Pages


Senin, 29 Februari 2016

MEA Itu Kesempatan Untuk Kita Gan, Bukan Ancaman!

Alhamdulillah #HT3
Terimakasih buat Mimin, Momod, Agan, Sista, dan semua Kaskuser lainnya






Spoiler for No Repsol Gan!:



Quote:
Halo Agan dan Sista kembali lagi bersama ane di Thread ke 7 Ane .
Oke setelah kemaren ane ngebahas tentang gimane biar ente dapet nilai A sekarang ane bakal ngebahas yang berhubungan dengan dunia pekerjaan gan
Tapi ane sebagai TS ingin meminta maaf jika nanti ada kata kata yang tidak enak dibaca oleh kaskuser.
dan juga TS sangat mengharapkan dan juga ditimpukin .
Oke biar ga banyak cincong langsung saja ke tekape



Quote:Agan sista pada tau MEA kan, iya Masyarakat Ekonomi Asean mungkin ni kasus rada tersingkirkan oleh kasus elgebete atau kopi kali ya nah singkatnya MEA ini tuh bisa ngebuat orang - orang bebas bekerja di semua negara Asean gan CMIIW
Tapi mungkin beberapa pemikiran orang bahwa setelah diberlakukannya ni MEA bajal jadi ancaman , udah banyak pengangguran di Negeri tercinta kita ini sekarang malah ditambah SDM negara Asing yang mungkin lebih bagus tapi sebenernya dengan adanya MEA ini malah bisa menjadi Kesempatan buat kita gan bukan hanya ancaman . Check this out


Quote:Bisa saja nanti setelah agan lulus kuliah dan menyandang gelar sarjana, agan mendapat panggilan dari Singapura. Ya, mungkin saja dia adalah seseorang berkebangsaan Filipina yang bekerja di sebuah institusi di Singapura. Dia menawarkan agan sebuah proyek pemberdayaan masyarakat di Myanmar.

Wah, kok bisa begitu? Agan tinggal di Sleman Yogyakarta dihubungi orang Filipina yang tinggal di Singapura, untuk mengerjakan sebuah pekerjaan di Myanmar. Mungkin saja dia menghubungi agan setelah melihat profil agan di Facebook, Linked In, Path, Instagram, Twitter deelel

Hmm, ternyata, kalau agan tertarik menangani proyek itu, agan harus membentuk tim yang terdiri dari orang yang berasal dari berbagai penjuru negara tetangga. Ya, agan diharuskan mengumpulkan sejumlah tim dari Malaysia, Thailand dan Vietnam. Seminggu lagi, agan bersama tim agan itu sudah harus di sebuah desa kecil di Myanmar. Itu adalah salah satu contoh dari Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) alias ASEAN Economic Society.



Quote:

Ternyata, setelah agan bekerja di sebuah desa kecil di Myanmar dan bergaul dengan penduduk desa, mereka tidak bisa berbahasa Inggris . Disitu agan baru menyadari sisi lain dari MEA. Ya. Memang! MEA bukan sekedar bersaing dalam keilmuan profesional saja. Namun juga lebih jauh. Ini soal budaya, tradisi dan bahasa negara tetangga gan !

Sama halnya dengan seorang lulusan terbaik dari Fakultas Kedokteran Gigi NUS yang bekerja di Indonesia, di pedalaman Gunung Kidul. Mungkin dia pintar dan cekatan serta profesional dalam bekerja di bidang kedokteran. Namun, tentunya dia tetap ketar ketir dan panas dingin saat berhadapan dengan mbah-mbah sakit yang hanya bisa berbahasa Jawa

Ya, MEA lebih dari sekedar bisa berbahasa Inggris. Tidak secethek itu. Tidak sekedar itu! Hal yang terpenting, MEA adalah urusan kita. Orang yang terdidik. Orang yang berpendidikan tinggi. MEA bukanlah urusan dan tanggung jawab mbah-mbah di kampung. MEA bukan urusan Mbah Tugiyem, Mak Nem, Pak Tumijan atau Mbok Sumi . Hidupnya mereka tetap akan seperti biasanya. Mereka tidak pernah diajari bahwa kalau sakit TOEFLnya harus diatas 550. Ya, kita Gan . Kaum sekolahan inilah yang harus berjuang menyesuaikan .




Quote:Hal yang perlu diingat dan dicamkan bahwa MEA adalah kesempatan. MEA bukan ancaman. Jika setelah diwisuda dulu agan memiliki kesempatan lowongan kerja 100 peluang kerja untuk dilamar. Maka kini lebih luas lagi. Agan memiliki kesempatan 100 x 10 lowongan kerja di 10 negara. Kita semua, harus beranggapan dan menanamkan dalam diri kita masing-masing gan, orang terdidik untuk melihat dan menganggap MEA sebagai kesempatan bukan ancaman.

Sebab, itulah yang seharusnya dipikirkan dan diwujudkan. Maka dari seluruh perguruan tinggi di Indonesia harus bersiap-siap. Sebab kita memiliki puluhan mitra kerjasama di ASEAN dalam bentuk pertukaran mahasiswa atau transfer kredit. Kita berusaha keras agar semakin banyak orang Indonesia bisa belajar di institusi mitra kita di ASEAN, demikian pula mahasiswa dari ASEAN semakin banyak yang bisa belajar di Indonesia.




Jadi mulai besok, Agan harus siap menerima tawaran dari seorang Filipina yang menelpon dari Singapura untuk memberikan proyek di Myanmar dan agan harus bekerja dengan orang Malaysia, Thailand dan Vietnam. Ya, agan harus siap. Sebab, ini adalah sebuah kesempatan bukan ancaman!

Quote:Harus bisa dan menjadi pelaku bukan hanya penonton di MEA.
Ya, kita harus optimis tentang MEA
Ya, anggap sebagai sebuah kesempatan bukan ancaman. Kita pasti bisa.


Quote:sumur1
sumur2
sedikit edited ts





Quote: REKOMENDASI HT
Spoiler for Rekomend HT:
TIADA PERTAMAX DIANTARA KITA

Komeng Kaskuser Pro :

Quote:Original Posted By fujiyamakan
Optimis dan realistis gan. Perlu ada aturan lokal melindungi tenaga kerja kita agar tdk kegusur. Dan budaya yg tdk sesuai perlu di filter negara


Quote:Original Posted By yanyan93
Optimis sajalah tingkatkan skill.


Quote:Original Posted By gasmal
Ayo bersaing!!!!!! Jgn ragu lawan org asing dirumah sendiri.. mreka pasti keok kerja disini... hahahahaa.. mulai janjian ngaret, birokrasi ribet, polisi korup, lalu lintas semrawut, motor lawan arah,jalan jelek belobang, bergelombang dmn2, wajib pake bahasa...


Quote:Original Posted By minatoonamikaze


ane sih optimis gan indonesia bisa bersaing di MEA
tapi yg agan tulis itu sih itungan bodohnya gan
kalo semua negara berpikiran sama kayak gitu bukannya sama aja yaa. artinya kita musti bersaing ama sarjana2 dari negara asean lain.
kalo di liat dari index pembangunan manusia dan kredibilitas universitas2 nya jelas kita kalah telak ama singapore, malaysia, thailand.

yg kedua masalah buruh gan. yg suka demo2 itu tuh. udah etos kerjanya salah satu yg paling rendah antara2 negara2 asean, bayarannya paling tinggi pula
kalo masih gini2 aja mental buruh 2 indonesia ane jamin bakalan mampus di MEA, pengusaha2 pasti lebih milih buruh2 vietnam, kamboja, & laos yg lebih murah + etos kerja JAUH lebih tinggi.

kalo menurut ane yg harusnya jadi garda terdepan buat menghadapi MEA adalah pengusahanya terutama umkm. pemerintah harus mendorong anak2 muda buat jadi enterpreneur guna mengobrak abrik pasar negara2 asean.


Quote:Original Posted By adit236
trgantung gan, MEA bisa jadi bantuan maupun ancaman dan tantangan, klo bljr pkn inshaAllah ditrangkan dan agan juga harus bnyk bertanya mengenai hal tsb, ada sisi postf dan ngatif. contoh SDM kita yg masih blum siap namun kita bisa mengantisipasinya dngn trus berusaha, mencoba dan tawakal..


Quote:Original Posted By bimobesil
mantab gan!
banyakan kampanye tentang mea dilihat dari sisi "kalo kita gak usaha,kita akan kalah.. sdm luar negeri tinggi dll.."

santai aja,lihat posisi kita menang kok..
sumber daya alam dan potensi yang ada di Indonesia juga banyak dan bisa "dijual"

1. Belajar jualan!
manajemen itu penting. apapun yang sedang kita hidup.
2. Komunikasi.
tentu saja,kita perlu bahasa Internasional. Bahasa Inggris! Kudu belajar yang ini. Jangan kalah sama buaian google translate! Belajar otodidak oke,kursus ya masih murah. Investasi 2 jt lah buat kursus.
3. Nasionalisme!
kenali negara mu,wilayah lokal mu. Banyak yang lupa kulit. kita ribut makan yang highclass.. padahal isinya ya cuma daging panggang a.k.a steak atau ayam goreng pake soda atau kopi..
Kita lebih kaya gan.. Kita lawan globalisasi dengan kekayaan lokal.. Mereka emang punya lumpia? papeda? batagor? cireng?
nyoba makanan luar boleh,tapi jualan juga makanan lokal..makan juga.

Satu yang penting, hidup gak semurah kerja keras terus dapet duit banyak dan ngabisin makan,beli barang merk lanjut pamer di Medsos.


Quote:Original Posted By gandeksos29
pendapat ane sih gan klo ada yg menolak MEA biasanya gk PD dan gk yakin ama kemampuan dirinya.. itu cman pendapat ane


Quote:Original Posted By ezrawatung
masukin pejwan gan

dalam rangka menyambut MEA masyarakat beserta gubernur JABAR mengadakan Fun Walk ISEI Jabar, yg diikuti lebih dari 10000peserta
pada tanggal 27 februari kemarin fun walk tersebut diadakan di monumen perjuangan gasibu bandung, fun walk tersebut kurang lebih sepanjang 4,1km
ISEI a.k.a Ikatan Sarjana Ekomomi Asean juga mensponsori fun walk tersebut bersama bank Jabar Banten, dengan bintang tamu cokelat dan artis lokal lain, sponsor lainnya yaitu dari UNPAD, UNPAS, universitas WIDYATAMA, STIEPAR YAPARI AKTRIPA (kampus ane eace: ), TELKOM, universitas Telkom, BPS, dsb. ketua penyelenggaranya adalah Bapak Apay (dosen ane lagi eace: ).
slogan dari acara tersebut adalah Go MEA: Teu Sieun




Komen Kaskuser Kontra :

Quote:Original Posted By wijayanti43
maaf gan, ane gak sependapat. yg agan utarakan jika kita mempunyai skill yg setara dengan mereka sedangkan kita tidak...

ane pandang dari sudut pandang petani kecil seperti ane ya gan...
untuk perbandingan saja produksi padi:
di Thailand, luasan sawah satu hektar bisa menghasilkan gabah kering sawah 22 - 25 ton.
sedangkan di indonesia, luasan yg sama hanya 15 ton.

tahun 2012 indonesia mengimpor beras dari singapura gan. logikanya sawah dari mana singapura ini? lha kalo ada MEA ini, orang singapura bisa masuk investasi di sawah2 indonesia. pasti kejadian gan indonesia ngimpor beras lagi, wong beli dari singapura.

Menurut ane MEA itu Agresi ke 3 gan. Bukan agresi militer, tapi agresi ekonomi.

maaf gan cuma pendapat petani kecil di pinggiran jawa timur.

kalo berkenan pejwan gan...


Quote:Original Posted By mst.suzuka
kondisi politik sama ekonomi belum stabil, ehh tiru-tiru EU.
yang jadi masalah lapangan pekerjaan pada diembat sama foreigner gan, karena perusahaan nganggep kualitas lokal jauh beda dan bakal ngambil ke asing. ane pernah ikut seminar yg bahas MEA ini gan, dan impactnya banyak yang negatif. MEA dijadiin lahan basah sama konglomerat doang gan cuz produk UMKM ke gusur sama produk impor laen. jadi kalo ane sih gak setuju

tapi pandangan masing" lah


Quote:Original Posted By lns121
masalahnya ga semua warga kita siap
kalau cuma seiprit orang doang yang maju maka sistem ekonomi kita penuh dengan liberalisme


Quote:Original Posted By earth.to.sky
imho bakalan susah gan,tapi kita liat aja nanti moga aja mental anak muda kita gak rusak diobrak abrik bule.
sebenernya yang ane lebih takutin justru gaya hidup yang mereka bawa ke sini,gimana nanti klo para bule mulai merajalela di sini?seharusnya yang kita tiru dari bule itu bukan gaya hidup mereka yang bebas,tapi etos kerja mereka,disiplin mereka yang tinggi.
blum lg klo mikirin org kita yang tersingkirkan dan gak mampu bersaing ke luar,bakalan jadi pengangguran di sini,salah salah bisa jadi kriminalitas meningkat gegara banyak pengangguran,moga aja nggak.

sebenernya bagus sih untuk menambah semangat generasi muda kita supaya belajar dan belajar lebih giat lagi meningkatkan kualitas diri kita sendiri supaya bisa bersaing dgn para bule.


Quote:Original Posted By m.redhani
Alah China mau bilang MEA itu kesempatan ... kenapa beda sama Uni eropa dan sebagainya karna ekonomi mereka stabil jadi bekerja lintas negara itu sangat menguntungkan. Sumber Daya Manusia kita masih rendah mau MEA MEA segala.


Korban Birokrasi Pemerintah :

Quote:Original Posted By Telanjang.kaki


ya ane sih optimis aja, judulnya MEA terus pemerintah menyediakan dana bantuan untuk UKM.
allhamdulilah ane ga dpt sepeserpun, yg ada malah di hinahina sama pegawai yg katanya bagian UKM KOPERASI dan koleganya
hahahaha

Katanya sih klo di negara lain ijazah no2
No1 nya skill...
Jd ksmpatan buat yg pnya skill bagus tp minim ijazah..
Quote:Original Posted By jobe1898
Katanya sih klo di negara lain ijazah no2
No1 nya skill...
Jd ksmpatan buat yg pnya skill bagus tp minim ijazah..


ya mungkin di luar sana seperti itu gan , tapi yang harus digaris bawahi bahwa MEA itu adalah kesempatan bukan acaman buat kita

ane pasti bisaab
waduh ini toh yang akhir" ini bikin orang pada ketar ketir
bener gan, harus tetep berjuang biar bisa bersaing di saat MEA ini
MEA itu bisa jadi kesempatan besar kalau kita bisa memanfaatkannya menjadi sebuah peluang. Tapi melihat kita sekarang ini, MEA adalah sebuah momok yang menakutkan
ane nunggu cabe"an impor gan
Quote:Original Posted By azizreni30


iya kaan slogan indo udah pasti bisa


itu bukannya slogan SM* gan
SM* bisa
Quote:Original Posted By azizreni30
cabe - cabean thailand udah kaga ori gan :ceyem



nyari yg ori gan yg masih segelan kalo ada buku panduan pemakaian juga
Spoiler for merge:
Quote:Original Posted By deaththed
ane pasti bisaab


iya kita bisa kita pasti bisa



Quote:Original Posted By pakuywashere
waduh ini toh yang akhir" ini bikin orang pada ketar ketir


iya gan cuman beritanya ketutup ama kopi, elgebete, ipul



Quote:Original Posted By palingmbois17
ane nunggu cabe"an impor gan


cabe - cabean thailand udah kaga ori gan



Quote:Original Posted By hatabombastis
MEA itu bisa jadi kesempatan besar kalau kita bisa memanfaatkannya menjadi sebuah peluang. Tapi melihat kita sekarang ini, MEA adalah sebuah momok yang menakutkan


sebuah quote indh dari Sang Raja Kegelapan


Quote:Original Posted By dulsdul
bener gan, harus tetep berjuang biar bisa bersaing di saat MEA ini


iya kaan slogan indo udah pasti bisa


Quote:Original Posted By dulsdul


itu bukannya slogan SM* gan
SM* bisa


dirobah gan jadi Indonesia Bisa wkwkkw


Quote:Original Posted By palingmbois17



nyari yg ori gan yg masih segelan kalo ada buku panduan pemakaian juga


emang yang domestik udah ga menarik apa gan ?



Quote:Original Posted By azizreni30


dirobah gan jadi Indonesia Bisa wkwkkw


baru tau ane gan kalo udah dirobah
kondisi politik sama ekonomi belum stabil, ehh tiru-tiru EU.
yang jadi masalah lapangan pekerjaan pada diembat sama foreigner gan, karena perusahaan nganggep kualitas lokal jauh beda dan bakal ngambil ke asing. ane pernah ikut seminar yg bahas MEA ini gan, dan impactnya banyak yang negatif. MEA dijadiin lahan basah sama konglomerat doang gan cuz produk UMKM ke gusur sama produk impor laen. jadi kalo ane sih gak setuju

tapi pandangan masing" lah
Quote:Original Posted By mst.suzuka
kondisi politik sama ekonomi belum stabil, ehh tiru-tiru EU.
yang jadi masalah lapangan pekerjaan pada diembat sama foreigner gan, karena perusahaan nganggep kualitas lokal jauh beda dan bakal ngambil ke asing. ane pernah ikut seminar yg bahas MEA ini gan, dan impactnya banyak yang negatif. MEA dijadiin lahan basah sama konglomerat doang gan cuz produk UMKM ke gusur sama produk impor laen. jadi kalo ane sih gak setuju

tapi pandangan masing" lah



ane angkat ke atas gan
Quote:Original Posted By dulsdul
baru tau ane gan kalo udah dirobah



ente ngurusin si ipul terus si gan
Oke gan harus siap nih
Gak usah dulu baca isinya, judulnya aja ane setuju
Tutup dulu ya page 1 nya
Quote:Original Posted By azizreni30



ente ngurusin si ipul terus si gan


alamakk kenapa jadi ipoool
ane sibuk ngurus sekolah gan, nggak sempet nonton infotaiment
Via: Kaskus.co.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar