Pages


Selasa, 29 Maret 2016

7 Pertunjukan Seni Yang Memukau Wisatawan Asing

Quote:7 Pertunjukan Seni Yang Memukau Wisatawan Asing
Quote:Indonesia, negara kepulauan dengan beragam kekayaan dan keindahan alam, budaya, dan tradisi. Tidak heran jika negara kita ini menjadi salah satu tempat yang sering dikunjungi oleh para turis yang ingin menikmati suasana negara tropis dan budaya yang masih terjaga.

Beberapa kesenian asli dari Indonesia juga telah mendunia dan banyak dikenal di berbagai negara lain. Tidak heran jika para turis ingin datang ke Indonesia untuk melihat langsung keindahannya seni dan budayanya seperti berikut ini.

1. Sendratari Ramayana
Spoiler for :
7 Pertunjukan Seni Yang Memukau Wisatawan Asing

Quote:Pertunjukan sendratari Ramayana biasanya ditampilkan di Candi Prambanan. Pertunjukan ini adalah gabungan antara seni tari dan drama yang mengangkat kisah Ramayana yang berusaha menyelamatkan istrinya, Sinta dari sekapan Rahwana.

Meski tanpa dialog, sendratari ini menampilkan gerakan yang memperkuat ekspresi. Dengan begitu diharapkan para penonton tetap bisa memahami maksud tarian tersebut meskipun tidak berasal dari latar belakang budaya yang sama.


2. Batik
Spoiler for :
7 Pertunjukan Seni Yang Memukau Wisatawan Asing

Quote:Batik adalah bentuk seni berupa kain yang dilukis dengan motif tertentu. Teknik tradisionalnya dilakukan dengan menggunakan lilin dan alat yang disebut canting. Tradisi menghias kain menyerupai batik memang ada di negara lain seperti Malaysia, Singapura, dan beberapa negara lain. Tapi, batik Indonesia yang paling terkenal mendunia di antara yang lainnya.

Batik buatan pulau Jawa punya sejarah panjang akulturasi budaya dengan pola beragam yang dipengaruhi oleh macam-macam budaya. Batik bukan cuma sekedar kain, tapi juga karya seni. Karena itulah pada Oktober 2009, UNESCO kemudian menetapkan batik Indonesia sebagai Warisan Budaya Lisan dan Nonbendawi Manusia.


3. Wayang
Spoiler for :
7 Pertunjukan Seni Yang Memukau Wisatawan Asing

Quote:Seni pertunjukan wayang sudah ada di Indonesia sejak berabad-abad yang lalu. Awalnya, wayang digunakan sebagai media untuk menyebarkan agama. Namun seiring berkembangnya zaman, kini pertunjukan tersebut menjadi sarana hiburan untuk masyarakat.

Di Indonesia, wayang memiliki bermacam-macam jenis. Mulai dari wayang kulit, wayang golek, wayang motekar, wayang rumput, dan lain-lain. Selain itu, wayang di Indonesia juga memiliki gaya bahasa dan keunikannya tersendiri yang berbeda dari wayang dari negara lain. Karena keunikannya, pada tahun 2003 UNESCO menetapkan wayang sebagai pertunjukan asli Indonesia dan merupakan Warisan Budaya Lisan dan Nonbendawi Manusia.


4. Angklung
Spoiler for :
7 Pertunjukan Seni Yang Memukau Wisatawan Asing

Quote:Angklung adalah alat musik tradisional terbuat dari pipa-pipa bambu yang berkembang di masyarakat Sunda, Jawa Barat. Angklumg memang bukan satu-satunya alat musik tradisional di dunia yang terbuat dari bambu, tapi kini telah menjadi salah satu yang paling populer dan mendunia.

Sejak Desember 2010, angklung juga sudah ditetapkan UNESCO sebagai Warisan Budaya Lisan dan Nonbendawi Manusia. Memainkan angklung bersama-sama membutuhkan kerjasama dan koordinasi. Karena itulah seni ini mendorong nilai-nilai kerjasama, menghormati orang lain, dan harmoni sosial.

Quote:


5. Reog
Spoiler for :
7 Pertunjukan Seni Yang Memukau Wisatawan Asing

Quote:Dari jawa Timur, ada seni pertunjukan menarik yaitu Reog. Seni ini menampilkan tarian dengan mengenakan topeng berbentuk kepala singa yang disebut dengan “Singa Barong”. Di bagian atas kepala singa, terdapat hiasan bulu-bulu merak yang ditempelkan sedemikian rupa sehingga terlihat seperti kipas raksasa. Hebatnya lagi, topeng Singa Barong ini beratnya bisa mencapai 50 hingga 60 kg dan hanya dibawa dengan menggunakan gigi.

Pertunjukkan Reog biasanya dimainkan oleh beberapa orang. Selain barongan, akan ada jathil yang menggambarkan prajurit berkuda, warok yang menggambarkan seseorang yang sempurna laku hidupnya, Klono Sewandono yang merupakan raja sakti, dan Bujang Ganongan atau Patih yang cekatan, cerdik, jenaka, dan sakti.


6. Gamelan
Spoiler for :
7 Pertunjukan Seni Yang Memukau Wisatawan Asing

Peralatan musik gamelan telah menjadi daya tarik besar bagi para turis yang datang ke Indonesia. Bahkan, Quote:karena saking populernya, orang-orang dari negara lain mulai berbondong-bondong mempelajari seni tradisional Indonesia ini.

Gamelan pertama kali muncul setelah budaya Hindu-Budha masuk dan menyebar di Indonesia. Instrumen musiknya kemudian dikembangkan pada masa Kerajaan Majapahit hingga bentuknya dikenal sampai seperti yang sekarang ini.


7. Tari Kecak
Spoiler for :
7 Pertunjukan Seni Yang Memukau Wisatawan Asing

Quote:Pertunjukan tari kecak dimainkan oleh puluhan laki-laki bahkan lebih yang duduk melingkar dan berpakaian kotak-kotak d sekitar pinggang. Tarian ini tidak memerlukan iringan alat musik, karena para penari menyerukan “cak” dalam tarian tersebut dan menggerakkan tangan dan lengan mereka untuk menggambarkan perang dalam kisah Ramayana yang dibantu oleh pasukan kera.

Kecak sebenarnya berasal dari ritual sanghyang yang dilakukan dalam kondisi tidak sadar. Tari Kecak kemudian menjadi populer setelah Wayan Limbak mempopulerkan tarian tersebut secara internasional dengan rombongan penarinya.


Quote:Itu tadi cuma sebagian seni dan budaya Indonesia yang membuat banyak warga di dunia begitu terpesona. Tidak jarang juga beberapa turis memutuskan untuk belajar tarian dan musik tradisional Indonesia. Jika orang dari negara lain saja begitu terpesona dan kagum dengan budaya Indonesia, bagaimana denganmu?

sumur : boombastis
Pertamax
Indonesia punya gan, kita lestarikan agar tidak diambil oleh malingasia
ane juga terpukau kalo nonton angklung,apalagi bule kali yak
Tari kecak bikin merinding gan
jaranan kok ga ada gan?
tradisional emang aura nya lebih.....berrrr
budaya indonesia memang sangat indahlah
mantap gan bebagai macam kebudayaan Indonesia
Mantaph dah indonesia mah
Keroncong ga dimasukin juga? Bule pada bingung tuh, tanpa alat muaik ritmis bisa jadi musik yg spektakuler
Quote:Original Posted By kamujahat21
Tari kecak bikin merinding gan


Tapi gw lebih merinding klo lewat kolong taman lawang yg legendaris itu..
dulu kalo di ajak nonton wayang ama bapak selalu molor
udah gede dikit2 ngerti arti ama alurnye jadi pengen nonton lagi
Wayang emang ga ada matinya


7 Pertunjukan Seni Yang Memukau Wisatawan Asing


"penyamun is not a sin"
~Penyamun Family~


7 Pertunjukan Seni Yang Memukau Wisatawan Asing
Ane dulu pernah tu nonton sendratari ramayana!
Emang pecah banget deh, kagum ane!
Apalagi latar belakangnya candi prambanan malam hari
ane jg terpukau
Jd pgn belajar batik hhehehe...
Seru jg sprtinya gan
==============================
Mohon bantuannya agan-aganwati
Rate + Share + Comment = 1x Cendol Gan
Valentino Rossi - No Winner But A Legend at 2015
Wonder Cat Women 17++ must be Look
#VersusKASKUS-3 menit Cara Praktis untuk Bahagia
ane udah nonton sendratari ramayana, sayangnya indoor pas itu ujan
Mantap budaya Indonesia mah..
kuda lumping gk ada ya gan
Via: Kaskus.co.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar