Pages


Minggu, 29 Mei 2016

Mengenal Evolusi Bahasa Inggris

Mengenal Evolusi Bahasa Inggris
Mengenal Evolusi Bahasa Inggris


Quote:Mengenal Evolusi Bahasa Inggris

GanSis, Bahasa Inggris yang kita kuasai sekarang sudah mengalami perubahan selama 1,5 milenium. Selama 1,5 milenium, Tanah Britania sudah diduduki oleh orang dari berbagai macam sukubangsa dan bahasa, jadi enggak aneh kalau banyak pengaruh bahasa lain dalam Bahasa Inggris, seperti Bahasa Latin, Perancis, Jerman, Arab, India, bahkan Melayu. Coba, dari kata-kata di atas ada yang GanSis paham?



Quote:Common Britonnic (43 Masehi-450 Masehi)

Spoiler for Common Britonnic:

Common Britonnic dipengaruhi oleh Bahasa Latin semenjak penaklukan Tanah Britania oleh Kerajaan Romawi sejak 43 Masehi hingga akhirnya Tanah Britania dikuasai oleh Anglo Saxon. Bahasa Latin bercampur dengan Bahasa Celtic yang ada di sekitar. Menurut wikipedia, sampai sekarang belum ditemukan dokumen yang ditulis dalam bahasa ini, kecuali sebuah tablet (bukan tablet yang android yah ) berisi mantara kutukan. Bunyinya kurang lebih seperti ini:

Adixoui Deuina Deieda Andagin Uindiorix cuamenai

artinya 'Dewi Deieda, Semoga saya, Windiorix (Uindiorix), mendapat keadilan atas Wanita-Wanita Cuamena'.

Kalau dilihat, kata deuina mirip dengan kata 'deia' dalam Bahasa Latin, begitu juga kata Uindiorix yang berasal dari kata windo yang berarti pirang dan rix yang berarti raja.

Meski tidak ada dokumen yang ditulis dalam Bahasa ini yang sudah ditemukan, beberapa peninggalan dalam bahasa ini masih ada di nama-nama tempat di Britania Raya seperti:

- Sungai Avon (Avon berarti sungai)
- Kata Britain berarti People of the Forms. Forms di sini mengacu pada tato yang digunakan oleh Orang-Orang di sana.
- Kent berasal dari kata canto yang berarti batas



Quote:Old English (abad 5 M-12 M)


Spoiler for Old English:

Old English adalah cikal bakal Bahasa Inggris paling pertama, munul bersamaan dengan kedatangan para Anglo Saxon di Tanah Britannia dan dipakai sejak tahun 450an. Pengaruh Bahasa Jerman masih sangat kuat, dan berampur dengan pengaruh Latin yang sudah mengakar pada bahasa setempat.

Buat yang suka nonton serial 'Vikings' pasti pernah mendengar ada dialog dalam bahasa yang agak asing, padahal scenes diambil di tanah Britania. Bahasa tersebut adalah salah satu contoh Old English.



Percakapan di atas (terutama yang pertama) menggunakan dialek Northumbria. Ya, sama seperti bahasa Inggris modern, Old English juga menggunakan dialek yang berbeda, yaitu Northumbria, Kentish, Mercian, dan West Saxon sesuai dengan kerajaannya.

Spoiler for Dialek Old English:
Mengenal Evolusi Bahasa Inggris


Karena Agama Kristen sudah menyebar, dokumen-dokumen Old english kebanyakan merupakan dokumen-dokumen keagamaan. Salah satu contohnya adalah terjemahan Doa Bapa Kami

Quote:FADER USÆR ðu arðin heofnu
Sie gehalgad NOMA ÐIN.
Tocymeð RÍC ÐIN.
Sie WILLO ÐIN
suæ is in heofne and in eorðo.
HLAF USERNE of'wistlic sel ús todæg,
and f'gef us SCYLDA USRA,
suæ uoe f'gefon SCYLDGUM USUM.
And ne inlæd usih in costunge,
ah gefrig usich from yfle
.


Ane sendiri kurang paham bacanya gimana

Mungkin GanSis yang bisa Bahasa Jerman atau Skandinavia lebih paham cara bacanya.

Secara grammar, Old English rumitnya minta ampun. Buat yang pernah belajar Bahasa Latin atau Jerman, pasti paham banget yang namanya nominative (subyek), accusative (obyek langsung), genitive (posesif), dative (obyek). Ini yang bikin Bahasa Latin ane ga bener-bener, belum lagi gender pada setiap kata (maskulin, netral, feminin)

Ane kasih contoh buat kata 'aku'


First person
Case Singular
Nominative ic, (I)
Accusative mec (me)
Genitive mīn (my)
Dative mē (me)




Quote:Middle English (abad 11 M-17 M)

Spoiler for Middle English:


Mulai tahun 1066 Masehi, Vikings mulai menjajah Tanah Britania dan sekali lagi merubah bentuk Bahasa Inggris. Salah satu alasan Viking menjajah Inggris adalah agar mereka mendapat tanah yang lebih luas untuk para Vikings, sehingga ketika para Vikings pindah dari Swedia ke Inggris, mereka mencoba untuk mengembangkan cara agar dapat berkomunikasi dengan warga lokal. Hal ini menyebabkan kata-kata dalam Bahasa Inggris menjadi lebih singkat.

Middle English dibagi menjadi tiga masa, yaitu:

-Early Middle English (1100an - 1300an), pada masa ini masih banyak kata-kata yang diadopsi dari Bahasa Skandinavia. Salah satu sumbangan pada masa ini kepada Bahasa Inggris adalah menjadikan Bahasa Inggris lebih sederhana dan penggunaan 's untuk menunjukan kepunyaan.

-Middle English Abad 14, merupakan masa dimana dialek di Ibukota Inggris, London berkembang karena gelombang migrasi dan ditandakan dnegan berkembangnya satsra. Kalau penasaran, GanSis yang suka nonton The Big Bang Theory pasti familiar dengan adegan ini:



Kalo ditulis, ini yang diceritakan oleh Amy

Quote:And absolon hath kist hir nether ye;
And nicholas is scalded in the towte.
This tale is doon, and God save al the rowte!

Absolom kissed her nether eye
and Nicholas was sore burned.
This tale is done, and God save the entire company


A Miller's Tale ditulis sebagai bagian dari buku Canterbury's Tale dari Geoffrey Chaucer tahun 1380an, konon, ini adalah cerita paling jorok di abad itu.

- Late Middle English, pada masa itu mulai ada transisi dari Middle English ke Bahasa Inggris mdern awal di Zaman Renaissance.Penggunaannya di abad 13 meluas berkat distribusi buku-buku keagaaman dan alkitab. Bahasa Inggris ini bertahan sampai abad 17 meski hanya dianggap sebagai dialek.

Percaya atau enggak, buat Orang Indonesia seharusnya lebih mudah belajar Middle English. Karena, cara membaca dalam Middle English itu sama seperti dalam Bahasa Indonesia, apa yang dituls itu yang dibaca, misalnya:

Quote:The dubberment dere of down and dales
Of wode and water and wlonk plaines
Bilde in me bliss, abated my bales
Forbidden my stress, destroyed my paines


kalau dalam Bahasa Inggris kurang lebih bacanya de dabermen der of dawn and dels. Of wod en water en wlonk pleyns dan sebagainya. Padahal, bacaan aslinya sama seperti dibaca dalam Bahasa Indonesia. Tapi karena kebiasaan dibaca dalam Bahasa Inggris jadi kagok juga bacanya. Cooba cocokin dengan bait pertama lagu ini, bisakah GanSis nyanyi bareng?





Quote:Early Modern English (akhir abad 13 M-17 M)

Spoiler for Early Modern English:


Nah kalau ini mungkin lebih familiar buat GanSis dibanding yang dua tadi. Kalau pernah baca karya-karya Shakespeare pasti familiar banget sama kata-kata thy, thou. Mdern English mulai dikembangkan pada Era Dinasti Tudor di Zaman Renaissance. Selain perbendaharaan yang semakin luas, karya sastra pun semakin banyak. Alkitab diproduksi secara massal, yaitu King James Version yang sampai sekarang masih digunakan. Terjemahan-terjemahan cerita-erita Klasik dari Bahasa Yunani dan Romawi pun banyak diproduksi pada zaman ini.

Meski berkembang, Bahasa Inggris belum seajeg Bahasa Yunani dan Latin yang sudah berkembang selama ribuan tahun. Dan karena Inggris memasuki abad eksplorasi, mulailah pengaruh Bahasa Asing masuk dan menambah kosakata Bahasa Inggris. Selain penjelajahan, peran penulis-penulis besar terutama William Shakespeare juga patut diperhatikan, karena dalam karyanya, Shakepeare banyak meminjam kata-kata dari Bahasa asing yang akhirnya menjadi bagian dari Bahasa Inggris. Contohnya, assassin, awalan arch- seperti pada kata arch-nemesis, beddazled, dan sebagainya.

Mungkin yang paling umum dari Early Modern English adalah adanya beberapa bentuk dari you, yaitu thy (your), thou (you (subyek), thee (you (obyek), dan thine (yours). Yang terakhir adalah Ye (mereka).

Contohnya: Thou shalt not steal, I love thee

GanSis ada yang bisa mengerti potongan kisah Shakespeare berikut ini?

Quote:From fairest creatures we desire increase,
That thereby beauty's rose might never die,
But as the riper should by time decease,
His tender heir might bear his memory:
But thou, contracted to thine own bright eyes,
Feed'st thy light's flame with self-substantial fuel,
Making a famine where abundance lies,
Thyself thy foe, to thy sweet self too cruel.
Thou that art now the world's fresh ornament
And only herald to the gaudy spring,
Within thine own bud buriest thy content
And, tender churl, makest waste in niggarding.
Pity the world, or else this glutton be,
To eat the world's due, by the grave and thee. (Romeo and Juliet)





Quote:Late Modern English (akhir abad 17 M-Sekarang)

Spoiler for Late Modern English:


Akhirnya Bahasa Inggris menjadi bahasa ajeg yang kita kenal sekarang. Apakah sudah selesai perembangannya? Belum!

Pada masa ini, Bahasa Inggris mulai berkembang di berbagai negara jajahan Inggris, termasuk Australia, Amerika, Selandia Baru, Karibia, dan Afrika. Mulai abad ke 18, American English mulai berpisah dari induknya, British English dan menjadi bahasa seperti yang kita kenal sekarang. American English pun terus berkembang sampai abad ke 20 dan mungkin sampai sekarnag masih banyak perbedaharaan baru dalam bahasa ini.

Mengenal Evolusi Bahasa Inggris

Selain American English, Black English pun berkembang dan merujuk pada Bahasa Inggris yang digunakan para budak Afrika yang dibawa dan dipekerjakan ke negara-negara jajahan Inggris. Di negara-negara Karibia biasanya Bahasa Inggris yang digunakan adalah Bahasa Inggris Kreol, yaitu campuran dari Inggris, bahasa lokal, Spanyol, dan Afrika. Di Asia juga berkembang berbagai bentuk kreol, termasuk Singlish.

Dipengaruhi oleh pesatnya perkembangan teknologi di Zaman Victoria Bahasa Inggris semakin kaya dnegan istilah-istilah teknologi dan ilmu pengetahuan, sehingga tidak aneh kalau Bahasa Inggris menjadi bahasa Ilmu Pengetahuan.

Saat ini, penggunaan Bahasa gaul atau bahasa slang menambah kaya perbendaharaan Bahasa Inggris dan menjadi Bahasa Inggris yang kita kenal sekarang.





Quote:Maen-Maen Ke Thread Ane yang Lain, Gan dan Sis. Moga-Moga Barokah

STOP memberikan minuman kemasan pada anak. Ini BAHAYAnya! HT

Ternyata Bukan Cuma Orang yang Bisa Didandanin....Makanan Juga, loh.....

UKM Gallery SMESCO, Tempat Belanja Pernak-Pernik Dari Seluruh Indonesia

Mata Biru Emang Keren Gan-Sis, Tapi..... HT

Film Indonesia Yang Tayang Internasional tapi Dilarang di Indonesia HT

Karakter-Karakter Gothic Lolita Favorit Ane

HBO Asia's Halfworlds by Joko Anwar

Film-Film Super Jadul Bersejarah yang Masih Bisa Ditonton di Youtube

Hijab Bukan Halangan Buat cewek-Cewek Ini



Cape dulu ah gan dan sis. Tungguin ane di trit bermutu berikutnya yahhhh

Mengenal Evolusi Bahasa Inggris

HT COYYYY!!!!!

Quote:Nambah Ilmu Biar Tamvan

Quote:Original Posted By thirdreich
oh ya gan, mau ngasih tambahan nih. bentuk bahasa inggris pada dunia modern mungkin akan berbeda kalau anglo-saxon menang perang melawan normans di Battle of Hastings 1066. soalnya pasca peperangan tersebut, normans mempengaruhi budaya dan bahasa anglo saxon tersebut. maka dari itu banyak kemiripan antara bhs inggris dan prancis walaupun kedua bahasa tersebut mempunyai akar yang berbeda. mungkin kalau anglo saxon menang perang,, bahasa inggris di dunia modern bisa lebih terdengar seperti bahasa jerman





ane baca fontnya berasa lagi baca buku bilbo baggins.

wah ane pertamax di thread HT, hihi

Promosi! yang ketemu ane nanti di MARKAS, kita selfie yuk.

*siapa gue*
Ane ngertinya bahasa indo doang gan
Quote:Original Posted By davinkaskus
ane baca fontnya berasa lagi baca buku bilbo baggins. :nyantai


Emang Tolkiens itu banyak terpengaruh sama Inggris Kuno gan
bahasa inggrisnya aku cinta padamu apa
Kek sastra2 beowulf gitu ya
Quote:Original Posted By mooniequeenie


Emang Tolkiens itu banyak terpengaruh sama Inggris Kuno gan


oalah, film favorit ane itu gan. thanks yak sharingnya, cek kulkas.
Mengenal Evolusi Bahasa Inggris

let me play some musick
Quote:Original Posted By zacka96
Ane ngertinya bahasa indo doang gan


walah masa B.Inggris little littlebI can ga bisa ga?

Quote:Original Posted By reivenom
bahasa inggrisnya aku cinta padamu apa


abdi nyaah ka anjeun

Quote:Original Posted By alienwap
Kek sastra2 beowulf gitu ya


yup Beowulf masuk Old English

Quote:Original Posted By davinkaskus
oalah, film favorit ane itu gan. thanks yak sharingnya, cek kulkas. :nyantai


Makasih agan

Kalo punya bukunya yang Return of The Kings bagian belakangnya ada penjelasan tentang bahasa.....
Aksen malaysia paling ahsudahlah
Quote:Original Posted By mooniequeenie


Makasih agan

Kalo punya bukunya yang Return of The Kings bagian belakangnya ada penjelasan tentang bahasa.....


afwan.
btw, ane koleksi filmnya sih. wkwk
Quote:Original Posted By reivenom
bahasa inggrisnya aku cinta padamu apa


i loph yuuu
Quote:Original Posted By mooniequeenie


walah masa B.Inggris little littlebI can ga bisa ga?



abdi nyaah ka anjeun



yup Beowulf masuk Old English



Makasih agan

Kalo punya bukunya yang Return of The Kings bagian belakangnya ada penjelasan tentang bahasa.....

Of course, you freakin dumbass
Quote:Original Posted By mooniequeenie






abdi nyaah ka anjeun


urang nggeus boga pamajikan...

kumaha eta euyy lamun nggeus kitu...

maafkan daku menolak cintamu hayati...maafkan aku
Quote:Original Posted By reivenom
urang nggeus boga pamajikan...

kumaha eta euyy lamun nggeus kitu...

maafkn daku menolak cintamu.maafkan aku


sianyingg urang dijebak

loh kok jadi ngomong Bahasa Sunda di tret B. inggris
Quote:Original Posted By reagannnn


i loph yuuu


i can't .. i can't lope lope u beibehhh.
i'm sorry for that..
Mejeng di trit manekin.
Guru ane si PS1 ngga ngajarin itu gan, cuma yg sekarang2 dipake sajah.
Cuma bisa yes sama no doang ane
Quote:Original Posted By mooniequeenie


sianyingg urang dijebak

loh kok jadi ngomong Bahasa Sunda di tret B. inggris


saha eta jalma na ngajebak manehna hayang urang bacok2 hulu na jeung gagang cangkol ???


ini kan nicam billingual.multi bahasa gak apa lah...

asal jangan multi kelamin aja..


Yang nomor 1 (Old English) susunan tata bahasanya (urutan katanya) mirip Jerman banget.
No.2-4 (Middle-Early-Late) urutannya udah kayak English jaman sekarang hanya kosakatanya yg berangsur2 mengalami perubahan.

Calon HT nih, thread berbobot yang edukatif.
Thanks to TS!

Mengenal Evolusi Bahasa InggrisMengenal Evolusi Bahasa InggrisMengenal Evolusi Bahasa Inggris

Via: Kaskus.co.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar