Pages


Selasa, 24 November 2015

Sejarah dan Arti Bendera Negara Skandinavia

Bismillah




Alhamdulillah Hot Thread ane yang ke-6, Terima kasih buat semuanya. Semoga thread ini bermanfaat dan nambah wawasan ente sekalian

Spoiler for Bukti:


Halo semuanya, kali ini ane mau berbagi ilmu tentang sejarah. Ane akan membahasa sejarah dan arti dari bendera-bendera yang ada di Eropa Utara. Kenapa ane bahas Eropa Utara? Karena semua motif benderanya sama, yang membedakan hanyalah dari warnanya dan artinya. Maka dari itu ane akan ulas kenapa mereka bisa punya motif yang sama. Semua yang ane ulas murni sejarah ya, no SARA. Langsung aja cekidot ya!

Quote:
Pertama yuk kita ketahui sejarahnya dulu

Spoiler for Wilayah:



Eropa Utara adalah adalah sebutan untuk beberapa negara dengan letak geografis yang berada di sisi paling utara benua eropa. Eropa Utara yang biasa dikenal dengan Negara Skandinavia atau ada juga yang menyebutnya Nordic Country terdiri dari 5 negara merdeka yaitu Denmark, Finlandia, Swedia, Norwegia, Islandia, dan 2 daerah milik Denmark dengan kemandirian memerintah yang cukup luas yaitu Kepulauan Faroe dan Greenland.

Spoiler for wilayah Skandinavia:



Negara Eropa Utara termasuk negara yang makmur karena memiliki SDA yang melimpah dan pengelolaan negara yang efisien. Mereka memiliki latar belakang sejarah yang panjang.
Adalah Denmark yang pertama kali menggunakan bendera dengan motif ini. Bendera tersebut pertama kali digunakan pada masa pemerintahan Raja Valdemar III di awal abad ke-13. Menurut cerita rakyat, ketika pasukan perang Denmark yang beragama Kristen melakukan peperangan dengan Estonia pada tahun 1219, tiba-tiba jatuhlah dari langit bendera merah dengan motif salib putih horizontal yang dipercaya sebuah pertanda jika Tuhan mendukung perjuangan mereka, sehingga membuat mereka semangat dan berhasil memenangkan peperangan.
Kemudian Denmark berhasil memperluas pengaruhnya ke wilayah Eropa Utara melalui jalur militer dan persekutuan diplomatik, sehingga motif tersebut diadopsi oleh wilayah-wilayah lain dan dibedakan secara warna dan artinya saja.
Pada abad ke-14 Denmark, Norwegia, dan Swedia membentuk suatu persekutuan bernama Kalmar Union. Sebagai catatan, Finlandia masih tergabung dalam Swedia. Sementara Islandia, Greenland, Kepulauan Faroe tergabung dalam Norwegia.

Spoiler for Wilayah dan Bendera Kalmar Union:





Pada kelompok tersebut dipimpin oleh Denmark. Namun berselang 2 abad tepatnya awal abad ke-16, Swedia melepaskan diri dan membentuk kerajaan sendiri. Tahun 1814 Denmark terpaksa melepaskan Norwegia ke tangan Swedia karena kalah perang, tetapi Islandia, Greenland dan Kepulauan Faroe masih ikut dalam Denmark.
Swedia menjelma menjadi salah satu negara dengan wilayah terbesar di Eropa, namun pada abad ke-17 perlahan mulai kehilangan wilayahnya. Finlandia jatuh ke tangan Kerajaan Rusia, dan Norwegia memisahkan diri karena ketidakpuasan dengan Swedia. Finlandia akhirnya berhasil merdeka setelah terjadi Revolusi Rusia pada tahun 1917 dan Islandia berhasil memperoleh kemerdekaan dari Denmark selepas Perang Dunia II. Pada tahun 1952 lahirlah Nordic Council atas kemunculan negara-negara yang berhasil merdeka dan independen. Sementara tanda salib merupakan simbol atas agama mayoritas yang mereka anut yaitu Kristen.
Sekilas itu tadi sejarah singkatnya kenapa negara-negara tersebut memiliki motif bendera yang sama. Nah untuk arti masing-masing bendera, lanjut dibawah ya.


Quote:


Spoiler for Denmark:



Sebutan untuk bendera ini adalah Danneborg. Warna merah mengartikan pertempuran, sementara warna putih mengartikan misi suci dalam menyebarkan agama Kristen.


Spoiler for Finlandia:



Warna putih dalam bendera ini menyimbolkan salju dimana negara ini setiap tahunnya hampir selalu terkena salju, dan warna biru mengartikan danau karena Finlandia memiliki banyak danau kecil. Bener-bener alam banget ya artinya


Spoiler for Islandia:



Negara pulau dengan banyak gunung api aktif ini memiliki 3 corak warna. Merah mengartikan masa lalu mereka pernah menjadi bagian Denmark dan juga lava gunung berapi Islandia. Sementara warna putih dan biru adalah warna yang lazim digunakan dalam pakaian tradisional mereka.


Spoiler for Swedia:



Memiliki warna yang tidak ada diantara negara Skandinavia lain. Warna ini diambil dari logo kerajaan yang sudah ada sejak abad ke-14 dimana logonya adalah sebuah perisai biru dan gambar singa berwarna kuning.


Spoiler for Norwegia:



Sama dengan Islandia memiliki 3 warna dalam benderanya, tetapi memiliki arti yang berbeda. Warna merah dan putih diambil dari bendera Denmark, sementara warna biru diambil dari bendera Swedia. Simple ya?


Spoiler for Kepulauan Faroe:



Terletak di sebelah utara negara Skotlandia. Kepulauan Faroe masih masuk dalam Denmark. Arti warna merah dan biru dalam benderanya adalah sebuah warna khas rakyat karena digunakan dalam topi tradisional Kepulauan Faroe. Warna putih mengartikan langit yang bersih dan buih yang terbentuk ketika ombak menerpa pantai Kepulauan Faroe.


kalo di animasiin, kayak gini mereka berdasarkan usia






Gimana, bermanfaat gak infonya?
Itu tadi sejarah dan arti bendera negara Skandinavia yang keren-keren. Kalo ada info tambahan, bisa di sharing, nanti ane taruh page one.
Kaskuser yang keren pasti ninggalin jejak


Sesudah dibaca, kalo menurut agan menarik, bisa dibantu rekomennya ya hehe
Spoiler for Rekomen HT:


Indahnya kalo kita saling berbagi yang seger-seger gan
Atau juga boleh kok


Silahkan mampir juga ke thread ane yang lainnya gan sist

Spoiler for sumber:

Pengetahuan ane sendiri
www.re-tawon.com
henrysitorus.wordpress.com
Images from www.google.co.id


Spoiler for info tambahan dari Kaskuser:

Quote:Original Posted By uklunk
Wogh dapet ilmu sejarah asal muasal bendera kaum viking

Oh ya nambahin fakta unik lainnya gan. Walopun bendera Norwegia paling simpel, tapi kalo dilihat lebih lanjut terdapat banyak unsur yg membentuk beberapa bendera negara lain lho, bahkan Indonesia



Pejwan kalo berkenan gan, kali aja ada yg nyendolin ane

Quote:Original Posted By ilhambogel37
Wah nambah pengetahuan ni
Nama2 orang skandinavia juga ada tipenya gan
Denmark:belakangnya -eg
Swedia: belakangnya -son
Islandia: belakangnya -sson

Cmiiw

Quote:Original Posted By wotmaknyus
Btw greenland sama islandia (iceland) ga kebalik tu ngasih nama, greenland artinya daratan ijo, tapi lebih sering ketutup salju/es, sedangkan islandia (ICEland) artinya daratan es, tapi lebih banyak padang rumput sama gunung api nya, kayaknya dulu yg kasih nama lagi mabok bodrek

Quote:Original Posted By syu.galneryus
fakta unik negara scandinavia lainnya gan (bukan bahas bendera).

- Denmark: negara skandinavia paling tua, satu satunya negara skandinavia yang memiliki kekuatan pemain2 badmintonnya, unggul dalam bidang pengelolaan sumber daya alam.

- Finlandia: satu satunya negara skandinavia dengan sistem pendidikan yang paling maju, pencetus julukan 'Norsemen' (orang utara atau orang nordik), budaya nenek moyang yang masih terjaga hingga saat ini. negara asal "mantan" raja ponsel dunia yang kini udah kolapse - Nokia dan negara asal game+animasi paling fenomenal - Angry Birds.

- Swedia: negara satu satunya di Skandinavia yang berhasil keluar dari masa kelam (masa buruk ekonomi swedia) pernah sempet jadi negara termiskin di skandinavia. sekarang jadi salah satu negara termaju di eropa, produsen otomotif, alutsista, dll, tempat asalnya markas Wikileaks (yang suka bobol dokumen rahasia negara2 lain).

- Norwegia: 10% penduduk negara ini masih berkultur Paganis Viking, negara yang berkontribusi besar dalam mengembangkan aliran musik metal (black metal), negara paling damai, dijuluki New Zealand from the North (Selandia Baru nya bumi utara), keindahan alamnya yang sangat mengagumkan terutama hutan Carpathia yang indah banget.

- Kep. Faroe: negara terkecil di Skandinavia. termasuk negara yang damai karena tidak pernah terlibat peperangan terutama waktu Perang Dunia II (mungkin berimbas kepada Denmark selaku negara pelindung).
dan sebagainya... yang ane inget cuma segitu CORRECT ME IF IM WRONG PLEASE

Quote:Original Posted By Uesugikenshin
nambahin tentang nama belakang ya
orang denmark sama org norwegia nama belakangnya kyk Jensen,Olsen,Pedersen,Andersen,Eriksen itu artinya putra dari/ sons of
kalo pedersen artinya putra Peder/anak Peder,olsen artinya sons of Ole/anaknya Ole dsb.

mungkin dari bhs inggris Son (artinya anak),diserap bhs denmark/norwegia jadi Sen
di swedia pake -sson contoh: Larsson,Hansson artinya sama kyk diatas.

nah kalo orang finlandia nama belakangnya ngambil dari alam atau kota asal orang tersebut ,macem orang belanda
trus dikasih noun 'nen' dibelakangnya
contoh:Jarvinen (jarvi artinya danau), Saarinen (saar artinya pulau) trus Savolainen (orang Savonia atau berasal dari Savonia)

lebih jelasnya monggo intip:https://en.wikipedia.org/wiki/List_of_the_most_common_surnames_in_Europe#Finland

Quote:Original Posted By domba.galau
yg gw tau negara² skandavia itu kaya minyak (Norwegia)
n yg ane tau skandavia itu melahirkan pesepak bola hebat ibrahimovic (swedia)
yg ane tau di skandavia ada negara yg namanya es tp malah tanahnya hijau (icelandia)
yg ane tau di skandavia ada walayah yg namanya tanah hijau "masih gabung denmark" tp isinya isinya malah tanah es semua (Greenland Denmark)

ohh iyah lord bendter lahir di denmark


Pertamax habis
Quote:Original Posted By greenlizzard
Pertamax habis


Ane minta tiket ke skandivia aja
ke sana ah...
Quote:Original Posted By 188808881
ke sana ah...
kesana kemana
pan disono lagi ada razia gan
tar aja

woh. Ane baru tau gan, pantas bendera mereka mirip-mirip. Thx gan udah berbagi.
Quote:Original Posted By kamujahat21
Ane minta tiket ke skandivia aja


adanya tiket KRL gan
Negara skandinavia kan cuma gitu gan.
Polos sama salib ditengah.
Scandinavia, siapanya scania gan..? Masih ada hubungannya gak..?
Quote:Original Posted By ilhamramadhani8
Scandinavia, siapanya scania gan..? Masih ada hubungannya gak..?



scania diproduksi swedia negara scandinavia
Quote:Original Posted By greenlizzard



scania diproduksi swedia negara scandinavia


Berarti masih darah daging lahh yaa gan..! Sepupuan sama IKEA juga berarti
sejarah bendera merah putih indonesia lebih dahsyat
Quote:Original Posted By greenlizzard


adanya tiket KRL gan

Sini gan
Quote:Original Posted By ilhamramadhani8
Scandinavia, siapanya scania gan..? Masih ada hubungannya gak..?
tanya presidenmu
Scandinavia negeri para viking. Dulu ane heran kok benderanya punya motif sama cuma beda warna doank, ternyata sejarahnya dulu satu negara nih..
Gak kreatif..
Harusnya minta desain grafis buat bikinin
motif sama warnanya beda gitu ya


makasih
yang tidak ada filosofinya hanya warna bendera norwegia
Quote:Original Posted By dandyfirman
Gak kreatif..
Harusnya minta desain grafis buat bikinin


Ente bikinin bisa gak
Mohon maaf ane gembok
Via: Kaskus.co.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar