkan lagu-lagu berirama lembut, nama Fumiya Fujii cukup disegani di kancah industri musik Jepang. Single True Love yang rilis pada 1993 sukses terjual 2 juta kopi.

Ditambah lagi, lagu ini sangat disukai di Indonesia berkat notasi, lirik dan suara Fujii yang terdengar kebapakan. Lirik reffrainnya yang singkat memang sangat menyayat hati.

"Kimi dake wo shinjite, kimi dake wo kizutsukete. Bokura wa itsumo haruka haruka tooi mirai wo. Yume miteta hazu sa," begitu bunyi reffrain lagunya.




Fukai Mori - Do As Infinity
Quote:
Spoiler for Do As Infinity:


Bertindak sebagai pengisi soundtrack anime Inuyasha, Fukai Mori awalnya terkenal di kalangan pemirsa televisi Indosiar yang menyiarkan anime ini di tanah air.

Barulah kemudian fans berat anime menyanyikan lagunya hampir setiap hari dan pecinta musik umum di Indonesia pun tak dapat menyangkal keberadaan lagu ini.

Do As Infinity memang harus diakui sukses menciptakan reffrain lagu sangat kuat di lagu ini. Mari kita mengingat lagi lirik reffrain bagian pertama: "Bokutachi wa ikiru hodo ni, nakushiteku sukoshi zutsu, itsuwari ya uso wo matoi, tachisukumu koe mo naku."




Haruka Kanata - Asian Kung-Fu Generation
Quote:
Spoiler for Asian Kung-Fu Generation:


Nama Asian Kung-Fu Generation memang sangat terkenal di kalangan fans musik rock Jepang. Salah satu anime populer pun mereka isi lagu temanya. Ya, band tersebut sukses mengisi soundtrack anime Naruto berkat tembang Haruka Kanata.

Kekuatan lagu ini bukan cuma di lirik refrainnya yang berbunyi, "Iki isoide, shiboritotte motsureru ashi dakedo mae yori zutto sou tokue, ubaitotte tsukandatte, kimi ja nai nara imi was naniosa dakara motto motto Haruka Kanata."

Namun, Haruka Kanata juga memiliki komposisi musik yang sangat kencang. Intronya saja dihiasi oleh raungan gitar yang sulit dilupakan.

Faktor kepopuleran anime Naruto yang pernah tayang di tanah air, serta komposisi musiknya, otomatis menjadi kombinasi ampuh bagi lagunya untuk bisa menancap ke telinga pendengar musik di Indonesia.




Sobakasu - Judy and Mary
Quote:
Spoiler for Judy and Mary:


Terkenal berkat perannya sebagai lagu pembuka anime Rurouni Kenshin alias Samurai X yang pernah mengudara di SCTV, Sobakasu berhasil memikat para pecinta musik di Indonesia berkat komposisi musik dan suara penyanyinya yang unik.

Bagi yang awam dengan Judy and Mary selaku band yang mempopulerkan lagu ini, tentunya akan menyangka kalau Sobakasu dinyanyikan oleh anak-anak. Namun begitu diteliti, ternyata vokalisnya yang notabene seorang wanita, sudah berusia sekitar 23-24 tahun saat menyanyikannya.

Ingin nostalgia dengan masa-masa keemasan Samurai X di Indonesia sekaligus mengenang Judy and Mary yang sudah bubar? Mari kita ingat kembali sepenggal reffrain lagu ini, "Omoide wa itsumo kirei dakedo, Sore dake ja onaka ga suku wa, Hontou wa setsunai yoru na no ni, Doushite kashira? Ano hito no egao mo omoidasenai no."




Stay Away - L'Arc~en~Ciel
Quote:
Spoiler for L'Arc en Ciel:


Bagi yang sudah merasakan masa-masa remaja di awal tahun 2000-an tentunya ingat dengan diputarnya videoklip lagu Stay Away di salah satu stasiun televisi Indonesia.

Di situ, kita melihat gaya unik para personelnya, yang salah satunya adalah Hyde Vamps, dengan mengenakan kemeja putih. Keempat personelnya tampak menikmati alunan lagu sambil memainkan instrumennya masing-masing, hingga mereka menari di akhir video.

Tentunya tak cuma videoklip yang menjadikan lagu ini disukai pendengar musik di Indonesia. Lirik reffrainnya pun sangat, sangat mudah diingat. "Causes stain, stay away, Causes stain, stay away, ooh," begitulah, mudah kan?




I For You - Luna Sea
Quote:
Spoiler for Luna Sea:


Nama Luna Sea dianggap tak asing lagi bagi para pecinta musik Jepang di Indonesia. Lagu mereka yang pertama kali muncul di Indonesia melalui stasiun TV swasta adalah Love Song.

Namun begitu serial drama bertajuk Kamisama, mou Sukoshi dake diputar di Indosiar, lagu bertajuk I For You yang menjadi soundtrack pun otomatis diputar. Alhasil, lagu ciptaan band rock legendaris ini pun langsung mendapat tempat di hati.

Lupa dengan lirik reffrain yang nada lagunya menyayat hati itu? Mari kita ingat kembali: "Kokoro kara kimi ni tsutaetai, kizutsukisugi dakedo mada ma ni au yo, kokoro kara kimi wo aishiteru, kimi ni furu itami wo nugutteagetai subete I for You."




Mirai e - Kiroro
Quote:
Spoiler for Kiroro:


Lagu Mirai e yang diciptakan duet wanita Kiroro ini, tentu tak bisa luput dari ingatan siapapun yang telah mendengarnya.

Liriknya yang memiliki arti penyesalan seorang anak yang menyia-nyiakan kasih sayang ibunya, kerap membuat lagu berirama sedih ini dijadikan sebagai lagu pengiring perpisahan.

Intro lagunya yang juga menjadi reffrain pun gampang diingat: "Hora ashimoto wo mite goran, Kore ga anata no ayumu michi, Hora mae wo mite goran, Are ga anata no mirai." Maka tak salah jika pendengar musik di Indonesia sangat mengenal lagu satu ini.




Forever - Takashi Sorimachi
Quote:
Spoiler for Takashi Sorimachi:


Satu judul lagu Jepang yang rasanya sulit dilupakan adalah Forever milik aktor Takashi Sorimachi. Suaranya yang berat dan musiknya yang lembut, menggambarkan suasana pantai layaknya serial drama Beach Boys yang soundtracknya diisi lagu ini.

Ketika drama Beach Boys yang juga dibintangi Sorimachi tayang di Indosiar, otomatis Forever menjadi salah satu lagu yang membuat beberapa pemirsa mendendangkannya.

Coba kita ingat liriknya di bagian reffrain: "Kawarazu ni nagarete yuku toki wa tomerarenai (no, you can't stop time), kore kara no michi de nani ga attemo ima wo wasurenai sa (forever your friend)."



Quote:itulah dia, beberapa lagu dari Jepang yang memiliki tempat tersendiri di hati pendengar Indonesia.

Manakah lagu favorit Agan?
Quote:Original Posted By shara..
Flower of Carnage - Meiko Kaji.
Ost-nya Kill Bill 1. pas Kiddo bunuh O-ren Ishii

sama ini jangan lupa Sukiyaki - Kyu Sakamoto
malah dipake pelesetan lagu sama Warkop DKI


Quote:Quote:Original Posted By willyagiel
amayadori dari utada hikaru juga gan cmiiw

Mayumi Itsuwa kayanya gan
Spoiler for amayadori:

Quote:Original Posted By corelpuccino
nambahin gan
Kyu Sakamoto, lagunya Ue O Muite Arukou (Sukiyaki)

atau kalo asing denger namanya pasti gak asing ama nyanyian kode Warkop DKI


Quote:Quote:Tambahan Dari Sepuh
Quote:Original Posted By mrautumn
Klasik

Watch "tokyo love story OST" on YouTube

Quote:Original Posted By Detectif
Spoiler for aaa:





Koji Wada - Butterfly

OST ny Digimon mas bro.. Masa ga dimasukin ?? Film legendaris taon 2000 itu
Spoiler for Digimon opening:


yang ini enak juga

Quote:Original Posted By thebrokenheart

Spoiler for doraemon:


Mao - Yume wo kanaete doraemon gan


Quote:Original Posted By makanagin


Bantu nambahin nih, gan TS! Gotong aje ke page 1 kalo perlu..
Versi lain dari beberapa lagu di depan.

LA.LA.LA. LOVE SONG
Ini boleh dibilang merupakan lagu Jepang favorit ane sepanjang masa. Musiknya catchy, enak dikuping, n bikin badan bergoyang. Yg namanya musik atau OST emang berpengaruh besar pada filmnya, makanya dorama Long Vacation dulu sempet tenar di Indo.
Nah ini ada bbrapa versi lain dari lagu tersebut yg dibawakan oleh singer2 terkenal lainnya.

Spoiler for Ohashi Trio:
Ohashi Trio sukses men-cover lagu ini jadi lebih jazzy n calm, yaitu versi lounge-nya. Suaranya yg khas bikin lagu yg awalnya beat, malah enak pula jadi lagu santai.



Spoiler for BoA feat. Soul'd Out:
Siapa yg ga kenal dengan singer cantik asal Korea ini? Doi juga sering nyanyiin lagu2 Jepang, dan salah satunya adalah cover lagu ini bersama Soul'd Out. Feel-nya tetep beat n terasa lebih modern.



Spoiler for BENI:
Singer cewek asal Jepang ini juga turut cover lagu legendaris ini, namun bedanya, ia menyanyikannya dengan English. Versi yg ia bawakan jadi lebih slow (RnB).



Spoiler for Ayaka:
Nah, ininih versi cover favorit ane!! Ayaka punya suara khas yg powerful nan merdu. Dan kali ini cover lagu La.La.La. Love Song versi do'i dibawakan jadi lebih fast, beat, dan groovy. Beh, enak banget buat goyang badan n kepala. Tapi video clipnya doang yg kurang fit ama lagunya.



STAY AWAY
Wah, kalo ini mah bukan cuma ane suka lagunya doang, tapi ane emang fans Laruku. Hampir semua lagunya ane suka, namun karena lagi bahas Stay Away, okelah ane nurut aja.
Dan ini ada cover versi lain yg dibawakan oleh Daniel Powter. Kalo ga tau siapa dia, dia adalah singer Canada yg dulu terkenal dengan lagunya berjudul Bad Day.

Spoiler for Daniel Powter:


Lagu Stay Away cover ini sebenernya berasal dari 1 album Tribute to Laruku. Di mana beberapa singer terkenal men-cover lagu2 Laruku. Di antaranya Daniel Powter, Maxi Priest, TLC, Orianthi, Boyz II Men, Vince Neil, Michael Monroe, Eric Martin & John 5, etc.


Spoiler for Makan Angin:


[CENTER]
First love tuh gan enak lagunya
Ane sukanya lagu japun cuma satu gan.
Yg ost Tokyo love story.
lagu nya X-Japan gk masuk gan?
Ane taaunya kokoromotomotokoromoto, ribet ya namanya
Quote:Original Posted By anantodw
First love tuh gan enak lagunya

Iya gan. Lagu Ane masih bujangan tuh

Quote:Original Posted By mrautumn
Ane sukanya lagu japun cuma satu gan.
Yg ost Tokyo love story.

Bantu rate ya om

Quote:Original Posted By Belinkers
lagu nya X-Japan gk masuk gan?

Dari sononya gak ada om
yang ane suka sih X JAPAN - say anything sama One Ok Rock - Wherever You Are
cuman perna dgar kokoronotomo gan
Ane cuma tau kokoronotomo doank gan
kokoro no tomo malah diajarin diSMP saya dulu
Miraie punya Kiroro bikin terharu Gan. Sering banget di acara perpisahan tuh
Cuma tau mirai e
Ane gak tau gan malah lagunya
Quote:Original Posted By mrautumn
Ane sukanya lagu japun cuma satu gan.
Yg ost Tokyo love story.

Kalo ane ikkeh ikkeh kimochi
Quote:Quote:Original Posted By mutenroshi23
cuman perna dgar kokoronotomo gan

Quote:Original Posted By wahyusee
Ane cuma tau kokoronotomo doank gan

Quote:Original Posted By kinur
kokoro no tomo malah diajarin diSMP saya dulu

Lagu lama banget itu Gan. 90an deh

Quote:Quote:Original Posted By semprulllll
Miraie punya Kiroro bikin terharu Gan. Sering banget di acara perpisahan tuh

Quote:Original Posted By namakulyna
Cuma tau mirai e

Favorit Ane juga tuh
Quote:Original Posted By kamujahat21
Ane gak tau gan malah lagunya

Quote:Original Posted By kamujahat21
Kalo ane ikkeh ikkeh kimochi

Hadeuuh...
ane taunya cuman, first love, kokoro no tomo, fukai mori ama mirai e
Quote:Original Posted By tiger_capri


Hadeuuh...
kalo lagunya anime gimana gan
Ane gembol sekalian



Via: Kaskus.co.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar