Pages


Selasa, 29 Desember 2015

ABG yang doyan selfie pada kecebur gan

Spoiler for HT:

Terimakasih untuk moderator dan kaskuser sekalian yang telah membantu thread ini menjadi hot thread gan




Beberapa dari mereka bahkan ada yang berdiam di tengah jembatan untuk mengambil foto,
dan tidak segera menyingkir dari jembatan yang sudah tampak penuh sesak itu.
Hasilnya, bagian tengah jembatan roboh
dengan tali penahan yang juga hampir putus.


Kelebihan muatan para pengunjung doyan selfie, jembatan ini ambruk!
Quote:Brilio.net - Musim liburan akhir tahun membuat tujuan wisata di berbagai daerah di Indonesia ramai diserbu pengunjung. Namun, serbuan para pengunjung di lokasi ini malah bikin miris lagi dan lagi.

Kali ini berasal dari sebuah jembatan layang yang berada di daerah Perumnas, Langsa Baro, Aceh yang jatuh ke sungai pada Sabtu sore (26/12) sekitar pukul 17.15 WIB. Diduga jembatan yang terletak di kawasan hutan lindung (hutan kota) ini roboh akibat melebihi muatan, sehingga mengakibatkan pengunjung yang berjalan kaki melewati jembatan tersebut jatuh ke sungai.

Menurut informasi yang dihimpun brilio.net, Minggu (27/12), jembatan tersebut memang hanya mampu menahan beban sebanyak 40 orang, namun karena melebihi muatan sehingga jembatan layang itu roboh di bagian tengahnya dan tali pengikat tali jembatan putus.

"Waktu itu banyak orang yang sibuk selfie dan pacaran di tengah jembatan. Jadi yang di belakang bingung mau melintas apa nggak, soalnya itu mereka hampir setengah jam di atas jembatan nggak minggat-minggat. Karena banyak yang nggak sabar dan muak, akhirnya para orangtua ada yang mengabaikan aturan, ketika para orangtua ini melintas di belakangnya ada kaum cewek alay membawa tongsis, kira-kira ada 7 orang. Nah, mereka ke tengah jembatan sambil selfie-selfie. Yang belum lewat nih tambah muak, jadinya banyak yang ngelanggar aturan sambil mengutuk anak alay yang sibuk selfie dan pacaran di jembatan tadi. Makin lama makin nggak teratur, malah tambah banyak yang nekat melintas. Teman aku ngajakin buat ikut melintas juga tapi aku alesan buat pergi beli minum. Sewaktu aku mau beli minum ada bapak-bapak yang teriak-teriak, aku kaget terus balik. Nggak lama ambruk dah tuh jembatan," kata Arthur, seorang netizen yang menjelaskan kejadian tersebut.

Sayang ya, seharusnya kejadian seperti ini tak perlu terjadi ketika masyarakat mau menaati aturan yang sudah ditempelkan oleh pengelola hutan lindung mengenai jembatan yang hanya mampu menahan beban 40 orang itu. Beruntungnya sampai saat ini, tidak ada korban jiwa dalam musibah ini.


100 Orang Selfie di Jembatan Gantung Berkapasitas 40 Orang, Ya Ambruk…
Quote:LANGSA - Tali sleng baja Jembatan gantung kawasan wisata hutan Kota Langsa di Gampong PB. Seuleumak, Langsa Baroe, tiba-tiba putus.

Akibatnya, ratusan pengunjung yang sedang berada di atas jembatan gantung terjatuh dalam danau hutan Kota Langsa yang memiliki kedalaman lebih kurang dua meter, Sabtu (26/12).

Berdasarkan penelusuran Rakyat Aceh (Jawa Pos Group) di TKP diketahui bahwa kapasitas jembatan gantung yang dibangun Pemerintah Kota Langsa di danau hutan kota memiliki daya tampung beban maksimal 40 orang. Bahkan peringatan kapasitas beban tersebut sudah di tempelkan di tiang utama gerbang masuk jembatan gantung.

Namun, stiker peringatan kapasitas tersebut tidak membuat warga pengunjung wisata hutan kota peduli dan mematuhi aturan. Pada saat kejadian jumlah pengunjung yang berada di atas jembatan tersebut over kapasitas mencapai, 100 orang lebih. Mereka sedang asik berselfie.

"Musibah ini kita tidak tahu mau salahin siapa, tapi yang pasti masyarakat pengunjung yang terlalu banyak naik ke atas jembatan menjadi penyebab, juga pihak dinas pariwisata yang tidak menempatkan petugas jaga di lokasi jembatan sehingga masyarakat naik melebihi kapasitas," demikian sebut Semi salah seorang pengunjung wisata hutan kota dan berada di TKP saat kejadian. (dai/sam/jpnn)




Ada quote menarik dari salah satu komentar di facebook gan
Quote:Ada jembatan gantung cekrekk..
Ada taman bunga cekreek...
Ada taman bagus
cekrekk..cekreek. upload.. upload...
udah bayar 5000,, like this..
suka suka kita,, like thiis...
giliran kalian nyemplung
KITA YANG LIKE THIS..



Ini gan video nya


Update
Polisi Panggil Kontraktor Jembatan Gantung yang Ambruk
Quote:LANGSA - Kepolisian Resor (Polres) Langsa akan segera memanggil rekanan pelaksana, konsultan perencana, dan pengawas, maupun pimpinan proyek (pimpro) proyek bangunan jembatan gantung hutan kota yang berada di Perumnas Gampong Paya Bujok Seuleumak, Kecamatan Langsa Baro, Kota Langsa.

Pemanggilan pihak-pihak terkait itu karena terlepasnya seling pengikat jembatan yang mengakibatkan jembatan gantung tersebut telungkup ke sisi kanan danau, sehingga mencederai sejumlah warga yang berada di atasnya. Jembatan itu berada di kawasan wisata Ruang Terbuka Hijau (RTH) Kota Langsa.

Kapolres Langsa, AKBP Sunarya SIK, melalui Kasat Reskrim, AKP Pradana Aditya Nugraha SIK yang dihubungi Serambi via telepon, Minggu (27/12), mengatakan, pihaknya saat ini masih menyelidiki insiden terlepasnya seling pengikat jembatang gantung di Hutan Kota Langsa pada Sabtu (26/12) sore itu.

Pihaknya juga sedang melakukan penyelidikan apakah pembangunan jembatan tersebut sudah sesuai spesifikasinya atau tidak.

AKP Pradana menduga, terlepasnya seling jembatan gantung itu karena pada sore yang nahas itu jumlah pengunjung yang berada di atas jembatan tersebut overkapasitas. Maksimal pengunjung yang boleh berada di jembatan gantung itu dalam waktu bersamaan hanyalah 40 orang. Tapi sore itu jumlah pengunjung yang berada di atas jembatan hampir dua kali lipat dari kapasitasnya.

“Secara fisik kita sudah turun langsung melihat jembatan itu. Tentunya kita harus melihat dokumen bangunan tersebut untuk langkah penyelidikan. Saat ini kita belum bisa menyimpulkan apa penyebab utama, sehingga terjadi peristiwa itu. Masih dalam penyelidikan. Hasilnya nanti akan diumumkan setelah penyelidikan tuntas dilakukan,” ujarnya.

Kasat Reskrim menambahkan, dalam waktu dekat penyidik akan memanggil pihak rekanan pembangunan proyek jembatan gantung itu, termasuk konsultan pengawas dan perencana, maupun pimpro dari dinas terkait, untuk untuk dimintai keterangan.

“Ya kita akan segera panggil pihak rekanan dan pihak terkait lainnya. Saat ini jembatan tersebut sudah di-police line,” terang Kasat Reskrim.

Diperoleh data, anggaran untuk pembangunan sarana pendukung pemancingan outbond dan jembatan gantung di kawaan hutan kota itu bersumber dari Dana Otonomi Khusus (Otsus) Aceh tahun 2015 senilai Rp 2.671.810.000 yang baru saja selesai dikerjakan CV Harapan Jaya.

Sebelumnya diberitakan bahwa jembatan gantung hutan kota Langsa di Gampong Paya Bujok Seuleumak, Kecamatan Langsa Baro itu Sabtu sore putus (lepas) seling penahan (gantungan) pada salah satu sisinya, sehingga badan jembatan miring dan menumpahkan puluhan orang yang berada di atasnya ke danau buatan di bawah jembatan tersebut. Sebagian besar korban yang berjatuhan adalah kaum perempuan dan anak-anak. Kedalaman danau buatan itu hampir mencapai dua meter.

Semua korban yang berhasil diselamatkan, baik yang luka-luka maupun yang trauma, dilarikan ke IGD RSUD Langsa dan Rumah Sakit Cut Meutia. “Korban luka-luka karena ada yang terkena pentalan seling, ada juga yang terkena besi jembatan,” kata seorang warga yang ikut membantu proses evakuasi korban. (zb)




Komentar kaskuser
Quote:
Quote:Original Posted By sarapunjadi
smoga jadi pelajaran, kl wisata ga usah kebanyakan cekrek.


Quote:Original Posted By refi1


Quote:Original Posted By koebay
Parah gan orang pada ga tau aturan, sediain satpam satu ke biar kejadian begini ga keulang lagi. Just saran no offense.


Quote:Original Posted By renaldiard
itulah akibat melanggar peraturan yg udh dibuat. jadi gitu kan akibatnya


Quote:Original Posted By copetrq
Waduuh nggak kira2 dah tuh 100 org di jembatan gantung ampe roboh. Mudahan jembatannya cpt dibenahi dan diperkuat lagi yakk biar nggak keulang lgi kejadiannya
Sayang hapenya tuuh kerendem air dahh foto2 selfienya jadi bechek bechek wkwk. Yg sabar yaa guys


bagaimana pendapat kaskuser sekalian? ditunggu komen nya

kalau berkenan timpuk cendol gan
kalau suka bintangnya gan


Quote:sumber
sumber 2
coba cek video nya di menit 3:50 gan

Komentar kaskuser part II
Quote:
Quote:Original Posted By daichi007
Sepertinya harus ada sensor berat yg dipasang, kan gak mungkin juga kita ngitung berapa orang yg udah di jembatan atau akan naik jembatan. Jadi bisa kayak lift, begitu bebannya berlebih langsung bunyi alarm

Kalau itu memang spot wisata yg banyak pengunjungnya sudah seharusnya ada risk assessment dan harus diminimalkan segala risiko yg mungkin terjadi


Quote:Original Posted By neverdie115
duh kok kesannya kaya ga kapok ya, udah banyak berita kasus2 serupa, tapi masih kejadian lagi.. jujur aja gue sendiri jga foto2 dan selfie waktu minggu lalu liburan ke jogja, tapi tetep tau aturan dan ga takabur pas di puncak merapi, tebing goa gajah. tetep utamakan keselamatan, ane pribadi justru lebih suka foto2 pas sepi biar lebih menyatu dengan alam gitu foto selfienya mah sekali dua kali aja, sisanya nikmati keindahannya


Quote:Original Posted By CroozyFix
Bisa mengakibatkan trauma pada jembatan
Kalo ada yang jual HP seken yg pernah kecebur waspadai gan itu hp salah satu korban yang kecebur


Quote:Original Posted By sevenfiveseven
banyak yang doyan selfie termasuk ane.saking lupa mereka melihat sekitar .ati ati


Quote:Original Posted By silveria92
udah jadi tradisi masyarakat kita bukan??
liburan keluar kota cekrek dulu, ke taman hiburan cekrek dulu, jembatan ambrol cekrek dulu. apa-apa kudu cekrek dulu bukan seharusnya menikmati liburan dengan cara yg masuk akal malah diluar batas normal.


Pengalaman Kaskuser yang serupa
Spoiler for :
Quote:Original Posted By kaederie
Ane mau sumbang cerita gan. Ane pernah ngalamin kayak gitu, gan. Inget, ane bukan sebagai alayers yang doyan cekrak-cekrek di jembatan, tapi benet-bener sebagai orang yang mau nyeberang.

TKP-nya ada di Kebun Raya Bogor, Jawa Barat. Yang udah pernah ke sana pasti tahu yang namanya "Jembatan Cinta". (Kata temen ane, itu nama jembatan gantung yang warnanya merah). Kejadiannya sih baru hari jumat kemarin.

Jadi, gini, gan, ane sama lima orang temen ane, pengen nyeberang jembatan, mau solat. Kalo nggak salah, itu jembatan yang mau ke arah masjid kebun raya. Maap, gan, ane lupa-lupa inget soalnya baru pertama kali ke sana. Haha. Di sana ada peringatan kalau di jembatan itu hanya bisa dilalui maksimal 10 orang. Kenyataannya, di atas sana lebih dari 10 orang, gan. Ada kali 20 orang kalo ane itung-itung.

Jujur, gan, ane terpaksa ngelanggar aturan itu. Bukannya apa-apa, gan. Itu temen-temen ane nguber solat jumat, gan. Kalau ane disuruh gantian buat orang nyeberang, sih, nggak apa-apa, gan. Ane kesel di depan jembatan, ada alayers, plus emak-emak yang cekrak-cekrek ga pake lagu. Itu bener, gan. Kayak jembatan milik mereka semua. Ada juga orang yang cekrak-cekrek sambil jalan DI TENGAH JEMBATAN. Ane ampe istighfar. Itu kan ngebahayain diri sendiri sama orang lain kalo selfie kayak gitu.

Akhirnya, ane sama temen-temen maksain jalan. Terus, ane jalan aja sambil ngomong gini pake nada tinggi: "Ini, kan, jembatannya maksimal cuma bisa 10 orang yak. Di sini, kan, ada lebih dari 10 orang. Kira-kira roboh, nggak, ya. Kalo roboh, bisa jadi berita, nih." Ngomongnya sih sambil agak menghentakkan kaki jadi jembatannya goyang-goyang gimana gitu.

Ane ngomong kayak gitu juga pake rasa was-was gan.. ngeri kejadian. Untungnya kagak kejadian. Akhirnya, alayers dan para cekrekers itu rada minggir dan buru-buru keluar jembatan gan... trik ane yaah kurang lebih bisa nyentil dikit mereka, gan.

Ada sih, petugas di seberang jembatan. Cuma mereka hanya mengawasi dari kejauhan. Yang bikin ane sedih, mereka kok nggak ngatur jumlah penyeberang yak? Apa enggak ngeri jembatan over capacity terus ambrol kayak di jembatan langsa?



pejwan gan...


Itu kalo gak salah udah ada tulisan, muatan cuma 40 orang... masih aja dilanggar... semoga jembatannya cepat dibenahi..

Duh hp nya kesian
Quote:Original Posted By sapson
Itu kalo gak salah udah ada tulisan, muatan cuma 40 orang... masih aja dilanggar... semoga jembatannya cepat dibenahi


iya gan memang sudah ada tulisan maks 40 orang gan,, ya namanya aja demen selfie gan
ha..ha... ngebayangin adegannya aja udah kayak film kartun
Pendapat saya bray.... Syukurin.!!??

Mudah2an kelelep juga sekalian jg gak pa2.

Untung aje gak ada yg tenggelem
kalo memang ada tulisan maksimal 40 org... dah terliat jelas bagaimana kualiatas org Indonesia
Quote:Original Posted By bona1707


iya gan memang sudah ada tulisan maks 40 orang gan,, ya namanya aja demen selfie gan


Ya namanya orang sini, blm berhenti kalo belom rusak...

Kasian jembatan ama hpnya bray
Quote:Original Posted By jangan.ghori
Untung aje gak ada yg tenggelem


Hp nya yang tenggelem bray
wakakaks sukurin
Quote:Original Posted By sapson


Hp nya yang tenggelem bray


Turut berduka buat hape yg menjadi korban
wkwkwkwkwkwk pada tau rasa tuh.
itu sungai cetek atau gk sih?td gw liat di video
mereka kompak ya....nyeburnya antriii...

eaaaa..
asli ngakak lihat kelakuan gerombolan manusia latah indonesia ...

mmpos
Quote:Original Posted By peipol
itu sungai cetek atau gk sih?td gw liat di video


itu dari video sama foto,, mungkin sekitar sepundak gan
Quote:Original Posted By jangan.ghori


Turut berduka buat hape yg menjadi korban


Yoi bray, pasti ada foto di jembatan yang blm di upload ke medsos
hpnya rusak, mungkin sim yang ada sisa kuotanya dijual murah
Via: Kaskus.co.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar