Pages


Selasa, 31 Mei 2016

Sepeda Motor Agan Ada Lampunya? Tau Ini Tanda Apa?

Alhamdulillah jadi HT. Terimakasih Momod, Agan yang bantu rekomend, dan Mimin. Ane berharap dengan makin banyak orang yang membaca, semakin berkurang pula populasi orang yang menggunakan lampu kendaraan tidak pada tempatnya.

Sepeda Motor Agan Ada Lampunya? Tau Ini Tanda Apa?
Agan Sepeda Motornya Ada Lampu? Tau Gak Tanda Ini Artinya Apa?
Spoiler for ?:
Sepeda Motor Agan Ada Lampunya? Tau Ini Tanda Apa?

Quote:Yeah .. 100 !! Itu adalah gambar cap tangan. Yang sebelah kiri gambar cap tangan keseleo, yang sebelah kanan cap tangan normal. Letaknya berada di stang motor, tepatnya biasa disamping saklar lampu motor. Fungsinya? Gak ada.. cuman buat aksesoris stiker aja.. biar gak kosong dan lebih keren aja tampilan stang motornya. Sisanya, peduli amat, itu urusan produsen motor! Yang penting motor ane hidup, lampu motor juga hidup, dan bisa dipakai untuk jalan.
-selesai-

Bentar.. bentar.. serius tuh produsen motor cuman kurang kerjaan nempelin stiker cap tangan keseleo cuman buat aksesoris? Apa gak ada rasa ingin tahu untuk mecari arti dan fungsinya? Lalu kalau cuman aksesoris tempelan, kenapa gak gambar hamtaro gitu biar lucu? Hem, pasti ada maksudnya.. Tapi apa ya? Gimana kalo kita simak dibawah sama-sama.


Quote:
Sejarah Lampu Kendaraan
Sepeda Motor Agan Ada Lampunya? Tau Ini Tanda Apa?
Quote:Sebelum masuk ke pembahasan tersebut, ada baiknya kita mengenal sedikit sejarah lampu kendaraan. Headlamp atau yang kita kenal dengan lampu kendaraan bermotor, ialah lampu yang melekat di depan kendaraan untuk menerangi jalan di depannya (en.wiki). Kalau melekat dibelakang namanya apa ya?

Penggunaan ini dilatarbelakangi karena seringnya terjadi kecelakaan di malam hari, karena kondisi cahaya yang minim. Lampu kendaraan ataua headlamp pertama kali dibuat dengan sumber cahaya berasal dari pembakaran asetilena atau minyak, dan diperkenalkan pada akhir 1880-an. lampu asetilena lebih banyak dipakai karena apinya tahan terhadap angin dan hujan. Lampu depan listrik pertama diperkenalkan pada tahun 1898 pada Columbia Electric Car oleh Electric Vehicle Company of Hartford. (en.wiki)



Quote:Arti Cap Tangan Keseleo dan Normal
Yah seperti dugaan awal kita, setiap tanda pasti memiliki arti. Namun apa mau dikata, ketidak acuhan mematikan rasa ingin tahu, dan menumbuhkan rasa tidak peduli. Lalu apalah arti semua ini. Eh.. kok bahasa nya jadi berubah gini yak

Dan sebelumnya ane mohon maaf kalau Agan dan Sista sekalian sudah banyak yang tahu arti tanda tersebut. Karena di tempat ane masih banyak yang belum tahu atau tidak peduli soal ini. Ane berasumsi hal ini juga terjadi di tempat-tempat lain. Semoga saja asumsi ane benar. Eh..

Dan hal ini bukan cuman untuk pengendara roda dua saja, namun juga roda empat keatas. Namun pada umumnya pengendara roda empat keatas sudah banyak yang mengerti akan hal ini. Mungkin cuman satu dua saja yang "terlalu pintar" sehingga belum mengerti hal ini.

Quote:Cap Tangan Keseleo
Ini adalah simbol dari Low Beam alias dipped beam alias passing beam alias meeting beam alias lampu jarak dekat. Sesuai namanya, lampu ini dipakai atau difungsikan ketika dari arah lain ada kendaraan yang mendekat atau saat berkendara di jalan yang ramai. Jangkauannya lebih pendek, karena sinar lampu diarahkan ke bawah, agar tidak menyilaukan pengendara yang berlawanan arah.
Sepeda Motor Agan Ada Lampunya? Tau Ini Tanda Apa?

Quote:Cap Tangan Normal
Ini adalah simbol dari High Beam alias main beam alias driving beam alias full beam alias lampu jarak jauk. Lampu ini memang memilik jangkauan yang lebih jauh, dan terlihat lebih terang. Dipakai atau difungsikan ketika di depan tidak ada pengendara lain, atau tempat minim cahaya. Jangkauannya lebih panjang, karena sinar lampu diarahkan tegak ke depan, dapat sangat amat menyilaukan pengendara lain dari arah berlawanan.
Sepeda Motor Agan Ada Lampunya? Tau Ini Tanda Apa?

Quote:note: penggunaan istilah tangan keseleo dan normal ane becanda aja ya Gan.. jangan dibawa serius


Quote:
Fungsi Lain dan Pengunaan yang Keliru

Sepeda Motor Agan Ada Lampunya? Tau Ini Tanda Apa?

Beberapa negara, termasuk Indonesia, membuat peraturan untuk tetap menyalakan lampu kendaraan pada siang hari. Hal ini diharapkan dapat menekan angka kecelakaan. Karena dapat meningkatkan keawasan pandangan sesama pengguna jalan. Makanya keluaran produksi motor terbaru di Indonesia saat ini tidak memiliki saklar off untuk lampunya.

Kegunaan lain dari fungsi Low Beam dan High Beam adalah sebagai alat komunikasi seperti klakson. Hem, jadi teringat pramuka . Mengedipkan lampu high beam atau secara cepat mengalihkan dari low beam ke high beam (nge-dim) memiliki beberapa arti. Diantaranya yaitu: awas atau minta jalan (biasanya ketika mau mndahului), juga bisa memberi peringatan pengendara lain yang tak terlihat ketika memasuki tikungan tajam, juga bisa digunakan untuk "say hello" ke pengendara lain yang berpapasan.

Penggunaan high beam tidak pada tempatnya dapat merugikan pengendara lain. Mulai dari menyebabkan kegusaran di hati, sampai kecelakaan yang memakan korban jiwa. Karena sifat sinar high beam yang memancar tegak lurus, sinar ini sangat menyilaukan bagi pengendara lain yang berlawanan arah. Hal ini akan sangat berbahaya bagi orang yang memiliki tingkat toleransi terhadap cahaya yang rendah. Pada beberapa kasus, seperti pada orang yang bermata silinder, cahaya dengan itensitas tinggi secara berlebihan dan mengejutkan dapat menyebabkan kehilangan pengelihatan sementara. Atau paling tidak, pada mata bertipe oriental KW super seperti ane, cahaya ini sangat menyakitkan dimata. Sehingga pengunaan high beam atau lampu jarak jauh tidak pada tempatnya dapat menyakiti pengendara lain.

Quote:Sumber: en.wiki headlamp

Quote:
Alasan Pengunaan High Beam Tidak Pada Tempatnya
Quote:1. Lupa Mematikan atau Mengalihkan ke Low Beam
Yah namanya manusia, tempatnya lupa. Biasanya kalau pengendara yang lupa seperti ini, apabila diingatkan dengan memberikan tanda dengan mengedipkan high beam kita (nge-dim), mereka akan sadar. Semua senang, semua aman.

Quote:2. Lampu Low Beam Putus
-Siapa sih yang lampunya gak pernah putus? Yah pandai-pandailah menempatkan diri sampai lampu diganti. Biasanya pengendara seperti ini kalau kita ingatkan dengan cara diatas, mereka akan mematikan sementara lampu high beamnya. Jadinya gelap-gelapan deh.

Quote:3. Masa Bodoh
Sebenarnya dia tau akan fungsi pemakaian dari high dan low beam. Namun walaupun Agan kasi tanda ke orang ini, dia gak akan ngerespon apa-apa. Namanya juga masa bodoh, "yang penting gue terang".

Quote:3. Kurang Kasih Sayang
Orang tua mana yang apabila benar-benar menyayangi anak-anaknya akan melepaskan sang anak berkendara tanpa bimbingan dan arahan lebih dulu. Ane sendiri tau fungsi dari high dan low beam dari bapak ane, yang mengajarkan ane berkendara dari kecil ketika ane masih dibonceng.

Quote:4. SIM Nembak
Bukan masalah pada testnya di tanya atau tidak ya. Tetapi lebih kekecendrungan kesadaran berkendara. Dan gak semua yang SIM Nembak gak smart dalam berkendara kok. Lebihnya ane ga berani komentar banyak.

Quote:5. Emak-Emak Naik Motor
No comment.

Quote:6.Tidak Mau Belajar dan Cari Tahu
Yap, ini adalah inti dari poin 3-6. Intinya gak mau belajar dan mencari tahu. Yang mereka tahu, cap tangan normal lebih terang nyalanya. Dan jangan harap mereka akan mematikan high beam apa bila diberitahu dengan balasan high beam. Yang ada pada sebagian pengalaman ane, bakal balik diplototin atau diteriakin.

Quote:7. Pamer
Maunya pamer dan tammpil keren. Tapi malah didoain keburukan oleh orang, duh kasihan deh kamu.



Quote:
Nighttime Glare
Sepeda Motor Agan Ada Lampunya? Tau Ini Tanda Apa?
Glare atau dalam bahasa Indonesia berarti cahaya yang menyilaukan adalah sebuah sensasi dimana cahaya yang menyilaukan menyebabkan berkurangnya kemampuan melihat, rasa tidak nyaman, atau keduannya. Headlamp glare, adalah sebuah istilah yang digunakan untuk mendefinisikan berkurangnya kemampuan melihat atau ketidaknyamanan yang disebabkan dengan melihat lampu kendaraan yang datang atau pantulan cahaya lampu dari spion. Masalah ini menjadi perhatian besar masyarakat dan Badan Nasional Keselamatan Transportasi Amerika Serikat. Namun menjadi hal remeh temeh nan sepele bagi pengendara di Indonesia. Cobalah yang ditiru dalam berkendara dari Barat itu tak melulu dari hot pants dan fashionnya saja.. Ilmu berkendaranya juga! Dan mohon maaf, ini bukan berarti ane setuju dengan hot pants dan bolehnya paha diperlakukan bak paha ayam KaEfCi, bahkan lebih murah. Mungkin pembahasan paha ini bisa kita bahas dikesempatan lain.

Quote:Glare pada mata dapat menyebabkan efek yang disebut "disability glare". Efek ini dapat menyebabkan antara lain:
  • Penurunan jarak visibilitas. Jarak di mana objek dapat dilihat, dikenal sebagai"jarak pandang." Jarak ini berkurang ketika disability glare hadir.
  • Memperlambat waktu reaksi pengendara.
  • Memperlambat waktu pemulihan. Setelah driver melewati sebuah kendaraan melaju dengan cahaya yang menyilaukan, efek silau membutuhkan watu untuk hilang.Sehingga waktu untuk mata dapat kembali mendeteksi objek di depan juga akan bertambah lama.

Quote:Faktor yang membuat terjadinya Headlam Glare:
  • Pemasangan lampu yang tinggi. Posisi lampu di dalam kap lampu motor itu bisa diatur loh, gak sulit juga. Nah pemasangan yang terlampau tinggi juga bisa menyebabkan glare, meskipun itu adalah sinar low beam.
  • Pemasangan tidak sesuai dengan fungsi sebenarnya. Mau itu LED, halogen, atau HID, semua itu ada peruntukan khususnya. Jangan asal pake dan pasang aja.
  • Pemakaian High Beam Tidak pada Tempatnya. Ini udah dibahas di atas yak.
  • Warna Lampu. Nih buat yang suka modip-modip lampu motor atau mobil tanpa berfikir efeknya bagi orang lain. Yang lampu rem juga noh.. Ckck,
  • Ukuran Lampu. Penjelasannya sama dengan poin "warna lampu". Jangan sampai deh dijalanan di doain keburukan sama orang lain.
  • Kap lampu dan lensa sudah rusak atau kotor. Dapat mengakibatkan pembiasan cahaya yang tak seharusnya, efeknya bisa meningkatkan itensitas, dan terjadi blare, atau juga dapat menurunkan itensitas, dan jadi lebih gelap.


Quote:Sumber: Nightime Glare and Driving Performance, Published by NHTSA Feb 2007

Quote:Ayo.. Agan termasuk yang mana? Yang udah tau? Yang udah tau masa bodoh? Yang belum tahu dan tidak ingin keliru lagi? Atau termasuk orang yang tersakiti karena high beam?

Yuk di komen, rate, dan share.. Biar makin banyak yang sadar dan tahu. Sehingga makin jarang pula mata kita tersakiti.

Buat yang ngasi cendol terimaksih banyak. Mohon maaf, ane gak bisa nimpuk balik, karena belum ISO dan gak tau siapa yang nimpuk, karena belum PLUS.

Quote:Akhir kata, terimakasih atas semuanya dan mohon maaf kalo ada salah-salah kata


Quote:Oia,sebentar lagi pada mau mudik nih ya.. Mudah-mudahan aja banyak pengendara yang lebih perhatian dengan penggunaan lampu kendaraan secara bijak ya Gan & Sist.

Eh, tapi jangan lupa masih ada bulan ramadhan yang akan kita lalui bersama, belum tentu juga kita akan bertemu dengan ramadhan dan lebaran. Siapalah yang tau ajal, beberapa banyak teman, tetangga, dan sanak keluaraga yang di jemput ajal sebelum ramadhan dan lebaran.


Quote:Kayaknya banyak yang emosi nih dari komentar-komentarnya . Kalo ane boleh saran yak.. boleh diterima atau ditolak. Sebaiknya jangan memakai kata-kata yang.. Eh, gak jadi deh..



Quote:Kalo ada waktu luang mampir ke thread ane yang lain Gan, :
Mengintip Lapak Indonesia di Festival Kebudayaan Dunia. Klik di sini.
Emansipasi Wanita yang Sulit Terwujud (Thread Suka-Suka), di sini.
Teroris Pertama di Benua Amerika, (recomended) di sini.
Perjalanan Si Kembar Tiga, HT. di sini.
5 Fakta Hubungan Gelap Alkohol dan Kriminalitas, HT. di sini.
Quote:Karena udah dekat ramadhan, ane nitip info bermanfaat dulu ya
Download e-book gratis berbentuk PDF, Panduan Dibulan Ramadhan Cetakan Ke-6, Klik disini.


Quote:Original Posted By ihsanshine
papasan sama motor pake lampu HID ga pake proji mode high beam di malem hari. #piyeperasaanmu ?


Pengalaman True Story dari Agan nickycar tapi bukan Horor Lie, eh.. True Story kayak "Keluarga Tak Kesat Di Mata" ya..

Quote:Original Posted By nickycarlo69
Nah ini, ane pernah kecelakaan gan gara2 ini gan. Ceritanya ketemu di tikungan, nah tu orang udah pake high beam dan lampunya itu HID tanpa projector gan. Otomatis mata ane silau ditambah cahaya yang nyebar di kaca helm (maklum helm tua). Setelah cahaya lewat ternyata tikungan nya balas, dari 10° kanan ke 45°derajat kiri, kelanjutannya silahkan agan imajinasikan. Dan ini endingnya...

Spoiler for :
Sepeda Motor Agan Ada Lampunya? Tau Ini Tanda Apa?


Untung aja cuma motor yang rusak, bukan ane. Semoga banyak yang baca trit ini dari gak tau jadi tau supaya korban seperti ane bisa berkurang.

Nice thread btw gan...


Ternyata populasi mereka merata di seantero Indonesia, berkisar 60-70%. Bahkan bisa meningkat 80-90% saat "Alay Peak Hour" (Jam sibuk alay bermain riang gembira di luar rumah). Atau saat kamu memasuki kawasan pelestarian mereka. Apakah tingkat populasi ini juga sama di Kaskus. Kalau benar, berarti sekitar 30-40% adalah mereka yang berkeluh kesah disini. Yuk sebarkan info ini ! Biar banyak yang sadar sehingga populasi mereka berkurang dan punah.

Quote:Original Posted By spicebox15
ini nih keluhan gue dari dulu! 70% motor di jalanan sama sekali kagak paham fungsi dari lampu jauh...sumpah ngeselin bgt. udah bikin silau, lampu ini bikin kita gak bisa liat spion kalo dia dari belakang kita. jadi gak tahu kalo ada yg nyalip tiba2 dari kiri....udah gitu kagak paham pula maksudnya apa kalo lagi di dim....udah di dim bolak balik minta jalur masih aja, kagak paham soalnya....
biasanya yg kagak paham itu yg belajar motor otodidak, orang yg kagak pernah bepergian jauh/touring pake motor atau yg belum pernah bawa mobil kalo yg udah biasa bawa mobil biasanya paham, karena di mobil lebih sering difungsikan.

selain silau penggunaan yg gak tepat


Quote:Original Posted By ARsandot
Ini nih salah satu hal yang bikin ane gusar klo dijalan. ngga dijalan gedhe, ngga di jalan kampung, hampir 80% sekarang ane temuin rider pake High Beam, gila lagi klo itu mobil, pake high beam jg,pdhl di jln kampung, pake warna putih pula. Sering ane pelototin orang kyk gitu, masa bodo amat klo mo ngajakin ribut, sumpah, bikin mata silau kyk kena flash bang, dan itu membahayakan banget buat rider laen.
Mosok sih buat para daily rider atau para cowo lah minimal, ngga tau aturan macam gini? klo ente lupa, ayolah, di dashboard motor kalian khan ada lampu peringatan klo High Beam ente nyala. seharusnya Aware sama lampu sinyal peringatan yg ada tepat di depan wajah ente.
Buat para Ibu2,mba2,tante2,sista2 apalagi, cuma asal bisa naek motor tanpa tau aturan di jalan. Dan itu membahayakan banget bagi orang laen.

Kayaknya butuh sosialisasi soal aturan di Jalan Raya deh, banyak yang asal bisa naek motor aja soalnya, tanpa tau aturan n etika di jalan.


Ada yang bisa bantu jawab pertanyaan Agan ini? Banyak kasus kayak gini, mungkin jawaban Agan akan sangat bermanfaat..
Quote:Original Posted By xcrashx
terus gmn solusinya gan buat ngatasin Nighttime Glare, karena mata ane silinder jadi sensitif banget sama cahaya terang
kalo lagi naek motor gak begitu masalah sih..
kalo naek mobil kena sorot high beam atau low beam tapi yang lampunya warna putih terang banget, sesaat gak bisa ngeliat apa2 ane kaya kena flash bang aja


Quote:Original Posted By kingfeiz
Pengetahuan dasar tentang fungsi panel di kendaran menurut ane masih minim gan kasian juga gan yg matanya silindris kesulitan berkendara di malam hari btw ane jg silindris gan


Buat bahan diskusi

Quote:Original Posted By olerzemo
nah terus motor yg sekarang itu gimana gan banyak yg pakai LED , tapi beneran mata silauuuuumeennnn :v dan motor gua juga led, gmn ?

owh iya gan jangan salahin sepenuhnya si pengguna, soalnya cb150 facelift bawaan pabrik lampunya malah ke atas wkwkkw klo org ga tau kagak di benerin, untung aja gue tau, dan sonic gue juga gitu pertama beli lampu nyongot arahnya ke atas gmn coba ?


Pengalaman, Info dan curhatan Agan2 yang tersakiti, sori karena keterbatasan ane, gak bisa ane angkut kedepan semua, padahal banyak komen2 lucu dan bagus:

Quote:Original Posted By kirahizaki
Ane pernah gan. Naik mobil posisi kan mobil dalam keadaan penuh bagian belakang otomatis bagian depan mobil naik kan. Nah jadi lampu ane posisi low beam dikira high beam terus ane di marahin orang

Lain kali kalo mobil lampunya kaya' high beam bisa jadi masang lampunya ketinggian, atau posisi mobilnya lebih tinggi dr pengendara di depannya ky mobil paj*ro,hamm*r,cr*,dll atau ky kasus ane lagi ngangkut beban berat di belakang. Jadi jangan suudzon dulu


Quote:Original Posted By agazi3098
Pengalaman ane pas lewat jalan liku liku ketemu av***a lampunya bixenon atau led putih(gaya) ga tau pastinya ane gatau kalo abis itu ada tikungan kanan alhasil ane dari jam 4 subuh sampe jam 6 harus berhenti dengan 2 roda di selokan


Quote:Original Posted By XadcX
Ane sering tu nabrak lobang gegara dri arah berlawanan ada yg pake high beam
Blm lgi kalo posisinya di belakang, high beamnya kena spion jg bkin bahaya pengendara depannya
Sama lampu sein jd ga keliatan sama org yg dri arah berlawanan kalo pake high beam, ane brp kali tu mau nenggol motor yg pake high beam, salahnya sndiri pake high beam jd kan ga keliatan lampu seinnya


Quote:Original Posted By peteltheheroes
ijin nambahin bre

cap tangan normal = silau
lampu led putih = silau
lampu led putih + cap tangan normal = kelar idup lu bre

trs jg nambahin, penggunaan lampu modif yg warna putih susu itu bisa membahayakan bre. knapa? karena lampu sen lo ga keliatan ! kalah terang sama lampu putih susu mbok darmi !
udh gitu pengendara dr arah depan udh pasti kalo gak agak merem ya nunduk
jd ga tau kalo lu lagi belok
jdnya bisa pelukan deh antar motor

sekian bre tambahannya
kalo ga berkenan gausah pejwan bre


Quote:Original Posted By kasundaan
Emng paling kesel kalo di jalan ketemu ama biker yg ga ngerti fungsi high beam dan low beam. Ane pernah punya pengalaman unik masalah ini. Jadi mereka seenaknya aja nyalain high beam padahal ane udh kasih isyarat tolong matiin high beam nya... Ehh malah mereka neriakan ane bilang silau go**ok. Kan dongkol jadinya


Quote:Original Posted By alfaizzy
wah paling gue silau dan batin kalo ada motor sport yang standartnya hanya menyala sebelah saja (ga semua motor sport), dan dipaksa nyala dua duanya dengan mengaktifkan high beam terus menerus tanpa mengubah sorot high beamnya (demi keliatan keren).

Quote:Original Posted By ARTERU
Dulu pas naek sepeda malem-malem (gowes), suka siap2 bawa batu atau kerikil. karena pernah pengalaman sekali, ane di highbeam sama mobil sampai nabrak trotoar, udah tau jalannya 2 arah doang ( 2 sekat).

Karena gowes gak punya klakson atau highbeam, maka terpaksa ane lempar batu aja tu mobil. udah kejadian beberapa kali lempar batu ke pengemudi mobil yang suka mendzolimi pengemudi lain.


Quote:Original Posted By penguinlinux
bagus threadnya, semoga dibaca alayers yang mementingkan gaya dan gengsi daripada fungsi dan kegunaan

kadang diperparah dengan pedagang lampu yg "penting laris manis" tanpa memberi pengetahuan kepada pembeli mengenai fungsi2 lampu seperti LED, HID dsb, yang penting produk nya lares maneess


Quote:Original Posted By bekiguk
paling kesel kalo ada pengendara dr arah berlawanan pake high beam. silaunya itu soalnya mata ane silinder
tapi lebih kesel kalo malem2 dr arah belakang atau berlawanan ada mobil n motor kaga nyala lampu. bikin bahaya. kebanyakan sih alay bermotor giliran klo nabrak mereka yg lebih galak. masih untung ga mati tu alay bermotor
mungkin ts ada pengalaman yg sama kaya ane?


Quote:Original Posted By yaiompong


high beam, biasanya ane pake buat di jalanan yang sepi gan, biar gak serem...

biasanya juga buat ngasih kode kendaraan di depan, tembak pake highbeam beberapa kali, kasih kode sein kanan, bel, trus tancep, biar sopir kendaraan (mobil/truk) tahu kalo kita mo nyalip gan...

selain itu higihbeam juga buat nembak kendaraan yang lawan arah, misalnya kita udah di jalur yang bener, kemudian di depan ada mobil nyalip dan masuk jalur kita. kalo sekiranya udah agak mepet, ane kasih beam gan... (makanya kalo naek bis malem biasanya ane males kalo dapat paling depan, susah tidur soalnya bisnya sering kena tembak gara2 nyalip terlalu mepet)


Quote:Original Posted By manekenek
Ni gan buat yang pergi jarak jauh karena ane suka pergi jarak jauh. Klo malam atau mulai gelap usahakan jangan pake klakson untuk menyusul atau meminta jalan. Cukup pake dim aja sesekali. Klakson itu bisa bikin org kaget dan fatalnya membuat alur di jalan menjadi berbahaya jika yang di klakson kaget. Banyak kejadian juga klakson ngagetin org dan menyebabkan kecelakaan


Quote:Original Posted By frontrecognized
ane termasuk orang yang jengkel ketika berpapasan dengan pengendara yg berlawanan arah doi pake high beam,otomatis mata ane gk bisa langsg mereduksi cahaya yang menyilaukan jdi ane suka memperlambat laju motor kekiri untuk sekedar menghindari cahaya itu...
ane kalo ditoll atau jalan malem pake motor or mobil klo ada blindspot yg gk keliatan suka pake highbeam tp itu cuma beberapa detik saja atau secukupnya agar kita bisa lebih waspada dengan apa yg ada didepan atau kalo nyalip selain sen ane juga suka kasih kode dim (high beam) biar dikasih lewat buat nyalip'...atau yg lawan arah biar tau kalo kita mau nyalip jdi mereka bisa kurangi kecepatan...yang penting respect kepada sesama pengguna jalan raya' toh yang make jalan bukan kita aja :CMIIW


Quote:Original Posted By BlackProject
Masih mending kalo matiin lampu jauh gan
daripada lampu rem dijadiin lampu utama (dicopot mika merahnya)


Quote:Original Posted By 4th Flicks
penggunaan udah paham,cruhatan ane pun sama seperti para silindris lainnya...
herannya kenapa sih masih banyak yang sebodo amat dengan nge-beam waktu jalanan rame. ane sampe sering nutupin pake tangan cuma nyisain sedikit di mata biar ga nabrak.


Quote:Original Posted By richking
Yang bikin emosi nan s*ue mah ngerasa dari arah berlawanan pakai high beam, ane dim lah 1x - 3x...
Ehhhhh.... dia dim balik, trnyata eh trnyata low beam nya tinggi
Perjalanan luar kota1x trip pasti ada ajh 1 atau mobil kaya gitu..
Yang kurang asem juga bikers, kadang mreka pun main pasang high beam ajh, klo kaya motor yg halogenny gk trlalu terang gpp lah, masih bsa kliatan.. ini trkadang motor yg terbaru yg udh built in projector (macam sc**py) berasa jga high beamny, karena dia projector arah high beamny lebih terfokus dan asli macam kena flashbang..

Penggunaan klakson untk nyalip terkadang aja sih, paling sesama rider yg atau etika..
Example. Dim 1x, sein kanan. Rider depan langsung sein kiri, langsung gas. Gk lupa klakson skali tiin (thankyou broo), biasanya sih di bales jga klakson skali tiin (tiati broo)
Prnah d tanya doi, ngapain d klakson, kan dia bales tuh klaksonnya.. ane jawab ajh. Yha bagus, klakson tdi blng makasih. Trus di jawab sama"


Quote:Original Posted By CoZiA
Yang jadi masalah itu mobil atau truk yang sedang bawa muatan berat.
Kalo kosong, low beamnya bener gak silau, kalo muatan penuh banget, pantatnya pasti agak ngesot, kalo udah gini biar kata pake low beam pasti ke angkat jadi high beam
Suka kesal kadang, tapi kalo ane liat ada muatannya ya jadi maklum


Quote:Original Posted By thefoxindonesia
Tips memperpanjang umur lampu motor.
1. Gunakan lampu jarak jauh saat siang hari...
2. Gunakan lampu jarak dekat saat malam hari...


Quote:Original Posted By kirizki07
Mesti ada sosialisasi dengan tema "lampu menyilaukan mata" karena kendaraan keluaran thn sekarang lampu nya putih beda dengan lampu kendaraan keluaran thn sebelumnya yg warna kuning, ada banyak jenis lampu "LED,HALOGEN,XENON"(istilah yang ane tau) dan Amper/derajat kelvin/watt dari tiap lampu kendaraan berbeda.


Quote:Original Posted By rianarda
Kebanyakan yg hobi high beam adalah vario 125 lama kyknya emang demen putus tuh lampu low beam nya nah pas siempunya males gnti kan otomatis pake high beam mana ada 2 lampu gede2 lagi. Tauk tuh vario yg baru sm produsennya mlh dibikin led skrng hadehhhh


Quote:Original Posted By ch1pss
sedikit tambahan aja
untuk low beam pun sbenernya gak paten lho, masih bisa distel tinggi rendah sorotnya. biasanya letak stelannya dibawah headlamp, bs berupa roda gigi atau semacam baut.

bbrp R2 stelan bawaan dealer kadang terlalu dongak + headlamp yang melebar keatas, contohnya vario 125 esp, vespa LX, solusinya ya distel ulang itu posisi headlampnya biar gak terlalu dongak.


Quote:Original Posted By dhytoo
emang bloon gan yang kebiasaan nyalain highbeam gak pada tempatnya. salah kaprah banget tuh yang sering nyalain highbeam di jalan raya. bagus nih trit edukasyi

buat yang sering nyalain highbeam, coba rasain jadi pengendara di seberangnya. ato at least sini mata lu gue bikin miopi atau silinder. biar lu semua ngerasain apa yang gue rasain. apalagi yang lampunya HID sh*it abis lah

kalo lu mau pake highbeam di gunung sana ato sesekali aja


Quote:Original Posted By nitroforce
setuju bgt dgn isi trid ini. notabene ane bermata silinder, jdi ane jga ngerasain hal yg sama.
yg buat pertanyaan ane yah gan, knapa produsen motor mlah berlomba menciptakan kendaraan dgn teknologi LED. sedangkan motor yg sdh beredar di pasaran ini, mnrt ane pribadi lampu LED nya ga standar bgt (ex: cb150r, vario 125, new satria fu) tuh wlupun pke lampu dekat ttp aja gan bkin silau, noh apa lagi motornya dipake driver 4l4y dan dung*u pke lampu jauh, mlah menyakitkan mata.
blm lagi pengendara touring wannabe, suka pasang lampu tembak (ad yg 2 biji) tuh klo pas nembak pke lampu tuh lgs bikin mata buta seme tara gan, ,blm lagi yah pengendara yg modif lampunya pke lampu putih abal2 tuh bikin emosi aja dijalan.
yg aneh lagi, kemana yah aparat yg seharusnya bertugan untuk membuat perasaan pengemudi dijalan merasa aman dan nyaman? seharusnya mrk tw klo itu ga standart, napa dibiarkan? toh katanya knalpot ga standart di tilang, napa ini lampu ga standart dibiarin?


Quote:Original Posted By reynald15
mau nambahin aja gan

ada beberapa produsen mobil yang mulai menerapkan lampu HID untuk kendaraanya. biasanya untuk ukuran lampu HID diukur dalam satuan derajat "kelvin"
jadi ada beberapa HID yang memang memiliki kelvin yang rendah sehingga tidak terlalu menyilaukan. nah yang jadi masalah, kalau kelvinnya ini diatas 10.000 K (Standarnya 2.000K hingga 12.000K. Tapi, umumnya dari 3.000 - 10.000K yang paling sering dipakai) itu bakal menyilaukan banget pengendara didepan. Apalagi kalo batok lampunya dicopot beh mata bisa buta sesaat gan trus udah gtu pengendaranya nyalain high beam. beh fix tinggal nunggu pengendara yg lain tabrakan aja gan

cmiiw


Quote:Original Posted By necromongers

Ada sedikit pengalaman, pas ane bawa libom diseputaran cibubur, pas macet. D belakang ane ada angkot yg lampu high beamnye standby, ane keluarin tangan kasih tanda lampunye silau.. eh sopirnye langsung ngeh, d bikin lah low beam tetapi lampu libom doi jd mati. Wah ane jd gak enak hati jdny dah, g tega jg.
Sekian terimakasih.


Quote:Original Posted By darman3
Nah ini keluh kesah ane sebagai pengguna jalan.
Kalo ini sih murni kelalaian si-user nya ya. Factor "Man".
Pernah ane naik motor tmen ane, ane dibonceng. Pas liat panel kok high beam nyala terus.
Ampe gw marahin tuh orang "woy lampunya jangan pke yg jauh terus lah" sambil ane geser tombolnya ke low beam.... Eeh gelap. Taunya bohlam putus.
Yaudah ane ga bisa apa2 gan.
Tapi gak melulu soal orangnya. Bisa juga motornya.
Yang paling nyebelin itu lampunya CB150 Street fire, NVL, sama Megapro Mono.... Karena setau ane bohlamnya pake H4 yang 60/55 watt jadi terlalu terang.
Trus mio lawas yg ganti bohlam kaca biru sinar putih.... Itu semua danc*k banget.
Udah gitu didepan lu jejeran ama motor alay yg lampu stop nya bening. MENDING MINGGIR, NGOPI KARO GORENGAN


Quote:Original Posted By grisaia
wah ane pernah kena ini gan
jadi waktu ane mudik ke kampung halaman di Balikpapan
ane jalan2 tuh ke rumah temen2 ane yng dulu biasa Nostalgia
nah waktu ada jalan dua arah yng kecil ada anak alay rame2 pake Lampu glare yng nyucuk banget ke mata
saya sendiri sempet gak bisa liat selama 3 detik dan motor ane pelanin dan menepi dengan cara ngerasain rumput pinggir jalan pake kaki
bayanin aja jalanan rame buta selama 3 detik untung gak kejadian apa2

tapi motor dibelakang ane yng kena lampu glare jatuh terguling untungnya pas ada polkis baik, jadi sempet ada adegan kejar2an dari polkis sama anak alay itu

ternyata khusus di bpn itu udah ada larangan mengenai jenis lampu depan buat motor yng boleh dipakai tapi sayangnya banyak para alay yng ngelanggar
Lampu jarak jauh ye breeh .
NTAP, MAKASIH BREE INFORMASINYA
Sepeda Motor Agan Ada Lampunya? Tau Ini Tanda Apa?
nais inpoh . . mejeng peki wan dulue ntapz
Sepeda Motor Agan Ada Lampunya? Tau Ini Tanda Apa?
sebetulnya penggunaan high beam itu mirip kayak mobil ngasih lampu jauh, tujuannya biar pengendara dari jalur lawan bisa lebih awas agar dapat lebih berhati-hati ketika kita mau belok..

yg salah kaprah itu adalah kalo pake high beam buat sehari-hari,
silaunya itu yaalooohhh maaaaaaaaakkkk..
Quote:Original Posted By ditdot17
NTAP, MAKASIH BREE INFORMASINYA
Sepeda Motor Agan Ada Lampunya? Tau Ini Tanda Apa?


cApek tidur dulu bree BESOK SENIN
Sepeda Motor Agan Ada Lampunya? Tau Ini Tanda Apa?
Sepeda Motor Agan Ada Lampunya? Tau Ini Tanda Apa?
terbaik
IKUT NYIMAK DULU GAN
Sepeda Motor Agan Ada Lampunya? Tau Ini Tanda Apa?
Quote:Original Posted By indra.blora


cApek tidur dulu bree BESOK SENIN
Sepeda Motor Agan Ada Lampunya? Tau Ini Tanda Apa?


OK BREE, SIAP
Sepeda Motor Agan Ada Lampunya? Tau Ini Tanda Apa?
Kalo ane mah std aja gan, motornya ane pasang lampu neon biar josss..

Bawah ane abg yang suka copot lampu depan biar ga keliatan kalo malem
Quote:
Ane tau yg high dan ane gak pernah bikin susah di jalan,
walupun SIM ane nembak
Sepeda Motor Agan Ada Lampunya? Tau Ini Tanda Apa?Sepeda Motor Agan Ada Lampunya? Tau Ini Tanda Apa?Sepeda Motor Agan Ada Lampunya? Tau Ini Tanda Apa?Sepeda Motor Agan Ada Lampunya? Tau Ini Tanda Apa?Sepeda Motor Agan Ada Lampunya? Tau Ini Tanda Apa?Sepeda Motor Agan Ada Lampunya? Tau Ini Tanda Apa?
udah tahu ane gan.
Quote:Original Posted By rock2steel
udah tahu ane gan.


okela kalau begitu...

kalo ane lampu standart saja..
bukannya itu gambar lamp y...

yaklo yg iring itu low beam, alias ga bikin silau. kalo yg lurus itu high beam... bahasa kerennya nge dim...

jd gambr bulat tak sempurna itu adalah lampu
Quote:Original Posted By reagannnn


okela kalau begitu...

kalo ane lampu standart saja..


sinabung encua drick... thinya kong pao ca yo...

lu e chu u tiok hoe bo drick...
jangan pake lampu yang bikin silau mata
Quote:Original Posted By rock2steel


sinabung encua drick... thinya kong pao ca yo...

lu e chu u tiok hoe bo drick...


ane hui mana u tiok

ane soi e masa kong wa e chu tiok hoe
kalo motor sih masih gpp, ane sering ketemu mobil sejuta umat yg ngedim gak pada tempatnya. dulu tempat ane ada yg meninggal gara2 ginian, gara2 silau, gak tau dan gak melihat di depan ada truk parkir.
kalo ane sih kalo mau nyalip mobil/motor didepan suka mainin lampu tembak
atau pake lampu hazard / yang sein kiri kanan kedap kedip dua duanya

itu menurut ane fungsinya sih tanda Dan kode sesama pegendara, kalo yang udah sering touring atau lewat jalan tol si pasti tau

intinya jangan pakai LAMPU YANG MENYILAUKAN MATA KARENA SANGAT BERBAHAYA

Sepeda Motor Agan Ada Lampunya? Tau Ini Tanda Apa?
nice trid gan
Via: Kaskus.co.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar