Pages


Minggu, 31 Januari 2016

Game - Game Ini Bisa Mengetest Seberapa Jauh Moral Kamu

Spoiler for HT ane yang ke #5:
Thanks buat momod dan mimin yang membuat trid sederhana ane ini menjadi HT




Kehidupan, sebagaimana kita ketahui, selalu bermuara terhadap pilihan- pilihan yang kita buat dalam hidup kita, hal inilah yang membuat beberapa developer games mencoba menciptakan game dengan "moral system"

Dalam dua generasi terakhir dari perkembangan sistem game, masuknya "moral system" yang mempengaruhi plot dan karakter telah menjadi fitur yang menonjol di banyak judul game. Versi sederhana dari fitur gameplay ini menawarkan ending yang berbeda tergantung pada sang player sendiri apakah mereka ingin menjadi orang baik atau orang jahat di dalam game.Developer menggunakan game mereka untuk menguji etika pemain dengan beberapa keputusan yang benar-benar sulit yang tampaknya dibangun semata-mata untuk membuat kamu merasa bersalah tentang pilihan kamu.

Berikut ini adalah beberapa game yang dapat mengetest sejauh mana moral kamu dan ane akan menghindari mengungkap secara gamblang cerita dalam game-game berikut, karena game-game ini akan terasa efeknya jika kamu sendiri yang memainkannya :




Quote:1. This War Of Mine ( 11 Bit Studios )


Ketika banyak developer game berlomba-lomba untuk membuat game perang yang keren dan menyenangkan untuk dimainkan, 11 bit studios, developer game ini justru membuat sesuatu yang berbeda, mereka mencoba membuat game yang menceritakan sudut pandang lain dalam perang.

Dalam game ini, Kamu bukannlah seorang prajurit yang ahli dalam medan perang, maupun seorang ahli strategi yang memimpin sebuah perang, tapi kamu hanyalah seorang penduduk sipil biasa yang harus bertahan hidup di tengah-tengah kerusuhan perang yang sedang berlangsung. Jangan harap kamu akan mendapatkan pengalaman yang menyenangkan dalam game ini, malah justru sebaliknya.

Semua orang tahu apa itu perang, seperti yang pernah kita lihat di buku sejarah, TV, atau film. Tapi yang kita baca dan tonton itu hanyalah
sebagian kecil dari apa itu perang. Saya yakin Perang yang kita tahu hanyalah sebatas kekuatan tentara atau berdasarkan sudut pandang pahlawan nasional, bagaimana cara mereka untuk menang, bagaimana taktik mereka untuk mencapai kemenangan, atau segala sesuatu yang membuat mereka menjadi dikenal dan diingat.Tapi pernahkan kamu melihat perang dari sudut pandang penduduk sipil yang
terjebak dalam perang? bagaimana mereka makan? bagaimana mereka tidur? bagaimana mereka berkomunikasi satu dengan yang lainnya, ketika perang sedang berlangsung di negara mereka.Game ini akan memberikan kamu pengalaman untuk merasakan bagaimana rasanya
menjadi salah satu dari mereka. Disini kamu harus mencari sumber daya untuk membangun tempat perlindungan, mencari bahan makanan dari tempat sampah, mencuri dari orang yang tak berdaya, mencuri obat-obatan dari rumah sakit yang juga merawat korban perang, bahkan hingga membunuh hanya demi mendapatkan bahan makanan yang tidak seberapa, semua itu dilakukan hanya untuk bertahan hidup dari perang yang sedang berlangsung.


Jadi, jika kamu kehabisan stok makanan atau obat, apakah kamu bisa dengan gampang mencuri atau membunuh orang lain yang tidak bersalah? apakah kamu tega mencuri dari rumah seorang kakek dan nenek yang sakit-sakitan? apakah kamu tega membunuh keluarga yang juga korban perang hanya untuk mencuri stok makanan mereka? Ketika ada seorang anak yang mengetuk pintu rumahmu dan meminta sedikit makanan dan obat untuk ibu mereka yang sakit, apakah kamu rela memberikannya dimana stok kamu juga sangat-sangat terbatas sekali. Jawabannya hanya sang player sendirilah yang bisa menentukannya. This War of Mine benar-benar pandai mempermainkan perasaan pemainnya, membuat pemainnya benar-benar merasa dilema dan bersalah, ditambah dengan alunan background music yang bagus, membuat kita seolah-olah benar-benar merasakan penderitaan para korban perang ini.









2. The Walking Dead Season 1 dan 2 (telltale game)


Game ini adalah game spin-off dari universe komik the walking dead karya Robert Kirkman. Game ini berada di dunia yang sama juga dengan TV seri nya tetapi menceritakan tentang karakter lain yang berbeda, bahkan bisa saya bilang cerita dalam game ini lebih kuat dan bagus dibanding cerita dalam TV seri ataupun komiknya.The Walking Dead sendiri adalah sebuah game interaktif atau "choice matter" yang artinya pilihan-pilihan yang kita pilih dalam game ini akan mempunyai dampak yang berbeda dan akan mempunyai konsekuensinya sendiri-sendiri, dan bahkan game ini dapat membuat dampak emosional yang kuat terhadap pemainnya. Saya harus bilang bahwa Telltale betul - betul membuktikan kepiawaian mereka dalam menyajikan sebuah cerita emosional dan brutal tentang bertahan hidup, pendewasaan, dan hubungan antara sesama manusia.

Jika kalian mencari game zombie yang dapat kalian bunuh secara brutal dan membabi buta, berarti kalian telah salah game, karena zombie dalam game ini jauh lebih bertekad untuk menguji moral kamu. Kenapa? karena pilihan-pilihan dalam game ini TIDAK ADA PILIHAN YANG BENAR ATAU SALAH, contohnya adalah ketika ayah, ibu, dan temanmu terjebak dalam kepungan zombie dan kamu hanya bisa menyelamatkan satu orang, maka siapakah yang akan kamu selamatkan? yang satu selamat sementara yang lainnya mati. Ya itu adalah
kira-kira gambaran kecil pilihan dalam game ini, banyak pilihan-pilihan moral sukar lainnya yang akan kalian temui ketika memainkan game ini.

Dalam season 2 game ini, tokoh utamanya adalah seorang anak kecil bernama clementine yang merupakan salah satu survivor dalam season 1 nya, coba bayangkan kita bermain dengan sudut pandang anak kecil dalam "zombie apocalypse" sungguh sangat miris, apalagi ditambah dengan banyaknya pilihan yang susah yang akan mengetest moral kamu.



Sebuah sekolah di Norwegia bahkan pernah menggunakan game ini untuk mengajarkan dilema moral dan etika, berikut link youtubenya dan jangan lupa untuk mengaktifkan anotasi/subtitle karena video youtube ini memakai bahasa norway



artikelnya: Sekolah di Norwegia menggunakan game The Walking Dead untuk mengajarkan moral dan etika


Spoiler for testimoni kaskuser:
Quote:Original Posted By premium.choco
Ane awalnya ragu main TWD pas awal2 rilis di setim, tapi berhubung kata tmn ane seru jadi ane coba beli tuh game, awal2 main sih nyesel sempet kepikiran "dih rugi dah beli game mahal2 ternyata kayak beginian" meski gitu juga tetep ane mainin karna udah terlanjur beli masa didiemin aja, akhirnya ane pun mulai suka bahkan ketagihan sama ntu game

dan agan mau tau gimana reaksi ane setelah namatin kedua series nya?
Ane nangis gan
bukan cuma moral aja, emosi sama mental kita juga di uji di game itu
pokoknya recommended dah






3. Fallout Series (Bethesda)


Pernahkah kamu membayangkan seperti apa dunia setelah perang nuklir? apa yang akan terjadi dan kehidupan seperti apa yang akan dihadapi manusia-manusia yang selamat? dalam game fallout ini kamu akan merasakan bagaimana dunia setelah perang nuklir, dimana sangat sulit untuk mencari tempat tinggal yang bebas radiasi selain dari tempat perlindungan bawah tanah atau dalam game ini disebut "vault" . Mereka yang beruntung dapat tinggal di dalam vault, sedangkan sisanya harus bertahan hidup dari ganasnya kehidupan di "wasteland.

Game Fallout ini mengambil pendekatan yang lebih bernuansa moralitas atau karma, tergantung pada bagaimana kamu bertindak di dunia ini, siapa yang kamu bunuh atau siapa yang kamu selamatkan, bagaimana kamu memperlakukan karakter lain/NPC, dan apa pilihan yang kamu buat dalam plot game itu sendiri.

War, war never change:



Live action trailer:








4. Spec Ops: The Line ( Yeger Development , 2k games)


Dalam game, film, dan media lainnya kita telah melihat berbagai macam tipe pahlawan. Tidak peduli asal mereka, kebiasaan, atau kelemahan mereka, dalam banyak kasus mereka berhasil mengatasi rintangan dan pada akhirnya berhasil mencegah bencana. Terkadang Pahlawan harus mengabaikan rencana yang telah ditata dengan baik bahkan hingga menentang perintah yang diberikan oleh atasan untuk "melakukan apa yang dianggapnya benar" dan pada akhirnya dapat menghindari bencana yang akan terjadi. Bahkan dalam kasus-kasus di mana mereka gagal melakukannya, mereka tetap berjuang berusaha sekuat tenaga, dan mengambil hikmah pelajaran akan kegagalan mereka agar sukses dalam misi heroik yang selanjutnya. Kadang-kadang kita memerlukan seorang sosok pahlawan; seseorang yang akan maju dan melakukan
apa yang perlu dilakukan. Namun, ada waktu dan tempat untuk segalanya, dan itu berlaku untuk pahlawan juga.

Tidak setiap situasi membutuhkan seorang pahlawan. Beberapa situasi perlu ditata dengan rencana yang baik, kerja sama tim, dan semua orang harus melakukan bagian mereka. Adanya rantai komando karena alasan itu, dan kebanyakan pahlawan tidak masuk ke dalam rantai itu. Seseorang yang mencoba untuk menjadi pahlawan di mana tidak ada yang diperlukan, dapat menyebabkan kekacauan daripada kedamaian. Game Spec Ops: The Line ini mengeksplorasi konsep itu.

Spec Ops: The Line bukan game "third person shooter" biasa. Game ini bersetting di dubai yang saat itu sedang terkena badai debu, di mana
Kolonel Angkatan Darat AS telah hilang setelah misi penyelamatan. Game ini memposisikan kamu sebagai salah satu dari 3 orang delta force yang menyadari bahwa misi penyelamatan mereka tidak seperti apa yang mereka harapkan. Game ini akan menguji rasa moralitas kamu seperti apa yang akan kamu pilih, apakah kamu akan memilih untuk mengeksekusi para tentara AS yang berpikir kamu adalah musuh mereka atau tidak. Game ini akan memaksa pemain untuk bertahan dari rentetan peristiwa psikologis yang akan membuat kamu mempertanyakan apakah keputusan yang kamu pilih itu benar atau tidak. Game Spec Ops: The Line ini akan meninggalkan kesan yang kuat pada kamu.




Spoiler for testimoni kaskuser:
Quote:Original Posted By nekokatsu
dari beberapa game di atas. yg paling ngefek ama morality choice gue cuman spec ops.
gue kira bakal seperti shooter2 biasa, Man. Apalagi di bagian dimana lu mesti ngegunain mortar pospor putih itu ke musuh yang ternyata, ampun gue mah. One of the best game pokoknya dah. for me its better than the last of us. just try it..






Maaf ane hanya bisa memberikan 4 game ini untuk disajikan di kaskus, karena hanya 4 game ini yang pernah ane mainkan, tamatkan dan yang mempunyai dampak kesan moral yang sangat kuat bagi ane. Tapi jika ada kaskuser yang ingin menambahkan, silahkan saja nanti ane pajang di pejwan, dan jangan lupa beserta reviewnya ya.


Spoiler for sumber:
dari berbagai sumber ane lupa karena banyak, ane hanya ngambil 1-2 kalimat saja trus ane terjemahin dan tambahin kata-kata sendiri berdasarkan pengalaman ane bermain game-game di atas.


Quote:GAN, ANE MAU NGASIH GIVEAWAY 1 COPY GAME PC ORIGINAL BUAT KASKUSER YANG BERUNTUNG


Ane mau ngasih Giveaway 1 copy digital game PC original versi steam Deadly Premonition: The Director's Cut , ini salah satu game favorit ane :




bakal ane kasih ke komentar terbaik di trid ini syaratnya komentar ente harus ada hubungannya dengan trid ini dan minimal harus 5 baris ya, jadi jangan asal ngejunk, batas waktu sampai 1 minggu setelah trid ini dibuat




Spoiler for Komen kaskuser yang masuk kontes Giveaway:
Quote:Original Posted By hodor.hodor
Ane bukan gamers karna di rumah emang ngga ada konsol. Tapi ane seneng sih ngeliat gamers yutub pas mainin game game kaya Fallout, Watch Dogs, dll. Pada keren keren developer bikin game skrg ngga cuman searah aja tapi sesuai gimana player milih jalan. Jelas sedikit banyak ngubah moral seseorang karna apa yg kita lakuin kadang mencerminkan gmn kita di real life.
Mantep deh kalo developer suka bikin game kaya gini, biar keubah mindset kolot orang yg blg main game cuman abisin waktu.
Btw This War Of Mine keren bener gan baru tau ane


Quote:Original Posted By aguskeisya
ane pikir game-game ini memang bisa sebagai sarana untuk mengetes moral kita gan, tapi kalo sejak awal kita tahu ini hanya sebuah game, maindset yg mungkin tertanam dikita adalah, 'mumpung ini hanya game, gue ingin jadi sosok yang mampu melakukan hal-hal yang nggak mungkin gue lakuin didunia nyata, karena resikonya besar, seperti membunuh, menyiksa bahkan sampai melakukan hal-hal yg diluar nalar yg selama ini hanya jadi sekedar angan-angan gue', jadi menurut ane, maaf2 ni gan, hal ini tergantung dari gamernya sendiri, artinya apakah dia memang benar-benar mau menggunakan game ini sebagai sarana menguji moralnya, atau hanya sebagai pelampiasan terhadap hal2 yang nggak mungkin dia laku'in didunia nyata. jadi padanya intinya, menurut ane game ini hanya fasilitas saja, dan selanjutnya tergantung dari gamer sendiri, apakah mau menggunakan fasilitas tersebut atau tidak. namun ini hanya pendapat ane aja gan, lagian ane juga belum nyoba gamenya semua tapi jempol buat pembuatnya, jika memang tujuan awal pembuatan gamenya untuk itu ( menguji moral gamer ).


Quote:Original Posted By megumaremashita
Kalo ane baru nyobain yang Walking Dead sama Fallout gan. Sekedar review dari ane nih gan, kalo untuk Walking Dead, ane malah ga pengen bilang kalo itu adalah sebuah game gan, kenapa
Game ini fitur ga terlalu "Wah" gan, dan emang powernya dari segi storyline yang cukup intense dan bikin kita terpaku. Masalahnya game ini kalo ane bilang cukup 'keterlaluan' dalam hal memainkan emosi player. Terlalu banyak kita disuruh memilih gan, mungkin kalo awal-awal kita jadi ragu-ragu mau milih option mana, tapi kelamaan karena dicekokin yang begituan kita jadi 'terserah dah' gan. Ane kesini-sini mulai jenuh dan jadi asal pilih aja makanya ane ga mau nyebut game karena unsur hiburannya kurang, malahan bikin stres

Nah kalo Fallout sih menurut ane unsur 'fun' nya lebih dapet, ciri khas Bethesda deh gan yang open world, free choice dan great graphic. Ane juga mainin produk lainnya gan semisal Elder scroll V skyrim, itu juga kita disuruh memilih gan, mulai dari sengketa antar manusia, negara sampe dewa. Overall sih game buatan Bethesda memuaskan menurut ane


Quote:Original Posted By valentin03
Semua game yang TS sebutkan di atas sudah ane coba semua , ane yakin pasti kaskusker yang baca thread ini sebagian besar mempunyai hobi yang sama. Namun perlu diingat indentitas game sendiri Itu adalah sebagai sarana hiburan, jangan jadikan game sebagai sarana kecanduan, masih banyak impian yang perlu dicapai.

"I wasting in game for professional , not for nothing" Kutipan dari sumail .

FYI : Specs Ops The Line lagi discount di Steam


Quote:Original Posted By Sendashano
kadang kalo maen game yg kaya gitu bikin galau berat terus kepikiran gan , jangan lupakan game dying light yg hampir sama sistemnya kaya fallout, disitu ente bisa kasih pengemis bukan duit ato makanan, tp peluru buat bertahan hidup :sad

twd yg pertama juga apalagi pas leenya mati sama yg mau ngmg kalo tangan nya yg digigit itu :sad

kadang2 moral manusia aslinya bisa keliatan gan dari game doang, dari cara kita main dan berprilaku aslinya keluar dari game, kaya main gta aja, ada yg sradak sruduk ada yg maennya kalem2 aja kek didunia nyata, kalo yg perna maen gta 5 ori pc pasti perna pas tamatnya keluar hasil transkrip kondisi mental kita dari cara maen ane inget bgt kalo game itu bilang ane aga sociopath ane yakin pasti banyak gada yg sadar akan hal tersebut wkwk


Quote:Original Posted By saintadjie
emang sih gan semua game di atas emang banyak plot twistnya di dalem
misalnya game walking dead. agan bisa milih mau ngebunuh temen agan atau nyelametinnya
apalagi pas bagian tangan kita kegigit tuh zombie, pilih ngasih tau ke yang lain atau ngumpetin
dan adegan-adegannya emang khusus mature..
tapi disitu kita diwajibkan mengambil keputusan, meskipun kedua2nya berat...

di game spec ops dan this war of mine juga sama gan,
disitu hati nurani agan dipake juga, mau berbuat baik atau berbuat jahat
meskipun di dalam game. kadang butuh berpikir lama sekitar 1 menit hehe






jangan lupa di rate ya gan kalo mau ngasih ijo-ijo juga boleh kok

jangan lupa juga untuk ninggalin komeng ya gan

GTA gan. Lampu merah gak boleh nerobos walau sedang dikejar misi. Nah loh

+
Btw ane pertamax
udah ga pernah main game gan
paling sering sih game facebook doang
Ane blom pernah maenin semua game itu gan
ane maen TWD gan..agak2 susah gitu
Pengen bgt maen fallout
Gak suka ngegame. Belom pernah mainin semua
Ane ndka pernah main game ntuan kurang suka am perang2an sukanya yang bacok2an ............udah ntu aja ...........
game Clash of clan(coc) gan ngajarin tuk sabar dlm membangun rumah,krn bangun sebuah rumah butuh uang kan Utk mendirikannya..
aku ga pernah main game kecuali zaman gimbot dulu
life is strange kagak dimasukin tuh bray?? ending nya ituloh
Quote:Original Posted By ciikidot
GTA gan. Lampu merah gak boleh nerobos walau sedang dikejar misi. Nah loh

+
Btw ane pertamax

kaykanya mustahil gan
Quote:Original Posted By m00n2718
kaykanya mustahil gan



Sama gak boleh ngebunuh target misi. Kalo bisa ditangkap hidup2 gan. Melanggar HAM ntar klo membunuh
sulit sulit gan kayaknya gamenya
Ada cewe nanya apa sih game flappy bird sama ane, terus ane jawab itu game yg maenin burung, jadi kalo burungnya di tepuk tepuk nanti bakal naek pelan2, kalo gak di tepuk nanti burungnya bakalan turun sendiri.

Eh ane dibilang dasar cowok gak punya moral sama si doi. Emang ane salah apa?
harus nyoba nih
keren gamena.
tp pnjg bgt bcnya.
uda ga main game berat lg...maen game kecil" aja skarang...
aku main nya tamagochi
buahahha
belum pernah nyoba ntr ane coba ah
Via: Kaskus.co.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar