Pages


Selasa, 29 Desember 2015

Poliglot, Manusia dengan Otak Berkapasitas 16 Terabytes!

Quote:Hi, gan! Apa kabarnya nih? Di tret kedelapanbelas, ane mau bahas tentang poliglot.

Ane udah cari beberapa tret di Kaskus, ternyata masih sedikit yang bahas. Di antara tret tersebut ada Rumah Poliglot yang merupakan tret sticky punya moderator dan beberapa yang bahas tentang komunitas poliglot Indonesia.

Nah, dalam tret ini ane mau bahas sedikit tentang beberapa keuntungan yang bisa didapat seorang poliglot dan beberapa tokoh poliglot yang keren-keren.

Penasaran seperti apa bahasannya, gans? Yuk langsung ke tekape!


Spoiler for HT #11:
Alhamdulillah,
HT kesebelas ane nih, gan..

Makasih banyak buat mimin, momod, dan Kaskuser seplanet Jupiter yang sudah berkenan mampir dan meramaikan tret ane.

Pesan TS:
Semangat terus untuk agan yang sedang mempelajari berbagai bahasa! Semoga lekas mahir dan ilmunya bermanfaat buat agan dan lingkungan agan


Quote:Sekilas Tentang Poliglot



Ane yakin nte semua udah pada tahu apa itu poliglot. Tapi, nggak ada salahnya kalo ane ulang biar nte makin inget dengan istilah tersebut. Yuk kita simak sedikit uraiannya, gans!

Poliglotisme adalah kemampuan menuturkan beberapa bahasa dengan sangat mahir. Belum ada kesepakatan mengenai berapa banyak bahasa yang harus dikuasai seseorang agar bisa disebut poliglot. Ada yang menetapkan "empat atau lebih", karena penutur dua atau tiga bahasa biasanya disebut dwibahasa (bilingual) dan tribahasa (trilingual). Istilah multibahasa juga mirip dengan poliglot.

Ahli bahasa Richard Hudson memakai kata "hiperpoliglot" untuk menyebut orang yang fasih berbicara dalam enam bahasa atau lebih.

wikipedia.org

Gimana, udah jelas apa yang dimaksud dengan poliglot kan, gans?

Iyak, mereka itu adalah orang-orang yang punya otak super karena mampu menyimpan berbagai kosakata dari banyak bahasa yang dipelajari. Seorang poliglot asal Amerika menyarankan untuk mempelajari bahasa yang kata-katanya banyak diserap bahasa lain seperti Perancis, Arab, Latin, dll.

Menurutnya, kalau agan bisa bahasa Arab, agan dengan mudah mengerti bahasa Turki, dll. Bahasa Perancis juga memudahkan agan berbahasa Inggris karena banyak kata serapan yang berasal dari kosakata bahasa Perancis.


Beberapa Teori

Ada sejumlah teori eksotis tentang sebab beberapa orang bisa belajar bahasa dengan mudah, sementara lainnya kesulitan mempelajari satu bahasa asing saja. Satu teori menyatakan bahwa naiknya level testosteron di uterus bisa meningkatkan asimetri otak.

Teori lainnya menyatakan bahwa menjadi seorang poliglot tidak harus memiliki faktor-faktor tersebut dan ini semua hanya masalah kerja keras dan motivasi yang tepat yang bisa dilakukan semua orang dewasa meski tidak berbakat secara alamiah. Ilmuwan saraf Katrin Amunts mempelajari otak Emil Krebs dan menetapkan bahwa wilayah di otak Krebs yang mengatur kemampuan berbahasa, wilayah Broca, memiliki susunan yang berbeda ketimbang otak orang-orang monolingual.
wikipedia.org


Quote:Keuntungan Menjadi Seorang Poliglot



Sebagai seorang dengan kemampuan menuturkan beberapa bahasa secara fasih, seorang poliglot tentu saja diuntungkan ketika mencari kerja, tetapi dalam tret ini ane nggak akan membahas hal itu karena terlalu mainstream.

Lantas apa saja keuntungan lainnya? Berikut ulasannya sebagaimana dimuat dalam www.lifestyleupdated.com:

1. Dampak Positif Pada Perkembangan Intelektual

Menjadi seorang poliglot tentu saja membantu perkembangan intelektual seseorang karena seorang poliglot menjalani hidupnya dengan mempelajari banyak bahasa.

Awal mula mereka mempelajari kata-kata. Dari kata-kata tersebut, mereka mempelajari frasa dan mulai mengasosiasikannya dengan berbagai hal yang menunjang perkembangan intelektual seseorang.

Pola belajar seperti ini akan terekam dalam otak seorang poliglot. Sehingga ketika ia mempelajari bidang lain, kebiasaan belajar seperti ini akan memudahkannya menyelesaikan setiap tahapan belajar tersebut.


2. Kepekaan yang Tinggi dan Kemampuan Mendengar yang Baik

Sebuah fakta menggelitik, orang dengan kemampuan berbicara dalam banyak bahasa menjadikan seorang poliglot seperti sebuah spons dalam menyerap informasi. Setiap informasi yang disajikan dapat dengan mudah dimengerti. Kemampuan mendengar juga sangat baik termasuk alam bawah sadar seorang poliglot.


3. Meningkatkan Pemahaman Bahasa Sendiri

Fenomena menarik lainnya adalah ketika seseorang belajar bahasa lain selain bahasa utamanya, hal itu akan meningkatkan kemampuan dalam memahami bahasa sendiri. Hal ini disebabkan karena ketika seseorang memahami banyak bahasa, hal itu membuat seseorang lebih pandai memilih kata-kata dalam bahasa utamanya.


4. Berfikir Fleksibel

Dengan memiliki banyak referensi kata dari berbagai bahasa, seorang poliglot akan memperoleh keuntungan berupa cara berfikir yang lebih fleksibel. Hal ini disebabkan karena selain memahami bahasa, seorang poliglot juga memahami budaya bahasa yang dikuasainya. Dengan begitu, seorang poliglot memiliki kemampuan interpretasi yang baik dalam berbagai hal.


5. Orang dan Budaya Baru

Seorang poliglot memungkinkan dirinya memahami dunia lebih baik. Berbagai bahasa yang dikuasainya akan mengantarkannya pada berbagai peluang seperti bertemu dengan orang dari berbagai negara dan sekaligus mempelajari budayanya.

Bahasa-bahasa tersebut mampu menghancurkan tembok yang membatasi antara satu bahasa dengan bahasa yang lain. Seorang poliglot akan lebih mudah berinteraksi dengan siapapun.


6. Lingkungan Sosial

Dengan kemampuan yang tidak dimiliki setiap orang, seorang poliglot secara otomatis mendapatkan perhatian lebih dalam lingkungannya. Mereka dianggap sebagai seorang yang spesial. Hal inilah yang terjadi pada remaja asal Amerika yang ane singgung di poin sebelumnya.

Remaja ini mendadak tenar karena orang-orang terkesan pada kemampuannya menuturkan 23 bahasa di dunia.


7. Berbagai Keuntungan Lain di Era Modern

Di era modern seperti ini, dunia memiliki perhatian besar pada orang-orang yang memiliki kemampuan spesial seperti ini. Selain pekerjaan, berbagai kemudahan akan didapat seorang poliglot seperti ketika ingin belajar di suatu negara. Dengan kemampuannya itu seorang poliglot bisa berburu beasiswa dengan mudah.


Quote:Tokoh-Tokoh Poliglot



Berikut ini beberapa tokoh poliglot dunia dengan kemampuan yang memukau sebagaimana dimuat dalam www.onlinecollegecourses.com:

1. Ziad Fazah

Poliglot asal Lebanon ini memegang rekor pada the Guinness World Record sebagai orang yang memiliki kemampuan berbicara dalam banyak bahasa. Fazah mengklaim dirinya mampu membaca dan berbicara dalam 58 bahasa seperti bahasa Arab, Polandia, Thailand, Urdu, Norwegia, dll. Meskipun Fazah telah berhasil membuktikan kemampuannya melalui berbagai tes, tetapi Fazah pernah ‘keseleo’ lidah juga nih, gans. Hal ini seperti yang terjadi saat ia tampil di acara Viva el lunes, sebuah acara TV di Cili, di mana ia gagal memahami frasa tingkat pemula dalam bahasa Finlandia, Rusia, Cina, Persia, India, dan Yunani yang diklaim bahwa ia fasih dalam bahasa tersebut.


2. Sir John Bowring

Politisi Inggris yang juga seorang ekonom, traveler, penulis, dan menjadi gubernur keempat Hong Kong ini memiliki segudang bakat. Akan tetapi yang paling menonjol adalah kecintaannya pada bahasa. Semasa hidupnya, Bowring mengklaim bahwa ia memahami 200 bahasa dan 100 di antaranya mampu ia tuturkan. Selain aktif di dunia politik, ia juga gemar melakukan kegiatan lain seperti menerjemahkan lagu daerah, puisi, dan berbagai literatur dari Rusia, Eropa Timur, dan Spanyol. Putranya, Edgar Alfred Bowring, mengikuti jejak ayahnya sebagai penerjemah, meskipun ia tidak pernah mempelajari banyak bahasa seperti ayahnya.


3. Kenneth Hale

Tidaklah mengherankan jika seorang profesor bahasa pada Institut Teknologi Massachussets (ITM) dinobatkan sebagai poliglot. Sang profesor mempelajari bahasa-bahasa yang terancam punah di Amerika Utara, Amerika Tengah, dan Australia. Hale tidak hanya mempelajari bahasa tersebut, tetapi ia secara otodidak juga belajar bagaimana menuturkannya hingga ia menjadi fasih dalam bahasa Tohono O'oham, Jemez, Hopi, Navajo, Warlpiri, dan sekitar 45 bahasa lainnya. Yang menakjubkan dari seorang Hale adalah kemampuannya untuk memahami bahasa dengan sangat cepat. Dia mampu membuat percakapan sederhana hanya dengan mendengarkan penutur asli berbicara dalam waktu 10-15 menit.


4. Ferenc Kemeny

Penerjemah Hungaria ini boleh dibilang orang yang melakukan pencapaian sangat signifikan di bidang yang digelutinya. Dilaporkan bahwa Kemeny memahami lebih dari 40 bahasa, 24 di antaranya ia memiliki kemampuan menulis, dan 12 lainnya ia mampu berbicara dalam bahasa tersebut. Sepanjang karirnya, ia banyak menerjemahkan puisi dan literatur dari bahasa Hungaria ke dalam 17 bahasa di dunia atau dari 30 bahasa dunia ke dalam bahasa Hungaria.


Spoiler for Pengen HT, gans?!:
Baca tips dari nubiekalo agan mao nyetak tret HT di sini:

Kiat Jitu Bikin Thread Agan HT?! Ini Rahasianya!
http://kask.us/h9VM1

Poliglot, Manusia dengan Otak Berkapasitas 16 Terabytes [HT#11]
http://kask.us/iaQXb

Bahasa Indonesia VS Bahasa Daerah: Mana Lebih Penting? [HT#10]
http://kask.us/iaKJ8

Wah, Ternyata Bahasa Kalbu Nggak Sesederhana yang Agan Pikirkan!
http://kask.us/iaHvq

Wah, 'Saudara Jauh' Indonesia ini Punya Bahasa Tersulit di Dunia, Gans! [Top Thread]
http://kask.us/iaFZ9

Benarkah Penduduk Perancis Benci Bahasa Inggris? [HT#9]
http://kask.us/iaB8b

Keseruan yang Dirasakan Jika Seluruh Penduduk Indonesia Berbahasa Jepang [HT#8]
http://kask.us/iayPs

Cara Ampuh Jadikan Bahasa Indonesia Sebagai Bahasa Internasional dalam 25 Tahun [HT#6]
http://kask.us/iaoVX

Mampukah Bahasa Mandarin Menyaingi Bahasa Inggris Sebagai Bahasa Internasional? [HT#7]
http://kask.us/ianLD

Tampilan Thread Jelek Karena Dibuatnya Pake Handphone?! Nggak Ada Alasan, Gans! [HT#5]
http://kask.us/iahOY

Yang Mungkin Terjadi Jika Bahasa Inggris Dijadikan Bahasa Resmi di Indonesia [HT#4]
http://kask.us/iabUo

Masalah yang Dihadapi Dunia Jika Setiap Negara Hanya Berbahasa Indonesia [HT#3]
http://kask.us/h99N0

Hal Sederhana yang Berdampak Luar Biasa pada Hubungan dengan Pasangan [HT#2]
http://kask.us/h97xn

Filosofi Keren dari Hantu Nusantara
http://kask.us/h9XR8

Sit Up Komedi: Lucunya Tuh di Sini, Ngook!
http://kask.us/h93Ct

Wah, Jomblo & Maho Dipaksa Nikah [Top Thread]
http://kask.us/h9ZNo

Ini Untungnya Kalau di Dunia Cuma Ada Bahasa Inggris [HT#1]
http://kask.us/h9Wjk


Quote:Sekian dulu tret ane, gans. Semoga ini bisa menginspirasi agan sista yang lagi berjuang mempelajari berbagai bahasa, baik bahasa daerah maupun bahasa asing.



Sekali lagi, ane ucapin makasih buat agan yang sudah mampir di tret ini dan berkenan meninggalkan jejaknya
Mari kita ngerumpi bahasa lagi, gans!

==============================

Entah kenapa ini komen gokil banged, I love it!

Quote:Original Posted By kyeesoer
I can speak Indonesia and English fluently and I have learning Javanese, Sundanese, and Japanese. Ohh, it makes me confuse and difficult. But, I will try for speak with 5 language. Arigato Gozaimasu, Hatur Nuhun, Matur Nuwun, Thank You, Terima Kasih


==============================

Quote:Original Posted By bujanglapuk.
Seseorang bisa menjadi poliglot jika mereka memiliki working memory yang baik. Working memory membantu seseorang untuk mengingat vocabulary. Itu sebabnya sebagian besar polyglot juga biasanya memiliki eidetic memory

Untuk mengetes working memory, coba lakukan tes disini: http://www.cambridgebrainsciences.co...ey-span-ladder

Sampai berapa angka yang bisa diingat? Ane bisa mengingat sampai 13 angka.


Quote:Original Posted By alvetamra
Wah poliglot ya. Sejak kenal kata itu pertama kali ane udh terkesima sm yg mahir mempraktekannya
O iya Noam Chomsky, seorang ahli bahasa jg pernah bilang kalo ada satu bagian abstrak di otak manusia yg bisa mempelajari bahasa. Chomsky nyebutnya "Language Acquisition Device" (LAD).
Jadi semua org sebenarnya bisa saja belajar banyak bahasa tinggal orangnya sendiri ada motivasi apa enggak
Kalo ada yg tanya bisa banyak bahasa daerah termasuk poliglot apa gak, ya itu termasuk. Soalnya sesuai definisinya gak membeda-bedakan apakah harus bhs asing atau bahasa daerah karena pd dasarnya semua bahasa itu sama.
Beda lagi kalo bisa berbagai dialek sebuah bahasa ataupun tingkatan kebahasaan macam bhs Jawa, soalnya itu diitungnya 1 bahasa


Quote:Original Posted By Djhony.esmod
bibi ane menguasai 5bahasa gan
1 arab
2 inggris
3 india
4 indonesia
yang ke limanya lupa negara mana tepatnya, cuma masih kawasan timur tengah. tapi sama bahasa daerah (sunda) gak tau tu, bisanya cuma denger, pake nya jarang.


Quote:Original Posted By izhoo
haha ane pernah nih gan nemenin temen ane kumpul di poligot jogja, padahal ane disana cuma nemenin malah disuruh gabung dan ditanya bisa bahas apa aja yaudah ane jawab bahasa daerah gan, yaudah pake bahasa daerah diskusinya sambil di terjamahin sama temen ane pake bahasa inggris, iya gan emang keren tu anak poligot, ada yg bisa bahasa tahiland , sepanyol , arab, mandarin, paling luci sih thailand haha

Quote:Original Posted By hidayathusnul
KH. Agus Salim

kl ga salah indonesia, inggris, belanda, prancis, jerman, cina, arab, jepang, turki, minang, jawa, sunda gans



http://m.merdeka.com/peristiwa/kh-ag...ak-bahasa.html

http://m.merdeka.com/peristiwa/4-kis...gum-kagum.html


Quote:Original Posted By asianboy168
Ane Cuma Bisa Bahasa Ini Gan Indonesia,Jawa,Inggris,Mandarin,Hokkien, Itu Aja Udah Pusing Gan Ngapalinnya, Kadang Belepotan..

Indonesia Pernah Ada Ya Gan, Almarhum Gayatri Wailissa....

Quote:Original Posted By kirina
Indonesia juga punya khan gan

Gayatri Wallisa dari Ambon. tapi sayang udah meninggal tahun kemarin
https://id.wikipedia.org/wiki/Gayatri_Wailissa
Pernah diundang di kick Andy

Quote:Original Posted By pikcuy
Kakaknya R. A. Kartini juga polyglot bos!!!
http://news.detik.com/berita/2198645...tama-indonesia

"RMP Sosrokartono ini menguasai 26 bahasa asing dan 10 bahasa daerah Indonesia. Sosrokartono, yang kelahiran 10 April 1877 itu memang dikenal cerdas. Sebagai anak bangsawan yang juga Bupati Jepara RM Adipati Ario Sosroningrat, Sosrokartono mengenyam pendidikan setara orang-orang Belanda yang ada di Indonesia saat itu"



Quote:Original Posted By sasrabirawa
yang gw tahu Pak Habibie dan Ibu Ainun juga Poliglot.. Pak Habibie sedikitnya bisa berbahasa Indonesia, Jerman, Prancis dan Inggris, begitu juga Ibu Ainun, Beliau bisa berbahasa Indonesia, Inggris, Jerman dan Arab

Kalau tokoh Indonesia jaman dulu kebanyakan emang Poliglot. Bung Karno, Bung Hatta dan Bung Sjahrir minimal bisa empat bahasa, Konon KH Agus Salim malah bisa 9 bahasa asing dan beberapa bahasa daerah

Ane sendiri cuman bisa bahasa Indonesia, Inggris, Bahasa Jawa dan sedikit Bahasa Sunda.. (termasuk Poliglot gak ya....??? )

BTW ada satu blogger dan petualang ndonesia yang juga jagoan banyak bahasa berkat hobinya keliling dunia, namanya Agustinus Wibowo, konon dia menguasai bahasa bahasa yang aneh kayak Bahasa Tamil, Urdu, Farsi, Rusia, Tajik, Kirghiz, Uzbek, Hindi, Arab, Armenia, dan Georgia, selain itu dia juga jago Bahasa Inggris dan Mandarin. Dalam petualangannya, dia pernah dituduh teroris gara gara bicara pake Bahasa Urdu di wilayah Afghanistan (Urdu adalah bahasa nasional di Pakistan, sementara Afhganistan sering berselisih dengan Pakistan)

Gw masih nyari apakah ada orang yang bisa berbahasa Aramaic di dunia ini (Aramaic adalah bahasa Palestina kuno, jaman Nabi Isa masih hidup)
Mejeng pejwan dulu gan

Jgnkan jd poliglot gan,bahasa indonesia aja masih balelol ane mah you know "balelol" gan?
Kalo bisa 5 bahasa daerah poliglot ga?
infonya keren gan...
nambah wawasan nih..
nnti ane baca lanjutannya



Salam Compreng
Ane kebetulan lagi coba" belajar bahasa baru secara otodidak nih gan
doain berhasil
Diluar rats rata bawah ane maho laknat
Keren bgt gan.. ane bhs jepun aja gk lancar2.

Btw atas ane pecinta pria
mejeng dulu di trit agan yg slalu bahas bahasa
thanks atas inponya gan.
Ane aj mau lancarin b. Inggris blm kesampean gan
Bahasa inggris aja masih belum lancar
buset itu sampe 58 bahasa

ane aja belajar bahasa inggris ga fasih fasih
ane bhasa linggis aje remidi terus gan
otak ane mah udah BAD SECTOR gans,

cuman bahasa endonesia :akucintaindonesia
widih
nambah pengetahuan.thanks gan
ane poliglot gan sejak kecil
Kalo bisa naik sepeda disebut poligon ya gan
Super kali orang2nya gan...gile bener bisa ngucapin ampe 200 bahasa.......ane aja bahasa inggris gak bisa2 juga gan...
Quote:Original Posted By mutenroshi23
mejeng dulu di trit agan yg slalu bahas bahasa


Dan komen nte begini mulu di tret bahasa
Via: Kaskus.co.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar