Pages


Selasa, 29 Maret 2016

Benda Terbesar Di Alam Semesta Dari Masing Masing Kategorinya!

Quote: WELCOME TO MY THREAD GAN



No Repsol



Quote:INTRO
Spoiler for :
Benda Terbesar Di Alam Semesta Dari Masing Masing Kategorinya!


Benda di ruang angkasa memiliki skala raksasa.

Mungkin tidak pernah dibayangkan oleh manusia dalam 30 tahun terakhir. Perlahan benda tersebut mulai terungkap, yang terlihat seperti meteor, planet, bintang dan galaksi. Sampai gas super raksasa yang sangat luas ada di ruang angkasa. Hanya baru baru ini saja mulai di teliti lebih lanjut oleh para ilmuwan.

Sekarang bisa diukur seberapa besar benda yang dilihat oleh manusia. Setelah mengetahui, ada beberapa benda di ruang angkasa yang tidak masuk akal bagi masyarakat umum.

Tetapi benda itu benar benar ada.

Dimulai dari benda diruang angkasa yang terkecil

Simak ulasan berikut gan

Benda Terbesar Di Alam Semesta Dari Masing Masing Kategorinya! Quote:Quote:1. ASTEROID TERBESAR ( CERES )
Spoiler for :
Benda Terbesar Di Alam Semesta Dari Masing Masing Kategorinya!


Melihat meteor yang jatuh, umumnya hanya bentuk batuan yang terbakar habis di atmofer. Bentuknya akan menngecil menjadi batuan atau hanya ukuran kerikil. Meteor hanyalah nama benda yang jatuh ke Bumi, sebelum jatuh atau tetap disana disebut asteroid dan komet. Asteroid dan Komet adalah benda yang mengorbit ke matahari, tapi lintasannya acak.

Kadang Asteroid dan Komet datang tiba tiba. Umumnya para astronom lebih dahulu melihat, dengan catatan bila ukurannya cukup besar.

Sisanya tidak pernah terlihat, dan tiba tiba saja jatuh dan membentuk bola api ketika menembus atmofer bumi.

Dimulai dari bentuk asteroid. Asteriod umumnya berbentuk batu yang kecil atau sangat besar. Batuan ini mengambang atau melayang liar di ruang angkasa. Bentuknya bisa seperti batu di bumi dan bentuknya rata rata tidak bulat. Tapi ukurannya sangat besar mencapai meter yang terkecil sampai puluhan km.

Tapi ada juga batu yang terus membesar sampai membentuk seperti bola batu raksasa. Pecahan Asteroid sebagian terkumpul dan mengorbit Matahari, sebagian tetap tidak bisa terditeksi.

Lalu apa bedanya antara asteroid, komet dan meteor. Sama saja sebagai batuan yang melayang bebas di ruang angkasa.

Meteor adalah batu yang jatuh ke bumi
Asteroid masih berada mengorbit seperti planet atau mengambang bebas. Material asteroid lebih banyak di dominasi batuan.
Komet seperti asteroid tapi komet umumnya mengorbit bebas serta belum tentu berasal dari lingkaran tata surya. Biasanya komet berasal dari Oort Cloud yang jauh di belakang planet Pluto. Memiliki orbit ke matahari dan kadang lewat mendekati matahari dan bumi. Ketika mendekati bumi, akan terlihat seperti memiliki buntut. Karena tekanan gelombang matahari mendorong lapisan es yang ada di komet sehingga buntut komet seperti menjauhi matahari.


Asteroid terbesar di tata surya kita adalah asteroid Ceres bentuknya sudah bulat dan ukurannya sangat besar dengan diameter 950km, lingkaran Ceres mencapai panjang pulau Jawa. Ditemukan 1 Januari 1801 oleh Giuseppe Piazzi. Menjadi asteroid pertama yang di klasifikasi sebagai planet (seukuran planet).

Lalu dimana saja ada benda asteroid atau batuan yang mengambang liar tersebut.

Tata surya kita memiliki 2 sabuk asteroid (cincin asteroid).
Asteroid Ceres ini terletak di sabuk asteroid (Asteroid Belt), tepatnya di belakang planet Mars dan sebelum planet Jupiter. Sabuk asteroid membentuk lingkaran kumpulan batuan / asteroid yang orbitnya mengitari matahari.

Pecahan batu asteroid disana umumnya memiliki ukurannya kecil, sampai sedang dan jumlahnya sangat banyak. Seperti batu berserakan tapi membentuk lingkaran sangat besar. Asteroid Ceres ini memiliki ukuran paling besar sampai terlihat dengan teleskop dari bumi.

Menurut penelitian, cincin asteroid tersebut sebenarnya sebuah planet yang gagal terbentuk. Ketika planet Jupiter bergerak mundur menjauhi matahari, bagian di dekat planet Mars tersebut terganggu dan gagal membentuk planet.

Lingkaran dari sabuk asteroid lainnya ada di sekitar planet Pluto. Disebut lingkaran sabuk Kuiper Belt berada setelah garis orbit planet Neptunus. Seperti Asteroid Belt, Kuiper belt memiliki lingkaran lebih besar lagi, mungkin 20x-200x lebih banyak dan terus memanjang sampai di belakang lingkaran planet Pluto.

Mengapa ada 2 sabuk asteroid terkumpul dalam bantuan kecil yang jumlah sangat besar.
Kembali melihat pembentukan sebuah tata surya. Terbentuk dalam waktu jutaan bahkan miliaran tahun. Sebuah bintang raksasa (asal mula matahari) pertama terbentuk, lalu membuat ledakan pertama. Lontaran debu dan gas di ruang hampa terdorong jauh sampai jutaan - miliaran km. Perlahan bintang yang tenang kembali tapi hidup menyala dengan sisa gas seperti sekarang ini (matahari sekarang)

Debu dan gas yang terlempar inilah dari sisa bintang raksasa akhirnya terkumpul kembali. Jadilah planet dan bintang utamanya adalah matahari, dan sekarang disebut tatasurya.

Perlahan gas dan batu akan menyatu kembali. Dari ukuran kecil sebesar kerikil, lalu saling tarik menarik dan membesar menjadi planet. Bila disekitar planet juga terdapat kandungan gas, maka planet akan menjadi planet gas seperti Jupiter, Saturnus, Neptunus dan Uranis. Karena sifat gas lebih ringan, akan terlempar lebih jauh. Membuat planet gas lebih berada di tengah.

Ketika terbentuk planet, seperti Venus, Jupiter, Saturnus dan lainnya. Planet bumi juga terbentuk dari kumpulan debu, dan mengalami proses jutaan tahun sampai akhirnya membentuk bola raksasa seukuran bumi.

Masih ada sisa sampah dari planet yang gagal terbentuk menjadi besar. Karena tidak semua planet terbentuk sempurna dan berakhir menjadi sabuk asteroid.

Terbentuknya sabuk asteroid diperkirakan bekas dari pecahan batu dari sisa pembentukan planet yang gagal. Seperti pembentukan planet bumi terbuat dari tumbukan batuan asteroid, batuan lain yang masih mengambang tertarik gravitasi benda yang lebih besar dan terus membesar sampai membengkak menjadi planet.

Seperti perkiraan pembentukan dibawah ini.

Planet, terbentuk dari batu besar, lalu menarik batu kecil sehingga ukurannya semakin membesar.
Asteroid adalah tabrakan dari 2 batu besar dan keduanya pecah berantakan sehingga gagal menjadi batu besar. Serpihannya ini yang disebut Asteroid Belt

Seandainya kedua sabuk tersebut tidak terjadi tabrakan yang menghancurkan. Mungkin ada 2 planet yang ukurannya sudah sama besar masuk di dalam daftar planet di tatasurya kita.

Manusia tidak pernah tahu apakah sabuk asteroid suatu hari akan membentuk menjadi sebuah planet utuh kembali. Mungkin jutaan bahkan miliaran tahun lagi, itupun seandainya manusia masih ada.

Sekarang tersisa sebuah asteroid paling besar yaitu Ceres dengan lapisan luar berbentuk debu, lalu es dan paling dalam batu inti. Mirip seperti bulan tapi ukuran asteroid Ceres jauh lebih kecil.

Dibawah lingkaran asteroid belt / sabuk asteroid yang berada diantara Jupiter dan Mars.

Spoiler for :
Benda Terbesar Di Alam Semesta Dari Masing Masing Kategorinya!


Dibawah ini posisi sabuk Kuiper Belt berada di sekitar planet Neptunus dan Pluto

Spoiler for :
Benda Terbesar Di Alam Semesta Dari Masing Masing Kategorinya!


Ketika jaman dinosaurus, bumi pernah ditabrak meteor sebesar 10km. Ketika itu kehidupan bumi nyaris hancur dan musnahnya kehidupan dinosaurus.

Bisa dibayangkan bila orbit asteroid Ceres terganggu dan lepas kendali dan mengarah ke bumi. Dampak tabrakan meteor seukuran 10km saja mampu menerbangkan debu ke atmofer dan menutup cahaya matahari masuk ke bumi. Membuat kondisi tumbuhan kesulitan melakukan fotosintetis, akhirnya dinosaurus kehabisan makanan. Bila ditabrak oleh asteroid sekesar Ceres, sejarah manusia mungkin tamat. Di bidang astronomi, Asteroid Ceres disebut juga Dwarf Planet atau planet kerdil.

Demikian juga terbentuknya bulan, diperkirakan dahulunya bumi pernah ditabrak oleh planet lain yang lebih kecil. Planet bumi tidak hancur dan planet lain yang menabrak akhirnya menjadi bagian bumi. Tapi tabrakan bumi dan Planet X juga berdampak dengan tersebarnya batuan ke luar angkasa. Pecahan tanah di bumi yang terlempar tersebut menjadi bulan yang melingkar orbitnya di bumi.

Spoiler for :
Benda Terbesar Di Alam Semesta Dari Masing Masing Kategorinya!


Ceres adalah batuan kecil yang membengkak menjadi besar dan Ceres adalah asteroid yang ada di sekitar tata surya.

Sekarang keluar dari tata surya kita.

Benda Terbesar Di Alam Semesta Dari Masing Masing Kategorinya! Quote:Quote:2.PLANET BERBATU TERBESAR ( WASP 17B )
Spoiler for :
Benda Terbesar Di Alam Semesta Dari Masing Masing Kategorinya!


Sebelum mengetahui ukuran planet berbatu terbesar yang pernah ditemukan. Kita perlu mengetahui bagaimana tata surya dan jenis planet terbentuk.

Secara umum pembentukan planet dalam tata surya kita memiliki 2 bagian. Planet bagian dalam dan planet bagian luar.

Planet dalam seperti bumi, Mars, Venus dan Merkurius umumnya berukuran lebih kecil dan disebut planet permukaan berbatu. Kandungan gas (seperti oksigen, hidrogen - atmosfer) di planet bagian dalam relatif sangat sedikit sehingga disebut planet berbatu. Jadi atmofer di bumi relatif lebih tipis.
Planet bagian luar umumnya berukuran besar posisinya lebih jauh dari matahari. Dan planet ini umumnya berbentuk planet gas seperti Jupiter, Neptunus, Saturnus dan Uranus. Disana mungkin intinya tidak berbeda dengan bumi, tapi gas yang dimilikinya jauh lebih besar.


Yang ini berbeda, penemuan planet Wasp 17B.
Karena planet ini ukurannya luar biasa besar dan memiliki kandungan material berbatu. Ditemukan di lingkar bagian dalam sebuah tata surya Wasp-17. Ukuran planet ini lebih besar dari Jupiter, mungkin 1.5 - 2x lebih besar dari Jupiter. Baru ditemukan tahun 2009, menjadi Exoplanet dan memegang rekor planet berbatu terbesar yang ditemukan di galaksi kita. Benar benar planet berbatu dan sangat besar.

Jarak dari bumi ke planet Wasp 17B sekitar 1000 tahun cahaya. Planet Wasp 17B diperkirakan memiliki lingkaran 300 ribu km. Bandingkan dengan diameter Bumi hanya sekitar 12.742km.

Seandainya ingin terbang keliling dunia dengan pesawat komersil dengan kecepatan rata rata 800km perjam, di bumi saja membutuhkan 15 jam nonstop. Disana mungkin membutuhkan waktu 375 jam atau setara 15 hari baru bisa mengelilingi satu putaran planet.

Bentuk planet ini besar ini diperkirakan dengan permukaan berbatu, tapi ukuran besar menjadi tidak biasa besarnya menjadi keunikan dari astronomi. Bandingkan dengan Jupiter yang ukurannya juga besar, tapi planet Jupiter memiliki kulit luar (atsmosfer) berbentuk gas yang tebal. Jadi intinya tidak sebesar badannya yang terlihat bongsor.

Planet Wasp 17B , ukurannya sudah besar dan isinya di dominasi dari batuan. Gravitasi disana dipastikan sangat kuat dan manusia tidak mungkin tinggal disana. Seandainya bisa berdiri disana aja, tekanan atmosfer dan gravitasi tidak bisa membuat manusia bisa berdiri.

Spoiler for :
Benda Terbesar Di Alam Semesta Dari Masing Masing Kategorinya!


.
Benda Terbesar Di Alam Semesta Dari Masing Masing Kategorinya! Quote:Quote:3. BINTANG TERBESAR NML CYGNI DAN CANIS MAJORIS
Spoiler for :
Benda Terbesar Di Alam Semesta Dari Masing Masing Kategorinya!


Masuk ke sisi bintang yang ada di galaksi Bima Sakti. Bintang di tata surya kita adalah matahari. Bisa dilihat link ini tentang Matahari terbuat dari apa
Melihat ukuran matahari terlihat sangat besar, menyala dan panas.

Tapi tidak ada artinya bila melihat diameter bintang yang ini. Masih berada di galaksi Bima Sakti. Beberapa bintang raksasa seperti bintang Cygni memiliki diameter 1-2 miliar km (bandingkan dengan diameter bumi yang hanya 12.742km).

Bintang kedua terbesar adalah bintang Canis Majoris yang hampir sama besarnya. Ukurannya setara 1650x dari rentang ukuran matahari. Bukan masanya, tetapi rentangnya atau panjangnya berlipat ribuan kali dari matahari. Dibayangkan seperti gas super dasyat besarnya dan menyala serta membakar di ruang hampa. Hanya berdasarkan kepadatan, bintang Canis Majoris adalah bintang yang pernah diukur dan menjadi bintang terbesar yang pernah di temukan astronom saat ini.

Ukuran bintang seperti Canis Majoris tidak banyak di galaksi kita. Tapi tidak diketahui apakah ada bintang lebih besar dari Canis Majoris lain yang belum terlihat atau di galaksi lain.

Volume bintang NML Cygni memuat lebih 4,5 miliar matahari dan angka tersebut tidak salah. Gambar dibawah dengan titik kuning kiri atas adalah matahari (Sol = Solar). Dibanding dengan 2 ukuran bintang super raksasa tersebut.

Seandainya kedua bintang raksasa ini mengantikan matahari. Setiap hari manusia akan melihat cahaya bintang ini dan siang hari hanya tampak cahaya terangnya si bintang raksasa akan menghiasi langit. Karena kita akan tinggal di dalam bintang tersebut.

Karena salah satu bintang tersebut memiliki lingkaran bintang mencapai planet Saturnus.

Spoiler for :
Benda Terbesar Di Alam Semesta Dari Masing Masing Kategorinya!
Benda Terbesar Di Alam Semesta Dari Masing Masing Kategorinya!


Walau ukurannya besar, cahaya bintang yang jauh maka cahayanya akan terlihat redup. Dari seluruh bintang terbesar, hanya 10 bintang yang terlihat paling terang di bumi. (- magnitude adalah kekuatan cahaya terlihat di bumi)

Sirius (-1.46)
Canopus (-0.72)
Alpha Centauri (-0.27)
Arcturus (-0.04)
Vega (0.03)
Capella (0.08)
Rigel (0.12)
Procyon (0.38)
Achernar (0.46)
Betelgeuse (0.50)
Benda Terbesar Di Alam Semesta Dari Masing Masing Kategorinya!
Quote:Quote:4. BLACK HOLE ( LUBANG HITAM TERBESAR )
Spoiler for :
Benda Terbesar Di Alam Semesta Dari Masing Masing Kategorinya!


Blackhole atau lubang hitam umumnya terbentuk di tengah sebuah galaksi. Ada 2 kategori black hole.

Black hole raksasa berada sebagai pusat galaksi dengan ukuran black hole terbesar.
Kedua black hole yang berasal dari bintang raksasa yang mati dan berubah menjadi black hole kecil.

Walau Black Hole bisa saja terbentuk dari sebuah bintang mati, tetapi jumlahnya tidak terlalu banyak di galaksi kita. Hanya Black Hole atau lubang hitam terbesar dipastikan ada dan menjadi titik pusat sebuah galaksi.

Banyak kalangan astronom mengatakan benda ini ukurannya sangat besar dan warnanya hitam pekat. Memiliki gaya tarik sangat kuat, mampu membelokan cahaya dan cahaya tidak bisa tembus keluar bila melintas di dekatnya.

Walau ukurannya sangat besar, sampai saat ini tidak bisa melihat seperti apa bentuknya. Benda tersebut diperkirakan sangat padat, hitam dengan gravitasi sangat kuat dan duduk di tengah sebuah galaksi. Ukurannya tidak pernah bisa diketahui secara pasti, yang pasti amat sangat besar.

Benda Black Hole adalah benda yang pertama kali terbentuk sebelum isi galaksi terbentuk. Jauh sebelum terbentuknya tata surya, planet, dan bintang yang ada serta benda lain tersebut akan mengikuti atau mengelilingi si Black Hole. Ukuran Black Hole sudah pasti amat sangat besar karena menjadi pusat sebuah galaksi.

Ketika pembentukan awal galaksi terjadi , benda inilah yang pertama muncul dan menarik semua materi gas dan debu lebih dahulu. Bayangkan, bintang seperti matahari menjadi titik utama tata surya, ukurannya sudah sangat besar. Blackhole adalah inti dari galaksi.

Uniknya, benda ini tidak bercahaya seperti bintang, hanya ukuran dan kepadatan sampai gravitasinya sangat raksasa.

Ada 2 studi dalam mempelajari lubang hitam atau Black Hole terbesar yang pernah diketahui.
Black Hole dari di galaksi NGC 1277, jauhnya sekitar 220-250 juta tahun cahaya dari bumi. Galaksi tersebut ditemukan tahun 1875 oleh Lawrence Parsons.

Dengan teknologi modern, sekarang dapat disimpulkan ukuran si Black Hole di galaksi NGC 1277 amat sangat raksasa. Ukurannya sekitar 17+ miliar kali dari isi matahari. Bila diukur dalam jarak, mencapai 11x dari lingkaran planet Neptunus yang memutari Matahari atau setara 300 AU. Agak susah membayangkan lubang hitam disana.

Mengapa Black Hole ini dapat berubah menjadi benda raksasa sedemikan besarnya. Menurut ilmuwan, selama pembentukan inti galaksi, benda black hole akan terus menarik material padat dan gas disekelilingnya.

Kita bisa melihat mundur dengan awal mula pembentukan galaksi. Dimulai dari gumpalan debu dan gas yang mengambang dengan volumenya yang sangat besar di ruang angkasa. Perlahan galaksi akan berputar. Waktunya entah mencapai jutaan tahun sampai membentuk menjadi galaksi yang utuh, dan pusat galaksi adalah si Black Hole itu.

Ini yang unik dan terjadi di galaksi NGC 1277. Ketika pembentukan sebuah galaksi, material debu raksasa lebih dahulu tertarik oleh gravitasi si black hole. Kata sederhananya benda ini pertama kali yang memakan dan melahap semua materi pada di galaksi.

Umumnya sebuah Black Hole hanya memakan atau menarik 0,1% materi material galaksi sedangkan sisanya membentuk benda lain seperti planet dan bintang.

Entah mengapa black hole di inti galaksi NGC 1277 begitu rakus, Black Hole ini mengambil massa 14% dari isi debu galaksinya sendiri sehingga ukurannya membengkak tidak karuan.

Spoiler for :
Benda Terbesar Di Alam Semesta Dari Masing Masing Kategorinya!


Bisa dibayangkan ukuran pada gambar diatas. Ukuran Black Hole NGC 1277 adalah lingkaran pada gambar kiri bawah. Sedangkan orbit planet bumi sampai planet Jupiter masih kalah besar dari diameter badan Black Hole ini.

Benda tersebut luar biasa besarnya, begitu padat dengan kekuatan gravitasi sangat besar. Bila ukuran bintang raksasa masih bisa di ukur dalam radius dan ukurannya. Untuk black hole, tidak ada penelitian tentang inti dan besarnya seperti apa, karena melihat si black hole saja belum bisa dilakukan. Hanya perkiraan bentuknya bisa dihitung melihat dari garis horison di sekitar black hole.



LANJUT BAWAH GAN
Benda Terbesar Di Alam Semesta Dari Masing Masing Kategorinya! Quote:Quote:5. NEBULA TARANTULA TERBESAR
Spoiler for :
Benda Terbesar Di Alam Semesta Dari Masing Masing Kategorinya!



Setelah mengetahui black hole, ada lagi sisa gas di sekitari galaksi kita. Nebula adalah kumpulan gas dan debu raksasa yang mengambang di ruang angkasa. Gas nebula adalah sisa dari pembentukan sebuah galaksi dan tertinggal disana. Disebut juga sisa gas dan debu yang terlambat membentuk bintang dan planet. Sedangkan bagian gas dan debu lainnya sudah terkumpul dalam lingkaran sebuah galaksi.

Bayangkan kita memutar perlahan piring yang berisi air, maka ada percikan air yang keluar dari piring. Hanya sedikit saja, sisa air itulah yang diperumpamakan sebagai Nebula. Sementara sisi air paling banyak menjadi galaksi, sisa gas yang tidak tertarik ini menjadi gas nebula.

Gas Nebula akan terlihat abadi dan bentuknya tetap. Tetapi suatu hari terpicu oleh ledakan atau dorongan di ruang hampa, gas tersebut dapat berubah menjadi beberapa bintang yang lahir terlambat. Bila gas raksasa disana mulai terdorong lalu mulai berputar, dimulainya proses pembentukan galaksi mini di nebula. Dari titik tengah lalu ke sisi luar dan mulai membentuk piring galaksi. Prosesnya memakan waktu sangat lama, entah berapa tahun sampai membentuk menjadi galaksi atau tata surya lain seperti galaksi kita.

Satu nebula unik disebut nebula Tarantula atau nama lain 30 Doradus atau calon galaksi NGC 2070, bentuknya disebut unik. Karena memilik ukuran paling besar dari nebula lain di pinggiran galaksi kita. Disana sudah tampak beberapa cahaya bintang yang baru lahir di dalam gas Tarantula, bintang disebut juga lahir terlambat. Jumlahnya saat ini sekitar 450 ribu bintang tapi tertutup kabut gas di bagian luar. Bila dilihat dari bumi, bentuknya sekarang masih utuh seperti kabut. Jaraknya 160 ribu tahun cahaya dari bumi, dan benda ini memiliki radius 300 tahun cahaya (galaksi Bimasakti memiliki rentang 100.000 tahun cahaya)

Diperkirakan pembentukan bintang di nebula Tarantula baru berumur 2-3 juta tahun. Mungkin suatu hari akan tampak kumpulan bintang setelah semua gas habis tertarik oleh benda disana. Karena benda ini relatif tertutup gas, para ahli memerlukan 3 teleskop berbeda untuk mengukur isi di dalamnya.

Foto dibawah ini diambil dari 3 teleskop berbeda. Warna biru dari teleskop Chandra X-Ray, Hijau Hubble optik dan Merah Spitzer Infra Red
Kombinasi ketiganya baru terlihat ada apa dibalik gas tersebut di gambar kedua. Mungkin dimasa mendatang disana juga muncul beberapa planet juga.

Spoiler for :
Benda Terbesar Di Alam Semesta Dari Masing Masing Kategorinya!


Dibawah ini bentuk penampakan bintang yang ada di kabut gas dan debu raksasa tersebut.

Spoiler for :
Benda Terbesar Di Alam Semesta Dari Masing Masing Kategorinya!


Melihat tebalnya masa gas dan debu di tempat tersebut, ilmuwan memperkirakan bintang yang lahir disana akan lebih banyak. Materi gas yang sangat besar akan membentuk bintang lebih besar dari matahari. Menjadi nebula terbesar yang ada di samping galaksi Bima Sakti.

Benda Terbesar Di Alam Semesta Dari Masing Masing Kategorinya! Quote:Quote:6. BLOB LAB-1 TERBESAR
Spoiler for :
Benda Terbesar Di Alam Semesta Dari Masing Masing Kategorinya!




Lab atau Lyman Alpha Blobs adalah awan gas raksasa yang terpusat dan memancarkan elemen Lyman-Alpha. Diameter gas ini luasnya mencapai 300.000 tahun cahaya. Letaknya di Konstelasi Aquarius.

Hanya terlihat dari teleskop khusus ukuran besar dan benda ini terlihat menyala. Menjadi struktur gas terbesar di alam semesta yang ditemukan. Peneliti mengatakan disana ada kandungan yang kaya gas hidrogen dan luar biasa besarnya seperti awan super raksasa di ruang hampa. Gas Hidrogen adalah salah satu bahan utama dalam pembentukan dan lahirnya bintang di alam semesta dan menjadi materi tertua di kosmik. Bintang terbentuk dengan material terbesar hidrogen yang nantinya membakar dari sumber kumpulan gas seperti ini, sehingga bintang dapat menyala dan bercahaya seperti matahari.

Blob Lab-1 jaraknya sangat jauh, 11,5 miliar tahun cahaya dari bumi. Baru ditemukan tahun 2000 oleh pusat observasi teleskop Palomar. Astronom mengatakan benda ini merupakan galaksi paling muda. Diperkirakan bentangannya 3x panjang galaksi Bima Sakti. Bukan ukurannya yang besar, tapi keunikan dari kandungan gas yang terkonsentrasi disana yang dibanding kandungan hidrogen terbesar yang pernah ditemukan. Tidak jelas mengapa benda tersebut menghasilkan cahaya bila diamati oleh teleskop infra-red.

Kiri dari teleskop biasa hanya terlihat titik biru, tengah bentuk dari teleskop besar, paling kanan adalah rekaan gambar artis.

Spoiler for :
Benda Terbesar Di Alam Semesta Dari Masing Masing Kategorinya!


Benda Terbesar Di Alam Semesta Dari Masing Masing Kategorinya!
Quote:Quote:7.GALAXY IC 1101 GALAXY TERBESAR (diukur)
Spoiler for :
Benda Terbesar Di Alam Semesta Dari Masing Masing Kategorinya!


Setelah mengetahui lubang hitam dan gas, masih ada lagi benda terbesar di alam semesta.
Galaksi IC 1101 adalah galaksi terbesar yang pernah ditemukan. Mengapa galaksi ini amat sangat besar.

Para astronom memperkirakan dahulunya galaksi ini pernah bergabung (bertabrakan) dengan galaksi lain. Kedua galaksi raksasa ini saling menyatu dan menjadi sebuah galaksi baru yang lebih besar. Tidak hanya satu galaksi yang menabrak galaksi ini, diperkirakan pernah terjadi tabrakan dengan galaksi lainnya

Memiliki lebar 6 juta tahun cahaya. Dibanding galaksi Bima Sakti sudah sedemikian besar hanya membentang dengan lebar 100.000 tahun cahaya.

Di Galaksi IC 1101 diperkirakan menjadi rumah dari 100 triliun bintang (belum termasuk jumlah planet), tentu saja bentangan sangat besar, 6 juta tahun cahaya.

Bisa dilihat perbandingan galaksi Bima Sakti dengan galaksi IC 1101 pada gambar. Dibawah ini ukuran dari IC 1101, jauhnya sekitar 1 miliar tahun cahaya dari bumi.

Spoiler for :
Benda Terbesar Di Alam Semesta Dari Masing Masing Kategorinya!


Bisa dilihat pada gambar diatas galaksi Bima Sakti ada disisi paling kiri, dan begitu kecilnya bila dibandingkan galaksi IC 1101
Benda Terbesar Di Alam Semesta Dari Masing Masing Kategorinya!
Benda Terbesar Di Alam Semesta Dari Masing Masing Kategorinya! Quote:Quote:8. SUPERVOID
Spoiler for :
Benda Terbesar Di Alam Semesta Dari Masing Masing Kategorinya!


Disebut sebagai gumpalan bola yang membentang 1,8 miliar tahun cahaya. Tetapi disana tidak ada isinya. Tim Szapudi menyebut area Cold Spot atau tempat dingin yang memanjang. Bukan kosong, hanya isinya lebih sedikit dibanding tempat lain.

Bentuk Supervoid pernah ditemukan, hanya yang satu ini sangat besar seperti ini. Sementara area lain di alam semesta terlihat memiliki isi. Peneliti masih mencari jawaban mengapa tempat tersebut lebih kosong dibanding tempat lain. Digambarkan dari foto satelit observasi Plank, membentuk garis berwarna biru yang memanjang.



Seberapa besar kekosongan daerah tersebut. Mencapai 1,8 miliar tahun cahaya. Lubang yang disebut SuperVoid tersebut bukan satu satunya ada di alam semesta. Tapi lokasi ini menjadi lubang paling sepi terbesar. Bahkan abnormal kata peneliti.

Diperkirakan di bentangan yang kosong hanya terdapat 10 ribu galaksi saja. SuperVoid adalah daerah yang tidak kosong sepenuhnya. Hanya memiliki 20% kandungan dari alam semesta dibanding daerah lain. Tempat tersebut berada 3 miliar tahun cahaya jauhnya dari Bumi.

.


Quote:Quote:9. RADIO LOB 3C 246
Spoiler for :
Benda Terbesar Di Alam Semesta Dari Masing Masing Kategorinya!


Salah satu penyebab dari 2 galaksi yang menyatu, pembentukan awal galaksi. Karena ukuran dan masa lubang hitam sangat besar, memunculkan semburan yang disebut Jet ditengah galaksi.

Bentuknya seperti gambar dibawah bagian kanan atas, ada bagian semburan gas diatas dan bawah yang terlempar dari inti galaksi tersebut. Bentangannya mencapai 40 juta tahun cahaya. Kondisi munculnya gelombang radio di galaksi ini merupakan awal terbentuknya sebuah galaksi.




Huge LQG atau Quasar dalam grup besar.
Huge LQG atau nama lainnya U1.27 menjadi kelompok quasar terbesar yang pernah ditemukan. Setidaknya ada 73 quasar dan lagi lagi memanjang membentuk pola sepanjang 4 miliar tahun cahaya. Baru ditemukan pada bulan Januari 2013. Benda ini menjadi struktur terbesar yang pernah di amati di alam semesta.

Mundur sedikit dengan arti kata Quazar.
Quazar adalah benda / cahaya yang ditimbulkan ketika proses awal terbentuknya inti galaksi. Benda tersebut terlihat energik dan sedang tumbuh dan memunculkan cahaya. Cahaya yang terbentuk berasal dari sebuah black hole yang menyemprotkan radiasi kearah atas dan bawah dari inti galaksi.

Selama proses pembentukan, Black Hole akan menarik sebagian gas atau benda lain. Kata lain black hole yang sedang melahap semua materi terdekat. Karena intinya sangat padat, sisa gas yang tertarik disemburkan ke titik atas dan bawah.

Dan letak penampakan cahaya Quazar sangat jauh, mencapai jutaan tahun cahaya. Seperti melihat waktu mundur ketika terjadinya pembentukan galaksi di alam semesta.

Berbeda dengan cahaya bintang, cahaya dari Quazar seperti gelombang radiasi radio. Melepaskan energi dalam jumlah jutaan, miliar bahkan triliunan elektron. Energi sebesar itu akan terlihat seperti cahaya dari pengamatan astronomi. Nama lainnya disebut juga Blazar atau radio galaksi.

Suatu hari nanti cahaya dari Quazar akan hilang, karena black hole sudah tenang dan benda yang ada disekitarnya sudah habis ditelan. Dan terbentuklah sebuah galaksi seperti biasa.

Bentuk artis quazar seperti dibawah ini

Spoiler for :
Benda Terbesar Di Alam Semesta Dari Masing Masing Kategorinya!


Karena pembentukan Quazar menjadi cikal bakal galaksi. Di tempat LQG terlihat beberapa quazar. Diperkirakan semuanya membentang dalam satu pola. Begitu banyak Quazar ditemukan pada 3 bagian dibawah ini.

Sebelumnya struktur terbesar ini ada di nomor 2 terbesar yang disebut Sloan Great Wall. Sama seperti Huge LQG dengan pola galaksi sangat banyak.

Great Wall CFA2 ditemukan tahun 1989 oleh Margaret Geller dan John Huchra berdasarkan penelitian Redshift. Jaraknya membentang antara 500 juta tahun cahaya dan lebarnya 300 juta tahun cahaya.
Tahun 2003 ditemukan lagi Sloan Great Wall atau SDSS Great Wall. mengunakan Sloan Digital Sky Survey oleh J Richard Gott dan Mario Juric dari universitas Princeton. Membentang 1,3 miliar tahun cahaya.
Yang terakhir dan terbesar adalah Huge LQG yang baru ditemukan awal tahun 2013
Update Maret 2016, struktur terbesar BOSS

Name Length Dimensions Diumumkan
1. Sloan Great Wall 420 Mpc (1.37 Gly) - 2003, October
2. The Great Wall 153 Mpc (500 Mly) 500*300*15 Mly 1989
3. Lyman-alpha blob 61 Mpc (200 Mly)
2006, July
4. BOSS 1 Bil-ly
2016, Maret
Mpc = megaparsec = 106 pc; Gly = giga light-year = 109 ly;

Dibawah ini struktur Great Wall

Spoiler for :
Benda Terbesar Di Alam Semesta Dari Masing Masing Kategorinya!


Astronom memetakan dengan Baryon Oscillation Spectroscopic Survey atau BOSS. Upaya seluruh kegiatan astronomi internasional untuk memetakan galaksi dan quasar di awal alam semesta.
Benda yang dibuat dalam bentuk gambar animasi ini adalah 830 galaksi yang terpisah dan terhubung dengan gravitasi ke dalam 4 super cluster dan lapisan gas panas.
Luas dari BOSS mencapai 10.000x galaksi Bima Sakti. Berada pada jarak 4,5 sampai 6,5 miliar tahun cahaya dengan panjang 1 miliar tahun cahaya
BOSS lebih besar 2/3 dari penemuan SLoan Great Wall yang ditemukan tahun 2003.

.

Benda Terbesar Di Alam Semesta Dari Masing Masing Kategorinya! Quote:Quote:10.STRUKTUR TERAKHIR ADALAH COSMIC WEB, ATAU ALAM SEMESTA ITU SENDIRI
Spoiler for :
Benda Terbesar Di Alam Semesta Dari Masing Masing Kategorinya!


Bentuknya seperti jaring yang mengikat beberapa galaksi dan benda lainnya. Agak sulit mengambarkan bentuk Cosmic Web ini.

Seperti melihat luasnya alam semesta keseluruhan, Cosmic Web adalah gambar dari kumpulan titik titik dari miliaran galaksi yang seakan saling terhubung membentuk pola gambar. Dan bentuk gambarnya menyerupai jaring.

Penemuan diatas adalah penemuan baru dalam beberapa dekade. Bisa berubah dalam beberapa tahun mendatang. Seperti penemuan Great Wall dari rentang galaksi baru ditemukan tahun 1989, disusul penemuan kedua tahun 2003 dan terakhir LQG pada tahun 2013.

Dibawah ini rekaan gambar dari Cosmic Web, membentuk seperti pola jaring bila melihat susunan seluruh galaksi yang ada.

Spoiler for :
Benda Terbesar Di Alam Semesta Dari Masing Masing Kategorinya!


.
Benda Terbesar Di Alam Semesta Dari Masing Masing Kategorinya!

Quote:Quote:PENUTUP


oke gan, selesai sudah kita membahas seluruh benda di alam semesta ini berdasarkan kategorinya masing masing, Ilmu astronomi adalah hal yang menarik. Tidak mempelajari bintang, bulan atau planet saja. Tetapi melihat pembentukan alam seperti benda benda lain yang sangat besar ternyata banyak ditemukan di alam semesta ini.

intinya alam semesta yang begitu luas ini adalah sebagai bukti bahwa kita umat manusia bukanlah satu satunya yang hidup di jagad raya ini


Semoga bermanfaat gan




Sumur : [urlhttp://www.universetoday.com/13507/what-is-the-biggest-star-in-the-universe/[/url]


Quote: Mampir gan
Quote:

Tempat Terdingin Di Alam Semesta!

Menelusuri Jejak Kehidupan Di Semesta Raya Lain!

Saat Matahari Menuju Fase Menjadi Raksaksa Merah, inilah Dampaknya bagi Bumi

Bulan Bulan Di Tata Surya Yang Berpotensi Memiliki kehidupan!

Zoom Out From Earth To Universe And Zoom In From Universe To The earth

Teori Tentang Realitas Dan Alam Semesta

Yang Dirasakan Manusia Jika Berada Di Luar Angkasa Tanpa Pakaian Astronot!

Yang Bakal Terjadi Jika Manusia Masuk Kedalam Black Hole!!

Gunung - Gunung Berapi Aktif Di Tata Surya!

Manusia Baru Make 10% Otaknya, gimana kalo 100%?

Badai Mengerikan Di Tata Surya Kita!

Planet Dan Satelit Tetangga Kita Juga Punya Lautan! Namun Berisi Materi Lain

Beberapa Exotic Exo Planet Ganas Dan Juga Mempunyai Lingkungan Yang Habitable Zone!

Terraforming, Teori Yang Mengubah Habitat Planet Lain

Berbagai Destinasi Planet Luar, Yang Cocok Untuk Dijadikan Objek Wisata Luar Angkasa

Berimajinasi Tentang Kota Di Masa Depan

Akankah Seperti Ini Sosok Bumi Di Masa Depan

Yang Akan Terjadi, Jika Bulan Kita Meledak !

Beberapa Proyek Science Fiction Yang Sudah, Dan Mungkin Akan Jadi Kenyataan !

Hal Hal Yang Ente Anggap Modern Padahal Udah Ada Di Zaman Kuno!

trit keren, ane suka tentang luar angkasa
NGC itu ada berapa ya gan, banyak banget ya..
Kalo Calisto segede apa ya..



Benda Terbesar Di Alam Semesta Dari Masing Masing Kategorinya!

"penyamun is not a sin"
~Penyamun Family~
Keren nih gan. Jgn dkt2 blackhole ya. Tar kesedot
mantep tritnya tentang luar angkasa menambah pengetahuan dan ane betah bacanya


cendolnya besok ya gan belum mateng
Trit keren gan
Tp kl ente bilang:
"intinya alam semesta yang begitu luas ini adalah sebagai bukti bahwa kita umat manusia bukanlah satu satunya yang hidup di jagad raya ini"
Mnurut ane blm bisa dibilang begitu (dr sisi science). Krn blm ada pembuktian konkret ttg hal tersebut
Kita hanya sebesar debu dibandingkan alam semesta
Kita tuh kecil banget ya gan di alam semesta ini....

kecil banget kayak bakteriii....

mangkanya jangan sombong.... karna harta duniawi kita tuh gak ada apa2nya di alam semesta ini...
beuhh, alam semesta memang benar benar gak terbatas gedenya
planetarium di bandung ada ga ya?
misteri alam emang asik dikuak gan

Bantuin Wonder Woman Milih Yuk, antara Kolor Merah vs Kolor Hitam
Quote:Original Posted By tante.penyamun
NGC itu ada berapa ya gan, banyak banget ya..
Kalo Calisto segede apa ya..



Benda Terbesar Di Alam Semesta Dari Masing Masing Kategorinya!

"penyamun is not a sin"
~Penyamun Family~


Banyak gan, galaxy ncc ada nomer urut nya masing2 calisto ntu apa gan? galaxy samsung yak ?

entah kenape gw abis baca nih trit, gw punya passion pergi ke black hole bray
Quote:Original Posted By hatabombaaa
entah kenape gw abis baca trit ini, gw punya passion pergi ke black hole bray


black hole disitu kediaman raja kegelapan

yo bray
Matahari cuma sepiksel dibanding canis majoris
alam semesta luas bgt bumi aja bagaikan debu
Quote:Original Posted By wahyudit


Banyak gan, galaxy ncc ada nomer urut nya masing2 calisto ntu apa gan? galaxy samsung yak ?



Calisto itu bulannya jupiter gan. Yang terbesar kedua.. kok jadi galaxy samsung??


Benda Terbesar Di Alam Semesta Dari Masing Masing Kategorinya!

"penyamun is not a sin"
~Penyamun Family~
Gila keren banget om
ikut nyimak ah,, mantap gan. kita manusia emang kecil. jadi gak usah sombong

pejwan gemboked
Via: Kaskus.co.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar