Pages


Senin, 28 Desember 2015

Nyari kerja di 2016? Yakin? Susah loh! :D






HALLO JOBSEEKERS, SIAP SIAP NERIMA KENYATAAN BENTAR LAGI 2016






Quote:Original Posted By kamujahat21
INDONESIA TERLALU BEBAS.

SOSMED SALING BERTEBARAN

Pantes generasi pada bego, curhat aja diumbar umbar.

Gede congor doang


Quote:Original Posted By mutenroshi23
Ane bukan mental pekerja gan
Ane mental wirausaha
saatnya jadi bos,prcuma klau kuliah tinggi2 cuman buat jadi babu




Quote:Jobseeker adalah sekumpulan manusia, yang gak peduli lulusan mana dan jurusan apa, lagi sibuk nyari kerja
- rendyprasetyyo, menjelang akhir tahun 2015 -


Haloha jobseeker, sibuk apa diakhir tahun? bentar lagi 2016 loh. udah punya planning nyari kerja apa dan dimana aja ntar di 2016? 2015 aja persaingan susah bray. apalagi ntar di 2016. pengangguran? pasti makin banyak. yang lulus kuliah makin banyak, yang udah nyelesaiin program master juga nambah, lulusan SMA? SMP? SD? meningkat pesaaaat ngantri buat nyari kerja.

Jadi, ente udah punya list buat daftar nyari kerja dimana aja? eh bentar, yakin pertanyaannya "dimana"? cek dulu fakta ini coba.


Quote:Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Indroyono Soesilo di Jakarta, mengatakan, pulau yang ada di Indonesia hingga saat ini memang masih 17.500 pulau. Namun, jumlah tersebut berbeda dengan data yang dimiliki Perserikatan Bangsa Bangsa (PBB) yang memiliki data resmi 13.466 pulau. - sumber

Jumlah pulau di Indonesia lebih dari 13.000 pulau loh. yakin semuanya udah dikelola dengan baik? yakin disemua pulau gak ada yang bisa diolah buat dijadiin lapangan pekerjaan? coba kita liat dulu dari sumatera deh.

Sumatera

Kekayaan alam di setiap provinsi pulau ini juga sangat melimpah, di Aceh misalnya Usaha pertambangan umum telah dimulai sejak 1900. Daerah operasi minyak dan gas di bagian utara dan timur meliputi daratan seluas 8.225,19 km² dan dilepas pantai Selat Malaka 38.122,68 km². Perusahaan migas yang mengeksploitasi tambang Aceh berdasarkan kontrak bagi hasil (production sharing) saat ini adalah Gulf Resources Aceh, Mobil Oil-B, Mobil Oil-NSO, dan Mobil Oil-Pase. Endapan batubara terkonsentrasi pada “Cekungan Meulaboh” di Kecamatan Kaway XVI Kabupaten Aceh Barat. Terdapat 15 lapisan batubara hingga kedalaman ±100 meter dengan ketebalan lapisan bekisar antara 0,5 m – 9,5 m. Jumlah cadangan terunjuk hingga kedalam 80 meter mencapai ±500 juta ton, sedeangkan cadangan hipotesis ±1,7 miliar ton.

Sumatera Utara juga memiliki kekayaan tambang. Survey 2006 mencatat bahwa terdapat 27 jenis barang tambang nonlogam (golongan C), 15 jenis barang tambang logam dan enam jenis minyak, gas (migas) dan energi. Barang tambang nonlogam antara lain batu gamping, dolomite, pasir kuarsa, belerang, kaolin, diatomea dan bentonit. Sedangkan barang tambang logam mencakup emas, perak, tembaga dan timah hitam. Sementara potensi migas dan energi antara lain minyak bumi, gas alam dan panas bumi. Saat ini telah dilakukan eksploitasi terhadap minyak bumi di Sumatera Utara, dengan hasil produksi pada 2006 mencapai 21.000 barel minyak bumi.

Lebih lagi pertambangan di Riau yang berdenyut relatif pesat, ditandai dengan banyaknya perusahaan yang ikut andil bergerak di bidang ini. Mereka seolah berlomba mengeruk isi perut bumi Riau, mulai dari menggali pasir laut, granit, bauksit, timah, emas, batu bara, gambut, pasir kuarsa sampai andesit. Di samping minyak dan gas timah juga merupakan hasil tambang Riau. Konstribusi sektor pertambangan terhadap Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) Riau mencapai Rp.57.927.709,65,- atau sekitar 41,68 %. Karena itu, sektor pertambangan menjadi andalan provinsi dalam memperkokoh perekonomiannya.

Sumatera Barat, tambang yang diusahakan dengan skala besar hanyalah batubara. Selama periode 2005 produksi batubara mencapai 787.404,58 ton, dikonsumsi untuk pasar dalam negeri 787,4 ribu ton dan sisanya 296,56 ton diekspor. Dari hasil penjualan ini berhasil diperoleh pendapatan Rp. 299,06 miliar. Demikian juga Jambi sebagai penghasil batubara.

Data dari Departemen ESDM, Provinsi Bengkulu memiliki potensi pertambangan dan energi diantaranya lima yang terbesar, yaitu: batu bara, emas, pasir besi, batu apung, bentonit. Hasil produksi batu bara tercatat sebanyak 673.542.000 ton.

Sumatera Selatan, Provinsi ini memiliki potensi pertambangan yang besar, antara lain cadangan minyak bumi sebanyak 5,03 miliar barrel (10% cl) atau 5.032.992 matrick stack tank barrel. Cadangan minyak bumi diproduksi dengan pertumbuhan 10% per tahun dan dapat bertahan 60 tahun, Sedangkan cadangan batu bara diperkirakan sebesar 16.953.615.000 ton atau 60% cadangan nasional. Luas areal usaha pertambangan umum mencapai 1.030.128,75 ha, dengan pertambangan minyak dan gas 2.243,120,15 ha.

Bijih timah adalah sumberdaya alam yang paling bernilai di provinsi Bangka Belitung, bahkan memberikan kontribusi yang cukup besar dalam pembangunan nasional. Di sini terdapat satu BUMN yang menambang bijih timah, PT Timah Tbk, dan satu perusahaan asing, PT Koba Tin. Luas area Kuasa Pertambangan (KP) PT Timah Tbk di darat sekitar 360.000 ha atau ± 35% dari luas daratan Pulau Bangka. BUMN ini juga memiliki areal KP darat di Pulau Belitung seluas 126.455 ha atau ± 30% dari luas daratan Pulau Belitung. Untuk PT Koba Tin, diberikan sekitar 41.000 ha. Di luar area kuasa pertambangan PT Timah Tbk dan kontrak karya (KK) PT Koba Tin, kegiatan penambangan juga diusahakan oleh pengusaha tambang inkonvensional dan masyarakat secara tradisional yang juga memberikan nilai ekonomi masyarakat Kepulauan Bangka Belitung. - sumber
.



"Wah, banyak yah gan"
segitu sih baru seberapa persennya itu baru sumatera aja, belum jawa, kalimanta, sulawesi, papua gak cuma kekayaan alam, potensi pariwisata, fenomena budaya dan tradisi tiap daerah juga beda-beda. lu bisa ngebayangin berapa kaya negara kita? terus lu masih bingung mau kerja dimana dan milih buat nyari kerja diluar negri yang bahkan potensi daerah sama luas negaranya beda jauh sama indonesia?
bentar lagi 2016. keep govlok gays


Quote:INDONESIA PUNYA 183 KABUPATEN TERTINGGAL - sumber

Masih ngerti arti tertinggal apa kan? kalau udah lupa mungkin gambar bisa mengingatkan-mu, wahai kisanak

tertinggal #1


tertinggal #2 (BB 17++)


tertinggal #3


yakin mau berbuat baik? tapi kok kalau disuruh kerja di daerah terpencil gak mau sih.
(ts tersungging nih woy )


Quote:Indonesia punya kebebasan besosial media
Lu pikir cuma indonesia aja yang bebas bersosial media? gak bray, banyak yang dilarang, nih contohnya:
1. Arab saudi
Arab Saudi menjadi salah satu negara yang menentang dan melarang kehadiran jejaring sosial di negaranya.
Bahkan tidak hanya jejaring sosial seperti Facebook dan Twitter saja yang dilarang, pemerintah Arab Saudi juga telah memblokir aplikasi OTT seperti WhatsApp, Viber, dan Skype.
2. Korea Utara
Korea Utara, melalui dinasti kepemimpinannya juga melarang warga negaranya untuk menggunakan jejaring sosial.
Bahkan negara tersebut pun juga melarang penduduknya untuk menggunakan internet dan meniadakan akses internet secara bebas.
3. China
China juga menjadi salah satu negara besar di Asia yang melarang warga negaranya untuk membuat akun dan menggunakan jejaring sosial asing.
Pelarangan ini sendiri dikarenakan pemerintah China ingin memajukan aplikasi dan jejaring sosial lokal dari perusahaan seperti Sina Weibo ataupun Tencent.
4. Vietnam
Vietnam diketahui juga membatasi penggunaan jejaring sosial oleh warga negaranya. Negara ini melarang warga negaranya untuk sharing berita melalui jejaring sosial.
Vietnam dilaporkan juga segera melarang semua layanan OTT (Over The Top) seperti Line dan WhatsApp untuk beredar dan digunakan di negaranya.
5. Kongo
Untuk mengatasi konflik internal dalam negeri, Pemerintah Republik Demokratik Kongo juga melarang warga negaranya untuk menggunakan jejaring sosial, seperti Facebook dan Twitter.
Selain itu warga negara Kongo juga tidak bisa menikmati layanan SMS (short message service).
6. Bangladesh
Bangladesh juga menjadi negara yang melarang salah satu jejaring sosial paling besar saat ini yaitu Facebook.
Pelarangan jejaring sosial milik Mark Zuckerberg ini merupakan protes Bangladesh atas terunggahnya foto karikatur Nabi Muhammad di halaman jejaring sosial tersebut.
7. Pakistan
Pakistan juga menjadi salah satu negara yang melarang penggunaan jejaring sosial terutama Facebook di negaranya.
Larangan dikeluarkan setelah adanya ajakan untuk mengikuti lomba menggambar karikatur Nabi Muhammad di salah satu halaman Facebook.
8. Tajikistan
Republik Tajikistan juga secara resmi telah memblokir situs jejaring sosial Facebook. Pemerintah Tajikistan melalui Departemen Telekomunikasinya dilaporkan telah menghilangkan akun Facebook dari 41.000 pengguna di negaranya - sumber
bahkan ada tritnya disini

Apa hubungannya sama dapet pekerjaan? haha pikir pake dengkul tong. Gunanya social media? ya buat jadi media lu nyalurin waktu luang lu sebagai jobseeker ke hal yang positif, bukan cuma buat nyari bacol-an aja Lu bisa jualan di FJB, BukaKapak, dll. Ibaratnya kalau lu jualan sendal jepit aja 1 - 2 orang dari lebih dari 200 juta orang pasti ada yang mau beli, apalagi kalau sendal jepit jualan lu dikreasi-in sama hal lain.

Lu kebayang gak gimana rasanya hidup dinegara yang anti-sosial media? gak usah dibayangin tong, pasti ngenes, gak stalking gebetan setengah jam aja gw udah dagdigdugser


Quote:MEA 2016 MENANTI

Apa yang dihadapi negara kita di MEA 2016?

1. Tingginya jumlah pengangguran terselubung-disguised unemployment;
2. Rendahnya jumlah wirausahawan baru untuk mempercepat perluasan kesempatan kerja;
3. Pekerja Indonesia didominasi oleh pekerja tidak terdidik sehingga produktivitas mereka rendah;
4. Meningkatnya pengangguran tenaga kerja terdidik, akibat tidak sesuainya lulusan perguruan tinggi dengan kebutuhan pasar;
5. Timpangnya produktivitas tenaga kerja antar sektor ekonomi;
6. Sektor informal mendominasi lapangan pekerjaan, dimana sektor ini belum mendapat perhatian optimal dari pemerintah;
7. Pengangguran di Indonesia, pengangguran tertinggi dari 10 negara ASEAN, termasuk ketidaksiapan tenaga kerja terampil;
8. Tuntutan pekerja akan upah minimum, tenaga kontrak, dan jaminan sosial ketenagakerjaan;
9. Masalah Tenaga Kerja Indonesia (TKI) yang banyak tersebar di luar negeri; Dan
10. Ada 40 juta pengangguran di Indonesia. Terjadi pada lulusan yang tidak bisa bersaing didunia kerja. sumber


Mampus makin susah aja nyari kerja, buat yang koplak


bantu jawab pertanyaan ini dong
Quote:Original Posted By ramadhika97
Kalo menurut TS nih, ada gk solusinya biar menghadapi mea dan gk jadi pengangguran?
Contoh: 1. Punya Skill lebih 2. Punya Kemauan kuat buat usaha sendiri 3. gk cuma paham di teori mungkin ada yg mau di tambahin


Quote:Apa cuma gw yang ngerasa kalau arti kerjaan di Indonesia itu cuma kerja duduk dikantor sama jadi Pegawai Negri Kancil? Kalau ada yang punya arti "kerja" yang lain share dong

MASIH ADA YANG BINGUNG MAU KERJA DIMANA?







Quote:Original Posted By rayenz33
Pengangguran Semakin Bertambah, Lapangan pekerjaan semakin sempit... Tapi yang namanya rezeki gabakalan kemana gan, yang penting ikhtiar...

untuk itu kita dituntut utk kreatif, yang namanya "Kerja" itu bukan cuma jadi anak buah perusahaan doang,, tapi apapun bentuk pekerjaan nya selama itu halal dan menghasilkan itulah pekerjaan, dengan catatan (tidak menghalalkan segala cara).

walaupun ane sadar betul sebagian besar orang indo itu tingkat "Gengsi" nya tinggi men. dikitdikit gengsi, kerja ini gengsi, kerja itu gengsi. Hey Guys kalo ente cuma modal gengsi,Kapan suksesnya?.

jangan lihat dari jumlah pendapatan nya yang kita dapat tapi lihat dari hasilnya, dengan pendapatan segitu walaupun cuma "pas-pas.an" tapi bisa menghidupi keluarga atau minimal diri kita sendiri dengan tidak mengandalkan orang lain.


#Motivasi Buat Kalian Jobseekers


Quote:Original Posted By niwa.11
Bertani gan. Emang si profesi tani dipandang sebelah mata. Tp ini sisi baiknya. Ternyata sektor pertanian merupakan ceruk besar yg belum tergarap dgn baik mulai dr pembenihan hingga kegiatan paska panen. Contoh kecil komoditas cabe. Ente tau brp harga cabe sekarang? Cabe merah kriting tembus 34rb/kg dalam pekan ini. Padahal HPP hanya di kisaran 2rb/kg (dgn perlakuan khusus). Ente bisa hitung laba tiap Ton'nya.

Padahal idealnya ente bisa jual setiap minggu minimal 1 truk cabe (berapa ton itu?). Trus lahan yang dibutuhkan berapa hektare? Untuk bisa kontinu stok sekian itu ente hanya butuh 2Ha lahan. Sedikit gan, tapi sudah cukup menghidupi.

Itu gambaran kasarnya. Kalau kurang jelas atau penasaran silakan quote atau PM. Ane pake HP, ribet nulisnya.

Salam petani muda! Tak gentar oleh MEA!!!


Quote:Original Posted By pulpe
butuh kerjaan atau butuh duit..... kerjaan noh bersihin sampah ga ada abisnya....




Quote:TIPS:
1. Klik aja gif "tulis komentar" kalau mau nulis komeng yah, biar gak susah susah scrolling kebawah.
2. Kalau suka tritnya, jangan lupa rate dan share. Kita gak tau apa yang bakal kita terima dari kebiasaan berbagi, walaupun cuma berbagi hal kecil.
3. Beberapa trit ts yang lain:
Pelajaran-pelajaran yang HUJAN ajarkan ke kita gan! yang gak peka masuk! :D NEW
Frase-frase yang harus dihapus dari "kamus pedoman keberhasilan" kamu. NEW
11 incredible teknik yang bikin orang "manggut-manggut" sama omongan kamu. NEW

tapi kalau mau ngunjungin dan liat semua trit koleksi ts, silahkan klik aja gif "galery pilihan" dibawah. jangan sungkan sungkan.













SOLUSI PAKET LENGKAP


Quote:Original Posted By uklunk
Iyeee ini udah balik Indo kq, jangan tersinggung dong TS
Anyways, kq ane kurang setuju aja ya dengan istilah Job Seeker, secara yang lagi cari kerja kan bukan melulu fresh graduate, tapi banyak juga pekerja yg sudah memiliki pekerjaan tetap tapi masih mencari kesempatan yang lebih baik dari posisinya sekarang, atau ada juga pengusaha kecil2an yang mungkin malah pengen terjun ke dunia kerja untuk cari modal, relasi atau jaringan dengan masih tetap mengurusi usahanya tersebut.

Oh ya, ada juga lho situs media sosial yang efektif juga buat para opportunity seeker, contohnya Linkedin, jadi kita bisa ber sosmed ria sambil "jual diri" kita di situ tuh, asal yang kita apdet sesuatu yang positif, soalnya apapun yang kita post di sosmed bisa dijadikan pertimbangan lho buat para head hunter untuk menilai kita, berlaku juga di situs media sosial yang lain. "Mulutmu harimaumu", gitu kali ya istilahnya. So jangan bilang kalo punya medsos itu malah bahaya buat cari kerja, gunakanlah secara bijak maka malah akan jadi tools yang cukup powerful juga lho

Ulasan mengenai sekilas kondisi kekayaan alam di Indonesia cukup bagus TS, tapi tetep aja kita gak perlu membatasi diri mau bekerja dimana, bahkan di Luar Negeri sekalipun, asal realistis dan halal. Pertimbangannya pun cukup banyak, dari segi pengalaman dan penghasilan juga pasti berbeda, karena disana para pemilik perusahaan lebih open minded dan lebih menghargai skill, gak kaya di perusahaan Indonesia kebanyakan, penggajian banyak yang masih pake sistem balon, "bawah yang ditekan sampe abis biar atas semakin menggelembung", namanya juga bisnis

Terakhir, be positif and optimistic, gak usah takut sama yang udah punya banyak pengalaman, banyak skill, gelar berjibun dan embel-embel kompetensi mumpuni lainnya, karena ada satu hal yang bisa mengalahkan itu semua dan selalu ada di diri kita sendiri kalo kita sadar dan bisa berusaha lebih baik lagi untuk meraihnya.
Spoiler for Apa sih itu.....:
Rejeki Anak Saleh

Toh semua ujung-ujungnya kembali ke kita sendiri gimana caranya mau dapetin penghasilan tersebut. Kaya ane sekarang balik Indo udah cukup modal sama pengalaman ujung2 dagang juga, secara 9 dari 10 pintu rejeki kan memang asalnya dari dagang. Cumen dagangnya gak sembarangan juga, soalnya kan ane dagang "ide"

Nih ada tips buat para opportunity seekers di Kaskus, kali aja ada yg belum baca dan semoga bisa membantu

TIPS Sukses Wawancara Di Perusahaan Multinasional dan Internasional

TIPS Membuat CV Dengan Standar Internasional


Btw, Nice trit TS, cukup bisa membuka mata buat para opportunity seekers, rate 5 sudah meluncur 2x, soalnya cuma punya 1 klonengan sih



SOLUSI OUT OF THE BOX


Quote:Original Posted By deeanz
klo nggak ada lapangan kerja cari lapangan bola aja


Quote:Original Posted By Reviardi
ya udah kalau gitu gw nyari kerja tahun 2017 aja



PENGALAMAN KASKUSER


Quote:Original Posted By exaxis
Hi gan, numpang share ya sekelumit pemikiran ane tentang thread TS
anyway, kerja itu bukan melulu masalah ada yang "naruh" , kolega orang tua, ataupun sudah pasti meneruskan usaha dinasti keluarga.
ada baiknya kita mempertimbangkan KOMPETEN tidaknya individu tersebut (agan-agan semua) dengan pasar sekarang
"kerja" kalau di filosofi ane sendiri lebih kepada sebuah phase dimana kita sudah mampu mengemban hak & kewajiban yang memiliki konsekuen ke hidup kita dengan jalan dimana kita mencurahkan waktu, tenaga, pikiran, bahkan modal untuk memproduksi sesuatu (jasa ataupun barang dagangan) yang memiliki nilai tukar secara ekonomis.
kenapa ane sebut dengan mampu mengemban hak & kewajiban yg memiliki konsekuensi ke hidup kita? jawabannya pasti ada di setiap para pekerja, dimana kita dituntut untuk memenuhi kebutuhan hidup ataupun sudah harus mampu menghidupi keluarga
nahh untuk solusinya, karena memang sudah saatnya kita berbenah dari dalam jadi menurut ane :
pertama, mari kita pahami dulu esensi dari attitude, skill, and knowledge model, dimana hasil yang diharapkan adalah COMPETENCE/KOMPETENSI
nahh, dari sana kita bisa terapkan ke diri kita, misal nih yee :
1) memperbaiki Attitude, disini kenapa ane sebut memperbaiki jelas bukan karena ane merasa attitude agan-agan semua rusak, namun marilah kita introspeksi diri sendiri dan mulai merubah diri ke arah lebih baik dengan berlaku yang santun dan mengikuti khaidah-khaidah yang berlaku, karena secara garis besar attitude yang baik menurut negeri kita adalah attitude yang santun dan saling menghormati (koreksi kalo ane salah gan)
2) Skill? ya, benar SKILL! yang ini mutlak perlu di dunia industri sekarang gan jadi, menurut ane ini adalah modal bawaan agan dimana agan bisa mendapatkannya dari pendidikan formal maupun informal
3) dan yang terakhir menurut ane dan gak kalah penting adalah Knowledge, pada dasarnya knowledge itu adalah pengetahuan. namun apa yg kita butuhkan di dunia industri itu gak cuma sekedar "pengetahuan" yang di dapat melalui pendidikan formal, buka mata agan dan lihatlah cakrawala dunia... sangat banyak hal yang bisa agan kuasai di jaman dimana internet itu udah hampir ada dimana-mana. jadi poinnya menurut ane adalah memperkaya wawasan baik itu pengetahuan formal mengenai pekerjaan ataupun lingkup industri agan maupun pengetahuan sosial dimana kebanyakan kita dapat, yaaaa di hidup ini gan

Semoga 3 hal diatas mampu membangun nilai KOMPETENSI di masing masing individu agan semua

segitu kiranya buah pikiran ane gan... kalo berkenan PAGE ONE ya!

Btw, kalo ada agan-agan ada yang nanya begini : sok tau aje lu tong! ga tau susahnya cari kerja ya?
jelas ane tau gan , btw ane tahun depan fresh graduate tapi pengalaman kerja ane sudah lumayan beragam dari jadi surveyor survey salah satu kemetrian RI ataupun lembaga internasional, jadi perwakilan help desk negara untuk event internasional, ngangkatin perkakas event (kebetulan pernah ikut kerja di hotel, dpt bidang banquet), tukang cuci piring (steward), bersihin kamar tamu hotel (house keeping), bagi bagi brosur di jalanan sambil jadi MC dadakan, DLL yang notabene nya terkait dgn pariwisata (bidang kuliah ane pariwisata) poin-nya adalah disetiap ragam pekerjaan yang ane temui memiliki tingkat KOMPETENSI yang berbeda, dimana kita dituntut untuk menguasai dan memahami. kalau agan sudah dirasa KOMPETEN entah oleh pencari pegawai/atasan di tempat kerja ataupun Tuhan, pasti akan ada jalannya gan!!


Quote:Original Posted By tgl.12.12.12
sebenernya banyak yang mau buat usaha gan, cuma support negara ini gmn ?

seharusnya contoh china apa taiwan tuh

- anak lulus kuliah punya ide mau bikin bisnis dimudahkan, malah disupport negara
- dibantu dana dan 3 tahun bebas pajak.
- di carikan pangsa pasarnya, makanya disana banyak home industri walau polusi tinggi.
- di china semakin banyak produksi, semakin kecil pajaknya
- mau bikin usaha gampang izinnya, malah di singapore kalo ga salah gratis.

kalo disini

- bikin usaha harus ada siup, npwp, pungli dsb, usaha lom jalan modal udah abis buat perizinan, dah gitu lama lagi prosesnya.
- di indonesia semakin banyak produksi, semakin banyak pajaknya.
- di sini ? pangsa pasarnya ? cari sendiri sonoh.
- di sana 3 tahun bebas pajak. di sini ? lo harus bayar, rugi apa untung urusan lo.
- di sini dana disuruh cari sendiri.

pemerintah selalu ngemeng "anak lulus kuliah membuka lapangan usaha jangan cuma mencari kerja" lah support dana dan perizinannya mana ?





Quote:Original Posted By ArisSmartBrain

Hemm , kalau Social Media juga menawarkan bisnis yang menjanjikan gan, tidak selalu negatif sosmed itu seperti temen ane yang jualan barang dagangan dia via facebook , lalu ada marketing yang banyak terbantu oleh sosmed dalam menawarkan/iklan. ane juga sebagian hidup dari sosial media jadi tergantung penggunanya.

eniwe saya ini cuman lulusan smk , pengalaman kerja ane 2 tahun. dulu ane ngelamar ke kantor. mereka gak pernah lihat ijasa ane mungkin karena ane ganteng kali ya jadi langsung masuk. sekarang ane kerja sendiri sebagai freelancer web desainer & WordPress Developer.

dulu pernah ditolak oleh 2-3 (include sama studio dari rusia ) perusahaan pas ane keluar dan mau cari pengalaman baru, karena ane rasa sudah waktunya gak ikut orang. jadi ane tetapin jadi freelancer, alhamdulillah selalu ada rejeki dan kadang saya juga hire orang buat project

umur boleh masih 21 , yang penting ada ILMU, NIAT, FOKUS dan JUST DO IT.
ada MEA atau tidak, jika kita tidak bertindak nasib kita akan tetap sama


Quote:Original Posted By crazycandy
orang indonesia mentalnya lemah padahal ane jualan dagangan ane abis orang indonesia bukannya bersyukur malah ngomong

Ribetkan lu dagang ga untung seberapa tapi kelimpungan terus"

rasanya pengen ane balikin

"men gua penghasilan rendah tapi makmurin orang disekitar gua dengan dia kerja dia gua, dan yang jelas gua megang UANG HAHA


Quote:Original Posted By anitsuya

Sebenarnya ga salah juga kalo jadi pekerja gan, mereka yg tukang gorengan jg sebenarnya pekerja lho, bayangin aja kalo si bandar gorengan ini ga punya pekerja, ane yakin dia ga kepegang cabang2 gorengannya..

Kalo ane liat dari sisi tengah, ga ada yg salah jadi pekerja atau pedagang, yg salah adalah mereka yg menganggap dirinya (pekerja/pedagang) paling halal. Krn ane yakin tiap org pny kemahirannya sendiri, ane jamin pedagang ga bisa jadi seorang profesional yg selalu arrange meeting, pake statistik bisnis, disiplin, dsb. Tapi sebaliknya, profesional pun blm tentu bs jadi pedagang.

Ane pekerja tapi jg pny bisnis sendiri, disisi lain ane juga investor (yg nanam modal di usaha org tanpa perlu kerja atau jd pengusaha dagangannya)


Quote:Original Posted By anitsuya
Kalau harus komen soal trit ts sebenarnya ada benernya jg tapi ada salahnya jg.. sesuai judulnya, "Nyari kerja di 2016, susah lho"

Ane mau share pengalaman jg soal kata hrd yg pernah ane denger dulu, ini sbnarnya salah individu itu sendiri gan.. Kalo nyari kerja susah sekali lagi itu salah individu. Kenapa? Krn kalo ane liat lulusan sekarang ini tuh ga bener2 dibekali ilmu atau siap "tempur", tau sendiri kan ada yg ulangannya nyontek, ujian kuliahnya asal2an, mereka berprinsip "ah yg penting gue lulus, nyari kerja ikut arus aja nanti, masa udah pesimis duluan sih?" Dan akhirnya terbukti, ada beberapa tmn ane yg luntang lantung cari kerjaan.

Jadi kalo diterima di perusahaan pun harus diajari lagi, ini itu dsb.. nanti kalo udah mendingan pinter malah cabut ke perusahaan lain yg mendingan gajinya. Ya begitulah, jgn heran kalo perusahaan skrg bnr2 ketat nyari SDMnya.

Prinsipnya satu, mau pengangguran kaya gimana jg, percaya dah.. yg namanya orang udah pinter, punya skill, attitude-nya jg bagus, PASTI DAN PASTI diterima dimana pun..!


Quote:Original Posted By thaf.dk
Nah itu, dunia kerja udah ketat.. Lulusan s1 banyak pengangguran, sma? Jangan tanya, liat aja ke kawasan industri, berapa banyak org d sana yg pk baju item putih?

Gw rasa cukup lah pembodohan gengsi, gw sih realistis aja.. Duit yg d cari, ibaratnya lu s1 dan lu nganggur lantaran bingung cari kerjaan yg sejurusan, sekalinya dpt itu cma paling gaji 2 atau 3jt buat FG. Blm lg d bentak atasan, ancaman kontrak, dll. Ketauan jualan gorengan yg sebulan banyak tuh bsa lebih dr 5jt laba nya..

Intinya cukup lah doktrin kalau cari uang itu harua lewat perusahaan besar, kantor, pabrik.. Masih banyak jalan, salah satunya berniaga.. Apalagi itu yg d bilang TDS masalah MEA, abis riwayat lu


Quote:Original Posted By RosfaLdo
sebenernya ngga juga sih gan, ane pernah di recruitment agency atau biasa disebut headhunter.

banyak client dengan permintaan karyawaan dgn jumlah banyak..

tapi faktanya.. banyak dari kandidat yang kurang berkualitas. kalo berkualitas, perusahaan yang akan mencari kita. manfaatkan sosial media spt linkedin, banyak headhunter dan job vacancy tentunya. bukan bermaksud sombong, tp ane pun ada bbrp tawaran dari perusahaan langsung tanpa harus melamar terlebih dahulu.

so bisa dikatakan, jadilah pribadi yg berkualitas,
caranya:
1. investasi pelatihan untuk pengembangan diri, misal dengan ikut training/workshop/sertifikasi keahlian2 sesuai bidang agan yang bersertifikat internasional
2.untuk fresh graduate, sebaik baiknya adalah yg punya pengalaman kerja minimal magang, perusahaan akan lebih melirik
3.dan kemampuan bahasa asing juga harus dikuasai gan
4. untuk yg masih kuliah, usahakan ipk min 3 dan lebih bagus jika lebih. karna itu menunjukkan tanggung jawab agan.

niscaya, pekerjaan lah yang mencarimu

jika berkenan pajang di pekiwan gan


Quote:Original Posted By jaleale
kalo dipikir* bener juga sih, org indonesah mentalnya udah jadi mental babu. mau lulusan sma /kuliah sekalipun cita-cita nya ga bakalan jauh dari pekerja kantoran /pabrik(pengalaman temen* ane)
ane juga kuliah sih sebenernya , tapi ane kuliah sekalian buat nyari relasi + nambah pengalaman hidup aja. ya kalo lagi apes bgt ujung*nya ya pasti nyari kerjaan kaya org lain
btw sekarang ane lagi nyobain bisnis kecil*lan, lumayan lah buat nambah uang jajan. bokap ane juga cuman lulusan sma tapi sebulan dia bisa dapet 15jt lebih


Quote:Original Posted By kuwigon
Skill di tambah boy jangan teori mulu.. ane muak teori mulu ..banyak contohnya

sopir travel PP sehari bisa satu juta boy bayangin dalam satu bulan. Jual online boy.. masih takut di katain orang? Orang lain belum tentu bagus dari pada ente..

Jadilah yang kreatif boy.

Jangan di gedein gengsi boy.

Nabung boy *buat jaga2

Jangan manja boy

Jangan hedon boy

Hidup hemat boy

Sedekah boy

Ikut persaingan atau tersingkir dari persaingan boy?? Hidup di dunia gak ada yang adil boy..ane bukan siapa2 ane hanya manusia biasa..


Quote:Original Posted By hardinal
hm pernah wirausaha gak?
saya pernah saya buka rental ps plus fotocopy dekat kampus
untungnya banyak lumayan bisa bayar sewa sama bayar uang kuliah
tapi tau gak sekarang bisnis ane hancur
hancurnya karna PLN matikan listriknya 4 jam sehari pada jaman itu
pakai genset? hahaha kalo anda wirausaha tau sendiri biaya nya brapa dan kerusakan nya perbulan brapa kali
kedua saya buka jualan susu sama keripik pas jualan dtg la org dri dinkes suruh bikin ijin bla bla bla
dan ya saya siapkan la ijin saya dan dimulai dari badan usaha yang harus menunggu 3 bulan blum lgi uji lab blum lagi halal
hebat kan pemerintah kita
usaha itu gak cuman jual gorengan trus berbangga hati
usaha itu jual gorengan cman punya cabang di jalan a jalan b jalan c emg perlu waktu yg gak sedikit dan tentunya mesti fokus
beda sama kerja cman bangun pagi trus pulang sore nyaman kan?
siapa bilang usaha itu enak
jam tidur kurang tingkat stres tinggi kita contohkan jualan bakso emg itu bakso dtg dengan sendirinya yg pasti pagi pagi sekali jam 5 harus nyari daging nyari bumbu nyari mie di pasar kenapa pagi? emg masak gak butuh waktu
okelah kalo semua bahan tersedia kalo tidak?
okelah kalo semua bahan harga nya sesuai dengan perkiraan kalo lebih mahal?
mau naikin harga? entar pelanggan lo hilang mau di tetapkan harga? entar pegawai lo digaji pake apa?
stress? iya emg blum lgi kalo awal2nya uang keamanan la uang kebersihan lah
itu bru di awal blum lagi pertengahan blum lgi di akhir sewa tempat

sorry saya pun wirausaha sampai sekarang cman wirausaha itu gak semudah itu saya ikut komunitas wirausaha di kota saya ada yg jual kebab jual nasi goreng jual baju dan lain sebagainya sekarang mereka (sebagian) ada yg kerja di BUMN dsb. mereka jauh lebih mapan dan lebih cerah mukannya mungkin karna gak stress lgi mikiri harga minyak wkwkw
sedangkan saya? jualan sana sini saya jualan sayur hidroponik saya jualan emg gak langsung ke konsumen tpi langsung masuk ke swalayan dan restoran dan penolakan yg halus sampai kasar pun sudah saya lalui
btw mungkin kalo kalian pernah beli sayuran di supermarket brastagi medan itu lah sayuran saya


Quote:Original Posted By rickhaelo
Permisi TS numpang memberikan pendapat.

2015 sebentar lagi akan berganti menjadi 2016. Indonesia akan mengalami perubahan yang tidak biasa yaitu pada MEA (Masyarakat Ekonomi ASEAN).

Intinya adalah kenapa kita merasa takut kalau tidak mendapatkan pekerjaan?

Coba tanyakan pada diri sendiri, "apa yang salah pada diriku?"

Lantas apa yang harus kita lakukan? Walaupun pikiran saya masih bertanya2 mengenai penyebab pengangguran antara "apakah lapangan kerjanya terbatas?" atau "calon pekerja kurang informasi atau mengembangkan diri lagi?
Saya akan menyampaikan 2 hal yang menurut saya simple tapi ya ini yang dibutuhkan pada diri setiap orang angkatan kerja di Indonesia.

1. Changemaker & chancemaker
Katanya lapangan kerja di Indonesia semakin sulit ya ? terus apa yang kita pikirkan? hanya berpikir "jadi, aku harus bekerja dimana kalo gini terus?". Pernah ga temen2 berpikir "apa yang bisa saya ciptakan di Indonesia?" (baca:wirausaha). Kalo lapangan kerja membang terbatas, kenapa harus pusing2 memikirkan kemana harus bekerja?. Kenapa tidak kita berpikir untuk menciptakan lapangan kerja? Ya, jangan terlalu berekspektasi tinggi dulu seperti lapangan kerja untuk ratusan bahkan ribuan orang. Mulailah untuk menciptakan lapangan kerja untuk dirimu sendiri, lalu buatlah lapangan kerjamu bermanfaat untuk orang lain juga. satu, dua orang dapat menyelamatkan dirinya sendiri bahkan keluarganya berkat DIRIMU.
Semua ini juga realitanya tidak mudah. Namun "APAKAH REALITA ITU MEMBUAT KAMU BERHENTI?" jawabannya ada di siapa? ada diri diri kamu sendiri. IT'S YOUR CHOICE BUDDY. BE CREATIVE & BE RISKTAKER.

2. Pemimpin yang hebat berasal dari pegawai yang hebat
Banyak orang yang berekspektasi kalo kita semakin tinggi berpendidikan kita akan kerja dengan posisi yang sepantasnya tinggi juga (ya saya juga berpikir demikan). Namun pernahkah kita sadari kalau sebelum kita mendapatkan posisi hebat itu kita diberi pekerjaan menjadi pegawai dan kita merasa tidak dihargai pendidikannya.
Pernahkah kita berpikir "Kalau jadi pegawai saja sayang tidak dapat menguasai atau hebat, terus bagaimana saya bisa mencapai posisi yang hebat bahkan menjadi pemimpin yang hebat?"
Teman2 "sebelum kita ke bintang, kita akan berawal dari tanah bumi ini". Posisi awal menjadi pegawai bukanlah hal yang menyedihkan, tetapi anggap itu tantangan dan pembelajaran. Bertanyalah pada diri sendri "Bisakah aku menjadi pegawai yang berbeda dari pegawai lain?" (baca: luar biasa/hebat). Itu yang saya maksud, bersabarlah dan hebatlah pada setiap posisi yang diberikan.

Ambil tantangan itu, lakukan sebaik yang kamu bisa. Terlepas dari apa yang kamu dapat dari atasan kamu, kamu harus sadar kalo kamu LUAR BIASA!
gagal pertamaxx..

pertalite aja dehh..
Lapangan kerja gak cuma di jadetabek aja gan
atas ada jungker
INDONESIA TERLALU BEBAS.

SOSMED SALING BERTEBARAN

Pantes generasi pada bego, curhat aja diumbar umbar.

Gede congor doang
ane masih cari kerja gan
ayo semangat para jobseeker
Ane bukan mental pekerja gan
Ane mental wirausaha
saatnya jadi bos,prcuma klau kuliah tinggi2 cuman buat jadi babu
Quote:Original Posted By mutenroshi23
Ane bukan mental pekerja gan
Ane mental wirausaha
saatnya jadi bos,prcuma klau kuliah tinggi2 cuman buat jadi babu


komenente layak dikeatasin, komen si jahat juga
Quote:Original Posted By kamujahat21
INDONESIA TERLALU BEBAS.

SOSMED SALING BERTEBARAN

Pantes generasi pada bego, curhat aja diumbar umbar.

Gede congor doang


Quote:Original Posted By mutenroshi23
Ane bukan mental pekerja gan
Ane mental wirausaha
saatnya jadi bos,prcuma klau kuliah tinggi2 cuman buat jadi babu


hat ane udah balik lagi ke lounge

habis ribut sama anak hth

kurang pemerataan lapangan kerjaan
Numpang nampang pejiwan dulu aja lah
Quote:Original Posted By kamujahat21
INDONESIA TERLALU BEBAS.

SOSMED SALING BERTEBARAN

Pantes generasi pada bego, curhat aja diumbar umbar.

Gede congor doang


stubuh dgn agan yg satu ini

jauhi sosmed yg pnting mah
Quote:Original Posted By kamujahat21
INDONESIA TERLALU BEBAS.

SOSMED SALING BERTEBARAN

Pantes generasi pada bego, curhat aja diumbar umbar.

Gede congor doang


kelak aku lah yg akan menguras keringat ku untuk anak cucu kita

bahkan kelak kamulah yg akan melahirkan buah hati kita .. yg terlahir dari sebagian paras kamu .. dan sebagian lagi tingkah ku
ada AFTA awal tahun 2015, orang luar pada ke sini semua nyari kerja hmm
Arti bekerja sama dengan ibadah yang mesti dijalani dengan penuh tanggung jawab dan mesti disyukuri pula
Quote:Original Posted By c.volkova
kelak aku lah yg akan menguras keringat ku untuk anak cucu kita

bahkan kelak kamulah yg akan melahirkan buah hati kita .. yg terlahir dari sebagian paras kamu .. dan sebagian lagi tingkah ku


bangciaaaaat ente ngapain gegalauan di marih lae
Quote:Original Posted By kamujahat21
INDONESIA TERLALU BEBAS.

SOSMED SALING BERTEBARAN

Pantes generasi pada bego, curhat aja diumbar umbar.

Gede congor doang

emang kamoh gapake sosmed?
Yoi bor jamannya menjadikan orang punya kerjaan bukan nyari kerjaan.
Via: Kaskus.co.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar