Pages


Rabu, 27 April 2016

Kontroversi Winglet MotoGP

no repost
Kontroversi Winglet MotoGP
HT PERTAMA ANE
Kontroversi Winglet MotoGP

Kontroversi Winglet MotoGP
...salam hangat buat kaskusers semuanya. menyambut 30th penyelenggaran GP Jerez, trit kali ini berisi tentang motoGP (jelas cuuk, jdulnya aja motoGP). Walaupun udah sampai seri ke-4, msih tep aja kontroversi terkait regulasi baru musim ini. Kalo Michellin sih dah bsa diatasi, tinggal satunya, WINGLET!!

Apaan tuh Winglet??
ok deh...winglet is sayap tambahan pada motor yg fungsinya buat aerodinamis (mengatur laju angin). nih contoh winglet

pada repsol hondaKontroversi Winglet MotoGP

yang mana....eh, yamahaKontroversi Winglet MotoGP

then, ducatiKontroversi Winglet MotoGP

awal mula penggunaan winglet tuh dari tim ducati (biang kerok tuh emang). Ducati sampai saat ini menjadi motor tercepat n susah dikendaliin, cos speednya nyampek 345 km/jam (gillaaa...)
Dg tenaga yg luar biasa tersebut membuat ducati pada trek lurus ban depannya cenderung terangkat. Nah, Fungsi dari 'winglet' ini diharapkan dapat membantu downforce (gaya tekan ke bawah) saat akselerasi agar ban depan tidak terangkat (wheelie) pada saat kecepatan tinggi. Jika ban depan terangkat saat akselerasi maka tenaga mesin tidak tersalurkan dengan baik karena hanya ban belakang yang menapak di aspal

Teori Winglet
Winglet bekerja sesuai hukum Bernoulli...siapa tuh?? tanya opa google aja gan, yg jelas bukan artis vokep hhh....nih rumusnya, ts fotoin dari buku fisika tsKontroversi Winglet MotoGP
Disitu kecepatan angin (v), berbanding terbalik dg tekanan(p). so, winglet dibuat dg mengalirkan angin kebawah sayap (Vb lebih besar) agar ada gaya tekan dari atas ke bawah (Pa lebih besar).

Pendapat para riders
Pemakaian perangkat Winglet ini mulai ramai dibicarakan sejak Ducati Desmosedici GP14.2 (motor Andrea Iannone) menyerempet pembalap tim Repsol Honda, Marc Marquez pada pembuka balapan di sirkuit Termas de Rio Hondo Argentina beberapa waktu yang lalu. Saat itu, posisi Iannone begitu dekat winglet sisi kiri pada Ducati menghantam punggung Marquez. Meskipun Marquez tidak mengalami cidera, namun hantaman winglet berbekas pada baju balapnya.
Insiden tersebut lantas menyita perhatian race direction, dan segera menganalisa hasil rekaman insiden yang terekam dari kamera yang ada di motor pembalap. Insiden tersebut juga membuat kamera belakang di RC213V tunggangan Marquez terjuntai saat memasuki pit. Dengan kejadian itu diharapakan nantinya race direction membuat regulasi yang akan mengatur letak/posisi dan struktur winglet tersebut .

lalu gimana pendapat para riders?? ikuti wawancara ts bersama para rider motogp...cekidot

Dani Pedrosa
Kontroversi Winglet MotoGP
Dani Pedrosa, menyerukan agar MotoGP melarang penggunaan komponen sirip aerodinamika tambahan atau winglets tersebut demi alasan keselamatan, hal itu disampaikan menyusul tabrakan antara dia dengan Dovizioso di Austin, Texas, pada balapan yang lalu. Memang bukan winglets itu yang menyebabkan kecelakaan, namun Pedrosa mengkhawatirkan komponen tersebut akan membayakan keselamatan pembalap jika membentur tubuh. “Pendapat pribadi saya adalah kami harus menghentikan penggunaan winglets demi alasan keselamatan. Di Argentina kita melihat bagaimana winglets Andrea (Iannone) bisa memotong kamera on-board Marc (Marquez), artinya itu cukup kuat" serta menambahkan "Jika benda itu bisa merusak kamera, dampaknya bisa lebih buruk jika menghantam badan."

Lanjut ke Baby Allien
Marc Marquez
Kontroversi Winglet MotoGP
Marc Marquez, juga mengatakan tidak senang dengan pemakaian sayap pada motornya dan berharap untuk seri balapan selanjutnya seluruh motor tidak lagi disuruh untuk menggunakan sayap pada kedua sisinya. “Aku di motor merasakan ada hal yang aneh. Karena memilikinya (sayap) di Honda, akan tetapi untuk secara pribadi aku tidak menyukai. Alasan yang kedua adalah adanya insiden yang terjadi pada minggu kemarin (di GP Austin). Saya memandang akan terdapat insiden yang terjadi lebih buruk lagi yang dikarenakan oleh adanya sayap tersebut. Saya berharap semoga saja aturan tentang sayap ini bisa segera untuk dibatasi”

Lanjut, Legendnya
Valentino Rossi
Kontroversi Winglet MotoGPValentino Rossi, malah secara blak-blakan mengakui kalau dirinya bukan penggemar berat sayap aerodinamika atau winglet tersebut “Saya tidak suka winglet karena jelek! Lagipula saya tak merasakan adanya pengaruh. Selain itu, ketika melaju di kecepatan tinggi, winglet ini sering kali menimbulkan turbulensi. Saat Anda mengekor di belakang motor dengan winglet yang besar, motor Anda akan kehilangan keseimbangan,” dan juga menambahkan “Saya tidak tahu apakah winglet ini akan membuat perbedaan dan mempengaruhi tingkat keselamatan. Jika winglet-nya kecil, saya rasa tidak terlalu berbahaya. Tapi, intinya saya tetap tidak suka!,”
...waahhh, tegas banget ya!!

next, juara kemarin
Jorge LorenzoKontroversi Winglet MotoGP
Jorge Lorenzo, justru merasa teknologi Aerodynamic Winglet sesungguhnya adalah strategi jadul dari tim Yamaha sekitar lima belas tahun lalu. Dimana saat itu, Carlos Cecha dan Max Biaggi menggunakannya namun dinilai kurang memberi dampak positif. "Penampilan mereka kurang begitu menanjak selama beberapa tahun pasca menggunakannya. Tetapi kami akan mencobanya lagi saat latihan dan balapan musim ini," juga menambahkan “Kami masih belum yakin dan harus melihat telemetri. Saya merasa tidak ada perbedaan besar, tapi jika itu bisa memberikan keuntungan sedikit itu akan lebih baik.” tambah Lorenzo.

capek muter2 wawancara, gpp deh buat kaskuser apa sih yg enggak. Lanjut pembalap tech3
Bradley SmithKontroversi Winglet MotoGP
Bradley Smith, juga mengaku terganggu dengan keberadaan Winglet di motornya dan merasa tidak mendapatkan benefit apapun dari penggunaan winglet tersebut "Ketika membuntuti motor ber-winglet, motor kami goyah, seolah menjadi ringan. Motor kami bergetar, dan dalam kecepatan 340 km/jam, tepat sebelum Anda mengerem, ini bukanlah yang terbaik. Selain itu, tampaknya terjadi turbulensi ketika Anda mengerem di belakang Ducati. Begitu aneh,"
...aneh ndasmu..

kalo menurut para pengamat gimana yah...
Matteo GuerinoniKontroversi Winglet MotoGP...kudu piye kepala loe...

mantan pembalap yang saat ini jadi komentator siaran langsung MotoGP di TV Nasional mengatakan bahwa winglet memberikan efek downforce (gaya tekan ke bawah) pada ban depan sehingga meningkatkan traksi, meski winglet penting, tapi pada dasarnya itu tergantung kinerja motor. "Ducati pertama kali yang pakai. Itu karena dia motornya luar biasa sulit dikontrol".

Nah, yg terakir (akhirnya bisa nulis kata 'terakhir')....direktur si biang kerok nih. Ducati
Paolo CiabattiKontroversi Winglet MotoGP
...oh, shiitt....
"Saya pikir tidak (akan dilarang). Tahun lalu kamu keluar di Qatar dengan menggunakan winglet dan semua orang tertawa. Separuh musim berlalu ada tim lain yang memakainya. Sekarang hampir setiap orang memakainya," dan menambahkan "Tentu saja beberapa pebalap akan melakukan protes, tapi pada akhirnya seluruh pabrikan akan memasangnya. Saya pikir itu adalah sebuah evolusi di olahraga ini dan Ducati merupakan pelopornya. Hanya itu yang saya bisa katakan,"...

Meski memicu perdebatan, winglet sepertinya tidak akan dilarang penggunaannya di MotoGP tidak seperti yang terjadi di di Moto2 dan Moto3 dimana Grand Prix Commission (GPC) yang beranggotakan Dorna Sports, Federasi Balap Motor Internasional (FIM), Asosiasi Tim Balap Internasional (IRTA) dan Asosiasi Konstruktor Balap Motor (MSMA) secara resmi telah mengumumkan larangan penggunaan perangkat aerodinamika tambahan seperti sayap atau winglet di Moto2 dan Moto3. Larangan penggunaan winglet ini efektif berlaku sejak musim ini untuk Moto2, sementara larangan untuk Moto3 baru berlaku tahun depan 2017.

gmana nih pendapat kaskusers semuanya?? jangan nanti liat di TRANS7 yah...

cendolnya gan, buat upah capek wawancara
jangan lupa rate biar makin maju motoGP

kaskusers BIJAK, meninggalkan JEJAK

sumber: kompasiana, google image, buku fisika ts
Yang penting skill riding di lintasan
Bersayap sekarang


musim kemaren ane cuma liat di ducati
Quote:Original Posted By kopipamaceti
Yang penting skill riding di lintasan


betul bgt gan
suzuki ama aprilia mulai di jerez juga pakai winglet gan
Quote:Original Posted By sapson
Bersayap sekarang


musim kemaren ane cuma liat di ducati


emang pelopor tuh...
Udeh kayak pembalut ada sayapnya
Quote:Original Posted By pa.one9


emang pelopor tuh...


Oh berarti yang paling pertama pake itu ducati toh?
emg hrs dkiri kanan ya gan masangnya?g bsa gtu di depan batok
Quote:Original Posted By kapino
suzuki ama aprilia mulai di jerez juga pakai winglet gan


ya gan, semua konstruktor nyiapin winglet
Quote:Original Posted By voucham
emg hrs dkiri kanan ya gan masangnya?g bsa gtu di depan batok


gak bisa gan klo didepan batok, soalnya gk ngerubah kecepatan angin, so gak berfungsi
setubuh sama rosidin,motor nya jadi jelek
Quote:Original Posted By sapson


Oh berarti yang paling pertama pake itu ducati toh?


iya gan
Quote:Original Posted By rindudihati
Udeh kayak pembalut ada sayapnya


mirip sama pembalut, kagak bocor kagak kerut juga hahaha
Quote:Original Posted By kirashinigami
setubuh sama rosidin,motor nya jadi jelek


rossinya juga jelek, mulai keriputan
yg penting pembalamnya pake singlet gan biar gk masuk angin
Quote:Original Posted By freddy91
yg penting pembalamnya pake singlet gan biar gk masuk angin


dibajunya disponsori tolak angin gan
Kontroversi Winglet MotoGP
Biar pake wing muka blakang kiri kanan, semua tergantung skill dan akselerasi pembalap bree
biar bisa terbang kali gan..-ngakak
Quote:Original Posted By enda.roses
Kontroversi Winglet MotoGP
Biar pake wing muka blakang kiri kanan, semua tergantung skill dan akselerasi pembalap bree


iya bang betul banget tuh, ane juga setuju
Via: Kaskus.co.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar