Pages


Senin, 29 Februari 2016

6 Hal Yang Berkesan dari Piala Oscar Pertama 1929














Quote:Menjelang Academy Awards ke-88 yang akan dilangsungkan pada Senin 29 Februari 2016 pagi WIB atau Minggu 28 Februari malam waktu pasifikdi Dolby Theater, Hollywood, Los Angeles Amerika nanti, tidak ada salahnya kita menengok kembali apa saja yang pernah terjadi pada acara penghargaan Amerika yang rutin diselenggarakan Academy of Motion Picture Arts and Sciences setiap tahunnya itu.

Bulan Januari, surat suara dari Academy Awards didistribusikan ke anggota pemungutan suara, yang memiliki satu bulan untuk membuat nominasi mereka dan mengembalikannya ke kantor PricewaterhouseCoopers. Price Waterhouse adalah sebuah layanan profesional yang digunakan untuk tabulasi suara. PricewaterhouseCoopers menjamin keamanan pemungutan suara. Hanya dua orang yang dipekerjakan oleh PricewaterhouseCoopers yang mengetahui hasil pemungutan suara penghargaan sebelum perhelatan digelar.

Nominasi-nominasi yang ditentutan adalah film dari tahun 1927-1928. Setelah suart suara komplit, pemenang diumumkan pada Mei 1929. Lantas, siapa yang secara resmi pertama kali menerima piala Oscar? Dan apa saja yang berkesan dari penyelenggaraan ajang penghargaan bergengsi bagi perfilman Hollywood dan dunia pada saat itu?

Berikut adalah hal-hal yang tidak boleh dilewatkan dari ajang pemberian copy trophy patung yang secara resmi disebut Academy Award of Merit, namun kini sudah lebih populer dengan julukan Piala Oscar.




Quote:Academy Award of Merit digelar pada 1929
Spoiler for :

Suasana Oscar 1929 dihadiri 270 undangan
Kabar ini sudah banyak diketahui publik, bahwa Academy Award pertama dilangsungkan di Hollywood Roosevelt Hotel, Los Angeles, California pada 16 Mei 1929 dengan nama resmi acaranya adalah Academy Award of Merit.
Berbeda penyelenggaraan pertama dengan Academy Awards ke-88, dimana sekitar 3300 orang bakal melewati karpet merah sepanjang sekitar 152 meter untuk kemudian memadati Dolby Theater, Hollywood, Los Angeles Amerika (28/2) nanti, Academy Award of Merit_nama acara pada saat itu, hanya mendatangkan tamu undangan sebanyak 270 orang.

Oh ya, acara pertama ini jadi semacam suatu pertunjukan, karena itu setiap undangan yang masuk ke acara Academy Award harus membayar seharga $5 AS untuk setiap tiketnya.



Venue sederhana tanpa disiarkan televisi
Spoiler for :

panggung Academy Award pertama
Tidak ada siaran langsung atau streaming di internet pada pergelaran Academy Award pertama, kecuali tustel yang mengabadikan orang-orang ternama yang menerima penghargaan di jaman tersebut. Bahkan sejarah Aacemy tidak menyebut adanya siaran radio yang mengumumkan nama-nama pemenang.

Barulah, pada gelaran Oscar 1953, televisi menyiarkannya pada 19 Maret dalam format hitam-putih. Saat itu, gelar aktor terbaik jatuh kepada Gary Cooper untuk perannya di High Noon. Pada 1966 barulah Academy Awards mulai disiarkan dalam format berwarna saat film The Sound of Music memenangkan Oscar kategori film terbaik.


Nama Resmi Piala Oscar 1939
Spoiler for :

Dulu, orang-orang cukup bangga menyebut “gue pernah dapat piala Academy Award of Merit”, sampai pada penyelenggaraan tahun 1931, piala itu disebut sebagai Piala Oscar.

Nama panggilan (nickname) itu dari cerita yang tersebar diberikan oleh Margaret Herrick, dia seorang pustakawan Academy (sekaligus direktur eksekutif Oscar pada akhirnya). Ketika melihat piala Oscar pada 1931, ia mengatakan “Mengapa patung itu terlihat seperti pamanku Oscar?”. Nama lengkap pamannya adalah Oscar Pierce.

Versi lain mengatakan nama Oscar konon muncul setelah aktris Bette Davis mengatakan bahwa patung Academy Award mirip suaminya, Harmon Oscar Nelson. Namun Akademi tidak langsung mengadopsi julukan tersebut sampai pada tahun 1939.


Pembuatan Piala
Spoiler for :

Berat piala Oscar yang banyak dihafal orang adalah memiliki berat 3,5 kg dengan tinggi 34 cm. Desain patung Oscar, yang menggambarkan seorang ksatria yang sedang memegang pedang, berdiri di atas gulungan film. Gulungan film memiliki lima jari, mewakili lima cabang asli dari penyelenggara AMPAS; penulis, teknisi, produser, aktor, dan sutradara terbaik.

Dengan dedikasi tinggi, piala ini dikreditkan untuk Art Director Metro-Goldwyn-Mayer (MGM) Cedric Gibbons. Dialah yang mendesain Oscar yang jadi kebanggaan banyak orang. Tahun 1949 menandai tahun pertama bahwa patung Oscar diberi nomor, dimulai dengan nomor 501.

Untuk diketahui, hanya ada satu orang bernama Oscar yang menang Oscar yaitu Oscar Hammerstein II, yang menang Academy Awards pada 1941 dan 1945.


Penerima Oscar pertama
Spoiler for :

Emil Jannings disebut-sebut sebagai orang pertama yang menerima piala Patung Ksatria tersebut. Dia merupakan seorang aktor yang bermain dalam film The Last Command (film 1927-1928). Berperan sebagai Gen. Dolgorucki atau Grand Duke Sergius Alexander, Jannings memenangkan kategori best actor yang sampai sekarang jadi nominasi utama Academy Awards dan diperebutkan banyak orang.


Piala Sisa
Spoiler for :

Sejak Academy Awards digelar, tidak pasti berapa banyak patung itu dibuat untuk diserahkan kepada pemenang sampai amplop dibuka pada malam penghargaan. Meskipun jumlah kategori yang dibacakan sudah jelas, akan tetapi ada kemungkinan beberapa penerima berbagi hadiah dalam beberapa kategori sehingga tidak memungkinkan untuk memprediksi jumlah pasti patung yang akan diberikan. Untuk piala yang kelebihan, maka akan disimpan di lemari besi Akademi sampai acara tahun berikutnya.



Quote:Wah.. ternyata gitu gan.. semoga Piala Oscar semakin maju dengan seiring pertumbuhan tehnologi, dan semoga di pemilihan Piala Oscar nanti aktor/artis yang agan dan sista dukung bisa dapet piala




Belom lahir gue
taun jebot amat gan
3,5 kilo beratnya
Jaman kakek ane nih
jadi begitu asal usul nama OSCAR, kalau penemunya JAMIL gimana coba
Indonesia belom merdeka iki
sisa piala OSCAR kalo dijial berapaan yah
piala nya di lapis emas ya?
moga taun ini om di caprio dapet oscar dari akting nya di the revenant
akting nya bagus meski gak banyak dialog,bela belain kedinginan sama gak mandi juga dia wkwkwk
disana udah pesta piala Oscar, dimari masih melawan penjajah

salam damai dihati damai dibumi
pialanya kalo djual bisa jadi barang antik tuh. cocok buat kolektor barang antik
Widih
kejadian nya udah lama bgt ya mblo ane aja blm lahir.wkwk


Wow bener2 emas asli piala nya
Quote:Original Posted By www.bv898.com

Waduh kita masih perang, sana udah bagi bagi hadiah


tapi Oscar dimasa kini..
identik dengan Leonardo Di Caprio #legend
walaupun kurang suka dengan acara "oscar"
yang penting komen aja deh
Untuk piala yang kelebihan, maka akan disimpan di lemari besi Akademi sampai acara tahun berikutnya.

dijadikan stok ternyata
Endonesah ajah belom merdekah.
Hah.
coba kalo pamannya Margaret Herrick namuanya jono gan, bisa jadi tuh piala namanya piala JONO
Udah lama ternyata yahh..
Via: Kaskus.co.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar