Pages


Sabtu, 30 Januari 2016

Berbagi Pengalaman Lewati Medan Ekstrem Untuk Sampai Gunung Tambora, Cekidot!




Setiap agan tentunya punya keinginan atau mimpi untuk berpetualang, bahkan mungkin kalo bisa tiap hari malahan bisa nikmati berpetualang taklukan alam yang terjal sekalipun . Bagi agan pecinta alam Indonesia merupakan negara kepuluan yang menyimpan sederet lokasi yang patut agan coba untuk taklukan. Salah satunya adalah Gunung Tambora, yang lewat kesempatan kali ini ane bakalan berbagi tentang pengalaman menempuh perjalanan demi menaklukan medan Gunung Tambora dalam waktu 12 jam. Siapa atau agan sendiri juga kepikiran kepingin untuk ngiderin lokai lain di Indonesia yang punya alam ekstrem dan patut agan jelajahi .

Kenapa Harus Gunung Tambora, Gan?


Gunung Tambora yang berlokasi di daerah Dompu, Nusa Tenggara Barat menjadi lokasi yang patut untuk dicoba karena memang memiliki berbagai kondisi rute jalanan yang ekstrem dan menantang banget untuk ditaklukan, Gan. Gunung Tambora ini biasanya emang jadi lokasi favorit bagi para agan yang demen banget sama motor trail off road, tapi meskipun begitu kali ini ane dan rombongan mencoba dengan cara yang beda, ane dan rombongan mencoba untuk patahkan medan yang ada di Gunung Tambora dengan menggunakan Navara yang bertransmisi otomatis, kendaraan double cabin 4WD yang bakal nemenin ane untuk menjelajah Gunung Tambora yang konon katanya emang kondisi alamnya ekstrem banget. Dari pada agan pada penasaran, mendingan simak deh cerita serunya di bawah ini gan :

Quote:Kenali Medan Sebelum Meluncur Ke TKP, Gan!


Mungkin ini gak cuma untuk gunung tambora deh gan, setiap agan bakal ngelakoni petualangan alangkah lebih baiknya agan bisa mengenali dulu karakter dari tempat tujuan. Gunung Tambora merupakan gunung berapi yang pernah meletus 200 tahun lalu, letusannya sangat dahsyat, dikatakan 1.000 kali lebih kuat dari "kemarahan” Gunung Merapi. Kondisi alam menuju puncak sangat menantang, sudut pendakian sampai 45 derajat dengan kontur jalan berbatu dan tanah berpasir. Dan yang lebih ekstrem lagi karena perjalanan ditempuh di musim Hujan saat tanah melunak dan menjadikannya lebih sulit dipijak.

Quote:Nggak Cuma Kendaraan, Makanan Juga Wajib Disiapin, Gan!


Selain urusan kendaraan juga kudu yang bisa binti mampu melalap semua medan, bekal makanan dan bahan bakar juga wajib jadi hal yang wajib agan check list sebelum menempuh perjalanan untuk bisa kalahkan medan Gunung Tambora. Lumayan tuh gan buat bekal makan ketika sedang istirahat , dan jangan lupa juga untuk siapkan mental dan fisik biar gak cepet capek .

Quote:Jalan Berbatu dan Licin Jadi Ujian Pertamax, Gan!

Memulai perjalanan menuju Gunung Tambora dari Kota Mataram menuju Kota Dompu di Pulau Sumbawa. Meluncur dari desa Doropeti di kaki Gunung Tambora, kendaraan diuji ketangguhannya dengan harus melalui berbagai medan yang menantang, seperti jalan yang berbatu dan licin saat menuju Pos yang ke-2, yang menjadi salah satu rintangan tersulit untuk dilewati dan wajib agan perhatikan.


Berkat teknologi Hill Descent Control, sehingga bisa melalui turunan, jalan bergelombang dan juga jalanan berbatu yang licin dan sulit untuk dilalui. Nggak cuma itu aja sih gan, Hill Start Assist juga membantu kendaraan yang kita pake sehingga nggak merosot meskipun agan berada di tanjakan selama tiga detik, menjadi teknologi yang sangat berguna saat menyusuri lereng Tambora yang curam. Hingga akhirnya kami sampai di Pos 2 .


Quote:Terpaksa Buka Jalan Baru, Karena Jalur Biasa Ketutup Longsor, Gan!


Setelah melewati Pos 2 dan berhasil melahap rintangan sebelumnya, agan bakal disuguhi dengan pemandangan hutan tropis digantikan dengan pemandangan stepa, berupa padang rumput yang sangat luas dengan kondisi jalanan yang cenderung berpasir.


Dikarenakan jalanan kendaraan yang biasa dilewati ama kendaraan off road rusak, tertutup oleh longsor dan berlubang akibat aliran air hujan yang cukup deras dari Gunung Tambora. Hingga akhirnya jalan baru pun dibuat, untungnya kendaraan yang kita pake punya fungsi Traction Control System dan Active Brake Limited Slip yang berduet bekerja sama mencegah roda penggerak kehilangan cengkeraman di permukaan jalan yang berpasir, dan ini terbukti kehandalannya sehingga akhirnya ini terlewati gan .


Quote:Tikungan Tajam dan Jalan Berliku Jadi Next Tantangan Wajib di Patahkan, Gan!


Yang nggak kalah menantang adalah tipe jalanan yang selanjutnya dilewati gan, jalanan yang berliku-liku dan tikungan yang tajam wajib dibabat untuk bisa sampai ke puncak Gunung Tambora. Berkat fitur Vehicle Dynamic Control pada kendaraan yang kita pake dan mampu bekerja menjaga kestabilan kendaraan saat bermanuver, dan gerak 4LO (low gear), tenaga 190 PS, dan torsi 450 Nm, bikin mudah membawa sampai ke titik tertinggi dan ngelewati rintangan.

Setelah menempuh perjalanan pendakian selama 12 jam sejak dari Doropeti, dengan tetap berkendara Navara yang bertransmisi otomatis menerjang dan berhasil mengatasi semua rintangan alam Tambora yang ekstrem dan mengantarkan kami bisa menghirup udara segar di puncak Gunung Tambora.



Itulah dia pengalaman yang bisa ane bagikan untuk seluruh kaskuser, melakukan perjalanan beda dengan biasanya yaitu berkendara mobil 4WD taklukan Gunung Tambora yang pada akhirnya bisa menerjang, melahap habis dan berbaur dengan alam tambora yang ekstrem.
Yang penasaran bisa cekidot dokumentasi ane neh, Gan di bawah ini:
Spoiler for Cek Gan!:

Agan Tertarik ngelakuin petualangan seperti ane? atau mungkin agan pernah ngelakuin petualangan di lokasi yang lain, boleh dong gan share di mari sehingga bisa menginspirasi agan-agan yang lain untuk melakukan petualangan.
Di tunggu Sharingnya, Gan..


Sumber Thread :
Pengalaman Pribadi TS

nmantaf sharenya


jepretannya mantaf di tambah pengalaman ynag menantang
keren gan adventure nya
Wuih mantap ini... Itu mobilnya Navara ya gan ?
Njir lo keren bingit gan .
Tambora gila .

Edit : ternyata HT., serasa promosi mobil
ini ya yg namanya mai lep mai edpentur itu...
wah bener2 kudu siapin fisik yang kuat ya
seru banget tuh
gua kira mendaki tambora ampe puncak gitu bro, ternyata pake mubil
keren gan, mau dong di ajak ke puncak tambora
bukan promo mobilkah ini?
wuih apa tu,nissan xtrail?
Jalannya ngeri
Seru gan , btw mobilnya kaya masih baru
Jangan lupa sampah di bawa turun lagi ya.
kuat mendaki yak... mobilnya....
Manteb banget lu bre.
Menantang bgt biar bisa adventure di alam kayak lo bre.
greget ya kayaknye, ane baru pernah gunung slamet doang itu pun udah lumayan lama
ke tambora dari cikarang naek angkot apaan gan?

edit:
mangtabbbb... ane ngegaya dulu pejwan di thread HT
itu tinggi brpa mdpl gan? viewnya keren benerr
Via: Kaskus.co.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar