Pages


Senin, 30 November 2015

[KOMBAT] Mini Aquaponic dan Aerogarden Solusi G0 GREEN di Rumah





Spoiler for Bukti No repost gan:




Quote:
Sebelum nya ane terlebih dahulu akan menjelaskan mengenai sistem Aquaponik dan Aerogarden

Aquaponik
Aquaponik adalah sistem pertanian berkelanjutan yang mengkombinasikan akuakultur dan hidroponik dalam lingkungan yang bersifat simbiotik. Dalam akuakultur yang normal, ekskresi dari hewan yang dipelihara akan terakumulasi di air dan meningkatkan toksisitas air jika tidak dibuang. Dalam akuaponik, ekskresi hewan diberikan kepada tanaman agar dipecah menjadi nitrat dan nitrit melalui proses alami , dan dimanfaatkan oleh tanaman sebagai nutrisi. Air kemudian bersirkulasi kembali ke sistem akuakultur.

Karena sistem hidroponik dan akuakultur sangat beragam bentuknya maka sistem akuaponik pun menjadi sangat beragam dalam hal ukuran, kerumitan, tipe makhluk hidup yang ditumbuhkan, dan sebagainya.

Aerogarden
Sebuah perusahaan di Amerika Serikat, Aerogrow, berhasil mengembangkan Alat yang canggih untuk bertanam. Alat ini dinamakan Aerogarden. Aerogarden adalah salah satu alat yang dapat merubah manusia dalam hal bercocok tanam.
Aerogarden ini bisa dibilang lebih unggul daripada pot tanaman yang biasanya, dan bisa ditaruh di dalam dan luar rumah. Tanaman Hias, atau Sayuran, bisa ditanam disini.



Quote:1. Mini Aquaponik
Mini Aquaponik adalah solusi bagi agan-agan yang mempunyai rumah sempit, karena Mini Aquaponik tidak membutuhkan ruang yang besar untuk merawat nya dalam arti hemat ruang.



Konsepnya dari Mini Aquaponik sangat sederhana. Air beserta kotoran ikan dari budidaya ikan disalurkan kepada tanaman karena memiilki banyak nutrisi yang dibutuhkan oleh tanaman sedangkan apabila dibuang akan menjadi limbah yang tidak bermanfaat. Tanaman akan menyerap nutrisi dalam air dan kotoran ikan tadi. Sebagai gantinya, tanaman akan memberikan oksigen kepada ikan melalui air yang berasal dari budidaya ikan. Sehingga kita tdak perlu menganti air setiap hari agar lebih go green dalam penghematan air.
Dan ini beberapa contoh Mini Aquaponik







Juga bisa ditaruh di rumah atau tempat kerja agan untuk menyerap panas dari CPU komputer dan bisa sebagai penghias ruangan.



Quote:2. Aerogarden

Perusahaan asal Amerika Serikat, AeroGrow International, berhasil membuat pot ajaib yang bisa menumbuhkan tanaman dengan subur. Pot itu bernama AeroGarden. Ia bisa mengatur sendiri cara pengairan dan pemberian nutrisi pada tanamannya.



Cara pengoperasiannya sangat mudah. Pengguna cukup memasukkan bibit tanaman ke dalam sebuah wadah khusus, lalu menempatkannya di dalam pot AeroGarden. Pot ini lantas diletakkan di sebuah tangki penampungan.



Lalu, sambungkan pot ke sumber listrik. Mesin prosesor AeroGarden akan segera mengatur banyaknya cahaya yang dibutuhkan tanaman, mengatur sistem pengairan, memberi nutrisi, serta memberi peringatan kepada pemilik apabila persediaan air dan kapsul nutrisi di ruang penampungan telah habis.



Kunci keberhasilan metode tanam seperti itu adalah bebas dari ketergantungan pada tanah. Pada pertanian umum, tumbuhan harus bekerja keras sendiri dalam mencari sumber air dan nutrisi. Alhasil, alih-alih memperhatikan kualitas buah atau daun, energi tumbuhan habis di akar.

Selain itu, beberapa tes yang telah dilakukan oleh Badan Antariksa Nasional Amerika Serikat (NASA), misalnya, menemukan bahwa metode aeroponik terbukti sebagai metode paling unggul di antara berbagai sistem pertanian saat ini.

Tak hanya mengurangi bobot pot dan tanaman (dengan mengurangi hampir sekitar 95 persen air ataupun tanah), ia juga mampu menyediakan 82 persen biomassa sebagai makanannya. Selain itu, metode ini hanya menggunakan nutrisi organik, sehingga bebas dari pestisida.


Quote:Beberapa contoh tanaman hasil dari Aerogarden

Spoiler for Strawberry:



Spoiler for Tomat:



Spoiler for Tanaman Bonsai:




Quote:3. Grove Ecosystem



Grove Ecosystem menurut ane merupakan gabungan dari aquaponik dengan aerogarden yang mempunyai sistem taman rumah otomatis yang sangat menarik untuk dlihat. The Grove adalah sebuah rak yang terdiri dari tiga lapisan yang berbeda. Lapisan atas adalah daerah untuk bercocok tanam herbal dan buah-buahan kecil seperti stroberi, tomat dan paprika kecil yang ditanam. Spektrum penuh, lampu LED disesuaikan memberikan cahaya dan otomatis untuk meniru matahari.

Pada tingkat menengah adalah tempat untuk bibit kecil dapat bertumbuh mnjadi tanaman hias seperti rumput, bunga dan lain sebagai nya.



Tingkat bawah adalah tangki ikan dengan ukuran 25 galon. Tangki ikan adalah semacam jantung dari sistem, menyediakan air dan pupuk untuk tanaman. Ikan limbah kotoran dan amonia menjadi nitrat untuk tanaman, sedangkan tanaman menyediakan air bersih kembali ke tangki ikan. Ini menciptakan ekosistem penuh di mana tanaman dan ikan saling bermanfaat satu dengan yang lain.



Quote:Itulah beberapa solusi apabila agan/sis sekalian yang ingin bercocok tanam dan menerapkan sistem go green tetap tidak memiliki lahan yang memadai serta kita dapat menghemat pengeluaran air secara berlebih.
Semoga bisa membantu agan/sis sekalian
Ayo lakukan Go Green kalau tidak sekarang kapan lagi!

















* Klik cendol untuk memberi TS cendol


keren gan,sekalian bisa go green ya
ntar deh ane coba gan
keren ntuh gan
enak di pandang juga jadinya
Bneran keren ini gan,
Trit calon ht

Ane Bantu
keren gan jadinya bisa menghias rumah sama sekalian go green
Izin bukmark TS
udh kaya di jepang di fjb ada yang jual kah
lets go green gan
Bner" kerasa go green nya,
Mantap dah..
Quote:Original Posted By mutenroshi23
keren gan,sekalian bisa go green ya
ntar deh ane coba gan


silahkan di cba, kl brhasil upload di sni ya gan

Quote:Original Posted By Jow3
Izin bukmark TS


silahkan gan, smoga mmbantu
Wahh keren bsa diterapin di rmh ane,
Ijin nyoba gan
beli dimana tuh barang gituan
Lets go green
keren gan, di fjb dah ada yg jual blom tuh aquaponic ?
Keren smua gan,
Jd pngin pny satu
asli itu keren banget, gue pengen dong di sebelah komputer
sambil belajar ditemenin kayak gitu bisa jadi pemandangan bagus
Calon HT nih


Tapi sayang Ane gak suka bercocok tanam
menarik gan idenya
ane bantu nge rate dah
Itu aeoro garden mantep pisan euy
Pastu harganya mahal
Ane pengen buat trit go green apaan yaks?
Via: Kaskus.co.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar