Pages


Sabtu, 28 Mei 2016

Tips Makan Sehat dan Murah Sehari-hari Ala Anak Kost.

Quote:
Quote:Tips Makan Sehat dan Murah Sehari-hari Ala Anak Kost.
Tips Makan Sehat dan Murah Sehari-hari Ala Anak Kost.
SEMOGA ANDA TERHIBUR DAN DAPAT MENGINSPIRASI

Spoiler for No Repost:
sudah pasti no karena tulisan dan pemikiran saya sendiri, dan semoga bukan

NO OFFENSE, NO SARA, BERKOMENTAR LAH YANG CERDAS,
Spoiler for Mohon di baca:
Saya mengharapkan sekali masukan yang membangun, silahkan berkomentar dengan cerdas. Jika tidak suka, silahkan tutup thread ini.


Tips Makan Sehat dan Murah Sehari-hari Ala Anak Kost.

Warning: Sebelum mencoba tips ini, saya peringatkan bahwa saya tidak bertanggung jawab atas apa yang terjadi dengan diri anda dan apa yang anda alami. Tapi jika menurut anda bermanfaat silahkan di praktekan di kehidupan sehari-hari. Tips ini sangat berguna untuk anak-anak kosan yang mengalami kesulitan keuangan. Jika berkenan silahkan setidak nya memberi thread ini rate dan cendol

Tips Makan Sehat dan Murah Sehari-hari Ala Anak Kost.

Hidup mandiri memang susah, semua harus dikerjakan sendiri. Apalagi anak perantauan dan hidup secara ngekos. Selagi kita memikirkan masa depan dan pelajaran, kita juga harus memikirkan keuangan. Kalo orang kaya sih enak, tidak perlu takut kehabisan. Tapi bagi orang yang keuangan nya pas-pasan bagaimana? Sebagai orang yang pernah menjadi salah satu anak kosan selama 4 tahun, gua bakal berbagi pengalaman hidup gua makan dengan uang yang pas-pasan di kosan kepada kalian semua. Di jamin sehat, mengenyangkan, dan MURAH. Cekibrot.


Spoiler for 1:
1. Jangan pernah makan apapun di kantin, kecuali di traktir.

Tips Makan Sehat dan Murah Sehari-hari Ala Anak Kost.
Tempat menguras uang anak kost terbesar. Abaikan cewek yg sedang makan.

Salah satu godaan terbesar kita adalah ikut-ikutan teman jajan di kantin sekolah atau kampus. Beli minuman soda, makanan ringan, atau pun makan lontong, nasi goreng, mie, dll. Gua dulu juga sering beli jajanan di kantin karena malu teman semua pada beli gua enggak, tapi gua sadar bahwa hal-hal demikian cuma hanya membuat kantong gua jebol, dan lu gag akan kenyang makan di sana. Solusi nya adalah jangan pernah bawa uang lebih. Sediakan uang pas-pasan untuk ongkos jalan. Jika bawa motor, maka bawa lah uang 10rb saja untuk isi minyak atau pun jaga-jaga ban kempes. Jika cuma jalan kaki, ya udah jangan bawa uang

Dengan uang yang tipis, secara logika kita gag bakalan mau jajanin itu uang, soal nya kalo di jajanin lu gag bakal punya ongkos pulang. Atau yang gag bawa uang, ya gag mungkin lu bisa beli jajanan . Atau boleh juga lu jangan pernah nongkrong di kantin. Dengan ini lu bisa mengepress seketat-ketat nya pengeluaran yang gag berguna di kantin hampir mendekati Rp 0,- . Bahkan jika hoki, temen yang berduit bakalan mentraktir. Oh ya, kalo mau ke sekolah atau kampus, makan dulu di kosan biar lu gag pingsan dan bawa botol minum, jaga-jaga haus.


Spoiler for 2:
2. Anda harus punya penanak nasi sendiri dan minuman galon.

Tips Makan Sehat dan Murah Sehari-hari Ala Anak Kost.
Alat tempur wajib di miliki.

Salah satu kesalahan anak kosan adalah mereka makan di luar atau beli nasi bungkus. Bisa di bilang itu adalah pemborosan. Maka punya penanak nasi sendiri adalah wajib hukum nya. Biasa nya pake penanak rice cooker ato magic (bukan di sulap ya ). Boleh juga yang greget pake panci masak pake kayu bakar . Dan jangan lupa galon, jika punya dispenser nya sekalian lebih bagus. Atau yang lagi-lagi berjiwa greget, boleh masak air pake kayu bakar

Beli lah magic yang kecil, atau kalo udah terlanjur punya yang besar, masak lah beras nya setengah isi nya saja. Alasan nya jika kebanyakan, nanti kalo kelamaan nasi jadi bau, atau pun jika mati listrik nasi nya basi kan mubazir. Jika bisa, bawa lah beras dari rumah/ kampung halaman. Gag usah malu bawa beras 1 karung. Pengalaman gua, beras satu karung itu bisa untuk jatah 6 bulan alias satu semester. Dengan hal ini kita bisa menghemat pengeluaran untuk makan menjadi 50% saja. So para agan-sista, punya skill memasak nasi adalah harga mati.


Spoiler for 3:
3. Pintar-pintar memilih lauk makan.

Lauk makan pendamping nasi itu penting, kecuali ada yang memang doyan makan nasi nya doank tiap hari . Menu yang paling hemat ada 2, yaitu telor dan mie. Tapi makan kedua menu ini terus-terusan tidak sehat. Saran gua beli lah sayur jadi. Beli antara 3rb sampai 5rb biasa nya udah banyak, apalagi daun ubi biasa nya murah. Nah sayur jadi ini bisa di dampingi dengan telor/ mie tadi. Tapi sesekali gag apalah beli sambal, tempe atau tahu (5rb udah cukup). Dan tiap hari tertentu beli ayam atau ikan (lumayan ini ayam sepotong 15rb an, ikan tergantung jenis nya, ikan nila sekisaran 18rb). Usahakan menu nya sayur dan di dampingi lauk lain. Sisain lauk nya, ukur-ukur untuk 3x makan. Dengan ini agan tetap sehat dan pengeluaran perminggu bisa di tekan sekitar di bawah 100rb untuk lauk.

Tips Makan Sehat dan Murah Sehari-hari Ala Anak Kost.
Mie omelet, 1 bungkus mie + 1 telor bisa untuk makan 4x.

Tips Makan Sehat dan Murah Sehari-hari Ala Anak Kost.
Sayur daun ubi, enak, sehat, dan MURAH!!!

Oh iya, agan sebaik nya punya kompor gas dan panci ya, bisa masak sendiri juga lebih hemat loh, dan juga bisa manasin lauk biar gag cepat basi.


Spoiler for 4:
4. Siap sedia baju batik, amplop kosong dan plastik 1kg.

Pasti udah pada tau nih kemana tujuan nya. Eng ing eng benar sekali, kondangan . Pesta pernikahan, hajatan, dll, merupakan surga nya anak kos. Semua makanan bergizi ada di sana. Ajak temen senasib biar makin meyakinkan dan gag malu-malu amat. Pakai baju batik, biar terkesan dewasa. Masukin amplop kosong di kotak kondangan biasa nya ada, biar di sangka beneran tamu kondangan. Gag bakal ada yang nanya kalian kenal tuan rumah atau enggak, mereka hanya sibuk urusan masing-masing. Tapi lihat-lihat dulu ada pemeriksaan surat undangan gag, kalo ada jangan masuk ntar malu di usir .

Tips Makan Sehat dan Murah Sehari-hari Ala Anak Kost.
Menu sehat bergizi dan GRATIS!!!

Usahakan datang pada jam-jam ramai. Pada sesi ramah-tamah alias makan-makan, ambil banyak-banyak lauk yang gak cepat basi (sambal gitu atau gorengan-gorengan, jangan sayur atau berkuah). Nasi nya sedikit aja untuk syarat doank . Nah baru deh saat duduk masukin lauk-pauk tadi ke kantong plastik. Kalo kurang kalian tinggal antri lagi. Kalo malu, minta temen tutupin saat lu masukin makanan nya ke kantong plastik. Atau suruh temen yang masukin nya. Ingat rasa malu bisa membunuh mu . Dengan ini kalian bisa menghemat makan 1 hari bahkan 2 hari, ya lauk nya tinggal di panaskan .


Spoiler for 5:
5. Baiklah pada tetangga dan siapa pun.

Manusia itu makhluk sosial. Kita hidup juga membutuhkan orang lain. Pengalaman gua yang kuliah jurusan Manajemen Informatika, gua udah paham soal install dan oprek mengoprek alat-alat elektronik. Jadi gua senantiasa membantu tetangga-tetangga gua yang punya masalah-masalah di bidang itu. Gua juga suka bantu-bantu tetangga, kalau tetangga sebelah kosan gua lagi motong rumput, gua bantuin. Bakar sampah, gua bantuin. Apapun pokok nya gua bantuin. Bahkan di kampus, gua juga terkenal tukang install laptop . Banyak temen-temen kadang yang gag gua kenal minta di benerin. Gua sih gag pernah minta bayaran, tapi ya nama nya manusia kadang ada yang gag tega gitu. Ya udah gua mintain aje bawa gorengan pas datang, jadi pas nunggu nginstall bisa makan gorengan bareng. Tapi ada juga yang gag punya hati minta install terus pergi gitu aje, tapi biar lah nama nya juga nyari kebaikan. Kadang ada yang gag mau jemput laptop ny berhari-hari, kosan gua yang sempit jadi tambah sempit.

Tips Makan Sehat dan Murah Sehari-hari Ala Anak Kost.
Laptop, Notebook, Tab temen yang di tinggalin aje lama di jemput. Abaikan gelas yang belum di cuci.

Pun begitu tetangga-tetangga (yang rumah sendiri bukan ngekos ya), sering beri lauk pauk lebih, kadang ngasih duren kalo lagi musim duren . Bahkan ibu kos gua juga sering beri-beri makanan kalo lagi lebih. Inti nya baik lah pada siapapun. Jangan pamrih. Kebaikan kalian pasti di balas minimal dengan makanan nama nya juga anak kosan.


Spoiler for 6:
6. Punya pacar/ gebetan yang bukan anak kosan.

Jadi cowok enak loh, bisa nembak cewek. Jadi kita bisa pilih-pilih. Beda ama cewek yang harus kode-kodein cowok, iya kalo ngerti, kebanyakan cowok gagal paham . Nah untuk anak kosan, terutama cowok nih. Kalo nyari pacar, cari lah yang rumah sendiri. Jangan sesama anak kosan, lu bisa tambah bangkrut. Kalo udah jadi pacar, lu harus sering ngapel ke rumah, jangan jadi cowok brengsek. Kenalan sama ortu nya. Jangan pemalu dengan ortu nya, ingat kata gua di atas, malu bisa membunuh mu.

Tips Makan Sehat dan Murah Sehari-hari Ala Anak Kost.
Kalo punya pacar/ gebetan, lu kalo lagi sakit ada yang ngurusin.

Jika kalian sudah deket sama ortu nya, niscaya hidup kalian akan bahagia . Lu bisa makan tempat pacar lu, yang pasti bergizi. Kayak gua nih, bayangkan gua pacaran sama pacar gua dari semester 1, sebahagia apa hidup gua . Tapi jangan terus-terusan juga makan di tempat pacar, seminggu sekali aje. Alhamdulillah gua tetap langgeng ama pacar gua sampe sekarang udah tamat kuliah 2 tahun


Spoiler for 7:
7. Ikut kegiatan.

Kegiatan biasa nya bakal ada bagian konsumsi nya. Saran gua ikut kegiatan yang gag ada iuran nya. Boleh kegiatan kampus atau pun kegiatan-kegiatan lain di kecamatan tempat tinggal elu. Contoh nya gua nih, gua pernah jadi panitia penjaga kotak suara. Gua juga pernah magang di quick count kabupaten di kantor KPU. Lumayan selain gua dapat nasi bungkus, gua juga terima gaji . Walaupun gag seberapa, tapi lumayan lah. Nama nya juga anak kos . Kalo kegiatan kampus gua paling sering jadi panitia wisuda. Ya karena itu tadi, gag di pungut biaya, bisa dapet pengalaman, dan bisa makan di sana plus bisa bawa pulang nasi kotak dan snack yang lebih

Tips Makan Sehat dan Murah Sehari-hari Ala Anak Kost.
Kegiatan yang menyehatkan.


Nah begitu lah agan-agan pengalaman hidup gua hidup kos-kosan dengan uang pas-pasan. Gua cuma di beri uang sama keluarga 500rb doank perbulan, karena ada tanggungan adik yang masih sekolah. Dan alhamdulillah itu selalu cukup, berlebih malah . Terakhir buat agan-sista yang ngekos, jangan kecewain orang tua, jadi lah sukses dan tentu nya hidup sehat

Sekian dulu dari saya, semoga menginspirasi.

Tambahan TS: gua bisa hemat seperti itu karena gua bukan perokok, bukan pembeli barang-barang bermerk (suer baju gua harga 30rb semua), bukan penggila game online (gua main game offline doank di laptop), atau penggila-penggila yang lain, dan gua badan nya emang kurus

Jangan pernah nahan lapar ya.

Update dari agan-sista
Spoiler for update:
Hadir Acara Keagamaan.

Terinspirasi dari agan spidcom_2000 dan anto13666,, thanks masukan nya.

Quote:Original Posted By spidcom_2000
Sesuaikan gaya hidupmu dengan uangmu istilahnya gitu gan, ane dulu kalau pingin ngirit ya masak sendiri sama temen-temen, biayanya bisa patungan dan masaknya juga rame-rame. Perbanyak silahturahmi kerumah temen atau kerumah saudara pasti ntar dapet makanan apalagi berkunjungan waktunya jam makan. Pas bulan ramadhan seperti sebentar lagi rajin-rajin lah sholat magrib di masjid karena biasanya ada takjil dan menu buka puasa. Untuk cara ane ini jangan di coba gan, jika disekitar kos ada warung makan prasmanan yang ambil sendiri kalau ambil lauk yang sejenis jangan ambil satu tapi bisa dua atau tiga biasanya kasir akan nanyain pakai lauk apa ? tapi ndak pernah nanya ambil berapa ?


Quote:Original Posted By anto13666
ikut yasinan tiap malem jumat. minimal kue kue lah dapet



Sumber: pemikiran dan pengalaman TS, google image.

Kaskuser yang baik meninggalkan jejak komen, rate dan cendol
:

Mampir trit ane yang lain

Pertamax bre
bisa dipraktekin tuh tipsnya
kalau tipe pengusaha suskse kayak ane begimana bray
Duh jadi laper lagi
Quote:Original Posted By trangganu
Pertamax bre


amankan
Makan tempe tiap hari...
Cuma keluar 8000-an lah setiap hari (makan malemnya doang)

Spoiler for CENDOL:
Btw, bantuin aku dengan klik dan komen di sini

Mau cendol/bata tinggal VM yaks
Mantaps juga tips ngirit nya gan..
tapi jangan sampe jatuh sakit gara2 ngirit ye gan...
baju baatik amplop kosong

wkwk
waahh diliat dari tips tips nya,sepertinya parasit sekali yaa
====kolom komentar terbaik dan tips-tips lain dari agan-sista lain====

Quote:Original Posted By sapa.rica
Sayur atau lauk beli di warung makan atau rumah padang juga bisa bre, tp klo mau tutup aj belinya. Dijamin ada kemiringan.
Deketin mpok2 yg jual nasi disekitar klo ada, dapetin bonusnyah.


Quote:Original Posted By rickyradit
Gampang aja sih biar murah asal sehat.
1.jangan sering jajan
2.punya rice cooker sama kompor. Pling nggak punya 1 panci sama 1 wajan
3.Kalo beli telor sekaligus banyak di pasar, jatohnya lebih murah
4.kalo ada kulkas kecil bisa buat simpen tempe, tahu, ikan dan sayur

Nah, kalo agan punya cobek ane kasi ni resep ane bikin sambel buat bikin nafsu makan walau lauk seadanya.

3 bawang merah, 1 bawang putih, 1 ons cabe rawit (sesuai selera lah), minyak goreng
-Ulek tu bawang merah putih kasi garem secukupnya aja sama lada dikit
-Kalo dah halus masukin rawitnya terus ulek aja, ga usah ampe halus cukup ulek ampe hancur kasar aja
-panasin minyak goreng secukupnya, kalo dah panas tuang aja minyaknya ke ulekan tadi, campurin deh

Lauknya bisa pake kol, tapi kolnya jangan makan mentah, Digoreng aja ampe agak layu. Tambah tempe/tahu goreng nampol dah. Kalo suka bisa tu daun singkong rebus buat lalapan. Temen ane kalo main pas bikin sambel pasti pada nambah kalo makan padahal cuma pake tempe doang


Quote:Original Posted By putputeri
Tips Makan Sehat dan Murah Sehari-hari Ala Anak Kost.

alternatif lain


Quote:Original Posted By wahgila
Cara itu juga ada yang berlaku untuk kos di luar Indonesia gan, Terutama yg sama sama makan nasi., jadi ada yg jual beras tinggal masak sendiri. Tergantung gaya hidup juga sih.


Quote:Original Posted By imti
beli sayur di warung padang gan.. sayur nangka murah meriah, bisa minta mix daun singkong.. beli 5rebu bisa buat 2hari makan.. minta kuahnya banyakin.. kalo beruntung suka ada tetelan yg nyangkut..

tambahin telor rebus di rumah..
ane sering gitu kalo males masak.. itu 5ribu jadi 1 panci kecil gan.. lumayan kan..


Quote:Original Posted By 64m64n9s
intinya sih kalau mau hidup enak sebagai anak kost..

- bergaul lah dengan masyarakat sekitar kost-an agan
- aktif juga dengan kegiatan di lingkungan yang emang sempat dan bisa agan ikuti
- jangan belagak siapa lu siapa gue....entar kalau ada apa-apa dan gak bisa diatasi sendiri....siapa yang bantu ? gaul aja gak pernah gimana mau dapat simpati untuk dibantu.
- gak selamanya segala sesuatu bisa diatur dengan uang. justru kalau ngandalin uang saja, niscaya agan dijadikan sapi perahan terus oleh orang yang biasa bayar untuk bantu urusan agan.



Quote:Original Posted By silvanyfatwa
yg di jogja coba buka puasa di uii pusat yg di atas,takjilnya jus (macam'') sama kurma
ane pernah di ajak abang ane buka di situ

klo beli lauk makanan mending di warteg,masih seger'' apalagi baru masak

ane klo ngengutang mah alasannya uang ketinggalan gan makan dulu baru bilang ngutang


Quote:Original Posted By TheJacobson
6. Punya pacar/ gebetan yang bukan anak kosan.

bener banget
Mau jemput buat jalan, eh nyampe rumah nyokapnya suruh gw makan dulu
Pas jalan gw bingung, tadinya mau makan di luar, jadinya cuman pergi nonton doang kagak jadi makan



===============================
lumayan buat ngirit duit,
btw mejeng ah di pekiwan
kalo gitu siy mending masak sendiri gan.
Quote:Original Posted By emergencycall


amankan

Mantap bre
bawah Ane pagi energen, siang mie instan, malem promag ... Tips Makan Sehat dan Murah Sehari-hari Ala Anak Kost.
hahahahah gokil tp bener jg yah gan
Quote:Original Posted By visuapalooza
kalo gitu siy mending masak sendiri gan.


gag semua orang punya skill memasak gan
masak nasi, air, mie doank tau nya,, haha
indomie campur sayur juga jadi gue mah.wkwk
keren tipsnya
Kuah rendang aja bray
Via: Kaskus.co.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar