Pages


Jumat, 29 Januari 2016

Enggak Bisa Buat, NASA Panggil Orang Indonesia Gan!

Kabar membanggakan lagi-lagi datang menghampiri Indonesia. Kini nama Indonesia kembali terangkat setelah 2 anak bangsanya dari daerah Toba Samosir, Sumatra Utara, dipanggil oleh Nasa untuk melanjutkan penelitiannya yang telah dia lakukan sebelumnya di Sekolahnya. Lagi-lagi ane bangga sama negeri ini, banyak banget hal-hal yang bisa membuat negara kita enggak dipandang sebelah mata sama negara lain




Quote:Dua orang siswa dari SMA Unggul DEL di Labugoti, Kabupaten Toba Samosir (Tobasa), Sumatra Utara, Gilbert Nadapdap dan Gomos Parulian Manulu tak menyangka bakal berangkat ke Amerika Serikat (AS). Berangkatnya mereka ke Amerika Serikat bukan hanya sekedar untuk berjalan-jalan semata tetapi diundang oleh lembaga antariksa Amerika Serikat, National Aeronautics And Space Administration (NASA) ke markasnya yang terletak di daerah San Jose, Amerika Serikat. Dengan didampingi oleh dua gurunya, Elin Bawekes dan Arini Desianti Parawi, pada 24 Januari 2016 lalu, mereka akan menguji hasil penelitiannya. Mereka selama ini meneliti tentang micro-aerobic fermentation with micro gravity. Hasil peneliatian ini lah yang nantinya akan diuji oleh NASA.

Ini dia gan siswa yang berangkat ke NASA


Ini adalah pertama kalinya murid yang belajar di salah satu kabupaten di kasawan Danau Toba berhasil melewati seleksi yang dilakukan oleh NASA tersebut, Kepala SMA DEL di Laguboti, Toba Samosir, Alfred H Silalahi mengatakan, dua muridnya tersebut merupakan siswa terbaik mereka.

Karena pada umumnya siswa yang belajar di DEL merupakan anak-anak terbaik yang sudah diseleksi lewat sejumlah tahapan. Alfred memaparkan, Gilbert Nadapdap adalah siswa asal Pematang Siantar sementara Parulian Manalu merupakan siswa asal Tebing Tinggi. Kedua siswa yang sudah diberangkatkan ke NASA tersebut merupakan murid yang memiliki keistimewaan dalam berbagai hal. Bahkan unggul untuk beberapa bidang studi termasuk Kimia, Fisika, Bilogi, Bahasa Inggris dan Matematika. Keduanya dibawa ke NASA karena memang merekalah yang ikut terlibat bersama dua guru yang saat ini mendampinginya ke negeri Paman Sam tersebut.

"Awalnya penelitian ini kan mengirimkan dua orang guru kita untuk belajar di NASA. Setelah pulang, mereka mengaplikasikan pengetahuan mereka di DEL dan mengajarkan kepada siswa-siswa kita. Dua siswa ini yang memang menemani mereka berproses," ujarnya. Alfred Silalahi menambahkan bahwa dua siswa dan dua guru ini telah melakukan berbagai uji coba di sekolah. Bahkan, mereka sudah menghabiskan waktu dan tenaga untuk pencapaian yang membanggakan saat ini. Dia ikut berharap keberangkatan siswanya ke AS bisa menjadi inspirasi bagi pengembangan dunia pendidikan di nusantara.

Berangkatnya kedua siswa ini ke Amerika Serikat juga ikut membuat bangga kepala dinas pendidikan Kabupaten Tobasa, Lalo Hartono Simanjuntak. Ia mengatakan, "Kita sangat bangga, sekolah di kabupaten kita berhasil mendidik anak hingga bisa terbang ke AS dan ini harus didukung dengan berbagai cara.

Bukan hanya itu, Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan, Luhut ikut mengutarakan rasa bangganya serta terus mendukung dan mendoakan kedua siswa yang telah diberangkatkan untuk mengikuti uji coba NASA ini. “Saya bangga melihat anak-anak didik saya dari kampung Sitoluama-Sumut ini mampu melewati proses seleksi yang dilakukan oleh NASA, hingga sekarang mereka berhasil masuk pada tahapan terakhir tes di NASA,” tulis Luhut Pandjaitan di laman Facebooknya.

Menurut Luhut, tes terakhir ini akan menentukan apakah micro lab mereka yang meneliti tentang “micro-aerobic fermentation in space with micro gravity” layak diterbangkan ke stasiun ruang angkasa milik NASA tahun ini.

“Sebelum mereka bertolak ke Amerika, saya berpesan kepada mereka bahwa selama di San Jose, mereka bukan hanya mewakili SMA Unggul Del tapi juga mewakili seluruh anak-anak SMA di Indonesia,” tambah Luhut.

“Kepada Gilbert Nadapdap, Gomos Parulian Manalu serta kepada Ibu guru Elin Bawekes dan Arini Desianti Parawi, saya ucapkan selamat bekerja dan selamat berjuang. Tunjukkan bahwa orang dari kampung juga bisa tampil di kelas dunia!,” tandas Luhut.


Di bawah ini juga ada beberapa foto mengenai Anak SMA yang berangkat ke NASA ini..

Spoiler for :

Dua siswa SMA Unggul Del Toba Samosir diuji oleh para peneliti NASA melalui teleconference. Foto Facebook Luhut Pandjaitan


Spoiler for :

Dua siswa SMA Unggul Toba Samosir menciptakan sistem IT untuk dapat mengendalikan proses fermentasi di luar angkasa. FOTO: Facebook Luhut Binsar Pandjaitan.


Spoiler for :

Tabung kecil ini akan diisi dengan ragi yang akan diterbangkan ke luar angkasa.


Spoiler for :

Tabung kecil ini akan diisi dengan ragi yang akan diterbangkan ke luar angkasa. Foto Facebook Luhut Pandjaitan.


Wahh makin canggih aja ya anak Indonesia jaman sekarang. Dulu pas ane SMA aja cuma bisa main . Makin bangga ane jadi orang Indonesia dan makin banyak masyarakat Indonesia yang bisa membuat barang-barang yang bisa berguna demi kemajuan Indonesia dan dunia

Sumur
Sumur 2
Sumur dari Koran SINDO 28 Januari 2016
kita tunggu konfirmasi yang sebenarnya dulu

baru seleksi gak usah gembar gembor dulu , yang ngikut banyak
bentar lagi imlek ...... awas kaum laen yang mau menyerupai kaum yang merayakan imlek........ dosa loh jdi jgn minta angpao ya hehehehhe
calon HT
Dari namanya sepertinya 2 siswa ini tapir
Jadi gak bisa diklaim sama kaum anu



Sudah terbukti tapir2 itu selalu berprestasi



Kalo yg lain jago ledakin bom doang

beeuuuhhh

buset deh... micro aerobic fermentation... ujung ujungnya ke sono nih...

BTW
ntar lanjut studi di sana sampe s3 biar masa dpn cerah...
bakal HT nih!
fermentasi di gravitasi rendah?

maksudnya mau buat pabrik tempe di ruang angkasa?

ya bagus juga sih... siapa tau berhasil, bisa kenyang tuh astronot makan tempe...

(kalo di BP gak sara dikit terasa kurang afdol): Itu Orang Indonesia yang diundang NASA dari agama apa tuh?
sangar...
masih SMA mainannya udah NASA cuy..
lulus SMA, ITB UI UGM skip aja
Keren!

Dan aplikasi riset nya memang berguna sekali utk misi luar angkasa

Salut!


gile
bocah2 "sadis" :
mungkin mereka mau bikin tempe atau tape di luar angkasa
ikut bangga

apa nasa gak tertarik sama "lengan mekanik" nya pak tawan jg nih?
Gilee ragi akan dibawa ke luar angkasa
Bikin tape bisa dong
seleksi yang dilakukan oleh NASA

bisa lebih dijelasin ga?

Ntar udh rame bangga2in indo
Ujung2nya seleksinya cm diadain di indo doang
Quote:Original Posted By nonanyonyo
ikut bangga

apa nasa gak tertarik sama "lengan mekanik" nya pak tawan jg nih?


Mungkin blom kedengar sama marvel
mantab juga nih liat aja kalo udah fix
Mantap betul nih anak

Gembok dulu di trit calon HT
Via: Kaskus.co.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar