Pages


Minggu, 28 Februari 2016

10 Planet di Luar Tata Surya yang Mungkin bisa Dihuni

Spoiler for Cek No Repost:



Quote:
Quote:Pada April 2014, Katalog exoplanets (planet di luar tata surya) yang berpotensi untuk dapat dihuni memberikan daftar 21 planet yang memiliki kesempatan terbaik untuk kehidupan di luar tata surya kita. Tidak semua planet ini dikonfirmasi, dan masih banyak yang harus dipelajari tentang lingkungan mereka. Akan tetapi katalog ini memberikan para pakar astrobiologi sebuah permulaan yang baik ketika berbicara tentang kehidupan di luar bumi.

Quote:Berikut 10 exoplanet yang mungkin terdapat kehidupan, menurut studi di University of Puerto Rico di Arecibo.
Spoiler for 1. Kepler-186f:

Quote:

Sudah lama manusia berusaha mencari planet alternatif karena bumi sudah dianggap terlalu penuh dan suatu saat tidak akan bisa menampung semua manusia. Untunglah sekarang sudah ditemukan Kepler-186F, planet lain yang bisa dihuni selain bumi.

Planet Kepler-186F ditemukan oleh NASA berkat teleskop luar angkasa mereka. Planet ini ditengarai sangat mirip dengan bumi. Planet kembaran bumi ini juga mengorbit dekat bintang, sama seperti bumi dan matahari. Kepler-186F berada sekitar 500 tahun cahaya dari bumi, tepatnya pada konstelasi Cygnus.

Walaupun selama ini NASA sudah menemukan banyak planet yang seukuran bumi dan mengorbit di tata surya, Kepler-186F ini berbeda. Kepler-186F adalah planet pertama yang mengerupai bumi dan berada dalam zona Goldilocks (zona planet yang bisa dihuni karena berada cukup dekat dengan matahari tempat ia mengorbit).

Karena Kepler-186F berada dalam zona Goldilocks, para ilmuwan sekarang sedang mencari tahu tentang bintang yang diorbit oleh planet ini. Jika bintang tersebut menyerupai matahari, maka kemungkinan besar planet tersebut dapat dihuni oleh manusia.

Sejauh ini bumi memang masih merupakan satu-satunya planet yang bisa dihuni oleh manusia. Jika Kepler-186F terbukti dapat ditinggali oleh manusia, maka ini akan menjadi sebuah penemuan yang sangat besar.

Peneliti telah mengetahui bahwa bintang yang diorbit oleh Kepler-186F massanya hanya separuh matahari. Jadi energi yang dipancarkannya hanya sepertiga dari matahari kita. Kepler-186F sendiri mengorbit bintang ini dalam jangka waktu 130 hari. Jauh lebih singkat dari waktu orbit bumi pada matahari.


Quote:
Quote:


Spoiler for 2. Gliese 581g:

Quote:
Gliese 581 g atau Gl 581 g, adalah planet luar tata surya yang mengorbit bintang katai merah Gliese 581, berjarak 20,5 tahun cahaya dari bumi pada rasi Libra. Gliese 581 g merupakan planet keenam yang ditemukan pada sistem planet Gliese 581 dan planet keempat yang terdekat dengan bintang tersebut. Planet ini ditemukan oleh Survei eksoplanet Lick-Carnegie setelah pengamatan selama satu dekade. Penemuan Gliese 581 g diumumkan pada akhir bulan September 2010, dan dipercaya sebagai planet yang hampir mirip dengan bumi serta calon planet luar surya dengan potensi terbesar untuk menemukan adanya kehidupan. Deteksi Gliese 581 g pada periode waktu yang singkat menyebabkan astronom mempercayai proporsi bintang dengan planet yang dihuni kemungkinan lebih dari 10%.

Steven Vogt, astronom yang menemukan planet ini, secara informal menamakan planet ini Zarmina yang merupakan nama istrinya.

Quote:

Spoiler for 3.Gliese 667Cc:

Quote:
Planet Super Earth Gliese 667Cc juga berada dekat dengan bumi, jaraknya sekitar 22 tahun cahaya di rasi bintang Scorpius. Planet ini setidaknya 4,5 kali lebih besar dari bumi, dan memakan waktu 28 hari untuk mengitari orbitnya pada bintang induknya, GJ 667C. Bintang induknya termasuk bagian dari sistem tiga bintang. Bintang ini adalah bintang katai M-class yang ukurannya sekitar sepertiga dari massa matahari.

Quote:
Quote:

Spoiler for 4. Kepler-22b:

Quote:
Kepler-22b adalah planet luar surya pertama yang dipastikan berada di zona layak huni. Planet ini ditemukan oleh teleskop angkasa Kepler milik NASA. Penemuannya diumumkan pada tanggal 5 Desember 2011. Planet ini sebenarnya ditemukan pada hari ketiga dioperasikannya Kepler pada pertengahan tahun 2009. Transit ketiga dilacaktemu pada akhir tahun 2010. Data pemastian tambahan diperoleh dari teleskop angkasa Spitzer dan pengamatan di darat. Jari-jari planet ini diperkirakan sekitar 2,4 kali jari-jari Bumi. Jaraknya 600 tahun cahaya dari Bumi. Kepler-22 mengorbit bintang tipe-G yang bernama Kepler 22.

Sejauh ini, massa dan komposisi permukaannya belum diketahui. Jika kepadatannya seperti Bumi (5.515 g/cm3), maka massa Kepler-22b akan tercatat sekitar 13,8 kali massa Bumi, sementara gravitasi permukaannya akan tercatat sebesar 2,4 kali Bumi. Jika kepadatannya seperti air (1 g/cm3), maka massanya akan tercatat sekitar 2,5 kali Bumi[calc 3] dan gravitasi permukaannya 0,43 kali Bumi.

Jarak Kepler-22b dengan bintangnya diperkirakan sekitar 15% lebih kecil daripada jarak Matahari dengan Bumi. Akan tetapi, kecerahan Kepler-22 25% lebih kecil daripada Matahari. Apabila tanpa atmosfer, rata-rata suhu planet ini diperkirakan sebesar -11°C. Jika di atmosfernya terjadi efek rumah kaca seperti di Bumi, rata-rata suhu Kepler-22b akan tercatat sebesar 22 °C (72°F).


Spoiler for 5. HD 40307g:

Quote:

Super Earth HD 40307g mengorbit nyaman di dalam zona layak huni bintang induk. Letaknya sekitar 42 tahun cahaya dari bumi di rasi bintang Pictor. Hal ini memungkinkan teleskop masa depan melihat dengan jelas permukaannya. Jarak antara HD 40307g dengan bintang induknya sekitar 56 juta mil (90 juta kilometer), yang mana lebih dari setengah dari jarak Bumi-Matahari 93 juta mil (150 juta kilometer.)

HD 40307g berada di zona layak huni sistim bintangnya yang memungkinkan air dalam bentuk cair terbentuk di permukaannya. Tidak seperti beberapa planet lain yang telah terdeteksi di zona layak huni, planet ini tidak terkunci di orbit pasang surut bintangnya, yang berarti bahwa ia memiliki siang dan malam, sangat meningkatkan kemungkinan hidup berkembang di planet ini.


Quote:

Spoiler for 6. HD 85512b:

Quote:
HD 85512b diumumkan pada tahun 2011 sebagai bagian dari harta karun berupa 50 planet yang ditemukan oleh High Accuracy Radial velocity Planet Searcher instrument (HARPS), di Chili. Planet ini sekitar 3,6 kali lebih besar daripada bumi. Terletak sekitar 35 tahun cahaya dari matahari, di rasi bintang Vela (The Sail). Peneliti berharap suatu hari dapat mengetahui bahwa ada air pada permukaannya.

Spoiler for 7. Tau Ceti e:

Quote:

Kandidat selanjutnya ialah planet Tau Ceti e, yang terdeteksi pada bulan Desember 2012. Letaknya hanya 11.9 tahun cahaya dari bumi. Planet Super Earth ini setidaknya 4.3 kali lebih besar dibanding bumi. Tergantung pada atmosfernya, Tau Ceti e bisa menjadi planet yang hangat dan cocok untuk hidu, atau planet terik seperti Venus.

Spoiler for 8. Gliese 163c:

Quote:

massa Gliese 163c menempatkan planet dalam zona abu-abu. Planet dengan massa tujuh kali massa Bumi ini bisa membuatnya menjadi sebuah planet berbatu yang sangat besar atau planet gas raksasa yang kerdil. Gliese 163c mengorbit pada bintang redup planet setiap 26 hari. Gliese 163c berjarak 50 tahun cahaya dari bumi, dengan bintang induk yang terletak di rasi bintang Dorado.
Quote:

Spoiler for 9. Gliese 581d:

Quote:

Sebuah studi memperkirakan bahwa Gliese 581d mungkin diselimuti karbon dioksida tebal. Ukurannya tujuh kali lebih besar dari bumi, mengorbit bintang katai merah, dan merupakan saudara dari planet Gliese 581g. Dengan jaraknya yang hanya 20 tahun cahaya dari matahari, Gliese 581 d seperti berada di halaman belakang bumi.

planet ini diklasifikasikan sebagai planet bumi super. Karena orbit planet ini berada di ujung luar zona layak huni bintangnya, planet ini diduga mirip dengan bumi.

Quote:

Spoiler for 10. Tau Ceti f:

Quote:

Tau Ceti f adalah calon super earth seperti saudaranya, Tau Ceti e. Akan tetapi ia mengorbit dekat dengan tepi luar zona layak huni Tau Ceti. Tau Ceti f setidaknya 6.6 kali lebih besar dari bumi dan bisa cocok untuk kehidupan, jika atmosfernya dapat menangkap sejumlah panas yang cukup.


Quote:

Quote:
Nah itulah 10 planet di luar tata surya kita yang mungkin bisa di huni, kemungkinan masih banyak planet di luar tata surya yang memiliki kehidupan atau berpotensi dihuni kehidupan dan sejauh ini teleskop Kepler sudah mampu menemukan setidaknya lebih dari 1.000 exoplanet yang layak huni gan.


Spoiler for Terima Kasih:

Terima kasih udah mampir ke thread ane dan semoga thread ini bermanfaat untuk agan2 sekalian

ntar ane trbang ksna gan
Reserved
Quote:Original Posted By mutenroshi23
ntar ane trbang ksna gan


Semoga gan, kalo umurnya nyampe
Quote:Original Posted By mutenroshi23
ntar ane trbang ksna gan


Cepet bnget gan

Kl pun bisa tuh planet dihuni tp kburu tua di jln ya gan
percuma juga jauh
Gile itu jaraknya jauh2 kali belum sampe umurnya udah sampe duluan
Quote:Original Posted By tian1995


Semoga gan, kalo umurnya nyampe


Quote:Original Posted By andryx360


Cepet bnget gan

Kl pun bisa tuh planet butuh brp lm tuh gan perjlnan ke sana


pakai pesawat kecepatan cahay,pesawat star wars
jauh bangeeet gan gimana caranya bisa ke sana
nunggu namec aja ane
Quote:Original Posted By mutenroshi23




pakai pesawat kecepatan cahay,pesawat star wars


Boljug gan idenya
jaraknya ga memungkinkan kak
klo planet kepler bsa dihuni mka pler 17cm bisa ngisi penghuninya gan..

jadi pengen kesana gan...
kesana ama bini lalu beranak pinak.. jadilah legend adam & eve part 2..
pindahin aja LGBT ke sana biar jadi alien sekalian. Dalam eaktu beberapa tahun juga udah pada punah kecuali mereka tobat
sepi trit ente gan
Quote:Original Posted By mutenroshi23
sepi trit ente gan :sudahkuduga


kamujahat21 ga prnah keliatan jadi anak band ya om?
Quote:Original Posted By fro.gprince


kamujahat21 ga prnah keliatan jadi anak band ya om?


masih ada gan,tadi doi ngekuot ane
bagi cendolnya gan
hmm bisa dihuni yah ? tapi kayanya ane udah nyaman dibumi
Quote:Original Posted By mutenroshi23
masih ada gan,tadi doi ngekuot ane
bagi cendolnya gan



bijimane om ane ga bisa situ kan kus plus. Ane mah apa atuh
Via: Kaskus.co.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar